Review Porsche Cayenne Coupe 2020: SUV Paling Sporty Porsche

28/07/2020

Share this post:

Porsche Cayenne 2020

Editor rate:

Rp 3.400.000.000

Model baru dan bekas Porsche terbaik Lihat promo

Porsche Indonesia menambah modelnya di Tanah Air dengan memperkenalkan medium SUV berita rasa sporty yang mengesankan dengan nama Porsche Cayenne Coupe 2020.

Review Porsche Cayenne Coupe 2020: SUV Paling Sporty Porsche
Review Porsche Cayenne Coupe 2020: SUV Paling Sporty Porsche
0 Gambar

Pengantar Porsche Cayenne 2020

Mari kita simak spesifikasi Porsche Cayenne 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Lebih sporty meskipun tetap bersosok SUV

Tetap dengan kesan klasik khas Porsche

Mesin bertenaga

Fitur lengkap penunjang kecepatan

Kekurangan

Harga yang tinggi

Bagasi lebih sempit dibandingkan Cayenne

Budget lebih besar untuk aksesoris tambahan

Perawatan Porsche sangat eksklusif

Pandemik Covid-19 tak menghentikan langkah Porsche Indonesia untuk memperkenalkan varian terbarunya di Tanah Air. Dikenal dengan nama Porsche Cayenne Coupe 2020, entri baru dari saudara Porsche Cayenne ini disebut sebagai SUV Porsche paling sporty dengan peningkatan mesin serta beberapa pengaturan di dalam mobil.

mobil baru Porsche Cayenne 2018 berwarna putih
Versi standar Porsche Cayenne yang elegan dan klasik

Awalnya, Porsche Cayenne merupakan medium SUV yang diperkenalkan pertama kali pada 2003 silam. Cayenne merupakan mobil pertama yang mendapatkan mesin V8 yang dikembangkan Porsche sejak 1995 setelah Porsche 928 tidak lagi diproduksi. Generasi kedua meluncur pada tahun 2011 dengan beberapa perubahan, termasuk penggunaan mesin hybrid dan plug-in hybrid.

Porsche Cayenne Coupe merupakan pengembangan dari generasi kedua Cayenne. Ubahan paling signifikan terlihat pada desain atap yang dibuat lebih landai dibandingkan edisi standarnya, mesin yang lebih besar, serta penambahan spoiler belakang untuk menjaga kestabilan berkendara pada kecepatan tinggi. Dari segi desain, tampilannya masih menggabungkan kesan klasik nan premium khas Porsche.

Porsche Cayenne Coupe 2020 dan Managing Director Porsche Indonesia Jason Broome
Porsche Cayenne Coupe 2020 mulai dipasarkan di Indonesia

DIbuka oleh Managing Director Porsche Indonesia, Jason Broome, Porsche Cayenne Coupe akan menjadi entri baru dari SUV bergaya klasik Porsche dengan sentuhan sports car yang mengesankan. Jika Anda tertarik ingin meminang mobil ini, intip review Porsche Cayenne Coupe 2020 dari tim Cintamobil.com berikut ini.

Eksterior Porsche Cayenne 2020

Dalam perkembangannya, eksterior Porsche Cayenne Coupe dibuat sedikit berbeda dengan Cayenne standar. Atap yang lebih landai menegaskan kesan coupe dalam SUV paling bertenaga milik Porsche yang dipasarkan di Indonesia. Ubahan lainnya termasuk kehadiran spoiler aktif yang meningkatkan rasa berkendara dan kestabilan dalam kecepatan tinggi.

Review Porsche Cayenne Coupe 2020: Eksterior Depan

Jason mengungkapkan dari fasia depan hingga pilar A Cayenne Coupe dibuat sama dengan Cayenne. Tidak ada perbedaan signifikan diantara kedua model SUV ini. Desainnya tetap menawan dengan grille depan yang cukup besar serta lampu depan yang membujur ke samping.

tampilan depan Porsche Cayenne Coupe 2020 berwarna putih
Tampilan depan Porsche Cayenne Coupe 2020

Yang membuat Cayenne Coupe berbeda dengan SUV lainnya yaitu fitur Porsche Dynamic Light System (PDLS) yang terdapat pada lampu depan berteknologi LED. Teknologi ini memiliki sinar lampu yang secara otomatis memisah dan menyebar ke samping ketika mendeteksi ada mobil di depan agar tidak menyilaukan pengemudi di depan.

Review Porsche Cayenne Coupe 2020: Eksterior Samping

Dari pilar A hingga ke belakang, rasa coupe membedakannya dengan Cayenne biasa. Garis atap dibuat lebih landai 20 mm sehingga menawarkan siluet layaknya coupe pada SUV anyar Porsche ini. Ada tambahan fender yang lebih lebar dibandingkan Cayenne biasa untuk melindungi ban yang memang dibuat lebih lebar agar menjaga keseimbangan mobil.

tampilan samping Porsche Cayenne Coupe 2020 berwarna putih
Tampilan samping Porsche Cayenne Coupe 2020

Siluetnya yang lebih turun dibandingkan Cayenne biasa mempertegas desain sporty dari Cayenne Turbo. Ubahan lainnya termasuk atap model panoramic fixed glass road dengan luar lebih dari 2 meter sehingga membuat kabin terasa lebih lapang sebagai fitur standar. Tak ketinggalan atap Carbon untuk tampilan yang lebih sporty sebagai opsional.

Review Porsche Cayenne Coupe 2020: Eksterior Belakang

Dibandingkan dengan Cayenne biasa, tampilan belakang mengalami banyak perubahan. Tentu saja karena atap yang dibuat lebih landai, tampilannya menjadi lebih sporty dan terkesan lebih rendah. Mempengaruhi aerodinamika berkendara, namun cukup memangkas ruang kepala dan ruang kabin di belakang.

tampilan belakang Porsche Cayenne Coupe 2020 berwarna putih
Tampilan belakang Porsche Cayenne Coupe 2020

Fitur menawan yang terletak pada bagian belakang yaitu spoiler belakang adaptif dengan nama Porsche Active Aerodynamics (PAA). Spoiler belakang yang terintegrasi pada ini akan terangkat dan memanjang hingga 135 mm secara otomatis ketika Anda berkendara dengan kecepatan lebih dari 80 km/jam. Teknologi ini bertujuan untuk meningkatkan downforce pada roda belakang sekaligus meningkatkan kestabilan berkendara dalam kecepatan tinggi.


Interior Porsche Cayenne 2020

Masuk ke dalam, kabin yang elegan dan premium dipadukan dengan tampilan klasik khas mobil Porsche lainnya. Interior standar menggunakan perpaduan warna merah dan hitam dengan material soft touch tersebar di dalam kabin. Anda juga bisa mendapatkan konfigurasi warna kabin yang lain, tentu saja dengan mempersiapkan budget tambahan.

Review Porsche Cayenne Coupe 2020: Dashboard

Desain dashboard yang dipenuhi dengan material soft touch dan dual tone menawarkan rasa premium tersendiri ketika masuk ke dalam mobil. Head unit layar sentuh 12,3 inci sudah dilengkapi dengan kompatibilitas Apple CarPlay. Meski pengguna Android masih belum dimanjakan tanpa kehadiran Android Auto pada mobil ini.

dashboard Porsche Cayenne Coupe 2020 berwarna hitam
Dashboard Porsche Cayenne Coupe 2020

Desain premiumnya mengalir hingga konsol tengah. Bukan dipenuhi tombol, konsol tengah tak ketinggalan mendapatkan sistem touch-sensitive yang dibawa langsung dari model Cayenne standar. Namun sedikit mengganggu ketika Anda menginginkan tampilan yang bersih. Karena konsol tengah besar kemungkinan dipenuhi jejak-jejak jari yang membuatnya terasa kurang bersih.

Review Porsche Cayenne Coupe 2020: Setir

setir Porsche Cayenne Coupe 2020 berwarna hitam
Setir Porsche Cayenne Coupe 2020

Setir berlapiskan kulit dengan berbagai tombol multifungsi akan menemani Anda sepanjang perjalanan. Desain setir masih sama seperti model Porsche lainnya; tiga palang dengan aksen perak pada bagian tengah. Dengan pengaturan transmisi otomatis, terdapat paddle shift pada bagian belakang setir untuk memberikan rasa berkendara yang sporty.

Review Porsche Cayenne Coupe 2020: Kursi

Kesan premium juga bisa dirasakan pada kursi berlapis kulit Alcantara yang menawarkan desain premium ketika berkendara. Pengaturan kursi semi bucket dibuat lebih rendah 30 mm dibandingkan Cayenne biasa. Membuatnya lebih dekat dengan tanah sehingga memberikan rasa berkendara yang lebih sporty di dalam kabin.

kursi Porsche Cayenne Coupe 2020 berwarna merah
Kursi Porsche Cayenne Coupe 2020

Beralih ke belakang, masalah yang mungkin ditemukan pada mobil ini adalah ruang kepala yang cukup berkurang karena atap yang dipangkas. Namun ruang kaki yang ditawarkan masih cukup lapang. Sedangkan bangku belakang dibuat sedikit rebah sehingga memberikan kenyamanan dalam perjalanan jarak jauh.

