Review Suzuki Ciaz 1.4 GLX AT 2016: Sedan Ekslusif Suzuki

23/05/2020

Share this post:

Suzuki Ciaz 2016

Editor rate:

Rp. 291.800.000

Daftar Harga Suzuki Ciaz Terbaru Lihat promo

Suzuki Ciaz bermesin 1.400 cc tipe GLX ini memang jarang terlihat di jalan dan tak sebanyak rivalnya asal Jepang, namun ia jadi salah satu sedan eksklusif Suzuki

Review Suzuki Ciaz 1.4 GLX AT 2016: Sedan Ekslusif Suzuki
Review Suzuki Ciaz 1.4 GLX AT 2016: Sedan Ekslusif Suzuki
0 Gambar

Pengantar Suzuki Ciaz 2016

Mari kita simak spesifikasi Suzuki Ciaz 2016 di bawah ini.

Kelebihan

Konsumsi BBM irit

Kabin terlega di kelasnya

Fitur lengkap

Kekurangan

Tenaga mesin kurang

Handling tidak sebaik rivalnya

Hanya tersedia satu varian

Foto Emblem Ciaz di Suzuki Ciaz GLX AT 2016

Ciaz jadi penerus produk sedan Suzuki di Indonesia

Review Suzuki Ciaz 1.4 GLX AT 2016 - Bicara tentang model sedan Suzuki tentu tak bisa lepas dari Suzuki Esteem dan Suzuki Cultus atau yang lebih akrab disebut Baleno di Indonesia. Kedua model tersebut bisa dibilang sebagai suksesor model sedan Suzuki di Tanah Air dan kehadirannya cukup diterima di pasar mobil lokal. Meski kini model sedan Suzuki di Tanah Air menjadi kian eksklusif karena tidak banyak beredar di jalan, namun Suzuki Ciaz 1.5 GLX AT 2016 adalah salah satu sedan Suzuki yang paling kami rekomendasikan jika Anda mengincar eksklusivitas.

Foto tampilan depan Suzuki Ciaz 1.4 GLX AT 2016

Ciaz masuk ke Indonesia hanya dalam satu tipe yakni GLX

Sebagai informasi, Suzuki Ciaz didatangkan utuh dari India ke Indonesia hanya dalam satu trim yakni GLX. Di Indonesia sendiri memang kurang akrab trim tersebut, sebab di sini lebih akrab dengan dua huruf di nomenclature seperti GA, GL dan GX. Makanya tak jarang Suzuki Ciaz yang kami ulas ini disebut juga sebagai Ciaz tipe GX. O ya, hanya ada dua transmisi yang dibawa oleh PT Suzuki Indomobil Sales yakni otomatis dan manual. Sayangnya kejayaan model sedan di Indonesia tercoreng karena skema pajak yang tidak mendukung model jenis ini berkeliaran di jalanan Tanah Air. So, inilah review Suzuki Ciaz 1.4 GLX AT 2016.

Eksterior Suzuki Ciaz 2016

Review Suzuki Ciaz 1.4 GLX AT 2016: Tampilan Depan

Foto tampilan depan Suzuki Ciaz 1.4 GLX AT 2016

Tampilan depan berkesan elegan

Tampilan eksterior depan dari Suzuki Ciaz tipe GLX ini cenderung berkesan dewasa dan elegan dibandingkan dengan para rival senegaranya. Grille depan dengan empat buah bilah chrome besar mencitrakan aura mewah begitu juga dengan logo ‘S’ yang juga dilapis chrome, belum lagi lekuk bumper depan yang rapi dengan rumah foglamp besar semakin mengesankan aura dewasa pada mobil ini.

Foto headlamp Suzuki Ciaz 1.4 GLX AT 2016

Sinar lampu kurang tinggi

Karena masuk ke Indonesia sebagai trim tertinggi, maka tak heran Suzuki Ciaz 1.4 GLX AT 2016 dilengkapi dengan lampu depan proyektor. Ketinggian sorot lampu dari headlamp ini tidak dapat diatur dari dalam kabin, juga yang patut disayangkan adalah lampu utamanya belum dilengkapi dengan bohlam LED (Light Emitting Diode) karena masih mengandalkan bohlam berjenis halogen biasa. O ya, saat malam hari sorot lampu Ciaz ini terasa kurang tinggi.

Review Suzuki Ciaz 1.4 GLX AT 2016: Tampilan Samping

Foto tampilan samping Suzuki Ciaz 1.4 GLX AT 2016

Wheelbase terpanjang di kelasnya membuat kabin jadi luas

Lanjut ke bagian samping Suzuki Ciaz tipe GLX ini, Anda akan langsung merasa bahwa dimensi Ciaz ini lebih panjang dibandingkan para rival-rivalnya sesama Jepang. Dan itu benar, sebab wheelbase 2.650 mm di Ciaz ini lebih panjang 100 mm dari Toyota Vios dan 50 mm dari Honda City di tahun produksi yang sama. Alhasil, keunggulan wheelbase ini membuat Ciaz ini unggul dalam hal kelegaan kabin.

Foto ban dan pelek Suzuki Ciaz 1.4 GLX AT 2016

Ban merek Bridgestone tipe Ecopia punya grip yang cukup mumpuni

Kesan elegan terus dibawa sedan jagoan Suzuki Indonesia ini pada tampilan eksterior sampingnya. Pelek dengan desain 16 spokes berdiameter 16 inch dibalut ban Bridgestone Ecopia dengan ukuran 195/55R16 membuat kesan mewah Ciaz kian mencuat. Belum lagi penerapan gagang pintu yang juga dilapis chrome senada dengan emblem VVT di sepatbor yang membuat efek mewah kian mencuat.

Review Suzuki Ciaz 1.4 GLX AT 2016: Tampilan Belakang

Foto tampilan belakang Suzuki Ciaz 1.4 GLX AT 2016

Nafas elegan diteruskan ke bagian belakang Ciaz

Pada bagian buritan Suzuki Ciaz 1.4 GLX AT 2016 kesan elegan nan dewasa juga diteruskan dengan penggunaan stoplamp multi reflektor dengan desain memanjang dari samping hingga ke belakang. Desain seperti ini konon lebih digemari konsumen di Eropa. Tak heran, karena memang kehadiran Suzuki Ciaz ini diproyeksikan untuk menggantikan Suzuki SX4 Sedan yang cukup laris di berbagai belahan negara.

Foto emblem belakang Suzuki Ciaz 1.4 GLX AT 2016

Ciaz diproyeksikan untuk menggantikan Suzuki SX4 Sedan

Meski demikian, ternyata ada beberapa kelemahan pada bagian belakang Suzuki Ciaz tipe GLX ini. Ia tidak dilengkapi dengan kamera mundur yang mana bagi sebagian pengemudi akan menyulitkan ketika hendak memarkirkan sedan berdimensi panjang 4,4 meter ini. Beruntung, ia telap dilengkapi dengan empat buah sensor parkir yang dicat sewarna bodi sehingga tidak melunturkan kesan elegan yang dibawa Ciaz.

>>> Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Ciaz, Sedan Nyaman yang Minim Perawatan


Interior Suzuki Ciaz 2016

Review Suzuki Ciaz 1.4 GLX AT 2016: Layout Dasbor

Foto layout dasbor Suzuki Ciaz 1.4 GLX AT 2016

Tata letak tombol mudah dijangkau pengemudi

Masuk ke bagian dalam interior, layout dashboard didominasi dengan warna hitam membuat aura elegan pada sebuah sedan kompak. Layout dashboard ini juga berbeda dengan Suzuki Ertiga yang juga memakai mesin berkapasitas sama dengan Ciaz. Secara umum kami menyukai tata letak dasbor ini terutama tombol-tombol yang mudah dijangkau oleh pengemudi. Serta, warna hitam pada dashboard memiliki keuntungan tambahan, yakni tidak memantulkan sinar matahari ketika Anda berkendara di tengah cuaca terik.

Review Suzuki Ciaz 1.4 GLX AT 2016: Setir

Foto setir Suzuki Ciaz 1.4 GLX AT 2016

Tata letak tombol di setir cukup egronomis

Setir Suzuki Ciaz ini enak untuk digenggam karena diameternya pas dan juga sudah dibalut material kulit yang membuatnya tidak licin. Namun ada yang kami rasakan soal kemudi pada Ciaz ini, yakni rasio gerak setir terhadap roda yang terlalu besar. Jadi sudut putar Ciaz ini terasa besar, untuk meliuk di dalam kota jelas butuh usaha ekstra, namun karakter seperti ini memberikan efek nyaman saat mobil dipacu kencang, sebab bobot yang agak berat memberikan rasa percaya diri pengemudi ketika berlari di kecepatan tinggi.

Review Suzuki Ciaz 1.4 GLX AT 2016: Bagasi

Foto bagasi Suzuki Ciaz 1.4 GLX AT 2016

Bagasi Suzuki Ciaz jadi yang terluas di kelasnya

Meski bukaan pintu bagasinya belum menganut sistem elektrik, namun yang kami apresiasi adalah pintu bagasi ini ringan ketika dibuka. Belum lagi ditambah dengan kapasitas bagasi Ciaz ini yang menjadi yang terluas di kelasnya dengan total volume 510 liter, jadi jika Anda adalah seorang wanita yang menggunakan mobil ini untuk berbelanja kebutuhan bulanan, bagasi dari Suzuki Ciaz ini dapat menampung banyak barang bawaan dibandingkan kompetitor lainnya.

Fitur Suzuki Ciaz 2016

Review Suzuki Ciaz 1.4 GLX AT 2016: Keyless Entry + Tombol Start Stop

Foto keyless Entry with Immobilizer + tombol start stop Suzuki Ciaz 1.4 GLX AT 2016

Kunci hanya perlu dikantongi dan menyalakan mesin cukup tekan tombol

Untuk masuk ke dalam mobil Anda tinggal kantongi saja kunci keyless entry ini dan tekan tombol berwarna hitam pada gagang pintu. Begitu juga ketika hendak menghidupkan mesin, tinggal injak pedal rem dan tekan tombol start stop yang berada di balik setir pada kolom sebelah kanan. Ini adalah sebuah sistem yang sudah diperkenalkan Suzuki sejak era SUV mereka yakni Grand Vitara di tahun 2006 namun masih terasa sesuai hingga hari ini.

Review Suzuki Ciaz 1.4 GLX AT 2016: In-Car Entertaiment System

Foto head unit Suzuki Ciaz 1.4 GLX AT 2016

Meski tanpa layar sentuh tapi kualitas suaranya memadai

Pada beberapa model Suzuki yang dijual di Tanah Air, juga dilengkapi dengan in-car entertainment system alias sound system dengan kualitas baik. Contoh, Suzuki SX4 dulu dilengkapi dengan head unit buatan Clarion dengan tatanan suara yang memadai. Dan itu juga berlanjut ke Suzuki Ciaz ini, meski head unitnya bukan buatan Clarion tapi reproduksi suara dari 4 speaker dan 2 tweeter-nya patut diacungi jempol.

Review Suzuki Ciaz 1.4 GLX AT 2016: Multi Information Display

Foto Multi Information Display Suzuki Ciaz 1.4 GLX AT 2016

Informasi di MID cukup lengkap

Layar Multi Information Display (MID) di Suzuki Ciaz memang masih menganut desain lawas, yakni hanya mengandalkan layar monokrom dan font hurufnya seperti kalkulator model lama. Namun, apa yang disajikan di MID ini cukup lengkap, mulai dari real time fuel consumption, konsumsi BBM rata-rata, jam digital, odometer, hingga tripmeter A dan B. Selain itu, ketika menyala di malam hari latar warna putihnya menyenangkan untuk dilihat.

Review Suzuki Ciaz 1.4 GLX AT 2016: AC Climate Control

Foto pengaturan AC Digital Suzuki Ciaz 1.4 GLX AT 2016

Pengaturan AC lengkap

Suzuki Ciaz tipe GLX ini telah dilengkapi dengan pengaturan AC digital dengan fungsi climate control. Jadi, untuk mengatur suhu, dapat dilakukan dengan otomatis dengan menekan tombol di pengaturan AC ini. Ketika suhu di-set misal pada suhu 22 derajat celcius, maka sistem AC akan bekerja untuk mempertahankan suhu kabin pada temperatur yang telah diatur. Makin istimewa karena pengaturan arah semburan AC-nya lengkap plus juga tersedia heater dan defogger untuk kaca depan dan belakang.

Operasi Suzuki Ciaz 2016

Foto mesin K14B Suzuki Ciaz 1.4 GLX AT 2016

Mesin K14B serupa Suzuki Ertiga dan Suzuki Baleno

Mesin yang diusung Suzuki Ciaz trim GLX ini adalah unit 4-silinder berkapasitas bersih 1.373 cc dengan kode K14B. Mesin ini dilengkapi dengan teknologi pengaturan katup variabel VVT. Tenaga dan torsi yang dihasilkan oleh mesin ini tidak sebesar para rival lainnya asal Jepang. Karena hanya mampu mengeluarkan tenaga sebesar 92 ps atau sekitar 90,5 hp di putaran mesin 6.000 rpm serta torsi 130 Nm pada putaran 4.000 rpm. Tenaga dan torsi tersebut disalurkan ke dua roda depan via transmisi otomatis 4-percepatan.

Foto tuas transmisi Suzuki Ciaz 1.4 GLX AT 2016

Transmisi konvensional 4-speed yang dipakai perpindahan giginya terasa halus

Tenaga yang kecil tersebut memang membuat akselerasi Ciaz tidak memukau, kami coba ia hanya mencatatkan 14 detik lebih untuk berlari dari diam ke 100 km/jam. Bandingkan dengan para rivalnya yang berada di angka 11 detik untuk figur yang sama. Beruntung, mesin ini dibantu rasio gigi otomatis dengan racikan rasio ‘pas’. Sehingga mampu mencatatkan konsumsi bahan bakar 13 km/liter di dalam kota, dan 19,5 km/liter saat melaju di tol dengan kecepatan rata-rata 90 km/jam.

Spesifikasi Suzuki Ciaz 2016

Berikut ini adalah spesifikasi Suzuki Ciaz 1.4 GLX AT 2016:

Mesin Suzuki Ciaz 1.4 GLX AT 2016
 Seri mesin

 K14B, 4 Silinder Segaris, DOHC, VVT 

 Sistem Pasokan Bahan Bakar

 Multi Point Injection

 Jumlah Katup

 16 Katup (2 Inlet & 2 Outlet Per Silinder)
 Tenaga Maksimum

 90,5 Hp (92 Ps) @ 6.000 rpm

 Torsi Maksimum

 130 Nm @ 4.000 rpm

 Kapasitas Silinder

 1,373 cc

 Bore X Stroke

 73,0 mm X 82,0 mm

 Tipe Transmisi

 Otomatis 4 Percepatan, Penggerak Roda Depan (FWD)

  Rangka Suzuki Ciaz 1.4 GLX AT 2016

 Panjang X Lebar X Tinggi

 4.490 mm X 1.730 mm X 1.475 mm

 Jarak Sumbu Roda

 2,650 mm

 Ground Clearance

 160 mm

 Radius Putar

 5,4 Meter

 Jumlah Tempat Duduk

 5 Tempat Duduk

 Kapasitas Tangki

 42 Liter
  Suspensi/Kaki-Kaki Suzuki Ciaz 1.4 GLX AT 2016

Suspensi Depan & Belakang

 MacPherson Strut with Coil Spring & Torsion Beam with Coil Spring

Sistem Kemudi

 Rack And Pinion with Electronic Power Steering

Rem Depan & Belakang

 Ventilated Disc & Drum, Leading Trailing

Teknologi Sistem Pengereman

 ABS, EBD

Teknologi Safety Sasis

 Side Impact Beam, TECT Body

Struktur Sasis

 Monokok, Sedan B Segment

Pelek

 Alloy, 16 Inch

Jenis Ban

 Radial, 195/55R16

Daftar Harga Suzuki Ciaz 2016

Foto tampak buritan Suzuki Ciaz 1.4 GLX AT 2016

Harga pasaran Ciaz gelap tapi bukan berarti mahal

Kalau boleh jujur, saat ini harga jual dari Suzuki Ciaz tipe GLX baik untuk varian bertransmisi otomatis maupun manual adalah gelap alias tidak terdeteksi secara pasti. Karena, sulit sekali mencari unit mobil ini. Namun, kami pernah mengantarkan saudara kami berburu unit ini, ia membeli Suzuki Ciaz 1.4 GLX AT lansiran 2016 dengan harga Rp 180 jutaan. Namun mesti diingat, harga tersebut tidak mengikat dan sangat tergantung dari kondisi aktual kendaraan.

Kesimpulan Suzuki Ciaz 2016

Foto kesimpulan review Suzuki Ciaz 1.4 GLX AT 2016

Jika Anda mencari sedan Suzuki yang ekslusif dan irit maka ia jadi pilihan tepat

Jika Anda mencari mobil Suzuki dengan cita rasa eksklusif maka mobil Suzuki Ciaz 1.4 GLX AT 2016 ini adalah jawabannya. Sebab, ia didesain dengan cantik dengan cita rasa khas Eropa, punya mesin hemat dan kabin yang lega. Apalagi Suzuki terlihat tak ingin merepotkan konsumennya dengan memasang unit mesin K14B serupa dengan Ertiga dan Swift. Artinya, untuk ketersediaan spare part secara nasional Anda tak perlu khawatir. Meski harus diingat, populasi yang jarang membuat Anda mesti bersabar mencari unit ini.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak review mobil lainnya

Arfian Alamsyah
Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

SANGGAR MOBILINDO

Jawa Barat

Review lain

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Ciaz, Sedan Nyaman yang Minim Perawatan

13/09/2019

Jual beli

5 menit

Kelebihan dan kekurangan Suzuki Ciaz yang saat ini akan kami bahas semoga berguna. Terutama bagi Anda yang sedang mencari sedan harga terjangkau dan minim perawatan.

Lihat juga

Akan kah Suzuki Ciaz Baru Hadir Di Indonesia?

22/08/2018

Mobil baru

Memasuki pasar otomotif tanah air yang sedang berkembang seperti saat ini, nampaknya pasar sedan belum menunjukkan signal positif. Padahal kelas sedan termasuk yang cukup menggiurkan, apakah masih ingat dengan Suzuki Ciaz? Kami mendapat kabar terbaru, Suzuki telah mengembangkan Ciaz terbaru di tahun 2018, kami mendapat info bahwa Ciaz kali ini dibekali mesin lebih besar dari sebelumnya 1.4L menjadi 1.5L.

Lihat juga

Review Suzuki Ciaz 2015, Mencoba Taklukkan Pasar Dengan Mesin 1.400cc

11/05/2018

Editor rate:

Meski pasar sedan masih terlihat lesu dengan ramainya produk Multi Purpose Vehicle (MPV), nampaknya PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) mulai mencoba peruntungannya menghadirkan Suzuki Ciaz di tahun 2015 lalu. Pertanyaan besarnya, mampukah produk sedan terbaru besutan Suzuki ini menjadi raja di kategori sedan Compact? Untuk mengetahui jawabannya, mari kita bedah segala keunggulannya lewat review Suzuki Ciaz 2015.

Lihat juga

Review Suzuki Ciaz 1.5 Hybrid 2018

23/08/2018

Editor rate:

Tren otomotif begitu dinamis, ketika dulu diawal 2000an kelas sedan menjadi primadona, dan sangat digandrungi oleh publik baik Indonesia atau dunia, kini sedan belum kembali kepada masa kejayaannya. Jika Anda tahu bahwa Suzuki juga punya sedan yang begitu kompeten di tahun 2014, maka namanya masih akan terus diingat, yaitu Suzuki Ciaz.

Lihat juga

Suzuki Ciaz 2017 - Sedan Anyar Suzuki yang Siap Unjuk Gigi

Rp 275.000.000

11/08/2017

Editor rate:

Suzuki Ciaz diperkenalkan untuk kali pertamanya di pasar otomotif nasional pada kisaran November 2015 lalu. Kini Suzuki memperkenalkan model Ciaz terbaru yaitu Suzuki Ciaz 2017. Ada apa dengan model Suzuki Ciaz 2017 itu?

Lihat juga
back to top