Review Peugeot 2008 2019: Baby SUV Yang Punya Cockpit Mirip Pesawat Alien

26/07/2019

Share this post:

Peugeot 2008 2019

Editor rate:

Lihat promo

Jajaran keluarga Peugeot tampaknya semakin bertambah lewat hadirnya Baby Sport Utility Vehicle (SUV), Peugeot 2008. Mungkin terdengar sedikit aneh soal desain, mengingat sosoknya mencampurkan esensi Hatchback dan SUV. Tapi memang begitu adanya, mencoba untuk mendobrak tren baru. Untuk pasar Eropa, mungkin akan terasa sedikit alot untuk memasukkan segmen barunya ini supaya diterima masyarakat. Bagaimana dengan kelebihannya? Hmmm, mari kita simak dalam review Peugeot 2008 2019.

Review Peugeot 2008 2019: Baby SUV Yang Punya Cockpit Mirip Pesawat Alien
Review Peugeot 2008 2019: Baby SUV Yang Punya Cockpit Mirip Pesawat Alien
0 Gambar

Pengantar Peugeot 2008 2019

Mari kita simak spesifikasi Peugeot 2008 2019 di bawah ini.

Kelebihan

Menawarkan pilihan mesin yang bervariasi

Desain eksterior cukup unik, menggabungkan esensi maskulin dari SUV dan Compact ala Hatchback

Kabin interior menerapkan inovasi, Peugeot i-Cockpit 3D

Kekurangan

Visibilitas kaca belakangnya terasa kurang mumpuni

Khusus varian listrik diprediksi akan dihadirkan pertengahan tahun depan

Belum ada kabar resmi dari Peugeot Indonesia akan peluncurannya

Review Peugeot 2008 2019 - Soal penentuan nama, Peugeot memiliki caranya tersendiri. Jika Anda sempat mengetahui sosok Peugeot 208, Hatchback 5 pintu, itulah Platform yang diadopsi pada versi 2008-nya kini. Mungil namun masih memperhatikan sektor aerodinamis.

Peugeot 208 berdimensi Hatchback diadopsi secara langsung oleh Peugeot 2008 namun juga dibumbui aroma SUV

Inilah tampilan dari Peugeot 208, Hatchback 5-Doors, yang akhirnya diadopsi oleh Peugeot 2008

Di sisi lain aura SUV disuntikkan dari kakaknya seperti Peugeot 3008 serta 5008. Cara meletakkan fitur eksterior dan tampilan luarnya benar-benar mirip, nyaris tak ada perbedaan. Kecuali bodinya yang mungil mirip model 208.

Peugeot 2008 ditawarkan ke dalam beberapa varian dan yang paling menarik adalah model Full Electric-nya

Peugeot 2008 justru hadir dengan suntikan SUV pada bentuk dan dimensi bodinya

Untuk kasus Peugeot 2008, tampilannya terasa tanggung memang. Auranya mirip SUV tapi dengan dimensi bodi lebih minimalis. Tak heran kami menyebutnya Baby SUV. Apakah Anda tertarik dengan mobil jenis ini? Simak yuk, review Peugeot 2008 2019 berikut ini.

Eksterior Peugeot 2008 2019

Seperti biasa, pembahasan utama akan dilakukan dari desain eksterior Peugeot 2008 2019. Sebelum membahas lebih jauh, kami justru lebih suka menyinggung soal pilihan warnanya. Tersedia Elixir Red, Vertigo Blue serta Fusion Orange. Pilihan warna terakhir adalah paling eksklusif dari New Peugeot 2008, terlihat lebih segar dan nyentrik.

Review Peugeot 2008 2019: Eksterior Depan

Wajah depan terlihat ekspresif, menerapkan tiga mimik cakar pada lampu LED-nya. Begitu pula pada sisi bawahnya yang menghadirkan lampu Daytime Running Lights (DRL) mirip taring. Tentu desain semacam ini hanya ditemui pada jajaran keluarga Peugeot bernomor belakang “008” saja. Ciri karismatik yang tidak dimiliki oleh kompetitornya.

Eksterior Depan Peugeot 2008 2019 dilengkapi dengan lampu LED berdesain 3 cakar

Mimik wajah tegas dan berwibawa, ciri khas Peugeot 2008

Review Peugeot 2008 2019: Eksterior Samping

Model satu ini juga dikemas dengan tatanan sporty. Benar saja, coba lirik sisi atapnya yang menggunakan warna Black Diamond, sehingga menampilkan desain Two-Tone. Hal ini memang sengaja dirancang supaya aromanya sebagai Urban SUV semakin terasa kental. Hal menarik lainnya juga ditemui pada sisi ban, menerapkan ukuran besar di angka 18 inci. Terlihat proporsional serta tak melupakan aspek aerodinamis.

Eksterior Samping Peugeot 2008 2019 memiliki dimensi Wheelbase lebih panjang dari sebelumnya serta dihias apik dengan tema Two-Tone

Bodi samping lebih menegaskan desain Two-Tone, penggabungan dua warna pada sisi atap dan warna dasar bodi

Review Peugeot 2008 2019: Eksterior Belakang

Secara desain, bodi belakangnya nyaris sempurna. Tengok saja lampu belakangnya yang juga menerapkan tiga cakar berbasis LED. Hal ini tentu berjalan selaras seperti pada lampu depannya. Keunikan juga diamati pada sisi bemper yang dibuat lebih maskulin, dihias apik dengan dua Chrome Exhaust.

Eksterior Belakang Peugeot 2008 2019 juga dilengkapi lampu berdesain 3 cakar serta Spoiler minimalis

Soal desain memang sangat agresif, tapi cukup minim soal visibilitas kaca belakang

Meski oke soal desain, tapi kami pribadi cukup menyayangkan soal visibilitas kaca belakang. Dengan dimensi kaca yang minimalis, pengendara akan sedikit kesusahan mendapat visual di area belakangnya. Ini menjadi salah satu kekurangan yang patut untuk dipertimbangkan pada Peugeot 2008.

>>> Baca juga:


Interior Peugeot 2008 2019

Paling spesial menurut tim Cintamobil.com, lebih ditonjolkan pada kabin interior Peugeot 2008 2019. Temanya berbeda, menggunakan nuansa futuristik sebagai salam pembuka. Peugeot sendiri menamai desain kabinnya dengan sebutan i-Cockpit 3D.

Review Peugeot 2008 2019: Dashboard

Tampilan dashboard-nya benar-benar sukses membawa visual mirip Cockpit pesawat canggih. Dominasi warna hitam dan hijau, seakan membuat kabin terasa lebih hidup, mengingatkan kami di era pesawat terbang Alien. Ya, penuh radar berkedip-kedip yang masing-masing memiliki fungsi tersendiri.

Dashboard Peugeot 2008 2019 menerapkan tema i-Cockpit 3D, inovatif untuk kendaraan di segmennya

Desain dashboard-nya mengingatkan pada film-film Alien, dominasi warna hijau sebagai indikator radar

Selain perkara desain, tampaknya Peugeot juga bermain dari segi ergonomis. Semua fitur pada dashboard terlihat mudah dioperasikan oleh sang pengendara. Bayangkan saja, panel Head Unit menggunakan ukuran 10 inci Touchscreen, fungsinya bisa diakses menggunakan suara serta sentuhan. Teknologi pintar ini yang menjadi esensi menarik utama pada Peugeot 2008.

Review Peugeot 2008 2019: Setir

Kemudi setir pun dikemas cukup ringkas namun dipenuhi fitur berbobot. Sebut saja tombol pengaturan audio, Cruise Control hingga Paddle Shift sudah disematkan. Kemudahan pengendara untuk menikmati perjalanan, benar-benar menjadi poin utama dalam pengemasan kabinnya.

Setir Peugeot 2008 2019 dikemas cukup ringkas dan sudah dibekali Paddle Shift

Kemudi setir dirancang Compact, anggun dalam hal desain namun juga lebih nyaman digenggam

Di balik kemudi, tersedia pula sebuah tambahan layar yang menerapkan tema serupa yakni Peugeot i-Cockpit. Dalam hal ini, kemudahan membaca informasi lebih ditonjolkan. Sehingga, hanya butuh waktu sekejap mata bagi pengendara untuk memindah pandangannya. Sekali-sekali memandang panel informasi lalu langsung kembali fokus menyetir. Jujur saja, ini adalah inovasi pertama yang diterapkan di segmennya.

MID Peugeot 2008 2019 menonjolkan informasi yang jelas dan mudah dibaca oleh sang pengendara

Panel MID menggunakan konfigurasi Hologram, lebih atraktif saat menampilkan informasi

Review Peugeot 2008 2019: Kursi

Perlu diketahui pula bahwa basisnya sebagai mobil Baby SUV, tergolong mumpuni untuk mengangkut lima orang sekaligus. Bahkan, berkat penggunaan Common Modular Platform (CMP), Peugeot 2008 memiliki ruang kaki yang sangat lega khususnya pada kursi belakang. Berbeda dengan generasi sebelumnya yang masih menerapkan Platform PF1 di tahun 2008. Terbukti dari dimensi Wheelbase yang dulunya hanya 2.538 mm kini bertambah menjadi 2.650 mm.

Kursi Peugeot 2008 2019 mampu menampung hingga 5 orang sekaligus

Ruang kaki pada bangku belakang kini lebih lega berkat penambahan dimensi Wheelbase

>>> Informasi menarik lainnya:

Fitur Peugeot 2008 2019

Tidak ada yang cukup spesial dari fitur Peugeot 2008 2019. Meski begitu, kami cukup mengapresiasinya mengingat fitur-fiturnya tampil lengkap dan benar-benar membantu proses berkendara.

Review Peugeot 2008 2019: Fitur Keselamatan

Meski secara dimensinya, sosoknya tergolong Compact, tapi Peugeot tetap menghadirkan pilihan mode berkendara. Untuk kasus 2008, tersedia tiga mode yakni ECO untuk mode laju paling hemat bahan bakar. Mode Normal adalah pilihan paling standar. Sedangkan jika ingin akselerasi super mantap, bisa menyentuh mode Sport.

Di sisi lain, kami juga dibuat terpukau akan kecanggihan teknologi Drive Assist Plus, menerapkan pola berkendara Semi-Autonomous. Dua fitur andalan menunjang fungsi tersebut yakni Lane Departure Avoidance System serta Adaptive Cruise Control. Dalam hal ini, pengendara dapat mengatur laju berkendara serta tingkat kecepatan secara otomatis, tanpa harus menginjak pedal gas.

Fitur andalan lainnya juga ditemui pada Park Assist. Peugeot 2008 mampu melakukan parkir secara otomatis, mengatur kemudi setir ketika memasuki serta keluar dari titik parkir. Cukup canggih dan inovatif, cocok untuk masyarakat Urban.

Review Peugeot 2008 2019: Fitur Hiburan

Sebagai sesama industri asal Perancis, Peugeot lebih senang berkolaborasi dengan FOCAL, High-End Specialist High-Fidelity Sound. Hal ini sudah diterapkan 3 tahun lamanya, seperti yang ditemui pada model Peugeot 3008, 5008 maupun 508.

Fitur Hiburan Peugeot 2008 2019 diprakarsai oleh FOCAL Audio System sehingga kualitas suara yang dihasilkan tergolong jernih

Peugeot mempercayakan FOCAL untuk masalah audionya, sebagai sesama industri asal Perancis

Kualitas audio memang sangat jernih, berkat disematkannya 10 Loudspeaker yang dipatenkan oleh FOCAL. Hal tersebut juga ditunjang kuat oleh 4 Aluminum Tweeters, 1 Polyglass, Power Flower Triple Coil Subwoofer dan 12-Channel 515 W Amplifier. Benar-benar canggih, kualitas suara yang dihasilkan akan memanjakan telinga seluruh penumpangnya.

>>> Tertarik dengan mobil-mobil SUV menarik lainnya? Coba lihat daftar modelnya di sini

Operasi Peugeot 2008 2019

Jantung pacunya sendiri dikemas bervariatif baik dalam versi bensin serta diesel. Jika ditotal ada tiga pilihan mesin bensin, dua opsi diesel dan satu pilihan Full Electric. Semua pilihan mesinnya sudah mendukung EURO 6, mengikuti aturan resmi dari Pemerintah Eropa.

Dari jajaran operasi mesin Peugeot 2008 2019 bertenaga bensin, tersedia opsi menarik seperti PureTech 100, PureTech 130 dan PureTech 155. Beda cerita pada pilihan mesin diesel, yang menawarkan dua opsi meliputi BlueHDi 100 serta BlueHDi 130. Adapun untuk mesin bensinnya menggunakan kapasitas 1.2 Liter 3 silinder. Sedangkan pada versi diesel, menerapkan tenaga lebih besar yakni 1.5 Liter 4 silinder.

Paling menarik buat kami tentu adalah pilihan mesin listriknya, Peugeot e-2008. Mobil satu ini dijamin akan memberikan sensasi bagi para peminat SUV. Bagaimana tidak, mesinnya akan bertenaga, tidak berisik serta tak ada getaran sama sekali. Sebuah kemajuan dalam dunia otomotif tentunya.

Mesin Peugeot 2008 2019 menawarkan tiga macam pilihan yakni bensin, diesel dan listrik

Peugeot e-2008 adalah varian khusus yang diprediksi hadir di pertengahan tahun 2020

Peugeot sendiri mengklaim motor listriknya mampu menyemburkan daya hingga 136 HP dan torsi puncak sebesar 260 Nm. Dengan asupan baterai 50 kWh, Peugeot e-2008 akan mampu menjelajah hingga 310 Km. Sementara itu, untuk urusan pengisian akan terbagi menjadi beberapa metode. Jika mengisi pada WallBox, akan dibutuhkan waktu 5 jam hingga 8 jam. Sedangkan paling cepat adalah di Public Terminal, dapat mengisi hingga 80 persen dalam tempo 30 menit.

Peugeot e-2008 punya tenaga berdaya 136 HP dipadu torsi puncak 260 Nm

Varian listriknya mampu menjelajah hingga 310 Km dengan daya baterai penuh

>>> Ingin tahu lebih lanjut tentang model Peugeot lainnya? Coba lihat di sini informasinya

Spesifikasi Peugeot 2008 2019

Mengingat model satu ini menghadirkan banyak varian mesin, maka Cintamobil.com akan melampirkan spesifikasi Peugeot 2008 2019 khususnya varian listrik.

SPESIFIKASI PEUGEOT 2008 2019

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.158 mm x 1.740 mm x 1.557 mm

Wheelbase

2.538 mm

MESIN LISTRIK

Daya Maksimum

136 HP

Torsi Maksimum

260 Nm

Daya Jelajah

310 Km

Daftar Harga Peugeot 2008 2019

Untuk pasar Indonesia, Peugeot baru merilis dua produk unggulan yakni Peugeot 3008 serta Peugeot 5008. Tak menutup kemungkinan, 2008 juga akan dirilis dalam waktu dekat. Untuk daftar harga Peugeot 2008 2019, tim Cintamobil.com akan mengambil estimasi harga di Eropa.

TIPE MOBIL

HARGA PEUGEOT 2008

(Kurs Euro)

HASIL KONVERSI EURO KE RUPIAH

Peugeot 2008 Bensin

Dijual mulai £19.000

Rp. 297 jutaan

Peugeot 2008 Diesel

Dijual mulai £25.000

Rp. 392 jutaan

Peugeot e-2008

Estimasi harga £25.000 - £30.000

Rp. 392 jutaan - Rp. 470 jutaan

 

Kesimpulan Peugeot 2008 2019

Memadukan desain SUV serta Hatchback, Peugeot 2008 hadir dengan tampilan yang serba baru. Bahkan dengan langkah berani, Peugeot juga menghadirkan varian Full-Electric yang diprediksi akan menjadi pembicaraan banyak orang di tahun mendatang. Apabila Peugeot 2008 merambah ke pasar Indonesia, akan lebih baik menghadirkan versi listriknya. Sembari menunggu kebijakan Indonesia dalam menyambut era mobil listrik tentunya. Apabila memang terjadi, maka Peugeot 2008 akan menjadi lini terdepan untuk konsumen yang sudah siap dengan mobil listrik. Lantas, apa pendapat Anda tentang mobil ini? Lini manakah yang baiknya dihadirkan di Indonesia lebih dulu?

Franky Pratama
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya
back to top