Review Subaru WRX STI 2012

29/07/2018

Share this post:

Subaru WRX STi 2012

Editor rate:

Lihat promo

Subaru Indonesia yang sudah melenggang di Tanah Air sejak tahun 1970an, memiliki produk inovatif dan dinilai cukup berkompeten. Produk tersebut dinamai, Subaru WRX yang diperbarui pada tahun 2012 lalu. Meski perjalanan perusahaan Motor Image selaku distributor Subaru di Indonesia kurang sukses, namun nyatanya produk Subaru WRX STI banyak dicari oleh peminat-peminat mobil sedan. Bagaimana cerita selengkapnya? Mari kita simak review Subaru WRX STI 2012.

Review Subaru WRX STI 2012
Review Subaru WRX STI 2012
0 Gambar

Pengantar Subaru WRX STi 2012

Mari kita simak spesifikasi Subaru WRX STi 2012 di bawah ini.

Kelebihan

Sangat menyenangkan untuk dikendarai terutama dalam hal kecepatan dan Handling

Suara mesin terdengar garang berkat spesifikasinya 2.5 Liter Turbocharged Boxer

Desain eksterior sukses menyampaikan performanya yang tangguh

Kekurangan

Visibilitas di bagian belakang agak sedikit terganggu karena Wing-nya berukuran besar

Sistem audio dan speaker masih menggunakan fitur standar

Suara bising dari luar, terdengar ke dalam kabinnya

Review Subaru WRX STI 2012 – Bukan rahasia lagi, jika Subaru Indonesia yang berada di bawah naungan PT. Motor Image Indonesia (MMI) sempat memiliki kasus pelanggaran pajak pada tahun 2014 silam. Hal tersebut memberi dampak pada proses bisnis Subaru di Indonesia yang terhambat terutama dalam aspek penjualan. Padahal, kita memahami produk-produk yang diusungnya terbilang inovatif dan cukup ramai diminati oleh masyarakat Tanah Air.

Sosok Subaru WRX STI 2012 yang sukses menyampaikan performa mesinnya yang tangguh dan handal

Sosok Subaru WRX STI 2012 memang banyak dicari oleh para peminat sedan

Produk Subaru WRX misalnya yang masih dicari-cari oleh para pecinta karena performanya yang dikenal tangguh sebagai mobil sedan All Wheel Drive (AWD). Meski tak lagi dijual dalam kategori baru, harga Subaru WRX STI bekas terbilang cukup terjangkau bagi semua kalangan khususnya anak muda masa kini. Memang tak dipungkiri, namanya yang sering kali disebut, Subaru Impreza Indonesia, dirancang cukup lihai di jalanan kota serta menawarkan sensasi berkendara yang cukup menjanjikan. Penasaran dengan sosoknya? Jangan kemana-mana, Cintamobil.com akan membahasnya lebih mendalam dalam review Subaru WRX STI 2012.

Eksterior Subaru WRX STi 2012

Hal pertama yang akan kami ulas adalah desain eksterior Subaru WRX STI 2012. Memang kami akui, siluet bodinya mirip dengan Mitsubishi Exo X namun dengan moncong yang lebih agresif, bodi belakang lebih gagah serta Bonnet atletis.

Review Subaru WRX STI 2012: Eksterior Depan

Fascia depannya menggunakan Front Grille minimalis dengan Honey Comb berkelir hitam pada bagian tengahnya. Pada kedua sisi ujungnya, tak lupa dihias apik dengan lampu C-Shaped Daytime Running Light (DRL) sehingga memberi kesan modern nan agresif dari depan. Hal pembeda dari pesaing lainnya, dapat diamati pada Bonnet-nya yang dibekali lubang ventilasi berukuran besar, disematkan pada bagian tengah.

Eksterior Depan Subaru WRX STI 2012 dihias apik dengan Front Grille minimalis

Tampilan depan Subaru WRX STI 2012 mengusung lampu DRL C-Shaped

Review Subaru WRX STI 2012: Eksterior Samping

Berpindah ke bodi sampingnya, kesan sporty sukses tersampaikan dari pelek berwarna Dark Grey Alloys berukuran 18 inci. Belum lagi, kaca sampingnya dibalut mewah dengan ornamen krom mengilap di pelipis bawah. Kedua fitur tersebut tentunya berhasil memadukan konsep sporty nan mewah, dalam satu rangkaian bodi Subaru WRX STI.

Eksterior Samping Subaru WRX STI 2012 menggunakan pelek berdesain Dark Grey Alloys 18 inci

Tampilan samping Subaru WRX STI 2012 dihias apik dengan krom mengilap pada pelipis kaca bawahnya

Review Subaru WRX STI 2012: Eksterior Belakang

Seperti pada model-model sporty Old Fashioned khas Jepang, sektor buritan Subaru WRX STI menggunakan Wing berukuran besar. Menjadikannya terlihat sangat sporty namun tak menghilang kesan agresif. Kesan mewah juga tak lupa disampaikan dari Twin Double Exhaust Finisher berlapis krom mengilap. Kami cukup salut dibuatnya, mencirikan pesannya sebagai mobil sedan lincah dan handal.

Eksterior Belakang Subaru WRX STI 2012 menghadirkan Wing berukuran besar

Tampilan belakang Subaru WRX STI 2012 sukses menyampaikan kesan modern berkat hadirnya Twin Double Exhaust Finisher

>>> Artikel terkait:


Interior Subaru WRX STi 2012

Bagaimana sisi interior, apakah cukup menjanjikan? Kami sepakat mengatakan ruang interior Subaru WRX STI 2012 dirancang cukup rapi yang mampu memberi keleluasaan bagi pengendara dalam mengendalikan setirnya. Beberapa ornamen krom juga disematkan di beberapa titik, menjadikan atmosfer interiornya terasa elegan dan sporty.

Review Subaru WRX STI 2012: Dashboard

Dari ujung ke ujung, dashboardnya tampil cukup sederhana dan minimalis, dengan dominasi warna hitam. Meski begitu, kami berterima kasih pada ornamen krom mengilap yang mampu menghilangkan kesan membosankan dari kabinnya. Belum lagi, sensasi Chrome tersebut ditempatkan pada beberapa sisi seperti pada panel audio, fitur pendingin serta panel transmisinya.

Dashboard Subaru WRX STI 2012 didominasi warna hitam dari ujung ke ujungnya

Dashboard Subaru WRX STI 2012 terlihat mewah dengan disematkannya ornamen krom di beberapa sisinya

Review Subaru WRX STI 2012: Setir

Beralih ke kemudi setirnya, tampilannya terlihat cukup menawan dengan mengawinkan desain tiga palang serta panel informasi berlampu Glowing Red. Seakan mampu memberikan rasa percaya lebih bagi pengendara dalam mengemudikan setirnya. Adapun pada bagian tengah terdapat logo bertuliskan STI yang mampu menyampaikan identitas karismatiknya. Tak lupa, fitur menarik sekelas pengaturan audio, konektivitas serta Cruise Control, disematkan di kedua sisi samping setirnya.

Setir Subaru WRX STI 2012 dihias apik dengan lampu Glowing Red memberi kesan sporty

Setir Subaru WRX STI 2012 dikemas cukup sporty dengan lampu berwarna merah

Review Subaru WRX STI 2012: Kursi

Kapasitas penumpang Subaru WRX STI mampu mengangkut hingga lima orang sekaligus, layaknya konsep sedan pada umumnya. Dimensi Wheelbase juga dibuat makin memanjang sehingga memberi ruang kaki lebih lega bagi seluruh penumpang. Ucapan terima kasih juga kami sampaikan pada material kulit Alcantara pada kursinya yang mampu menegaskan kesan sporty pada kabinnya.

Kursi Subaru WRX STI 2012 bersolek mewah dengan balutan kulit Alcantara

Kursi Subaru WRX STI 2012 mampu menampung hingga lima orang sekaligus

Review Subaru WRX STI 2012: Ruang Bagasi

Bagaimana dengan kapasitas bagasi? Jangan khawatir sobat, mobil besutan Subaru satu ini dikemas dengan kapasitas yang cukup yakni di angka 460 Liter. Kami memprediksi kapasitas tersebut, mampu menampung hingga lima tas berukuran besar. Tentu saja, hal tersebut dapat merangkap berbagai kebutuhan Anda baik perkantoran serta keperluan keluarga.

Ruang Bagasi Subaru WRX STI 2012 mampu menampung hingga lima tas berukuran besar

Ruang bagasi Subaru WRX STI 2012 dibekali kapasitas 460 Liter

>>> Baca juga:

Fitur Subaru WRX STi 2012

Tentu belum cukup untuk mengetahui eksterior dan interiornya, hal penting seperti fitur Subaru WRX STI 2012 tentu menjadi pertimbangan penting bagi Anda dalam menentukan pilihan. Berikut Cintamobil.com hendak membahas lebih lanjut tentang fitur keselamatan dan hiburan.

Review Subaru WRX STI 2012: Fitur Keselamatan

Memang di segmen ini, kami membahas fitur keselamatan yang notabene mampu menunjang performanya. Teknologi sekelas Hill Start Assist (HSA) sudah dihadirkan pada model satu ini sehingga memberikan kemudahan bagi Anda ketika menaiki medan tanjakan. Di sisi lain, Subaru WRX STI juga dibekali dengan teknologi Vehicle Stability Control (VSC) yang mampu memberikan performa berkendara lebih stabil dan Handling lebih lincah. Tak lupa, fitur keselamatan standar juga dihadirkan layaknya 7 Airbags, ISOFIX, Rear Child Locks, Seat Belts, Head Rests, Alarm dan Immobilizer.

Fitur Keselamatan Subaru WRX STI 2012 tampil lengkap di beberapa aspeknya

Fitur keselamatan Subaru WRX STI 2012 mampu menunjang performanya di jalanan kota

Review Subaru WRX STI 2012: Fitur Hiburan

Sedangkan dari segi hiburan, Subaru WRX STI 2012 mengandalkan sistem audio standar yang mampu mengoperasikan radio serta audio. Meski terkesan standar, namun hal tersebut masih dapat dimaklumi yang siap mengusir kebosanan dalam menempuh perjalanan. Di sisi lain, fitur penyejuk Air Conditioning (AC) tampil dengan pengaturan manual, yang siap memberi kesejukan dari terik panas matahari di siang hari.

Fitur Hiburan Subaru WRX STI 2012 tidak begitu mewah dan hanya menampilkan kesan standar yang cukup menghibur

Fitur hiburan Subaru WRX STI 2012 mengandalkan fitur pendingin manual serta sistem audio standar

>>> Klik di sini untuk melihat harga terjangkau dari model Subaru menarik lainnya

Operasi Subaru WRX STi 2012

Hal paling menarik menurut kami terletak pada operasi mesin Subaru WRX STI 2012. Pasalnya, tenaga pacunya menerapkan tipe Boxer yang bergerak simetris, selaras dengan mode penggerak AWD-nya. Hal tersebut nyatanya memberikan dampak signifikan pada kemampuannya seperti performa lebih stabil, bertenaga serta efisien. Belum lagi, racikan tersebut siap menyuguhkan sensasi berkendara lebih halus dan getaran yang minimal. Kami cukup mengapresiasinya yang akhirnya membuat kami sepakat dengan pernyataan para penggunannya bahwa mobil satu ini dirancang sangat stabil serta bertenaga.

Mesin Subaru WRX STI 2012 mampu meraih daya maksimum sebesar 305 HP

Mesin Subaru WRX STI 2012 menggunakan 2.5 Liter Turbocharged Boxer

Menariknya, performa mesinnya juga tampil tangguh dengan perpaduan kapasitas 2.499 cc dan konfigurasi Turbocharger. Sehingga, mampu menyemburkan daya maksimum sebesar 305 HP setara 6.000 Rpm. Tenaga yang dihasilkan nantinya akan disalurkan ke empat roda penggeraknya lewat sistem transmisi 6 percepatan manual. Alhasil performa torsinya tampil imaksimal menyentuh angka 393 Nm pada putaran 4.000 Rpm. Mesin berkonvigurasi boxer alias flat juga memiliki keunggulan tersendiri. Titik gravitasi mobil bisa di atur serendah mungkin agar menciptakan pengendalian yang baik. Maka tidak hera, beberapa tahun ke belakang Subaru begitu digdaya di kancah reli dunia, apalagi kalau bukan lewat tangan dingin Colin McRae, Peter Solberg, dan Richard Burns. 

>>> Anda ingin mencari model sedan menarik lainnya? Tenang, Cintamobil.com menyediakan beragam ulasan lengkap mobil sedan lainnya

Spesifikasi Subaru WRX STi 2012

Tiba saatnya, untuk melihat segala spesifikasi Subaru WRX STI 2012 di beberapa aspeknya. Mari kita simak informasi selengkapnya.

SPESIFIKASI SUBARU WRX STI 2012

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.580 mm x 1.796 mm x 1.471 mm

Jarak Poros Roda

2.624 mm

Jarak Pijak Depan

1.529 mm

Jarak Pijak Belakang

1.539 mm

Berat Kosong

1.535 Kg

MESIN

Tipe Mesin

2.5 Liter Turbocharged Boxer 4 Silinder Segaris DOHC

Kapasitas Silinder

2.499 cc

Daya Maksimum

305 HP / 6.000 Rpm

Torsi Maksimum

393 Nm / 4.000 Rpm

Sistem Transmisi

6 Tingkat Percepatan Manual

Mode Penggerak

AWD

HANDLING

Suspensi Depan

MacPherson Strut Four Wheel Independent dengan Stabilizer Bar

Suspensi Belakang

Double Wishbone dengan Stabilizer Bar

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Ventilated Disc

Ukuran Ban

245/40 R18 93W

Sistem Kemudi

Tilt dan Telescopic Steering Wheel

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin Tanpa Timbal

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

64 Liter

Daftar Harga Subaru WRX STi 2012

Mengingat mobil satu ini sudah tidak dijual dalam kategori baru, maka Cintamobil.com menampilkan harga Subaru WRX bekas dan berkualitas. Berikut informasi lengkap tentang daftar harga Subaru WRX STI 2012.

TIPE MOBIL

HARGA SUBARU WRX STI 2012 BEKAS

Subaru WRX STI 2012

IDR. 448.000.000

>>> Simak di sini sobat, mengenai daftar harga Subaru WRX STI bekas dan berkualitas

Kesimpulan Subaru WRX STi 2012

Subaru WRX STI Indonesia memang cukup dikenal oleh para pecinta sedan khususnya mereka yang mencintai modifikasi. Memang tak dipungkiri, performa Handling serta mesin Boxer Turbo-nya menawarkan sensasi berkendara mengesankan. Sehingga tak salah jika model Subaru satu ini sangat dicari-cari hingga kini. Buktinya saja, harga Subaru WRX STI bekas masih dibanderol cukup tinggi dengan kualitas nyaris sempurna. Bagaimana sobat? Apakah Anda cukup tertarik dengan spesifikasi Subaru WRX STI? Bagi kami, model satu ini menjadi rekomendasi terbaik dari kami jika Anda mencari sedan berkualitas dengan Handling sempurna.

>>> Untuk membeli mobil lebih aman dan cepat, jangan lupa mampir situs Cintamobil.com

Franky Pratama
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya
back to top