Review Renault Clio E-Tech 2020: Edisi Hybrid yang Lebih Efisien

09/01/2021

Share this post:

Renault Clio 2020

Editor rate:

Rp 397.000.000

Pilihan mobil Renault Clio di Indonesia Lihat promo

Renault Clio adalah salah satu mobil populer di Benua Biru. Dan teknologi hybrid pintar yang baru membuat Renault Clio E-Tech semakin menarik di kelasnya.

Review Renault Clio E-Tech 2020: Edisi Hybrid yang Lebih Efisien
Review Renault Clio E-Tech 2020: Edisi Hybrid yang Lebih Efisien
0 Gambar

Pengantar Renault Clio 2020

Mari kita simak spesifikasi Renault Clio 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Masih ciri khas klasik

Mesin bertenaga dan irit BBM

Pengendalian fun to drive

Kekurangan

Belum dijual di Tanah Air

Jaringan servis masih kurang di Indonesia

Ruang bagasi berkurang

Renault Clio E-Tech 2020 merupakan versi listrik dari model populer Clio. Sebagai informasi Renault merupakan salah satu pembuat mobil dunia yang serius memasuki pasar mobil listrik. Renault mulai menjual kendaraan listrik murni seperti Fluence Z.E., Twizy, serta Kangoo Z.E. Namun pabrikan asal Prancis ini belum pernah masuk ke pasar mobil hybrid. Hingga akhirnya Renault Clio E-Tech 2020 diperkenalkan beberapa waktu lalu.

Gambar Renault Clio generasi pertama dan generasi terkini

Siapa sangka hatchback kompak populer di Eropa ini punya varian hybrid?

Renault Clio yang mendapatkan pembaharuan dalam generasi kelima pada tahun 2019 lalu mendapatkan rangkaian teknologi hybrid baru dengan E-Tech. Kehadiran versi hybrid diprediksi karena konsumen beralih dari mesin diesel yang mulai di larang di beberapa kota di Eropa. Mengingat peraturan emisi Eropa yang semakin ketat setiap tahun dan mobil listrik murni belum memiliki pasar yang masif.

mobil baru Renault Clio 2019
Generasi kelima Renault Clio yang diluncurkan tahun lalu

Renault Clio sendiri merupakan model hatchback kompak yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1990. Menariknya, Clio dijual dengan nama Renault Lutecia di Jepang karena Honda memiliki hak atas nama Clio setelah mengeluarkan Honda Clio pada tahun 1984. Sudah ada lima generasi yang dipasarkan dengan model terbaru meluncur di Geneva Motor Show 2019.

Gambar Renault Clio RS 2018

Clio juga punya versi kencang bernama R.S (Renault Sport)

Renault Clio yang pernah dipasarkan di Indonesia dalam era 2000-an ini merupakan salah satu mobil terpopuler di Eropa. Dan penambahan model hybrid menjadi bagian penting dalam perkembangan Clio di pasar Eropa di masa yang akan datang. Apa saja yang berubah? Simak review Renault Clio E-Tech 2020 yang diperkenalkan beberapa waktu lalu

Eksterior Renault Clio 2020

Dengan hanya perubahan pada teknologi, memang tak banyak perbedaan antara model berbahan bakar bensin dengan mode hybrid. Eksteriornya menghasilkan tampilan yang stylish untuk city car dalam pengendaraan perkotaan.

Review Renault Clio E-Tech 2020: Eksterior Depan

Lampu depan berteknologi LED bisa ditemukan pada seluruh varian. Renault menjelaskan teknologi ini mampu memberikan visibilitas sehingga menghadirkan rasa berkendara yang lebih baik. Lampu DRL dengan lipatan yang lebih tajam, garis fitur bonnet, serta logo Renault besar di grille depan memberikan penyegaran namun tetap mempertahankan kesan klasik mobil ini.

Tampilan depan Renault Clio E-Tech 2020 berwarna biru
Tampilan depan Renault Clio E-Tech 2020

Ubahan pada bumper bawah memperlihatkan desain baru dari rumah lampu kabut, lengkap dengan sedikit aksen chrome mempermanis tampilan luarnya. Ada asupan udara yang cukup baik dari bumper bawah yang cukup lebar, memberikan desain yang berbeda dibandingkan edisi sebelum facelift.

