Review Subaru Impreza WRX STi A-Line 2013: Tetap Kencang Tapi Lebih Ramah Dipakai Harian

01/02/2020

Share this post:

Subaru Impreza 2013

Editor rate:

Lihat promo

Karakter Subaru Impreza WRX yang tergolong hardcore bisa dibuat “jinak” untuk digunakan sehari-hari karena adanya versi Subaru Impreza WRX STi A-Line 2013 ini

Review Subaru Impreza WRX STi A-Line 2013: Tetap Kencang Tapi Lebih Ramah Dipakai Harian
Review Subaru Impreza WRX STi A-Line 2013: Tetap Kencang Tapi Lebih Ramah Dipakai Harian
0 Gambar

Pengantar Subaru Impreza 2013

Mari kita simak spesifikasi Subaru Impreza 2013 di bawah ini.

Kelebihan

Subaru Impreza WRX STi yang mementingkan kemudahan berkendara sehari-hari

Suara mesin terdengar garang berkat spesifikasinya 2.5 Liter Turbocharged Boxer

Populasi terbatas di Indonesia

Kekurangan

Model hatchback bukan selera semua penikmat Subaru WRX STi

Sistem audio dan speaker masih menggunakan fitur standar

Review Subaru Impreza WRX STi A-Line 2013 - Nama Subaru Impreza memang melekat sebagai salah satu mobil kompak asal Jepang yang menuai kesuksesan besar di dunia motorsport, khususnya dalam ajang balap World Rally Championship. Meski besar di ajang balap reli, bukan berarti Subaru tidak melupakan “transfer teknologi” dari ajang balap ke mobil jalan raya.

Gambar Mobil WRC Subaru Impreza berwarna biru dilihat dari sisi depan sedang berjalan di jalan Indonesia

Subaru memiliki sejarah kuat di dunia WRC dan mengadopsi teknologi yang digunakan ke model jalan raya mereka

Adalah model Subaru Impreza WRX yang menjadi model Subaru yang menerima transfer teknologi di ajang dunia balap tersebut ke jalan raya. Hampir semua generasi Subaru Impreza WRX memiliki karakter berkendara yang sangat sporty dan hardcore, dimana level tertinggi ada di Subaru WRX STi.

Sekalipun Subaru WRX STi menjadi model yang paling kuat di jajaran mobil Subaru Impreza, tapi ada momen dimana varian Subaru WRX STi dibuat lebih "jinak" dan mudah dikendalikan di jalanan. Hal ini dibuktikan dengan lahirnya Subaru WRX STi A-Line. Seperti apa sosok mobil hot hatch asal Jepang ini? Simak ulasan lengkap kami dalam review Subaru Impreza WRX STi A-Line 2013.

Eksterior Subaru Impreza 2013

Review Subaru Impreza WRX STi A-Line 2013: Eksterior Depan

Foto Subaru Impreza WRX STi A-Line 2013 dari sisi depan

Subaru Impreza WRX STi A-Line 2013 diliihat dari sisi eksterior depan

Menggunakan kode bodi GR, Subaru Impreza WRX STi A-Line 2013 memiliki bentuk desain agresif. Mulai dari hood scoop, bumper depan, sampai ke bentuk grille honeycomb dirancang untuk memudahkan aliran udara menuju jantung pacu. Bahkan di area sisi bumper terdapat side air vents yang mengalirkan udara dari depan menuju sisi samping mobil. Hanya saja di area lampu depan hot hatch ini masih menggunakan desain konvensional dengan format projector HID dan lampu halogen biasa. 

Review Subaru Impreza WRX STi A-Line 2013: Eksterior Samping

Foto Subaru Impreza WRX STi A-Line 2013 dari sisi samping

Subaru Impreza WRX STi A-Line 2013 diliihat dari sisi eksterior samping

Bentuk Subaru Impreza WRX STi A-Line dari sisi samping banyak menampilkan detil seperti fender yang terkesan menggemuk. Mobil berdimensi 4,415 mm x  1,796 mm x 1,475 mm (P x L x T) ini menggunakan pelek 18 inci BBS aluminium alloy. Ciri khas versi STi ditampilkan dalam bentuk striping berkelir hitam di sisi  fender depan. 

Review Subaru Impreza WRX STi A-Line 2013: Eksterior Belakang

Foto Subaru Impreza WRX STi A-Line 2013 dari sisi belakang

Subaru Impreza WRX STi A-Line 2013 diliihat dari sisi eksterior belakang

Buritan belakang Subaru Impreza WRX STi A-Line 2013 hadir dengan detil exhaust berukuran besar, yang mana untuk unit review kali ini menggunakan produk aftermarket dari HKS. Untuk lampu belakang bersifat lebih modern dibandingkan headlight, karena sudah menggunakan teknologi LED. Di luar area tersebut, hot hatch ini menyediakan detil berupa roof spoiler serta wiper belakang.

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Subaru Impreza 2013

Review Subaru Impreza WRX STi A-Line 2013: Dashboard & Setir

Foto Subaru Impreza WRX STi A-Line 2013 dari sisi dashboard setir

Area ruang dashboard dan setir Subaru Impreza WRX STi A-Line 2013

Bisa dikatakan Subaru di era 2010an lebih mementingkan kabin yang fungsional dan bersifat konservatif. Di area pengemudi tersedia setir berpadukan tombol paddle shift, tombol audio, serta cruise control. Tak jauh dari area setir berlogo STi terdapat tombol engine start/stop, serta instrument cluster analog berkelir orange. 

Review Subaru Impreza WRX STi A-Line 2013: Jok 

 

Foto Subaru Impreza WRX STi A-Line 2013 dari sisi jok

Area jok depan Subaru Impreza WRX STi A-Line 2013

Meski desain dashboard tergolong konvensional, tapi secara rasa berkendara brsama hot hatch ini justru lebih asyik. Hal ini disebabkan penggunaan jok sporty dengan balutan alcantara dan diberikan bubuhan jahitan kontras, logo STi, serta detil material leather di sisi jok depan. Terikati pengaturan jok di area depan sudah sepenuhnya menggunakan tombol elektrik. 

>>> Baca juga:

Fitur Subaru Impreza 2013

Review Subaru Impreza WRX STi A-Line 2013: Fitur Hiburan

Foto Subaru Impreza WRX STi A-Line 2013 dari audio

Sistem head unit Subaru Impreza WRX STi A-Line 2013

Agak disayangkan untuk sebuah hot hatch yang memiliki performa tinggi, Subaru justru menggunakan sistem audio yang sifatnya cukup standar. Ya, sistem audio 2 DIN yang disediakan sebagai standar di Subaru Impreza WRX STi A-Line dibekali kemampuan pemutar audio dengan memiliki koneksi Aux, USB iPod, dan CD Player. Untungnya pengaturan audio bisa dilakukan lewat setir sehingga tidak menyulitkan pengemudi saat ingin mengganti soundtrack saat berkendara. 

Review Subaru Impreza WRX STi A-Line 2013: Fitur Berkendara

Foto Subaru Impreza WRX STi A-Line 2013 dari mode berkendara

Pengaturan SI-DRIVE yang tersedia di Subaru Impreza WRX STi A-Line 2013

Sebagai varian WRX STi yang paling jinak, Subaru Impreza WRX STi A-Line 2013 hanya dibekali SI-Drive yang fungsinya lebih sederhana daripada Subaru Impreza WRX STi standar. Pengemudi hanya bisa memilih tiga mode berkendara (Intelligent, Sports and Sport Sharp). DI luar teknologi tersebut, Subaru menyematkan teknologi-teknologi yang berpusat pada menjaga handling mobil agar tetap presisi, seperti Super Sports ABS dan VDC (Vehicle Dynamic Control). 

>>> Subaru Legacy 2020 Ungkap Perubahan Sistem Infotainment 'Portrait'

Operasi Subaru Impreza 2013

Foto Subaru Impreza WRX STi A-Line 2013 dari sisi mesin

Sosok mesin EJ25 yang digunakan Subaru Impreza WRX STi A-Line 2013

Hot hatch Subaru ini menggunakan mesin EJ25 2.5-liter flat-four turbocharged DOHC 16-valve yang di-set untuk bisa menghasilkan tenaga 300 hp dan torsi 350 Nm. Semua tenaga disalurkan ke semua roda melalui transmisi otomatis 5-percepatan yang dilengkapi down shift flipping control, serta sistem VTD (Variable Torque Distribution) All-Wheel Drive. Didukung Front and rear stabilizer bars dan konstruksi suspensi independen dengan Strut-type with lower L-arm (depan) dan double wishbone (belakang), Subaru Impreza WRX STi A-Line 2010 mampu menghadirkan karakter handling sangat presisi dan sporty. Untuk deselerasi sudah disediakan ventilated disc brake dari Brembo. 

