Review Porsche Cayman 2013

16/07/2018

Share this post:

Porsche Cayman 2013

Editor rate:

Lihat promo

Tak asing rasanya mendengar nama Porsche sebagai lambang dari kemewahan dan produk sporty besutannya. Mungkin kita lupa, bahwa Porsche Cayman yang sudah berjalan dari tahun 2005, sudah meraih generasi keempatnya kini. Namun perubahan paling menarik menurut kami ada pada generasi ketiganya. Di kesempatan kali ini, Cintamobil.com hendak membahas segala hal tentangnya dalam review Porsche Cayman 2013.

Review Porsche Cayman 2013
Review Porsche Cayman 2013
0 Gambar

Pengantar Porsche Cayman 2013

Mari kita simak spesifikasi Porsche Cayman 2013 di bawah ini.

Kelebihan

Perpaduan sempurna antara mobil Roadster, lekuk bodi Coupé dan mesin Boxer

Desain interior dikemas sangat elegan dan sporty

Mesin Mid-Size tidak bising meskipun meraih kecepatan tinggi

Kekurangan

Pada ruang interiornya tidak diberikan cukup banyak wadah untuk menaruh barang bawaan

Penambahan transmisi otomatis menjadi fitur Optional yang tentu saja dibanderol dengan biaya tambahan

Review Porsche Cayman 2013 - Porsche sebagai produsen otomotif asal Jerman memang sering kali dikenal akan produk artistiknya meliputi mobil Sport Utility Vehicle (SUV), sedan dan sport. Porsche Cayman misalnya, yang hendak dibahas di segmen ini, berangkat dari bodi Boxster sebagai generasi pertamanya pada tahun 2005. Mobil yang dirancang oleh desainer handal Porsche, Pinky Lai, dinamai Cayman. Penamaannya juga tergolong unik yang terinspirasi dari hewan reptil bernama Caiman.

Perancang Porsche Cayman Generasi Pertama bernama Pinky Lai yang memang kerap kali merancang produk desain Porsche

Pinky Lai adalah sesosok sejarah di balik generasi pertama Porsche Cayman

Perlu diketahui juga bahwa, Porsche Cayman yang diklaim berdiri dalam kategori Boxster, merupakan gabungan dari mesin “Boxer” bertubuh Flat serta “Roadster” sebagai mobil berpintu dua. Menariknya, siluet atap yang tampak melandai, diadopsi dari lekuk seksi ala Coupé. Sehingga, tak salah jika mobil satu ini sering kali disebut Boxster Coupé.

Tampilan Porsche Cayman 2013 terlihat banyak ubahan di berbagai sisinya

Porsche Cayman 2013 merupakan perpaduan dari kategori Roadster berbodi Coupé dan bermesin Boxer

Generasi ketiganya diperkenalkan di ajang Geneva Auto Show 2012 yang menggunakan bodi 981 Boxster. Di banding pendahulunya, perubahan dirasakan pada dimensi Wheelbase memanjang 60 mm serta bobot dipangkas 35 Kg lebih ringan. Di Indonesia sendiri, model ini diluncurkan pada 19 Maret 2013 yang digawangi oleh PT. Eurokars Artha Utama sebagai importir resmi Porsche Indonesia. Bahkan diklaim, Indonesia menjadi negara pertama yang merasakannya untuk pasar Asia Pasifik. Apa saja fiturnya? Bagaimana performa Mid-Engine pada kap mesinnya? Mari kita bahas bersama dalam review Porsche Cayman 2013.

Eksterior Porsche Cayman 2013

Tampilan eksterior Porsche Cayman 2013 kini makin atletis, memberi kesan unik daripada model besutan Porsche lainnya. Garis-garis nampak mengalur di setiap sisi bodinya, memberi tampilan aerodinamis yang dipadu dengan Wheelbase melebar. Bahkan, jika dilihat dari berbagai sisi, desainnya sangat melekat akan ciri khas Porsche.

Review Porsche Cayman 2013: Eksterior Depan

Fascia depan nampak melandai dari sudut Bonnet hingga mengalur ke bagian bempernya. Tak ada Front Grille di bagian depan, namun lebih menampilkan logo Porsche sebagai pengemban identitasnya. Persona Cayman dari generasi dahulunya, nampak masih terasa kuat jika mengamati lampu depan yang mengusung desain Redstyled. Menariknya, kini fungsi pencahayaannya sudah didukung konfigurasi LED Daytime Running Light (DRL), Position Lights serta Fog Lamps yang disematkan pada rumahan berdesain agresif.

Eksterior Depan Porsche Cayman 2013 menggunakan lampu LED DRL, Positioning Lights serta Fog Lamps sehingga mampu memberikan fungsi pencahayaan optimal

Tampilan depan Porsche Cayman 2013 masih menggunakan lampu utama Redstyled sebagai unsur ikonik sejarahnya

Review Porsche Cayman 2013: Eksterior Samping

Dari sisi samping, Fender-nya tampil tinggi, memberi kesan agresif yang dipadu dengan desain pelek Minimalist Dual-Arm Spoke 18 inci. Adapun kini Wheelbase-nya dibuat lebih memanjang 60 mm, memberikan performa lebih stabil dan ruang kabin lebih lega.

Eksterior Samping Porsche Cayman 2013 dihias apik dengan Fender berukuran tinggi yang disesuaikan dengan ukuran bannya

Tampilan samping Porsche Cayman 2013 terlihat mengesankan dengan pelek berdesain Minimalist Dual-Arm Spoke

Review Porsche Cayman 2013: Eksterior Belakang

Berpindah ke sektor buritannya, esensi seksi Coupé terpancar kuat dari atapnya yang melandai hingga merambah bemper belakangnya. Alhasil, kaca belakangnya tampil lebih lebar yang dipadu dengan Rear Spoiler, memberi tampilan mengesankan untuk para pengamatnya. Tak hanya itu, dari sisi pencahayaan, Porsche Cayman 2013 dibekali lampu Brake Light berukuran lebar yang menyeruak hingga ke sisi samping bodinya.

Eksterior Belakang Porsche Cayman 2013 menghadirkan Rear Spoiler sehingga tampilannya terlihat sporty

Tampilan belakang Porsche Cayman 2013 menggunakan atap landai khas Coupé

>>> Baca juga:


Interior Porsche Cayman 2013

Meski dimensi bodinya tergolong landai khas Coupé, namun ruang kabinnya tampil cukup luas yang memberikan kebebasan gerak bagi pengendara. Unsur ergonomis, sporty dan kreativitas, dapat rasakan pada rancangan interior Porsche Cayman 2013.

Review Porsche Cayman 2013: Dashboard

Dashboardnya dirancang cukup elegan yang dipersenjatai dengan fitur inovatif. Pada sisi tengah misalnya, terdapat Center Console yang dapat memberikan hiburan atraktif selama menempuh perjalanan. Pengaturan posisinya juga terbilang cerdas yang dapat diakses secara mudah oleh pengendara. Memang, pihak Porsche sendiri mengklaim bahwa ruang interior Cayman dikemas dengan ergonomis serta memprioritaskan kebebasan ruang gerak bagi pengendara dalam mengakses fitur-fiturnya.

Dashboard Porsche Cayman 2013 dirancang cukup cerdas yang mana segala fiturnya mudah diakses oleh pengendara

Dashboard Porsche Cayman 2013 mengusung fitur mumpuni yang dirancang dengan desain elegan

Review Porsche Cayman 2013: Setir

Sedangkan untuk desain setirnya, Cayman 2013 menggunakan 3-Spoke Sport. Genggamannya juga terasa nyaman berkat balutan material kulit berkualitas. Menariknya, terdapat instrumen panel Central Circular yang mampu menampilkan kondisi terkini mobil seperti jarak tempuh, informasi waktu, sisa bahan bakar dan sebagainya.

Setir Porsche Cayman 2013 tampil sporty dengan balutan material kulit berkualitas

Setir Porsche Cayman 2013 menggunakan desain 3-Spoke Sport

Review Porsche Cayman 2013: Kursi

Konsepnya yang juga menjadi Roadster, menuntutnya untuk tampil dengan dua buah kursi. Belum lagi, tampilannya terlihat sporty dengan balutan kulit, memberikan kenyamanan dalam menempuh perjalanan.

