Review Sedan VinFast LUX A2.0 2019

04/10/2018
editor rate: 4,8 user rate: 4,5
Jika sebelumnya, Cintamobil.com sudah membahas tentang model SUV-nya, tiba saatnya kami membahas sedan VinFast LUX A2.0 2019. Tak perlu repot untuk pergi ke acara selebrasinya di Paris Motor Show 2018, lewat artikel ini setidaknya bisa menangkap segala hal menarik pada mobil nasional Vietnam satu ini. Pasalnya, pihak VinFast mengklaim bahwa model sedannya dipersenjatai dengan teknologi canggih serta desain elegan. Seperti apa informasinya? Mari kita simak Review sedan VinFast LUX A2.0 2019.

PENGANTAR Vinfast LUX A2.0 2019

Review sedan VinFast LUX A2.0 2019 – Berbicara mobil nasional tentu menjadi suatu perbincangan yang sangat menarik terutama dalam segala upaya dan hambatan selama prosesnya. Jika kita mau menelisik ke belakang tentang mobil nasional di negara-negara berkembang, sebut saja Proton Group Malaysia yang terus berjuang meraih pasar otomotif global. Jika boleh diutarakan, perjuangan mobil nasional di negara berkembang akan menghadapi beberapa hambatan seperti halnya kecanggihan teknologi, Sumber Daya Manusia (SDM) yang kurang memadai, kebutuhan infrastruktur jangka panjang hingga menghadapi perusahaan otomotif papan atas.

Pabrik VinFast dirancang dengan segala perncanaan yang sudah tertata rapi di berbagai aspeknya

Pabrikan VinFast yang berlokasi di Hai Phong

Tak mudah jika melihatnya dengan pandangan pesimistik seperti paparan di atas. Namun, ada baiknya, apabila kita menelaah lebih mendalam tentang proses dan berbagai upaya dari negara berkembang untuk memproklamirkan produk otomotif nasionalnya ke ranah global. Tepat rasanya, strategi yang dilakukan oleh VinFast sebagai pengusung bendera Vietnam, bisa menjadi salah satu referensi untuk menjangkau visi nasional ke depan.

Foto Teaser Sedan VinFast sempat meramaikan media internasional beberapa bulan lalu dengan desainnya yang futuristik

Foto Teaser sedan VinFast yang dirilis beberapa bulan lalu

VinFast sejatinya sudah mempersiapkan segala halnya dengan matang mulai dari konstruksi pabrik, pengaplikasian Research and Development (R&D), proses pengecatan dengan memboyong teknologi Jerman, Quality Control (QC), Branding hingga ke proses pemasaran. Untuk menciptakan produk yang siap bersaing di kancah internasional, VinFast bekerjasama dengan Jerman dalam hal teknologi maupun perakitan mesin. Di sisi lain, Branding  juga disasar dengan  hadirnya VinFast di acara Paris Motor Show 2018. Setidaknya, kehadirannya di acara tersebut mampu memberikan pesan bahwa perusahaan otomotif nasional Vietnam siap dan mampu bersaing di pasar global.

Sedan VinFast LUX A2.0 2019 memiliki desain bodi yang atletis, berkarakter dan elegan

Sedan VinFast LUX A2.0 2019 menampilkan kesan elegan dan atletis

Menurut hemat kami, hasil produknya terbilang sangat memuaskan. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, VinFast menghadirkan dua model terbarunya di acara Paris Motor Show yang digelar mulai tanggal 4 Oktober hingga 15 Oktober 2018. Namun, i kesempatan kali ini Cintamobil.com hendak mengupas tuntas tentang model sedan terbarunya. Kira-kira apa saja yang spesial? Langsung saja mari kita simak review sedan VinFast LUX A2.0 2019.

EKSTERIOR Vinfast LUX A2.0 2019

Untuk urusan desain eksterior sedan VinFast LUX A2.0 2019, perusahaan asal Italia yakni Pininfarina digaet dan berhasil membuat 20 sketsa desain. Selama prosesnya, akhirnya terpilih satu desain yang berhasil memadukan nuansa elegan, atletis dan elegan. Strategi VinFast untuk bekerja sama dengan Pininfarina terbilang tepat dan berhasil memanjakan mata kami ketika memandang model sedannya.

Review Sedan VinFast LUX A2.0 2019: Eksterior Depan

Fascia depan sedan VinFast menerapkan logo Double V serta dihias apik dengan lampu berdesain sipit. Bukannya mengapa, tatanan tersebut menyiratkan makna akan tiga hal yakni VinFast, Vietnam dan Rising. Mengindikasikan posisi kuat serta kesiapan Vietnam berdiri di pasar otomotif global. Meski desainnya terlihat sarat akan sentuhan Eropa namun di sisi itulah karimastik Vietnam terpancar kuat.

Eksterior depan sedan VinFast LUX A2.0 2019 tampil dengan logo kebanggaan Double V yang menyiratkan makna Vietnam dan VinFast

Eksterior depan sedan VinFast LUX A2.0 2019 menerapkan logo Double V

Menyisir pada aspek pencahayaan, terdapat satu sapuan garis krom mulai dari sisi tengah Grille hingga ke arah lampu utama. Desain tersebut nyatanya memiliki tampilan serupa dengan huruf “F” yang dimaknai sebagai suku kata kedua dari VinFast. Adapun lampu utamanya juga sudah didukung dengan konfigurasi modern yakni Daytime Running Light (DRL).

Review Sedan VinFast LUX A2.0 2019: Eksterior Samping

Arsitektur bodi samping VinFast LUX A2.0 memiliki keanggunan yang sangat alami mulai dari sisi depan hingga ke bodi belakang. Siluet bodinya nampak cukup atletis dipadu aksen Chrome mengilap pada pelipis kaca. Setidaknya, racikan desain tersebut mampu menggambarkan keindahan serta keramahan dari masyarakat Vietnam. Sehingga, terciptalah perpaduan sempurna dari karateristik Vietnam dengan sisi elegan khas mobil Eropa.

Eksterior samping sedan VinFast LUX A2.0 2019 memiliki desain pelek yang sporty dan elegan

Eksterior samping sedan VinFast LUX A2.0 2019 menerapkan siluet bodi atletis khas mobil Eropa

Review Sedan VinFast LUX A2.0 2019: Eksterior Belakang

Menilik pada sektor buritannya, Anda akan disuguhkan tampilannya yang berkarakter lewat lampu Tail Lights yang terintegrasi dari ujung kiri hingga ke sisi kanan. Adapun garis tersebut dihias apik dengan logo V berbalut aksen krom serta logo bertuliskan VinFast pada sisi bawahnya. Kesan elegan cukup terpancar kuat lewat desain tersebut. Menariknya lagi, terdapat Shark Fin Antenna pada sisi atapnya yang memberi kesan modern dengan fungsi sebagai pemancar radio.

Eksterior Belakang Sedan VinFast LUX A2.0 2019 dihias apik dengan logo V dan tulisan VinFast

Eksterior belakang sedan VinFast LUX A2.0 2019 menerapkan lampu Tail Lights

>>> Baca juga:

INTERIOR Vinfast LUX A2.0 2019

Setelah membahas tentang desain eksteriornya, kini saatnya Cintamobil.com mengulas tentang interior sedan VinFast LUX A2.0 2019. Seluruh tatanan kabinnya menerapkan nuansa BMW ala Vietnam yang bisa diamati pada beberapa komponen layaknya desain setir hingga Gearshift.

Review Sedan VinFast LUX A2.0 2019: Dashboard

Dashboard sedan VinFast dihias apik dengan berbagai fitur mumpuni terutama di dekat kemudi setirnya. Memang nuansa-nuansa seperti ini sering kita amati pada mobil-mobil berkelas yang menonjolkan konsep Driver Oriented. Dengan kata lain, pengendara dapat secara leluasa mengakses segala fitur-fiturnya sehingga tak perlu khawatir kehilangan konsentrasi ketika berkendara.

Dashboard Sedan VinFast LUX A2.0 2019 tampil dengan desain elegan dan futuristik

Dashboard sedan VinFast LUX A2.0 2019 menyajikan berbagai fitur mumpuni

Dari segi desain, tampilannya menerapkan warna Beige yang dikombinasikan dengan warna hitam pada sisi atas dashboard. Menariknya lagi, terdapat satu sapuan garis berwarna merah dari ujung kiri hingga ke sisi kanan dashboardnya. Sekilas, kami dapat merasakan nuansa elegan pada mobil-mobil khas Eropa di beberapa aspeknya.

Review Sedan VinFast LUX A2.0 2019: Setir

Seperti  yang dijelaskan sebelumnya, kemudi setir sedan VinFast menerapkan desain yang cukup mirip dengan kemudi setir pada model BMW pada umumnya. Menggunakan desain tiga palang serta tombol praktis di kedua sisi sampingnya, mampu memberikan percaya diri lebih bagi pengendara. Menariknya lagi, tersedia panel Digital Multi Information Display (MID) yang mampu menyuguhkan segala informasi terkini seputar kondisi kendaraan. Fitur-fitur seperti ini sejatinya banyak diterapkan pada mobil Premium di kisaran harga menengah ke atas. Rasanya, strategi VinFast menerapkan standarisasi Eropa terbilang cukup sukses dan diprediksi akan meningkatkan minat masyarakat akan model satu ini.

Review Sedan VinFast LUX A2.0 2019: Kursi

Berbeda dengan model Sport Utility Vehicle (SUV) yang mampu mengangkut hingga tujuh orang sekaligus, sedan VinFast memiliki kapasitas tampung hanya lima orang saja. Layaknya mobil sedan pada umumnya, kapasitas kursinya terbilang cukup mampu untuk memenuhi kebutuhan perkantoran. Tak lupa, balutan material kulit nampak menghiasi aspek kursinya sehingga mampu memberi kenyamanan lebih bagi seluruh penumpang maupun pengendara.

>>> Artikel terkait:

FITUR Vinfast LUX A2.0 2019

Nuansa futuristik akan dapat dirasakan kental pada aspek fitur sedan VinFast LUX A2.0 2019. Pasalnya, mobil sedan besutan Vietnam ini menerapkan layar High-Resolution Touchscreen berukuran 10,5 inci yang didesain cukup futuristik dibanding banyak pesaing di kelasnya. Belum lagi, kualitas suaranya dipastikan sangat jernih berkat terintegrasinya 9 speaker. Sehingga, kenyamanan Anda dalam mendengarkan musik di dalam kabinnya akan terasa mirip dengan suasana panggung berkelas.

Fitur Sedan VinFast LUX A2.0 2019 mampu memperoleh bintang 5 ASEAN NCAP

Fitur sedan VinFast LUX A2.0 2019 dilengkapi hal-hal menarik yang membuat sensasi berkendara Anda terasa sangat berkualitas

Fitur keselamatan juga tak lupa disasar oleh VinFast dengan menyajikan teknologi kestabilan seperti Vehicle Stability Control (VSC). Lewat teknologi tersebut, kualitas berkendara Anda tampil cukup mumpuni meski harus melaju di medan licin sekalipun. Menariknya, kualitas pengereman juga tak luput dari hal menarik, dapat dibuktikan pada perolehan bintang lima pada ASEAN NCAP. Sementara itu, fitur keselamatan standar layaknya sabuk pengaman, indikator audio pengingat sabuk pada bangku depan serta Airbags menjadi fitur keselamatan utama Anda selama berkendara.

>>> VinFast LUX A2.0 dan LUX SA2.0, Tonggak Sejarah Vietnam di Eropa

OPERASI Vinfast LUX A2.0 2019

Membahas masalah tenaga, operasi mesin VinFast LUX A2.0 2019 menerapkan spesifikasi padu dengan BMW 3-Series atau 5-Series generasi sebelumnya. Memboyong mesin BMW berkode N20, VinFast memastikan produknya tampil bertenaga. Upaya ini bahkan bukan didapat dari proses impor namun sudah mendapatkan izin secara resmi dari BMW untuk merakitnya secara lokal di pabrikan Hai Phong, Vietnam. Belum lagi, spesifikasi jantung pacunya tidak mengaplikasikan sistem kontrol katup Valvetronic yang mahal. Namun jangan khawatir sobat, pihak VinFast sendiri mengklaim bahwa kebijakan tersebut tidak akan mempengaruhi kinerja maupun tingkat efisiensi pada mesinnya. Setidaknya, langkah kebijakan yang dilakukan oleh VinFast dapat memangkas pembiayaan secara signifikan tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan dari proses impor melainkan merakitnya secara lokal.

Operasi Mesin Sedan VinFast LUX A2.0 2019 menggunakan 2.0 Liter Turbocharged

Operasi mesin VinFast LUX A2.0 2019 mampu menyemburkan daya hingga 130 kW

Mesin berkapasitas 2.000 cc ini menggunakan konfigurasi Turbocharged yang dipadukan dengan mode penggerak Rear Wheel Drive (RWD). Sehingga, mampu menghasilkan daya maksimum di tingkat 130 Kw dengan perolehan torsi puncak sebesar 300 Nm. Memang dari racikan tersebut, nampak model sedan VinFast lebih ditekankan akan kecepatan serta performa Handling yang cukup mumpuni. Apresiasi juga kami ucapkan pada pemilihan mode penggerak roda belakang sehingga tampil lebih efisien alias irit bahan bakar.

>>> Jangan lupa, mampir ke lapak Cintamobil.com yang menjual berbagai mobil terbaru dengan harga terjangkau

KESIMPULAN Vinfast LUX A2.0 2019

Persiapan matang VinFast sebagai pemain baru dalam dunia otomotif terbilang luar biasa. Tentu berdiri sendiri mengusung produk nasional bukanlah perkara mudah. Selama prosesnya, VinFast melakukan berbagai upaya mulai dari proses perakitan, bekerja sama dengan pabrikan Jerman hingga ke posisi Branding. Rangkaian kebijakan tersebut nyatanya berlangsung cukup sukses, terbukti dari ramainya pemberitaan media internasional menanti produknya di acara Paris Motor Show 2018. Sementara itu, dari segi desain dan teknologi, kami cukup mengapresiasinya karena VinFast sendiri telah berhasil menciptakan produk berstandar Eropa. Dengan sepenggal kisah tonggak sejarah ini, setidaknya banyak negara berkembang lainnya menginspirasi segala kegigihan VinFast untuk menciptakan produk otomotif bertaraf global. Adapun hal yang kami garis bawahi adalah Vietnam benar-benar berhasil membuktikan posisi kuatnya di mata Brand ternama lainnya.

Video Teaser sedan VinFast LUX A2.0 2019

Bagaimana pendapat Anda tentang spesifikasi sedan VinFast LUX A2.0 2019? Apakah Anda tertarik untuk menunggu kehadiran sedan VinFast Indonesia? Setidaknya, ini langkah positif yang bisa kita pelajari lebih dalam untuk meraih visi nasional ke depan. Sampaikan pendapat Anda di kolom komentar ya sobat.

Franky Pratama
 
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

REVIEW LAIN

  • Review SUV VinFast LUX SA2.0 2019

    Sporty Utility Vehicle (SUV) VinFast diluncurkan di acara Paris Motor Show 2018. Berdiri sebagai mobil otomotif nasional ...

    SUV User rate: 4,0 Editor rate: 4,8
  • Review Toyota Avanza S 2006

    Toyota Avanza tipe S hadir pada tahun 2006 sebagai jawaban atas hadirnya Suzuki APV dan Mitsubishi Maven. Apakah mobil ini ...

    MPV User rate: N/A Editor rate: 4,0
  • Review Mitsubishi Grandis 2005

    Di Indonesia yang dimana mobil jenis MPV merupakan kendaraan keluarga paling dicari, Mitsubishi pernah membawa MPV menengah ...

    MPV User rate: N/A Editor rate: 4,3

Cari review mobil