Review Nissan Titan XD Pro 4X 2019

15/10/2018

Share this post:

Nissan Titan 2019

Editor rate:

Lihat promo

Selain Navara, Nissan juga memiliki produk unggulan barkategori Pick-Up Truck yakni Nissan Titan XD Pro 4X 2019. Kemampuannya melibas medan berat dengan daya angkut berat, sudah banyak diakui oleh masyarakat internasional. Di Amerika Utara, produk satu ini laris manis dan berhasil menjadi salah satu tulang punggung Nissan. Seperti apa keunggulannya? Mari kita simak bersama review Nissan Titan XD Pro 4X 2019.

Review Nissan Titan XD Pro 4X 2019
Review Nissan Titan XD Pro 4X 2019
0 Gambar

Pengantar Nissan Titan 2019

Mari kita simak spesifikasi Nissan Titan 2019 di bawah ini.

Kelebihan

Tersedia berbagai varian menarik yang disesuaikan kebutuhan konsumen

Performa mesin cukup tangguh untuk melibas medan berat

Desain eksterior dan interior dikemas sangat mewah khusus pada varian tertingginya

Kekurangan

Desain eksterior pada varian Single Cab terkesan biasa saja

Model ini menyediakan banyak fitur menarik namun sifatnya masih opsional yang membutuhkan biaya tambahan

Review Nissan Titan XD Pro 4X 2019 - Sebagai pemain lama dalam dunia otomotif, Nissan memiliki produk berkategori Full-Size Pick-Up Truck yang dinamai Titan. Model satu ini sebenarnya memiliki pasarnya sendiri yakni di Amerika Utara. Memang, jika ditilik dari perekonomian negaranya, Amerika Utara lebih berkembang dalam hal pertambangan dan pertanian. Sehingga, tak salah Nissan merancang Titan khusus memenangkan peluang pasar tersebut.

Nissan Titan XD Pro 4X 2019 terbilang cukup laris manis di Amerika Utara

Sosok Nissan Titan XD Pro 4X 2019

Melihat rekam sejarahnya, Nissan Titan dirancang untuk memperkenalkan kepada masyarakat bahwa inilah model Pick-Up Truck masa depan. Berawal dari mobil konsep Nissan Alpha T yang diperkenalkan pada Detroit Auto Show 2001 yang kemudian versi produksinya dijual setelah dua tahun berselang. Adapun generasi keduanya telah diperkenalkan pada acara North American International Auto Show 2015. Baru-baru ini, Nissan Titan juga mendapatkan Facelift yang tampil kian menarik hati para pengamatnya. Akankah produk ini dirilis di Indonesia yang notabene memiliki keunggulan dalam hal perkebunan kelapa sawit? Sebelum membahas ke arah sana, mari kita lihat keunggulannya dalam review Nissan Titan XD Pro 4X 2019.

Eksterior Nissan Titan 2019

Struktur eksterior Nissan Titan XD Pro 4X 2019 menawarkan tiga pilihan bodi trim meliputi Crew Cab, King Cab dan Single Cab. Kapasitas penumpang paling besar ditempati oleh varian Crew Cab yang mampu menampung hingga 5 orang sekaligus namun ditukar dengan kapasitas bak paling kecil di antara varian lainnya. Adapun kapasitas bak paling besar diduduki oleh varian Single Cab namun dengan kapasitas tampung penumpang hanya dua orang saja. Jadi mana pilihan yang sesuai kebutuhan Anda?

Review Nissan Titan XD Pro 4X 2019: Eksterior Depan

Di kesempatan kali ini, Cintamobil.com hendak mengulas lebih lengkap dari varian tertingginya yakni Crew Cab. Mengusung desain eksterior gagah dan klimis dengan memadukan beberapa tonjolan berotot khas mobil Sport Utility Vehicle (SUV) serta krom mengilap di berbagai komponen pentingnya.

Eksterior depan Nissan Titan XD Pro 4X 2019 tampil elegan dengan krom mengilap yang disematkan pada sisi Front Grille

Eksterior depan Nissan Titan XD Pro 4X 2019 dihias apik dengan Distinctive Grille dan lampu DRL

Fascia depan misalnya, menerapkan Distinctive Grille yang mampu menyiratkan pesan gagahnya sebagai mobil yang memiliki daya angkut mumpuni. Bisa diamati juga pada panel Honey Comb-nya yang tampil elegan khas mobil Premium. Hal tersebut juga sengaja dirancang untuk memberikan sirkulasi udara yang baik bagi kabin mesinnya. Sedangkan untuk urusan lampu, Nissan Titan mempercayakan fitur LED Signature Headlights dipadu LED Daytime Running Lights (DRL) serta lampu kabut. Adapun temanya sebagai Full Pick-Up Truck juga diimbangi dengan didukungnya fitur Follow Me Home Function.

Review Nissan Titan XD Pro 4X 2019: Eksterior Samping

Karena model satu ini juga memiliki kapabilitas untuk menarik material pada sisi belakang, maka Nissan memberikan perubahan pada kaca spionnya dengan menambah jangkauan lebih. Nissan menamai perubahan ini dengan Tow Mirrors. Kami pun mengerti perubahan ini memang harus terjadi supaya titik buta dalam mengamati muatan yang ditarik oleh mobil ini bisa terlihat lebih jelas.

Eksterior samping Nissan Titan XD Pro 4X 2019 menggunakan ban berukuran 20 inci

Eksterior samping Nissan Titan XD Pro 4X 2019 bersolek mewah dengan pelek berbalut krom mengilap

Adapun untuk mengimbangi performanya yang unggul di berbagai medan, Nissan Titan dibekali dengan ban berukuran besar di angka P275/60 R20 All-Season Tires. Ban seperti ini terbilang spesial yang dirancang untuk segala musim baik hujan, panas maupun bersalju. Sehingga, Anda tak perlu khawatir akan terjadinya ban selip dan kendala lainnya.

Review Nissan Titan XD Pro 4X 2019: Eksterior Belakang

Khusus di bagian belakang, segala fiturnya lebih difokuskan untuk memudahkan proses pengangkutan barang ke dalam baknya. Sebut saja, Rear Bumper Step Assist dikemas pada sisi belakangnya untuk memudahkan Anda naik ke dalam baknya selama proses pengangkutan barang. Di sisi lain, juga tersedia Overhead LED Cargo Bed Lights yang mampu memberi pencahayaan lebih sehingga Anda tak perlu khawatir melakukan proses Load-Unload meski di malam hari.

Eksterior belakang Nissan Titan XD Pro 4X 2019 menerapkan desain yang maskulin

Eksterior belakang Nissan Titan XD Pro 4X 2019 lebih difokuskan pada fitur yang mampu memudahkan proses pengangkutan barang

>>> Baca juga:


Interior Nissan Titan 2019

Berbeda dengan dua variannya, interior Nissan Titan XD Pro 4X 2019 khususnya varian Crew Cab lebih menonjolkan kesan elegan serta atmosfer kabin yang lebih lapang. Memang, varian ini memiliki kapasitas tampung yang paling luas di antara varian lainnya. Sehingga, mobil satu ini bukan hanya memiliki kapabilitas angkut material yang cukupan namun juga modern pada sisi interiornya.

Review Nissan Titan XD Pro 4X 2019: Dashboard

Tatanan dashboard dikemas dengan kombinasi tiga warna yakni Brown, Silver dari pelapis Chrome serta hitam sebagai penegas garis pada fitur-fiturnya. Rancangan seperti ini tentu mampu menyampaikan suasana kabin yang bukan hanya elegan namun juga Premium. Segala fitur menarik dapat Anda temui pada sisi tengah dashboardnya yang 80% dilapisi oleh aksen krom mengilap. Dari sisi tersebut, tersedia fitur yang siap menghibur Anda seperti Dual Zone Automatic Control. Head Unit Touchscreen berukuran 7 inci serta pengaturan lampu Illumination.

Dashboard Nissan Titan XD Pro 4X 2019 tampil sangat menawan dengan tiga kombinasi warna

Dashboard Nissan Titan XD Pro 4X 2019 dikemas sangat elegan dan dilengkapi fitur Premium

Review Nissan Titan XD Pro 4X 2019: Setir

Supaya kesan elegan tersebut tak hilang, setir Nissan Titan juga dilengkapi dengan pelapis kayu berkualitas pada ujung sampingnya. Sehingga, mampu memberikan sensasi berkendara tak terlupakan serta mendongkrak rasa percaya diri sang pengendara. Menariknya lagi, setir Nissan Titan XD Pro 4X 2019 sudah didukung dengan tombol Cruise Control, pengaturan audio serta pengaturan Multi Information Display (MID).

Setir Nissan Titan XD Pro 4X 2019 dibalut dengan material kulit berkualitas sehingga memberikan kenyamanan lebih bagi pengendara

Setir Nissan Titan XD Pro 4X 2019 menggunakan desain tiga palang yang dibalut material kayu berkualitas

Review Nissan Titan XD Pro 4X 2019: Kursi

Lini kursi juga tak luput dari rancangan menarik Nissan. Selain menyuguhkan kapasitas tampung paling besar di angka lima orang, kursinya sudah dibekali kenyamanan lewat balutan material kulit berkualitas. Khusus kursi pengendara, tersedia fitur 8-Way Power Adjustable yang bisa memudahkan Anda dalam mendapatkan posisi duduk sesuai postur tubuh. Selain itu, di masing-masing kursi penumpang juga sudah dibekali 4-Way Power Adjustable dengan fungsi serupa.

Kursi Nissan Titan XD Pro 4X 2019 dibalut dengan kemewahan bahan kulit

Kursi Nissan Titan XD Pro 4X 2019 didesain dengan tampilan yang mewah dan elegan

Review Nissan Titan XD Pro 4X 2019: Kapasitas Bak

Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, varian tertingginya, Crew Cab memiliki kapasitas bak terkecil daripada varian lainnya namun dengan daya tampung kabin lebih luas. Dilihat dari dimensi bak, Crew Cab memiliki ukuran panjang 78,7 inci dan lebar 63,8 inci. Berbeda halnya dengan varian Single Cab yang memiliki ukuran bak paling luas dengan racikan panjang 98,5 inci dan lebar 63,8 inci. Namun sayangnya, Single Cab hanya mampu mengangkut dua orang saja.

Kapasitas bak Nissan Titan XD Pro 4X 2019 mampu mengangkut material berat layaknya pertambangan maupun perkebunan

Kapasitas bak Nissan Titan XD Pro 4X 2019 sangat cocok untuk mengangkut material berjumlah banyak maupun berat

>>> Artikel terkait:

Fitur Nissan Titan 2019

Lantas fitur apa saja yang dimiliki oleh model tangguh satu ini? Di segmen ini, Cintamobil.com hendak melampirkan informasi tentang keunggulan dari fitur Nissan Titan XD Pro 4X 2019.

Review Nissan Titan XD Pro 4X 2019: Fitur Keselamatan

Fitur keselamatan standar menjadi komponen penting yang dihadirkan oleh Nissan Titan seperti halnya sistem Air Bags, kelengkapan Seat Belts serta pengingat audio jika Anda lupa mengenakan Seat Belts. Kemampuannya di medan licin juga diimbangin dengan ban berkonfigurasi All-Season serta dua teknologi unggulan yakni Vehicle Dynamic Control (VDC) dan Traction Control System (TCS). Lewat hadirnya racikan tersebut, Anda tak perlu khawatir akan ketangguhannya di medan licin maupun berlumpur. Tak lupa, kapabilitas tangguh SUV juga dimunculkan dari hadirnya teknologi Hill Start Assist (HSA) serta Hill Descent Control (HDC).

Fitur keselamatan Nissan Titan XD Pro 4X 2019 mampu tampil unggul di beberapa aspeknya

Fitur keselamatan Nissan Titan XD Pro 4X 2019 dirancang khusus untuk mendongkrak performanya yang unggul sebagai Full Pick-Up Truck

Proses kemudahan parkir kendaraan juga terjawab dengan hadirnya Intelligent Around View Monitor seperti yang sudah pernah kita bahas pada review Nissan Terra baru-baru ini. Dengan fitur tersebut, Anda bisa memantau sisi luar kabin secara 360 derajat dari panel Head Unit-nya. Tentu area parkir yang sempit kini sudah tidak menjadi masalah besar bagi Anda pengendara pemula sekalipun.

Review Nissan Titan XD Pro 4X 2019: Fitur Hiburan

Dari segi hiburan, Nissan Titan mengandalkan panel Head Unit berukuran 7 inci yang sudah mendukung teknologi Touchscreen. Kualitas suaranya juga terbilang sangat jernih dengan terintegrasinya 12 speaker Rockford Fosgate. Bahkan, panel audionya sudah didukung format Bluetooth, SiriusXM Satellite Radio serta NissanConnect sehingga mampu memudahkan Anda dalam memutar musik favorit dari gadget Anda.

Fitur hiburan Nissan Titan XD Pro 4X 2019 dibekali dengan sistem audio mumpuni

FItur hiburan Nissan Titan XD Pro 4X 2019 juga menghadirkan panel MID yang mampu menampilkan informasi terkini seputar kendaraan

>>> Klik di sini untuk membaca review produk besutan Nissan lainnya

Operasi Nissan Titan 2019

Untuk mendongkrak performanya di medan terjal, operasi mesin Nissan Titan XD Pro 4X 2019 menggunakan 5.6 Liter 32 Valve V8. Menariknya lagi, konfigurasinya menggunakan Variable Valve Event Lift (VVEL) yang memberi performa lebih mumpuni daripada model sebelumnya. Dipadukan dengan transmisi 7 tingkat percepatan otomatis, mesinnya mampu menyemburkan daya hingga 390 HP setara 5.800 Rpm dan torsi puncak di angka 394 lb.ft pada putaran 4.000 Rpm.

Operasi mesin Nissan Titan XD Pro 4X 2019 mampu menyemburkan daya maksimum di angka 390 HP

Operasi mesin Nissan Titan XD Pro 4X 2019 dibekali kapasitas 5.6 Liter V8

Adapun Nissan Titan juga menawarkan dua mode penggerak yakni 4x2 dan 4x4. Bagi Anda yang benar-benar membutuhkan mobil ini untuk mengarungi medan berat, model 4x4 menjadi rekomendasi terbaik. Namun bagi Anda yang hendak menggunakannya untuk kegiatan sehari-hari serta mampu hemat bahan bakar, model 4x2 bisa menjadi pilihan Anda.

>>> Tak puas membandingkan, tenang sobat, Cintamobil.com juga menyediakan pilihan model lainnya di kelas Pick-Up

Spesifikasi Nissan Titan 2019

Untuk Anda yang cukup penasaran dengan dua varian lainnya, berikut Cintamobil.com memberikan informasi lengkap tentang spesifikasi Nissan Titan XD Pro 4X 2019 di keseluruhan variannya.

SPESIFIKASI NISSAN TITAN XD PRO 4X 2019

Model

Crew Cab

King Cab

Single Cab

DIMENSI BODI

Panjang x Lebar x Tinggi

6.165 mm x 2.019 mm x 1.991 mm

5.854 mm x 2.019 mm x 1.984 mm

5.867 mm x 2.019 mm x 1.984 mm

Jarak Poros Roda

3.851 mm

3.551 mm

DIMENSI BAK

Panjang x Lebar

1.702 mm x 1.620 mm

2.502 mm x 1.620 mm

MESIN

Tipe Mesin

5.6 Liter 32 Valve DOHC VVEL V8

Daya Maksimum

390 HP / 5.800 Rpm

Torsi Maksimum

394 lb.ft / 4.000 Rpm

Sistem Transmisi

7 Tingkat Percepatan Otomatis

HANDLING

Suspensi Depan

Independent Double-Wishbone dan Stabilizer Bar

Suspensi Belakang

Multi-Leaf dengan Solid Axle dan Stabilizer Bar

Rem Depan

Vented Disc

Rem Belakang

Vented Disc

Sistem Kemudi

P275/60 R20 All-Season Tires

LT265/60 R20 All-Season Tires

Daftar Harga Nissan Titan 2019

Mengingat model satu ini belum dirilis di Indonesia, maka Cintamobil.com menyampaikan harga resminya yang sudah dijual di Amerika Utara. Berikut kita simak bersama daftar harga Nissan Titan XD Pro 4X 2019.

TIPE MOBIL

DAFTAR HARGA NISSAN TITAN XD PRO 4X 2019

(Amerika Utara)

HASIL KONVERSI DOLLAR KE RUPIAH

(Dibulatkan)

Nissan Titan XD Pro 4X 2019 Crew Cab

$ 53.630

IDR. 817.746.000

Nissan Titan XD Pro 4X 2019 King Cab

$ 51.190

IDR. 777.678.000

Nissan Titan Single Cab SV

$ 45.270

IDR. 687.741.000

*Catatan:

  • Harga di atas adalah harga resmi di Amerika Utara
  • Ketika model ini dirilis di Indonesia tentu akan ada penambahan biaya terkait dokumentasi, perizinan, impor dan pertimbangan khusus lainnya

Kesimpulan Nissan Titan 2019

Memang dari segi kapabilitas sebagai Full Pick-Up Truck, Nissan Titan XD Pro 4X tak perlu dikhawatirkan lagi akan performanya. Tersedia juga tiga varian menarik yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda, apakah esensi elegan atau kapabilitas angkut maksimal? Sejatinya, model ini lebih dikhususkan untuk kegiatan Off-Road atau mengangkut material perkebunan maupun pertambangan. Semua teknologi yang dihadirkan juga sangat menunjang kapabilitasnya. Sungguh, kami pun tertarik sekali dengan model ini supaya Nissan Titan dihadirkan di Indonesia.

Bagaimana pendapat Anda tentang Nissan Titan XD Pro 4X Indonesia? Patutkah model ini Anda tunggu? Kira-kira hal apa yang paling menarik dari mobil ini? Sampaikan pendapat Anda di kolom komentar ya sobat.

>>> Jangan lupa klik sini untuk cepat dapat mobil impian Anda

 

Franky Pratama
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya
back to top