Review Renault Clio E-Tech 2020: Eksterior Samping

Tampilan samping Renault Clio E-Tech 2020 berwarna biru
Tampilan samping Renault Clio E-Tech 2020

Bagian samping memperlihatkan kesan minimalis dengan ruas garis yang tak terlalu tegas. Gagang pintu sewarna bodi dan spion dengan lampu sein dan sedikit aksen hitam dilengkapi dengan lis chrome yang terdapat pada keliling jendela dan sisi bawah pintu. Ground clearance 159 mm dirasa cukup untuk mengantar Anda berkeliling di jalanan perkotaan.

Review Renault Clio E-Tech 2020: Eksterior Belakang

Bagian belakang juga tak berubah. Ada spoiler belakang terintegrasi yang memberikan kesan sporty pada mobil ini. Wiper yang mungil tersemat pada jendela belakang, cukup membantu ketika berkendara di jalanan ketika hujan.

Tampilan belakang Renault Clio E-Tech 2020 berwarna biru
Tampilan belakang Renault Clio E-Tech 2020

Lampu belakang dengan smoke berwarna merah terlihat menurun ke bawah, memberikan kesan wajah yang sedang ‘marah’. Khusus untuk varian hybrid, Anda akan mendapatkan logo E-Tech yang sesuai dengan teknologi mobil ini. Di bawah, ada bumper berwarna hitam serta lekukan yang membedakan plat nomor dan pintu belakang.

>>> Baca juga berbagai review Renault lainnya di sini


Interior Renault Clio 2020

Tak ada perubahan dibandingkan model bermesin standar. Tapi ada peningkatan pada interior yang membuatnya lebih praktis dibandingkan edisi pendahulunya. Kabin masih menggunakan material plastik keras, tapi menghadirkan tampilan yang elegan. Memberikan value for money yang cukup baik dibandingkan pesaingnya.

Review Renault Clio E-Tech 2020: Dashboard

Head unit 9.3 inci menghiasi dashboard. Terintegrasi pada bagian tengah sebagai pusat dari sistem hiburan di dalam kabin. Tampilan digital instrument kluster yang dapat ditingkatkan dari 7.0 inci menjadi 10.0 inci. Ditambah berbagai sentuhan desain interior yang lebih menawan dan memberikan kesan yang lebih dewasa dibandingkan pesaingnya.

dashboard Renault Clio E-Tech 2020 berwarna hitam
Dashboard Renault Clio E-Tech 2020

Khusus untuk varian hybrid, Anda bisa mendapatkan aksen berwarna biru pada beberapa bagian kabin, melintang di sisi dashboard serta di sekeliling tuas persneling. Di bawah head unit, terdapat tombol pengaturan dan kenop putar untuk pengaturan AC. Konsol tengah menawarkan ruang penyimpanan terbuka untuk meletakkan dompet maupun smartphone Anda.

Review Renault Clio E-Tech 2020: Setir

setir Renault Clio E-Tech 2020 berwarna hitam
Setir Renault Clio E-Tech 2020

Setir berlapis kulit menghadirkan pengendaraan yang menyenangkan. Lingkar kemudi terasa pas. Belum lagi dengan aksen silver yang mempermanis tampilannya. Ada tombol multi fungsi bagi Anda untuk mengatur beberapa fitur di dalam kabin. Meningkatkan kepraktisan berkendara

Review Renault Clio E-Tech 2020: Kursi

Ubahan yang diberikan pada model terbaru ketika diperkenalkan tahun 2019 membawa kursi yang lebih bagus dan lebih nyaman. Kursi berlapis kulit bisa ditemukan bagi varian tertinggi dengan material berkualitas tinggi yang diberikan pada semua bangku di dalam kabin.

kursi Renault Clio E-Tech 2020 berwarna hitam
Kursi Renault Clio E-Tech 2020

Hanya saja beberapa ulasan menyebutkan ruang kemudi yang cukup pas-pasan bagi pengemudi bertubuh jangkung. Mengingat dimensi mobil yang cukup kompak, sehingga memangkas ruang kaki yang ditawarkan pada kendaraan. Begitu pula dengan ruang kaki bagi penghuni baris kedua. Namun ruang yang diberikan sudah lebih baik dibandingkan dengan model sebelumnya.

Review Renault Clio E-Tech 2020: Bagasi

Bagasi Renault Clio E-Tech 2020 berwarna hitam
Bagasi Renault Clio E-Tech 2020

Ruang dan kenyamanan bagi pengemudi dan penumpang bisa dibilang cukup bagus di kelasnya. Namun untuk mengakomodasi baterai hybrid, ruang bagasi di belakang telah menyusut menjadi 300 liter. Cukup untuk membawa barang-barang kebutuhan sehari-hari.

>>> Beragam berita terbaru dari Renault bisa Anda dapatkan di sini

Fitur Renault Clio 2020

Mobil baru ini hadir dengan berbagai peningkatan interior dengan bahan dan finishing berkualitas lebih tinggi dan kursi bergaya sporty. Head unit layar sentuh 9,3 inci yang lebih besar dilengkapi dengan sistem Easy Link, kompatibel dengan Android Auto dan Apple CarPlay dan dilengkapi dengan Google Maps dan sistem navigasi TomTom.

Fitur Renault Clio E-Tech 2020 berwarna hitam
Fitur Renault Clio E-Tech 2020

Beberapa fitur lainnya bisa ditemukan pada varian yang lebih tinggi. Mulai dari rem tangan elektrik, pengisi daya smartphone nirkabel, lampu depan LED dengan aktivasi sinar utama otomatis pada model tertentu.

Review Renault Clio E-Tech 2020: Fitur Keselamatan Aktif

Dibandingkan model sebelumnya, tambahan sistem berkendara memberikan kenyamanan ketika berkendara di semua medan. Clio E-Tech menggunakan sistem berkendara Lane Keeping Assist, Adaptive Cruise Control dan Road Sign Recognition, ditambah Blind Spot Warning dan Automatic Emergency Braking.

>>> Renault-Nissan-Mitsubishi Ikut Tanamkan Sistem Infotainment Berbasis Android

Operasi Renault Clio 2020

Renault Clio bisa disebut sebagai alternatif bagi kendaraan berbahan bakar bensin. Semua varian Clio E-Tech ditenagai oleh mesin bensin 1.6L dan dua motor listrik. Satu motor digunakan untuk penggerak dan yang lainnya menjadi generator starter tegangan tinggi (High-voltage Starter Generator) atau HSG untuk mesin.

Mesin Renault Clio E-Tech 2020 berwarna hitam
Mesin Renault Clio E-Tech 2020

Pada Clio Hybrid, motor listrik dihubungkan dengan baterai lithium-ion 1.2 kWh yang memungkinkan penggerak listrik menghasilkan kecepatan hingga 40 km/jam, tapi hanya untuk jarak pendek. Gabungan tenaga tersebut mampu menghasilkan penghematan bahan bakar 40% dibandingkan Renault Clio standar bermesin bensin, jelas Renault.

Meski memiliki bobot ekstra dibandingkan model non-hybrid, Clio terasa menyenangkan untuk dikendarai. Dilansir dari berbagai sumber, feedback yang ditawarkan pada kemudi memang tak terlalu responsif. Tapi pembaharuan kali ini menghasilkan handling yang cukup baik dibandingkan model sebelumnya. Sebagai informasi teknologi E-TECH ini diinspirasi dari mobil Renault F1.

>>> Komparasi Renault Triber vs Daihatsu Sigra vs Toyota Calya: Duel Panas LCGC 7 Seater, Mana Terbaik?

Spesifikasi Renault Clio 2020

Berikut ini adalah spesifikasi Renault Clio E-Tech 2020

Mesin Renault Clio E-Tech 2020

Seri mesin

 E-TECH 1.6L, 4-Silinder Segaris, Hybrid E-Motor

Pasokan Bahan Bakar

 Electronic Fuel Injection

Jumlah Katup

 16 Katup (2 Inlet & 2 Outlet per Silinder)

Tenaga Maksimum

 Mesin: 91 PS @ 5.600 rpm

 E-MOTOR: 36 PS

 High-voltage Starter Generator (HSG): 15 PS

Torsi Maksimum

 Mesin: 144 NM @ 3.200 rpm

 E-MOTOR: 205 NM

 High-voltage Starter Generator (HSG): 50 NM

Tipe Baterai

 Lithium-ion
Voltase Baterai

 230 Volt

Kapasitas Baterai

 1,2 kWh

Kapasitas Silinder

 1,598 cc
Bore X Stroke

 78,0 mm X 83,6 mm

Tipe Transmisi

 E-TECH multi-mode automatic transmission, (FWD)

Rangka Renault Clio E-Tech 2020

Panjang X Lebar X Tinggi

 4.050 mm x 1.798 mm x 1.440 mm

Jarak Sumbu Roda

 2.583 mm

Ground Clearance

 159 mm

Jumlah Tempat Duduk

 5 Tempat Duduk

Radius Putar

 5,5 Meter

Kapasitas Tangki

 39 Liter

Suspensi/Kaki-Kaki Renault Clio E-Tech 2020

Suspensi Depan & Belakang

 Depan: MacPherson Strut

 Belakang: Torsion Beam

Sistem Kemudi

 Rack and Pinion with Electronic Power Steering

Rem Depan & Belakang

 Ventilated Disc & Drum, Leading Trailing

Teknologi Sistem Pengereman

 ABS, EBD, BA, Regenerative Brake

Teknologi Safety Sasis

 By Renault

Struktur Sasis

 Monokok, Hatchback B Segment

Pelek

 Alloy, 15 Inch - 18 Inch tergantung tipe

Jenis Ban

 Radial, 185/65 R15

 Radial, 195/55 R16

 Radial, 205/45 R17

 Radial, 205/40 R18

Daftar Harga Renault Clio 2020

Memang ubahan yang diberikan hanya berpusat pada teknologi, tapi cukup signifikan dalam menekan konsumsi bahan bakar. Karena itu harga Renault Clio E-Tech 2020 sedikit lebih tinggi dibandingkan model bertenaga bensin biasa. Versi termurah dari mobil ini dengan harga £ 20.995 (setara Rp 397 jutaan).

Kesimpulan Renault Clio 2020

Penambahan teknologi hybrid memang menjadi peningkatan tersendiri bagi mobil ini. Renault Clio E-Tech 2020 membawa konsumsi bahan bakar yang lebih efisien. Teknologi yang ditawarkan di dalam kabin tak begitu jauh dengan model bensin. Sayang ruang bagasi mengalami pengurangan akibat baterai yang terletak di bawah lantai belakang. Sedangkan handling dan pengendaraan yang diberikan masih tetap nyaman ketika dibawa berkendara di jalanan perkotaan.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak review mobil yang menarik lainnya

Padli Nurdin
Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Review lain

Review Renault Kwid 2020: Makin Dewasa Dan Menggoda

Rp 149.900.000

28/12/2020

Editor rate:

Sebelumnya kami telah tuntas membahas mengenai Kwid Climber dengan transmisi AM/T, kini saatnya melihat trim yang lebih murah yakni Renault Kwid 2020...

Lihat juga

Review Renault Triber RXL 2020: Triber Termurah Di Indonesia

Rp. 166.900.000

22/10/2020

Editor rate:

Inilah Triber tipe termurah yang dijual di Indonesia, seperti apa mobil yang dibanderol dengan harga Rp 160 jutaan ini? Simak review Renault Triber RXL 2020 ini

Lihat juga

Review Renault Twizy 2019

02/03/2019

Editor rate:

Bisa jadi mobil listrik Renault ini menjadi solusi kendaraan yang ramah lingkungan, ramah dengan ruang parkir, plus ramah digunakan untuk bermanuver di jalanan perkotaan yang sempit dan macet.

Lihat juga

Harga Renault Duster 2017: SUV Tangguh yang Siap hangatkan Kompetisi

Rp.350.000.000

24/10/2017

Editor rate:

Tak bisa dipungkiri jika geliat mobil dengan segmen SUV dan MVP di industri otomotif nasional sudah mencapai tingkat persaingan yang begitu ketat. Hal itu dapat dilihat dari banyaknya pabrikan yang memproduksi dua varian tersebut. Seakan tak ingin ketinggalan Renault pun coba meramaikan pasar dengan mengeluarkan Duster. Mobil yang terlihat tangguh ini siap mengusik kejayaan pabrikan asal negeri matahari terbit dengan berbagai spesifikasi yang ditawarkan. Inilah review Renault Duster 2017.

Lihat juga

Spesifikasi Renault Koleos 2017 Indonesia: SUV Premium yang Hadirkan Ekslusivitas

05/04/2018

Editor rate:

Renault Koleos merupakan kompak SUV yang mendapat sentuhan baru guna bersaing di ranah sejenis. Kebetulan pula, mobil ini juga memiliki spesifkasi yang menarik untuk diulas entah itu di bagian samping maupun dalamnya. Mobil ini sendiri nantinya akan bersaing dengan nama-nama beken semacam Xpander, Pajero hingga Fortuner. Menilik sengitnya kompetitor, sudah pasti mobil ini telah dilengkapi dengan spesifikasi yang tentunya tak kalah dengan para kompetitornya tersebut.

Lihat juga
back to top