Review Renault Megane R.S Trophy-R 2019, Kala Napoleon Buat Takluk Samurai Jepang

18/06/2019
editor rate: 4,8 user rate: 4,5
Inilah hot hatch yang paling panas di muka bumi saat ini. Ia baru saja memecahkan rekor dunia sebagai mobil berpenggerak roda depan tercepat di dunia. Bagai seorang Napoleon yang menaklukkan samurai hebat asal Jepang. Inilah ulasan kami mengenai kehebatan dari mobil Renault Megane R.S Trophy-R 2019.

PENGANTAR Renault Megane 2019

Gambar sebuah mobil  Renault Megane R.S Trophy-R 2008 berwarna kuning dilihat dari sisi samping

Inilah Renault Megane R.S Trophy-R generasi pertama yang lahir 11 tahun lalu

Review Renault Megane R.S Trophy-R 2019 - Kami sadar, tak ada hubungannya dalam buku pelajaran sejarah manapun antara Napoleon Bonaparte seorang pemimpin besar revolusi Perancis dengan para samurai hebat asal Jepang. Namun, Napoleon kami analogikan sebagai mobil Renault Megane R.S Trophy-R 2019 yang akan kami bahas kali ini, karena baik Napoleon maupun pabrikan mobil Renault sama-sama berasal dari Perancis. 

Gambar sebuah Mobil Renault Megane R.S Trophy-R 2011 berwarna kuning dilihat dari sisi samping

Berselang 3 tahun, generasi kedua dari Renault Megane R.S Trophy-R ini mencatatkan waktu nyaris 10 detik lebih cepat

Cerita mengenai Renault Megane R.S Trophy-R ini bermula pada tahun 2008, dimana saat itu divisi sport dari Renault yakni Renault Sport (R.S) merasa 'gerah' dan butuh tantangan baru. Lantas, mereka mencoba menciptakan hot hatch yang dilengkapi dengan kaki-kaki khusus, bodi lebih ringan, dan serta roll cage guna menambah kekakuan sasis disamping menambah unsur safety pada bodi mobil. 

Gambar sebuah mobil Renault Megane R.S Trophy-R 2014 berwarna putih dilihat dari sisi samping

Renault Megane R.S Trophy-R generasi ketiga ini mencatat sejarah baru di green hell

Tahun 2014 menjadi tonggak sejarah bagi Megane R.S Trophy-R, karena ia adalah satu-satunya hot hatch FWD yang mampu melibas sirkuit Nurburgring dengan catatan waktu di bawah 8 menit. Tentu saja torehan waktu tersebut membuat para ksatria asal Jepang berang. Tahun 2017 lalu, sebuah Honda Civic Type-R yang sama-sama berpenggerak roda depan mematahkan torehan waktu Megane Trophy-R gen 3 hingga 10,5 detik!

Gambar sebuah Mobil Renault Megane R.S Trophy-R 2019 berwarna putih dilihat dari sisi samping sedang berjalan di jalan Indonesia

Renault kembali 'membalas' Honda dengan mempertajam waktu 3 detik lebih cepat di lintasan yang sama

Melihat aksi ksatria asal Jepang tersebut mengobrak-abrik dominasi pabrikan Perancis ini, membuat Renault tak tinggal diam. Mereka lantas mengembangkan versi yang lebih buas dari Megane R.S Trophy-R. Dengan menggandeng banyak vendor teknik, Bridgestone untuk mensuplai ban, Ohlins guna meracik suspensi, Akrapovic bertugas membuat knalpot set, dan Brembo mengeset rem di mobil ini. Dan hasilnya, si 'Napoleon' mampu menaklukkan Samurai asal Jepang.

EKSTERIOR Renault Megane 2019

Review Renault Megane R.S Trophy-R 2019 : Tampilan Depan

Gambar sebuah mobil Renault Megane R.S Trophy-R 2019 berwarna putih dilihat dari sisi depan

Aura kencang sudah terlihat dari tampilan depan mobil Renault Megane R.S Trophy-R 2019 ini

Jujur saja, aura kencang dari mobil Renault Megane R.S Trophy-R 2019 ini sudah terlihat mulai dari tampilan depan mobil ini. Lekukan bumper yang sporti bukan dibuat dengan dasar estetika semata, namun juga berfungsi untuk mengalirkan angin guna mendinginkan rem yang pakai keluaran Brembo. Selain itu, coakan pada kap mesin juga semakin menegaskan aura sangar dan seolah berbicara pada siapapun yang melihatnya, ia bukanlah mobil sembarangan.

Review Renault Megane R.S Trophy-R 2019 : Tampilan Samping

Gambar sebuah mobil  Renault Megane R.S Trophy-R 2019 berwarna putih dilihat dari sisi samping

Ban lansiran Bridgestone dengan tipe Potenza S007 membalut pelek khusus dengan bobot ringan

Meski si 'Napoleon' ini berhasil menumbangkan Samurai asal Jepang (Honda Civic Type-R), namun sudah sepantasnya Renault berterima kasih ke suplier ban Bridgestone asal Jepang. Karena, grip ban yang luar biasa mampu diperoleh dari ban Bridgestone dengan tipe Potenza S007 ini. Secara umum tampilan samping dari mobil Renault Megane R.S Trophy-R 2019 ini tetap sangar dan sporti, detail stiker serta rumah spion berlapis karbon makin menyempurnakan tampilannya.

