Review Nissan Serena 2019 Hybrid: Futuristik untuk Lingkungan yang Lebih Baik

11/08/2019
editor rate: 4,5 user rate: 4,5
Bulan lalu, nisan memberikan gambaran tentang facelift pada Nissan Serena C27. Dan kali ini, MPV generasi kelima Nissan Serena 2019 Hybrid mulai dijual di pasar Jepang. Perubahan sebagian besar bersifat kosmetik, tetapi ada beberapa revisi mencakup peningkatan dalam hal sistem keselamatan di dalam mobil.

PENGANTAR Nissan Serena 2019

Review Nissan Serena 2019 Hybrid - Sebagai salah satu minivan terpopuler dari Nissan, Nissan Serena akhirnya mendapatkan ubahan kosmetik dan peningkatan fitur pada facelift generasi kelima ini bersama dengan mesin hibrida melalui Nissan Serena 2019 Hybrid. Pertama kali diperkenalkan pada 1991 sebagai van penumpang nan kompak, Serena tumbuh besar seiring dengan pergantian generasi dari tahun ke tahun.

mobil generasi pertama Nissan Serena 1991 berwarna biru

Generasi pertama Nissan Serena yang diluncurkan pada 1991

Generasi pertama langsung masuk ke Indonesia pada 1996 dengan kode bodi C23. Meskipun seri kedua C24 sudah diluncurkan di Jepang pada 1999, konsumen di Indonesia baru bisa menikmati ubahan baru dari 2004 silam. Selama sepuluh tahun, dua generasi selanjutnya pun meluncur, yaitu C25 (2005-2010) dan C26 (2010-2016). Sedangkan generasi kelima yang sudah diluncurkan 2016 lalu baru masuk ke Indonesia Februari 2019.

Nissan Serena generasi kelima berwarna putih

Nissan Serena generasi kelima yang baru saja diperkenalkan di Indonesia

Dan kali ini, facelift generasi kelima yang mulai dijual di Jepang sejak awal Agustus lalu masih mengandalkan tradisi historis Serena sebagai komuter yang mampu melayani berbagai fungsi. Mulai dari pengangkut keluarga hingga kendaraan niaga. Dengan keunggulan Serena 1991 – seperti tempat duduk yang luas, kemudahan akses dan utilitas yang nyaman – tetap utuh, Nissan terus memperluas fitur dan teknologi kendaraan.

tampilan mobil baru Nissan Serena 2019 Hybrid berwarna merah

Ubahan baru pada Nissan Serena 2019 Hybrid

Serena masih menjadi salah satu model terbaik Nissan, baik di Jepang maupun di Indonesia. Sistem bantuan mengemudi ProPilot 2.0 dan teknologi mesin hibrida e-Power membantu menjadikan mobil ini sebagai minivan terlaris di Jepang untuk tahun fiskal 2018. Berikut review Nissan Serena 2019 Hybrid yang baru dijual di negara asalnya awal Agustus lalu.

EKSTERIOR Nissan Serena 2019

Generasi kelima yang baru memberikan lebih banyak perubahan pada tampilan eksterior. Pembaruan eksterior Nissan Serena 2019 Hybrid mengandalkan teknologi tingkat tinggi serta kualitas premium dengan berbagai aksen krom pada tampilan luar.

Review Nissan Serena 2019 Hybrid: Eksterior Depan

Jika dilihat dari luar, Serena mendapatkan gril baru yang dikenal dengan double V-motion dari Nissan. Pada model standar, desain bumper depan dan belakang yang lebih tajam menambahkan kesan sporty. Lampu utama pada eksterior depan Nissan Serena 2019 Hybrid yang terpisah terdapat bilah kembar, sekarang mendapatkan strip krom, bukannya warna tubuh.

tampilan depan Nissan Serena 2019 Hybrid berwarna merah

Tampilan depan Nissan Serena 2019 Hybrid

Dalam varian Highway Star, desain lampu depan mengalir rapi ke perbatasan gril krom besar di tengah. Varian tertinggi sudah mendapatkan lampu depan LED adaptif pertama dari Nissan yang menampilkan 12 dioda di setiap sisi dan bisa dimatikan secara terpisah. Hal ini memungkinkan Anda untuk menggunakan sinar tinggi tanpa banyak mengganggu pengendara lainnya

Review Nissan Serena 2019 Hybrid: Eksterior Samping

tampilan samping Nissan Serena 2019 Hybrid berwarna merah

Tampilan samping Nissan Serena 2019 Hybrid

Edisi facelift hadir dengan dua warna baru, yaitu Sunrise Orange dan Dark Metal Gray. Kedua warna eksterior bisa dipilih dengan skema cat dual-tone yang mencakup car Diamond Black di atap, memberikan Serena karakter sporty yang mengesankan. Selain itu, eksterior samping Nissan Serena 2019 Hybrid juga dilengkapi dengan desain pelek 16 inci yang aerodinamis nan eksklusif untuk model e-Power.

Review Nissan Serena 2019 Hybrid: Eksterior Belakang

tampilan belakang Nissan Serena 2019 Hybrid berwarna merah

Tampilan belakang Nissan Serena 2019 Hybrid

Bagian belakang hanya mendapatkan perubahan minimal. Dan melihat apa yang diberikan pada eksterior belakang Nissan Serena 2019 Hybrid, edisi minimalis memang lebih menawan. Ubahan pada tampilan belakang hanya terdiri dari satu set lampu belakang baru dan bemper belakang yang hanya diberikan pada varian tertinggi, yaitu HighwayStar.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Nissan Serena 2019

Tampilan interior hampir sama dengan edisi pre-facelift. Pembaruan interior terbatas pada desain panel instrumen yang diperbarui serta kain jok yang baru. Meskipun Anda hanya bisa memilihnya tergantung pada varian kendaraan. Dan selain itu, Anda juga bisa memilih berbagai warna interior Nissan Serena 2019 Hybrid, mulai dari hitam, abu-abu, hingga beige.

Review Nissan Serena 2019 Hybrid: Dasbor

Dasbor dual-tone menghiasi tampilan futuristik dari mobil ini. Masih sama seperti edisi pre-facelift, dasbor Nissan Serena 2019 Hybrid masih menggunakan layar hiburan Multimedia dengan Smartphone Connectivity sebesar 11 inci. Namun yang menjadi pembeda adalah bagaimana Nissan memberikan tampilan panel instrumen digital yang baru, menegaskan desain masa depan nan mewah dari mobil ini.

dasbor dan kemudi Nissan Serena 2019 Hybrid berwarna hitam dan putih

Dasbor dan kemudi Nissan Serena 2019 Hybrid

Review Nissan Serena 2019 Hybrid: Kemudi

Setir multi-fungsi flat bottom menemani Anda dalam berkendara. Dengan tombol fitur yang mudah digapai, pengemudi mendapatkan kemudahan akses dalam mengaktifkan maupun menggunakan fitur yang diberikan. Tapi dari segi komponen, tidak ada perbedaan yang signifikan antara kemudi Nissan Serena 2019 Hybrid dengan edisi facelift di Jepang maupun generasi kelima yang baru saja diluncurkan di Indonesia.

Review Nissan Serena 2019 Hybrid: Kursi

kursi Nissan Serena 2019 Hybrid berwarna hitam dan putih

Kursi Nissan Serena 2019 Hybrid

Seperti interior yang mendapatkan desain yang baru, kursi Nissan Serena 2019 Hybrid mendapatkan kain jok baru. Tetapi jenis yang bisa Anda dapatkan tergantung pada varian yang Anda pilih. Di Jepang sendiri, Nissan menawarkan sarung jok kedap air opsional yang menawarkan lapisan perlindungan ekstra dari kotoran dan tumpahan makanan. Dengan pilihan 7 hingga 8 kursi, versi hibrida hanya dipasarkan dengan konfigurasi 7 penumpang.

Review Nissan Serena 2019 Hybrid: Bagasi

bagasi Nissan Serena 2019 Hybrid berwarna merah

Kapasitas bagasi Nissan Serena 2019 Hybrid yang besar

Seperti Serena pada umumnya, mobil ini memiliki kapasitas ruang penyimpanan yang cukup besar. Walaupun Nissan belum mengumumkan berapa kisaran ruang bagasi Nissan Serena 2019 Hybrid, dari berbagai gambar yang diluncurkan Nissan menjelaskan kapasitas ruang yang mumpuni dari mobil ini untuk menaruh barang bawaan Anda selama berkendara.

>>> Dapatkan berbagai review Serena lainnya di sini

FITUR Nissan Serena 2019

Dalam pernyataan resminya, Serena yang baru menampilkan serangkaian teknologi keselamatan cerdas sebagai peralatan standar pada seluruh varian, termasuk yang termurah. Seperti hampir mobil baru Nissan lainnya, Serena mendapatkan berbagai fitur Intelligent Mobility dari Nissan. Fitur baru ini membantu menyediakan ruang pemantauan keselamatan di depan, samping, dan belakang, serta memungkinkan intervensi ketika dibutuhkan.

Fitur mengemudi semi-otonom ProPilot 2.0 opsional juga mendapatkan peningkatan. Kini dengan pembaharuan pada kontrol peningkatan, memberikan pengereman yang lebih mulus dalam berbagai kondisi mengemudi. Menurut beberapa sumber, fitur ini juga lebih baik dalam mempertahankan kecepatan yang disetel oleh pengemudi dan menyeimbangkan output powertrain saat kembali ke permukaan jalan yang lebih rata.

Penjelasan fitur mengemudi ProPilot 2.0 dari Nissan

Penambahan fitur Nissan Serena 2019 Hybrid yang baru termasuk Intelligent Spion Mirror, pintu geser otomatis dengan satu sentuhan, sakelar geser otomatis pada baris ketiga untuk memudahkan Anda ketika keluar dan masuk. Selain itu, fitur Nissan Serena 2019 Hybrid mendapatkan pintu geser otomatis hands-free yang dapat diaktifkan dengan gerakan kaki di bawah pintu samping.

Review Nissan Serena 2019 Hybrid: Fitur Keselamatan Aktif

fitur keselamatan Nissan Serena 2019 Hybrid berwarna merah

Fitur keselamatan Nissan Serena 2019 Hybrid

Nissan menawarkan peningkatan pada sistem keselamatan untuk memberikan kenyamanan bagi Anda selama berkendara. Fitur keselamatan aktif Nissan Serena 2019 Hybrid sudah mendapatkan Intelligent Blind Spot Intervention, peringatan Blind Spot, Rear Cross Traffic Alert dan Emergency Assist untuk Kesalahan Penekanan Pedal. Selain itu, fitur standar yang diberikan yaitu Intelligent Emergency Braking dan Lane Departure Warning.

>>> Ada Teknologi ProPilot 2.0 Pada Nissan Skyline Terbaru, Pengemudi Bisa Lepas Tangan

OPERASI Nissan Serena 2019

Sementara itu, sistem operasi Nissan Serena 2019 Hybrid yang baru dengan model e-Power mendapatkan tenaga oleh motor listrik berkekuatan 136 daya kuda dengan torsi maksimal 320 Nm yang diambil dari Nissan Leaf generasi sebelumnya. Motor listrik ini disandingkan dengan mesin 1.2 liter HR12DE tiga silinder 78 daya kuda serta 103 Nm torsi.

mesin Nissan Serena 2019 Hybrid berwarna hitam dan putih

Efisiensi dari mesin hibrida Nissan Serena 2019 Hybrid

Untuk efisiensi bahan bakarnya, Nissan mengklaim angka konsumsi berada pada 26,2 km per liter pada siklus JC08 Jepang. Jika dibawa ke Indonesia, bisa dipastikan Serena mampu menjadi salah satu penantang besar di kelas Minivan. Bukan hanya kapasitas bangku yang banyak serta fitur berkendara yang canggih, efisiensi bahan bakar yang sangat terjamin menjadi salah satu keunggulan mobil ini.

Selain itu, Opsi mesin yang dipertahankan yaitu mesin MR20DD 2.0 liter empat silinder twin-CVTC yang mampu menghasilkan kekuatan 145 daya kuda dengan torsi maksimal 210 Nm. Konsumen di Jepang mendapatkan pilihan penggerak roda depan atau semua roda. Tapi untuk versi hibrida, Nissan hanya membawa penggerak roda depan untuk mobil ini.

