Review Porsche Taycan Turbo S 2019: Sedan Elektrik Rasa Sportscar Berdarah Jerman Siap Kalahkan Tesla

11/09/2019
editor rate: 4,4 user rate: N/A
Setelah melalui serangkaian riset dari Porsche Mission E sejak tahun 2015, akhirnya sosok mobil listrik Porsche pun tiba. Ya, Porsche Taycan resmi hadir menjawab tantangan elektrifikasi di dunia otomotif dengan menjadi pionir dalam beberapa aspek teknis, pun secara bersamaan mampu mengimplementasikan karakter sportscar ke dalam sedan berwajah futuristik ini. Seperti apa sosok Porsche Taycan Turbo S 2019?

PENGANTAR Porsche Taycan 2019

Review Porsche Taycan Turbo S 2019 - Seiring berjalannya waktu, selama kurun 7 dekade terakhir, Porsche sukses mentransformasikan diri dari pencipta sportscar menjadi pencipta kendaraan berjiwa sportscar. Mulai dari Porsche 911 & Porsche 718 di ranah mobil coupe & roadster, Porsche Cayenne & Porsche Macan di segmen SUV, Porsche Panamera di segmen sedan, dan semuanya membawa spirit Sportscar yang banyak terinspirasi oleh kesuksesan Porsche di ajang motorsport. 

Foto mobil Porsche di balapan maupun mobil jalan raya bermesin elektrik dan hybrid

Deretan mobil balap maupun mobil jalan raya Porsche berteknologi e-hybrid dan Formula

Namun seiring berjalannya trend elektrifikasi di dunia otomotif, Porsch pun turut mengambil bagian dalam perjalanan masa depan otomotif ini. Selain dengan menghadirkan teknologi hybrid plug-in pada hypercar Porsche 918 Spyder dan seluruh model E-Hybrid. Bahkan setelah sukses menyabet juara 24 Hours of Le Mans musim 2014 sampai 2017 bersama Porsche 919 Hybrid, Porsche pun siap ikut terjun di dunia balap Formula E pada musim 2019/2020 mendatang, sebagai penanda keseriusan pabrikan mobil asal Jerman ini untuk menjadi pemain utama di kancah teknologi mobil listrik.

Lalu produk apa yang sebenarnya dimiliki Porsche, diluar keseriusan dengan E-Hybrid dan berlaga di motorsport, untuk meyakinkan kepada publik bahwa mereka serius sebagai pemain utama di segmen mobil listrik? Well, jawabannya hadir dalam sosok sedan futuristik bernama Porsche Taycan.

Porsche Taycan 2019 resmi masuk jalur produksi Porsche

Porsche Mission E resmi membawa nama produksi Porsche Taycan

Bermula hadir sebagai mobil konsep Porsche Mission-E pada Frankfurt International Motor Show 2015, Porsche secara simultan melakukan serangkaian riset dan tes mendalam untuk menyempurnakan mobil full electric pertama Porsche, dan sempat ada hadir dalam versi lebih "garang" berupa Porsche Mission E Cross Turismo. Meski demikian, bertepatan dengan acara '70 Years of Sports Car', nama Porsche Taycan pun dipilih sebagai nama resmi mobil listrik pertama Porsche karena terinspirasi oleh makna “lively young horse” yang tersemat dalam logo Porsche. 

Foto Porsche Taycan Turbo dan Porsche Taycan Turbo S 2019 resmi debut

 Porsche Taycan terbagi dalam dua tipe, Porsche Taycan Turbo dan Porsche Taycan Turbo S

Dan bulan September 2019 menjadi momen resmi bangkitnya Porsche Taycan yang siap dipasarkan secara resmi ke pasar global dalam dua versi, Porsche Taycan Turbo dan Porsche Taycan Turbo S. Dan Cintamobil.com akan secara khusus mengulik sosok Porsche Taycan Turbo S, yang bisa disimak dalam review Porsche Taycan Turbo S 2019.

EKSTERIOR Porsche Taycan 2019

Review Porsche Taycan Turbo S 2019: Eksterior Depan

Foto Porsche Taycan Turbo S 2019 dari sisi depan

 Porsche Taycan Turbo S 2019 dari sisi depan

Aura futuristik berperan besar membuat Porsche Taycan Turbo S 2019 terlihat lebih agresif. Mempertahankan DNA desain Porsche yang memiliki bentuk bonnet depan melandai dengan detil lekuk fender wing yang cukup tinggi posisinya dibandingkan bonnet depan. Karena mobil ini mengejar aerodinamika sebaik mungkin, pada area depan bisa dilihat grille bawah memiliki sistem shutter grille radiator untuk menutup aliran udara menuju radiator jika tidak dibutuhkan, serta pada sisi bawah bumper terdapat splitter untuk mengalirkan udara ke bagian bawah mobil, serta di sisi samping 4-point LED Matrix headlight terdapat side air curtains yang berfungsi mengalirkan udara untuk mendinginkan sistem rem dan mendukung aliran udara dari sisi depan. 

Review Porsche Taycan Turbo S 2019: Eksterior Samping

Foto Porsche Taycan Turbo S 2019 dari sisi samping

 Porsche Taycan Turbo S 2019 dari sisi samping

Tampilan dari sisi Porsche Taycan Turbo S 2019 memberikan kesan bergaya khas desain Porsche yang memiliki "pinggul" fender belakang yang cukup memikat khas Porsche. Hadir dengan garis atap sporty dan melandai, Porsche Taycan Turbo S 2019 memiliki nilai Cd 0.22 yang tergolong sangat aerodinamis. Sedan elektrik perdana Porsche ini pun hadir membawa sentuhan futuristik, mulai dari door handle yang akan bersembunyi di dalam lekuk pintu saat tidak digunakan, dan cover porting charger yang bisa dibuka lewat sentuhan "swipe" di panel aero yang mengembang dari sisi fender depan. Menariknya, Porsche tetap mengutamakan elemen desain Mission E dengan menggunakan pelek 21 inci Mission E yang cukup memberikan presensi menarik pada sosok Porsche Ceramic Composite Brake (PCCB) dengan caliper berkelir warna kuning kontras. 

Review Porsche Taycan Turbo S 2019: Eksterior Belakang

Foto Porsche Taycan Turbo S 2019 dari sisi belakang

 Porsche Taycan Turbo S 2019 dari sisi belakang

Absennya tailpipe di sisi eksterior belakang Porsche Taycan Turbo S 2019 memberikan kesempatan bebas bagi para desainer Porsche untuk menciptakan rear diffuser yang berukuran masif dan dominan mengisi area bumper belakang. Pada sisi belakang juga hadir Porsche Active Aerodynamics (PAA) yang mengadopsi tiga tingkatan ketinggian spoiler belakang. Dan untuk memberikan efek yang tak kalah futuristik, pada area buritan belakang terdapat emblem tulisan Porsche yang dibuat seolah dalam efek 3D glass-look, karena berada dalam area taillight single frame LED system.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Porsche Taycan 2019

Review Porsche Taycan Turbo S 2019: Dashboard & Setir

Foto Porsche Taycan Turbo S 2019 dari sisi interior

 Porsche Taycan Turbo S 2019 dari sisi interior

Serba digital. Itulah impresi yang pasti dirasakan pengemudi maupun penumpang yang ada di dalam interior Porsche Taycan Turbo S 2019. Total ada tiga display touchscreen (10.9 inci Central Display & Front Passenger Display, 8.4 inci Centre Console Panel w/ Direct Touch Control),  yang bisa dipakai oleh pengemudi dan penumpang depan dalam mengatur fitur di dalam kabin. Instrument cluster menggunakan 16.8 inci curved display yang dirancang dengan grafis khas mobil sportscar Porsche 911 yang memiliki 5 indikator, namun kali ini semuanya ditampilkan secara digital, dan di sisi-sisi layar terdapat control panel touchscreen untuk fitur lightning dan chassis control. Pada Multifunction GT sports steering wheel memiliki recuperation button & Mode Switch. Uniknya, tuas transmisi Porsche Taycan Turbo S 2019 mengadopsi model tuas mungil di sisi kanan belakang setir 

Review Porsche Taycan Turbo S 2019: Jok & Bagasi

Foto Porsche Taycan Turbo S 2019 dari sisi jok

 Porsche Taycan Turbo S 2019 memiliki jok dengan bahan leather-free dan posisi duduk rendah

Dengan Porsche Taycan Turbo S 2019, Porsche menawarkan desain jok yang menggunakan material leather-free untuk pertama kalinya, sejalan dengan panel trim di interior yang sudah menggunakan material yang bisa di daur ulang. Tersedia dua jenis jok yang diberikan Porsche untuk mobil listrik ini, yakni 14-way adjustable seat dan 18-way adjustable seat with narrow headrest. Karena penempatan baterai cerdas, Porsche bisa menjaga posisi jok tetap dalam posisi rendah seperti layaknya di Porsche 911. Dan karena mobil ini menggunakan teknologi motor elektrik yang ringkas, mengakibatkan ia mampu memiliki ruang kompartemen bagasi yang cukup luas, dimana kompartemen depan memiliki kapasitas 81 liter dan 366 liter belakang.

>>> Baca juga:

FITUR Porsche Taycan 2019

Review Porsche Taycan Turbo S 2019: Fitur & Teknologi Berkendara

Foto Porsche Taycan Turbo S 2019 dari sisi sistem berkendara

 Porsche Taycan Turbo S 2019 memiliki sistem berkendara cerdas

Porsche menggunakan sistem bekendara cerdas untuk Porsche Taycan Turbo S, seperti fitur Porsche InnoDrive incl. Adaptive cruise control (ACC), Active Lane Keeping, Traffic Jam Assist, Lane Change Assist, Night Vision Assist, Surround View, dan Park Assist. Selain itu, Porsche juga mengadopsi fitur Porsche Entry & Drive. Fitur ini memungkinkan mesin mobil bisa langsung aktif, saat pengemudi masuk ke dalam kabin sembari membawa kunci terenkripsi di saku pakaian, dan tinggal menarik ke bawah tuas transmisi mungil ke posisi D dilanjutkan menginjak pedal throttle. Pun fitur ini bisa saja tidak dijalankan dengan cara mengaktifkan mesin melalui tombol ignition switch yang ada di dashboard belakang setir dari sisi kiri.

Selain membawa fitur canggih, Porsche juga mengadopsi beragam ubahan teknis yang memastikan Porsche Taycan Turbo S 2019 sama asyiknya seperti membawa sportscar Porsche. Mulai dari Porsche 4D Chassis Control, yang bertugas menganalisis dan menyinkronkan semua sistem sasis secara real time. Sistem sasis inovatif mencakup Adaptive Air Suspension termasuk Porsche Active Suspension Management( PASM), Porsche Dynamic Chassis Control Sport (PDCC Sport), termasuk Porsche Torque Vectoring Plus (PTV Plus). Mobil ini juga didukung sistem Rear-Axle Steering, yang membuat handling mobil saat menikung jauh lebih presisi dan stabil. Agar meningkatkan keasyikan berkendara, Drive Mode pada mobil listrik ini tersedia dalam lima pilihan, yakni "Range", "Normal", "Sport" dan "Sport Plus", serta mode "Individual".

Review Porsche Taycan Turbo S 2019: Teknologi Intuitif

Foto Porsche Taycan Turbo S 2019 dari sisi fitur hiburan

 Tiga layar sentuh di Porsche Taycan Turbo S 2019 terintegrasi dalam Porsche Communication Management (PCM)

Seperti sudah disebutkan di bagian interior Porsche Taycan Turbo S 2019, ada 3 layar di area dashboard mobil elektrik ini yang memiliki fungsi pengaturan yang terstruktur, mulai dari layar tengah yang menjadi pusat komando Porsche Communication Management (PCM), yang mana selain bisa mengatur fitur hiburan sampai kontrol mobil dan navigasi ada di sini. Tapi pengemudi masih bisa mengatur sebagian konfigurasi di PCM tanpa melalui layar 10.9 inci yang ada di dashboard, karena masih ada 8.4 inci centre console control panel yang memiliki tugas mengatur navigasi, media, telephone, setting, Advanced Climate Control, dan Apple CarPlay bisa diatur lewat layar ini. Bahkan informasi kondisi baterai. pengaturan buka tutup port charger dan pintu bagasi bisa disimak di layar yang ada di central console ini. Sedangkan pada sisi penumpang depan terdapat layar dengan dimensi dan kontrol serupa dengan layar di tengah dashboard, yang mana jika penumpang tidak butuhkan bisa digantikan dengan display bertuliskan Taycan saja.

>>> “Hands Off!”, Teknologi Porsche untuk Cegah Pencurian Mobil Klasik

OPERASI Porsche Taycan 2019

Foto Porsche Taycan Turbo S 2019 dari sisi sistem elektrik

Porsche Taycan Turbo S 2019 didukung 2 Permanent Magnet Synchronous Motors dan sistem arsitektur baterai 800 volt

Versi andalan Porsche Taycan Turbo S dari Porsche ini menggunakan teknologi Permanent Magnet Synchronous Motors yang ditempatkan pada as roda depan dan roda belakang, dimana untuk motor listrik di as roda belakang dilengkapi 2-speed Transmission. Ia mampu menghasilkan daya overboost hingga 560 kW (761 PS) dan hentakan torsi maksimal 1.050 Nm, jika menggunakan Launch Control. Porsche Taycan Turbo S 2019 bisa mengeksekusi nol sampai 100 km/jam dalam 2,8 detik saja. Untuk daya jelajah Porsche Taycan Turbo S memiliki jangkauan hingga 450 kilometer, dengan top speed berada di jalan raya 260 km/jam.

Di balik performa yang sangat menjanjikan ini, Porsche berinovasi menjadi pionir dengan menjadi mobil listrik massal pertama yang memiliki sistem arsitektur baterai dengan tegangan 800 volt, yang mana membuat baterai menjadi lebih cepat terisi ketimbang rata-rata mobil listrik dengan 400-volt. Porsche mengklaim untuk jarak tempuh 100 km, cukup menghabiskan waktu sekitar 5 menit bisa dilakukan dengan cara pengisian daya melalui DC dari lima hingga 80 persen SoC (status pengisian) adalah 22,5 menit pengisian dalam kondisi ideal, dan daya pengisian maksimum (puncak) adalah 270 kW. Kapasitas keseluruhan dari Performance Battery Plus yang digunakan pada mobil listrik ini adalah 93,4 kWh. Pengemudi Taycan dapat dengan nyaman mengisi mobil mereka dengan sistem listrik arus AC di rumah dengan 11 kW, dimana untuk pengisian daya dari 0-100% membutuhkan waktu 9 jam.

Foto Porsche Taycan Turbo S 2019 saat ujicoba di nurburgring

Porsche Taycan Turbo S 2019 berhasil mencatatkan waktu tercepat 7 menit 42 detik di Sirkuit Nurburgring, Jerman

Namun untuk memastikan karakteristik dan performa Porsche Taycan Turbo S 2019 "lulus" standar Porsche, pengujian super ketat pun dilakukan. Seperti uji sprint 0-100% secara simultan dengan launch control, dan paling mengejutkan ialah catatan waktu mobil ini di area trek balap Nordschleife "Green Hell" di Sirkuit Nurburgring, Jerman, dimana Porsche Taycan Turbo S mencatatkan waktu tercepat 7 menit 42 detik.

>>> Suhu Panas Hingga di Dalam Lautan, Ini Cara Porsche 911 Disiksa untuk Generasi Baru

spesifikasi Porsche Taycan 2019

Spesifikasi Porsche Taycan Turbo S 2019 bisa disimak dalam tabel berikut ini

Dimensi Porsche Taycan Turbo S 2019

Panjang x Lebar x Tinggi

 4,963 mm x 2,144 mm x 1,378 mm

Jarak Poros Roda

2,900 mm

Mesin Porsche Taycan Turbo S 2019

Tipe Mesin

Permanent Magnet Synchronous Motor (Front & Rear Axle)

Baterai

Performance Battery Plus, 800-volt technology, 93.4 kWh capacity

Daya Maksimum

625 PS (761 PS = Overboost w/ Launch Control )

Torsi Maksimum

1,050 Nm (Overboost w/ Launch Control)

Kecepatan 0-100 km/jam

2.8 detik

Kecepatan Tertinggi

260 km/jam

Transmisi

Two-speed transmission (Rear Axle)

Kaki-Kaki Porsche Taycan Turbo S 2019

Suspensi Depan

Adaptive air suspension, Porsche Active Suspension Management (PASM),  Porsche 4D Chassis Control

Suspensi Belakang

Adaptive air suspension, Porsche Active Suspension Management (PASM), Porsche 4D Chassis Control

Sistem Rem

Porsche Ceramic Composite Brake (PCCB) 420 mm brake disc diameter with Ten-piston aluminium monobloc fixed brake calipers

Rem Belakang

Porsche Ceramic Composite Brake (PCCB) 410 mm brake dics diameter with four-piston aluminium monobloc fixed brake calipers

Tipe Pelek

21-inch Mission E Design wheel painted in exterior colour Porsche Exclusive Manufaktur

kelebihan & kekurangan Porsche Taycan 2019

Mari kita ulik kelebihan dan kekurangan Porsche Taycan Turbo S 2019 menurut Cintamobil.com di tabel berikut ini.

 Kelebihan Kekurangan 
Teknologi 800 volt jadikan Porsche Taycan Turbo S sebagai mobil listrik tercanggih saat ini Interaksi antara mobil dan pengemudi bisa terdistraksi oleh banyaknya kontrol yang menggunakan layar digital
Performa yang tak kalah powerful dibandingkan sportscar Porsche lainnya Butuh adaptasi dalam hal pengisian daya baterai jika ingin dipasarkan ke Indonesia
Futuristik dari segi tampilan, tapi tetap ramah lingkungan karena menggunakan bahan daur ulang di interior  

daftar harga Porsche Taycan 2019

Porsche Taycan dijual dengan dua pilihan, yakni Porsche Taycan Turbo dan Porsche Taycan Turbo S. Berapa harga Porsche Taycan terbaru saat ini?

Tipe mobil  Harga di Inggris dengan E(kurs ke Rupiah)
Harga Porsche Taycan Turbo £115.858 (Rp2.003 Miliar)
Harga Porsche Taycan Turbo S £138,826 (Rp2,400 Miliar)

>>> Klik sini untuk cek harga dan promo model mobil Porsche lainnya

Video Porsche Taycan 2019

KESIMPULAN Porsche Taycan 2019

Porsche Taycan Turbo S 2019 merepresentasikan arah masa depan Porsche yang sudah secara serius terjun ke dunia elektrik. Tidak hanya sekedar bermain di segmen plug-in hybrid (atau disebut e-hybrid), dan menjadi pemain tangguh di ranah motorsport, tapi kini sudah full terjun ke ranah mobil full electric dengan Porsche Taycan.

Karena tema mobil listrik erat kaitannya dengan unsur futuristik, mau tidak mau secara tampilan sampai ke detil fitur dan interaksi kontrol di mobil banyak menggunakan sentuhan User Interface digital dan banyak diatur melalui layar sentuh. Di satu sisi hal ini menghilangkan interaksi pengemudi dengan mobil yang terbiasa dengan tombol-tombol fisik, tapi disisi lain memang hal ini penting dilakukan agar di masa depan interaksi antara pengemudi dan mobil tidak perlu menggunakan tombol fisik yang bisa jadi bukan membuat mobil ringan tapi menjadi lebih berat dan banyak menggunakan material yang bisa dihemat.

Tapi hal ini bukan menjadi "jualan" utama dari Porsche. Porsche tetaplah Porsche. Mau mobil jenis apapun, ia harus punya 'soul' dan karakter berkendara khas sportscar Porsche 911. Atas hal tersebut, sudah pasti pengembangan Porsche Taycan Turbo S sekalipun di satu sisi banyak berinovasi dalam hal penggunaan teknologi baterai dan sisi teknis, tapi handling tetap dibuat "konvensional" layaknya mobil produksi Porsche yang menggunakan mesin bensin. Hal inilah yang kami rasakan menjadi nilai krusial yang membuat sosok Porsche Taycan Turbo S lebih "driver minded" ketimbang Tesla Model S dengan segala gimmick fitur yang diberikan. Tak ayal, jika mencari mobil sedan elektrik yang lebih mengutamakan kesenangan berkendara bagi pengemudi, salah satu opsi penting di pasaran yang bisa jadi pilihan ialah Porsche Taycan Turbo S.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Hafizh Fauzan
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil