Review Nissan Skyline 2020: Sang Legenda Kini Makin Canggih

10/10/2019
editor rate: 4,5 user rate: 3,0
Sejak dipekenalkan tahun 1957, Nissan Skyline telah menjadi model yang cukup ikonik bagi Nissan. Seolah ingin terus mengikuti zaman, Nissan memberikan facelift yang berisikan beberapa fitur canggih pada generasi ke-13 Skyline untuk pasar Jepang, salah satunya adalah sistem otonom Nissan Pro Pilot 2.0.

PENGANTAR Nissan Skyline 2020

Review Nissan Skyline 2020 Nissan Skyline 2020 adalah versi facelift dari generasi ke-13 Skyline (disebut juga Infinity Q50), yang memulai debutnya tahun 2014 lalu. Berbicara tentang Nissan Skyline, tentu yang teringat oleh sebagian besar pecinta mobil adalah sportscar Nissan yang menjadi ikon tahun 90-an, Nissan Skyline GT-R yang kini menjadi Nissan GT-R mulai generasi R35.

Gambar menunjukkan Prince Skyline Deluxe 1957 berwarna hitam dilihat dari sisi depan

Prince Skyline 1957, yang merupakan cikal bakal Nissan Skyline

Diperkenalkan pada 1957, Nissan Skyline awalnya merupakan mobil kompak yang diplot untuk menggantikan Nissan Prince (1952-1957), dan pada generasi ketiga (C10) hadir varian kencang Skyline yang disebut Skyline GT-R pada 1969.

Gambar sebuah mobil Nissan Skyline V35 2001 berwarna abu-abu dilihat dari sisi depan

Skyline V35 jadi model pertama pasca GT-R

Setelah itu, Skyline hanya mengeluarkan varian biasa sampai akhirnya varian GT-R kembali pada generasi ketujuh R32 (1989-1994), dilanjutkan R33 (1995-1998), dan R34 (1999-2002). Setelah R34, Nissan memisahkan Skyline dari GT-R dimulai dari generasi ke-11 sampai generasi ke-13 yang masih beredar sampai saat ini.

Well, kita memang tidak membahas Skyline GT-R (kini Nissan GT-R) yang termahsyur itu, namun saya menilai Nissan Skyline 2020 yang direview saat ini membawa aura sporty khas GT-R, dipadukan dengan kemewahan khas mobil eksekutif, penasaran bagaimana impresi mobil ini? Simak review Nissan Skyline 2020 hanya di Cintamobil.com.

EKSTERIOR Nissan Skyline 2020

Pada generasi ke-13 ini, untuk pertama kalinya Skyline hanya hadir sebagai sedan berpintu empat. Ada beberapa ubahan pada varian facelift Nissan Skyline 2020, apa saja yang baru dari segi eksterior dibandingkan model pre-facelift?

Review Nissan Skyline 2020: Eksterior Depan

Gambar sebuah mobil Nissan Skyline 2020 berwarna merah dilihat dari tampak depan

Meski tidak mirip, setidaknya aura sporty khas GT-R hadir di Nissan Skyline 2020

Dari sisi depan, kita melihat beberapa perubahan signifikan pada Nissan Skyline 2020. Hal yang paling menonjol adalah pengaplikasian V-Motion grille khas Nissan menggantikan model grill pre-facelift, ubahan juga ada tepat di bawah gril, di mana dudukan nomor polisi dibuat menjadi hitam, dari yang sebelumnya sewarna body.

Ubahan grill ini secara signifikan mengubah desain fascia depan, dari yang sebelumnya tampak menyempit di tengah grill kini tampak membulat dan lebih besar. Selebihnya, tidak ada perubahan signifikan pada lampu depan yang menggunakan LED dengan teknologi auto levelizer dan high beam assist.

Review Nissan Skyline 2020: Eksterior Samping

Gambar sebuah mobil Nissan Skyline 2020 berwarna merah dilihat dari tampak samping

Sisi samping dipenuhi banyak lekukan yang memberi kesan sporty

Jika melihat dari samping, tampilan Nissan Skyline 2020 cukup menggugah dengan banyaknya garis dan lekukan aerodinamika yang memanjang dari bagian depan ke belakang mobil. Sebut saja garis dari lampu depan ke belakang, lekukan dari fender depan ke fender belakang, dan pada pintu bagian bawah yang memanjang dari pintu depan sampai belakang dekat fender.

Dari dimensi, mobil ini memiliki panjang 4.810 mm, lebar 1.820 mm, dan tinggi 1.440mm. Dimensi ini bisa dibandingkan dengan beberapa mobil sedan eksekutif lainnya seperti Toyota Camry, atau Honda Accord, alhasil mobil ini juga punya kenyamanan setara dengan kedua rivalnya.

Review Nissan Skyline 2020: Eksterior Belakang

Gambar sebuah mobil Nissan Skyline 2020 berwarna merah dilihat dari tampak belakang

Nissan berhasil memadukan unsur elegan dan sporty pada bagian belakang Nissan Skyline 2020

Agresif namun tetap elegan dan manis, itu impresi saya untuk desain bagian belakang Nissan Skyline 2020. Di bagian atas terdapat sebuah ducktail kecil yang memberikan kesan sporty namun tidak berlebihan, di bawahnya terdapat emblem tulisan Skyline dengan finisihing silver matte, yang mengapit lampu belakang yang juga sudah memakai LED Combination lamp.

Turun ke bawah, kesan sporty hadir dari instalasi knalpot dua lobang di kanan dan kiri bumper, dipadukan dengan diffuser yang diberi kelir sewarna body. Selebihnya, kita melihat enam sensor parkir yang diletakkan di sekeliling bumper belakang.

>>>  Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Nissan Skyline 2020

Masuk ke dalam, Nissan Skyline 2020 semakin meningkatkan fungsionalitas dan kualitas material agar sesuai dengan sebuah sedan eksekutif dengan sedan eksekutif yang memiliki aura sporty. Nah, seperti apa aura di dalam facelift generasi ke-13 Skyline?

Review Nissan Skyline 2020: Dashboard dan Kemudi

Gambar menunjukkan desain bagian Dashboard Nissan Skyline 2020

Interior Nissan Skyline 2020 terasa berkelas dengan sentuhan kayu di sebagian interior depan

Elegan dan modern, hal ini cukup menggambarkan kesan pertama saat masuk ke dalam kabin Nissan Skyline 2020 untuk pertama kalinya. Perpaduan material berkelas di dashboard dan aksen kayu glossy pada sebagian door panel dan konsol tengah memberikan kesan mewah.

Beralih ke bagian kokpit, Anda akan mendapatkan setir dengan susunan tombol yang dapat mengatur berbagai fungsi seperti audio, telepon, dan cruise control. Layout clusternya juga cukup sederhana, dengan speedometer dan tachometer mengapit layar MID yang cukup informatif. Bukan hanya informasi standar yang muncul, namun ada juga fitur yang bisa memonitoring bagaimana kondisi jalan di sekitar mobil.

Review Nissan Skyline 2020: Konsol Tengah

Gambar menunjukkan desain bagian Konsol tengah Nissan Skyline 2020

Anda dapat mengatur berbagai fungsi mobil di konsol tengah

Selain tuas transmisi dan rem parkir elektrik, konsol tengah Nissan Skyline 2020 cukup ramai dengan berbagai tombol dan kenop untuk mengatur berbagai hal yang ada di mobil. Mulai dari sistem multimedia, navigasi, sampai mode berkendara.

Review Nissan Skyline 2020: Kursi

Gambar menunjukkan desain bagian kursi mobil Nissan Skyline 2020

Nissan Skyline 2020 dapat menampung lima orang dewasa secara proper

Kenyamanan menjadi salah satu nilai utama Nissan Skyline 2020, tidak ada ubahan signifikan dari pre-facelift di mana mobil masih bisa menampung lima penumpang dewasa dengan nyaman. Kursi sport yang digunakan di depan dapat mengakomodir pengemudi dan penumpang dengan nyaman dengan fitur power seat dan lumbar support. Khusus untuk pengemudi, mendapatkan juga fitur memory seat.

>>> Anda pasti tertarik:

FITUR Nissan Skyline 2020

Seperti dijelaskan di judul, Nissan Skyline 2020 memiliki dijejali berbagai fitur canggih pada berbagai aspek sebuah mobil. Mulai dari hiburan, fitur keselamatan aktif, dan juga fitur berkendara, lalu seberapa canggih mobil ini?

Review Nissan Skyline 2020: Fitur Hiburan

Gambar menunjukkan Multimedia system pada mobil Nissan Skyline 2020

Nissan Skyline 2020 menyematkan dua layar dengan total ukuran 15 inci

Untuk fitur multimedia, Nissan Skyline 2020 menyematkan layar ganda berukuran 8 inci dan 7 inci yang sudah terkoneksi dengan Android Auto dan Apple CarPlay, dan juga mendukung TV tuner. Juga tidak lupa dengan fitur koneksi standar seperti sambungan bluetooth dan USB, dan dapat memutar CD/DVD.

Pengalaman ber-audio pun semakin nikmat dengan audio BOSE Performance Series yang menghadirkan 16 speaker dan mendukung teknologi SurroundStage dan AUDIOPILOT.

Review Nissan Skyline 2020: Fitur Keselamatan Aktif

Gambar menunjukkan fitur Lane departure warning Nissan Skyline 2020

Dengan banyaknya sensor di dalam mobil, Nisan Skyline 2020 punya fitur keselamatan jempolan

Jika berbicara fitur keselamatan aktif, Nissan Skyline 2020 bisa dibilang sangat komplit. Mulai dari fitur pengereman seperti ABS, EBD, dan BA, fitur bantuan berkendara seperti Vehicle Dynamics Control, Lane Departure Warning, Tyre Pressure Warning System, sampai fitur keselamatan pejalan kaki yang mengurangi risiko cedera saat terjadi kecelakaan.

Review Nissan Skyline 2020: Fitur Berkendara

Fitur ProPILOT 2.0 yang jadi salah satu keunggulan Nissan Skyline 2020

ProPILOT 2.0 jadi fitur andalan Nissan Skyline 2020

Ini jadi salah satu bahasan yang paling menarik, Nissan Skyline 2020 dilengkapi berbagai fitur yang meninjang kenikmatan berkendara Anda, baik itu secara suspensi ataupun sistem berkendara.

Kita mulai dari suspensi, Intelligent Dynamic Suspension (IDS) menawarkan pengendalian presisi dari damper menyesuaikan kondisi berkendara. Dengan mengurangi getaran melalui struktur mobil, pengemudi bisa merasakan kontrol luar biasa dari mobil.

Feeling kemudi juga terasa responsif pada kecepatan rendah atau sedang dengan Direct Adaptive Steering (DAS), namun di saat bersamaan juga meminimalkan sensitivas kemudi. Alhasil, kenyamanan berkendara di tengah kota terasa lebih baik.

Dari sisi sistem, Nissan menyusupkan ProPILOT 2.0, sistem berkendara otonom level 2 dapat digunakan di jalan tol dan dapat melakukan beberapa manuver secara otonom semisal menyalip, menjaga jalur, dan masuk-keluar tol. ProPILOT 2.0 menjadi fitur standar untuk Nissan Skyline 2020 varian hybrid, baik itu 2WD ataupun 4WD.

>>> Lihat harga dan promo terbaru mobil Nissan di sini

OPERASI Nissan Skyline 2020

Gambar menunjukkan Mesin V6 Twin Turbo Nissan Skyline 2020

Nissan Skyline 2020 menggunakan mesin V6 Twin-turbo yang masih satu keluarga dengan mesin GT-R

Nissan Skyline 2020 menghadirkan dua opsi mesin, yang pertama VR300DDTT V6 Twin-turbo yang menyemburkan tenaga 300 HP dan torsi 400 Nm, serta 400 HP dan torsi 475 Nm untuk varian 400R.

Untuk model Hybrid, Nissan menyisipkan mesin V6 VQ35HR dengan tenaga 302 HP dan torsi 350 Nm. Namun, performa mobil ini juga ikut dikerek dengan motor listrik bertenaga 68 HP dan 290 Nm. Jadi, kalau ditotal varian hybrid memiliki tenaga total 369 HP dan torsi yang sangat besar, 546 Nm!

Bukan hanya torsi yang lebih besar, opsi penggerak roda Nissan Skyline 2020 juga lebih beragam. Berbeda dari model V6 Turbo, hybrid menawarkan dua sistem, yakni 2WD (rear-wheel-drive) dan 4WD.

>>> Review Nissan GT-R Nismo 2020: 'Godzilla' Tumbangkan Euphoria Toyota Supra

spesifikasi Nissan Skyline 2020

Untuk mengenal mobil ini lebih jauh, simak spesifikasi Nissan Skyline 2020 berikut ini:

Dimensi Nissan Skyline 2020

Panjang x Lebar x Tinggi

4.810 mm x 1.820 mm x 1.440mm

Jarak Poros Roda

2.850 mm

Mesin Nissan Skyline 2020

Varian V6 Turbo V6 Hybrid

Tipe Mesin

VR300DDTT V6 Turbo

VQ35HR  + HM34 Motors

Tenaga Maksimal

300 HP, 400 HP (400R)

369 HP

Torsi Maksimal

400 Nm, 475 Nm (400R)

546 Nm

Transmisi

7- speed automatic transmission with manual mode

7- speed hybrid transmission with manual mode

Sistem Penggerak

Rear Wheel Drive

Rear Wheel Drive / 4-Wheel Drive

Handling Nissan Skyline 2020

Sistem Kemudi

Electric power steering

Suspensi Depan

Independent suspension double wishbone type

Suspensi Belakang

independent suspension multi-link type

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Ventilated Disc

Pelek

R17 - R18 - R19

Fitur Nissan Skyline 2020

Fitur Keamanan Pasif

ABS, EBD, BA, Vehicle Dynamics Control

Fitur Berkendara

Intelligent Dynamic Suspension (IDS), Direct Adaptive Steering (DAS), ProPILOT 2.0 (Hybrid as standard, other optional)

Fitur Hiburan

Vehicle Information Display 8 inch + 7 inch (hybrid + 400r as standard, other optional), BOSE Audio System With 16 Speakers (Optional)

kelebihan & kekurangan Nissan Skyline 2020

Setelah melihat review eksterior, interior, fitur dan performa, apa saja kelebihan dan kelemahan Nissan Skyline 2020?

Kelebihan

Kekurangan

Desain mobil elegan, namun tetap sporty

Varian non-hybrid tidak mendapatkan penggerak empat roda

Mesin Hybrid V6 yang sangat bertenaga

Beberapa fitur hiburan bersifat opsional

Teknologi ProPILOT 2.0

Apakah akan masuk Indonesia?

daftar harga Nissan Skyline 2020

Nissan menghadirkan 10 varian berbeda untuk Nissan Skyline 2020, yakni GT, GT Type P, dan GT Type SP masing-masing untuk Hybrid 2WD dan 4WD. Sedangkan untuk varian V6 Turbo, ada satu varian tambahan yakni 400R. Adapun harganya dimulai dari 4.274.640 Yen Jepang (setara Rp 567 juta).

>>> Silakan cek harga dan promo dari mobil Nissan lainnya dengan klik sini

Video Nissan Skyline 2020

KESIMPULAN Nissan Skyline 2020

Gambar menunjukkan sebuah mobil Nissan Skyline 2020 GT Hybrid Maroon

Setelah era R34, akhirnya Nissan Skyline kembali memiliki aura sporty khas GT-R

Setelah berpisah sejak era R35, akhirnya Skyline mengadopsi sedikit kesan sporty khas GT-R, yang merupakan saudara kekarnya itu. Memang, keduanya tidak bisa dibandingkan karena peruntukan segmen yang berbeda, namun Nissan Skyline 2020 bisa jadi alternatif bagi Anda yang mencari sebuah sedan eksekutif memiliki perpaduan sporty serta elegan yang pas.

Pilihan varian yang banyak juga bisa jadi nilai plus bagi Anda, namun secara personal kami lebih menyarankan untuk mengambil Hybrid. Selain karena fitur ProPILOT 2.0 yang menjadi standar, perpaduan mesin dan motor listriknya menghasilkan tenaga yang besar. Jika Anda memilih varian V6 Turbo, 400R bisa Anda pertimbangkan.

>>> Simak review mobil yang tak kalah menariknya di sini

Derry Munikartono
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil