Review Porsche Macan 2019: Namanya Terinspirasi Dari Indonesia?

27/11/2018

Share this post:

Porsche Macan 2019

Editor rate:

Lihat promo

Di acara Paris Motor Show 2018 lalu, Porsche Macan dirilis dengan berbagai pembaruan. Diumumkan bahwa Porsche memberikan tingkat kenyamanan lebih baik dari segi interior maupun Handling. Lantas apa saja perubahan pada model Porsche yang memiliki nama dari hewan asal Indonesia ini? Simak review Porsche Macan 2019.

Review Porsche Macan 2019: Namanya Terinspirasi Dari Indonesia?
Review Porsche Macan 2019: Namanya Terinspirasi Dari Indonesia?
0 Gambar

Pengantar Porsche Macan 2019

Mari kita simak spesifikasi Porsche Macan 2019 di bawah ini.

Kelebihan

Eksterior makin mengesankan dengan fitur-fitur lebih mumpuni

Panel Head Unit berubah signifikan dari ukuran 7,2 inci di model sebelumnya menjadi 10,9 inci serta sudah dibekali fitur lebih canggih

Perubahan minor pada mesinnya, memberi dampak signifikan terutama dalam hal efisiensi

Kekurangan

Dibanding kompetitornya, BMW X3 dan Audi Q5, harga Porsche Macan terbilang paling mahal

Ruang bagasi yang kalah dibanding rival, tak kunjung diberi pembaruan

Sejatinya tidak ada hal baru, yang kami lihat hanya pengadopsian fitur dari model-model Porsche lainnya

 

Review Porsche Macan 2019 - Ada cerita menarik sebenarnya dari Porsche Macan. Jika melihat ke belakang, mobil berkategori Crossover Utility Vehicle (CUV) satu ini hanya memiliki satu generasi yang dirilis pada tahun 2014 silam. Menariknya, nama 'Macan’ terinspirasi dari hewan macan Jawa khas Indonesia. Sama seperti model Cayenne atau Panamera, Porsche menamai produk-produknya dengan sebutan hewan.

Generasi pertama Porsche Macan menyajikan esensi agresif sesuai namanya

Sosok generasi pertama Porsche Macan Turbo yang dirilis pada tahun 2014 silam

Alasannya cukup menarik, nama Macan mampu memberikan kesan bertenaga, dinamis dan buas. Nama yang paling pantas untuk menyampaikan karakteristik dari mobil Off-Road besutan Porsche satu ini. Bernhard Meier, selaku anggota Executive Board Sales and Marketing of Poached AG, menuturkan, “Nama Macan sangatlah enak untuk didengar apalagi di dunia otomotif. Selain itu, visualisasi orang akan tertuju pada ketangguhan dari hewan Macan asal Indonesia."

Bernhard Meier Porsche Macan menjelaskan arti namanya kepada media

Bernhard Meier sempat mengungkapkan bahwa nama Macan memang terinspirasi dari Indonesia

Perubahan terbarunya dilakukan di Shanghai dan kemudian dilanjutkan di Paris Motor Show 2018. Pembaruannya tidak merujuk pada versi All-New atau generasi baru tapi lebih kepada penyegaran dalam bentuk Facelift. Meski begitu, pihak Porsche mengumumkan bahwa perubahannya kali ini merambah ke berbagai aspek baik dalam hal eksterior lebih rapi, warna baru, fitur interior makin lengkap dan sasis bodi yang diklaim memberi Handling lebih mumpuni. Apa saja hal barunya? Simaklah review Porsche Macan 2019.

Eksterior Porsche Macan 2019

Perubahan eksterior Porsche Macan 2019 lebih ditekankan akan pembenahan fitur dibanding model terdahulunya. Yang kami maksudkan, rupa luarnya masih sama namun ada penambahan fitur. Di sisi lain, tersedia empat warna baru seperti Miami Blue, Mamba Green Metallic, Dolomite Silver Metallic dan Crayon.

Review Porsche Macan 2019: Eksterior Depan

Wajah depannya lebih serupa dengan kakaknya yakni model 911 ataupun 918. Sehingga, memberi kesan yang tak lagi Flat namun lebih sporty dibanding model sebelumnya. Adapun fitur lampu utama juga mendapat perubahan yang mana konfigurasi LED sudah diaplikasikan di semua variannya. Penempatan Air-Intakes juga mengalami perubahan sehingga fascia depannya terlihat lebar dan makin sporty.

Eksterior depan Porsche Macan 2019 menggunakan lampu utama berkonfigurasi LED

Eksterior depan Porsche Macan 2019 mengadopsi esensi agresif dari model Porsche 911 dan 918

Review Porsche Macan 2019: Eksterior Samping

Dari bodi samping, pelek-nya kini ditawarkan dalam dua ukuran baik 18 inci (standar) hingga 21 inci. Terlihat lebih proporsional dengan keseluruhan ukuran bodinya. Pesona ikoniknya sebagai Crossover juga masih terasa lewat disematkannya Side Skirt serta guratan artistik pada bodi sampingnya.

Eksterior samping Porsche Macan 2019 juga dihias apik dengan aksen Side Skirt

Eksterior samping Porsche Macan 2019 kini menggunakan ukuran 18 inci sebagai model standar pelek-nya

Review Porsche Macan 2019: Eksterior Belakang

Merambah ke sektor buritan, lampunya menggunakan desain terbaru yakni 3D LED Light Strip. Perlu Anda ketahui, lampu satu ini memberi kesan karismatik tersendiri yang hanya dimiliki oleh Macan daripada model Porsche lainnya. Adapun lampu belakangnya juga menghadirkan 4 Point Design, memberi kesan lebih modern dan tampilan lebih sporty.

Eksterior belakang Porsche Macan 2019 menghadirkan lampu canggih yang menerapkan desain 4 Point

Eksterior belakang Porsche Macan 2019 menerapkan lampu 3D LED Light Strip

>>> Baca juga:


Interior Porsche Macan 2019

Perubahan menarik juga ditonjolkan pada atmosfer interior Porsche Macan 2019. Sebagai CUV yang juga mampu melaju nyaman di area perkotaan, fitur interior Macan dibuat makin lengkap. Tentu hal dilakukan supaya seluruh penumpang dapat betah berlama-lama dalam kabinnya.

Review Porsche Macan 2019: Dashboard

Segala fitur nampak tertata rapi pada dashboard serta panel Console di samping pengendara. Pembaruan paling menarik terasa kuat dari panel Head Unit yang kini berukuran 10,9 inci, berbeda dengan model sebelumnya yang masih menerapkan ukuran 7,2 inci. Desain serta fungsi pada panel tersebut nampak serupa dengan model Panamera-nya.

Dashboard Porsche Macan 2019 menerapkan desain yang minimalis serta futuristik

Dashboard Porsche Macan 2019 kini menggunakan fitur Head Unit 10,9 inci

Supaya membuat kesan lebih lega, lubang pendingin yang dahulu disematkan di samping panel Head Unit, kini ditempatkan pada bagian bawahnya. Seperti apa yang dikatakan sebelumnya, interior Macan terbaru dikemas dengan tatanan yang lebih rapi.

Review Porsche Macan 2019: Setir

Pada setir, desainnya menyerupai kakaknya yakni 911. Tersedia juga Sport Response Button pada kemudinya yang dibutuhkan biaya tambahan untuk mengaplikasikannya. Dalam hal ini, Porsche menawarkan trim interior yang disebut Sports Chrono Package. Perubahan tersebut memberi kapabilitas lebih fleksibel bagi pengendara untuk mengoperasikan segala fiturnya.

Setir Porsche Macan 2019 menerapkan desain tiga palang

Setir Porsche Macan 2019 menggunakan Sport Response Button yang sifatnya masih opsional

Review Porsche Macan 2019: Kursi

Lini kursi sendiri nampak tak dibekali perubahan apapun. Masih sama dengan model sebelumnya yang dibalut bahan kulit berkualitas. Di sisi lain, kapabilitasnya sebagai mobil Sport Utility Vehicle (SUV), juga dibekali ruang kaki yang lapang bagi lima orang.

Kursi Porsche Macan 2019 dibalut dengan bahan kulit berkualitas

Kursi Porsche Macan 2019 memberikan kenyamanan luar biasa khususnya di sisi pengendara

Review Porsche Macan 2019: Kapasitas Bagasi

Sebenarnya di berbagai aspeknya, Macan tampil lebih unggul daripada kompetitornya. Namun sayangnya, ruang bagasinya yang kalah dengan rivalnya nampak tak diberikan pembaruan. Dari data yang kami himpun, kapasitas bagasinya tercatat hanya sebesar 18 cubic feet hingga 53 cubic feet (jika bangku kedua dilipat). Dengan kapasitas tersebut, Anda sudah bisa menampung barang keperluan piknik maupun barang belanjaan. Namun sayangnya, ruang bagasi tak cukup mumpuni untuk memenuhi barang-barang berukuran besar.

Kapasitas bagasi Porsche Macan 2019 tidak dibekali perubahan apapun

Kapasitas bagasi Porsche Macan 2019 masih menerapkan ukuran serupa dengan model sebelumnya

>>> Artikel terkait:

Fitur Porsche Macan 2019

Aspek Handling yang diklaim lebih mumpuni, terjawab pada fitur Porsche Macan 2019. Pasalnya, model satu ini dibekali sasis bodi baru yang bukan saja memberi performa Handling lebih optimal namun juga mempengaruhi tingkat efisiensi bahan bakar.

Review Porsche Macan 2019: Fitur Keselamatan

Bannya kini menggunakan konfigurasi Mixed-Size yang dipadukan dengan mode berkendara Intelligent All Wheel Drive (AWD). Untuk mengoptimalkan performa Handling-nya, teknologi Porsche Traction Management (PTM) juga dihadirkan. Sehingga, Anda tak perlu lagi khawatir akan selip di medan licin sekalipun.

Fitur keselamatan Porsche Macan 2019 tampil sangat lengkap di berbagai aspeknya

Fitur keselamatan Porsche Macan 2019 menghadirkan hal baru seperti hadirnya PTM yang dipadukan dengan mode berkendara AWD

Fitur terbaru lainnya juga bisa diamati pada sisi lampu depan. Meski tergolong opsional, lampu Porsche Dynamic Light System Plus (PDLS) cukup menjadi rekomendasi terbaik dari kami. Pasalnya, lampu tersebut bisa mengatur intensitas cahaya secara otomatis mengikuti kondisi pencahayaan di jalanan yang Anda lewati.

Review Porsche Macan 2019: Fitur Hiburan

Porsche menamai fitur hiburannya dengan sebutan Porsche Communication Management (PCM). Menerapkan ukuran Head Unit lebih besar di angka 10,9 inci yang sudah didukung fitur navigasi, Intelligent Audio Control serta konektivitas. Khusus pada varian standar-nya, Macan juga menghadirkan fitur Porsche Connect Plus yang mampu membaca Handphone LTE serta SIM Card Reader. Di sisi lain, tersedia juga tambahan fitur menarik seperti WLAN Hotspot serta Porsche Connect Services.

​Fitur hiburan Porsche Macan 2019 mengandalkan panel Head Unit berformat modern

Fitur hiburan Porsche Macan 2019 menerapkan panel Head Unti 10,9 inci yang dilengkapi dengan fitur canggih

Paling menarik, fungsi navigasinya kini bisa memberi informasi secara langsung. Jadi, sistem navigasi bisa merubah rute secara otomatis dengan cepat, menentukan jalur berkendara paling cepat ke tempat tujuan Anda. Pengoperasiannya pun cukup mudah, Anda hanya perlu meng-install Porsche Car Connect App di Gadget kesayangan lalu Anda sudah bisa memberi komando langsung pada Porsche Macan.

>>> Klik di sini untuk membandingkan dengan mobil SUV terbaru lainnya

Operasi Porsche Macan 2019

Peluncurannya di Paris Motor Show lalu, dibekali jantung pacu lebih bertenaga. Pasalnya, operasi mesin Porsche Macan 2019 sudah menerapkan kapasitas 2.0 Liter Turbocharged bertenaga bensin. Perubahan hanya dilakukan pada ruang bakar mesin yang lebih ditingkatkan serta hadirnya Gasoline Particulate Filter (GPF). Pihak Porsche mengklaim, sedikit perubahan pada mesin Macan memberi dampak signifikan seperti tingkat efisiensi lebih optimal dan makin ramah lingkungan.

Operasi mesin Porsche Macan 2019 mampu meraih daya maksimum sebesar 245 HP dan torsi puncak 370 Nm

Operasi mesin Porsche Macan 2019 tidak begitu mengalami perubahan selain dalam aspek racikan GPF maupun ruang bakar mesin yang meningkat

Data dari New European Driving Cycle (NEDC) menunjukkan bahwa Porsche Macan 2019 mampu memberi tingkat konsumsi bahan bakar rata-rata sebesar 8,1 Liter/100 Km. Lebih daripada itu, mesin Turbo-nya yang dipadukan dengan transmisi otomatis 7 tingkat PDK Dual-Clutch Gearbox dan mode AWD, mampu memberi lonjakan daya sebesar 245 HP dengan torsi maksimum di angka 370 Nm.

>>> Jika Anda pecinta produk besutan Porsche, simak segala ulasan menarik dari semua modelnya

Spesifikasi Porsche Macan 2019

Supaya Anda mengetahui segala hal detail tentangnya, berikut Cintamobil.com melampirkan spesifikasi Porsche Macan 2019.

SPESIFIKASI PORSCHE MACAN 2019

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.699 mm x 1.933 mm x 1.623 mm

Jarak Poros Roda

2.807 mm

MESIN

Tipe Mesin

2.0 Liter Turbocharged

Daya Maksimum

245 HP

Torsi Maksimum

370 Nm

Mode Penggerak

AWD

Sistem Transmisi

7 Tingkat PDK Dual-Clutch Gearbox

Akselerasi 0-100 Km/Jam

6,7 Detik

HANDLING

Suspensi Depan

Aluminum Double Wishbone Fully Independent

Suspensi Belakang

Sellf-Tracking Trapezoidal Link Suspension

Rem Depan

6-Piston Aluminum Monobloc Fixed Brake Calipers

Rem Belakang

Single-Piston Floating Brake Calipers

Sistem Kemudi

Power-Assisted, Electromechanical

Ukuran Ban

255/55 R18 (Standar)

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Daftar Harga Porsche Macan 2019

Sebelum menutup artikel kali ini, tak lupa Cintamobil.com memberikan daftar harga Porsche Macan 2019. Diprediksi harga barunya nanti akan dibanderol mulai dari ₤46.344 atau setara Rp. 859.440.000. Namun apabila model satu ini dirilis di Indonesia, tentu akan ada sedikit penambahan biaya terkait kebijakan dari Porsche Indonesia.

>>> Klik sini untuk simak harga dan promo mobil lainnya

Kesimpulan Porsche Macan 2019

Nama Macan sendiri memang terinspirasi dari Indonesia. Siluet bodi agresif serta performa mesin mumpuni, ditampilkan sesuai mimik Macan Jawa asal Indonesia. Ya itulah, yang ingin ditampilkan pada model CUV Porsche satu ini. Bahkan di tahun 2018 ini, pembaruan dalam mode Facelift memberi berbagai hal menarik bagi Porsche Macan mulai dari eksterior lebih sporty, interior makin canggih serta performa mesin lebih irit. Apakah perubahannya bisa tampil memikat bagi masyarakat internasional? Menjawab hal itu, mari kita tunggu saja setelah pemasaran resminya di awal tahun 2019.

Performa Porsche Macan 2019 tampil sangat menyenangkan untuk dikendarai

Apakah Anda cukup tertarik dengan desain dan performa dari Porsche Macan 2019?

Lantas bagaimana pendapat Anda apabila Porsche Macan 2019 Indonesia hadir dalam waktu dekat? Tertarik untuk menunggangi 'Macan berkulit besi’ satu ini? Sampaikan pendapat menarik Anda di kolom komentar ya sobat.

>>> Jangan lupa klik sini untuk simak artikel review mobil lainnya

Franky Pratama
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya
back to top