Review Peugeot 406 2000: Sedan Paling Nyaman, Tapi Butuh Kedisiplinan Merawatnya

29/07/2019

Share this post:

Peugeot 406 2000

Editor rate:

Lihat promo

Bukan hanya satu dua orang yang mengakui sensasi Fun to Drive dari Peugeot 406. Apalagi untuk versi Facelift-nya berkode D9 yang diimpor secara utuh lewat metode Completely Built Up (CBU). Banyak penggunanya menuturkan bahwa Peugeot 406 D9 memiliki laju berkendara sangat nyaman dibanding Mercedes-Benz C-Class serta BMW seri 3, pesaing di eranya. Benarkah begitu? Mari kita simak bersama dalam review Peugeot 406 2000.

Review Peugeot 406 2000: Sedan Paling Nyaman, Tapi Butuh Kedisiplinan Merawatnya
Review Peugeot 406 2000: Sedan Paling Nyaman, Tapi Butuh Kedisiplinan Merawatnya
0 Gambar

Pengantar Peugeot 406 2000

Mari kita simak spesifikasi Peugeot 406 2000 di bawah ini.

Kelebihan

Desain eksterior bergaya Timeless Design, relevan dengan model saat ini

Fitur-fitur sangat lengkap karena CBU, ketimbang versi CKD-nya

Sangat-sangat nyaman dikendarai

Kekurangan

Harus diberikan ekstra perawatan

Penggunaan bensin minimal harus Pertalite

Tidak bisa menggunakan jasa bengkel sembarangan, harus dipilih yang benar-benar paham tentang seluk-beluk Peugeot 406

Review Peugeot 406 2000 - France Motor Indonesia (FMI), ATPM Peugeot di Tanah Air, menghadirkan model 406 sebagai penerus resmi dari pendahulunya, Peugeot 405. Selama perjalanannya, model satu ini punya dua generasi.

Generasi paling pertama adalah Peugeot 406 berkode D8 yang masuk dari tahun 1997 hingga 1999. Model satu ini juga masuk Indonesia lewat jalur CBU, menawarkan dua pilihan transmisi baik matik serta manual.

Tepat pada tahun 2000, FMI menghadirkan Peugeot 406 D9. Tampangnya pun terlihat lebih modern dibanding D8, seperti penggunaan lampu utama kristal menyatu apik dengan Grille-nya. Transmisi juga masih ditawarkan manual saja, sebelum akhirnya pihak Astra meluncurkan versi Completely Knock Down (CKD) pada tahun 2001 dan menyediakan transmisi otomatis.

Peugeot 406 D9 merupakan mobil sedan yang dikenal punya sensasi berkendara super nyaman

Peugeot 406 berkode D9 yang akan dibahas lebih lanjut

Namun di artikel kali ini, Cintamobil.com secara khusus akan membahas versi D9 CBU-nya. Alasannya cukup menarik karena fitur-fiturnya masih sangat lengkap, belum mengalami pemangkasan seperti versi CKD-nya. Tertarik untuk memilikinya? Yuk simak lebih jauh dalam review Peugeot 406 2000.

Daftar mobil bekas terbaru

Lihat Semua

Eksterior Peugeot 406 2000

Jika mengacu pada pasar Eropa, desain eksterior Peugeot 406 2000 punya kembaran serupa yang dinamai Citroen Xantia. Sosoknya memang bagai pinang dibelah dua. Namun supaya terlihat lebih bervariatif untuk masyarakat Eropa, Peugeot menawarkan dua kategori yakni versi sedan rancangan Laurent Rossi dan versi kupe dari basis rumah desain Pininfarina. Sedangkan di Indonesia sendiri, hanya tersedia versi sedannya.

Review Peugeot 406 2000: Eksterior Depan

Salah satu alasan kami lebih memilih Peugeot 406 D9 dibanding D8, adalah karena lampu utama. Dalam hal ini, D8 masih menggunakan lampu berjenis reflektor, berbeda dengan D9 yang sudah menerapkan lampu reflektor Diamond-Cut bergaya sipit.

Eksterior Depan Peugeot 406 2000 sudah dilengkapi lampu Reflektor Diamond Cut yang terlihat tegas dan juga berwibawa

Wajah depannya terkesan Timeless Design, apalagi lampu utamanya yang menggunakan reflektor Diamond-Cut

Sementara itu untuk soal desain, Peugeot 406 D9 punya aksen jaring dipadu logo singa berukuran lebih lebar. Adapun desain bemper depan terlihat sedikit unik khususnya di lubang ventilasi udara. Sedangkan pada D8 tak begitu modern, hanya mengandalkan Grille dengan palang horizontal saja.

Review Peugeot 406 2000: Eksterior Samping

Peugeot 406 D9 punya ciri khas tersendiri jika mengamati bodi sampingnya. Hal ini terletak pada List bodi yang dihias apik menggunakan aksen Chrome. Beda ceritanya dengan versi D8 yang hanya menerapkan List berwarna hitam saja.

Eksterior Samping Peugeot 406 2000 menggunakan List Body Chrome, penanda kemewahannya

List Body Chrome menjadi ciri khas khusus dari Peugeot 406 D9

Review Peugeot 406 2000: Eksterior Belakang

Secara sengaja Peugeot juga memberikan ubahan menarik pada versi D9. Sebut saja, lampu sein belakang yang dulunya berwarna putih pada D8, kemudian diubah menjadi berwarna merah, lengkap dengan Splitter pada Peugeot 406 D9. Ubahan lain juga ditemui pada aspek desain bagasi yang dibuat lebih cembung. Para penggemar menyebutnya "Ekor Bebek".

Eksterior Belakang Peugeot 406 2000 dihias apik dengan lampu berwarna merah serta bagasi yang dikemas lebih cembung

Ubahan menarik bisa diamati pada desain lampunya yang berwarna merah dan menggunakan desain Splitter

>>> Info menarik lainnya:


Interior Peugeot 406 2000

Tema klasik dan kenyamanan, adalah dua hal utama yang akan Anda dapati ketika memasuki kabin interior Peugeot 406 2000. Sajian mewah benar-benar terasa, yang bahkan bisa membuat Anda lupa sedang menunggangi mobil lawas.

Review Peugeot 406 2000: Dashboard

Dengan pintar, perusahaan otomotif asal Perancis ini merancang kabin 406 supaya tampil senyaman mungkin. Bayangkan saja, lini dashboard sudah dibekali satu garis aksen kayu sehingga mampu memberi nuansa klasik bagi seluruh penumpangnya.

Dashboard Peugeot 406 2000 dikemas menarik dengan berbagai fitur seperti panel audio dan AC Climate Control

Untuk sekelas mobil tahun 2000-an, kami sangat mengapresiasi desain dan fitur pada dashboard Peugeot 406

Pada sisi tengah dashboard juga sudah tertata rapi fitur-fitur multifungsi. Sebut saja, panel audio yang mampu mengoperasikan radio, fitur penyejuk AC Climate Control serta Blower. Buat kami, ketiga fitur tersebut sudah menjadi syarat mutlak untuk membuat para penumpang menjadi betah berlama-lama dalam kabinnya.

Review Peugeot 406 2000: Setir

Kemudi setir masih tampil biasa saja soal desain, menerapkan model empat palang dipadu logo singa Perancis pada sisi tengahnya. Yang menarik buat kami bukanlah soal desain tapi lebih ke arah fitur Multi Information Display (MID). Meski tak secanggih mobil masa kini, tapi setidaknya informasi seputar kendaraan sudah tersaji lengkap pada panel tersebut. Menariknya lagi, hanya Peugeot 406 D9 yang hanya memiliki fitur ini.

Setir Peugeot 406 2000 menggunakan model palang dan sudah dibekali panel MID pada sisi belakangnya

Meski terkesan sedikit jadul, tapi panel MID-nya sudah cukup membantu soal informasi kendaraan

Review Peugeot 406 2000: Kursi

Untuk ukuran sedan berdaya tampung 5 orang, Peugeot 406 D9 sudah tergolong mumpuni. Bayangkan saja, jok kursi sudah didukung bahan kulit sehingga memberi kenyamanan lebih bagi pengendara maupun penumpang. Ingatkah Anda soal temanya yang dirancang untuk tampil nyaman, nyatanya Peugeot benar-benar serius akan hal tersebut.

Kursi Peugeot 406 2000 memiliki daya tampung hingga 5 orang

Jok kursi sudah dibekali bahan kulit sehingga terlihat lebih elegan dan juga menunjang aspek kenyamanan

Fitur Peugeot 406 2000

Membahas aspek fitur Peugeot 406 2000, kami lebih suka model D9 CBU ketimbang D8 ataupun C9 versi CKD-nya. Mengapa begitu? Jika dilihat faktanya, Peugeot 406 D9 CBU yang dibahas kali ini, memiliki fitur lebih bervariatif.

Bayangkan saja, fitur standar-nya sudah menghadirkan Anti-lock Braking System (ABS), Power Window, Power Steering dan 4 buah Airbags. Beda ceritanya dengan versi Peugeot 406 D8 yang hanya menawarkan 1 buah Airbag atau D9 CKD punya 2 Airbags. Jelas dalam hal ini, Peugeot 406 D9 CBU lebih unggul soal keselamatan.

Tak lupa kami juga hendak menyinggung soal kenyamanan berkendara Peugeot 406 yang diklaim lebih Fun to Drive dibanding Mercy C-Class atau BMW seri 3. Jawabannya terletak pada suspensi. Pada lini depan, suspensi MacPherson Strut dan Anti-Tilt Bar diaplikasikan dengan konstruksi segitiga. Alhasil kenyamanan berkendara menjadi lebih ditingkatkan serta mampu mengurangi suara dari roda depan.

Sementara itu, suspensi belakang dirancang khusus menggunakan model Multi Arm plus Micro-Steering. Toleransi pada sudut Toe menjadi 5 derajat ketika menikung. Dampaknya adalah roda belakang menjadi sedikit bergerak, mirip mobil-mobil yang sudah dilengkapi 4-Wheel Steering.

Operasi Peugeot 406 2000

Awal mulanya, jantung pacu Peugeot 406 D8 menggunakan kode XU10J4R berkapasitas 1.998 cc 4 silinder segaris 16 katup DOHC. Konon performanya mampu menghasilkan daya hingga 135 HP setara 5.500 Rpm disertai 187 Nm pada putaran 4.200 Rpm. Kala itu, aturan Indonesia masih belum ketat soal emisi tapi D8 sudah didukung Catalytic Converter.

Operasi mesin Peugeot 406 2000 (D9) akhirnya diubah menggunakan kode EW10J4R, disesuaikan dengan standar emisi Eropa EURO 4. Spesifikasinya sendiri masih sama seperti D8, berkapasitas 1.997 cc. Nantinya tenaga dari mesin akan disalurkan ke roda depan menggunakan transmisi manual 5 percepatan. Transmisi 4 tingkat percepatan otomatis baru ditawarkan pada model CKD-nya di tahun 2001. Manual lebih cocok untuk Anda yang ingin akselerasi menggigit. Sedangkan matic untuk sensasi berkendara lebih kalem.

Operasi Mesin Peugeot 406 2000 dibekali kapasitas silinder sebesar 1.997 cc

Mesinnya mampu digeber hingga meraih daya 135 HP

Kekurangan paling utama dari mobil satu ini adalah perawatannya yang harus ekstra. Jangan sekali-kali membawanya ke bengkel Non-Specialist Peugeot. Merawat, membongkar serta memperbaiki Peugeot 406 D9 harus ditangani oleh mereka yang benar-benar berpengalaman, khususnya untuk mereka yang sudah paham benar buku manual-nya.

Dari penelusuran kami dari penggunanya, juga disarankan untuk mengganti Sparepart yang benar-benar Original. Begitu juga pada semua jenis cairan, dituntut untuk sesuai spesifikasi pabrik. Jangan pernah coba-coba untuk mengganti dengan merek di luar spesifikasi aslinya. Tak lupa, perawatan servis harus dilakukan secara berkala dan jangan sampai telat dari jadwal.

>>> Tertarik dengan mobil besutan Peugeot lainnya? Klik di sini yuk untuk mencari tahu seluruh modelnya

Spesifikasi Peugeot 406 2000

Untuk mengetahui hal teknis lebih detail, Anda bisa mengamati tabel spesifikasi Peugeot 406 2000 di bawah ini.

SPESIFIKASI PEUGEOT 406 2000

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.555 mm x 1.764 mm x 1.396 mm

Wheelbase

2.700 mm

MESIN

Tipe Mesin

2.0 Liter EW10J4R 4 Silinder Segaris 16 Katup DOHC

Kapasitas Silinder

1.997 cc

Daya Maksimum

135 HP / 5.500 Rpm

Torsi Maksimum

187 Nm / 4.200 Rpm

Sistem Transmisi

5 Percepatan Manual / 4 Percepatan Otomatis

HANDLING

Suspensi Depan

MacPherson Strut dan Anti-Tilt Bar

Suspensi Belakang

Multi Arm plus Micro-Steering

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Sistem Bahan Bakar

Injeksi

Rekomendasi Bahan Bakar

Pertalite

Daftar Harga Peugeot 406 2000

Apakah Anda siap untuk meminangnya? Tim Cintamobil.com juga punya referensi dari konten “Mobil Dijual” yang mana banyak pengiklan menjual Peugeot 406-nya. Berikut daftar harga Peugeot 406 2000.

TIPE MOBIL

HARGA PEUGEOT 406 BEKAS

Peugeot 406

Kisaran Rp. 30 juta hingga Rp. 70 juta

*Catatan:

  • Harga di atas bervariasi tergantung kondisi serta tahun pembelian

>>> Terupdate harga mobil baru di Indonesia

Kesimpulan Peugeot 406 2000

Sebagai penerus dari 405, Peugeot 406 D9 adalah yang paling dikenal nyaman soal berkendara. Jika Anda adalah orang yang benar-benar ingin memiliki mobil sedan bergaya eksekutif, model asal Prancis ini bisa jadi pilihan. Desain eksterior-nya yang Timeless serta fitur cukup lengkap, membuat Anda benar-benar lupa sedang mengendarai mobil lawas. Tapi sayang, boleh dikata mobil ini hanya bisa dimiliki oleh mereka yang disiplin soal perawatan. Asal punya komitmen untuk melakukan servis secara berkala dan tahu bengkel Specialist Peugeot, Anda sudah bisa dikatakan siap meminangnya. Bagaimana pendapat Anda? Apakah merasa tertantang untuk memilikinya?

>>> Simak juga review mobil terbaru dan terlengkap yang dijual di Indonesia hanya di situs Cintamobil.com

Franky Pratama
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Review lain

Review Toyota Soluna 2000: Image Taksi Memudarkan Kelebihannya

Review Toyota Soluna 2000: Image Taksi Memudarkan Kelebihannya

25/06/2019

Editor rate:

Toyota Soluna adalah salah satu sedan yang dikenal di era 2000-an. Performanya dikenal sebagai mobil yang irit bahan bakar, sehingga tak mengherankan jika sosoknya masih dicari hingga kini. Apakah Anda memiliki rencana untuk membeli mobil sedan ini? Ada baiknya Anda menyimak review Toyota Soluna 2000 lebih dulu.

Lihat juga
Review Honda City Tipe Z 2000: Jadul, Namun Responsif dan Eksklusif

Review Honda City Tipe Z 2000: Jadul, Namun Responsif dan Eksklusif

03/03/2019

Editor rate:

Memasuki milenium baru, Honda membawa perubahan melalui Honda City Tipe Z 2000, sedan eksklusif yang menegaskan kemampuan Honda sebagai kendaraan yang mudah dikendarai serta mesin yang responsif di jalanan.

Lihat juga
Review Toyota Great Corolla 1992: Pecinta Mobil Klasik? Mari Bernostalgia Dengan 'GreCo'

Review Toyota Great Corolla 1992: Pecinta Mobil Klasik? Mari Bernostalgia Dengan 'GreCo'

17/04/2019

Editor rate:

Toyota selalu dikenal dalam menciptakan mobil-mobil terbaik hingga saat ini. Salah satu contohnya adalah Toyota Great Corolla 1992 atau seringkali disingkat GreCo. Pecinta mobil klasik sudah pasti menyukai GreCo, mengingat desain bodinya terlihat masa relevan dengan mobil-mobil masa kini. Adapun tenaga yang ditawarkan oleh mesinnya sejalan lurus dengan performa Handling-nya. Lewat artikel ini, mari kita bernostalgia bersama dalam review Toyota Great Corolla 1992.

Lihat juga
Review Mitsubishi Lancer GTi 1992: Sedan Terjangkau, Cocok Untuk Anda Pecinta Kecepatan

Review Mitsubishi Lancer GTi 1992: Sedan Terjangkau, Cocok Untuk Anda Pecinta Kecepatan

16/05/2019

Editor rate:

Anda yang sudah mengenal dunia otomotif sejak tahun 1990-an, tentu akan sangat akrab dengan mobil legendaris bernama Mitsubishi Lancer. Ya, mobil ini tercatat memiliki lebih dari sepuluh generasi sejak perilisan pertamanya di tahun 1973. Namun, bukan menjelaskan setiap generasi, Cintamobil.com hendak berfokus pada review Mitsubishi Lancer GTi 1992.

Lihat juga
Review Ford Laser Champ 1991: Tertantang Untuk Merawat Mobil Tua? Mulailah Dari Mobil Ini

Review Ford Laser Champ 1991: Tertantang Untuk Merawat Mobil Tua? Mulailah Dari Mobil Ini

11/07/2019

Editor rate:

Selain punya nilai eksotis tinggi, memelihara mobil tua juga didasari akan alasan filosofis bagi para pemiliknya. Unsur filosofis? Ya, benar-benar punya makna terselubung, mencerminkan kepribadian dari para pemilik mobil tua. Ford Laser menjadi satu-satunya sosok yang sukses menggambarkan fenomena tersebut. Merasa tertantang untuk memilikinya? Ini dia review Ford Laser Champ 1991.

Lihat juga
back to top