Review Porsche Macan S 2019

03/04/2019
editor rate: 3,8 user rate: 4,5
Menjadi model ‘starting point’ di keluarga Porsche, Porsche Macan S 2019 menawarkan performa lebih baik, handling lebih meyakinkan, serta konektivitas yang semakin mutakhir. Apakah kombinasi tersebut akan membuat segmen penikmat mobil premium Indonesia tertarik padanya?

PENGANTAR Porsche Macan 2019

Review Porsche Macan S 2019 Nama Porsche macan di jajaran brand mobil di Indonesia cukup spesial. Salah satunya karena Porsche secara khusus menciptakan model entry level mereka di segmen SUV dengan nama ‘Macan’, yang merupakan salah satu nama hewan yang ikonik di Indonesia.

Generasi awal Porsche Macan

Generasi awal Porsche Macan terjual 350 ribu unit

Saat debut di tahun 2014, Porsche Macan langsung menjadi entry level Porsche untuk genre mobil SUV. Sekalipun segmen mobil ini adalah compact luxury SUV, tapi Porsche tetap menampilkan DNA sportscar yang membuat model ini cukup sukses di pasar otomotif global selama generasi pertama hadir, dengan angka penjualan di 350.000 unit.

Setelah sukses selama 4 tahun di kancah global, untuk model year 2019 Porsche mengalami revisi cukup fundamental. Tak hanya berubah dari eksterior, performa, handling, sampai ke fitur yang dimiliki mobil ini pun ikut berubah. Dan Indonesia pun menjadi salah satu negara yang mendapat update Porsche Macan, dimana Porsche Indonesia baru saja meluncurkan The New Porsche Macan dalam dua tipe yakni Porsche Macan dan Porsche Macan S.

Apakah dengan semua rombakan yang dilakukan engineer Stuttgart mampu menggoda segmen premium Indonesia untuk memiliki compact SUV dengan citarasa sports car dari Porsche ini? Berikut Cintamobil.com sampaikan penuturan kami mengenai tipe tertinggi Porsche Macan model year 2019 dalam review Porsche Macan S 2019 untuk Anda.

EKSTERIOR Porsche Macan 2019

Review Porsche Macan S 2019: Eksterior Depan

Penampilan depan Porsche Macan S 2019

Eksterior depan Porsche Macan S 2019

Porsche Macan S 2019 memiliki tampilan yang masih cukup identik dengan Porsche Macan pra-2019. Masih memiliki kap mesin ‘Wrap-around bonnet’ yang terbuka penuh dan hanya menyisakan lubang untuk headlight, fascia depan Porsche Macan S 2019 terlihat sedikit lebih segar berkat update pada bentuk front & side air intake yang lebih besar dan dipadukan dengan opsi SportDesign package yang membuat tampilan lebih sporty karena sentuhan kelir gloss black pada area grille. Namun ubahan paling fundamental terjadi di area headlight yang kini mengadopsi headlight LED dengan teknologi Porsche Dynamic Light System Plus (PDLS) yang tak hanya adaptif mengatur cahaya sesuai kondisi tingkat kegelapan jalanan, tapi juga secara desain lebih dinamis dan mutakhir.

Review Porsche Macan S 2019: Eksterior Samping

Penampilan samping Porsche Macan S 2019

Eksterior samping Porsche Macan S 2019

Secara tampilan samping Porsche Macan S 2019 memiliki peningkatan dari segi desain pelek yang tersedia dalam versi 20 dan 21 inci, dan memiliki banyak desain yang memikat dan keren. Salah satu contoh ialah pelek 21 inci Sport Classic Wheel dengan warna High Gloss Black yang digunakan pada Porsche Macan S 2019 yang Anda lihat saat ini.

Selain pelek yang menarik, warna eksterior Porsche Macan S 2019 juga hadir dengan pilihan yang lebih eye-catchy, seperti  "Miami Blue", "Mamba Green Metallic" "Dolomite Silver Metallic" dan "Crayon". Pada side blade pun kini hadir dengan sentuhan warna baru Brilliant Silver.

Review Porsche Macan S 2019: Eksterior Belakang

Penampilan belakang Porsche Macan S 2019

Eksterior belakang Porsche Macan S 2019

Eksterior belakang Porsche Macan S 2019 memiliki ubahan yang lebih fundamental dibandingkan semua area eksterior di Porsche Macan S 2019 ini. Selain pada area atap kini memiliki roof spoiler dengan warna high gloss, di area bumper bawah juga terasa lebih sporty berkat rear diffuser berkelir hitam dengan twin singletube tailpipes. Tapi detil yang signifikan ialah penggunaan taillight LED dengan 3D light design dan integrated four-point brake lights. Desain taillight yang semakin segar ini disempurnakan oleh desain light strip dengan efek 3D logo tulisan Porsche yang menyatu dengan area light strip.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Porsche Macan 2019

Review Porsche Macan S 2019: Dashboard & Setir

Penampilan dashboard & setir Porsche Macan S 2019

Desain dashboard dan setir baru hadir di Porsche Macan S 2019

Di area kabin, Porsche Macan S 2019 memiliki ubahan desain cukup signifikan untuk central cluster, dimana posisi kisi-kisi AC tengah agak turun posisinya karena di area atas central cluster kini menjadi area layar untuk Porsche Communication Manager yang lebih besar. Selain itu setir pada Porsche Macan S 2019 sudah menggunakan format GT Steering Wheel dengan tombol pengatur mode berkendara yang menjadi bagian Sport Chrono Package. Untuk detil panel interior bisa dipilih material yang diinginkan sesuai selera, baik itu di bagian atas dashboard dengan full leather atau partial leather sampai ke jenis panel kayu atau karbon yang ingin digunakan.

Review Porsche Macan S 2019: Jok

Penampilan jok Porsche Macan S 2019

Jok depan dengan format Power Seat 14-way digunakan Porsche Macan S 2019

Jok Porsche Macan S 2019 menghadirkan format jok Power Seat dengan 14 pengaturan arah untuk jok depan, sedangkan jok belakang bersifat standar dengan kemampuan mengangkut tiga penumpang dewasa, atau 2 penumpang dewasa dengan area jok tengah dijadikan tempat armrest yang bisa dilipat. Semua material dan detil jahitan jok Porsche Macan S 2019 bisa dipilih dan dikustomisasi sesuai keinginan dan kebutuhan.

Review Porsche Macan S 2019: Bagasi

Penampilan bagasi Porsche Macan S 2019

Kapasitas bagasi sebesar 458 liter tersedia di Porsche Macan S 2019

Bagasi Porsche Macan S 2019 memiliki kapasitas standar 458 liter dan bisa ditambah menjadi 954 liter jika jok baris belakang dilipat rata lantai. Untuk memudahkan akses keluar masuk bagasi, Porsche menyematkan tombol khusus yang bisa membuat suspensi belakang menurun dan menaikkan tingginya agar proses angkut barang ke bagasi tidak melelahkan.

>>> Baca juga:

FITUR Porsche Macan 2019

Review Porsche Macan S 2019: Fitur Hiburan & Kenyamanan

Sistem infotainment Porsche Macan S 2019

 

Layar sistem Porsche Communication Management memiliki dimensi layar 10.9 inci

Sistem hiburan Porsche Communication Management (PCM) yang digunakan pada Porsche Macan S 2019 kini mengalami peningkatan dengan interface yang baru, serta disajikan di layar sentuh full HD berukuran 11 inci dan terkoneksi dengan sistem audio berkualitas tinggi dari Bose Surround Sound System. Sistem PCM sendiri selain sudah dibekali sistem navigasi canggih untuk area Indonesia, Porsche juga menghadirkan fitur Apple CarPlay yang memungkinkan mobil bisa memainkan fitur hiburan dan menggunakan apps iPhone lewat layar PCM.

Untuk memberikan kenyamanan lebih baik kepada pengguna Porsche Macan S 2019, Porsche menghadirkan fitur kenyamanan standar mulai dari sistem climate control dengan 3-zone untuk pengemudi, penumpang depan, dan penumpang belakang. Agar cahaya kabin lebih alami, Porsche pun menyediakan atap panoramic roof yang bisa dibuka-tutup tirainya apabila dibutuhkan.

Review Porsche Macan S 2019: Fitur Kedinamisan Berkendara

Tombol Sport Chrono Package Porsche Macan S 2019

Tombol Sport Response Button & Kenop Mode Switch sebagai bagian Sport Chrono Package digunakan di Porsche Macan S 2019

Sport Chrono Package menjadi fitur penting yang membuat kedinamisan berkendara pada Porsche Macan S semakin maksimal. Apalagi jika Anda menyematkan opsi Sport Chrono Package di Porsche Macan S 2019, Anda bisa memiliki mode berkendara dengan sport response button yang bisa diatur lewat kenop di setir. Sport Response Button sendiri memungkinkan Anda memacu mobil dengan power yang di-boost maksimal dalam kurun waktu 20 detik.

Selain Sport Chrono Package, engineer Porsche banyak melakukan revisi di area sasis dan suspensi. Pada sistem suspensi, Porsche menggunakan Adaptive air suspension system dengan Porsche Adaptive Suspension Management (PASM). Sistem PASM ini akan menjaga tingkat kekakuan suspensi berdasarkan tiga mode pilihan (Normal, SPORT dan SPORT PLUS). Tak hanya itu, Porsche juga memaksimalkan kinerja Porsche Traction Management (PTM) agar lebih cepat dalam mengatur traksi tenaga dari mesin ke roda depan atau roda belakang, serta memastikan handling tetap dalam tahap yang optimal.

>>> 5 Mobil Termahal Porsche yang Terjual Sepanjang Sejarah

OPERASI Porsche Macan 2019

Peningkatan performa Porsche Macan S

Mesin Porsche Macan S kini memiliki tenaga 354 hp dan torsi 480 Nm

Sektor performa Porsche Macan S 2019 semakin optimal dengan mesin yang baru dan responsif. Menggunakan mesin 3.0 liter V6 dengan twinscroll turbocharger yang ditempatkan di antara ruang V atau Central turbo layout, mesin ini bisa menghasilkan figur performa 354 hp dan torsi 480 Nm. Angka ini lebih baik 14 hp dan torsi 20 Nm. Di sisi lain, mobil bertransmisi 7-percepatan Porsche Doppelkupplung (PDK) ini juga mampu berakselerasi dari titik diam sampai kecepatan 100 km/jam dalam waktu 5.1 detik (dengan Sport Chrono Package) dan top speed di angka 254 km/jam.

>>> Porsche Wet Mode Buat Handling 911 Tetap Stabil Kala Hujan

spesifikasi Porsche Macan 2019

Yuk intip informasi detil seputar spesifikasi Porsche Macan S 2019 di Cintamobil.com.

SPESIFIKASI PORSCHE MACAN S 2019

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.699 mm x 1.933 mm x 1.623 mm

Jarak Poros Roda

2.807 mm

MESIN

Tipe Mesin

3.0-litre V6 single-turbo engine

Daya Maksimum

354 hp

Torsi Maksimum

480 Nm

Mode Penggerak

AWD

Sistem Transmisi

7 Tingkat PDK Dual-Clutch Gearbox

Akselerasi 0-100 Km/Jam

5.1 Detik

HANDLING

Suspensi Depan

Aluminum Double Wishbone Fully Independent

Suspensi Belakang

Sellf-Tracking Trapezoidal Link Suspension

Rem Depan

6-Piston Aluminum Monobloc Fixed Brake Calipers

Rem Belakang

Single-Piston Floating Brake Calipers

Sistem Kemudi

Power-Assisted, Electromechanical

Ukuran Pelek

21 inci Sport Classic Wheel w/ High Gloss Black

kelebihan & kekurangan Porsche Macan 2019

Merangkum informasi seputar teknis dan penampilan dari sisi eksterior dan interior, maka berikut ini kami sampaikan kelebihan dan kekurangan Porsche Macan S 2019.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Penampilan lebih menarik dengan ubahan signifikan pada sektor pencahayaan

Belum berganti generasi, hanya facelift semata

Sistem PCM yang semakin canggih dan intuitif

 

Karakter berkendara semakin asyik dengan fitur Sport Chrono Package

 

Setiap mobil Porsche Macan S bisa dikustomisasi sesuai keinginan konsumen

 

daftar harga Porsche Macan 2019

Tidak ada harga Porsche Macan S 2019 yang bisa dikeluarkan oleh Porsche Indonesia. Hal ini disebabkan setiap Porsche Macan S memiliki konfigurasi dan opsi yang dipilih konsumen, sehingga secara harga akan berbeda antara mobil satu dan lainnya mengikuti setiap konfigurasi dan opsi yang dipilih oleh masing-masing konsumen.

>>> Klik sini untuk update informasi terbaru tentang harga dan promo mobil-mobil lainnya

Video Porsche Macan 2019

KESIMPULAN Porsche Macan 2019

Ada tiga alasan mengapa Porsche Macan menjadi mobil favorit pengguna Porsche di Indonesia. Pertama ialah bentuknya compact SUV yang cukup kapabel digunakan di jalanan Indonesia yang cukup beragam secara kontur maupun kondisi jalanan. Di sisi lain adalah posisinya yang entry level Porsche, membuat mobil ini praktis lebih bisa dijangkau oleh segmen pasar Indonesia. Dan alasan terakhir adalah brand Porsche yang memiliki image prestise serta menjadi brand selalu melahirkan sports car, apapun segmen mobil yang digeluti.

Penampilan perdana The New Porsche Macan 2019 di Indonesia

Debut The New Porsche Macan menghadirkan Porsche Macan S 2019 (foto) dan versi lebih rendah Porsche Macan

Bagaimana dengan Porsche Macan S? Jika mencari karakter mobil berperforma tinggi layaknya DNA Porsche, maka Porsche Macan S 2019 merupakan pilihan yang paling tepat. Dengan format bodi dan kemampuan berkendara yang cukup bisa beradaptasi dengan jalanan urban maupun semi-off road, maka berpetualang dengan cepat bersama Porsche Macan S 2019 bukan hal yang tidak mungkin.

Hanya saja jika dirasa Anda hanya ingin mendapatkan kesan prestise karean image Porsche, dan Anda bukan pengemudi atau pengguna mobil yang menginginkan agresivitas berkendara tingkat tinggi, maka memilih Porsche Macan S bukan hal yang tepat. Sebab masih ada tipe lebih basic yaitu Porsche Macan yang sudah lebih dari cukup bagi kami untuk memenuhi kebutuhan Anda tersebut.

Hafizh Fauzan
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil