Review Proton Saga 2019: Inilah Sosok Sedan Termurah Se-Asia Tenggara

15/10/2019
editor rate: 4,5 user rate: 5,0
Kabar mobil nasional dari negeri tetangga yakni Malaysia, cukup menggembirakan akhir-akhir ini. Proton Saga 2019 akhirnya diluncurkan pada acara International Trade and Industry Minister Datuk Darell Leiking. Sukses memberi warna baru pada industri otomotif Malaysia. Apakah menarik, atau malah biasa-biasa saja? Yuk kita simak dalam review Proton Saga 2019.

PENGANTAR Proton Saga 2019

Review Proton Saga 2019 - Jika mengingat kembali sisi historisnya, Proton Saga adalah mobil nasional pertama Malaysia yang dimulai sejak tahun 1985 silam. Tun Dr Mahathir Mohamad selaku Perdana Menteri Malaysia, tentu tak bisa lepas dari evolusi Proton Saga dari generasi pertama hingga menyentuh generasi ketiga pada tahun 2016 lalu. Tapi boleh dikatakan, sosoknya Proton kini tak bisa dikatakan mobil nasional lagi karena 49,9 persen saham Proton sudah jatuh di tangan perusahaan China, Geely, di tahun 2017 lalu.

Terlepas dari itu, yang diluncurkan baru-baru ini adalah versi Facelift dari generasi ketiganya, penambahan beberapa fitur baru sehingga tampak lebih segar di mata konsumen. Hal ini tentu sah-sah saja dilakukan, karena Facelift umumnya hadir selang 3 tahun peluncuran generasi barunya.

Proton Saga 2019 adalah mobil sedan dengan harga terjangkau yang diproduksi di Malaysia

Proton Saga 2019 Facelift, tampil lebih segar dan punya fitur tambahan

Lantas, apa saja yang bisa kita dapati pada perubahannya kali ini? Tentu sebagai sesama negara Asia, setidaknya kita bisa mengamati bagaimana kualitas mobil besutan negeri Jiran tersebut. Mari kita simak ulasannya dalam review Proton Saga 2019.

EKSTERIOR Proton Saga 2019

Sebagai sedan keluarga, eksterior Proton Saga 2019 dirancang dengan dimensi Compact. Tak ada perubahan soal dimensi bodi, masih sama seperti sebelumnya dengan format panjang 4.331 mm, lebar 1.689 mm dan tinggi 1.491 mm.

Review Proton Saga 2019: Eksterior Depan

Perubahan yang paling ditunggu-tunggu tentu adalah sektor wajah. Benar sekali, Proton Saga 2019 punya desain Grille terbaru yang disebut Infinite Weave. Pola desain semacam ini sebelumnya sudah ditemui pada model SUV andalannya yakni Proton X70.

Eksterior Depan Proton Saga 2019 kini sudah dilengkapi lampu DRL dan punya desain wajah baru

Wajah depannya berubah seperti desain Grille dan bemper

Berkat Grille baru tersebut, dua lampu utamanya seakan tersambung dalam satu garis. Desain semacam ini membuatnya terasa menarik, memiliki tema Urban serta modern. Begitu juga soal lampu utama Halogen yang sudah didukung Daytime Running Light (DRL). Oh iya, untuk tipe tertinggi yakni Premium, mendapatkan fitur sensor parkir pada sisi depan.

Review Proton Saga 2019: Eksterior Samping

Untuk bodi sampingnya, tak ada ubahan berarti. Masih menghadirkan kaca spion didukung elektrik dan Manual Fold. Tak lupa juga lampu sein, dihadirkan sehingga dapat memberi notifikasi lebih kepada pengendara lain saat Anda hendak berbelok. Di sisi lain, peleknya juga menggunakan desain palang 10 bercorak Twin Star-Shaped Wheels. Terlihat sangat serasi dengan ukuran ban 185/60 R14.

Eksterior Samping Proton Saga 2019 punya dimensi yang cukup lapang dan bodi sampingnya dikemas dengan kaca spion otomatis

Bodi samping juga diberikan kaca spion otomatis dipadu pelek sporty

Review Proton Saga 2019: Eksterior Belakang

Pada sisi belakangnya, hanya didapati sebuah Rear Spoiler untuk menegaskan kesan sporty. Sayang, antena masih Bee-Sting belum didukung Shark-Fin seperti yang banyak digunakan sedan modern saat ini. Tapi yang kami cukup terkesima adalah balutan krom minimalis pada bemper belakang, lengkap dengan Combination Lamp di atasnya.

Eksterior Belakang Proton Saga 2019 diberikan desain bemper agresif dan Spoiler minimalis

Sektor buritan dilengkapi dengan Rear Spoiler model Ducktail

>>> Artikel menarik:

INTERIOR Proton Saga 2019

Membahas sektor interior Proton Saga 2019, tampak kabinnya dirancang benar-benar lega dan sangat nyaman. Untuk ukuran sedan keluarga berkapasitas lima orang, mobil satu ini sudah sangat memadai.

Review Proton Saga 2019: Dashboard

Mengamati sisi Dashboard, ada dua kombinasi warna yakni hitam dan aksen krom minimalis. Sedikitnya tidak memberi rasa bosan, tapi lekat akan nuansa mewah. Fitur-fiturnya pun tergolong standar namun sangat mampu menawarkan hiburan yang meragam. Ada fitur AC, Head Unit Touchscreen berukuran 7 inci, Socket Charger untuk mengisi baterai Smartphone dan beberapa ruang penyimpanan.

Dashboard Proton Saga 2019 sudah dilengkapi dengan fitur multifungsi yang siap menghibur Anda

Dashboard sendiri dikemas dengan tema ergonomis, mudah mengoperasikan berbagai fiturnya

Review Proton Saga 2019: Setir

Kemudi setir sendiri dibalut mewah dengan bahan kulit Urethane, memberi rasa nyaman ketika digenggam oleh pengendara. Tombol pengaturan audio serta konektivitas telepon, juga disematkan. Tentu hal ini sangat bermanfaat, tak perlu khawatir kehilangan fokus saat berkendara. Tak kalah menarik adalah fitur Tilt Steering, berfungsi mengatur posisi setir secara leluasa.

Setir Proton Saga 2019 menggunakan model tiga palang dan sudah dilengkapi tombol multifungsi

Kemudi setir dilengkapi logo menarik dari Proton

Review Proton Saga 2019: Kursi

Sangat disayangkan, kursinya masih dibalut bahan kain saja, belum merambah kulit sintetis atau bahkan kulit sepenuhnya. Meski begitu, kursi depannya sudah dilengkapi Height Adjuster alias pengatur ketinggian. Dipadu fitur Tilt Steering dan Height Adjuster, pengendara akan benar-benar mendapatkan posisi berkendara yang pas. Ditambah lagi, fitur pelipatan pada kursi belakang yang mampu menambah kapasitas bagasi.

Kursi Proton Saga 2019 masih dibalut dengan bahan kain saja

Kursinya sendiri sudah sangat nyaman untuk lima orang

>>> Baca juga:

FITUR Proton Saga 2019

Merambah ke sesi fitur Proton Saga 2019, mari kita lihat bagaimana tingkat kenyamanan dan keselamatan yang ditawarkan. Apakah mobil nasional Malaysia ini cukup menarik atau malah mudah dikalahkan oleh merek ternama lainnya?

Review Proton Saga 2019: Fitur Keselamatan

Dari halaman resminya, kami menemukan bahwa Proton Saga 2019 punya kelengkapan keselamatan yang cukup lengkap. Sebut saja, pengereman seperti Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA), sudah ditawarkan di semua variannya.

Belum lagi soal kestabilan seperti Electronic Stability Control (ESC), Traction Control System (TCS) dan Hill Hold Assist (HHA), juga menjadi teknologi bermanfaat jika melaju di area licin dan tanjakan. Tak lupa, kelengkapan standar lainnya juga dihadirkan layaknya Front SRS Airbags, sabuk pengaman Pretensioner dan Load Limiters pada bangku depan, ISOFIX, Immobilizer dan Anti-Theft Alarm.

Fitur Keselamatan Proton Saga 2019 hadir dengan kelengkapan menarik seperti SRS Airbags, ABS, EBD dan BA

Fitur keselamatan hadir cukup lengkap seperti hadirnya Dual SRS Airbags

Dalam hal ini, kami menangkap bahwa Proton Saga dirancang supaya tampil aman, mengedepankan soal keselamatan. Hal ini memang sejatinya yang harus diprioritaskan bagi para perusahaan otomotif, bukan saja soal tampilan atau kenyaman, tapi juga soal keselamatan.

Review Proton Saga 2019: Fitur Hiburan

Merambah ke hal hiburan, sudah disediakan sebuah Head Unit Touchscreen Floating Type. Sayangnya, Smartphone Connectivity baru dihadirkan pada tipe Premium dan versi standar belum dihadirkan. Meski begitu, hal tersebut sudah terbantu dengan hadirnya format Bluetooth yang saat ini sudah didapati pada banyak Smartphone model terbaru.

Fitur Hiburan Proton Saga 2019 sudah dilengkapi dengan Head Unit berukuran 7 inci dan didukung format Smartphone Connectivity khususnya tipe tertinggi

Sayangnya, Smartphone Connectivity tidak dihadirkan di semua variannya, hanya tipe tertinggi saja

>>> Simak juga mobil-mobil besutan Proton canggih lainnya dengan klik link berikut ini

OPERASI Proton Saga 2019

Meski berdiri di segmen sedan tapi mobil ini sejatinya tidak digunakan untuk kebut-kebutan. Pasalnya, operasi mesin Proton Saga 2019 hanya mampu menyemburkan daya sebesar 95 PS setara 5.750 Rpm, meski mesinnya menggunakan kapasitas 1.332 cc. Torsinya sendiri berhasil mencatatkan rekor tak kurang dari 120 Nm pada putaran 4.000 Rpm.

Mesin Proton Saga 2019 kurang cocok untuk diajak kebut-kebutan karena hanya punya daya sebesar 95 PS saja

Untuk ukuran sedan Compact, mesinnya dibekali 1.332 cc yang cukup nyaman untuk dikendarai sehari-hari

Hal yang kami sayangkan juga didapati pada model transmisi otomatis, masih mengandalkan 4 tingkat percepatan saja belum didukung Continous Variable Transmission (CVT). Adapun transmisi manual hanya ditawarkan pada versi terendahnya, Proton Saga Standard 2019, menerapkan 4 percepatan manual. Dengan kata lain, tipe tertingginya belum menghadirkan transmisi manual.

Tapi kami sejatinya memaklumi hal tersebut karena mobil sedan sejatinya dirancang untuk kegiatan keluarga. Bukan untuk mengedepankan soal kecepatan tapi keiritan bahan bakar. Radius putarnya pun tergolong rendah untuk ukuran sedan yakni 5,1 m. Sehingga, memudahkan saat melakukan putar balik ataupun saat manuver.

>>> Bandingkan juga dengan model sedan tak kalah menarik lainnya di sini

spesifikasi Proton Saga 2019

Untuk informasi selengkapnya seputar teknis, berikut kita lihat spesifikasi Proton Saga 2019.

SPESIFIKASI PROTON SAGA 2019

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.331 mm x 1.689 mm x 1.491 mm

Wheelbase

2.465 mm

Radius Putar Minimum

5,1 m

MESIN

Tipe Mesin

1.3 Liter 4 Silinder Segaris 16 Katup DOHC VVT

Kapasitas Silinder

1.332 cc

Daya Maksimum

95 PS / 5.750 Rpm

Torsi Maksimum

120 Nm / 4.000 Rpm

Sistem Transmisi

5 Percepatan Manual / 4 Percepatan Otomatis

HANDLING

Suspensi Depan

MacPherson Strut dengan Stabilizer Bar

Suspensi Belakang

Torsion Beam Axle

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Drum

Ukuran Ban

185/60 R14

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

40 Liter

kelebihan & kekurangan Proton Saga 2019

Lantas apa saja kelebihan dan kekurangan Proton Saga 2019? Merangkum hal yang sudah disampaikan, mari kita simak tabel di bawah ini.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Pembaruan sisi eksterior memberi nuansa cukup segar

Performa mesin tidak difokuskan untuk kecepatan

Fitur keselamatan standar tampil sangat lengkap

Belum didukung transmisi CVT

Harganya dibanderol terjangkau untuk ukuran sedan

Panel Head Unit tidak didukung format terkini khususnya pada tipe terendah

daftar harga Proton Saga 2019

Di Malaysia, model terbarunya ini ditawarkan dalam tiga pilihan yakni Proton Saga Standard M/T, Standard A/T serta Premium A/T. Berikut kita simak daftar harga Proton Saga 2019 selengkapnya.

TIPE MOBIL

HARGA PROTON SAGA 2019 BARU

Harga Proton Saga Standard M/T

RM 32.800 setara Rp. 110 jutaan

Harga Proton Saga Standard A/T

RM 35.800 setara Rp. 120 jutaan

Harga Proton Saga Premium A/T

RM 39.800 setara Rp. 134 jutaan

>>> Simak juga daftar harga pasaran mobil-mobil sedan terbaru dan bekas di sini

Video Proton Saga 2019

KESIMPULAN Proton Saga 2019

Dengan harga mulai Rp. 110 jutaan di Malaysia, sedan Proton Saga 2019 bisa dikatakan paling murah di Asia Tenggara. Indonesia sendiri masih bermain di sektor Low Cost Green Car (LCGC) khususnya Multi Purpose Vehicle (MPV) serta Hatchback. Belum ada model sedan yang ditawarkan untuk segmen LCGC di Indonesia. Tapi, jika melihat kesuksesan Proton Saga sebagai mobil nasional Malaysia, rasanya kita pun bisa lebih dari ini. Selain itu, Indonesia juga bisa belajar bagaimana mempertahankan apa yang sudah dimulai, tanpa harus membuat Proton akhirnya jatuh sahamnya kepada Geely. Lantas, apa pendapat Anda?

>>> Bingung pilih mobil terbaru? Ada baiknya melihat ulasan lengkap dan kritis kami sehingga mudah mempertimbangkan, hanya di situs Cintamobil.com

Franky Pratama
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil