Review Suzuki APV Arena 2017: Si Besar yang Nyaman dan Tangguh Pendahuluan

11/08/2017

Share this post:

Suzuki APV 2017

Editor rate:

Rp 257 jutaan

Lihat promo

Suzuki APV Arena adalah Multi Purpose Vehicle yang didesain oleh pabrikan Jepang dan dirakit di Indonesia. Sebelum Arena, APV telah diluncurkan pada tahun 2004. Berbagai pengembangan telah dilakukan pada model pertamanya dengan menambahkan fitur-fitur mewah pada interiornya dan sedikit perubahan di sisi eksterior. Sebagai hasilnya, pada November 2007, Suzuki meluncurkan kembali versi yang telah di-upgrade, APV Arena yang menggunakan mesin 1,5 liter. Inilah review Suzuki APV Arena 2017.

Review Suzuki APV Arena 2017: Si Besar yang Nyaman dan Tangguh Pendahuluan
0 Gambar

Pengantar Suzuki APV 2017

Mari kita simak spesifikasi Suzuki APV 2017 di bawah ini.

Gambar mobil Suzuki APV Arena 2017 warna abu-abu dilihat dải depan sedang parkir di depan garasi mobil di Jakarta Indonesia

Suzuki APV Arena 2017

Sejak diluncurkan pada tahun 2004 silam, Suzuki APV langsung menarik perhatian pecinta otomotif nasional. Ada dua hal yang membuat mobil ini laris di pasaran. Pertama, APV mampu menampung banyak penumpang serta kedua, mobil ini memiliki harga yang relatif terjangkau untuk mobil berskala minivan.
APV sendiri banyak mengalami dua kali pembaharuan sejak pertama kali rilis. Pada tahun 2007, Suzuki menghadirkan APV Arena. Dua tahun kemudian, pabrikan asal Jepang ini meluncurkan APV Luxury. Selang 8 tahun kemudian, Suzuki kembali meluncurkan APV Arena 2017 yang siap memanjakan para pecinta mobil bersegmen MVP. Apa saja keunggulan anyar yang ditawarkan varian anyar Suzuki ini? Berikut ulasannya.

Daftar mobil bekas terbaru

Lihat Semua

Eksterior Suzuki APV 2017

Gambar eksterior mobil Suzuki APV Arena 2017 dengan berbagai perubahan baru

Eksterior Suzuki APV 2017

Dari sisi eksterior, minivan ini memiliki desain yang minimalis namun terkesan gagah dan menawan. Kegagahan tersebut dapat dilihat dari sisi depannya yang menempatkan grill besar dengan aksen chrome di sisi atas dan bawah. Tak lupa, Logo kebesaran Suzuki juga ditempatkan pada bagian tengah. Grill yang bongsor tersebut semakin sempurna saat dipadukan dengan Head Lamp Multireflector dan bemper yang memiliki dua frog lamp di sisi kanan dan kiri. Adanya kedua frog lamp ini juga mempertebal kesan mewah dari bagian depan APV.

Sementara sisi dari sisi samping, kita dapat melihat kesan stylish lewat lampu dekat spion dan tonjolan garis yang membujur dari pintu bagian bawah. Bagian spion dari APV ini juga sudah dilengkapi dengan electric foldable yang memungkinkan pengguna bisa mengatur spion secara otomatis tanpa harus menyentuhnya. Beranjak ke belakang, kita akan menjumpai kesan sporty dari Rear Spoiler berukuran sedang. Selain itu, penempatan lampu belakang yang besar dan bumper belakang yang kokoh juga membuat bagian belakang mobil ini tak kalah gagah dengan bagian depannya.

Beranjak ke bagian ban, kita akan kembali menjumpai kesan sporty karena Suzuki APV Arena 2017 ini dilengkapi dengan velg berukuran 14 inci di bagian depan dan 15 inci di bagian belakang.


Interior Suzuki APV 2017

Gambar kursi berwarna coklat di dalam mobil Suzuki APV Arena 2017

Ruang kabin Suzuki APV Arena 2017

Karena mampu menampung penumpang hingga 8 orang, kabin dadi Suzuki APV Arena 2017 ini tentu sudah tak perlu dipertanyakan lagi luasnya. Tak hanya luas, sisi interior Suzuki APV Arena juga akan membuat siapapun yang berada di dalamnya akan sangat nyaman. Ada dua pilihan warna untuk bagian interior yakni krem dan hitam. Tak hanya menjadikan varian warna, desain interior yang ditawarkan juga dilengkapi dengan material yang sangat berkualitas. Dua jok depan berkonsep captain seat siap memberikan kenyamanan apabila penggunanya ingin melakukan perjalanan jauh.

Gambar bagian interior mobil Suzuki APV Arena 2017 dengan kelengkapan interior mulai dari dashbor, setir dan lain-lainnya

Interior Suzuki APV Arena 2017

Sedikit beranjak dari kursi depan, terdapat panel speedometer sederhana dengan dua varian warna. Hitam untuk seri GL dan warna silver untuk seri GX. Speedometer ini beguna untuk memberikan informasi penting kepada para pengemudi. Selain itu, berbagai fitur tambahan di bagian dashboard seperti CD Player dan Radio pun disematkan untuk memberikan entertaimen kepada para penggunanya. Disamping itu, Suzuki APV Arena juga menyematkan berbagai tempat penyimpanan berbagai barang berukuran kecil milik para penggunanya.

Tak hanya nyaman di sisi depan, Suzuki APV Arena juga siap memberikan kenyamanan ekstra kepada penumpang tengah dan belakang dengan menyematkan AC Double Blower di atap bagian belakang yang siap memberikan kesejukan. Penempatan AC Double Power tersebut berbeda dengan sebelumnya. Jika dulu Blower AC terlihat sangat besar dan tebal, maka APV Arena memberikan desain yang tipis dan tertata rapih. Selain itu, penempatan audio di berbagai sisi pintu juga akan membuat para pecinta musik sangat dengan kejernihan suara yang dihasilkan.

Terkait bagasi, Suzuki APV Arena memiliki ruang yang sangat terbatas. Namun hal tersebut tak menjadi permasalahan berarti. Pasalnya, pengguna bisa memanfaatkan bagasi cadangan secara maksimal. Caranya, pengguna hanya perlu melipat kursi di baris kedua dan ketiga. Dengan cara tersebut, sebesar apapun barang bawaan bisa dimaksimalkan dalam ruang-ruang kosong tersebut.

Secara overall, desain interior yang ditawarkan Suzuki APV Arena sangat cocok bagi anda yang mengidamkan mobil dengan tampilan dalam yang mampu memanjakan mata.

>>> Baca juga: Suzuki Ignis 2017- Desain Sporty dan stylish usung struktur bodi kokoh

Fitur Suzuki APV 2017

Gambar menunjukkan fitur-fitur yang sudah dilengkapi Suzuki APV Arena 2017

Fitur Suzuki APV Arena 2017

Selain memberikan nuansa elegan dan sporty dari sisi eksterior serta kenyamanan dan keluasan kabin dari sisi interior, Suzuki APV Arena juga dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan seperti Air Intake yang dipadupadankan dengan Ground Clearance. Kedua fitur ini sangat berguna untuk menjaga performa mobil di medan yang tak rata serta tergenang air. Selain itu, sisi keamanan pengguna juga sangat terjamin karena adanya fitur teknologi TEC yang siap memberikan perlindungan maksimal saat terjadi benturan yang cukup keras akibat kecelakaan.

Disamping TEC, Suzuki APV Arena juga menyematkan seatbelts ELR pada semua kursi untuk memberikan rasa nyaman kepada para penumpangnya apabila terjadi rem mendadak saat menempuh perjalanan. Selain itu, Side Impact Beam juga hadir untuk mengurangi kerusakan parah dari sisi samping apabila terjadi benturan yang keras.

Sebagai pelengkap keamanan, Suzuki APV juga dipersenjatai dengan keyless Entry With Alarm yang berfungsi untuk meminimalisir tindak pencurian terhadap kendaraan. Penempatan Keyless Entry With Alarm ini juga memberikan differensiasi jika dibandingkan dengan seri-seri sebelumnya.

Dari segi kenyamanan, suspensi MacPherson ditempatkan di sisi depan dan 3 Link Rigid Axle ditanamlan pada bagian belakang. Keduanya berfungsi untuk meminimalisir goncangan apabila mobil tengah melalui medan yang sulit. Sementara untuk sistem pengereman, Suzuki APV Arena melengkapi mobil ini dengan ventilated disc untuk penereman roda depan dan Tralling Drums di bagian belakang. Kedua pengereman tersebut akan bahu membahu meminimalisir selip saat terjadi pengereman dadakan. 

Operasi Suzuki APV 2017

Gambar mesin Suzuki APV Arena 2017 dengan berbagai komponen di dalamnya

Mesin G15A mobil Suzuki APV Arena 2017

Dengan dimensi berukuran 4.225 x 1.655 x 1.885 mm dengan wheelbase 2.625 mm, Suzuki APV Arena ditopang dengan mesin yang bisa dibilang tangguh. Pasalnya, MVP satu ini dibekali dengan mesin G15A yang ditopang dengan 4 silinder, 16 katup berkapasitas 1,5 liter dan memiliki rasio pembakaran 9,5:1. Selain itu mobil ini juga bisa mencapai kecepatan maksimal hingga 105 Ps pada putaran mesin 6.000 RPM dengan torsi maksimal mencapai 126 Nm pada putaran mesin 3.000 RPM. Sungguh besar bukan? Dengan daya mesin tersebut, APV Arena sangat cocok untuk membelah jalanan perkotaan dengan gagah. Dari sisi suplai bahan bakar, mobil bermoncong pesek ini sudah dilengkapi dengan Multipoint Injectrion yang siap memberikan kestabilan suplai bahan bakar ke ruang pembakaran secara optimal serta efisien. Untuk transmisi sendiri, Suzuki memberikan opsi kepada penggunanya yakni transmisi otomatis dengan 4 percepatan dan transmisi manual dengan 5 percepatan.

Kesimpulan Suzuki APV 2017

Gambar mobil Suzuki APV Arena 2017 berwarna ungu sedang parkir di depan pantai di Yogyakarta

Suzuki AVP Arena 2017 -  Si Besar yang Nyaman dan Tangguh Pendahuluan

 Dengan beragam spesifikasi terbaik yang disajikan, Suzuki APV Arena adalah mobil yang sangat cocok untuk anda yang sering bepergian bersama teman dan keluarga. Selain itu, mobil yang hadir dengan beragam pilihan warna seperti  Silky Silver Metallic, Cool Black Metallic, Graphite Grey Metallic, Radiant Red Pearl, dan Burgunndy Pearl ini sangat pas dan terjangkau di kantong para pecinta MVP. Sekedar gambaran, harga termurah APV Arena Seri GL 1,5 dengan transmisi manual dibandrol mulai dari harga Rp 179 jutaan. Sementara untuk yang termahal APV Arena SGX Luxury A/T R17 dibuka dengan harga Rp 257 jutaan. Dengan berbagai spesifikasi dan fitur yang disediakan, mobil ini merupakan pilihan terbaik bagi anda yang menginginkan kenyamanan dan kegagahan dari mobil berkelas MVP. 

>>> Klik sini untuk membaca tulisan review mobil lainnya

Cipta
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

SANGGAR MOBILINDO

Jawa Barat

Review lain

Review Suzuki Baleno Hatchback AT 2018: Wajib Segera Facelift!

22/12/2019

Editor rate:

Suzuki Baleno Hatchback 2018 bisa menjadi pilihan hatchback menarik yang bisa Anda miliki. Berbagai keunggulan yang ditawarkan patut menjadi pertimbangan.

Lihat juga

Review Suzuki Karimun Wagon R Facelift 2017

17/04/2019

Editor rate:

Suzuki Karimun adalah salah satu pionir mobil perkotaan alias city car di Indonesia. PT Indomobil Suzuki selaku APM sebelum PT Suzuki Indomobil Sales memasukkan varian ini ke Indonesia pada tahun 1999, dan langsung mendapat sambutan luar biasa. Lantas bagaimana impresi kami mengenai facelift terakhir dari Suzuki Karimun Wagon R 2017? Simak ulasan kami hingga tuntas.

Lihat juga

Review All New Suzuki Swift Sport Katana Edition 2019

21/05/2019

Editor rate:

Yes! Katana lahir kembali, namun kini bukan berbentuk jip mini seperti yang pernah meramaikan jalan-jalan Indonesia. Namun, Katana yang kami maksud disini adalah sebuah edisi khusus yang ada pada mobil All New Suzuki Swift Sport Katana Edition 2019. Inilah ulasan dari kami mengenai mobil yang hanya ada sebanyak 30 unit di dunia.

Lihat juga

Review Suzuki Ertiga Diesel 2019, Hanya Bersenjatakan Mesin Potensial?

25/05/2019

Editor rate:

Suzuki Ertiga Diesel pernah mengaspal di jalanan Indonesia sekitar tahun 2016 hingga 2017. Sayangnya, hype akan mobil LMPV (Low Multi Purpose Vehicle) bermesin diesel ini seakan tak ada gaungnya. Hingga PT Suzuki Indomobil Sales menghentikan penjualannya setelah habis masa stoknya. Kontras dengan India, di sana baru saja mendapat mesin diesel baru. Inilah ulasan kami mengenai Suzuki Ertiga Diesel 2019.

Lihat juga

Review Toyota Glanza 2019: Hatchback Hybrid ‘Murmer’ Anak Pertama Toyota-Suzuki

12/06/2019

Editor rate:

Toyota akhirnya meluncurkan hatchback terbarunya di India pada 6 Juni lalu. Bermitra dengan Maruti Suzuki India, Toyota Glanza 2019 merupakan versi lain dari Maruti Suzuki Baleno facelift yang diluncurkan pada Januari 2019. Apa saja persamaan dan perbedaan kedua mobil ini?

Lihat juga
back to top