Review Subaru BRZ 2022: Evolusi Tanpa Ubah DNA

16/12/2020

Share this post:

Subaru BRZ 2022

Editor rate:

Rp. 380.000.000

Lihat promo

Subaru BRZ merupakan sportscar kompak yang terkenal dengan karakteristik fun to drive. Hal tersebut dipertahankan pada evolusi terbaru yang dirilis tahun 2022

Review Subaru BRZ 2022: Evolusi Tanpa Ubah DNA
Review Subaru BRZ 2022: Evolusi Tanpa Ubah DNA
0 Gambar

Pengantar Subaru BRZ 2022

Mari kita simak spesifikasi Subaru BRZ 2022 di bawah ini.

Kelebihan

Pertahankan DNA generasi pertama

Improvement dari sisi mesin dan sasis

Desain lebih modern

Kekurangan

Tanpa turbo, peningkatan performa tidak terlalu wah

Desain buritan yang tidak sekeren sebelumnya

Masuk Indonesia paling cepat 2022

Subaru BRZ pertama kali diperkenalkan tahun 2012 sebagai hasil dari kolaborasi dengan Toyota. Kolaborasi “Toyobaru” ini menghasilkan sebuah Sportscar entry-level yang cukup diminati, dan dikenal sebagai mobil yang fun-to drive. Kembaran BRZ adalah Toyota GT86. Sejatinya ubahan yang dilakukan ini memberikan semangat baru bagi setiap perubahan yang ada. Development diupayakan dengan menggeser unsur tradisional yang ada namun tetap mengalirkan DNA khas sports car.

Gambar Subaru BRZ 2012

BRZ mengajarkan petrolheads di seluruh dunia bahwa mobil fun to drive tak harus bermesin kencang

Tentunya kalau membahas soal Subaru BRZ, bukan karena mesin yang sangat bertenaga. Namun, BRZ dari generasi pertama seakan mampu mengajarkan ke para petrolheads si seluruh dunia, bahwa mobil yang asyik dikemudikan tak harus datang dengan mesin yang kencang. Maklum saja, menyoal tenaga mesin, BRZ juga GT86 justru tergolong kecil untuk ukuran sebuah mobil performa tinggi.

Gambar mesin FA20D Subaru-Toyota

Mesin FA20D punya tenaga dan torsi yang terasa cukupan saja, tak istimewa

‘Bahan jualan’ Subaru BRZ, adalah karakteristik berkendara yang fun-to drive dengan layout mesin Boxer yang membuat titik gravitasi yang rendah, dengan penerapan mesin Boxer tersebut, distribusi bobot mobil juga dapat dibuat balance dengan mudah. Hal ini juga berdampak pada settingan suspensi yang dapat membuat mobil sangat lincah. Tak heran BRZ pantas menyandang gelar 'The Drivers Car'.

Subaru BRZ 2022 sedang melakukan drifting

Subaru BRZ generasi kedua hadir dengan kemampuan yang lebih menjanjikan

Setelah delapan tahun, Subaru BRZ gen pertama akhirnya berevolusi dengan model baru yang lebih modern dan kaya fitur dibandingkan generasi saat ini. Pun demikian, DNA mobil sebagai sportscar kompak tetap dipertahankan.  Apa saja sih yang berubah, dan apa yang masih dipertahankan di Subaru BRZ 2022? Simak review lengkapnya di Cintamobil.com

Eksterior Subaru BRZ 2022

Secara siluet, bisa dibilang tidak ada ubahan terlalu mencolok antara kedua generasi Subaru BRZ. Secara dimensi juga tidak berbeda terlalu jauh, mobil lebih panjang 30 mm dan lebih rendah 1 mm dari generasi sebelumnya. Mengingat selisih kedua generasi yang terpaut 10 tahun saat dijual nanti, Subaru BRZ 2022 dibuat jauh lebih modern baik jika dilihat dari depan, samping, atau belakang. Untuk lebih jelasnya, simak detail di bawah ini.

Review Subaru BRZ 2022: Eksterior Depan

Tampilan depan Subaru BRZ 2022

Tampilan depan terlihat lebih modern dan dinamis dari sebelumnya

Dari sisi depan, perubahan yang didapat Subaru BRZ dari generasi sebelumnya tidak bisa dibilang dramatis. Bentuk lampunya terlihat lebih besar dengan dua buah lampu projector LED dan LED Daytime Running-Lights di bawahnya. Desain grilnya juga baru dengan desain bumper depan yang baru tanpa fog lamp. Dan tambahan dari generasi sebelumnya ada spoiler lip yang diberi finishing sama seperti gril di atasnya.

Review Subaru BRZ 2022: Eksterior Samping

Tampilan samping Subaru BRZ 2022

Desain samping BRZ 2022 bertujuan memaksimalkan aliran angin dan menghasilkan downforce

Desain agresif Subaru BRZ 2022 berlanjut di bagian samping, khususnya dengan fender serta kisi-kisi udara samping yang dibuat lebih besar. Kisi-kisi tersebut berfungsi menyalurkan udara dari balik kap dan fender menuju side skirt yang menghasilkan downforce di kecepatan tinggi. Selain itu, ada juga sirip tepat di bagian fender belakang yang juga membantu pengoptimalan aliran udara yang membantu stabilitas mobil dalam kecepatan tinggi. Subaru memberikan dua pilihan velg berbeda untuk BRZ baru, yakni 17 inci untuk tipe varian premium, dan 18 inci untuk trim limited.

Review Subaru BRZ 2022: Eksterior Belakang

Tampilan belakang Subaru BRZ 2022

Kalau boleh memilih, kami lebih menyukai desain belakang generasi pertama

Pindah ke belakang mobil, fender serta tapak roda belakang lebih lebar, bumper belakang yang di bawahnya dihiasi knalpot ganda seakan menunjukkan performa mobil sport ini. Sepintas bagian buritan mobil ini cukup mirip dengan Toyota Supra A90. Model lampu belakangnya juga disegarkan, ya meski demikian kami masih lebih menyukai model lampu dari Subaru BRZ lama. Di bagian bumper ini juga terlihat detail yang identik seperti model sebelumnya, di mana terdapat semacam reflektor dan lampu mundur di bumper belakang.

>>> Simak review Subaru lainnya di bawah ini


Interior Subaru BRZ 2022

Setelah mengupas soal eksterior, kini mari beralih ke dalam kabin. Sebagai sebuah sportscar, Subaru BRZ 2022 hadir dengan desain interior yang fokus pada kenikmatan berkendara. Berbagai cara diterapkan desainer dan teknisi Subaru untuk menciptakan kabin yang lebih baik dari generasi terdahulu. Baik dari posisi duduk, layout dasbor, sampai kelengkapan dan fitur yang lebih modern.

Review Subaru BRZ 2022: Dasbor

Layout interior Subaru BRZ 2022

Meski terlihat lebih modern, Subaru tetap menyempilkan tombol fisik untuk mengatur head unit dan AC

Untuk generasi kedua, Subaru BRZ hadir dengan interior yang didesain khusus untuk pengemudi. Dibandingkan pendahulunya, dasbor BRZ baru terlihat lebih langsing dengan layout dua susun. Subaru menyisipkan tombol dan kenop di sisi kanan dan kiri head unit. Sedang untuk pengaturan AC dual-zone yang ada di bawahnya juga memakai kenop putar, meski sudah digital juga. Pindah ke bagian persneling, terdapat dua tombol untuk mengaktif/non-aktifkan Vehicle Stability Control (VSC) dan penghangat kursi.

Instrument cluster Subaru BRZ 2022

Instrument cluster berukuran 7 inci menggantikan model analog dari gen sebelumnya

Beralih ke kokpit, Subaru BRZ kini menggunakan instrument cluster digital 7 inci dengan tampilan yang lebih modern. Bagian tengahnya didominasi tachometer dengan speedometer digital di tengahnya. Sedang di bagian kiri dan kanan menampilkan beberapa tampilan yang bisa diatur seperti daya listrik mobil, temperature air atau bahkan g-force meter. Dan ketika mobil berada di track mode, layout tachometer berubah menjadi lebih linear dan sederhana sehingga pengemudi bisa melihatnya dengan mudah dan lebih fokus ke jalanan.

Review Subaru BRZ 2022: Kursi & Bagasi

Jok Subaru BRZ 2022

Layout kursinya terasa sangat rendah dan supportif

Agar dinamika berkendara khas sportscar semakin terasa, posisi duduk Subaru BRZ dibuat sangat rendah namun dengan visibilitas yang tetap baik. Untuk menunjang pengemudian yang fun, kursi bucket dengan posisi yang sangat rendah memberi support dan dipercantik dengan detail jahit-jahitan warna merah. Sementara itu, kursi belakang lebih cocok untuk anak kecil, namun kursinya dapat dilipat yang menghasilkan kargo yang lebih besar dan praktikal.

>>> Berita terbaru seputar Subaru bisa dilihat di sini

Fitur Subaru BRZ 2022

Review Subaru BRZ 2022: Fitur Multimedia

Head unit yang dipakai Subaru BRZ 2022

Subaru menyematkan fitur integrasi seperti Apple CarPlay dan Android Auto sebagai standar

Subaru BRZ 2022 menggunakan head unit layar sentuh berukuran 8 inci dengan sistem multimedia SUBARU STARLINK versi terbaru, yang meliputi fitur integrasi seperti Apple CarPlay dan Android Auto, begitu juga kapabilitas Bluetooth hands free, dan kamera belakang.

Review Subaru BRZ 2022: Vehicle Stability Control

Mode berkendara Subaru BRZ

Subaru menawarkan lima settingan berbeda untuk seting VSC dan sistem kestabilan mobil lainnya

Untuk sensasi berkendara yang berbeda saat trackday, Subaru menawarkan lima settingan berbeda untuk Vehicle Stability Control (VSC), Traction Control dan Stability System, yang didesain secara khusus untuk memberi peran lebih ke pengemudi sebelum mengaktifkan kontrol traksi. Bahkan jika Anda menginginkan kendali penuh atas BRZ kesayangan Anda ini, berbagai sistem bantuan tersebut bisa benar-benar dimatikan dan memberikan pengalaman mengemudi yang lebih alami.

>>> Mobil Bekas Pilihan: Subaru Forester 2.5 Turbo XT 2013

Operasi Subaru BRZ 2022

Setelah di generasi pertama menggunakan mesin Boxer 2.0L dengan kode FA20D, diprediksi BRZ gen terbaru memakai mesin turbo. Namun saat launching, Subaru mempertahankan konsep generasi pertama dengan mesin Boxer (NA). Memang, kapasitas mesin naik menjadi 2.4L, namun mesin tidak diberi sistem induksi paksa seperti Turbocharger, atau Supercharger.

Memakai mesin dengan kubikasi sedikit lebih besar, membuat performa Subaru BRZ 2022 mengalami peningkatan meski tidak signifikan. Tenaga mobil naik jadi 228 HP dengan torsi yang juga naik jadi 250 NM. Angka tersebut tidak terlalu spesial untuk ukuran sebuah mobil performa tinggi, namun kekurangan dari segi performa dikompensasi dalam hal lain.

Mesin Subaru BRZ 2022

Kubikasi mesin naik dari 2.0L menjadi 2.4L

Ya, Subaru mempertahankan karakteristik BRZ generasi kedua dengan pusat titik gravitasi yang tetap rendah berkat penggunaan mesin Boxer. Dengan dipadukan dengan bobot mobil ringan serta distribusi yang nyaris sempurna, dengan begitu reputasi sebagai sportscar lincah dan mudah dikendarai terus melekat di Subaru BRZ 2022.

Subaru BRZ 2022 sedang melakukan drifting

Subaru tetap menjaga DNA BRZ sebagai sportscar mungil yang fun-to drive

Struktur rangka pada BRZ generasi kedua ini menggunakan Subaru Global Platform sebagai basis, menurut informasi yang kami terima, karakter sasis Subaru BRZ 2022 dibuat lebih rigid lewat beberapa bagian yang diperkuat seperti mounting sasis, sub-frame, dan titik pengelasan sasis lainnya. Alhasil, rigiditas sasis depan naik sekitar 60% dan diharapkan meningkatkan respon handling.

Spesifikasi Subaru BRZ 2022

Berikut ini adalah spesifikasi Subaru BRZ 2022:

