Review Proton Iriz 2017 Indonesia

03/02/2019

Share this post:

Proton Iriz 2017

Editor rate:

Lihat promo

Merek Proton ini seperti matahari, suka terlihat dan tenggelam. Setelah banyak mengalami kesulitan di beberapa tahun belakangan, karena terakhir Proton Edar Indonesia baru mengeluarkan proton Preve dan Suprima, di tahun 2017 Proton Indonesia menghadirkan Proton Iriz, dan inilah ulasan lengkap kami mengenai Proton Iriz 2017.

Review Proton Iriz 2017 Indonesia
Review Proton Iriz 2017 Indonesia
0 Gambar

Pengantar Proton Iriz 2017

Mari kita simak spesifikasi Proton Iriz 2017 di bawah ini.

Kelebihan

Dimensi Kompak

Fitur Lengkap

Kualitas Berkendara Solid

Kekurangan

APM Di Indonesia Setengah Hati

Jaringan Servis Di Indonesia Buruk

Sparepart Sulit Didapat

Review Proton Iriz 2017 - Proton Iriz diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2017, banyak harapan tertampung dari mobil ini. Maklum saja, beberapa waktu ke belakang sentimentil antara negara Indonesia dengan Malaysia cukup meruncing. Tidak hanya di sektor olahraga seperti sepak bola saja, namun juga berimbas pada sektor lain salah satunya adalah otomotif. Lihat saja, Proton-Edar Indonesia selaku agen pemegang merek dagang Proton di Indonesia seakan mau tak mau dalam memasarkan produknya di Indonesia. Setelah kemunculan Proton Suprima dan Proton Preve di 2013 sudah tidak ada lagi produk andalan pabrikan negeri Jiran yang bertaji di pasar mobil Indonesia. Padahal merek Proton adalah merek yang kuat di Malaysia dan banyak mendapat alih teknologi dari pabrikan mobil sekelas Lotus dan Mitsubishi. Pada pertengahan tahun 2017 Proton memperkenalkan Proton Iriz 2017 di Indonesia, dan inilah pendapat kami mengenai Proton Iriz 2017,

Eksterior Proton Iriz 2017

Review Proton Iriz 2017 : Tampilan Depan

Gambar menunjukkan mobil Proton Iriz 2017 berwarna merah dilihat dari sisi depan

Tampilan depan dari Proton Iriz 2017 ini sangat khas dan terkesan original

Sangat berbeda dengan desain pabrikan lainnya, desain dari tampilan depan Proton Iriz 2017 ini sangat khas dan terkesan original alias tidak terinspirasi dari tampilan depan mobil lainnya. Bumper depannya juga berkesan sporti, sesuai dengan target pasar Proton Iriz 2017 yang lebih ke generasi millenial serta keluarga muda. Tak heran, karena memang di negara asalnya mobil ini bersaing ketat dengan Perodua Myvi. Sayangnya lampu utamanya masih pakai bohlam halogen biasa.

Review Proton Iriz 2017 : Tampilan Samping

Gambar mobil Proton Iriz 2017 berwarna merah dilihat dari sisi samping

Tampilan samping dari Proton Iriz 2017 ini terlihat makin sporti dan berkarakter

Beralih ke tampilan samping dari Proto Iriz 2017 ini makin terlihat bahwa desain sporti adalah karakter yang dikejar oleh Proton terhadap Proton Iriz 2017 ini. Bisa dilihat dari penggunaan desain pelek two tone, aplikasi side skirt, spion yang dilabur dengan warna hitam senada dengan atap, serta spoiler belakang yang desainnya kokoh. Secara umum memang tidak ada yang salah dengan desain seperti ini, namun jika atap mobil Proton Iriz 2017 ini dapat lebih diceperkan lagi, pasti akan terlihat lebih sporti dan proporsional.

Review Proton Iriz 2017 : Tampilan Belakang

Gambar mobil Proton Iriz 2017 berwarna merah dilihat dari sisi belakang

Sayangnya tampilan belakang dari Proton Iriz 2017 ini bukanlah selera semua orang

Tampilan belakang dari Proton Iriz 2017 ini bukanlah selera semua orang, karena memang bentuknya tidak lazim dan seakan memang ingin keluar dari pakem desain konvensional pada umumnya. Namun demikian, desain seperi ini juga patut diapresiasi, karena original dan tidak mencontek ke pabrikan manapun. Melihat mobil ini juga mengingatkan kami terhadap Tata Vista 1.2 yang memang desainnya out of the box untuk kategori compact hatchback.

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Proton Iriz 2017

Review Proton Iriz 2017 : Layout Dasbor

Gambar menunjukkan Layout dasbor mobil Proton Iriz 2017

Layout dasbornya terlihat kokoh dan khas mobil-mobil keluaran Proton

Desain dasbor dari Proton Iriz 2017 ini terlihat kokoh dan khas mobil-mobil keluaran Proton yang cenderung keonvensional dan minim lekukan berani dan juga tegas. Bahkan warna dasbonya juga masih single tone, berbeda dengan mobil-mobil compact hatchback dikelasnya yang sudah banyak mengadopsi format warna dual tone. Sayang sekali beberapa peletakan tombol agak sulit dijangkau dengan tangan.

Review Proton Iriz 2017 : Kursi

Gambar menunjukkan desain kursi mobil Proton Iriz 2017

Desain kursi di Proton Iriz 2017 ini sporti dengan tekstur jahitan berwarna merah diatas kulit hitam

Desain kursi Proton Iriz 2017 ini juga sporti karena menggunakan tekstur jahitan berwarna merah diatas kulit berkelir hitam. Selain itu juga corak kain pada kursi Proton Iriz 2017 juga menarik, bahkan bila dibandingkan dengan Perodua Myvi sekalipun yang menjadi lawan terdekatnya, kami lebih senang dengan motif kain pada kursi Proton Iriz 2017 ini.

Review Proton Iriz 2017 : Setir

Gambar menunjukkan bagian Setir mobil Proton Iriz 2017

Tebal setirnya pas, kualitasnya juga solid dan mantab untuk digenggam

Setir Proton Iriz 2017 juga tebalnya pas, kualitas buatannya solid, serta mantab untuk digenggam. Lebih menyenangkan lagi karena setir Proton Iriz 2017 juga dilengkapi dengan beragam tombol yang membantu pengemudi untuk mengakses fitur pada head unit, bahkan dapat membantu menjawab panggilan telepon.

>>> Baca juga:

Fitur Proton Iriz 2017

Review Proton Iriz 2017 : Smart Entry

Gambar menunjukkan fitur Smart Entry Proton Iriz 2017

Meski tampilan eksterior mobil ini out of the box, namun secara fitur juga oke

Meski tampilan luar dari mobil ini cenderung out of the box, namun secara fitur serta kelengkapannya mobil ini mampu tampil dengan baik, lihat saja Proton Iriz 2017 sudah dilengkapi dengan fitur smart entry, yang membuat proses naik dan turun serta menyalakan kendaraan akan jauh lebih mudah.

Review Proton Iriz 2017 : Tailgate

Gambar menunjukkan fitur Electric Tailgate Proton Iriz 2017

Membawa barang banyak di tangan? Jangan khawatir lewat remot Anda dapat membuka bagasinya

Karena didaulat sebagai mobil kompak, maka otomatis kepraktisan adalah salah satu hal utama yang harus dimiliki oleh Proton Iriz 2017 ini. Apalagi setalah pulang berbelanja di supermarket atau pasar tradisional, ketika kedua tangan Anda dipenuhi barang belanja, Anda tinggal menekan saja tombol di remote, maka secara otomatis pintu bagasi belakang akan terbuka.

>>> Kaca Mobil Berembun Saat Hujan, Hilangkan Dengan 4 Cara Ini

Operasi Proton Iriz 2017

Gambar menunjukkan bagian Mesin mobil Proton Iriz 2017

Sayangnya mesin yang diusung oleh Proton Iriz 2017 ini terasa agak kurang bertenaga di putaran bawah

Meski mesin Proton Iriz 2017 berkarakter overbore yang lebih kuat di putaran tinggi, namun sayangnya untuk putaran bawah mesin ini terasa agak kurang tenaga.Seharusnya Proton dapat mengakali mesin ini dengan gigi rasio yang lebih besar untuk dapat mengkail tenaga yang lebih baik pada putaran bawah. Padahal torsi sebesar 120 Nm nya sudah dapat diraih di putaran relatif rendah untuk sebuah mesin bensin.

>>> Kabin Lebih Sehat, Begini Cara Kerja Teknologi Pembersih Udara Kabin

Spesifikasi Proton Iriz 2017

Berikut ini adalah spesifikasi Proton Iriz 2017.

Mesin Proton Iriz 2017

Seri mesin

4 Silinder, DOHC, VVT

Bahan Bakar

RON 92

Tenaga Maksimum

94 hp @ 5.750 rpm

Torsi Maksimum

120 nm @ 4.000 rpm

Kapasitas Silinder

1.332 cc

Bore X Stroke

76 mm X 73.4 mm

Tipe Transmisi

CVT

Rangka Proton Iriz 2017

Panjang X Lebar X Tinggi

3.920 mm X 1.722 mm X 1.554 mm

Jarak Sumbu Roda

2.555 mm

Jarak Terendah Ke Tanah

155 mm

Berat

1.169 kg

Kapasitas Tangki

N/A

Suspensi/Kaki-Kaki Proton Iriz 2017

Suspensi Depan

MacPherson Strur With Stabiliser Bar

Suspensi Belakang

Torsion Beam Axle

Power Steering

Electronic Power Steering

Daftar Harga Proton Iriz 2017

Di Indonesia Proton Iriz 2017 dijual dalam dua varian, yaitu transmisi otomatis dan manual. Untuk yang bertransmisi manual, harganya adalah Rp 175.250.000. Sedangkan untuk Proton Iriz 2017 yang bertransmisi otomatis harganya adalah Rp 185.283.000. Sayangnya tahun 2019 ini Proton Indonesia entah kemana, bahkan di tahun 2017 lalu-pun Proton sempat mendiskon habis-habisan produknya. Tentunya kami sangat menyayangkan hal ini terjadi, dan ingin agar Proton segera kembali meramaikan pasar mobil di Indonesia. Untuk harga mobil Proton dalam keadaan bekas, Anda bisa langsung lihat disini.

>>> Mari update harga dan promo mobil lainnya di sini

Kesimpulan Proton Iriz 2017

Tampak Ilustrasi Kesimpulan Proton Iriz 2017

Mobil ini tidak layak untuk Anda miliki, lebih baik membeli lawannya mobil ini yaitu Perodua Myvi atau Daihatsu Sirion

So, is this car for you? Jika Anda berencana membeli compact hatchback, kami kurang merekomendasikan mobil ini karena lawan-lawan dari mobil ini masih menyajikan desain, serta fitur dan juga performa yang lebih baik. Berbeda jika Anda sudah terlanjur jatuh cinta dengan merek atau desain mobil ini, maka tidak masalah Anda membelinya.

>>> Belum puas dengan review Proton Iriz 2017 ini dan ingin dapat informasi lebih lanjut tentang mobil-mobil lainnya. Klik sini untuk baca semua artikel review mobil di Cintamobil.com

Arfian Alamsyah
Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Review lain

Proton X70 Luar Biasa, Dipesan 200 Hingga 300 Unit Per Hari Sejak Diluncurkan

01/01/2019

Mobil baru

Model baru merek otomotif Malaysia, Proton X70 mendapat sambutan positif dari masyarakat setempat. Hingga 26 Desember 2018 pesanan yang masuk untuk mobil bergenre SUV yang diluncurkan pada 12 Desember 2018 ini mencapai 200 sampai 300 unit per hari.

Lihat juga

Test Drive Dan Review All New Honda Brio Satya 2018

30/10/2018

Editor rate:

Setelah hampir 5 tahun melenggang di jalanan Tanah Air, Honda Brio Satya bisa dibilang sebagai ‘raja’ LCGC (Low Cost Green Car) yang sangat kuat posisinya di benak masyarakat. Dan bersamaan dengan World Premiere All New Honda Brio RS, PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku ATPM Honda pun memperkenalkan Honda Brio Satya 2018 yang siap mempertahankan hegemoni di kelasnya. Test Drive Dan Review All New Honda Brio Satya 2018, Mencoba Performa Sang Volume Maker Honda Indonesia.

Lihat juga

Review KIA Picanto 2017, Spesifikasi dan Harga Lengkap

Rp. 150.000.000

28/09/2017

Editor rate:

Kia Picanto adalah sebuah produk dari negara Ginseng yang pertama kali masuk ke pasar otomotif Indonesia pada tahun 2007. Dengan tampilan manis dan harga kompetitif, Kia Picanto sudah berhasil meluluhkan hati konsumen. Kali ini Kia Picanto kembali ke pasar otomotif Indonesia. Ada apa yang baru dari generasi ini dengan generasi dulu? Silahkan membaca tulisan review Kia Picanto 2017 di bawah ini.

Lihat juga

Review Chevrolet Spark 2017: Mungil, Lincah Dan Mengasyikkan

29/12/2018

Editor rate:

Sebagai City Car Amerika yang juga berdarah Korea Selatan, Chevrolet Spark banyak diterima positif oleh masyarakat internasional. Selain karena bodinya yang Compact, Spark juga memiliki desain stylish daripada City Car lain besutan Jepang. Kehadirannya bisa dibilang laris manis dan sukses membuktikan bahwa Korea Selatan tak main-main dalam menciptakan produknya. Simak kelebihannya dalam review Chevrolet Spark 2017.

Lihat juga

Review Suzuki Swift 2013: Penyegaran City Car yang Fun to Drive

24/12/2018

Editor rate:

Setelah mengeluarkan generasi ketiga pada September 2010, Suzuki memberikan beberapa peningkatan dan sedikit perubahan tampilan untuk Suzuki Swift 2013. Disebut lebih 'fun to drive', Suzuki membuat Swift menjadi mobil perkotaan sesungguhnya.

Lihat juga
back to top