Review Porsche Cayenne Coupe 2020: Bagasi

bagasi Porsche Cayenne Coupe 2020 berwarna hitam
Bagasi Porsche Cayenne Coupe 2020

Untuk mendapatkan kesan coupe, ruang bagasi tentu saja harus dikorbankan. Kapasitas 745 liter yang diberikan oleh Porsche Cayenne harus berkurang menjadi 625 liter. Bahkan ketika kursi baris ketiga direbahkan, ruang penyimpanan bisa menampung hingga 1.540 liter, atau 138 liter lebih rendah dibandingkan Cayenne.

Fitur Porsche Cayenne 2020

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Porsche Cayenne Coupe mendapatkan berbagai ubahan dan penambahan fitur untuk memberikan rasa berkendara yang menyenangkan meski berbadan SUV. Mulai dari lampu depan berteknologi PDSL hingga spoiler terintegrasi otomatis PAA yang memberikan rasa berkendara yang lebih sporty.

Di dalam, fitur standar yang diberikan termasuk Power Steering Plus yang memberikan kemudi yang responsif, Park Assist pada bagian depan dan belakang, termasuk Porsche Active Suspension Management (PASM). Selain infotainment unit 12,3 inci, kabin dilengkapi dengan 10 speaker Bose dengan sistem climate control touch-sensitive pada konsol tengah.

fitur Porsche Cayenne Coupe 2020 berwarna hitam
Fitur Porsche Cayenne Coupe 2020

Cayenne Coupe mendapatkan desain rem dengan kaliper ceramic yang lebih kuat berwarna putih. Keunggulannya terletak pada material yang digunakan. Material ceramic lebih tahan terhadap panas akibat gesekan sehingga membuatnya tetap kuat untuk waktu yang lama. Karena bobotnya yang besar, rem depan bahkan mendapatkan 10 piston untuk menghasilkan pengereman yang maksimal.

>>> Porsche Tawarkan Head Unit Untuk Line-up Klasik, Kini Dalam Dua Ukuran

Operasi Porsche Cayenne 2020

Yang membedakan Cayenne Coupe dengan Cayenne biasa terasa pada mesin yang digunakan. Mesin twin turbo 2.9L dari Cayenne menghasilkan tenaga maksimum 440 PS pada putaran 5.700-6.600 rpm serta torsi maksimal 550 Nm yang bisa dirasakan sejak mesin berada pada rentang putaran 1.800 dan 5.500 rpm.

Porsche menjelaskan kedua exhaust pada turbocharger sudah diatur sedemikian rupa sehingga posisi turbo berada di tengah tepat di dalam ruang silinder V. Menghasilkan mesin dengan dimensi yang lebih ringkas dan memungkinkan sistem turbocharger dipasang pada posisi paling rendah di ruang mesin. Sehingga pusat gravitasi dibuat lebih rendah sehingga meningkatkan dinamika lateral.

mesin Porsche Cayenne Coupe 2020 berwarna hitam
Mesin Porsche Cayenne Coupe 2020

Selain itu, jalur buangan yang lebih pendek antara ruang bakar dan turbocharger memberikan mesin yang responsif, serta peningkatan tenaga yang lebih cepat. Exhaust Manifold terintegrasi dalam kepala silinder guna mengurangi berat serta memastikan manifold dikelilingi pendingin. Hal ini berfungsi untuk memastikan pembakaran yang efisien, terutama dalam performa penuh.

>>> Porsche 911 E-RWB: Saat Karya Seni Dipadukan Dengan Teknologi Modern

Spesifikasi Porsche Cayenne 2020

Dimensi Porsche Cayenne Coupe 2020

Panjang x Lebar x Tinggi

4.931 x 1.983 x 1.676 mm

Jarak Porsche Roda

2.895 mm

Jarak Pijak Depan

1.674

Jarak Pijak Belakang

1.671

Ground Clearance

167 mm

Mesin Porsche Cayenne Coupe 2020

Tipe Mesin

2.9L V6 Twin Turbo

Kapasitas Silinder

2.894 cc

Tenaga Maksimal

440 PS @ 5.700-6.600 rpm

Torsi Maksimal

550 Nm @ 1.800-5.500 rpm

Akselerasi (0-100 km/jam)

5 detik

Kecepatan Tertinggi

263 km/jam

Transmisi

8-percepatan otomatis Triptonic

Konsumsi Bahan Bakar

10 km/L

Kaki-Kaki Porsche Cayenne Coupe 2020

Suspensi Depan/Belakang

Adaptive air suspension

Rem

Porsche Ceramic Composite Brake (PCCB)

Velg

20 inci

Daftar Harga Porsche Cayenne 2020

Dibandingkan dengan Porsche Cayenne, Cayenne Coupe memiliki harga yang sedikit lebih mahal. Jika Cayenne Coupe dipasarkan mulai dari Rp 3 miliar, harga Porsche Cayenne Coupe mulai dari Rp 3.4 miliar (On the Road). Anda bisa mengubah dan menambahkan beberapa pilihan opsional. Cukup mahal, tapi dengan mesin yang lebih bertenaga serta tampilan yang lebih sporty, tambahan harga yang ditawarkan masih dapat diterima.

Kesimpulan Porsche Cayenne 2020

Porsche memang ahlinya membawa mobil dengan kesan premium tanpa mengurangi kenikmatan mengendarai model asal Jerman tersebut. Porsche Cayenne Coupe 2020 menawarkan desain yang elegan dan sporty layaknya mobil sport, tetapi dengan kepraktisan SUV untuk keluarga. Bagi Anda yang sedari dulu menginginkan Porsche 911 namun sudah memiliki keluarga, Cayenne Coupe bisa menjadi alternatif lain yang menggiurkan.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Padli Nurdin
Share this post:
Padli Nurdin
Penulis
Padli Nurdin
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Review lain

Review Porsche 911 Targa 2020: Pertahankan Tradisi Panjang

Rp. 1.750.000.000

29/05/2020

Editor rate:

Sejak diperkenalkan pada generasi pertama 911, Porshe 911 Targa menjadi bagian tak terpisahkan dari sportscar legendaris besutan Stuttgarti itu, dan kembali hadir di generasi 992 yang akan dijual akhir tahun ini.

Lihat juga

Spesifikasi Porsche Macan 2017 Indonesia: SUV Premium dengan Berbagai Keunggulan

04/04/2018

Editor rate:

Porsche Macan sudah lama hadir di Indonesia. Pada tahun 2014 lalu, Porsche memboyong SUV mewahini ke tanah air. Tiga tahun berselang, Macan kembali hadir ke permukaan dengan menawarkan spesifikasi yang lebih fresh dan tentunya, sederet fitur menarik lain juga telah dipersiapkan oleh Porsche untuk membawa SUV andalannya ini ke jenjang yang lebih tinggi lagi. Berikut ini adalah spesifikasi Porsche Macan 2017 Indonesia.

Lihat juga

Spesifikasi Porsche Panamera 2017 Indonesia: Sport Car yang Siap Perketat Persaingan

06/04/2018

Editor rate:

Tepat setahun lalu, Porsche Panamera hadir ke Indonesia. Mobil sport empat pintu ini hadir untuk menuntaskan dahaga para pecinta otomotif yang haus akan buaian Sport Car. Sekedar inforasi, Panamera sendiri merupakan anomali untuk sebuah Hatchback. Pasalnya, jika kebanyakan mobil sport memiliki dua pintu, maka mobil ini menghadirkan empat pintu. Artinya, mobil ini masih bisa dinikmati oleh banyak orang. Cukup memuaskan bukan? Berikutnya spesifikasi Porsche Panamera 2017 Indonesia.

Lihat juga

Review Porsche Cayenne S 2018: Akankah Jagoan SUV Porsche Ini Mampu Bertahan Di Pasar Otomotif Indonesia?

11/05/2018

Editor rate:

Di bawah naungan PT. Eurokars Artha Utama (EAU) selaku importir dan distributor resmi Porsche Indonesia, mobil Sport Utility Vehicle (SUV) Porsche Cayenne S 2018 mulai diperkenalkan pada bulan Maret lalu. Akankah mobil jagoan terbaru ini mampu bertahan di pasar otomotif Indonesia? Mari kita simak review Porsche Cayenne S 2018.

Lihat juga

Review Porsche Cayenne Coupé 2019

27/03/2019

Editor rate:

Bagi sebagian car enthusiast Porsche Cayenne Coupé 2019 hanya sekedar Porsche Cayenne yang atapnya ‘beda’. Tapi bagi engineer Porsche, ini adalah entitas berbeda dari SUV Porsche saat ini. Kok bisa?

Lihat juga