Mesin Subaru BRZ 2022

 Seri mesin

 FA24F, 4-Silinder Boxer Engine, Naturally Aspirated

 Pasokan Bahan Bakar

 Direct Injection

 Jumlah Katup

 16 Katup (2 Inlet & 2 Outlet per Silinder)

 Tenaga Maksimum

 228 HP @ 7.000 rpm

 Torsi Maksimum

 250 NM @ 3.700 rpm

 Kapasitas Silinder

 2,387 cc

 Bore X Stroke

 94,0 mm X 86,0 mm

 Tipe Transmisi

 Manual 6-percepatan & Otomatis 6-percepatan, RWD

Rangka Subaru BRZ 2022

 Panjang X Lebar X Tinggi

 4.265 mm X 1.778 mm X 1.310 mm

 Jarak Sumbu Roda

 2.575 mm

 Bobot

 1.306 Kilogram

 Ground Clearance

 N/A

 Radius Putar

 N/A

 Kapasitas Tangki

 N/A

Suspensi/Kaki-Kaki Subaru BRZ 2022

 Suspensi Depan & Belakang

 Depan: Independent MacPherson Struts, Lower L-arms, Coil Springs, Stabilizer Bar

 Belakang: Double Wishbone, Coil Springs, Stabilizer Bar 

 Sistem Kemudi

 Rack And Pinion with Electronic Power Steering

 Rem Depan & Belakang

 Ventilated Disc & Disc

 Teknologi Sistem Pengereman

 EyeSight® Driver Assist Technology Integreted with Brake System

 Teknologi Safety Sasis

 By Subaru

 Struktur Sasis

 Monokok, Coupe, Sport Car Segment

 Pelek

 Premium: Alloy, 17 Inch

 Limited: Alloy, 18 Inch

 Jenis Ban

 Premium: Radial Sport, 215/45R17

 Limited: Radial Sport, 215/40R18

Daftar Harga Subaru BRZ 2022

Subaru mengumumkan Subaru BRZ 2022 akan beredar di Showroom akhir tahun 2021, dan sampai saat ini pabrikan Jepang itu belum mengonfirmasi perihal harga, performa mobil, dan konsumsi bahan bakar. Namun, sepertinya tidak akan berbeda jauh dari generasi pertama. Kemungkinan dibanderol mulai dari $27.000 (atau Rp 380 juta) dengan pilihan opsi Premium dan limited, dengan tambahan $1.500 (setara Rp 21 juta) untuk varian otomatisnya.

Kesimpulan Subaru BRZ 2022

Subaru BRZ 2022

Kata siapa Sportscar harus selalu punya tenaga besar? Coba saja Subaru BRZ

Kata siapa Sportscar harus melulu punya tenaga mesin besar? Subaru BRZ 2022 membuktikan bahwa dengan berbagai penyesuaian dari sisi sasis dan geometri mobil, bisa tercipta sebuah mobil sport dengan yang sangat fun-to drive. Memang, agak disayangkan karena ekspektasi awal Subaru BRZ generasi kedua menghadirkan mesin turbo dengan tenaga yang lebih besar. Namun mau begimana pun, mobil ini tetap bisa jadi opsi menarik untuk sebuah sportscar entry-level. Di sisi lain, kami justru tertarik untuk melihat bagaimana spesifikasi Toyota GR86 yang tak lama lagi hadir. Apakah dibuat sama persis seperti Subaru BRZ 2022, atau ada sedikit ubahan? We'll see...

>>> Jangan lewatkan review lain yang tidak kalah menariknya di sini

Derry Munikartono Ahnas Putra
Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Review lain

Review Subaru XV 2013: Satu-satunya Penggerak Empat Roda Di Kelasnya

17/06/2018

Editor rate:

Bukan hanya Honda dan Toyota saja yang punya mobil keren serta diklaim banyak inovasi, Subaru dengan XV-nya merupakan mobil yang banyak inovasi didalamnya. Bahkan, model ini merupakan satu-satunya model AWD di kelasnya. Simaklah review Subaru XV 2013 di bawah ini.

Lihat juga

Review Subaru Legacy 2.5 GT 2011: Sedan Langka Dari Negeri Sakura, Tak Kalah Saing Dengan Model Terkini

20/06/2018

Editor rate:

Mengapa kami menyebut sedan besutan Subaru ini langka? Benar sekali, mobil sedan eksklusif ini pernah dihadirkan di Indonesia pada tahun 2010 silam, Head to Head dengan Honda Civic di zamannya. Namun seiring berjalannya waktu, penjualan Subaru Legacy semakin susut sehingga menyebabkannya menjadi langka untuk dicari di masa kini. Padahal, jika ditilik dari fitur dan spesifikasinya, performanya cukup membanggakan. Mari kita ulasan segala halnya dalam review Subaru Legacy 2.5 GT 2011.

Lihat juga

Review Mobil Subaru BRZ 2012, Kembaran Toyota 86 Yang Kalah Pamor di Tanah Air

23/06/2018

Editor rate:

Subaru BRZ merupakan sebuah mobil kerjasama antara Toyota dengan Subaru untuk segmen pasar sports car. Mobil ini didesain dengan konfigurasi 2+2 dengan menggunakan mesin boxer andalan dari Subaru. Selain djual dengan nama BRZ, mobil ini memiliki kembaran bernama Toyota 86 dan juga Scion FR-S untuk pasar tertentu. Seperti apa Subaru BRZ model awal ini? Berikut ini adalah review mobil Subaru BRZ 2012.

Lihat juga

Review Subaru WRX STI 2012

29/07/2018

Editor rate:

Subaru Indonesia yang sudah melenggang di Tanah Air sejak tahun 1970an, memiliki produk inovatif dan dinilai cukup berkompeten. Produk tersebut dinamai, Subaru WRX yang diperbarui pada tahun 2012 lalu. Meski perjalanan perusahaan Motor Image selaku distributor Subaru di Indonesia kurang sukses, namun nyatanya produk Subaru WRX STI banyak dicari oleh peminat-peminat mobil sedan. Bagaimana cerita selengkapnya? Mari kita simak review Subaru WRX STI 2012.

Lihat juga

Review Subaru WRX STI S209 2019

10/02/2019

Editor rate:

Inilah sports sedan Subaru terkini yang paling hard-core sepanjang sejarah pabrikan asal Jepang ini. Seberapa spesial model ini dibanding model-model andalan Subaru?

Lihat juga
back to top