Review Renault Triber RXZ MT 2020: Harga Terjangkau Fitur Mewah

22/06/2020

Share this post:

Renault Triber 2020

Editor rate:

Rp 179.900.000

Lihat promo

Inilah calon mobil murah asal Eropa rakitan India yang siap menantang hegemoni duo Astra. Maxindo Renault Indonesia sangat percaya diri bahwa produknya ini akan diterima baik di pasar Indonesia. Lantas, bagaimana impresi kami mengenai mobil ini di Indonesia? Inilah Review Renault Triber RXZ MT 2020

Review Renault Triber RXZ MT 2020: Harga Terjangkau Fitur Mewah
Review Renault Triber RXZ MT 2020: Harga Terjangkau Fitur Mewah
0 Gambar

Pengantar Renault Triber 2020

Mari kita simak spesifikasi Renault Triber 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Torsi Mesin Cukup Besar Diraih Di Putaran Rendah

Kabin Modern Nan Praktis

Fitur Memukau

Kekurangan

Getaran Mesin Serta Suara Mesin Menyusup Ke Kabin

Baris Ketiga Tidak Selega Rivalnya

Jok Keras

Review Renault Triber RXZ MT 2020 - Pasar Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) atau lazim juga disebut mobil yang masuk dikelas LCGC (Low Cost Green Car) 7-seat memang begitu menggoda. Sedikitnya terdapat 3 pemain besar yang bertarung memperebutkan pasar ini, yakni duo Astra dengan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra-nya yang baru aja mendapatkan revisi. Dan juga pemain lawas Datsun dengan Go+ Panca. Maxindo Renault Indonesia sebagai agen pemegang merek Renault di Indonesia seakan tak ingin ketinggalan dengan turut memperkenalkan Renault Triber ke pasar Indonesia.

Gambar menunjukkan tim Cintamobil Bedah Renault Triber RXZ MT 2019

Tim Cintamobil.com turun langsung untuk membedah model terbaru MPV kompak Renault yang dikirim langsung dari India ini

Davy J Tuilan selaku Chief Operating Officer (COO), PT Maxindo Renault Indonesia sempat bilang kepada tim Cintamobil saat acara perkenalan Triber di bilangan Bintaro, Tangerang Selatan, bahwa produk ini merupakan line up yang sangat penting untuk mengisi jajaran produk Renault di Indonesia. Bahkan, pria ramah ini meyakini bahwa Triber adalah produk yang didesain secara Indonesia banget. Untuk itulah, Cintamobil.com mengutus salah satu tim terbaik untuk langsung membedah habis model yang akan meramaikan kelas LMPV kompak ini. So, mari kita simak review Renault Triber RXZ MT 2020.

Eksterior Renault Triber 2020

Review Renault Triber RXZ MT 2020 : Tampilan Depan

Gambar menunjukkan Tampilan depan Renault Triber RXZ MT 2020

Untuk ukuran mobil jenis Kompak LMPV, bentuk eksterior Renault Triber tipe RXZ ini begitu menggugah

Maxindo Renault Indonesia mengatakan bahwa mobil yang kami ulas ini adalah produk prototype yang 99% mirip dengan produk yang akan dijual nanti. Jujur saja, menurut kami, tampilan eksterior depan dari Renault Triber RXZ MT 2020 ini berkesan gagah dan menggugah. Coba Anda cek produk lain sekelas yang sudah beredar di pasaran, bentuknya cenderung melankolis dan manis saja. Aura gagah benar-benar terpancar di mobil ini. Welldone Renault!

Review Renault Triber RXZ MT 2020 : Tampilan Samping

Gambar menunjukkan Tampilan samping Renault Triber RXZ MT 2020

Aura gagah juga diteruskan hingga ke tampilan eksterior samping Triber RXZ MT 2020 ini

Spakbor berkelir hitam doff, roof rail, dan stiker aksen hitam pada pintu depan dan belakang semakin memperkuat aura gagah dari mobil Renault Triber RXZ MT 2020 ini. Aura unik juga ditonjolkan dengan penggunaan desain jendela berlekuk pada pillar C. Tidak seperti saat kami me-review Triber pertama kali mobil ini masih menggunakan velg kaleng yang ditutup dop berukuran 14 inci. Namun kini, desain velg modern dengan balutan dua warna berukuran 15 inci membuatnya tampil lebih menawan.

Oh ya, perlu kami ingatkan sebelumnya, jika Anda berkunjung ke ajang GIIAS 2019 dan menemukan Renault Triber yang sudah menggunakan desain velg 15 inci dan 17 inci two tone polished yang berbeda dengan model yang kami ulas ini. Perlu diketahui bahwa yang dipajang di pameran tersebut adalah velg konsep. PT Maxindo Renault Indonesia yang masih dalam pertimbangan untuk digunakan pada masing-masing tipe.

Review Renault Triber RXZ MT 2020 : Tampilan Belakang

Gambar menunjukkan Tampilan belakang Renault Triber RXZ MT 2020

Stoplamp berbentuk seperti paruh burung elang membuat aura LMPV kompak ini semakin gagah

Lanjut ke bagian belakang mobil Renault Triber RXZ MT 2020 ini, lampu belakang dengan bentuk paruh burung elang membuat aurah LMPV kompak ini makin gagah. Oh ya, dimensi Triber ini punya rasio lebar mobil terhadap panjang bodi mencapai 48% atau 43% tanpa menghitung penampang spion. Tentu saja ini merupakan berita baik, karena proporsinya kian baik. As info saja, pabrikan sportscar macam Ferrari, Lamborghini dan lainnya rata-rata memiliki rasio bodi diatas 43%.

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Renault Triber 2020

Review Renault Triber RXZ MT 2020 : Layout Dasbor

Gambar menunjukkan Layout dasbor Renault Triber RXZ MT 2020

Layout dasbornya cukup modern meski seluruhnya masih menggunakan material plastik keras

Layout dasbor yang digunakan oleh Renault Triber RXZ MT 2020 ini cukup modern dan praktis dengan banyaknya tempat penyimpanan baik terbuka maupun tertutup. Pun begitu dengan material yang digunakan, seluruhnya masih menggunakan bahan plastik keras. Namun, itu bukanlah berita buruk, mengingat dikelasnya yakni LMPV kompak 7 penumpang, tidak ada yang menggunakan panel soft touch. Apalagi bahan plastik keras seperti ini dipercaya lebih durabel untuk jangka panjang.

Review Renault Triber RXZ MT 2020 : Kursi

Gambar menunjukkan Kursi depan Renault Triber RXZ MT 2019

Jok dengan headrest menyatu digunakan pada kursi bagian depan Triber

Renault menyematkan terobosan baru terhadap mobil ini, yaitu memiliki lebih dari 100 konfigurasi pengaturan kursi Renault Triber RXZ MT 2020 yang bisa Anda gunakan. Luar biasa bukan? Meski demikian, ternyata tidak semuanya berita baik. Kami sudah coba langsung kursi depan mobil ini, busa joknya keras dan disinyalir akan kurang nyaman ketika diduduki dalam perjalanan sedang hingga jauh.

Gambar menunjukkan Kursi baris kedua Renault Triber RXZ MT 2019

Legroom dan headroom kursi baris kedua cukup memadai

Hal yang sama juga akan Anda rasakan pada kursi baris kedua pada mobil Renault Triber RXZ MT 2020 ini. Tapi, legroom dan headroom mobil ini patut dipuji karena cukup memadai. Hal ini lantaran desain atap mobil yang sedikit dibuat sedikit melandai keatas untuk menambah ruang kepala serta untuk tempat dual blower pada mobil ini. Salah satu yang menyenangkan adalah, kursi baris ketiga yang dapat dilipat dengan mode 50:50 makin menambah kepraktisan kabin Triber ini.

Gambar menunjukkan Kursi baris ketiga Renault Triber RXZ MT 2019

Meski terlihat sempit, namun orang dewasa tetap dapat duduk dengan memadai di kursi baris ketiga Triber ini

Tidak sampai disitu saja, kendati kursi baris ketiganya terlihat sangat sempit, tapi ternyata orang dewasa bahkan tim tester Cintamobil yang berpostur gambot pun dapat duduk di baris ketiga mobil Renault Triber RXZ MT 2020 ini. Sebuah keajaiban bagi mobil yang dimensi panjangnya kurang dari 4 meter tapi memiliki kapasitas angkut hingga 7 penumpang.

Review Renault Triber RXZ MT 2020 : Setir

Gambar menunjukkan Setir Renault Triber RXZ MT 2020

Desain setirnya memang modern, tapi...

Sayang sekali, tak ada tombol pengatur apapun yang tersemat pada setir Renault Triber RXZ MT 2020 ini. Hal itu tentunya membuat aura modern dari kabin mobil ini sedikit berkurang. Tapi jangan khawatir, desain setir mobil ini tetap modern dan cukup nyaman serta pas ketika digenggam oleh tangan. Pengaturan setirnya juga tidak ada tilt steering saja apalagi telescopic steering.

Review Renault Triber RXZ MT 2020 : Bagasi

Gambar menunjukkan Bagasi Renault Triber RXZ MT 2020

Anda jarang membawa banyak penumpang? Kursi baris ketiga Triber ini dapat dilepas dengan mudah

Menariknya, ada beberapa pilihan bagasi yang dapat Anda pilih di Triber ini. Pertama untuk konfigurasi 7 kursi, Anda hanya mendapatkan 84 liter pada ruang bagasi belakang. Lantas ketika menggunakan 6 kursi, Anda akan memiliki kapasitas 320 liter kapasitas bagasi. Sedangkan, jika Anda melepas kursi baris ketiga dari Renault Triber RXZ MT 2020 ini dan hanya menggunakan 5 kursi saja, Anda akan mendapat ruang sebesar 625 liter di bagasi belakang.

>>> Baca juga:

Fitur Renault Triber 2020

Review Renault Triber RXZ MT 2020 : Multi Information Display

Gambar menunjukkan Multi Information Display Renault Triber RXZ MT 2020

Renault mendesain meter cluster Triber ini secara pintar dan menarik

Multi Information Display yang ada di dalam meter cluster panel Renault Triber RXZ MT 2020 ini cukup lengkap. Mulai dari informasi seputar bahan bakar, kecepatan, odometer, trip meter, putaran mesin, fuel meter, suhu mesin,konsumsi bahan bakar real time, konsumsi bahan bakar rata-rata, trip meter, hingga suhu luar dapat terpantau dari LCD yang font-nya agak mirip kalkulator ini.

Review Renault Triber RXZ MT 2020 : Smart Access Card

Gambar menunjukkan Smart Access Renault Triber RXZ MT 2019

Bisa dibilang, hanya Renault Triber RXZ MT 2020 yang mengusung fitur smart access card dikelas ini

Kami cukup kaget dengan hadirnya fitur smart acces card pada Renault Triber tipe RXZ bertransmisi manual lansiran 2020 ini. Karena, bisa dibilang hanya mobil ini saja yang mengusung fitur ini dikelasnya. Dengan adanya fitur ini, Anda hanya perlu memasukkan 'kunci' berbentuk kartu ini ke kantung saja, dan ketika Anda berjalan mendekati mobil, secara otomatis kunci pintu terbuka, begitu pula sebaliknya, ketika meninggalkan mobil beberapa meter, pintu secara otomatis mengunci.

Review Renault Triber RXZ MT 2020 : In Car Entertaiment System

Gambar menunjukkan In Car Entertaiment System Renault Triber RXZ MT 2020

Head unit 8 inch pada Renault Triber RXZ MT 2020 ini fiturnya juga mumpuni

Sektor hiburan juga sangat diperhatikan oleh Renault terhadap produk terbarunya ini. Karena, Renault Triber RXZ MT 2020 ini dilengkapi dengan head unit yang dibuat dengan kerjasama bersama vendor ternama, dan sudah mampu menjalankan fungsi Apple Car Play serta Android Auto yang kekinian itu. Bisa dibilang, ini merupakan yang pertama dikelasnya.  

Review Renault Triber RXZ MT 2020 : Start Stop Engine

Gambar menunjukkan Tombol Start Stop Renault Triber RXZ MT 2019

Menyalakan dan mematikan mesin semakin mudah dengan kehadiran tombol start and stop engine ini

Prosesi menyalakan dan mematikan mesin di Renault Triber RXZ MT 2020 ini juga semakin mudah. Hal ini karena adanya tombol start and stop engine button. Anda hanya tinggal menginjak pedal kopling saja, pastikan posisi gear di posisi N (Netral), lantas tinggal menjentikkan jari Anda saja ke tombol tersebut, mesin akan menyala dan menderu dengan cukup halus untuk ukuran mesin 3 silinder segaris.

Review Renault Triber RXZ MT 2020 : Pengaturan AC Lengkap

Gambar menunjukkan Tombol pengaturan AC Renault Triber RXZ MT 2020

Pengaturan AC di Renault Triber RXZ MT 2020 ini begitu lengkap, bahkan heater juga tersedia

Meski pengontrol AC pada mobil ini masih full manual tanpa adanya fitur automatic climate control, namun pengaturan AC di produk jagoan Maxindo Renault Indonesia ini begitu lengkap. Mulai dari arah semburannya yang dapat diatur ke 5 arah, kecepatan blowernya ada 4 percepatan, bahkan juga tersedia heater atau penghangat kabin yang memanfaatkan selang hawa panas dari radiator mobil ini. Untuk dikelasnya ini patut diacungi 2 jempol.

>>> Review Renault Triber 2019: MPV Murah dari India untuk Dunia

Operasi Renault Triber 2020

Gambar menunjukkan Mesin Renault Triber RXL MT 2020

Mesin 1.0 SCe berjumlah silinder ganjil ini persis seperti yang digendong Renault Clio terbaru

Mesin yang tertanam di balik bonnet Renault Triber RXZ MT 2020 ini adalah unit berkode SCe yang juga akan dapat temukan di balik kap mesin Renault Clio terbaru. Tanpa sistem induksi udara paksa alias turbo, mesin ini menelurkan tenaga sebesar 72 Ps atau sekitar 70,5 Hp pada putaran mesin 6.250 rpm, serta hentakan torsi 96 Nm pada kitiran 3.5000 rpm. Tenaga dan torsi tersebut disalurkan ke dua roda depan melalui transmisi manual 5 percepatan serta nantinya akan ada opsi transmisi robotic Automated Manual Transmission (AMT).

Gambar menunjukkan Kaki-kaki Renault Triber RXZ MT 2019

Tenaga dan torsi tersalur ke dua roda depan melalui transmisi manual 5 percepatan atau pilihan robotic AMT

Kami belum bisa berbicara banyak mengenai impresi mobil ini, karena mobil dengan karakter mesin overstroke (langkah piston lebih panjang dari diameter piston) ini belum tersedia unit test drive-nya di Indonesia. Namun, Tim satu grup kami di India telah mengetes jalan mobil ini, dan mereka mengatakan bahwa mesin bensin dengan jumlah silinder ganjil ini telah mengalami banyak perbaikan bila dibandingkan mesin 3 silinder Renault lainnya. Namun, tetap saja seperti khasnya mesin 3 silinder, ketika pedal gas diinjak Anda akan langsung mendengar raungan mesin ini menyusup kedalam kabin.

Gambar menunjukkan akselerasi Renault Triber RXZ MT 2020

Akselerasi 0 - 100 km/jam Renault Triber berada di kisaran 16,5 detik

Mereka menambahkan, saat mulai berjalan pun, penyaluran tenaganya terkesan agak 'malas' di putaran bawah, ini tentunya antiklimaks mengingat karakter alami dari mesin 3 silinder punya torsi besar di putaran rendah. Namun, melewati 3.000 rpm, akselerasi mulai terasa positif. Begitu pula dengan tuas persnelingnya yang terasa kurang mantap saat dioperasikan. Yang juga agak disayangkan juga adalah injakan pedal koplingnya yang tidak bisa dibilang ringan. Bahkan, berdasar hasil tes yang rekan satu grup kami lakukan itu, kami menduga injakan pedal koplingnya mungkin lebih berat dari rival terberatnya asal Jepang.

Gambar menunjukkan Konstruksi kaki-kaki belakang Renault Triber RXZ MT 2019

Ban serep Renault Triber RXZ MT 2020 ini diletakkan dibawah kolong bagian belakang mobil

Kami menjadi semakin yakin bahwa harus mengetes sendiri mobil ini di jalan raya Indonesia ketika mobil Renault Triber ini sudah berhasil melewati masa homologasi di tanah air. Untunglah, menurut rekan satu grup kami lagi, suspensi mobil ini cukup dapat diandalkan dan karakter bantingan suspensinya cukup dewasa (tidak terlalu empuk namun masih tetap nyaman dan oke untuk bermanuver).

>>> Review Mercedes-Benz EQV 2019: MPV Premium Tanpa Emisi dari Mercedes-Benz

Spesifikasi Renault Triber 2020

Berikut ini adalah spesifikasi Renault Triber RXZ MT 2020.

Mesin Renault Triber RXZ MT 2020

Seri Mesin

 1.0 SCe, 3 Silinder, DOHC, VVT

Jumlah Katup

 12 katup (2 inlet dan 2 outlet per piston)

Tenaga Maksimum

 70,5 Hp (72 Ps) @ 6.250 rpm

Torsi Maksimum

 96 Nm @ 3.500 rpm

Kapasitas Silinder

 999 cc

Bore X Stroke

 72,2 mm X 81,3 mm

Tipe Transmisi

 Manual 5 Percepatan, FWD

Rangka Renault Triber RXZ MT 2020

Panjang X Lebar X Tinggi

 3.990 mm X 1.934 mm X 1,667 mm

Jarak Sumbu Roda

 2.636 mm

Jumlah Tempat Duduk

 7-seat

Jarak Terendah Ke Tanah

 182 mm

Berat Kosong

 947 Kilogram

Suspensi/Kaki-Kaki Renault Triber RXZ MT 2020

Suspensi Depan & Belakang

 McPherson Strut & Torsion Axle Beam

Sistem Kemudi

 Rack And Pinion with Electronic Power Steering

Rem Depan & Belakang

 Disc Brake & Drum Brake

Teknologi Sistem Pengereman

 Anti-lock Braking System (ABS)

Teknologi Safety Sasis

 Side Impact Beam

Struktur Sasis

 Semi Monokok, A-Segment

Pelek

 Alloy,15 Inci

Jenis Ban

 Fuelsaver, 185/65 R15

Daftar Harga Renault Triber 2020

Berikut ini adalah daftar varian dan harga Renault Triber yang dijual di Indonesia

Varian Harga
Renault Triber RXE MT Rp133.000.000
Renault Triber RXT AT Rp164.000.000
Renault Triber RXL MT Rp166.900.000
Renault Triber RXZ AT Rp169.900.000
Renault Triber RXT MT Rp172.900.000
Renault Triber RXZ MT Rp179.900.000

Kesimpulan Renault Triber 2020

Gambar menunjukkan ilustrasi Kesimpulan review Renault Triber RXZ MT 2020

Saatnya menanti Renault Triber beredar di jalanan Tanah Air

Yes! Dan kami rasa, kami tak perlu memberikan alasan apapun lagi. Mobil ini layak ditunggu dan dicoba langsung serta dibandingkan dengan para rivalnya yang lebih dulu ada di pasar mobil Indonesia, seperti Datsun Go+ Panca, Datsun Cross, Toyota Calya dan Daihatsu Sigra.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Dwi Jaya Mobil

DIY Yogyakarta

POWER AUTO

Banten

MOCIL DIPO

DKI Jakarta

Review lain

Review Renault Koleos Luxury 2019 : Lebih Murah Nyaris Rp 100 Juta Dari Tipe Tertinggi, Bakal Dapat Apa?

05/07/2019

Editor rate:

Inilah pilihan yang lebih terjangkau dari Renault Koleos. Sebelumnya kami telah mengetes secara lengkap mobil ini untuk varian tertingginya, kini kami berkesempatan untuk mengulas Renault Koleos tiipe Luxury tahun 2019. Dengan harga lebih murah nyaris Rp 100 juta Anda bakal dapat apa saja?

Lihat juga

Review Renault Kwid Icon 2019, Kwid Yang Ikutan Bersolek

05/07/2019

Editor rate:

Anda punya budget setara untuk membeli sebuah mobil LCGC (Low Cost Green Car) namun ingin mobil yang enggak lazim dan tampil beda saat di jalan? Inilah salah satu pilihan yang kami rekomendasi, sebuah Renault Kwid dengan trim Icon lansiran tahun 2019 yang baru saja diperkenalkan saat bulan puasa lalu.

Lihat juga

Review Renault Duster 2019: Penyegaran Wajah SUV Eropa Bercita Rasa India

10/07/2019

Editor rate:

Renault akhirnya meluncurkan Duster baru di India sebelum (diprediksi) diperkenalkan di Indonesia pada Gaikindo Indonesia International Auto Show 2019 nanti. Renault Duster 2019 yang merupakan facelift kedua dari edisi pertama keluaran 2010 hadir dengan serangkaian pembaruan kosmetik, penambahan fitur, serta tersedia dalam total sembilan varian.

Lihat juga

Review Datsun GO+ Panca CVT 2019: Hanya Sebatas Tambahan Fitur Matic?

22/03/2019

Editor rate:

Mobil keluarga Datsun GO+ Panca akhirnya kebagian teknologi CVT setelah sebelumnya Datsun GO telah mencicipi transmisi tersebut. Seperti apa inovasi yang dihadirkan PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) pada Low Cost Green Car dengan kapasitas 7-seater ini?

Lihat juga

Review Toyota Sienta 2019 Indonesia: Penyegaran Kosmetik dan Peningkatan Kenyamanan Penumpang

02/09/2019

Editor rate:

Toyota Sienta 2019 Indonesia resmi mendapatkan beberapa perubahan kosmetik serta penambahan beberapa fitur di dalam mobil. Dengan harga yang masih sama, apa saja perubahan yang diberikan untuk satu-satunya MAV (Multi Activity Vehicle) Toyota di Indonesia ini?

Lihat juga