Review Nissan X-Trail 2021: Peremajaan Demi Eksistensi

08/07/2020

Share this post:

Nissan X-Trail 2021

Editor rate:

TBA

Harga Nissan X-Trail Terbaru Lihat promo

Beberapa saat lalu, generasi keempat Nissan X-Trail diperkenalkan di Amerika Serikat mengusung nama Rogue, yang mendapatkan tampilan serta fitur yang lebih modern dibandingkan pendahulunya. Bagaimana impresi awalnya? Simak review lengkapnya di Cintamobil.com

Review Nissan X-Trail 2021: Peremajaan Demi Eksistensi
Review Nissan X-Trail 2021: Peremajaan Demi Eksistensi
0 Gambar

Pengantar Nissan X-Trail 2021

Mari kita simak spesifikasi Nissan X-Trail 2021 di bawah ini.

Kelebihan

Desain interior lebih macho dan sporty

Interior semakin mewah

Ruang kabin semakin lega

Kepraktisan yang semakin baik

Kekurangan

Hanya ada satu pilihan mesin
Tidak ada pilihan tiga baris tenpat duduk
Ruang bagasi terlalu sempit jika kemudian ditambahkan bangku baris ketiga

Review Nissan X-Trail 2021 - Sejak pertama kali diperkenalkan di Jepang pada tahun 2000, Nissan X-Trail langsung jadi salah satu Compact SUV paling populer di tengah masifnya tren crossover dan SUV pada pergantian Millenium.

Nissan X-Trail 2003 Indonesia

Nissan X-Trail cukup populer sejak pertama kali muncul di Indonesia pada awal dekade 2000-an

Fast forward 20 tahun kemudian, Nissan X-Trail (atau Rogue) jadi SUV Compact paling laris ketiga di Amerika Serikat. Di bawah Toyota RAV4 model tahun 2019, dan Honda CR-V, yang generasi terbarunya hadir tahun 2017, sementara itu X-Trail (T32) saat ini sudah beredar sejak 2013.

Mengingat para rival sudah hadir dengan generasi terbaru, Nissan X-Trail 2021 debut untuk pertama kalinya di pasar Amerika pada 15 Juni 2020, menggantikan generasi sebelumnya yang cukup sukses di pasaran.

Nissan X-Trail keluaran tahun 2019

Nissan X-Trail generasi saat ini sudah beredar sejak 2013

Meski secara dimensi sama dengan pendahulunya, X-Trail 2021 dibangun di atas platform baru. Mesin QRD25DE yang juga digunakan dua generasi sebelumnya juga diganti mesin 2.500cc baru, desain eksterior dan interior juga diremajakan untuk menghadirkan kesan lebih premium dan modern.

Bagaimana impresi awal Nissan X-Trail 2021, apakah peremajaan yang hadir dapat membuat salah satu mobil paling laris di dunia itu kembali eksis? Simak reviewnya di sini.

Eksterior Nissan X-Trail 2021

Disiapkan sebagai rival kuat Toyota RAV4 dan Honda CR-V, tentu saja Nissan X-Trail mendapatkan berbagai penyegaran eksterior untuk membuatnya kembali relevan setelah 7 tahun tidak berganti model. 

Review Eksterior Depan Nissan X-Trail 2021

Tampilan depan Nissan X-Trail 2021

Wajah baru Nissan X-Trail 2021 tampak lebih macho dibandingkan pendahulunya

Kita mulai dari bagian depan, Nissan X-Trail 2021 memiliki tampilan yang lebih dinamis serta mewah. Lampu depannya terbagi jadi dua di mana lampu bagian atas merupakan LED DRL, dengan lampu utama ada di bawahnya.

Di bagian tengah hadir grille v-motion dengan ukuran jauh lebih besar dibandingkan generasi sebelumnya. Grille tersebut terbagi menjadi dua, di mana bagian bawah memiliki fitur Active Grille Shutter yang dapat membuka dan menutup untuk meningkatkan aerodinamika, di tepian juga terdapat lubang angin yang mengarahkan aliran angin ke sisi samping mobil.

Hasilnya lumayan, Nissan mengklaim detail tersebut dapat menghemat konsumsi bensin sampai 0,9 km/liter dan juga road noise yang lebih rendah. Profil kap mesin juga tampak lebih tinggi yang memberi kesan macho pada mobil.

Review Eksterior Samping Nissan X-Trail 2021

Tampak samping Nissan X-Trail 2021

Nissan X-Trail 2021 punya tampilan yang sama seperti mobil konsep Xmotion

Nissan mengklaim X-Trail 2021 menggunakan platform yang benar-benar baru, namun hal tersebut tidak mengubah dimensi mobil jika dibanding pendahulunya. Wheelbase-nya masih sama, namun panjang mobil yang ada justru lebih pendek 38 mm.

Dari samping, kita melihat Nissan X-Trail 2021 mengambil inspirasi desain dari mobil konsep Xmotion. Hal ini terlihat dari desain kaca belakang yang cukup besar yang membuat mobil jadi tampak proporsional.

Kesan sporty khas SUV juga dihadirkan dengan overfender yang diberi aksen hitam plastik, begitupun dengan underbody cover yang terlihat lebih aerodinamis. Selain itu, desain pillar-A juga berperan dalam efisiensi aerodinamika mobil.

Review Eksterior Belakang Nissan X-Trail 2021

Tampilan belakang Nissan X-Trail 2021

Beltline X-Trail 2021 tampak lebih lebar dengan overfender

Pindah ke belakang, kita menemukan kesan macho dan berisi di Nissan X-Trail 2021, proporsi beltline mobil menggembung karena overfender. Selain itu, aura macho semakin diperkuat bumper bawah berukuran besar dengan finishing plastik dan metal.

Selain itu, desain lampu belakang mobil juga lebih pipih dengan tampilan stoplamp dengan pattern 3D yang lebih agresif juga membuat tampilan buritan jadi semakin menarik.

>>> Andalkan ProPilot terbaru, Nissan Kicks e-Power 2021 rilis di Jepang


Interior Nissan X-Trail 2021

Berbeda dengan tampilan eksterior yang tampak lebih kekar dan macho, kesan pertama yang kita dapatkan dari interior Nissan X-Trail 2021 adalah fungsional, mewah, dan modern. 

Layout dashboard dan interior yang lebih baik, kabin yang lebih lapang, serta kapasitas bagasi yang tetap luas jadi formula yang dipertahankan Nissan X-Trail generasi terbaru untuk kembali menggebrak pasar SUV kompak.

Review Dashboard & kemudi Nissan X-Trail 2021

Desain dasbor Nissan X-Trail 2021

Desain dashboard X-Trail 2021 yang terlihat lebih elegan dan mewah

Kita mulai dari bagian dashboard, Nissan X-Trail punya layout yang terbagi jadi dua lapis. Bagian atasnya menggunakan material kulit, sementara bagian bawahnya hadir dengan aksen wood panel, yang juga ada di konsol tengah.

Di bagian tengah atas, terlihat sebuah head unit berukuran 8 inci dengan fitur navigasi nangkring di atas dashboard. Di bawahnya Anda mendapatkan pengontrol AC digital dengan fungsi dual-zone.

Desain tuas gear transmisi yang lebih ringkas memberi ruang lebih di konsol tengah bagian bawah untuk menaruh ruang penyimpanan seperti cup holder atau untuk menyimpan hp dan kunci mobil.

Desain konsol tengah Nissan X-Trail 2021

Konsol tengah X-Trail 2021 tampak lebih fungsional dengan banyaknya slot penyimpanan

Beralih ke bagian pengemudi, desain setir Nissan X-Trail 2021 juga dibuat lebih berisi dengan desain flat bottom dan multi-steering switches. Baik itu untuk fungsi audio, bluetooth telephony, bahkan sampai ke pengatur cruise control. 

Di baliknya, terdapat cluster instrumen berukuran 12,3 inci yang dapat memuat berbagai info penting mobil seperti speedometer, tachometer, odometer, konsumsi bensin, sampai tampilan 3D sekeliling mobil.

Review Kursi Nissan X-Trail 2021

Kursi Nissan X-Trail 2021

Desain kursi X-Trail 2021 menguatkan kesan mewah dan premium

Kesan mewah yang ada di dashboard juga hadir di kursi mobil, di mana penggunaan material kulit berkualitas dengan pattern diamond (berlian) memberikan kemewahan dan kenyamanan yang lebih baik dibandingkan pendahulunya. 

Meski punya wheelbase lebih pendek, nyatanya ruang kabin Nissan X-Trail 2021 lebih besar, khususnya di baris kedua, ruang kaki meningkat 15 mm dengan ruang kepala meningkat sampai 18 mm, selain itu format tiga baris yang ada di generasi sebelumnya juga ditiadakan, dan membuat mobil ini cuma punya kapasitas lima penumpang saja.

Review Bagasi Nissan X-Trail 2021

Ruang bagasi Nissan X-Trail 2021

Meski sedikit mengecil, kapasitas bagasi X-Trail 2021 masih sangat mumpuni

Memang, luasnya kabin baris kedua berdampak pada mengecilnya ruang bagasi, meski cuma sedikit berkurang dari 1.113 liter jadi 1.034 liter. Namun, kapasitas kargo saat kursi kedua dilipat mengalami sedikit peningkatan dari sebelumnya 1.982 liter jadi 2.100 liter, akses pintu bagasi juga semakin mudah dengan bukaan yang lebih besar.

>>> Siap produksi Juli, teaser Nissan Ariya kembali beredar

Fitur Nissan X-Trail 2021

Nissan mengembangkan teknologi ProPilotnya selangkah lebih maju pada X-Trail 2021 dengan penerapan sistem navigasi door-to-door. Termasuk saat melihat batas kecepatan yang naik dan turun, pengemudi langsung diminta untuk menyesuaikan kecepatan mobil dengan batasnya.

Fitur terbaru ProPilot yang dipakai di Nissan X-Trail 2021

Sistem cruise control ProPilot yang disematkan Nissan X-Trail 2021 cukup canggih

Sistem ProPilot juga dapat mendeteksi transisi ketika keluar jalan tol. Dalam kasus ini, alih-alih menyesuaikan kecepatan jalan tol, kecepatan mobil akan diset di sekitaran 60 km/jam, atau lebih rendah.

>>> Makin pintar, apa saja fitur baru di Nissan X-Trail 2019

Operasi Nissan X-Trail 2021

Mesin PR25DD yang dipakai Nissan X-Trail 2021

X-Trail 2021 menggunakan mesin 2.500cc baru

Nissan X-Trail 2021 menggunakan mesin 4-slinder segaris 2.500cc berkode PR25DD yang menghasilkan tenaga 181 HP dan torsi 245 Nm. Mesin ini memakai girboks Xtronic CVT menuju dua pilihan sistem penggerak, Front-Wheel Drive atau Intelligent All-Wheel Drive.

Spesifikasi Nissan X-Trail 2021

Dimensi Nissan X-Trail 2021
Panjang x Lebar x Tinggi 4.643 mm x 1.838 mm x 1.686 mm
Wheelbase 2.702 mm
Volume Bagasi 1.113 L (kursi ketiga berdiri), 2.100 L (kursi baris kedua berdiri)
Performa Nissan X-Trail 2021
Tipe Mesin PR25DD, DOHC 16-Valve Inline-4
Kapasitas Silinder 2.500 cc
Tenaga Maksimal 181 HP @ 6.000 rpm
Torsi Maksimal 245 Nm @ 3.600 rpm
Transmisi Xtronic CVT
Sistem Penggerak Front-wheel drive atau Intelligent All-Wheel Drive
Kaki-Kaki dan Suspensi Nissan X-Trail 2021
Suspensi Depan / Belakang Independent Macpherson Strut with Stabilizer Bar / Independent Multi Link with Stabilizer Bar
Rem Depan / Belakang Ventilated Disc
Sistem kemudi Rack & Pinion EPS with Quick Gear Ratio
Ukuran Pelek / Ban 17-19 inch

Daftar Harga Nissan X-Trail 2021

Harga Nissan X-Trail 2021 sendiri baru akan diumumkan pada peluncuran resminya pada musim gugur mendatang. Namun, harga mobil diprediksi akan berada di kisaran $26.000 (setara Rp 373 juta) dengan harga varian tertinggi, Platinum dengan sistem penggerak roda AWD akan menyentuh $40.000 (setara Rp 574 juta).

>>> Simak harga terbaru mobil Nissan lainnya di sini

Kesimpulan Nissan X-Trail 2021

Nissan X-Trail 2021 warna merah

Wah, RAV4 dan CR-V kembali punya pesaing tangguh nih

Setelah beberapa tahun terakhir kalah eksistensi dari Toyota RAV4 dan Honda CR-V, Nissan X-Trail 2021 siap unjuk gigi lagi dengan tampilan mobil yang lebih kekar, interior lebih mewah, dan mesin serta fitur baru yang lebih baik dari sebelumnya.

Namun, patut dicatat bahwa X-Trail yang dijual di Amerika memiliki format dua baris tempat duduk. Kemungkinan besar dikonversi jadi three-seater untuk memenuhi selera pasar Indonesia. Dengan wheelbase mobil yang sedikit lebih pendek, apakah kenyamanan penumpang baris kedua dan ketiga akan dikorbankan? Akan menarik untuk menunggu kapan X-Trail terbaru ini masuk Indonesia.

Derry Munikartono
Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Review lain

Review Nissan Kicks e-Power 2020: SUV Funky Yang Ramah Lingkungan

Rp 300.000.000

22/05/2020

Editor rate:

Nissan Kicks e-Power 2020 hadir di ASEAN dengan Thailand sebagai negara pertama yang mendapat varian facelfit. Bagaimana impresi awalnya, apakah mobil ini cocok di Indonesia? Simak reviewnya di Cintamobil.com.

Lihat juga

Review Nissan Qashqai 2019 Indonesia

26/10/2018

Editor rate:

Kalau boleh kami blak-blakan, keseriusan PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) di pasar tanah air akhir-akhir ini harus dipertanyakan. Karena sudah banyak sekali model terbaru dari Nissan global yang keren dan dinamis tapi tak kunjung dipasarkann di Indonesia. Malah Nissan Terra yang beberapa waktu lalu kai test drive saja belum ada gaungnya setelah selesai GIIAS 2018. Nah, untuk mengobati rasa rindu akan produk baru Nissan yang canggih dan nyaman, Berikut review Nissan Qashqai Ti 2019.

Lihat juga

Preview Nissan March 2019

01/09/2018

Editor rate:

Produk City Car besutan Nissan satu ini memang lama tak didengar kabarnya. Nissan March atau Nissan Micra untuk sebutan Jepangnya, memang mengalami penurunan penjualan beberapa tahun belakangan ini. Alasan utamanya terletak pada desain model yang hanya diberikan penyegaran minimalis pada tahun 2017 lalu. Prediksi kami, masyarakat Indonesia membutuhkan desain yang berubah besar-besaran. Apakah Nissan Global memperhitungkan hal ini? Simak informasinya dalam preview Nissan March 2019.

Lihat juga

Review Nissan GT-R 2019

16/11/2018

Editor rate:

Dikenal sebagai “Godzilla”, Nissan GT-R dipasarkan pertama kali pada tahun 2008 dengan misi untuk mengalahkan penguasa kecepatan saat itu, Porsche 911 Turbo. Dan tak tanggung-tanggung, GT-R terkenal karena memposting waktu lebih cepat di sekitar taman bermain Porsche sendiri, Nürburgring. Dan tentu saja, kedatangan Nissan GT-R 2019 merupakan pembaruan yang dibutuhkan Nissan supercar penuh prestasi ini.

Lihat juga

Review Nissan Murano 2019: Seandainya Dijual, Dijamin Tak Ada Lawan Sebanding

08/07/2019

Editor rate:

Di antara model Nissan lainnya, Murano adalah yang paling memikat hati. Meski sosoknya sudah tak lagi dijual di Tanah Air, kami pun masih berharap besar supaya Murano hadir kembali, melawan kompetitornya di lini Premium Sport Utility Vehicle (SUV). Apalagi jika melirik generasi ketiganya yang hadir di Los Angeles Auto Show di akhir tahun lalu, sungguh sangat menarik. Inilah dia review Nissan Murano 2019.

Lihat juga