Review Renault Megane R.S Trophy-R 2019 : Tampilan Belakang

Gambar sebuah mobil Renault Megane R.S Trophy-R 2019 berwarna putih dilihat dari sisi belakang

Buntut seksi khas Megane series tetap dipertahankan pada Megane R.S Trophy-R terbaru ini

Detail buntut yang seksi khas Renault Megane series juga tetap dipertahankan pada varian terbuas dari Renault Megane ini. Desain spoiler belakang seakan menyatu dengan kaca belakang membuat tampilan belakangnya kian dinamis dan berkarakter. Belum lagi perpaduan antara bumper belakang dengan pintu belakang seakan membuat padu padan yang pas dan enak untuk dipandang oleh mata sisi buritan Renault Megane R.S Trophy-R 2019 ini.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Renault Megane 2019

Review Renault Megane R.S Trophy-R 2019 : Setir

Gambar menujukkan desian bagian Setir dari mobil Renault Megane R.S Trophy-R 2019

Setir yang digunakan di mobil Renault Megane R.S Trophy-R 2019 ini juga tak kalah spesial

Seperti khasnya Renault, setir yang dipasang pada mobil spesial mereka ini juga tak kalah istimewa. Karena dibalut kulit dengan suade pada bagian atasnya. Ini akan menimbulkan efek spesial bagi siapa pun yang mengemudikannya. Selain itu, setir ini juga dilengkapi dengan berbagai tombol pengaturan baik untuk konektivitas audio maupun pengaturan MID dan cruise control.

Review Renault Megane R.S Trophy-R 2019 : Posisi Duduk

Gambar menujukkan Posisi duduk di mobil Renault Megane R.S Trophy-R 2019

Posisi duduk egronomis seakan sudah menjadi keharusan pada mobil hot hatch 

Posisi duduk yang egronomis juga menjadi salah satu keistimewaan mobil ini dibandingkan dengan rival terdekatnya, meski harus diakui rivalnya tersebut juga menawarkan posisi duduk yang hebat, namun ada yang tidak akan Anda dapatkan pada rivalnya asal Jepang tersebut, yaitu kursi yang dibuat langsung oleh Recaro, selaku pembuat kursi balap yang sudah terkenal sekali asal Jerman.

Review Renault Megane R.S Trophy-R 2019 : Kursi

Gambar menujukkan desain Kursi pada mobil Renault Megane R.S Trophy-R 2019

Emblem Recaro menambah efek istimewa pada mobil ini

Seperti yang kami sudah jelaskan pada posisi duduk mobil ini, kursi racikan Recaro yang aseli Jerman ini akan menyangga tubuh Anda dengan sempurna. Keamanan yang disuguhkan oleh kursi ini juga tidak bisa dipandang sebelah mata, karena Recaro sudah sangat berpengalaman dalam mendesain kursi mobil baik mobil balap maupun mobil harian. 

>>> Baca juga:

FITUR Renault Megane 2019

Review Renault Megane R.S Trophy-R 2019 : Ringkasan Fitur Keselamatan

Gambar menujukkan seorang yang sedang berdiri di dekat  Mobil Renault Megane R.S Trophy-R 2019 untuk cek Ringkasan Fitur Keselamatan pada mobil tersebut

Mobil dengan performa tinggi, perlu dilengkapi dengan sistem keamanan yang mumpuni

Renault Megane R.S Trophy-R 2019 ini dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan dan keamanan. Baik aktif maupun pasif, seperti rem dengan sistem ABS, EBD, Emergency Brake Assist dan sebagainya. Namun, jika penggunaan mobil ini pada sirkuit balap, sudah tentu fitur-fitur ini dapat di matikan sementara, karena berbagai assist canggih akan membatasi kemampuan mobil yang sesungguhnya.

>>> Review Citroen C3 WRC 2019, Kuda Perang Sang Petahana

OPERASI Renault Megane 2019

Gambar menujukkan Sistem Operasi Renault Megane R.S Trophy R 2019

Turbo dengan dual ball bearing system serta exhaust system dua katup jadi suguhan utama yang membantu performa mobil ini

Renault Megane R.S Trophy-R 2019 ini diklaim menggunakan teknologi turunan langsung dari mesin-mesin yang didevelop untuk Formula 1, yaitu pakai teknologi dua buah ball bearing yang berfungsi memperlancar putaran shaft atau as bilah (turbin) turbo, sehingga sistem induksi udara paksa di mobil ini lebih ringan saat berputar, efeknya spooling turbo meniup udara ke mesin menjadi lebih cepat. Tenaga dan torsi? Intip di boks spesifikasi ya!

Gambar menujukkan sebuah Mobil Renault Megane R.S Trophy-R 2019 berwarna putih in Action

Suspensi racikan Ohlins asal Swedia juga membantu 'menjaga' mobil saat melibas tikungan

Selain dua teknologi yang kami sebutkan tadi, suspensi racikan Ohlins yang asli Swedia juga sangat membantu dalam 'menjaga' mobil saat melibas tikungan dengan cepat. Apalagi, mobil ini bobotnya lebih ringan sekitar 130 kilogram dari Megane standar, dan juga mobil ini mengadopsi sistem 4 wheel steering, dimana roda depan dan belakang dapat menyesuaikan sudut guna membuat mobil lebih cepat dan stabil saat melibas tikungan. 

Gambar menujukkan Akselerasi pada Mobil Renault Megane R.S Trophy-R 2019

Terbukti, Renault Megane R.S Trophy-R 2019 lebih kencang 3 detik dari Honda Civic Type-R

>>> Review Mitsubishi eK X 2019: Xpander Versi Imut dan Cerah dari Mitsubishi

spesifikasi Renault Megane 2019

Berikut ini adalah spesifikasi Renault Megane R.S Trophy-R 2019.

  Mesin Renault Megane R.S Trophy-R 2019
Seri mesin   4 Cylinder with Direct Injection Turbo
Pasokan Bahan Bakar   Direct Injection
Standar Emisi   Euro 6
Tenaga Maksimum  300 Hp @ 6,000 rpm
Torsi Maksimum  400 Nm @ 3,200 rpm
Kapasitas Silinder   1,788 cc
Bore X Stroke  79,7 mm X 90,1 mm
Tipe Transmisi   Manual 6 Percepatan, Penggerak Roda Depan
  Rangka Renault Megane R.S Trophy-R 2019
Panjang X Lebar X Tinggi   4,372 mm X 1.874 mm X 1,445 mm
Jarak Sumbu Roda  2,669 mm    
Jarak Terendah Ke Tanah  101 mm
Track Roda Depan & Belakang 1,615 mm & 1,596 mm
Kapasitas Tangki  N/A
Suspensi/Kaki-Kaki Renault Megane R.S Trophy-R 2019
Suspensi Depan & Belakang Cup chassis with 4 hydraulic compression stops including Torsen limited   slip differential, red brake calipers, custom springs/shock absorbers
Sistem Kemudi Electronic Power Steering + Mechanical Assist Rack And Pinion
Rem Depan & Belakang Ventilated Disc Brake 355 mm & Disc Brake 290 mm
Teknologi Sistem Pengereman ABS, EBD, Ermegency Brake Assist, Dynamic Driving Control
Teknologi Safety Sasis Sport chassis with 4 hydraulic compression stops Body, Side Impact Beam
Struktur Sasis Monokok, B-Segment
 Pelek Alloy, 19 inch
Jenis Ban   Bridgestone Potenza S007, 245/35 R19

kelebihan & kekurangan Renault Megane 2019

Setiap produk pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, pun demikian dengan Renault Megane R.S Trophy-R 2019 ini. Sebagai merek terkenal, sudah tentu ada berbagai sentimen yang hadir atas mobil ini, Cintamobil.com telah memaparkan berbagai kelebihan dan kekurangan Renault Megane R.S Trophy-R 2019 ini.

 Kelebihan  Kekurangan
 Performa Buas  Tidak Masuk Indonesia
 Handling Memukau  Minim Fitur Dibanding Rival
 Desain Eksterior Timeless  Ground Clearance Pendek

daftar harga Renault Megane 2019

Model Trophy-R yang satu ini sudah belum dipasarkan. Namun untuk versi RS ‘biasa’ sudah dipasarkan di negeri kangguru, yakni Australia. Namun ada saja kemungkinan besar bahwa modelnya segera dirilis untuk pasar Asia Pasifik termasuk Indonesia. Berikut kami lampirkan daftar harga Renault Megane RS 2019.

 TIPE MOBIL HARGA RENAULT MEGANE RS 2019
(Australia) 
HASIL KONVERSI DOLLAR AUSTRALIA KE RUPIAH INDONESIA
(Dibulatkan) 
Renault Megane RS M/T 2019  $ 44.990  IDR. 486.932.000
Renault Megane RS A/T 2019  $ 47.490  IDR. 513.990.000

Catatan:

  • Harga di atas bersifat sebagai referensi saja
  • Harga di atas adalah hasil konversi dari Dollar Australia ke Rupiah Indonesia
  • Jika model ini hadir di Indonesia, diprediksi akan terjadi penambahan biaya baik dalam hal perizinan, dokumentasi serta pertimbangan khusus dari Renault Indonesia

Video Renault Megane 2019

KESIMPULAN Renault Megane 2019

 Gambar menujukkan sebuah Mobil Renault Megane R.S Trophy-R 2019 berwarna putih sedang berjalan di jalan Indonesia

Layakkah mobil ini Anda miliki?

Sayang sekali, hingga hari ini ulasan mobil Renault Megane R.S Trophy-R 2019 ini diturunkan, pihak Renault Eropa belum menjual mobil ini. Namun, disinyalir paling lambat akhir tahun ini, varian spesial ini sudah dapat terparkir sempurna di garasi maupun car port pembelinya. Sayang sekali, bisa dipastikan harga jualnya akan 'terbang tinggi' ketika sampai Indonesia.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil