Review Renault Clio RS 2018

17/07/2018

Share this post:

Renault Clio 2018

Editor rate:

Lihat promo

Sebetulnya hatchback sudah banyak di Indonesia, sebut saja Toyota dengan Yarisnya dan juga Honda Jazz. Salah satu hatchback yang cukup laris di Eropa adalah Clio, mobil produksi Renault ini memang mahal, tetapi sebanding dengan kualitas dan citra yang dibawanya. Apakah mobil ini mampu menyaingi hatchback perkotaan yang ada di Indonesia? Sepertinya sangat sulit, tapi bagi siapapun yang tertarik dengan Renault Clio RS, Anda adalah orang yang anti mainstream dan berselera tinggi.

Review Renault Clio RS 2018
Review Renault Clio RS 2018
0 Gambar

Pengantar Renault Clio 2018

Mari kita simak spesifikasi Renault Clio 2018 di bawah ini.

Kelebihan

Paling praktis dikelasnya, punya 5 pintu

Terasa eksklusif dan racing look everyday

Performa mantab dikelasnya

Kekurangan

Harganya mahal, karena CBU

Diajak slalom ekstrim transmisinya agak bingung

Suspensi bisa dibuat lebih empuk

Review Renault Clio RS 2018 - Renault Clio pertama kali di produksi pada tahun 1990, hingga sekarang kemunculan Clio sudah menginjak generasi ke empat. Di generasi ke empatnya ini menggunakan nama Renault Clio R.S, mobil ini sebetulnya salah satu model yang cukup laris di pasar otomotif eropa dan Renault pun mengakuinya. Namun berbeda dengan penjualan di Indonesia, meskipun segmen hatchback sangat besar, sudah terlalu banyak pabrikan lain yang berkecimpung di kelas hatchback tanah air. Clio RS memiliki banyak keunggulan dari beragam aspek, seperti teknologi terbaru yang diusungnya adalah EDC (Efficient Dual Clutch). Jika Anda salah satu yang tertarik, atau ingin mengetahui lebih lanjut seputar Clio RS, simak review Cintamobil.com berikut.

Eksterior Renault Clio 2018

Siapapun setuju bahwa hatchback ini sangat keren, elegan dan tetap sporty, keunikan desain khas eropa membuat banyak mata terpana. Kami akan membahas lebih detail lagi mengenai eksterior Renault Clio RS 200 EDC 2018.

Review Renault RS 2018: Eksterior Depan

Gambar mobil Renault Clio RS  2018 berwarna kuning Merupakan Mobil Konsep DeZir

Eksterior Depan Khas Eropa

Renault Clio RS 200 EDC terinspirasi oleh kehadiran mobil konsep DeZir yang diperlihatkan di Paris Motor Show pada oktober 2010. Renault Clio RS mereproduksi gaya dan emosi seperti garis yang kuat, lengkungan yang mengungkapkan dinamika yang berasal dari mobil konsep. Di sisi depannya bumper besar terihat sporty  serta di benamkannya headlamp projector LED membuat Clio lebih mantap dalam pemberian cahaya. Tidak lupa lambang khas Renault berselimut krom begitu besar di sisi tengahnya.

Review Renault Clio RS 200 EDC 2018: Eksterior Samping

Renault Clio RS 2018 berwarna kuning Memiliki Desain Samping Sangat Menarik

Lengkungan Disampingnya Begitu Menarik

Bergeser kesamping, Anda akan disuguhi penampilan yang begitu menawan, lekukan garis-garis yang disematkan sangat sporty. Sekilas seperti desain Honda Jazz tetapi lelukan Clio begitu sempurnya, dari ujung kanan kiri menuju ke tengah, lalu garis melengkung dari sisi pintu belakang juga menarik untuk dilihat. Pelek dengan desain terbaru tidak boleh luput dari perhatian, pelek warna hitam gloss ini berukuran 18 inci.

Review Renault Clio RS 2018: Eksterior Belakang

Sisi Belakang Renault Clio RS 2018 Memiliki Lekukan Sempurnya

Sisi Belakang Renault Clio RS 

Kesan seksi begitu terasa dari sisi luar, bahkan hingga ke bagian belakang pun tidak ada sudut dan garis yang agresif. Penampilan eksterior hanyalah berupa lekukan sensual di bagian belakangnya, serta dilengkapi dengan rear bumper dan juga stoplamp terbaru dari Renault. Emblem “CLIO” persis dibawah lambang Renault begitu jelas terlihat , dua knalpot secara terpisah dibawahnya mengisyaratkan kesan sporty yang total, adapun antena cukup panjang di bagian atas atap belakang mobil. Renault RS memiliki lima pilihan warna Eksterior diantaranya, Putih Glacier, Abu-abu Platinum, Kuning Sirius, Hitam dan Merah Flame.

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Renault Clio 2018

Review Renault Clio RS 2018: Dasbor

Material Empuk Dasbor Renault Clio RS Membuat Kesan Mewah Sangat Terasa

Dasbor Clio RS 200 EDC

Penampilan interior Clio pun sama sportynya, tidak heran jika mobil ini memang betul-betul dirancang oleh tim yang hebat di bidang sport. Kemampuan dari para perancangnya tercermin dari semua detail dalam dasbornya sehingga menghasilkan dasbor dengan karakter kuat. Material dengan warna gelap pada dasbornya serta diberikan layar touchscreen sistem telemtri atau Carminat Tomtom Live. Di sisi tengah dasbor yang support untuk CD/DVD, MP3, USB, AUX dan beberapa lainnya.

Review Renault Clio RS 2018: Kursi dan Kabin

Renault Clio RS memiliki panjang 4090 mm, lebar 1732 mm dan tinggi 1432 mm serta memiliki berat 1204 kg. Dengan dimensi ini, suasana kabin tidak sempit, penempatan kursi yang pas serta nyaman mampu memberikan kenyamanan untuk lima orang.Jok ini memiliki lapisan kulit Recaro dan trim zinc grey pada sisi konsol tengah Kursi baris pertama sangat pas di punggung dan posisi duduknya pun begitu pas, apalagi dudukung dengan material berkualitas dan juga empuk.

Review Renault Clio RS 2018: Setir

Renault Clio RS Punya Kemudi Dilapisi Kulit Yang Nyaman

Kemudi Renault Clio RS

Lingkar kemudi pada Renault Clio RS terasa mantap, lapisan kulit begitu nyaman ketika kami rasakan. Penampilan jahitan di sisi dalam kemudi memberikan kesan sporty, pasalnya aksen warna merah juga ada di dalam kabinnya seolah menyatu. Audio switch terletak di bagian kiri kemudi, lalu cruise control pada sisi kanannya, serta yang mencolok adalah paddle shift di bagian belakang kemudi.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

Fitur Renault Clio 2018

Bukan mobil Eropa namanya jika tidak memiliki fitur safety yang baik. Seperti Clio RS ini dibekali dengan bebebrapa fitur safety juara, seperti Dual SRS Airbag, Child safety locks, Anti-lock Breaking System (ABS), Brake Assist (BA), Electronic Brake Force Distribution (EBD), Vehicle Stability Control, Pretentioner Seatbelt, Sensor parkir plus kamera belakang, Crash Sensor hingga Engine Check Warning.

>>> Klik sini untuk cimak review mobil hatchback lainnya

Operasi Renault Clio 2018

Renault Clio RS Memiliki Mesin 1.6L Dilengkapi Turbo

Performace Clio RS

Salah satu senjata yang sangat diandalkan dari Renault Clio RS yaitu sektor dapur pacunya, Clio RS mengedepankan teknologi Sport dengan mengadopsi box kopling ganda EDC dan juga mesin bertenaga 1.6 Turbo. Tenaga yang dapat dihasilkan adalah 200 Hp pada kitiran 6000 rpm, serta torsi 240 Nm pada putaran mesin 1750 rpm. Hebatnya dari EDC ini adalah membuat kinerja mesin lebih optimal pada perpindahan gigi sangat cepat serta halus. Salah satu awak Cintamobil.com pernah menjajal Renault Clio RS dengan transmisi EDC ini. Perpindahannya cukup halus, dan mampu menyesuaikan dengan karakter si pengemudinya. Mau jalan santai didalam kota ataupun melesat cepat di sirkuit, transmisi ini mampu menyesuaikan 'tabiatnya'. Sayangnya, saat akan dipakai ekstrim di sirkuit, pengaturan mode untuk mematikan stability control agak sulit dilakukan dengan cepat. Tidak seperti lawan lainnya yang sepadan seperti Peugeot 208 GTi. Pun begitu dengan respon transmisinya, saat slalom test dan dipakai bermanuver J-turn, transmisi agak bingung menentukan posisi gigi yang tepat dari mundur ke maju. Toh, tak apalah, lagipula siapa juga, yang mau bermanuver ekstrim seperti itu setiap hari?

>>> Langsung klik sini untuk simak review mobil lainnya

Spesifikasi Renault Clio 2018

Dibawah ini kami berikan spesifikasi dari Renault Clio RS 200 EDC 2018.

Spesifikasi Renault Clio RS 200 EDC

Dimensi

Panjang x Lebar x Tinggi

4090 mm x 1732 mm x 1432 mm

Jarak poros roda

2589 mm

Berat

1204 kg

Jarak terendah

120 mm

Tempat duduk

5 orang

Mesin

Tipe mesin

1.6L 4 Silinder Turbocharged

Isi silinder

1.618 cc

Daya maksimal

200 Nm @ 6000rpm

Torsi maksimal

240 Nm @ 1750 rpm

Transmisi

Otomatis 6-speed with EDC

Sistem bahan bakar

Multi-point Injection

Kapasitas tanki

45 Liter

Kaki-kaki

Suspensi depan

MacPherson Strut

Suspensi belakang

Torsion Beam

Jenis shockbreaker

Coil Spring

Ukuran ban

205/45 R18

Jenis ban

Radial

Daftar Harga Renault Clio 2018

Bukan hanya review dan spesifikasi saja, tapi kami juga berikan informasi seputar harga dari Renault Clio RS.

Varian

Harga Renault Clio RS 200 EDC OTR Jakarta

Renault Clio RS 200 EDC 1.6L

Rp 661.000.000

Kesimpulan Renault Clio 2018

Harus diakui, suka tidak suka nampaknya Renault masih harus kerja keras untuk mendongkrak penjualan hathcbacknya. Semua itu jelas terbanting dengan penjualan yang begitu besar dari pabrikan Jepang seperti Toyota Yaris, Honda Jazz, bahkan masih kalah dari Hyundai i20 yang aseli Korea. Namun berbeda dengan Clio RS. Varian high performance ini begitu asyik dikemudikan, bahkan dibandingkan rival terberatnya Peugeot 208 GTi. So? Renault Clio RS EDC 2018 ini, sangat layak untuk Anda miliki. 

>>> Untuk membeli mobil lebih aman dan cepat, jangan lupa mampir situs Cintamobil.com

 

Metodius
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya
back to top