Review Smart ForTwo Passion Coupé 2011

21/04/2019
editor rate: 3,8 user rate: 4,0
Nama Brand Smart di kancah otomotif Indonesia memang memiliki masa waktu singkat. Namun salah satu mobil mereka, Smart ForTwo, masih diincar oleh kalangan urban di Indonesia untuk dijadikan mobil hobi atau mobil beraktifitas sehari-hari. Memang apa hebatnya mobil ini?

PENGANTAR Smart fortwo 2011

Review Smart ForTwo Passion Coupé 2011Ide dari pembentukan mobil Smart sebagai city car ekstra mungil dicetuskan sejak tahun 1993 sebagai Swatch Car, dirancang oleh Nicolas Hayek selaku CEO Swatch Group, yang awalnya direncanakan untuk dibangun bersama Volkswagen. Sayang perencanaan ini tidak menemukan hasil, sampai akhirnya berlabuh di tangan Daimler-Benz grup yang menjadi induk Mercedes-Benz.

Gambar menunjukkan dua mobil Smart Concept 1993 berwarna kuning dan hijau dilihat dari sisi depan

Konsep Micro Compact Cars yang jadi cikal bakal Smart

Tahun 1994 dibentuk MCC (Micro Compact Car AG) sebagai usaha patungan Daimler-Benz dengan SMH SA (Société Suisse de Microélectronique et d'Horlogerie), dan membangun pabrik Smartville, Hambach, Prancis di tahun 1998. Dari kerjasama dan infrastruktur itulah lahir brand Smart yang memiliki akronim Swatch Mercedes ART.

Tahun 1998 menjadi debut Smart ForTwo, sebuah kendaraan city car mungil dengan konsep coupe yang diproduksi untuk kebutuhan penggunaan di dalam kota. Di antara keluarga Smart selain tersedia model ForTwo tersedia Smart Roadster, dan ada juga model ForFour untuk versi city car hatchback 4-pintu.

Peluncuran Smart di Indonesia oleh Mercedes-Benz Indonesia

Peluncuran Smart di Indonesia di tahun 2010

Di Indonesia sendiri Smart hadir di tahun 2010 melalui jalur ATPM PT Mercedes-Benz Indonesia, dimana mobil Smart yang didatangkan adalah Smart ForTwo generasi kedua (W451) dengan tiga tipe; Pure Coupe, Passion Coupé, and Passion Cabriolet. Namun secara populasi, tipe Passion Coupe yang lebih populer di kalangan segmen eksekutif dan generasi muda urban di Indonesia.

Sayang saat ini Smart sudah tidak lagi dipasarkan secara resmi ke Indonesia karena minimnya minat terhadap mobil city car dengan harga di atas Rp200 jutaan (pada saat itu). Tapi menariknya, mobil ini mendadak langka di pasaran, dan kalau ada dijual dalam kondisi bekas harganya jadi cukup tinggi. Untuk itulah Cintamobil.com kali ini akan membahas sosok City Car mungil dari tanah Eropa ini dalam review Smart ForTwo Passion Coupé 2011.

EKSTERIOR Smart fortwo 2011

Review Smart ForTwo Passion Coupé 2011: Eksterior Depan

Gambar Eksterior Depan mobil Smart ForTwo Passion Coupé 2011

Tampilan eksterior depan Smart ForTwo Passion Coupé 2011

Penampilan Smart ForTwo Passion Coupé 2011 memiliki bentuk fascia depan yang cukup kompak, dimana di bagian depan terdapat upper grille dan lower grille yang desainnya cukup unik. Headlight didesain atraktif dan menggunakan projector HID sebagai standar.

Mobil ini sejatinya memiliki bonnet depan yang bisa dibuka dengan mudah, dan tidak akan bisa terlepas penuh karena ada ikatan tali yang menghubungkannya dengan struktur mobil. Isi di dalam bonnet depan ini adalah radiator, serta tempat tabung pengisian air untuk radiator dan wiper kaca depan.

Review Smart ForTwo Passion Coupé 2011: Eksterior Samping

Gambar Eksterior Samping Smart ForTwo Passion Coupé 2011

Tampilan eksterior samping Smart ForTwo Passion Coupé 2011

Sekalipun mobil ini mayoritas menggunakan panel plastik untuk area eksterior depan, namun di sisi samping Smart ForTwo Passion Coupé 2011 menggunakan satu struktur high strength steel yang dinamakan Tridion Safety Cell yang bisa dilihat dari bentuk sisi mobil dengan desain ‘C’ yang memiliki beda warna dengan panel bodi.

Sisi menarik dari mobil ini adalah dalam hal kaki-kaki. Smart ForTwo Passion Coupe 2011 menggunakan pelek dengan profil unik, yakni PCD 3x112. Untuk unit tes yang Cintamobil.com dapatkan kali ini menggunakan pelek ring 17 inci (versi standar 15 inci).

Review Smart ForTwo Passion Coupé 2011: Eksterior Belakang

Gambar Eksterior Belakang Smart ForTwo Passion Coupé 2011

Tampilan eksterior belakang Smart ForTwo Passion Coupé 2011

Pada buritan belakang terdapat desain taillight dengan format membulat yang desainnya cukup unik khas mobil urban perkotaan. Di bagian belakang mobil ini juga terdapat lubang udara di bawah area pintu bagasi untuk melepas panas dari ruang mesin

Area pintu bagasi mobil ini memiliki format split tailgate, dimana bagian kaca dan spoiler atas dengan bagian pintu bagasi dibuka terpisah. Hanya saja untuk membuka pintu tailgate ini harus menggunakan tombol di kunci mobil, karena hanya itu satu-satunya akses untuk membuka pintu bagasi.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Smart fortwo 2011

Review Smart ForTwo Passion Coupé 2011: Dashboard & Setir

Secara singkat, ruang interior Smart ForTwo Passion Coupé 2011 memiliki kesan sangat kompak dan minimalis. Tombol pengaturan AC ditempatkan di tengah kisi-kisi AC area central cluster. Pada sistem audio sejatinya menggunakan single din dengan kemampuan Radio CD, tapi pada unit tes Cintamobil.com kali ini menggunakan head unit layar sentuh.

Gambar Dashboard & Setir Smart ForTwo Passion Coupé 2011

Tampilan area dashboard dan setir Smart ForTwo Passion Coupé 2011

Untuk instrument cluster terpisah antara bagian tachometer dan speedometer, namun secara desain cukup menarik karena terdapat keselarasan format dial minimalis pada jam tangan Swatch. Pada area setir desain palang tiga memiliki dua paddle shift.

Jangan bingung jika tak menemukan lubang kunci di kolom setir. Lubang kunci Smart terdapat pada konsol tengah, posisinya dekat tuas transmisi. Dan anak kuncinya dilengkapi dengan immobilizer, dimana terdapat tombol kunci pintu dan tombol untuk akses buka bagian bagasi mobil.

Review Smart ForTwo Passion Coupé 2011: Jok

 Gambar Jok Smart ForTwo Passion Coupé 2011

Tampilan dua jok Smart ForTwo Passion Coupé 2011

Walau bentuk joknya semi bucket dan menggunakan bahan fabric, namun secara posisi cukup ergonomis karena bisa di atur dari sisi sandaran jok dan arah maju-mundur. Sekalipun tidak bisa diatur ketinggiannya, tapi jok yang hanya tersedia untuk pengemudi dan penumpang 1 orang masih memberikan kenyamanan posisi duduk selama berkendara.

Review Smart ForTwo Passion Coupé 2011: Bagasi

Gambar Bagasi Smart ForTwo Passion Coupé 2011

Tampilan ruang bagasi kompak di Smart ForTwo Passion Coupé 2011

Bagasi Smart ForTwo Passion Coupé 2011 memiliki kapasitas 221 liter. Ukurannya memang terkesan kompak, tapi cukup untuk sekedar membawa koper berukuran mungil atau barang bawaan sehari-hari.

>>> Baca juga:

FITUR Smart fortwo 2011

Gambar Fitur Smart ForTwo Passion Coupé 2011

Tampilan tombol ECO micro hybrid drive Smart ForTwo Passion Coupé 2011

Smart Fortwo Passion Coupé 2011 dilengkapi dengan mhd atau micro hybrid drive. Teknologi ini memungkinkan mesin akan otomatis mati ketika mobil akan berhenti menjelang traffic light. Untuk sistem mhd bisa mendeteksi kondisi ini ialah saat sistem komputer mobil ini membaca tingkat deselerasi hingga kecepatan mobil berada di bawah 8 km/jam, dan mesin otomatis akan mati saat pedal rem diinjak. Efeknya ialah konsumsi bahan bakar sebanyak 20% dan turut mengurangi emisi gas buang.

Untuk menyalakan mesin mobil kembali, cukup dengan injak pedal gas dan otomatis mesin menyala kembali. Jika ingin modul ini tidak digunakan, cukup tekan tombol OFF yang terdapat di atas tombol ECO di dekat tuas transmisi. Untuk memastikan, lihat indikator ECO yang terdapat di sebelah kanan speedometer. Jika modul aktif, indikator akan menyala berwarna hijau terang.

>>> Alarm Mobil Bunyi Sendiri? Begini Cara Atasinya

OPERASI Smart fortwo 2011

Gambar menunjukkan desain bagian mesin Smart ForTwo Passion Coupe 2011

Bagian mesin Smart ForTwo Passion Coupé 2011

Smart berpenggerak roda belakang dan juga bermesin belakang. Terletak di bawah bagasi yang ditutup pelat. Dengan mesin berkapasitas 999 cc 3-silinder, Smart Fortwo ini bisa menelurkan daya sekitar 72 hp dan torsi 92 Nm. 

Mobil ini memiliki transmisi 5-percepatan smartshift® Transmission. Secara sederhana mobil ini memiliki transmisi manual dengan kopling dikerjakan oleh komputer. Pengaturan pergantian gigi bisa menggunakan tuas dengan simbol Drive (D), atau geser tuas sesuai arah plus (+) dan minus (–) serta R dan N. Pada setir juga terdapat paddle shift untuk memudahkan penggantian tingkat gigi transmisi, yang mana kami rasakan jauh lebih menyenangkan dan bisa memaksimalkan karakter mesin Smart ForTwo yang cenderung lebih reaktif di putaran atas.

Soal karakteristik handling, Smart ForTwo Passion Coupé 2011 serasa layaknya membawa mobil sport tapi bentukannya mungil. Bantingannya keras, bahkan untuk menginjak lubang kecil pun terasa kerasnya. Sisi positifnya, gejala body roll atau limbung berhasil dieliminasi dengan baik.

>>> Mesin Mati Saat Melintasi Rel Kereta Api, Kok Bisa?

spesifikasi Smart fortwo 2011

Spesifikasi Smart ForTwo Passion Coupé 2011 bisa dilihat di tabel berikut ini.

Spesifikasi Mesin Smart ForTwo Passion Coupé 2011

Tipe Mesin

999 cc 3-inline cylinder Multipoint fuel injection with electronic accelerator

Tenaga Maksimum

72 hp @ 5.800 rpm

Torsi Maksimum

92 Nm @ 2.800 rpm

Transmisi

5-percepatan Smartshift® Transmission RWD

Spesifikasi Bodi Smart ForTwo Passion Coupé 2011

P x L x T

2.695/1.559/1.565 mm

Wheelbase

1.867 mm

Spesifikasi Kaki-kaki Smart ForTwo Passion Coupé 2011

Rem Depan / Belakang

Ventilated Disc/Drum

Suspensi depan / suspensi belakang

Lower wishbone, MacPherson strut, anti roll-bar / DeDion axle, coil spring with telescopic shockbreaker

kelebihan & kekurangan Smart fortwo 2011

Berikut daftar kelebihan dan kekurangan Smart ForTwo Passion Coupé 2011.

Kelebihan

Kekurangan

Mobil kompak yang mudah dikemudikan di dalam kota

Hanya 2 penumpang

Mesin dengan performa dan efisiensi cukup oke di perkotaan

Perlu adaptasi dengan transmisi yang tidak

Mobil unik dan jarang ada di jalanan Indonesia

 

daftar harga Smart fortwo 2011

Saat ini Smart ForTwo bekas berdasarkan daftar mobil dijual di Cintamobil.com berada di kisaran harga Rp170 jutaan s/d Rp190 jutaan. Salah satu mobil Smart ForTwo yang tersedia di listing Cintamobil.com kali ini adalah mobil yang dijual di diler Poins Auto Gallery yang ada di kawasan Bintaro. Diler spesialis mobil hobi ini memasarkan mobil kompak Smart ForTwo Passion Coupé 2011 dijual dengan harga Rp187 jutaan. Anda juga bisa menemukan beragam mobil unik, mobil hobi, dan mobil langka di Indonesia dengan harga menarik di Poins Auto Gallery di kawasan Bursa Mobil Bintaro Jaya, Bintaro, Tangerang Selatan.

 

>>> Cek daftar mobil dijual di diler Poins Auto Gallery yang ada di Cintamobil.com

Video Smart fortwo 2011

KESIMPULAN Smart fortwo 2011

(S)tylish, (M)ini, (A)ttractive, (R)eliable, (T)echnology menjadi kata yang tepat untuk menggambarkan Smart ForTwo Passion Coupé 2011. Ia hadir sebagai solusi kendaraan kaum urban kelas atas yang butuh mobilitas tinggi, kepraktisan berkendara tapi tanpa meninggalkan unsur fashion. Ditunjang dengan performa bagus, fitur-fitur mewah serta handling terbaik. Tak jarang Anda akan merasakan lupa kalau ini adalah sebuah city car karena sensasi yang diberikan mobil ini memikat.

 

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Hafizh Fauzan
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil