Review Nissan Teana 2019

07/11/2018
editor rate: 4,0 user rate: 4,5
Belum pernah mendapatkan perubahan sejak dipamerkan dalam bentuk All New Nissan Teana di Indonesia pada 2013 lalu, Nissan akhirnya memberikan penyegaran terhadap generasi terbaru Nissan Teana di Asia Tenggara untuk bersaing dengan Toyota baru di kelas sedan mewah.

PENGANTAR Nissan Teana 2019

Review Nissan Teana 2019Nissan Teana adalah mobil sedan mid-size mewah yang diproduksi oleh Nissan Jepang. Di ekspor ke beberapa negara dengan nama Nissan Maxima dan Nissan Cefiro, Indonesia saat ini masih mendapatkan generasi ketiga yang dipamerkan pertama kali pada tahun 2013 dengan nama All New Nissan Teana. Dan di Thailand sana, Teana akhirnya mendapatkan facelift-nya.

Gambar yang menunjukan generasi pertama Nissan Teana 2019

Desain awalNissan Teana generasi pertama

Menurut pembuat mobil, Nissan Teana 2019 telah dilengkapi dengan fitur Intelligent Mobility dari Nissan untuk pengalaman berkendara yang lebih aman dan nyaman. “Di Nissan, kami terus menempatkan pelanggan kami sebagai inti dari semua yang kami lakukan. Saya percaya Teana baru, dengan desain yang disempurnakan dan fitur-fitur canggih serta teknologi Nissan Mobility akan memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan termewah kami,” jelas Antoine Barthes, presiden Nissan.

Gambar yang menunjukan debut facelift Nissan Teana 2019

Nissan Teana 2019 mendapatkan facelift di Thailand

Lalu, apa penambahan yang diberikan oleh Nissan untuk salah satu sedan mewah andalannya? Mari kita simak review Nissan Teana 2019 yang sudah disiapkan oleh tim Cintamobil.com.

EKSTERIOR Nissan Teana 2019

Dibandingkan dengan versi lama yang diluncurkan beberapa tahun lalu, peningkatan baru ini membuat eksterior Nissan Teana 2019 mendapatkan ukuran tubuh yang lebih besar. Secara khusus, pengukuran panjang, lebar dan tinggi dari Nissan Teana baru adalah 4.875 x 1.830 x 1.485 mm, lebih panjang 25 mm, 35 mm lebih lebar dengan 10 mm lebih tinggi dibandingkan yang lama.

Review Nissan Teana 2019: Eksterior depan

Gambar yang menunjukan tampilan depan Nissan Teana 2019

Tampilan depan Nissan Teana 2019

Tapi tenang, bagi yang masih menyukai tampilan lama Teana, Nissan menunjukan bahwa mereka tidak merombak ulang tampilan baru ke arah yang tak diduga-duga. Desain eksterior depan Nissan Teana 2019 mempertahankan beberapa fitur yang terlihat pada All New Teana yang dijual di Indonesia. Diantaranya gril V-motion, bumper bawah, dan kap miring masih dipakai. Namun lampu depan mendapatkan sedikit pembaruan dengan aksen boomerang.

Review Nissan Teana 2019: ​Eksterior Samping

Gambar yang menunjukan tampilan samping Nissan Teana 2019

Tampilan samping Nissan Teana 2019

Bagian sisi masih terlihat adem tanpa banyak perubahan. Namun dibandingkan versi terdahulunya, eksterior samping Nissan Teana 2019 mendapatkan sedikit perubahan pada garis sisi yang dibuat lebih melengkung. Sedangkan Nissan menambahkan velg 18 inci terbaru untuk beberapa varian, terkecuali varian 2.0 XE yang hanya mendapatkan ban lebih kecil dengan velg 16 inci.

Review Nissan Teana 2019: ​Eksterior Belakang

Gambar yang menunjukan tampilan belakang Nissan Teana 2019

Tampilan belakang Nissan Teana 2019

Sama seperti bagian samping, eksterior belakang Nissan Teana 2019 masih mengandalkan lampu LED dengan motif yang sama serta spoiler belakang tanpa ada perubahan berarti. Terdapat logo Nissan pada bagian tengah bagasi serta nama ‘Teana’ di bagian kiri ditemani logo varian pada bagian kanan.

>>> Dapatkan review mobil Nissan lainnya hanya di sini

INTERIOR Nissan Teana 2019

Berhubung dimensi dibuat lebih besar menghasilkan interior Nissan Teana 2019 lebih luas. Selain itu, untuk meningkatkan kenyamanan, kelegaan, dan kemewahan bagi pengguna, Teana baru menggunakan material kulit premium. Sistem audio premium dengan 9 speaker dan subwoofer merupakan standar untuk semua model (kecuali model 2.0 XE). Untuk memberikan kenyamanan selama berkendara, Nissan juga memberikan panoramic roof, namun sayang fitur ini tidak terlihat pada versi 2.0 XE.

Review Nissan Teana 2019: ​Dasbor

Gambar yang menunjukan dasbor Nissan Teana 2019

Dasbor Nissan Teana 2019

Tak salah jika Nissan ingin memberikan desain premium bagi Teana untuk menghadapi Toyota Camry yang juga ditingkatkan. Bagian tengah dasbor Nissan Teana 2019 diatur ulang secara visual dengan pengaturan yang lebih mudah. Dalam upgrade ini, Teana dilengkapi dengan sistem informasi multimedia, terintegrasi pada layar sentuh 7 inci yang lebih besar dibandingkan All New Teana, meskipun masih menggunakan sistem suara Bose.

Review Nissan Teana 2019: ​Kemudi

Gambar yang menunjukan kemudi Nissan Teana 2019

Kemudi Nissan Teana 2019

Jika dilihat sekilas, Nissan sepertinya masih percaya dengan sistem setir dari All New Teana yang lama. Pasalnya, tak tampak perbedaan dari kemudi Nissan Teana 2019 dengan model terdahulu. Beberapa tombol fungsi masih menghiasi bagian tangan kiri dan kanan dari setir tiga palang khas Teana. Kemudi juga masih dilengkapi dengan airbag SRS pada bagian tengah dan kluster manajemen masih memadukan digital dan analog dengan penunjuk arah.

Review Nissan Teana 2019: ​Kursi dan bagasi

Seperti yang telah dijelaskan tadi, kursi Nissan Teana 2019 mendapatkan material kulit premium kursi pengemudi terpisah dengan kursi depan memiliki fungsi penyesuaian daya 8 arah. Tempat duduk pengemudi bisa ditarik untuk memudahkan naik dan turunnya kursi dengan memori yang dapat disimpan dalam dua posisi.

Gambar yang menunjukan kursi Nissan Teana 2019

Kursi Nissan Teana 2019

Namun perubahan dimensi yang besar sepertinya tidak mempengaruhi ruang bagasi Nissan Teana 2019. Menurut pemantauan Cintamobil.com, kompartemen bagasi masih tercatat 488 liter, sama dengan ruang bagasi All New Nissan Teana.

>>> Baca juga berita Nissan lainnya

FITUR Nissan Teana 2019

Kenyamanan menjadi salah satu aspek yang ingin ditambahkan Nissan dalam versi facelift Teana kali ini. Benar saja, berbagai teknologi dan fitur menarik menjadi pemikat konsumen untuk mobil yang sudah 15 tahun melaju. Fitur Nissan Teana 2019 yang patut diperhatikan adalah Remote Engine Start yang memungkinkan pengemudi menyalakan kendaraan dan AC bahkan sebelum tiba di mobil. Jadi tak ada lagi yang namanya kepanasan ketika baru masuk ke dalam mobil di hari yang panas.

Gambar yang menunjukan fitur Remote Engine Start Nissan Teana 2019

Fitur baru Remote Engine Start pada Nissan Teana 2019

Nissan juga menawarkan fitur Nissan Intelligent Mobility yang sudah ditanamkan pada Nissan LEAF, mobil listrik andalan Nissan yang sedang berjaya di Eropa sana. Fitur ini akan membantu mengemudi dalam berkendara untuk pengemudian yang lebih aman dan mudah.

Review Nissan Teana 2019: ​Intelligent Around View Monitor (IAVM)

Gambar yang menunjukan fitur Intelligent Around View Monitor

Fitur Intelligent Around View Monitor siap 'melihat’ benda-benda disekitar

Nissan memberikan teknologi baru pada Teana, yaitu Intelligent Around View Monitor (IAVM) dengan Moving Object Detection (MOD). Teknologi MOD akan mendeteksi dan mengirimkan alarm setiap kali suatu benda atau seseorang bergerak di dekat kendaraan dengan menangkap gerakan dari gambar kamera di sekitarnya ketika kendaraan parkir atau bergerak perlahan. Objek yang bergerak akan mengingatkan pengemudi berupa gambar dan suara. Ada tiga situasi fitur ini akan berfungsi, yaitu ketika mobil di parkir atau berhenti, bergerak maju, dan mundur.

Review Nissan Teana 2019: ​Fitur Keselamatan Aktif

Menurut perwakilan Nissan pada peluncuran Teana baru di Thailand, upgrade ini menggunakan platform chassis yang lebih kaku, dengan suspensi yang telah disempurnakan agar mobil berjalan lancar serta kedap utara, membuat pengendaraan lebih baik. Semua tambahan teknologi diharapkan mampu membantu pengemudi saat mengemudi di daerah perkotaan, masuk ke ruang parkir yang sempit, atau mengemudi di jalan bebas hambatan.

Gambar yang menunjukan fitur keselamatan aktif Nissan Teana 2019

Berbagai fitur keamanan aktif dipersiapkan untuk Nissan Teana 2019

Selain itu, pasar Thailand juga mendapatkan penambahan fitur keselamatan aktif Nissan Teana 2019, seperti sistem pengereman ABS, distribusi rem EBD, banturan rem darurat BA, kamera belakang, serta 6 airbag untuk menjaga pengemudi ketika terjadi tabrakan. Nissan juga melengkapi Teana sistem kontrol traksi, sistem kamera 360 derajat, Blind Spot Warning (BSW) dan sistem peringatan jalur. Sepertinya Nissan akan memberikan berbagai rangkaian fitur ini saat membawa Teana ke Indonesia.

OPERASI Nissan Teana 2019

Di Thailand, sistem operasi Nissan Teana 2019 baru didistribusikan dengan empat versi: Teana 2.0 XE, Teana 2.0 XL, Teana 2.0 XL Navi, dan Teana 2.5 XV Navi. XE, DL, dan XL Navi berbagi mesin bensin empat silinder, berkapasitas 16 katip 2.0 liter untuk kapasitas 136 daya kuda dengan kemampuan torsi maksimum 189 Nm. Khusus untuk Teana 2.5 XV Navi dilengkapi dengan mesin empat silinder, 2.5 liter dengan kekuatan mencapai 173 daya kuda dan torsi maksimum 233 Nm.

Gambar yang menunjukan mesin Nissan Teana 2019

Mesin Nissan Teana 2019

Teana masih menjadi satu-satunya dari trio Jepang yang tidak menghadirkan opsi hibrida. Tapi Honda akan melawan hal ini dengan menggunakan Accord yang mencakup opsi bensin dan hibrida murni. Saat ini, semua versi menggunakan girboks CVT Xtronic dan memiliki tiga mode mengemudi; Normal, Eco dan Sport. Sama seperti mobil baru lainnya, Nissan ingin memberikan pengendaraan driver-oriented, dimana pengemudi bebas memilih mode berkendara yang mereka inginkan.

spesifikasi Nissan Teana 2019

Nissan memang sudah mengeluarkan Teana untuk pasar Thailand. Berikut spesifikasi Nissan Teana 2019 yang diambil langsung dari Nissan Thailand.

Dimensi Nissan Teana 2019

Panjang x Lebar x Tinggi

4.875 mm x 1.830 mm x 1.485 mm

Wheelbase

A/N

Bagasi

488 liter

Mesin Nissan Teana 2019

Tipe Mesin

Mesin Bensin 4 silinder 2.0L MR20DE DOHC C-CVT dan 2.5L QR25DE DOHC Twin C-CVT

Kapasitas Mesin

1.997 cc dan 2.488 cc

Tenaga Maksimum

136 dk (2.0L) dan 173 dk (2.5L)

Torsi Maksimum

190 Nm (2.0L) dan 234 Nm (2.5L)

Transmisi

CVT Xtronic

Kaki-Kaki Nissan Teana 2019

Suspensi Depan

MacPherson strut-green

Suspensi Belakang

Spring Rebound

Rem

A/N

Ban

235/45 R18

Velg

18 inci (16 inci untuk varian 2.0 XE)

kelebihan & kekurangan Nissan Teana 2019

Sebelum membandingkan mobil ini dengan segmen sedan mewah lainnya, ini dia kelebihan dan kekurangan Nissan Teana 2019 dari Cintamobil.com.

Kelebihan

Kekurangan

Tampilan luar mendapatkan pembaruan desain menawan

Tenaga masih rendah, bahkan dibandingkan versi terdahulu

Interior lebih lapang dan nyaman

Dibandingkan kompetitor, Teana belum mendapatkan versi hibrida

Teknologi keamanan serta pengendaraan lebih canggih untuk kenyamanan berkendara

Walaupun dimensi dibuat lebar, namun bagasi masih sama dengan model terdahulu

daftar harga Nissan Teana 2019

Nissan memang baru memasarkan Teana di Thailand. Berikut harga Nissan Teana 2019 yang bisa Anda beli jika Anda berkunjung ke Negara Gajah Putih ini.

Varian

Harga

Nissan Teana 2.0 XE

1.339.000 Baht

Nissan Teana 2.0 Xl

1.426.000 Baht

Nissan Teana 2.0 XL Navi

1.476.000 Baht

Nissan Teana 2.5 XV Navi

1.674.000 Baht

>>> Dapatkan harga mobil lainnya hanya di sini

Video Nissan Teana 2019

Baru diperkenalkan beberapa waktu lalu, Nissan masih belum mempromosikan Teana di banyak platform. Karena itu, mari kita intip video Nissan Teana 2019 dari akun YouTube Car Debuts.

KESIMPULAN Nissan Teana 2019

Nissan memang butuh tenaga baru mengingat pesaingnya seperti Toyota dan Honda sudah memberikan peningkatan untuk segmen sedan mereka. Dengan Toyota Camry dan Honda Accord yang sudah mendapatkan tambahan amunisi baru, keluarnya Nissan Teana 2019 sedikit terlambat. Tapi lebih baik terlambat dibandingkan tidak sama sekali, kan?

Gambar yang menunjukan tampilan dari atas Nissan Teana 2019

Nissan Teana mendapatkan berbagai tambahan sistem teknologi canggih

Untuk menghadapi persaingan ketat segmen sedan mewah, Nissan Teana 2019 mendapatkan dimensi yang lebih besar serta interior yang lebih lega. Beberapa fitur mengemudi juga ditambahkan, seperti Remote Engine Start yang memudahkan pengemudi menghidupkan mobil dari jarak jauh serta Intelligent Around View Monitor (IAVM) untuk memperingati pengemudi ketika ada benda-benda asing yang berada dekat kendaraan.

Untuk saat ini, segmen sedan mewah masih dikuasai oleh Camry dan Accord. Dengan hadirnya Teana versi facelift, Nissan sepertinya tak ingin ketinggalan untuk menarik konsumen. Sudah dijual di Thailand, sepertinya tak butuh waktu lama bagi Nissan untuk membawa Nissan Teana 2019 ke Indonesia. Kapan waktunya? Kita tunggu saja.

Padli Nurdin
 
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

REVIEW LAIN

Cari review mobil