Review, spesifikasi dan harga lengkap Isuzu D-Max 2017, Mobil Double Cabin Untuk Segala Aktivitas

29/08/2017
editor rate: 4,5 user rate: 4,5
Nama Isuzu di Indonesia sudah lama dikenal sebagai pabrikan mobil diesel yang tangguh dan memiliki daya tahan tinggi serta irit. Produk Isuzu Panther membuat reputasi pabrikan asal Negeri Sakura ini semakin melekat dan baik di mata konsumen otomotif nasional. Semakin ramainya mobil berjenis kabin ganda yang dikeluarkan masing-masing pabrikan otomotif, membuat Isuzu tak mau ketinggalan dan menggelontorkan Isuzu D-Max pada 2003 silam. Isuzu D-Max 2017 ada apa yang berbeda dengan versi sebelumnya?

PENGANTAR Isuzu D-Max 2017

Mobil Isuzu D-Max 2017 warna orange dengan tulisan test drive di sebelah kiri

Isuzu D-Max 2017

Isuzu memang pabrikan otomotif yang tidak terlalu banyak mengeluarkan mobil untuk kegiatan sehari-hari dan lebih banyak mengeluarkan produk untuk kegiatan usaha  seperti minibus dan truk. Tetapi, Isuzu sebenarnya memiliki sebuah produk double cabin Isuzu Dmax yang cukup tangguh dan nyaman untuk diguankan baik untuk kegiatan on road ataupun off road.

Setelah lama tidak mempromosikan kendaraan ini, Isuzu kembali melepas Isuzu Dmax untuk pasar Indonesia. Ada beberapapeningkatan terutama di bagian eksterior kendaraan yang bisa digunakan di berbagai medan ini. Apa saja kelebihan yang ditawarkan oleh kendaraan double cabin ini? Kita bahas dalam artikel berikut ini.

EKSTERIOR Isuzu D-Max 2017

mobil Isuzu D-Max 2017 warna marun sedang parkir di showroom mobil di Jakarta Indonesia

Eksterior Isuzu D-Max 2017

Dari segi eksterior, Isuzu Dmax 2017 ini memang nampak tangguh dan berkelas untuk digunakan. Dengan menggunakan desain SUV yang elegan, kendaraan ini juga rasanya tidak salah untuk digunakan dalam kegiatan sehari-hari di dalam kota. Bentuk dari D-Max saat ini sudah tidak terlalu boxy dan memiliki lebih banyak lekukan dibandingan dengan seri D-Max sebelumnya.

Bagian depan grill dibuat tegas dengan warna silver sementara untuk headlamp dibuat dibuat tajam di ujung bagian depan. Untukmobil ini masih mengunakan lampu bertipe halogen lamp.  

Untuk ground clearance mobil ini sama seperti jenis mobil double cabin yang ada di pasaran. Dibuat tinggi untuk mengatasi segala macam medan baik itu off road atau pun on road.

Bagian bak yang dimiliki oleh mobil ini cukup besar dengan lebar dan panjang mencapai 1,5 meter. Bagian pintu bak mobil juga didesain dengan lekukan sehingga meninggalkan kesan boxy yang selama ini dimiliki oleh Isuzu Dmax. Mobil D-Max  dengan kabin tunggal ini memiliki daya angkut mencapai hampir 1 ton dan dilengkapi dengan bak yang berdimensi lebih besar daripada varian lainnya. Secara keseluruhan pada bagian dapur pacu memiliki spesifikasi yang sama dengan varian lainnya

Untuk Isuzu D-Max varian Rodeo, Dmax sudah dilengkapi dengan bedliner juga cargo spoiler untuk mempermudah saat kita akan melakukan loading barang. Di bagian bumper belakang juga sudah dilengkapi dnegan bumper alumuium steel yang tentunya akan sangat kuat dan handal.

Di bagian kiri dan kanan, terdapat pintu untuk bagian pengemudi dan penumpang. Salah satu keunggulan dari Dmax ini adalah pintu untuk penumpangnya cukup luas sehingga kita tidak akan kesulitan untuk masuk melalui pintu tersebut.

Ini merupakan salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Isuzu Dmax, karena cukup berbeda dibandingkan pada mobil double cabin pesaingnya yang biasanya membuat pintu penumpang lebih kecil. Hal tersebut membuat penumpang kesulitan untuk masuk ke dalam mobil.

Dari segi eksterior memang sudah terdapat banyak perubahan yang sangat drastis untuk Isuzu Dmax seri terbaru yang dirilis pada tahun 2015. Tetapi, kesan tangguh dan kuat masih dapat kita dapatkan untuk mobil double cabin buatan Isuzu ini.

>>> Untuk tahu lebih banyak tentang mobil pickup lainnya, klik sini

INTERIOR Isuzu D-Max 2017

Gambar ruang kabin mobil Isuzu D-Max 2017 ditutupi dengan warna hitam tua

Interior Isuzu D-Max 2017

Untuk jenis kendaraan double cabin, Dmax ini rupanya sudah memenuhi tingkat kenyamanan yang cukup memadai bagi penumpangnya. Mobil ini bisa memuat hingga lima orang penumpang sekaligus.

Tetapi jangan khawatir akan berdesakan karena jarak kursi penumpang belakang dengan penumpang depan masih memiliki ruang yang cukup untuk bergerak. Bila ingin memuat barang di bagian cabin, Anda juga bisa melipat kursi bagian penumpang belakang dengan sangat mudah.

Untuk kursinya sendiri sudah menggunakan adjustable seat untuk disesuaikan dengan tingkat kenyamanan pengemudinya. Tetapi, mobil ini belum memiliki adjustable height untuk kursinya.  

Di bagian pintu sendiri sudah memiliki cup holder dan juga side pocket door di setiap pintu. Untuk bagian penyimpanan di mobil ini memang sangat disediakan banyak sekali baik itu di bagian pintu dan juga di bagian dashboard.

Bentuk head unit dari Isuzu Dmax ini memang masih tertinggal dengan para pesaingnya. Walaupun sudah bisa terkoneksi bluetooth untuk bagian hiburan, tetapi semua proses tersebut masih harus dilakukan secara manual, belum voice control.

Untuk steering sudah menggunakan adjustable steering sehingga posisinya dapat disesuaikan dengan tingkat kenyamanan pengguna. Sayangnya, untuk Dmax sendiri belum memiliki telescopic steering.

Begitupun untuk tombol pengaturan AC masih menggunakan knob manual biasa. Tetapi, untuk hal ini rasanya tidak menjadi masalah besar mengingat mobil ini memang bukan didesain sebagai mobil nyaman seperti sedan atau city car.

Secara keseluruhan, mobil Dmax ini sudah cukup memberikan kenyamanan bagi sang pengemudi dan juga penumpanya. Tetapi, untuk mobil double cabin, ada beberapa hal yang sebenarnya sudah cukup tertinggal dibandingkan dengan para  kompetitornya.   

FITUR Isuzu D-Max 2017

bagian setir mobil Isuzu D-Max 2017 berwarna hitam

Fitur Isuzu D-Max 2017

Sebagai mobil yang didesai untuk berkendara di jalanan off road, bagian terpenting adalah bagian keamanan bagi pengendaranya. Dmax ini sendiri menawarkan sisi keamanan yang cukup baik bagi penggunanya dengan berbagai fitur keselamatan yang disediakan.

Untuk bagian penumpang dan pengemudi sudah tersedia safety air bag jika terjadi benturan atau kecelakaan. Adjust seat belt juga tersedia bagi di bagian kursi depan dan belakang untuk lima orang penumpang.  

Mobil ini juga memiliki fitur Child Lock untuk memberik keamanan bila Anda membawa anak kecil dalam kendaraan. Sehingga pintu tidak bisa dibuka dengan mudah oleh anak-anak dari dalam mobl  apalagi ketika sedang berjalan.

Selain itu mobil ini juga dilengkapi dengan front impact beams dan juga side impact beams. Fungsinya untuk mengurangi efek akibat benturan ketika terjadi kecelakaan baik tabrakan dari samping ataupun dari sisi kendaraan.

Sayangnya, untuk mobil ini tidak dilengkaip degan sistem keamanan yang canggih untuk mencegah terjadinya pencurian.  Anda tidak akan menemukan anti theft system ataupun security alarm di mobil ini.

Secara fitur sebenarnya tidak ada peningkatan yang sangat besar dari Isuzu Dmax ini. Karena fitur-fitur tersebut sdah ada di seri pertama dari Dmax. Walaupun begitu mobil ini bisa tetap menjadi sebuah pilihan karena tingkat kenyamanannya yang hampir sama dengan kendaraan jenis sedan ataupun huntchback yang ada di pasaran saat ini.

OPERASI Isuzu D-Max 2017

Bagian mesin mobil Isuzu D-Max 2017 dengan beberapa komponen kecil di dalamnya

Operasi Isuzu D-Max 2017

Untuk kehandalan operasional baik di jalanan off road dan on road, mobil ini dilengkapi dengan mesin VGT dengan kapasitas 3000 cc, 136 HP pada 3400 rpm, torsi puncaknya mencapai 285 Nm pada 3400 rpm. Untuk daya konsumsi BBM mobil ini terbilang cukup irit karena perbandingannya 1 : 10. Jadi, untuk 1 liter konsumsi BBM bisa mencapai jarak sampai 10 KM.

Transmisi manual dengan 5 percepatan serta kontrol pengatur sistem 4 penggerak roda sekaligus atau 4WD. Untuk perpindahan mode dari 2WD menjadi 4WD sangat mudah dilakukan. Karena mobil ini sudah dilengkapi dengan Switch Control.

Hanya dengan menmutar tombol tersebut maka kita bisa memilih akan menyetir dengan mode 4WD atau 2WD dengan mudah. Anda pun tidak perlu mematikan mesin atau berada pada kondisi netral, cukup menurunkan kecepatan kendaraan dan gunakan tombol tersebut.

Keunggulan utama dari mobil Isuzu Dmax ini adalah penggunaan clutch atau kopling dari mobil ini tidak terlalu berat. Sehingga masih aman dan nyaman bila Anda gunakan untuk kendaraan harian di perkotaan.

Untuk sisi suspensi, mobil ini menggunakan standar suspensi coil spring sama dengan standar mobil double cabin yang ada di pasaran. Penggunaan coil spring ini sendiri memang diperuntukan menghadapi medan off road yang berbatu dan tidak rata. 

KESIMPULAN Isuzu D-Max 2017

Mobil Isuzu D-Max 2017 warna hitam sedang parkir di tempat uji SIM di daerah Jakarta Indonesia

Isuzu D-Max 2017: Mobil Double Cabin Untuk Segala Aktivitas

Isuzu Dmax merupakan salah satu pilihan terbaik yang bisa kita dapatkan untuk kendaraan jenis double cabin yang ada di pasaran. Dari segi fitur dan juga keamanan, mobil ini sudah cukup lengkap dan memadai untuk digunakan sebagai kendaraan harian.

Kisaran harga yang ditawarkan paling murah untuk Dmax ini berada pada harga 340 jutaan untuk kapasitas 3 orang penumpang. Sementara untuk varian Dmax Rodeo AT, bisa didapatkan dengan harga 550 jutaan.

Kekurangan terbesarnya memang berada pada fasilitas teknologi yang dimiliki. Tetapi, mengingat kendaraan ini dirancang untuk menaklukan medan berat, rasanya hal tersebut bisa dikesampingkan.

Hal yang sangat disayangkan juga, untuk memiliki kendaraan ini Anda juga harus mengikuti uji KIR. Karena mobil jenis double cabin tidak dikategorikan sebagai kendaraan minibus di Indonesia. Padahal mobil seperti ini sangat cocok untuk digunakan di wilayah-wilayah pedalaman di Indonesia. 

>>> Klik sini untuk membaca tulisan review mobil lainnya

 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

Cari review mobil