>>> BMW–Jaguar Land Rover serta Toyota–Subaru Kerja Sama Kembangkan Kendaraan Listrik

Spesifikasi Subaru Impreza 2013

Informasi spesifikasi Subaru Impreza WRX STi A-Line 2013 bisa disimak di tabel berikut ini 

SPESIFIKASI SUBARU WRX STi A-Line 2013

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.415 mm x 1.796 mm x 1.475 mm

Jarak Poros Roda

2.625mm

MESIN

Tipe Mesin

2.5 Liter Turbocharged Boxer 4 Silinder Segaris DOHC

Kapasitas Silinder

2.499 cc

Daya Maksimum

300 HP

Torsi Maksimum

350 Nm

Sistem Transmisi

5-percepatan Otomatis

Mode Penggerak

VTD (Variable Torque Distribution) All-Wheel Drive.

HANDLING

Suspensi Depan

Strut-type with lower L-arm dengan Stabilizer Bar

Suspensi Belakang

Double Wishbone dengan Stabilizer Bar

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Ventilated Disc

Ukuran Ban

245/40R18

Daftar Harga Subaru Impreza 2013

Unit review Subaru Impreza WRX STi A-Line 2013 ini merupakan mobil yang dijual oleh dealer Belfa Auto, terletak di Bursa Mobil Summarecon Blok G16-18, Serpong, Tangerang Selatan. Mobil yang sudah digunakan sejauh 36.000 km dengan kondisi apik ini dijual di Belfa Auto dengan harga Rp440 Juta. Untuk informasi lebih lanjut terkait produk Subaru ini, atau Anda sedang berminat mencari mobil hobi dengan kualitas terjamin, silakan hubungi Belfa Auto di 0817-835-367 

Kesimpulan Subaru Impreza 2013

Seringkali mobil hot hatch diidentikkan sebagai mobil hatchback kencang yang kurang begitu nyaman digunakan sehari-hari. Adanya Subaru dengan Subaru Impreza WRX STi A-Line 2013 menjadi bukti bahwa memiliki mobil kencang dengan kemampuan handling super lincah, ternyata juga bisa dikemudikan sehari-hari dan berlaku "jinak. Memang dengan harga tersebut rasanya masih banyak pilihan hot hatch bertenaga kencang baik dari tanah Jepang maupun tanah Eropa. Tapi jangan salah, nama Subaru dengan WRX STi memiliki jaminan penting dalam hal sensasi berkendara yang diturunkan langsung dari dunia motorsport. 

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Hafizh Fauzan
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Review lain

Review Nissan March 1.2 AT 2017: Pilihan City Car yang Lebih Murah dari LCGC

01/01/2020

Editor rate:

Nissan March 1.2 AT 2017 menawarkan pilihan harga city car lebih baik dari LCGC. Lalu keunggulan apa lagi yang ditawarkan? Simak ulasannya di bawah ini.

Lihat juga

Review Suzuki Swift GS 2016: Hatchback Paling Fun to Drive

Rp 170.000.000

21/12/2019

Editor rate:

Jika berbicara tentang Suzuki Swift, secara pamor mobil ini memang tidak sementereng Toyota Yaris dan Honda Jazz. Namun, mobil ini bisa jadi alternatif jika Anda membutuhkan sebuah hatchback yang memiliki unsur fun-to drive dan fitur melimpah.

Lihat juga

Review Honda Brio Satya E 2013: LCGC Lincah untuk Berjiwa Muda

21/11/2019

Editor rate:

Honda Brio Satya E 2013 menjadi opsi yang baik jika Anda ingin membeli sebuah hatchback untuk perkotaan. Apa saja kelebihan hatchaback ini? Selengkapnya bisa dibaca ulasannya di bawah ini

Lihat juga

Review Toyota Yaris E 2013: Pilihan Gaya Seharga LCGC

30/10/2019

Editor rate:

Toyota Yaris 2013 merupakan bagian dari produk Toyota Yaris generasi pertama yang hadir di Indonesia. Mobil ini pertama kali hadir di Indonesia pada 2006 hingga model yang akan kami bahas saat ini yaitu Toyota Yaris E 2013. Generasi terbaru Toyota Yaris hadir di Indonesia pada tahun 2014 hingga saat ini.

Lihat juga

Review Datsun GO Panca 2014: Mobil Hatchback Murah Dan Punya Fitur Nyaman? Ini Pilihan Terbaiknya

16/09/2019

Editor rate:

Tepat di tanggal 20 Agustus 2014, Datsun GO Hatchback hadir di Tanah Air untuk pertama kalinya. Menjadi model kedua setelah perilisan GO+ yang berdiri di kategori LMPV, di awal tahun serupa. Apa saja fiturnya? Simak informasi selengkapnya dalam review Datsun GO Panca 2014.

Lihat juga
back to top