>>> Jangan Anggap Remeh Kelebihan Nissan Serena 2017

spesifikasi Nissan Serena 2019

Dibandingkan dengan generasi kelima Serena yang baru ke Indonesia awal tahun lalu. Tapi untuk lebih lengkapnya, berikut kami sertakan spesifikasi Nissan Serena 2019 Hybrid yang dijual di Negeri Sakura.

Dimensi Nissan Serena 2019 Hybrid

Panjang x Lebar x Tinggi

4.770 mm x 1.740 mm x 1.865 mm

Jarak Poros Roda

2.860 mm

Berat Total

1.710 kg

Mesin Nissan Serena 2019 Hybrid

Tipe Mesin

HR12DE-EM57 dengan motor listrik e-Power berdaya 77 dk dan 103 Nm)

Tenaga Maksimal

134 dk

Torsi Maksimal

320 Nm

Transmisi

Xtronic CVT

Sistem Penggerak

All-Wheel-Drive dan Front-Wheel-Drive

Efisiensi Bahan Bakar

26,2 km/l

Kaki-Kaki Nissan Serena 2019 Hybrid

Suspensi Depan

Independent Strut, Single Action, Coil Spring with Stabilizer

Suspensi Belakang

Torsion Beam, Single Action, Coil Spring with Stabilizer

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Solid Disc

Tipe Ban

195/60 R16

kelebihan & kekurangan Nissan Serena 2019

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan Nissan Serena 2019 Hybrid dibandingkan versi mesin konvensionalnya, beberapa diantaranya yaitu,

Kelebihan

Kekurangan

Tambahan fitur infotainment dan keselamatan

Hanya tersedia dalam konfigurasi 7 kursi

Efisiensi bahan bakar yang lebih tinggi dengan teknologi hibrida

Pengecasan motor listrik masih menjadi salah satu masalah di Indonesia

Kekedapan kabin yang lebih tinggi dibandingkan mesin konvensional

 

daftar harga Nissan Serena 2019

Popularitas Serena di Jepang memang mengagumkan. Mobil ini bahkan sempat menjadi yang paling laris di kelasnya tahun lalu. Maka dari itu, tak heran jika Nissan memperkenalkan banyak varian untuk model ini. Di Jepang, harga Nissan Serena 2019 Hybrid yang diperkenalkan dalam enam varian adalah sebagai berikut,

Varian

Harga

e-Power X

2.943.000 Yen (Rp393 jutaan)

e-Power XV

3.167.640 Yen (Rp423 jutaan)

e-Power G

3.410.640 Yen (Rp455 jutaan)

e-Power HighwayStar

3.233.520 Yen (Rp431 jutaan)

e-Power HighwayStar V

3.435.480 Yen (Rp459 jutaan)

e-Power HighwayStar G

3.657.960 Yen (Rp488 jutaan)

Video Nissan Serena 2019

Di Jepang sendiri, Nissan sudah memasarkan versi facelift bertepatan dengan peluncurannya awal bulan Agustus lalu. Berikut video Nissan Serena 2019 Hybrid yang diambil langsung dari akun resmi Nissan di Jepang.

KESIMPULAN Nissan Serena 2019

Dilihat dari luar hingga bagian kabin, tidak banyak yang berubah dari Nissan Serena 2019 Hybrid versi facelift generasi kelima ini. Yang patut digarisbawahi adalah bagaimana Nissan membawa fitur futuristiknya dalam Serena, termasuk ProPilot yang akan membantu Anda selama berkendara di jalanan. Belum lagi mesin hibrida yang mampu mengantarkan Anda sejauh 26,2 km/l tentu menekan ‘uang bensin’ yang keluar, sekaligus mengurangi polusi udara yang dihasilkan.

mobil baru dan varian Nissan Serena 2019 Hybrid berwarna merah

Tampilan baru dari Nissan Serena 2019 Hybrid

Dengan Nissan baru memperkenalkan generasi kelima di Indonesia awal tahun lalu, dimana sudah diluncurkan pada 2016 di Jepang, kecil kemungkinan Nissan akan membawa edisi facelift ini ke Indonesia dalam waktu dekat. Tapi mengingat Kepres mengenai mobil listrik sudah diluncurkan, bukan tidak mungkin kita akan melihat Nissan Serena 2019 Hybrid lebih cepat di jalanan Tanah Air.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Padli Nurdin
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil