Review Renault Kwid Climber 2020: Hatchback Bergaya SUV nan Atraktif

24/05/2020

Share this post:

Renault Kwid 2020

Editor rate:

Rp 158.900.000

Daftar Harga Renault Kwid Terbaru Lihat promo

Menghadirkan desain luar yang lebih sporty dan atraktif, Renault Kwid Climber 2020 berkapasitas 5 tempat duduk ini hadir dengan harga terjangkau dan mesin yang irit.

Review Renault Kwid Climber 2020: Hatchback Bergaya SUV nan Atraktif
Review Renault Kwid Climber 2020: Hatchback Bergaya SUV nan Atraktif
0 Gambar

Pengantar Renault Kwid 2020

Mari kita simak spesifikasi Renault Kwid 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Harga yang terjangkau
Sudah mendapatkan head unit dengan voice command
Irit bahan bakar
 

Kekurangan

Ruang kepala yang pas-pasan
Interior masih didominasi material plastik
Angka performa mesin yang tampak biasa
 

Review Renault Kwid Climber 2020 - Dua tahun setelah peluncuran pertamanya pada 2018 silam, PT. Maxindo Renault Indonesia (MRI) memperkenalkan ubahan baru dari Renault Kwid Climber 2020. Mengandalkan desain yang atraktif, hatchback bergaya SUV ini memberikan pilihan baru bagi konsumen Tanah Air dengan harganya yang terjangkau.

Melalui peluncuran virtual yang dilakukan pada hari Rabu, (20/5), Davy J Tuilan selaku Chief Operating Officer PT. (MRI) mengungkapkan, “New Renault Climber dengan desain progresif ditambah dengan transmisi otomatis ala mobil super mewah akan menjadi pilihan yang menarik untuk konsumen otomotif Indonesia,” ujarnya.

Renault Kwid Climber 2020 berwarna biru
Model terbaru facelift Renault Kwid Climber

Meskipun di tengah pandemik Covid-19, PT MRI mengungkapkan akan memenuhi pesanan dan pendistribusian model Kwid ini ke Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Medan dan Makassar. Bagi Anda yang tertarik membeli mobil ini, simak terlebih dahulu review Renault Kwid Climber 2020 dari Cintamobil.com berikut ini.

Eksterior Renault Kwid 2020

Berbeda dibandingkan mobil yang umum dijual di Indonesia, eksterior Renault Kwid Climber didesain dengan perpaduan warna cerah. Ditambah kesan maskulin dari garis bodi yang lebih tegas, tampilan hatchback asal Eropa ini terasa kental darah SUV.

Review Renault Kwid Climber 2020: Eksterior Depan

Tampilan depan Kwid memberikan kesan eksterior yang sangat berbeda dibandingkan model sebelum facelift. Beberapa perubahan yang terlihat seperti desain grille yang baru dengan aksen chrome yang menawan. Aksen chrome pada bagian bawah grille dihilangkan sehingga hanya menyisakan satu bilah chrome pada grille depan.

tampilan depan Renault Kwid Climber 2020 berwarna biru
Tampilan depan Renault Kwid Climber

Di atas, desain DRL baru berteknologi LED dibuat semakin sipit. Ubahan lainnya pada fascia depan adalah front lips yang dibuat berwarna; perpaduan warna silver dengan sedikit aksen orange. Aksen orange juga bisa ditemukan pada ubahan tampilan lampu depan bergaya SUV yang diletakkan agak ke bawah.

Review Renault Kwid Climber 2020: Eksterior Samping

tampilan samping Renault Kwid Climber 2020 berwarna biru
Tampilan samping Renault Kwid Climber

Tidak ada banyak perubahan yang diberikan pada eksterior samping. Masih dengan side moulding yang khas, tapi sekarang spion samping diberi warna orange yang senada dengan tampilan depan. Namun yang menjadi keunggulan Kwid adalah ground clearance yang cukup tinggi, yaitu 184 cm. Ada pula roof rail pada bagian atap, lengkap dengan sedikit aksen orange pada bagian belakang roof rail.

Review Renault Kwid Climber 2020: Eksterior Belakang

tampilan belakang Renault Kwid Climber 2020 berwarna biru
Tampilan belakang Renault Kwid Climber

Desain stoplamp masih tanpa perubahan dengan desain yang sama dengan versi sebelum facelift. Ada rear spoiler, meskipun belum dilengkapi dengan rear wiper. Melengkapi tampilan belakang ada skid plate dengan perpaduan silver dan orange, senada dengan tampilan bumper depannya. Kamera mundur yang terletak pada bagian tengah logo Renault di eksterior belakang.


Interior Renault Kwid 2020

Untuk menggaet konsumen Tanah Air, Renault menghadirkan interior dengan perpaduan warna gelap dan terang. Ada beberapa aksen dan pemanis yang diberikan, termasuk pola jok yang menawan.

Review Renault Kwid Climber 2020: Dashboard

Tampilan interior yang menarik tentu saja didukung dengan desain dashboard yang menawan. Meskipun dipenuhi dengan material plastik yang membuatnya terkesan murah, tapi dashboard Renault Kwid memiliki aksen oranye yang sama dengan tampilan luarnya. Dilengkapi dengan head unit layar sentuh berukuran 20,32 cm.

dashboard Renault Kwid Climber 2020 berwarna hitam
Dashboard Renault Kwid Climber

Pada konsol tengah, perubahan paling signifikan adalah hadirnya transmisi model dial yang menawarkan kemudahan dan pengalaman berkendara yang baru bagi Kwid Climber. Renault meninggalkan tuas persneling konvensional dan menggunakan transmisi model dial yang jamak digunakan pada mobil-mobil premium seperti Ford.

Review Renault Kwid Climber 2020: Setir

setir Renault Kwid Climber 2020 berwarna hitam
Setir Renault Kwid Climber

Tak banyak perubahan yang terlihat pada setir yang digunakan. Masih mengandalkan setir palang tiga polos tanpa tombol pengaturan, tentu saja untuk menekan harga jual mobil ini. Tapi Renault membawa fitur electric power steering untuk menghadirkan handling dan rasa berkendara yang lebih baik bagi pengemudi, terutama untuk berkendara di tengah kepadatan lalu lintas.

Review Renault Kwid Climber 2020: Kursi

kursi Renault Kwid Climber 2020 berwarna hitam
Kursi Renault Kwid Climber

Tampilan kursi menjadi daya tarik tersendiri bagi Renault Kwid. Meskipun masih menggunakan bahan fabric, tetapi pola jok terasa menawan dibandingkan dengan mobil LCGC dengan jok polos. Ada pola kotak-kotak pada bagian tengah jok yang mengusung tema dual tone. Ruang kaki dan ruang kepala dirasa cukup baik. Sedangkan kemiringan kursi di bangku baris kedua mampu memberikan kenyamanan selama berkendara.

Review Renault Kwid Climber 2020: Bagasi

bagasi Renault Kwid Climber 2020 terisi koper dan tas
Bagasi Renault Kwid Climber

Bagasi belakang Kwid memiliki ruang penyimpanan yang cukup untuk menyimpan hingga beberapa tas dan koper dengan kapasitas ruang yang cukup baik. Separator pada bagasi akan memudahkan Anda menempatkan barang. Ditambah dengan power outlet yang terdapat pada sisi kiri bagasi. Ruang belakang cukup padat dengan ban serep bisa Anda temukan terletak pada bagian bawah lantai bagasi.

>>> Komparasi Renault Triber vs Daihatsu Sigra vs Toyota Calya: Duel Panas LCGC 7 Seater, Mana Terbaik?

