Review Skoda Karoq 2019

11/10/2018

Share this post:

Skoda Karoq 2019

Editor rate:

Lihat promo

Wel...l kami tahu mobil ini belum masuk Indonesia, namun kami cukup tertarik untuk mereviewnya. Karena pasar Indonesia adalah pasar yang besar dan juga menjanjikan profit yang tinggi bagi pabrikan. Skoda merupakan sub-brand Volkswagen dan beberapa modelnya menjadi best seller di berbagai Negara. Di masa depan kabarnya merek ini akan masuk ke pasar mobil Indonesia. Berikut ini kami ulas review skoda Karoq 2019.

Review Skoda Karoq 2019
Review Skoda Karoq 2019
0 Gambar

Pengantar Skoda Karoq 2019

Mari kita simak spesifikasi Skoda Karoq 2019 di bawah ini.

Kelebihan

Desain unik, dan akan tampil beda dijalan

Fitur keselamatan lengkap baik aktif maupun pasif

Banyak sumbangan part dari VW-Group

Kekurangan

Belum akan dijual di Indonesia dalam waktu dekat

Tenaga mesin dan torsi kurang menggigit dikelasnya

Model bukan selera semua orang

Tampak sebuah Skoda Karoq 2019

Skoda merupakan sub-brand dari Volkswagen yang ditujukan untuk pasar yang lebih luas diluar Jerman

Review Skoda Karoq 2019 - Penetrasi pasar sangat penting bagi kelangsungan hidup sebuah usaha. Tak terkecuali usaha dibidang otomotif, guna melebarkan pangsa pasar yang ingin dituju. Maka Volkswagen (VW) Group bekerja sama dengan pabrikan asal Republik Ceko guna membuat sub-brand yang bernama Skoda. Kerjasama ini dimulai sejak tahun 2000 dimana banyak sekali adaptasi teknologi yang diberikan oleh VW group ke merek yang bermarkas di Mlada Bloleslav ini. Mobil merek Skoda ini sangat diminati oleh orang Eropa, karena selain harganya yang terjangkau, juga teknologi yang diadopsi pun tinggi. Maka tek heran, hingga saat ini, tak kurang dari 1,04 juta unit Skoda telah terjual di seluruh dunia. Berikut ini kami ulas review Skoda Karoq 2019.

Mobil Baru Populer

Rp 236.5 - Rp 273.5 Juta
Rp 193 - Rp 296 Juta
Rp 143.05 - Rp 173.5 Juta
Rp 779 Juta - Rp 1.8 Milyar
Rp 148.99 - Rp 167.49 Juta
Rp 255.2 - Rp 276.6 Juta
Rp 289 - Rp 299 Juta
Rp 509.9 - Rp 709.5 Juta

Eksterior Skoda Karoq 2019

Review Skoda Karoq 2019: Tampak Depan

Tampak depan Skoda Karoq 2019

Tampilan depannya khas Skoda dengan grill vertikal dengan bilah yang banyak 

Tampilan depan dari Skoda Karoq 2019 ini menurut kami dari Cintamobil.com nampak dewasa dan juga cenderung bermain aman untuk desain eksterior yang digunakan. Meski posisi foglampnya cukup unik menurut kami, dan membuat mobil keluaran Republik Ceko ini tampil beda. Namun seharusnya untuk sisi desain, mobil Eropa sebenarnya bisa lebih ekspresif dan out of the box secara tampilan. Airdam yang besar dibagian bawah juga menambah kesan mobil ini macho dan SUV banget. 

Review Skoda Karoq 2019: Tampak Samping

Tampak sebuah Skoda Karoq 2019

Secara perawakan dan jika dilihat dari samping Skoda Karoq 2019 ini mirip dengan VW Tiguan

Jika dilihat dari samping, tampilan dari Skoda Karoq 2019 ini agak mirip dengan VW Tiguan. Lihat saja lekukan pillar A, dan D nya. Jika disejajarkan akan mirip dengan SUV kompak lansiran negeri Jerman tersebut. Sebenarnya itu bukan berita buruk, karena VW Tiguan adalah mobil yang bagus secara desain, begitu juga dengan kualitasnya. Bahkan, kami agak mencurigai jika basis rangka yang digunakan oleh Skoda Karoq 2019 dan VW Tiguan tahun produksi yang serupa adalah sama. Bedanya wheelbase Skoda Karoq 2019 ini lebih panjang 43 mm apabila dibandingkan dengan VW Tiguan. Oh ya, penggunaan pelek 18 inchi dibalut ban low rolling resistance dengan lebar 215 serta tebal 50 juga membuat tampilan mobil ini bagus.

Review Skoda Karoq 2019: Tampak  Belakang

Tampak sebuah mobil Skoda Karoq 2019

Kesan kompak sangat terpancar dari Skoda Karoq 2019 ini

Beralih ke bagian buritan Skoda Karoq 2019. Tampilan mobil ini bagus dan proporsioanl, enggak percaya? Coba perhatikan bagian stoplamp dengan kombinasi lampu LED dan bohlam-nya yang berkesan slim and sleek namun juga tidak meninggalkan kesan eksotis. Belum lagi bumper bawah dengan kombinasi warna hitam doff  menambah kesan Skoda Karoq 2019 ini SUV banget. Sayangnya, overhang yang rendah membuat akses bagasinya tidak terlalu baik. Namun kebanyakan dari rival sekelas mobil asal Republik Ceko ini juga mengusung desain buritan yang serupa tapi tak sama. 

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Skoda Karoq 2019

Review Skoda Karoq 2019: Layout Interior

Tampak Layout Interior Skoda Karoq 2019

Seperti khas-nya layout interior khas VW group, kualitas material interiornya patut diacungi jempol

Anda sebenarnya enggak perlu khawatir apabila membeli mobil keluaran VW Group. Karena, jarang atau bahkan nyaris tidak ada mobil yang tergabung dalam grup VW memiliki kualitas material interior yang jelek. Dari sekian banyak mobil keluaran VW Group yang tim Cintamobil.com coba, kami hampir selalu terkesan dengan kualitas bahan interior maupun layout yang digunakan. Dan Skoda Karoq 2019 bukanlah suatu pengecualian. Jika mobil ini seperti dugaan kami benar-benar menggunakan basis yang serupa denga VW Tiguan, maka sudah pastikan egronomikanya akan baik. 

Review Skoda Karoq 2019: Kapasitas Bagasi

Tampak Kapasitas Bagasi Skoda Karoq 2019

Salah satu kelebihan Skoda Karoq 2019 dibanding rivalnya adalah volume bagasinya

Jika Anda sedang mencari mobil, dan Anda adalah orang yang suka beraktifitas dengan menggunakan mobil kompak, serta suka membawa barang bawaan yang banyak, maka Skoda Karoq 2019 adalah salah satu pilihan yang layak masuk daftar Anda. Ketika pintu bagasi dibuka, seketika itu pula Anda akan mendapatkan kapasitas volume bagasi sebesar 1.605 liter. Itu didapat dengan kondisi seluruh bangku baris kedua dalam posisi normal alias ditegakkan. Jika Anda merasa kurang dengan kapasitas bagasi yang ada, Anda tinggal melipat saja semua bangku baris kedua-nya dengan menggunakan tuas yang ada, maka total volume akan meningkat 205 liter. Oh ya kursi belakangnya juga praktis karena dapat dilipat dengan komposisi 40-20-40. 

Review Skoda Karoq 2019: Panoramic Roof

Tampak Panoramic Roof Skoda Karoq 2019

Perjalanan bersama keluarga dan Anak akan terasa menyenangkan dengan adanya panoramic roof ini

Dengan adanya panoramic roof, maka kesan luas dari kabin mobil akan bertambah secara drastis. Beruntunglah para pemilik dan calon pembeli Skoda Karoq 2019, karena SUV ini sudah dilengkapi dengan panoramic roof. Anak-anak biasanya akan menyukai kelengkapan interior semacam ini, namun sayangnya atap kaca seperti ini enggak terlalu berguna di Indonesia yang punya iklim tropis dan dominan cuaca panas.

>>> Baca juga:

Fitur Skoda Karoq 2019

Review Skoda Karoq 2019: Side Assist Blind Spot Detection (SABSD)

Tampak Fitur Side Assist Blind Spot Detection Skoda Karoq 2019

Fitur SABSD ini akan menghindarkan Anda dari celaka

Pernahkah Anda sewaktu melaju ditol pada kecepatan jelajah (cruising) dan ingin berpindah jalur, namun ada mobil lain yang melaju kencang di belakang Anda dan tidak terpantau kaca spion? Nah, fitur SABSD ini akan membantu Anda menghindar dari celaka. Cara kerja fitur ini juga mudah dipahami, Skoda memberikan 'radar' pada masing-masing sisi ujung bumper dengan jangkauan tertentu, informasi dari sonar radar ini akan diterima oleh Electronic Control Unit (ECU) untuk kemudian diinformasikan ke indikator yang ada dasbor Skoda Karoq 2019 ini.

Review Skoda Karoq 2019: Adaptive Cruise Control

Fitur Adaptive Cruise Control Skoda Karoq 2019

Pengendaraan di tol akan semakin mudah dengan adaptive cruise control

Fitur cruise control sebenarnya bukanlah barang baru, mobil Eropa tahun tua pun sudah mengadopsi alat penjaga kecepatan ini. Bedanya adaptie cruise control adalah termasuk teknologi terkini yang membuat mobil menjadi semi autonomous. Mobil bisa menyesuakan kecepatan lalu lintas. Cara kerjanya akan Cintamobil.com jabarkan. Jadi, radar yang terletak dibalik emblem Skoda akan mendeteksi berbagai halangan maupun kendaraan yang ada didepan mobil, jika terdeteksi ada kendaraan lain dengan deviasi kecepatan yang jauh, maka sensor akan mengirim sinyal ke ECU, ECU sebagai 'otak' mobil akan memerintahkan mesin untuk mengurangi tenaga, bahkan mengintervensi rem guna menyesuaikan kecepatan lalu lintas.

Review Skoda Karoq 2019: Line Assist

Tampak fitur line assist Skoda Karoq 2019

Line Assist membantu mobil terjaga dari berpindah jalur secara tidak sengaja

Line Assist membuat Skoda Karoq 2019 terjaga dari kejadian berpindah jalur secara tidak sengaja. Cara kerjanya mirip dengan sonar sensor parkir, yaitu radar berupa sonar yang terletak di depan mobil akan mendekteksi rambu dan marka jalan. Jika tidak sengaja melewati atau menginjak marka jalan tersebut, maka sinyal yang didapat dari radar akan membaca adanya ketidakberesan laju mobil, sehingga sinyal tersebut diteruskan ke ECU, dan ECU akan mengintervensi mesin, rem, serta kemudi untuk mengkoreksi arah laju mobil.

Review Skoda Karoq 2019: 7 Airbags

Tampak 7 Airbags Skoda Karoq 2019

Jangan khawatir akan keselamatan Anda dan keluarga didalam kabin Skoda Karoq 2019, ada 7 Airbag yang akan melindungi Anda dan keluarga.

Rating keselamatan mobil keluaran VW Group sudah tidak bisa diragukan lagi, mulai tahun 2000-an ke atas, hampir semua mobil VW Group mendapat rating Euro N-Cap dengan hasil memuaskan. Dan merek asal Republik Ceko ini bukan suatu pengecualian. Karena untuk keselamatan pasifnya sendiri, Skoda Karoq 2019 sudah dibekali dengan airbag sebanyak 7 buah. Bantal udara ini dapat mengembang jika terjadi kecelakaan tabrakan frontal, asalkan penumpang yang duduk di kursi depan serta pengemudi menggunakan seatbelt, dan sensor airbagnya sendiri terkena impact, sehingga ECU Airbag akan memerintahkan inflator airbag untuk mengembang.

Review Skoda Karoq 2019: Electric Seat With Memory

Tampak Electric Seat With Memory Skoda Karoq 2019

Fitur kursi elekrik akan memudahkan Anda melakukan pengaturan poisisi duduk yang pas secara egronomika

Mengatur posisi duduk kadang selalu diremehkan dan dianggap tidak penting. Namun sebenarnya faktor kelelahan salah satunya bisa disebabkan oleh pengaturan posisi duduk yang salah. Bisa jadi, orang malas mengatur posisi duduk karena tidak praktis ataupun tuasnya sulit dijangkau. Di Skoda Karoq 2019 ini melakukan pengaturan posisi duduk akan lebih mudah, karena sudah dilengkapi dengan electric seat with memory. Anda tinggal tekan saja tombol untuk mengatur kursinya. Dan asyiknya lagi, pengaturan posisi yang Anda suka dapat disimpan.

Review Skoda Karoq 2019: Fatique Detection

Tampak indikator fatique detection pada Skoda Karoq 2019

Wah, Skoda Karoq 2019 ini juga bisa 'ngajak' Anda ngopi lho

Aktivitas ngopi alias minum kopi memang belakangan ini telah menjadi tren. Apalagi sejak meledaknya film bioskop bertajuk Filosofi Kopi yang dibintangi Rio Dewanto dan Chiko Jerrico yang tayang 2 tahunan yang lalu. Tidak hanya Hyundai Kona Highlander 2019 yang sudah pernah kami ulas saja yang bisa mengajak Anda ngopi alias beristirahat ketika telah melewati perjalanan jauh, Skoda Karoq 2019 ini juga bisa melakukan hal serupa. Cara kerja dari fatique detection ini juga sederhana. Data perjalanan seperti jarak tempuh, waktu berkendara, hingga kondisi lalu lintas akan dikumpulkan di ECU. Bila telah melewati mencapai parameter mengemudi aman, maka sistem akan memberi peringatan pada layar untuk segera ngopi alias beristirahat. 

Review Skoda Karoq 2019: Park Assist

Tampak Park Assist Pada Skoda Karoq 2019

Skoda Karoq 2019 bisa parkir dengan sendirinya

Anda kesulitan untuk parkir parael? Jangan khawatir, mobil asal Republik Ceko ini bisa parkir dengan sendirinya. Sistem ini disinyalir diadopsi langsung dari mobil-mobil di VW-Group. Cara kerjanya pun mudah dipahami, saat Anda hendak parkir radar pada Skoda Karoq 2019 akan mendeteksi spot parkir dan menghitung dimensi serta ruang untuk mobil ini bermanuver. Jika lahan parkir yang tersedia memenuhi parameter yang diprogram pada ECU masuk batas toleransi, maka fitur park assist akan bekerja dan membantu Anda ketika parkir. 

Review Skoda Karoq 2019: Led Headlights With AFS and Foglamps

Led headlights with Adaptive Frontlight System

Lampu utama yang terang itu wajib, karena jalan didepan adalah masa depan Anda

Sepintas lampu utama mobil asal Republik Ceko ini mirip dengan Audi Q3, namun itu tidaklah benar. Karena sistem lampu depan mobil ini lebih pintar dan telah mengadopsi teknologi LED alias light emitting diode. Tidak hanya itu saja, lampu utama mobil ini telah menganut teknologi adaptive front light system, dimana jika berpapasan dengan kendaraan lain didepannya, maka secara otomatis sistem lampu akan mematikan sebagian lampu yang membuat silau pengendara dari arah berlawanan sembari terus memberi sinar ke jalan. Teknologi ini secara tidak langsung dapat menyelamatkan nyawa Anda.

Review Skoda Karoq 2019: Virtual Cockpit

Tampak Virtual Cockpit Skoda Karoq 2019

Seperti halnya mobil nowadays alias zaman sekarang, Skoda Karoq telah dilengkapi dengan virtual cockpit

Tampilan instrumen Skoda Karoq 2019 ini menggunakan virtual cockpit yang dapat menampilkan banyak fungsi. Kami dari Cintamobil.com sangat menyukai tampilan dari virtual cockpit mobil asal Republik Ceko ini.

Review Skoda Karoq 2019: Automatic Tailgate Opening With Virtual Pedal

Tampak sebuah fitur Automatic Tailgate Opening With Virtual Pedal Di Skoda Karoq 2019

Goyangkan saja kaki Anda ke bagian bawah bumper mobil, pintu akan otomatis terbuka untuk Anda

>>> 5 Alasan Mengapa Harus Mengganti Mobil Lama Dengan Mobil Baru

Operasi Skoda Karoq 2019

Tampak sebuah mesin berkode EA211 yang berada di balik bonnet Skoda Karoq 2019

Mesin berkode E211 ini mirip yang digunakan oleh Skoda lainnya, mesin turunan VW-Group ini hanya beda stroke-nya saja

Boleh dibilang adalah suatu keuntungan pabrikan mobil bergabung dengan grup besar semacam VW-Group. Karena banyak sekali transfer alih teknologi maupun sumbangan part yang didapat dari VW. Salah satunya adalah jantung mekanis-nya. Mobil buatan Republik Ceko ini menggunakan basis mesin berkode E211, basis mesin ini sama dengan yang digunakan oleh VW lainnya. Bahkan sama dengan VW Tiguan, bedanya hanya pada stroke (langkah)-nya saja. Sementara besar diameter piston (bore)-nya sama persis dengan SUV andalan VW tersebut. Lengkapnya, bisa Anda lihat data spesifikasi teknis dibawah ini.

Tampak sebuah Skoda Karoq 2019 sedang dites jalan

Rasa berkendara Skoda Karoq 2019 tak ubahnya VW Tiguan 

>>> Membuat Traksi Mobil Terjaga, Begini Cara Kerja Vehicle Stability Control (VSC)

Spesifikasi Skoda Karoq 2019

Inilah spesifikasi lengkap Skoda Karoq 2019.

Dimensi/ Ukuran Skoda Karoq 2019

P x L x T

4.382 x 1.841 x 1.603 mm

Jarak Terendah Ke Tanah

N/A

Jarak Sumbu Roda

2.638 mm

Mesin Skoda Karoq 2019

Jenis

4 Silinder Inline, EA211 Evo, DOHC

Isi silinder

1.498 cc

Diameter x langkah

74,5 mm x 85,9 mm

Daya maksimum

150 dk @ 5.000 - 6.000 rpm

Torsi maksimum

250 Nm @ 1.500 - 3.500 rpm

Rangka Skoda Karoq 2019

Transmisi

7-Speed Direct Shift Gearbox, Front Wheel Drive

Beban maksimum yang dapat diangkut

609 Kg

Berat kotor

1.927 Kg

Rem depan

Disc

Rem belakang

Disc

Kapasitas Tangki

50 Litre

Daftar Harga Skoda Karoq 2019

Mobil ini belum dijual di Indonesia, dan belum tentu masuk Indonesia. Jadi harga resminya belum dapat kami cantumkan. Namun sebagai gambaran saja, di Australia mobil ini untuk varian termurahnya dijual dengan harga USD 35.290 atau jika kurs rupiah atas dollar diasumsikan IDR 15.000 per  USD1, maka harganya adalah IDR. 529.350.000

>>> Klik sini untuk simak promosi dan harga semua mobil di Cintamobil.com

Kesimpulan Skoda Karoq 2019

Kesimpulan ulasan Skoda Karoq 2019

Mana yang akan Anda pilih? Sang kakak (kanan) atau sang adik (kiri)?

So this is car for you? Oke oke, ini mobil belum masuk Indonesia, dan juga tidak ada importir umum yang memasukkan mobil ini melalui jalur impor langsung. Lalau bagaimana cara memilikinya? Saran kami, jika Anda benar-benar menginginkan mobil ini. Belilah VW Tiguan, karena basis utama Skoda Karoq adalah VW Tiguan. 

>>> Untuk membeli mobil lebih aman dan cepat, jangan lupa mampir situs Cintamobil.com

Arfian Alamsyah
Share this post:

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya
back to top