Review Porsche Macan 2020: Fleksibilitas SUV Rasa Mobil Sport Rp 2 Miliar

12/12/2020

Share this post:

Porsche Macan 2020

Editor rate:

Rp 2.250.000.000

Mobil Porche Macan Terbaik di Indonesia Lihat promo

Sebagai tunggangan bagi mereka yang berjiwa muda, Porsche Macan 2020 menawarkan fleksibilitas model SUV dengan tenaga dan handling layaknya mobil sport.

Review Porsche Macan 2020: Fleksibilitas SUV Rasa Mobil Sport Rp 2 Miliar
Review Porsche Macan 2020: Fleksibilitas SUV Rasa Mobil Sport Rp 2 Miliar
0 Gambar

Pengantar Porsche Macan 2020

Mari kita simak spesifikasi Porsche Macan 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Kesan eksklusif milik Porsche

Desain yang menawan

Mesin bertenaga turbo dengan perpindahan yang baik

Kekurangan

Bangku baris kedua terasa agak tegak

Kualitas kamera kurang jernih

Sedikit tempat penyimpanan di dalam kabin

Bagi Anda yang sukses di usia muda, mencari tunggangan yang paling sesuai merupakan prioritas yang patut dipertimbangkan. Dan salah satu model yang bisa menjadi pilihan yaitu Porsche Macan 2020. Tampilannya yang stylish dan sporty dengan desain khas Porsche membuatnya cocok sebagai model premium bagi Anda berjiwa muda.

Porsche Macan pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 2014. Berbagai platform dan wheelbase dengan Audi Q5 generasi pertama, Macan diproduksi bersamaan dengan Porsche Panamera dan Cayenne di pabrik Porsche di Leipzig, Jerman. Baru pada tahun 2019 Porsche meluncurkan pembaharuan pertama Macan dengan perubahan sasis, fasia depan dan belakang, serta interior yang direvisi.

mobil baru Porsche Macan
Generasi pertama Porsche Macan keluaran tahun 2013

Membawa model SUV di ranah otomotif yang beralih ke segmen ini memberikan pengaruh positif pada penjualan Porsche. Macan dengan mudah menjadi model dengan penjualan paling laris Porsche di dunia. Bahkan pada Juli 2018, Porsche mengumumkan bahwa lebih dari 350.000 unit Macan telah dipasarkan sejak 2014.

Dengan harga lebih dari Rp 2 miliar, Macan memiliki banderol yang lebih tinggi dibandingkan pesaingnya, bahkan sekelas Range Rover Evoque. Lalu apa yang membuat Porsche Macan bisa dihargai sebegitu tinggi? Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan mobil ini? Simak penelusuran dan review Porsche Macan 2020 dari tim Cintamobil.com di bawah ini.

Eksterior Porsche Macan 2020

Salah satu kelebihan mobil Porsche memang terletak pada desain yang ditampilkan, termasuk Porsche Macan. Kesan sporty nan elegan menjadi salah satu keunggulan SUV bergaya coupe ini. Mobil terlaris Porsche ini menawarkan tampilan yang berkarakter, bahkan diamini oleh orang yang awam tentang kendaraan sekalipun.

Review Porsche Macan 2020: Eksterior Depan

Kap depan yang melengkung yang dikenal dengan nama ‘wrap-around bonnet’ akan menyapa ketika Anda melihat mobil ini. Ubahan pada tahun 2019 lalu memberikan penampilan baru pada fasia depan dimana bentuk air intake depan dibuat lebih besar dan sentuhan kelir gloss black pada area grille.

Tampilan depan Porsche Macan 2020 berwarna merah
Tampilan depan Porsche Macan 2020

Identitas Porsche bisa terlihat dari lampu depan bergaya oval menggunakan 4-points LED yang menghiasi tampilan depan. Ada teknologi Porsche Dynamic Light System Plus (PDLS) yang mengatur cahaya secara adaptif sesuai dengan kondisi dan intensitas cahaya di malam hari.

Review Porsche Macan 2020: Eksterior Samping

Tampilan samping Porsche Macan 2020 berwarna merah
Tampilan samping Porsche Macan 2020

Dari sisi samping, tak banyak aksen berlebihan yang diberikan kecuali cladding berwarna hitam yang menambah kesan sporty pada mobil ini. Gaya SUV jelas terasa dengan ground clearance Macan yang mencapai 198 mm. Bisa bertambah hingga 230 mm dengan suspensi udara yang ditawarkan pada mobil ini. Tapi Macan juga mendapatkan pengendaraan dan handling khas Porsche dengan gaya coupe, terlihat dari bahu belakang yang lebih melandai.

Review Porsche Macan 2020: Eksterior Belakang

Bagian belakang tak kalah elegan dibandingkan pesaingnya. Ada roof spoiler dengan warna high gloss serta bumper bawah yang dihiasi dengan rear diffuser berkelir hitam dan twin single tube tailpipes. Detail lainnya di area buritan adalah penggunakan 3D Light design an integrated 4-point brake light yang senada dengan tampilan depan.

Tampilan belakang Porsche Macan 2020 berwarna merah
Tampilan belakang Porsche Macan 2020

Satu yang paling menarik pada mobil ini terdapat pada bagian belakang. Pasalnya Porsche menanamkan lampu belakang horizontal yang bersambung dari sisi kiri ke kanan. Memberikan tampilan yang futuristis dan membuatnya semakin eksklusif ketika dibawa berkendara di malam hari.

>>> Dapatkan review terbaru Porsche di bawah ini


Interior Porsche Macan 2020

Bukan hanya bagian luar, namun desain Porsche Macan 2020 di bagian dalam menawarkan tampilan yang elegan dan sporty tanpa meninggalkan ciri khas Porsche. Ruang kabin yang kedap didukung oleh sistem audio dari Bose yang menjadi teman yang asyik sepanjang perjalanan.

Review Porsche Macan 2020: Dashboard

Dashboard bergaya sporty menggunakan material soft touch menemani Anda selama berkendara. Head unit layar sentuh 11 inci akan menjadi teman seperjalanan dan memudahkan Anda mendapatkan kenyamanan selama berkendra. Di atas head unit, ada chronometer yang menjadi ciri khas Porsche. Sangat membantu ketika akan memacu mobil ini pada saat Track Day di lintasan balap.

Dashboard Porsche Macan 2020 berwarna hitam
Dashboard Porsche Macan 2020

Pada bagian konsol tengah, Anda bisa mendapatkan berbagai tombol pengaturan layaknya kokpit pesawat yang mungkin sedikit membingungkan jika Anda baru pertama kali mengendarai sebuah Porsche. Tapi tenang saja. Pengaturan dan tombol konvensional yang diberikan bertugas untuk memberikan kemudahan ketika berkendara dengan kemudahan akses dan pengaturan yang ergonomis.

Review Porsche Macan 2020: Setir

Setir Porsche Macan 2020 berwarna hitam
Setir Porsche Macan 2020

Bagian setir memang tak berubah dibandingkan edisi pertama yang diperkenalkan 2014 lalu. Kemudi palang tiga dengan berbagai tombol multifungsi dilengkapi dengan aksen silver dan logo Porsche pada bagian tengah setir. Pengaturan tilt & telescopic memudahkan pengemudi mendapatkan posisi berkendara yang paling sesuai.

Review Porsche Macan 2020: Kursi

Pengaturan elekstris pada kursi baris pertama akan membantu Anda mendapatkan posisi berkendara yang Anda inginkan. Dan seperti halnya SUV pada umumnya, ruang kaki dan ruang kepala yang ditawarkan sudah sangat baik. Begitu pula dengan bangku yang cukup rebah, meski tak terlalu rebah dibandingkan model sedan maupun MPV yang lebih nyaman untuk perjalanan jauh.

Kursi Porsche Macan 2020 berwarna hitam
Kursi Porsche Macan 2020

Kenyamanan di baris kedua memang tak perlu diragukan lagi. Penumpang belakang bahkan bisa mengatur sendiri temperatur kabin melalui tombol pengaturan yang terdapat pada kisi-kisi AC di bawah armrest depan. Untuk kepraktisan di dalam kabin, ada dua slot USB bagi yang ingin mengisi daya gadget ketika berkendara.

Review Porsche Macan 2020: Bagasi

Sebagai sebuah SUV, Macan memiliki ruang bagasi yang lebih dari cukup untuk membawa dua koper berukuran besar. Selain ruang penyimpanan di bawah lantai bagasi, ada partisi yang memberikan kemudahan dalam menyimpan barang di dalam kabin.

Bagasi Porsche Macan 2020 berwarna hitam
Bagasi Porsche Macan 2020

Selain itu kepraktisan di bagian belakang terasa mengesankan. Mengingat ground clearance yang tinggi, bagian belakang Macan bisa dibuat rendah dengan menekan tombol pada sisi kanan ruang bagasi. Anda juga bisa membuka bagasi dengan menekan tombol yang terdapat pada pangkal wiper belakang, Bagasi bisa ditutup dengan menekan tombol pada bagian bawah pintu bagasi.

>>> Berita teranyar dari Porsche bisa Anda dapatkan di sini

Fitur Porsche Macan 2020

Dengan harganya yang mencapai Rp 2 miliar, tentu saja ekspektasi dari fitur yang ditawarkan semakin tinggi. Tapi tenang saja, Porsche mampu menjawab semua keraguan dengan membawa berbagai kelengkapan fitur Porsche Macan ke Indonesia. Salah satunya Comfort Access yang langsung menyesuaikan kemudi sesuai dengan pengaturan yang telah Anda simpan sebelumnya.

Hal lainnya yang mengesankan dari fitur Macan adalah head unit yang intuitif. Tampilan layar sentuh dari head unit 11 inci ini mendapatkan peningkatan interface baru beberapa waktu lalu. Sehingga respons terasa cepat dan mudah digunakan. Pengaturan lembut maupun kencang hembusan AC juga bisa disesuaikan dengan keinginan Anda.

Fitur Porsche Macan 2020 berwarna hitam
Fitur Porsche Macan 2020

Selain fitur standar, Anda juga bisa mendapatkan kelengkapan lainnya melalui fitur tambahan yang dipersiapkan Porsche Indonesia untuk SUV terlarisnya ini. Pada mobil yang kami tes, ada fitur Panoramic Sunroof yang bisa dibuka untuk kesan lega. Ada pula fitur suspensi udara untuk mengatur ketinggian kendaraan, termasuk fitur off-road yang mengatur suspensi sehingga mobil menjadi lebih tinggi.

Review Porsche Macan 2020: Fitur Keselamatan Aktif

Macan sudah mendapatkan teknologi Porsche Traction Management (PTM) yang memberikan rasa aman dari selip ketika harus berkendara di jalanan yang basah. Ada pula fitur Lane Change Warning, hanya memberikan peringatan ketika mobil melewati marka jalan. Sayangnya dengan harga yang ditawarkan, Macan belum dilengkapi dengan fitur Adaptive Cruise Control yang sudah ditemukan pada model SUV yang bahkan lebih terjangkau.

>>> Porsche Tawarkan Head Unit Untuk Line-up Klasik, Kini Dalam Dua Ukuran

Operasi Porsche Macan 2020

Sebagai varian paling ‘unyu’ dibandingkan varian Macan yang lain, mesin Porsche Macan ‘hanya’ ditenagai oleh mesin 4-silinder 2.0L yang sudah menawarkan teknologi turbo. Macan pun menawarkan tenaga 245 PS dan torsi puncak 370 Nm. Bandingkan dengan Macan S dengan mesin V6 3.0L bertenaga 354 PS dan torsi puncak 480 Nm, atau Macan Turbo dengan catatan 380 PS dan 520 Nm torsi maksimal.

Mesin Porsche Macan 2020 berwarna hitam
Mesin Porsche Macan 2020

Dan yang membuat pengendaraan bersama Macan terasa lebih mulus adalah kehadiran transmisi Porsche Doppelkupplung (PDK atau transmisi kopling ganda Porsche) otomatis 7-percepatan yang mengalirkan tenaga ke semua roda. PDK menawarkan perpindahan yang sangat cepat dan halus untuk digunakan sehari-hari.

Review Porsche Macan 2020: Impresi berkendara

Posisi mengemudi Porsche Macan terasa cukup rendah meski memiliki bodi SUV. Dalam pengujian kami, Macan memiliki rasa berkendara layaknya 911 maupun Porsche Cayman, apalagi dengan struktur interior yang tak jauh berbeda. Begitu pula dengan sistem Electric Power Steering yang cukup berat, meski tak membuat lelah, dan memberikan feedback jalanan yang terasa ketika berkendara.

Porsche Macan 2020 sedang berkendara di jalanan
Porsche Macan 2020 di jalanan

Karena Macan memiliki tenaga yang lebih tinggi dibandingkan rivalnya, Anda bisa merasakan pengendaraan yang mengesankan di jalanan dengan performa yang diberikan. Transmisi PDK khas Porsche mampu memberikan perpindahan yang mulus bagi Anda yang ingin berkendara dengan santai. Tapi ketika Anda menggunakan paddle shift, Macan akan memberikan rasa agresif.

>>> Modifikasi Porsche 911 RWB Bertema Warna Warni Apple

Spesifikasi Porsche Macan 2020

Dimensi Porsche Macan 2020

Panjang x Lebar x Tinggi

4.696 x 2.098 x 1.630 mm

Jarak Poros Roda

2.807 mm

Mesin Porsche Macan 2020

Tipe Mesin

2.0L 4-silinder turbo

Kapasitas Silinder

1.984 cc

Tenaga Maksimal

245 PS @ 5.000 – 6.750 rpm

Torsi Maksimal

370 Nm @ 1.600 – 4.500 rpm

Percepatan (0-100 km/jam)

6.7 detik

Kecepatan tertinggi

225 km/jam

Transmisi

7-percepatan otomatis kopling ganda

Sistem Penggerak

All-wheel drive

Kaki-Kaki Porsche Macan 2020

Suspensi Depan

Aluminum Double Wishbone Fully Independent

Suspensi Belakang

Self-Tracking Trapezoidal Link Suspension

Rem Depan

6-Piston Aluminum Monobloc Fixed Brake Calipers

Rem Belakang

Single-Piston Floating Brake Calipers

Tipe Ban

265/45 R20 (Depan) dan 295/40 R20 (Belakang)

Velg

20 inci

Daftar Harga Porsche Macan 2020

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Macan memiliki banderol yang terbilang tinggi dibandingkan pesaingnya di segmen yang sama, sebut saja Range Rover Evoque. Di Indonesia, harga Porsche Macan dimulai dari Rp 2.25 miliar (On the Road). Tentu saja dengan harga yang ditawarkan, berbagai kelengkapan layanan purna jual dari Porsche Indonesia bisa Anda dapatkan. Salah satunya antar jemput kendaraan yang berada di daerah untuk diperbaiki di bengkel Porsche yang ada di Jakarta.

Kesimpulan Porsche Macan 2020

Ketika membeli Porsche Macan, Anda bisa mendapatkan performa mobil Porsche yang bertenaga dengan fleksibilitas sebuah SUV. Masih menggunakan ciri khas Porsche dengan tampilan yang stylish dan mengesankan. Hanya saja kursi belakang yang tak terlalu nyaman dan kurang sistem keselamatan tingkat lanjut masih menjadi kekurangan tersendiri bagi SUV sporty ini. Tapi dengan harga yang ditawarkan, kesan eksklusif bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi Porsche Macan 2020.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Padli Nurdin
Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya
back to top