Review Renault Lodgy 2015

02/02/2019

Share this post:

Renault Lodgy 2015

Editor rate:

Lihat promo

Sempat akan masuk Indonesia di tahun 2015, sayangnya sepertinya bentuk mobil ini akan menjadi penghambat utama dalam hal penjualannya di tanah air. Baru-baru ini Renault Indonesia berpindah operasional kepengurusan ke Maxindo Renault Indonesia. Memang Renault Lodgy 2015 ini bukan yang akan dimasukkan serta dijual ke Indonesia, namun sebagai pemanasan Renault akan mencoba serius kembali di Indonesia, tidak ada salahnya untuk mengulas Renault Lodgy 2015 ini.

Review Renault Lodgy 2015
Review Renault Lodgy 2015
0 Gambar

Pengantar Renault Lodgy 2015

Mari kita simak spesifikasi Renault Lodgy 2015 di bawah ini.

Kelebihan

Desain Menarik Dan Serupa Mobil Produksi Massal

Terbukti Tangguh Dan Menjadi Juara Umum

Masih Menganut Sistem 4x4 Murni

Kekurangan

Tidak Dijual Bebas

Harga Modifikasi Sangat Mahal

Masih Bisa Tersaingi Rival 4x2

Review Renault Lodgy 2015Di tahun 2013, Renault sebagai salah satu pabrikan mobil Eropa yang berjualan di Indonesia, sempat kembali menggeliat, dan percaya diri di pasar mobil tanah air. Tentunya hal ini bukannya tanpa sebab, karena saat itu Renault memiliki jajaran produk yang dapat dibanggakan serta dipercaya mampu bersaing di tengah kerasnya pasar mobil Indonesia. Sebut saja Renault Captur dengan desain anti mainstream yang mampu menyihir beberapa penikmat mobil SUV ditanah air. Lalu ada lagi Renault Koleos yang sebasis dengan Nissan X-Trail dan memiliki teknologi yang canggih.

Belum lagi Renault Duster, sebuah SUV yang sekelas dengan Toyota Rush dan Daihatsu Terios namun memiliki kehematan konsumsi bahan bakar yang luar biasa. Terakhir, kita mengenal Renault Kwid yang banderolnya setara dengan mobil di kelas LCGC namun tidak ikut skema mobil LCGC. Sayangnya, agresi Renault di Indonesia tidak sepenuhnya mulus. Terbukti tahun 2019 ini hak pemegang merek dagang pindah ke Maxindo Renault Indonesia. Sebenarnya Renault memiliki salah satu produk yang dapat berjaya di kelas LMPV, yaitu Renault Lodgy 2015. Sayangnya, tampang alias tampilan eksterior dari Renault Lodgy 2015 ini dikhawatirkan tidak diterima di pasar Indonesia dengan baik.

Namun, bukan berarti Renault Lodgy 2015 ini adalah mobil yang jelek, karena Renault Lodgy 2015 juga memiliki senjata rahasia guna memikat konsumen andai jadi di pasarkan di Indonesia. Maka dari itu tim Cintamobil.com akan mengulas lebih detail mobil ini untuk Anda. Silahkan simak terus review Renault Lodgy 2015 hanya di Cintamobil.com.

Eksterior Renault Lodgy 2015

Review Renault Lodgy 2015 : Tampilan Depan

Tampak tampilan depan Renault Lodgy 2015

Tampilan depan dari Renault Lodgy 2015 ini begitu kontroversial dengan desain yang tidak biasa

Kita mulai dari desain tampilan luarnya atau eksterior. Secara umum tampilan depan dari Renault Lodgy 2015 ini begitu konservatif nan kontroversial. Berbeda dengan desain tampilan luar LMPV lainnya yang dijual di tanah air, Renault Lodgy 2015 ini seakan menawarkan kesan yang lain dari biasanya. Lihat saja grill ekstra besar dipadu dengan desain bumper maskulin karena terdapat under guard berwarna brushed silver yang enak untuk dilihat. Belum lagi lampunya seperti orang yang sedang melotot memberikan kesan tersendiri.

Review Renault Lodgy 2015 : Tampilan Samping

Tampak tampilan samping Renault Lodgy 2015

Tampilan samping dari mobil ini juga tidak kalah konservatif namun tetap menarik

Begitu juga saat Anda melihat tampilan samping dari Renault Lodgy 2015 ini, kesan LMPV crossover akan menyeruak, karena dari sepatbor depan hingga belakang dibalut dengan aksen hitam doff yang membuat mobil ini seolah tinggi dan mampu melibas medan apa saja. Begitu juga dengan tersedianya roof rail, serta desain handel pintu dan spion yang berbeda dengan produk LMPV yang umumnya sering dijumpai di Indonesia. Ditambah dengan pelek berkelir gun metal yang menambah kesan sporti dari mobil ini.

Review Renault Lodgy 2015 : Tampilan Belakang

Tampak tampilan belakang Renault Lodgy 2015

Tampilan belakang Renault Lodgy 2015 ini juga berkesan unik dan lucu

Senada dengan tampilan depan dan tampilan samping dari Renault Lodgy 2015 ini tetap menampilkan kesan yang beda dengan LMPV lain pada umumnya. Kesan unik serta lucu sangat menyeruak di tampilan belakang Renault Lodgy 2015 ini. Lihat saja bentuk stoplampnya yang unik, serta dipadu dengan desain kaca belakag yang besar membuat tampilan belakang dari Renault Lodgy 2015 ini berbeda dibandingkan dengan yang lainnya.

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Renault Lodgy 2015

Review Renault Lodgy 2015 : Layout Dasbor

Gambar menunjukkan layout dasbor Renault Lodgy 2015

Layout dasbor di mobil Renault Lodgy 2015 ini berkesan futuristis dan juga cukup menyenangkan 

Nuansa berbeda juga disajikan Renault Lodgy 2015 ini dari sisi layout dasbornya, karena layout dasbor mobil ini berkesan lebar, futuristis dan juga cukup menyenangkan untuk dilihat. Tempat penyimpanan di mobil Renault Lodgy 2015 ini juga cukup berlimpah. Otomatis, kepraktisan mobil ini patut untuk diacungi jempol, sayangnya saat kami melihat langsung keberadaan mobil ini di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show 2015, kualitas dari plastik dasbornya kurang begitu bagus dan berkesan murahan.

Review Renault Lodgy 2015 : Konvigurasi Jok

Gambar menunjukkan Konvigurasi Jok Renault Lodgy 2015

Keenam penumpag dapat duduk dengan nyaman didalam kabin Renault Lodgy 2015

Salah satu kunci utama Renault Lodgy 2015 berpotensi dapat memenangkan kompetisi pertanrungan pasar mobil di tanah air adalah kenyamanan kabinnya. Coba saja lihat, pada tahun 2015-an apa ada mobil dengan kelas LMPV yang menggunakan format bangku 6 penumpang dilengkapi dengan captain seat pada bangku baris kedua? Belum lagi kursi mobil-mobil Renault terkenal nyaman untuk diduduki.

Review Renault Lodgy 2015 : Bagasi

Gambar menunjukkan kapasitas bagasi Renault Lodgy 2015 dengan banyak kopor di dalamnya

Bagasi dari mobil Renault Lodgy 2015 ini juga dapat diandalkan 

Karena Renault Lodgy 2015 berformat LMPV alias Low Multi Purpose Vehicle, maka tidak heran jika mobil ini tampilan eksteriornya panjang dan juga memiliki kapasitas bangku 6 hingga 7 buah. Namun, sebenarnya bukan hal tersebut yang kami ingin tonjolkan, namun kapasitas bagasi dari mobil ini sangat bisa diandalkan, Anda lihat saja foto diatas, berapa banyak koper yang dapat diangkut dalam kondisi tempat duduk baris ketiga dilipat?

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

Fitur Renault Lodgy 2015

Review Renault Lodgy 2015 : Mekanisme AC Dual Blower

Gambar bagian AC Double Blower Renault Lodgy 2015

Mekanisme AC Dual Blower di Renault Lodgy 2015 sangat unik

Salah satu hal unik yang akan Anda temukan di dalam kabin Renault Lodgy 2015 ini adalah mekanisme AC Dual Blower di Renault Lodgy 2015 ini yang sangat unik. Blowernya memang hanya di bagian tengah, tepatnya sejajar dengan pilar B, namun dilengkapi dengan extension jalur tambahan guna menyalurkan hawa dingin ke penumpang baris ketiga yang biasanya kepanasan terlebih dahulu karena sistem dual blower di mobil LMPV umumnya yang hanya satu buah di pilar B saja.

Review Renault Lodgy 2015 : Kursi Captain Seat

Gambar bagian Kursi Captain Seat Renault Lodgy 2015

Kursi captain seat merupakan satu-satunya dikelasnya, andai Renault Indonesia memasukkan mobil ini ke pasar tanah air

Sebelum adanya Wuling Confero S, kursi dengan format captain seat bisa dibilang sebagai barang mewah di mobil kelas LMPV. Namun, ceritanya dapat menjadi lain, apabila Renault Indonesia pada tahun 2015 jadi memasukkan Renault Lodgy 2015 ke jajaran produk yang mereka jual. Pasti Renault akan menjadi pionir adanya kursi baris kedua dengan format captain seat di kelas LMPV.

Review Renault Lodgy 2015 : Tombol Pengatur Audio

Gambar menunjukkan tuas pengatur audio di Renault Lodgy 2015

Sama seperti Renault Duster, terdapat tuas pengatur audio dibalik kemudi

Sama seperti Renault Duster, Renault Lodgy 2015 juga dilengkapi dengan tuas pengatur audio yang posisinya diletakkan dibalik kemudi, meski tuas pengatur ini lengkap, namun kami menilai posisi peletakkannya kurang egronomis, seharusnya diletakkan saja bersamaan dengan setir, seperti umumnya tombol audio di setir.

>>> Tidak Selamanya Lancar, Inilah Jenis Masalah Pintu Geser Elektrik

Operasi Renault Lodgy 2015

Gambar menunjukkan bagian Mesin Renault Lodgy 2015

Renault Lodgy 2015 menggunakan 'mesin sejuta umat' yaitu K9K dCi

Karena merupakan salah satu produk global, maka Renault Lodgy 2015 juga menggunakan mesin sejuta umat dari aliansi grup Renault-Nissan-Mitsubishi, yakni sebuah mesin berkode K9K dCi dengan turbocharger serta dilengkapi teknologi common rail direct injection. Meski tenaga yang dihasilkan oleh mesin ini tidaklah spektakuler, namun demikian torsi mobil ini dapat diandalkan, karena ada 200 Nm pada putaran mesin dibawah 2.000 rpm.

>>> Ternyata Berkendara Dekat Mobil Emergency Harus Ekstra Hati-Hati

Spesifikasi Renault Lodgy 2015

Berikut ini adalah spesifikasi Renault Lodgy 2015.

Mesin Renault Lodgy 2015

Seri mesin

K9K dCi Common Rail Direct Injection

Bahan Bakar

Diesel

Tenaga Maksimum

83,5 Hp @ 3.750 rpm

Torsi Maksimum

200 Nm @ 1.900 rpm

Kapasitas Silinder

1.461 cc

Bore X Stroke

76 mm X 80,5 mm

Tipe Transmisi

Manual 5 Percepatan

Rangka Renault Lodgy 2015

Panjang X Lebar X Tinggi

4.498 mm X 1.751 mm X 1.709 mm

Jarak Terendah Ke Tanah

174 mm

Jarak Poros Roda

2.810 mm

Radius Putar Minimum

5,5 Meter

Kapasitas Tangki

N/A

Suspensi/Kaki-Kaki Renault Lodgy 2015

Suspensi Depan

MacPherson strut with anti-roll bar

Suspensi Belakang

Torsion beam with anti-roll bar

Power Steering

Electro-hydraulic power steering

Daftar Harga Renault Lodgy 2015

Renault Lodgy 2015 belum dijual di Indonesia, sehingga harganya disini tidak diketahui, namun Renault Lodgy 2015 di India dijual dengan harga antara Rp 170 hingga Rp 200 jutaan.

>>> Mari klik sini untuk lanjut update harga dan promo mobil lainnya di Cintamobil.com

Kesimpulan Renault Lodgy 2015

Gambar mobil Renault Lodgy 2015 berwarna abu-abu dilihat dari sisi depan yang sedang parkir di depan halaman rumah yang luas

Dengan segala kelebihannya Renault Lodgy 2015 layak untuk menjadi mobil keluarga Anda

So, is this car for you? Dengan segala kelebihan yang dimiliki oleh Renault Lodgy 2015, maka mobil ini sangat layak untuk menjadi pilihan Anda akan sebuah mobil keluarga yang lega, hemat, dan berfitur lumayan lengkap.

>>> Klik sini untuk lanjut baca artikel review mobil lainnya

Arfian Alamsyah
Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Review lain

New Daihatsu Terios 2018 Indonesia, Harga dan Review Lengkap

11/12/2017

Editor rate:

Dari isu-isu yang dikabarkan, PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) akan merilis produk Teriosnya dengan konsep yang baru. Semenjak acara GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015, ADM telah memamerkan konsep FT yang digadang-gadang sebagai konsep terbaru dari SUV Teriosnya. Yuk kita simak sobat penjelasannya tentang New Daihatsu Terios 2018 Indonesia.

Lihat juga

Review Nissan X-Trail Hybrid 2015, SUV Hybrid Pertama Di Kelasnya

31/03/2019

Editor rate:

Ini bukan sembarangan Nissan X-Trail, dibalik tampilannya yang terkesan 'kalem' terdapat suatu sistem hybrid yang canggih dan kekinian. Inilah ulasan lengkap kami terhadap mobil Nissan X-Trail Hybrid 2015

Lihat juga

Review Mitsubishi Xpander GLS AT 2018

13/08/2018

Editor rate:

Di antara semua keluarga Mitsubishi Xpander, varian GLS bisa dibilang varian ekonomis. Sekalipun masih 1 tingkat di atas GLX yang menjadi varian termurah, namun secara fitur ia bisa dibilang masih cukup relevan dan manusiawi. Apalagi sekarang sudah tersedia opsi transmisi otomatis, yang tentu saja semakin menambah daya tarik varian yang satu ini.

Lihat juga

Review Toyota Avanza Transmover 2016

13/12/2018

Editor rate:

PT. Toyota Astra Motor membuka kelas baru untuk berkiprah di light commercial vehicle. Sebelum kehadiran para pesaingnya, praktis Toyota melenggang sendirian. Seperti apa pendapat kami mengenai Toyota Avanza Transmover ini?

Lihat juga

Review Honda Mobilio 2015

Rp 224.000.000

26/01/2018

Editor rate:

Honda Mobilio merupakan mobil low MPV murah besutan Honda yang begitu ramai dicari di mesin pencari ketika mobil ini mulai diperkenalkan pada tahun 2014 silam. Setelah sukses menarik perhatian pecinta mobil di tanah air, Honda mengeluarkan versi terbaru yang memiliki desain lebih elegan dan penambahan fitur-fitur penunjang. Review Honda Mobilio 2015 secara lengkap akan dijabarkan dibawah ini.

Lihat juga