Fitur Renault Kwid 2020

Ubahan terbaru Kwid menawarkan berbagai fitur baru di Indonesia. Yang terbaru dari Renault Kwid adalah sistem infotainment dari head unit layar sentuh 20,32 cm atau MediaNav, diklaim sebagai yang terbaik di kelasnya. Head unit ini sudah mendukung kompatibilitas Apple CarPlay dan Android Auto untuk menemani Anda sepanjang perjalanan. Bahkan, sudah tersedia fitur voice command yang tidak ditawarkan oleh rival-rival di kelasnya.

head unit Renault Kwid Climber 2020 berwarna hitam
Head unit layar sentuh Renault Kwid Climber

Selain itu fitur lain yang dihadirkan termasuk Power Window, spion elektrik, dan tak ketinggalan USB Ports untuk membantu Anda mengisi daya smartphone Anda. Tambahan kenyamanan bagi penumpang adalah tersedianya ventilasi AC di setiap baris. Fitur kenyamanan penting yang jarang dimiliki oleh mobil lain dengan harga yang setara.

Review Renault Kwid Climber 2020: Fitur keselamatan aktif

airbag Renault Kwid Climber 2020 berwarna putih
Ada dua airbag pada Renault Kwid Climber

Ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau, Renault menyematkan berbagai fitur keselamatan terbaru. Renault Kwid hadir dengan berbagai fitur, seperti Driver Side Airbag, sistem pengereman ABS dan EBD, Seat Belt Reminder, dan Reverse Parking Sensor. Tak ketinggalan Kwid menawarkan kamera belakang dengan garis untuk membantu Anda ketika mundur atau memarkirkan mobil.

>>> Ini Mobil-Mobil Pilihan Lain di Rentang Harga Renault Triber

Operasi Renault Kwid 2020

Dibandingkan model sebelumnya, mesin yang digunakan tidak mendapatkan banyak ubahan. Masih mengandalkan mesin 1.0L HR10DE 3-silinder yang mampu menyemburkan tenaga maksimal hingga 68 PS pada 5.5000 rpm serta torsi puncak 91 Nm pada putaran 4.250 rpm. Tenaganya cukup baik untuk pengendaraan dalam kota, namun terasa kurang bagi Anda yang menginginkan tenaga lebih.

mesin Renault Kwid Climber 2020 berwarna perak
Mesin Renault Kwid Climber

Tenaga disalurkan ke roda depan dengan pilihan transmisi 5-percepatan manual bagi varian entry level dan AMT (Automated Manual Transmission) yang ditawarkan untuk varian teratas. Kwid Climber secara harga berhadapan langsung dengan Daihatsu Ayla R Deluxe, tetapi memiliki tenaga dan torsi yang lebih kecil karena menggunakan mesin berkapasitas 999 cc. Tapi keuntungannya membuatnya menjadi lebih irit bahan bakar.

>>> Renault-Nissan-Mitsubishi Ikut Tanamkan Sistem Infotainment Berbasis Android

Spesifikasi Renault Kwid 2020

Dimensi Renault Kwid Climber 2020

Panjang x Lebar x Tinggi

3.731 x 1.579 x 1.474 (1.490 dengan roof rail) mm

Jarak Sumbu Roda

2.422 mm

Ground Clearance

184 mm

Mesin Renault Kwid Climber 2020

Tipe Mesin

1.0L HR10DE 3-silinder

Kapasitas Mesin

999 cc

Tenaga Maksimal

68 PS @ 5.500 rpm

Torsi Maksimal

91 Nm @ 4.250 rpm

Transmisi

Manual 5-percepatan dan AMT

Kaki-Kaki Renault Kwid Climber 2020

Suspensi Depan

MacPherson strut dengan lower transverse link

Suspensi Belakang

Twist beam suspension dengan oil spring

Rem Depan

Cakram

Rem Belakang

Tromol

Tipe Ban

165/70 R14

Velg

14 inci

Daftar Harga Renault Kwid 2020

Ada dua tipe Renault Kwid yang dibawa ke Indonesia, yaitu Kwid bertransmisi manual dan Kwid Climber otomatis AMT. Renault Kwid sebagai entry level dibanderol Rp 149,9 jutaan (OTR Jakarta), sedangkan harga Renault Kwid Climber yang menjadi varian tertinggi bisa Anda dapatkan mulai dari Rp 158,9 jutaan (OTR Jakarta).

>>> Review Renault Kwid 2019: Wajah Berotot dari Mini SUV Rp100 Jutaan Renault

Kesimpulan Renault Kwid 2020

Dengan harga yang ditawarkan, Renault Kwid Climber 2020 menjadi salah satu pilihan hatchback terbaik bersama ragam fitur hiburan dan keselamatan yang diberikan. Keluaran tenaga terasa rendah, namun dengan konsumsi bahan bakar yang irit. Tampilannya unik dan gaya sporty menegaskan kesan SUV yang tangguh di jalanan ditambah ground clearance yang tinggi bagi mobil sekelas hatchback.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil lainnya

Padli Nurdin
Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Review lain

Spesifikasi Renault Koleos 2017 Indonesia: SUV Premium yang Hadirkan Ekslusivitas

05/04/2018

Editor rate:

Renault Koleos merupakan kompak SUV yang mendapat sentuhan baru guna bersaing di ranah sejenis. Kebetulan pula, mobil ini juga memiliki spesifkasi yang menarik untuk diulas entah itu di bagian samping maupun dalamnya. Mobil ini sendiri nantinya akan bersaing dengan nama-nama beken semacam Xpander, Pajero hingga Fortuner. Menilik sengitnya kompetitor, sudah pasti mobil ini telah dilengkapi dengan spesifikasi yang tentunya tak kalah dengan para kompetitornya tersebut.

Lihat juga

Review Renault Duster 2019: Penyegaran Wajah SUV Eropa Bercita Rasa India

10/07/2019

Editor rate:

Renault akhirnya meluncurkan Duster baru di India sebelum (diprediksi) diperkenalkan di Indonesia pada Gaikindo Indonesia International Auto Show 2019 nanti. Renault Duster 2019 yang merupakan facelift kedua dari edisi pertama keluaran 2010 hadir dengan serangkaian pembaruan kosmetik, penambahan fitur, serta tersedia dalam total sembilan varian.

Lihat juga

Review Renault Triber 2019: MPV Murah dari India untuk Dunia

23/09/2019

Editor rate:

Rekan satu grup kami di India bernama Indianautosblog.com menginfokan kepada kami bahwa mereka telah melakukan tes jalan terhadap salah satu most wanted car in the world, yakni Renault Triber 2019. Inilah hasil test drive Renault Triber 2019 sang MPV murah dari India untuk Dunia.

Lihat juga

Review Renault Kwid Climber 2019, Kwid Matik Akhirnya Datang Juga...

24/07/2019

Editor rate:

Maxindo Renault Indonesia kembali memberikan kejutan! Setelah Renault Triber, MPV 7 penumpang aseli India yang cukup membuat gempar dunia persilatan mobil-mobil dikelas LMPV dan LCGC 7 Penumpang, kini Renault Indonesia kembali "berulah" dengan memperkenalkan Renault Kwid Climber 2019 dengan transmisi AMT.

Lihat juga

Review Renault Triber RXZ MT 2020: Harga Terjangkau Fitur Mewah

Rp 179.900.000

22/06/2020

Editor rate:

Inilah calon mobil murah asal Eropa rakitan India yang siap menantang hegemoni duo Astra. Maxindo Renault Indonesia sangat percaya diri bahwa produknya ini akan diterima baik di pasar Indonesia. Lantas, bagaimana impresi kami mengenai mobil ini di Indonesia? Inilah Review Renault Triber RXZ MT 2020

Lihat juga
back to top