Kursi Porsche Cayman 2013 dikemas dengan sporty dan terasa nyaman bagi seluruh awak dalam kabinnya

Kursi Porsche Cayman 2013 mampu menampung hingga dua orang

Review Porsche Cayman 2013: Ruang Bagasi

Ruang bagasi Porsche Cayman 2013 terbagi menjadi dua yakni pada Bonnet depan dan di bawah kaca belakang. Adapun lapisan pelindung pada bagasinya dihias apik dengan Brushed Aluminum yang mampu menambah kesan mewah ketika membukanya. Pada Bonnet, juga disematkan ruang untuk bagasi yang sekaligus menjadi salah satu kelebihannya.

Ruang Bagasi Porsche Cayman 2013 dibekali dua wadah yang disematkan pada Bonnet dan bagian belakang bodinya

Ruang bagasi Porsche Cayman 2013 mampu menampung hingga dua tas koper berukuran sedang

>>> Artikel terkait:

Fitur Porsche Cayman 2013

Tiba saatnya, Cintamobil.com membahas tentang fitur Porsche Cayman 2013. Di segmen ini, terbagi menjadi dua bahasan yakni fitur keselamatan dan hiburan.

Review Porsche Cayman 2013: Fitur Keselamatan

Teknologi mumpuni sekelas Cruise Control nampak disematkan pada Porsche Cayman 2013. Selain memberikan sensasi berkendara praktis, fitur ini juga mampu menghemat konsumsi bahan bakar dengan menjaga tingkat kecepatan secara konstan. Di sisi lain, fitur Optional juga tersedia seperti pengaplikasian Porsche Active Safe (PAS) dan ParkAssist.

Fitur Keselamatan Porsche Cayman 2013 dibekali teknologi canggih yang sayangnya bersifat Optional

Fitur keselamatan Porsche Cayman 2013 menghadirkan teknologi Optional yakni PAS dan ParkAssist

Dengan adanya fitur PAS, Anda dapat merasa aman ketika melaju dengan Cruise Control. Notifikasi audio akan aktif secara otomatis apabila sistem mencatat adanya objek di bagian depan atau terdapat potensi kecelakaan. Sehingga, Anda dapat melakukan pengereman secara manual. Sama halnya dengan ParkAssist yang mampu memberikan notifikasi audio ketika mobil hendak menyentuh objek tertentu pada bagian belakang. Tak lupa, sistem keamanan seperti Immobilizer dan Anti-Theft Alarm juga dihadirkan pada model Porsche yang satu ini.

Review Porsche Cayman 2013: Fitur Hiburan

Aspek hiburan dalam kabinnya, ditunjang oleh sistem audio bernama CDR. Dimensinya cukup besar di angka 7 inci yang sudah didukung teknologi Touchscreen dan akses penuh seputar kendaraan. Dari panel ini, Anda dapat mengoperasikan hiburan seperti musik, video serta navigasi, dalam berbagai format (MP3, USB, CD, DVD, AUX, Radio AM/FM, Bluetooth). Tak berhenti di situ saja, kualitas suara yang disajikan juga terbilang berkualitas. Pasalnya, sistem audionya sudah terintegrasi dengan empat buah Loud Speaker aktif dengan total Output 2 x 25. Menariknya, fitur penyejuk sekelas Two-Zone Automatic Climate Control juga telah dihadirkan pada mobil besutan Porsche ini. Bahkan, fitur tersebut sudah didukung dengan teknologi sirkulasi udara.

Fitur Hiburan Porsche Cayman 2013 menggunakan sistem audio canggi yang dipadukan dengan fitur penyejuk Climate Control otomatis

Fitur hiburan Porsche Cayman 2013 menggunakan CDR Audio System 7 inci

>>> Klik di sini untuk mengetahui ulasan lengkap dari mobil Roadster menarik lainnya

Operasi Porsche Cayman 2013

Beralih ke sektor performa, operasi mesin Porsche Cayman 2013 menggunakan kapasitas silinder sebesar 2.699 cc. Penempatan mesinnya tergolong menarik, ditempatkan dekat ruang bagasinya yang sering kali disebut Mid-Engine. Tenaga yang dihasilkan nantinya disalurkan pada dua roda penggerak belakang menggunakan dua pilihan transmisi meliputi 6 percepatan manual Gearbox dan 7 percepatan otomatis sebagai fitur opsional. Racikan tersebut nyatanya mampu memberikan akselerasi 100 Km/Jam yang ditempuh dalam tempo 5,4 detik saja. Bahkan daya maksimumnya mampu meraih 275 HP setara 7.400 Rpm dengan torsi puncak di kisaran 4.500 hingga 6.500 Rpm.

Mesin Porsche Cayman 2013 dipadukan dengan transmisi 7 percepatan otomatis sehingga mampu meraih akselerasi 100 Km/Jam dalam waktu 5,4 detik

Mesin Porsche Cayman 2013 digolongkan pada kategori Mid-Engine

>>> Beragam model terbaru Porsche telah dijual kini dalam kondisi baru, simak harganya di sini

Spesifikasi Porsche Cayman 2013

Supaya Anda lebih mengenal sosoknya lebih mendalam, berikut Cintamobil.com melampirkan spesifikasi Porsche Cayman 2013.

SPESIFIKASI PORSCHE CAYMAN 2013

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

172,4 inci x 70,9 inci x 50,9 inci

Jarak Poros Roda

97,4 inci

MESIN

Tipe Mesin

2.7 Liter 6 Silinder Segaris

Mode Penggerak

Rear-Wheel Drive

Kapasitas Silinder

2.699 cc

Daya Maksimum

275 HP / 7.400 Rpm

Torsi Maksimum

213 Lb.ft / 4.500 – 6.500 Rpm

Sistem Transmisi

6 Tingkat Percepatan Manual Gearbox

Kecepatan Maksimum

265 Km/Jam

Akselerasi 0-100 Km/Jam

5,4 Detik

HANDLING

Suspensi Depan

Lightweight Spring-Strut Suspension

Suspensi Belakang

Lightweight Spring-Strut Suspension

Sistem Rem

Four-Piston Aluminium Monobloc Fixed Calipers; Discs Internally Vented & Cross-Drilled

Sistem Kemudi

Variable-Steering Power-Assist

Ukuran Ban

235/45 ZR 18 (Depan)

265/45 ZR 18 (Belakang)

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

16,9 Gal.

Daftar Harga Porsche Cayman 2013

Untuk model satu ini, sayangnya sudah tidak lagi dijual dalam kategori baru. Meski begitu, kami menyediakan daftar harga Porsche Cayman 2013 khususunya pada kategori bekas. Berikut informasi selengkapnya.

TIPE MOBIL

HARGA PORSCHE CAYMAN 2013 BEKAS

Porsche Cayman 2.7 Liter 2013

IDR. 1.375.000.000

>>> Klik di sini untuk melihat beragam harga dari Porsche Cayman 2013 dalam kategori bekas

Kesimpulan Porsche Cayman 2013

Perlu diakui, model Porsche Cayman 2013 memang terbilang spesial. Kapasitas kursinya sebanyak dua orang menjadikannya sebagai mobil Sport. Di sisi lain, bodinya tampil dengan siluet khas Coupé dan didukung mesin Boxer Mid-Size. Meski begitu, perpaduan tersebut nyatanya berhasil menjadikan Cayman sebagai sosok ikonik yang tak menghilangkan ciri khas Porsche. Bahkan dari segi performa, mesin tersebut mampu tampil nyaman ketika diajak melaju mengelilingi kota atau kegiatan luar kota Anda. Jika Anda mencari mobil Roadster berkarismatik dengan sentuhan Jerman, kami merekomendasikan Porsche Cayman 2013 di barisan paling depan.

>>> Untuk membeli mobil lebih aman dan cepat, jangan lupa mampir situs Cintamobil.com

Franky Pratama
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya
back to top