Review Renault Kwid 2019: Wajah Berotot dari Mini SUV Rp100 Jutaan Renault

12/10/2019
editor rate: 4,3 user rate: 3,0
Setelah menjalani serangkaian pembaruan dan peningkatan fitur, Renault Kwid 2019 akhirnya mendapatkan major facelift setelah empat tahun. Wajah yang baru membuat Kwid lebih kekar dibandingkan sebelumnya. Sementara sisa desain tetap identik mengikuti model pra-facelift.

PENGANTAR Renault Kwid 2019

Review Renault Kwid 2019 - Renault akhirnya meluncurkan facelift Kwid di India pada 1 Oktober lalu. India Today menyebut mobil ini sebagai salah satu hatchback paling populer saat ini. Namun bagi Cintamobil.com, Renault Kwid 2019 tetap menjadi mini SUV yang tangguh. Terjual lebih dari 300.000 unit, Kwid memang menjadi produksi utama dalam pondasi Renault di India.

mobil konsep Renault Kwid berwarna bu-abu dan kuning 
Versi konsep Renault Kwid pada Auto Expo India tahun 2014

Renault Kwid sendir adalah crossover yang diproduksi oleh Renault dan ditujukan khusus untuk pasar India. Versi konsep diperkenalkan pada Februari 2014 di Auto Expo India sedangkan produksi meluncur Mei 2015. Pengembangan oleh tim teknisi Prancis yang menetap di India dikepalai Gérard Detourbet. Menurut Renault, interiornya terinspirasi oleh sarang lebah dan pengaturan 3 kursi depan dan 2 kursi belakang.

Pada facelift kedua ini – setelah pertama kali mendapatkan minor facelift Juli 2018 – Renault memberikan perubahan eksterior, menyandingkan Kwid dengan saudara listriknya, Renault KZ-E. Peluncuran facelift Kwid mengikuti pengenalan Renault Triber pada Agustus dan facelift Renault Duster pada bulan Juli silam.

mobil baru Renault Kwid 2019 berwarna biru 
Tampilan baru Renault Kwid 2019 yang baru diperkenalkan

Tampilan baru memberikan banyak ubahan desain di luar serta penambahan fitur pada sistem hiburan dan fitur keselamatan aktif. Kemungkinan besar dibawa ke Indonesia, perhatikan lagi review Renault Kwid 2019 yang hadir lebih panjang dibandingkan edisi sebelumnya.

EKSTERIOR Renault Kwid 2019

Versi facelift Kwid hadir dengan desain yang terinspirasi oleh SUV dan menampilkan berbagai gril krom yang diperbaharui. Dibandingkan dengan tampilan ‘biasa’ edisi sebelumnya, eksterior Renault Kwid 2019 mendapatkan ubahan yang lebih tegas dan berotot.

Review Renault Kwid 2019: Eksterior Depan

Renault sepertinya memberikan banyak perubahan pada eksterior depan Renault Kwid 2019 dibandingkan edisi sebelumnya. Yang paling menonjol adalah lampu depan double barrel yang diposisikan lebih rendah pada bagian depan. Selain itu, bagian depan pun diubah dengan pengaturan lampu depan baru.

 eksterior depan Renault Kwid 2019 berwarna biru
Tampilan depan Renault Kwid 2019

DRL LED baru diposisikan di tempat lampu depan dulu dengan sisipan krom pada gril baru yang menghubungkan kedua lampu depan. Bemper bawah mendapatkan asupan udara yang lebih besar dengan garis aksen yang lebih tegas. Dan untuk menambahkan kesan sporty dan maskulin mobil ini, skid plate depan dengan aksen oranye dibuat lebih besar dibandingkan model yang sedang dipasarkan saat ini.

Review Renault Kwid 2019: Eksterior Samping

 eksterior samping Renault Kwid 2019 berwarna biru
Tampilan samping Renault Kwid 2019

Pada profil samping, sedikit perbedaan terlihat pada desain lama dengan versi barunya. Keduanya masih mendapatkan cladding hitam pada lengkungan roda dan pintu untuk menjaga bodi dari goresan-goresan yang tak Anda inginkan. Desain roda mirip dengan model sebelumnya. Tapi eksterior samping Renault Kwid 2019 mendapatkan pelek 14 inci, bukannya 13 inci sebelum facelift.

Review Renault Kwid 2019: Eksterior Belakang

eksterior belakang Renault Kwid 2019 berwarna biru 
Tampilan lampu belakang Renault Kwid 2019

Ada penambahan bemper baru dengan reflektor serta elemen LED baru di lampu belakang. Seperti tampilan depan, skid plate pun bisa ditemui di belakang. Melengkapi eksterior belakang Renault Kwid 2019, desain atap yang dipahat berbentuk boomerang dilengkapi dengan roof rail (pada varian Cllimber) dual tone dan spoiler atap yang terintegrasi.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Renault Kwid 2019

Perubahan pun berlanjut ke dalam kabin. Interior Renault Kwid 2019 menampilkan bahasa desain yang halus dengan dual-tone yang diberikan. Beberapa penambahan pun sudah diberikan, terutama pada sistem hiburan hingga fitur keselamatan mobil.

Review Renault Kwid 2019: Dasbor
 

dasbor Renault Kwid 2019 berwarna hitam 
Dasbor Renault Kwid 2019

Mengusung bahasa desain yang lebih halus, dasbor dual tone dan aksen interior krom memberikan nuansa premium pada edisi facelift mobil ini. Model baru ini mendapatkan tata letak baru untuk instrument cluster dan nama Kwid tertanam pada sisi penumpang dasbor Renault Kwid 2019. Dikelilingi oleh aksen oranye, sistem infotainment layar sentuh sudah ditingkatkan, dari 7 inci menjadi 8 inci didukung kompatibilitas Android Auto dan Apple CarPlay.

Review Renault Kwid 2019: Kemudi

kemudi Renault Kwid 2019 berwarna hitam 
Kemudi Renault Kwid 2019

Bagian setir terlihat menyenangkan, walaupun bisa dipastikan struktur plastik lebih mendominasi. Berbeda dengan mobil baru lain, setir terlihat polos tanpa tombol fitur. Hanya ada logo Renault pada bagian tengah dan sedikit aksen warna pada bagian bawah kemudi Renault Kwid 2019. Tak perlu berekspektasi jika kita merujuk pada harga yang ditawarkan. Setidaknya, sudah ada instrument cluster digital yang akan menunjukkan berbagai informasi kendaraan selama Anda mengemudi.

Review Renault Kwid 2019: Kursi

kursi Renault Kwid 2019 berwarna hitam dan oranye
Kursi Renault Kwid 2019

Kabin cukup lapang. Renault menyebutkan bagian dalam dibuat mengandalkan ergo smart cabin. Jadi, walaupun modelnya yang kompak dibandingkan SUV lainnya, Desain samping yang tak menurun ke belakang menjadikan ruang kepala cukup lapang. Kursi Renault Kwid 2019 baris belakang pun sudah dilengkapi dengan armrest untuk kenyamanan penumpang selama di jalan.

Review Renault Kwid 2019: Bagasi

bagasi Renault Kwid 2019 berwarna biru 
Bagasi Renault Kwid 2019

Ruang penyimpanan cukup besar dan tersebar di beberapa tempat mobil. Mulai dari laci pada sisi penumpang depan, konsol tengah yang bisa Anda gunakan untuk meletakkan smartphone Anda ketika sedang di-charge, hingga kapasitas di ruang belakang. Kapasitas bagasi Renault Kwid 2019 tak berubah. Masih tetap 279 liter dan dapat diperluas hingga 620 liter jika bangku baris belakang ditidurkan.

>>> Baca juga:

FITUR Renault Kwid 2019

Kendaraan baru ini mendapatkan instrument cluster digital yang dipenuhi dengan pencahayaan LED. Ada sistem infotainment layar sentuh Medianav Evolution 8 inci yang menggantikan layar 7 inci. Untuk menghubungkannya dengan smartphone cukup mudah karena Renault sudah memberikan kompatibilitas Android Auto dan Apple CarPlay.

fitur Renault Kwid 2019 berwarna hitam
Fitur layar sentuh pada Renault Kwid 2019

Daftar fitur Renault Kwid 2019 yang baru meliputi port USB pengisian cepat dengan output daya 2,4A dan outlet 12V di bagian belakang. Kamera parkir belakang pun memudahkan Anda dalam membawa mobil ini ke ruang parkir. Sayangnya, power window hanya didapatkan pada pintu depan, bukannya pada keempat pintu mobil.

Review Renault Kwid 2019: Fitur Keselamatan Aktif

sistem keselamatan aktif Renault Kwid 2019 dengan dual airbag

Sistem keselamatan aktif Renault Kwid 2019

Meskipun Renault telah memperbarui Kwid dengan menambahkan airbag pengemudi, sensor parkir belakang, peringatan kecepatan, pengingat sabuk pengaman depan, serta sistem pengereman ABS dan EBD, fitur keselamatan aktif Renault Kwid 2019 tidak menggunakan airbag penumpang depan. Untuk mendapatkannya, Renault menawarkannya sebagai tambahan opsional pada varian RXT dan Climber.

>>> Renault-Nissan-Mitsubishi Ikut Tanamkan Sistem Infotainment Berbasis Android

OPERASI Renault Kwid 2019

Banyaknya perubahan yang ditampilkan pada versi facelift ini ternyata tak dibarengi dengan pertukaran mesin. Sistem operasi Renault Kwid 2019 masih menawarkan dua opsi mesin dengan teknologi SCe (Smart Control Efficiency) untuk bahan bakar yang lebih irit.

mesin Renault Kwid 2019 berwarna perak 
Sistem operasi Renault Kwid 2019

Pilihan mesin bensin 1.0 liter tiga silinder yang menghasilkan 68 daya kuda pada 5.500 rpm dan torsi maksimal tercatat 91 Nm pada 4.250 rpm. Sedangkan varian mesin yang lebih kecil 799 cc tiga silinder membawa 53.7 daya kuda pada 5.678 rpm dan torsi puncak 72 Nm pada 4.348 rpm. Kedua mesin dikawinkan dengan transmisi lima kecepatan manual standar dengan opsi transmisi AMT.

>>> Komparasi Renault Triber vs Daihatsu Sigra vs Toyota Calya: Duel Panas LCGC 7 Seater, Mana Terbaik?

spesifikasi Renault Kwid 2019

Dibuat lebih panjang, ada beberapa perubahan spesifikasi Renault Kwid 2019 dibandingkan pendahulunya. Apa saja, ya?

Dimensi Renault Kwid 2019

Panjang x Lebar x Tinggi

3.731 mm x 1.579 mm x 1.474 mm

Jarak Poros Roda

2.422 mm

Ground Clearance

184 mm

Mesin Renault Kwid 2019

Tipe Mesin

0.8L tiga silinder

1.0L tiga silinder

Tenaga Maksimal

53.7 dk @ 5.678 rpm

68 dk @5.500 rpm

Torsi Maksimal

72 Nm @ 4.348 rpm

91 Nm @ 4.250 rpm

Transmisi

Lima kecepatan manual atau AMT (Easy-R)

Kaki-Kaki Renault Kwid 2019

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Twist Beam

Rem Depan dan Belakang

Disc & Drum

Pelek

14 inci

kelebihan & kekurangan Renault Kwid 2019

Penambahan fitur dan perubahan desain membuat mobil terlihat lebih segar dibandingkan edisi sebelumnya. Tapi, apa saja kelebihan dan kekurangan Renault Kwid 2019 yang baru saja diluncurkan beberapa waktu lalu?

Kelebihan

Kekurangan

Sudah dilengkapi dengan berbagai penambahan fitur dibandingkan facelift pertama

Harga yang murah membuat beberapa komponen masih menggunakan material plastik

Harga yang ditawarkan termasuk murah

Desain bukan kesukaan semua orang

Menawarkan kesan sporty dan mewah

 

daftar harga Renault Kwid 2019

Harga 5 varian Kwid yang dijual di India tak berubah. Harganya masih tetap murah di bawah Rp100 juta, bahkan pada varian tertinggi. Harga Renault Kwid 2019 mendapatkan peningkatan menjadi Rs2.83 lakh (sekitar Rp56 jutaan) dan varian tertinggi Kwid Climber transmisi AMT (Easy-R) dibanderol Rs4.84 lakh (sekitar Rp96 jutaan). Bandingkan dengan harga Kwid di Indonesia yang dimulai dari Rp134 jutaan.

>>> Klik sini untuk cek harga mobil Renault lainnya

Video Renault Kwid 2019

Dengan warna hijau yang segar dan tampilan sporty, Renault India pun memperkenalkan Kwid 2019 yang baru beberapa hari lalu. Video Renault Kwid 2019 yang diunggah pada laman YouTube Renault India pun sudah ditonton oleh lebih dari 2.6 juta orang.

KESIMPULAN Renault Kwid 2019

Dibuat khusus untuk pasar India, Kwid masih menjadi salah satu mobil populer di Negara Bollywood tersebut. Facelift yang baru memberikan berbagai tambahan dan peningkatan. Mulai dari tampilan luar, interior yang dibuat lebih mewah, serta tambahan fitur hiburan dan keselamatan baru. Tak terkecuali layar infotainment 8 inci yang ditanamkan pada Renault Kwid 2019.

mobil baru Renault Kwid 2019 berwarna biru 
Tampilan anyar Renault Kwid yang lebih sporty dan maskulin

Mesin masih tetap sama, mengandalkan dua opsi 0.8L dan 1.0 L. Edisi facelift mendapatkan kenaikan harga. Sudah dipasarkan di India, masih belum ada kejelasan kapan model baru ini akan dibawa ke Indonesia. Pasalnya, pabrikan asal Prancis ini baru saja membawa Renault Kwid Climber beberapa waktu lalu. Besar kemungkinan Renault Kwid 2019 akan menyapa penggemarnya di Tanah Air tahun depan.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Padli Nurdin
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil