Review Nissan Qashqai 2019 Indonesia

26/10/2018
editor rate: 4,5 user rate: 4,0
Kalau boleh kami blak-blakan, keseriusan PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) di pasar tanah air akhir-akhir ini harus dipertanyakan. Karena sudah banyak sekali model terbaru dari Nissan global yang keren dan dinamis tapi tak kunjung dipasarkann di Indonesia. Malah Nissan Terra yang beberapa waktu lalu kai test drive saja belum ada gaungnya setelah selesai GIIAS 2018. Nah, untuk mengobati rasa rindu akan produk baru Nissan yang canggih dan nyaman, Berikut review Nissan Qashqai Ti 2019.

PENGANTAR Nissan Dualis 2019

Tampak Nissan Qashqai 2019 dengan dilengkapi aksesoris

Nissan Qashqai masuk ke kelas Compact SUV dengan kadar persaingan yang keras

Review Nissan Qashqai 2019 - Nissan Qashqai lebih dikenal dengan nama Nissan Dualis di pasar Jepang. Kehadirannya sejak tahun 2006 cukup menggemparkan jagat dunia permobilan di Eropa meskipun di Indonesia tidak terdengar gaungnya. Maklum saja, Nissan Dualis atawa Qashqai masuk ke Indonesia dengan format CBU (Completly Built Up) lewat keran Impor Umum (IU) yang merupaka kependekan dari Importir Umum. Mobil ini positioning-nya berada diantara Nissan X-Trail dengan Nissan Juke. Secara langsung, jika mobil ini masuk Indonesia akan berhadapan dengan Chevrolet Trax, Mazda CX-3, maupun Hyundai Kona 2019 yang sempat kami review.

Gambar bagian depan mobil Nissan Qashqai 2019

Nissan Qashqai sendiri menjadi salah satu best seller Nissan di Eropa dan Australia

Tapi, kalau boleh jujur kelas SUV Compact itu lumayan absurd nan membingungkan. Bayangkan saja ada kurang-lebih 3 produk keluaran Nissan yang masuk dalam SUV kompak. Ada Nissan Qashqai, Nissan Juke, dan Nissan Kicks. Ketiganya memiliki dimensi yang hampir mirip bila disejajarkan. Prediksi kami, ketiga produk tersebut memiliki ranahnya masing-masing sesuai region-nya. Ambil contoh, di India Nissan kebagian Kicks sebagai compact SUV, dataran Eropa Qashqai, pada negara asalnya yakni Jepang Dualis. Sedangkan Indonesia sendiri percaya kepada Nissan Juke. Kami sendiri tahun 2006 sempat mencoba langsung di Indonesia.

Tampak Nissan Qashqai 2019 tipe ST dengan pelek yang cukup bagus

Nissan Qashqai tipe terendah pakai pelek 17 inchi dengan motif kipas dan punya fitur yang cukup

Nissan Qashqai 2019 yang kami review ini merupakan versi Australia. Mengapa kami sering mengambil basis produk asal negara kangguru itu untuk model yang enggak dipasarkan di Indonesia? Karena selain menganut layout setir kanan, serta posisi tuas sein dan wiper yang mirip dengan Indonesia, produk asal Australia juga cukup sering di impor oleh IU, ambil contoh Hummer waktu booming masuk Indonesia, rata-rata IU mengambil versi australia, karena negeri yang juga identik dengan hewan Koala ini memiliki teknologi khusus untuk memindahkan posisi dari sertir kiri ke setir kanan.

sisi samping mobil Nissan Qashqai 2019 tipe ST-L berwarna biru

Nissan Qashqai 2019 tipe ST-L pakai pelek two tone dengan diameter 18 inchi dan fitur yang lebih lengkap dari varian dibawahnya

Nissan Qashqai 2019 sendiri di australia terdiri dari 4 tipe, yang terendah dinamakan ST. Qashqai ST memiiki fitur kuncian bluetooth phone and auto streaming, rearview camera, intellegent emergency braking, pelek alloy 17 inchi, serta setir dan shift knob berlapis kulit. Untuk varian diatasnya yaitu Qashqai ST-L pakai pelek alloy 18 inchi berkelir two tone, serta mendapat tambahan fitur Intelligent Around View® Monitor, pemanas jok depan, navigasi satelit. Sedangkan untuk varian diatasnya lagi dan tipe tertinggi yaitu N-TEC dan Ti dapat pelek diamond cut  19 inchi serta fitur tambahan yang jauh lebih lengkap yang segera akan kita bahas di review Nissan Qashqai 2019.

Nissan Qashqai 2019 tipe N-Tec dan Ti memiliki tampilan yang serupa

Nissan Qashqai 2019 tipe N-TEC dan Ti mengadopsi pelek 19 inchi berdesain diamond cut yang kece abis

EKSTERIOR Nissan Dualis 2019

Review Nissan Qashqai 2019: Tampilan Depan

Desain eksterior mobil Nissan Qashqai 2019 berwarna biru dilihat dari sisi depan

Seperti biasa grill khas Nissan, desain V-Shape sangat jelas dan kentara

Nissan seakan membuat kesan sangar dan kekar lewat aplikasi desain V-shape motion yang seakan sudah menjadi ciri khas mobil keluaran Nissan terbaru. Dan hal ini sebenarnya bukan berita buruk bagi Nissan Qashqai 2019 yang sedang Cintamobil.com review ini. Positioning lamp SUV kompak ini membentuk citra yang mengikuti dengan sleek headlamp design dari lampu utama serta grill, membuat tampilannya berkelas, sporti, sekaligus elegan. Yang kami suka dari tampilan depan Nissan Qashqai 2019 ini adalah adanya sirip kisi berwarna brushed metal diatas foglamp-nya yang punya desain sipit. Keren!

Review Nissan Qashqai 2019: Tampilan Samping

Tampak samping mobil Nissan Qashqai 2019 berwarna biru

Bila dilihat dari samping tampilan mobil ini terasa proporsional 

Bagian samping ini merupakan salah satu favorit kami dari Cintamobil.com. Bagaimana tidak? Lihat saja proporsi tampilannya yang kesemuanya terasa pas dan tidak kurang apalagi berlebih. Mulai dari penggunaan pelek 19 inchi-nya (khusus varian N-TEC dan Ti) yang pas dengan dimensi mobil. Belum lagi aplikasi roof rail di pinggir atap Nissan Qashqai 2019 ini yang multifungsi sebagai dudukan roof box serta mampu menopang bobot hingga 50 kilogram. Oh ya, kami juga suka desain garis-garis bodi sampingnya yang cenderung 'halus' dan tidak terlalu mengganggu mata untuk dipandang.

Review Nissan Qashqai 2019: Tampilan Belakang

Desain bagian belakang mobil Nissan Qashqai 2019 berwarna biru

Seksi dan berkarakter merupakan khas dari Nissan Qashqai 2019

Aura modern dan sedap untuk dipandang terus berlanjut hingga ke bagian buritan Nissan Qashqai 2019 ini. Coba Anda perhatikan guratan lampu belakang LED yang desainnya dinamis. Saat menyala, lampu belakang ini akan bersinar terang namun tidak menyilaukan mata. Plastik berwarna hitam doff dikombinasi dengan kelir abu-abu pada bagian diffuser juga semakin menguatkan karakter mobil ini adalah sebuah crossover. Meski sudah dilengkapi dengan wiper belakang, namun Anda jangan khawatir kaca belakang akan mengembun, karena sudah dilengkapi elemen pemanas kaca belakang atawa deffoger.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Nissan Dualis 2019

Review Nissan Qashqai 2019: Layout Interior

desain layout interior sebuah Nissan Qashqai 2019

Kalau boleh jujur desain interior terutama dasbornya agak usang

Kami agak kecewa ketika melihat interiornya. Karena, kalau boleh jujur mobil ini sudah terlihat usang desain interiornya. Enggak percaya? Coba Anda perhatikan layout dasbornya, Anda akan teringat dengan mobil apa? Benar, sekali, sejak tahun 2014 Nissan X-Trail telah mengadopsi dasbor ini. Untunglah setir dengan desain flat bottom seperti yang digunakan pada Nissan Micra masih menolong bagi Nissan Qashqai 2019 untuk tetap terlihat modern. Yang jelas, kami dari Cintamobil.com sangat menyayangkan hal ini.

Review Nissan Qashqai 2019: Konfigurasi Jok

gambar bagian kursi mobil Nissan Qashqai 2019

5 penumpang dewasa dapat duduk dengan nyaman di kabin Nissan Qashaqai 2019

Kelemahan di sisi layout dasbor yang sebelumnya Cintamobil.com bahas cukup tertolong dengan konfigurasi joknya. Bukan karena kapasitasnya 5 penumpang dewasa, namun desain jok ini dilakukan bareng NASA yang mana mendesain pesawat ulang alik luar angkasa. Anda akan merasa betah berlama-lama menduduki kursi-kursi ini, karena bentuknya menyesuaikan egronomi tubuh pengemudi serta penumpang depan. Tidak hanya itu saja, kursi depan dan belakang mobil ini juga terlihat semakin mewah karena dibalut kulit berkualitas tinggi.

Review Nissan Qashqai 2019: Panoramic Roof

Panoramic Glass pada mobil Nissan Qashqai 2019

Panoramic roof pada Nissan Qashqai membuat aura kabin semakin luas

Anda yang mempunyai anak kecil pasti akan senang dengan fitur yang satu ini, yaitu panoramic roof alias atap kaca. Memang tidak bisa dibuka layaknya sunroof atau moonroof, namun penggunaan atap dengan bahan kaca ini membuat kegiatan menikmati langit kala hujan atau dimalam hari ditengah perkotaan menjadi semakin asyik dan membuat pengalaman tersendiri. Sayangnya opsi atap kaca ini hanya tersedia di dua varian tertinggi pada Nissan Qashqai 2019, padahal jika apabila dijadikan fitur standar pasti akan membuat value for money-nya semakin baik.  

>>> Baca juga:

FITUR Nissan Dualis 2019

Review Nissan Qashqai 2019: Rear Cross Traffic Alert

Gambar menunjukkan fitur Rear Cross Traffic Alert pada mobil Nissan Qashqai 2019

Fitur rear cross traffic alert akan menghindarkan Anda dari malapetaka

Pernahkah Anda ketika parkir ketika hendak mundur tiba-tiba ada kendaraan lain entah itu mobil ataupun motor melintas kencang dibelakang mobil Anda? Jika Anda naik Nissan Qashqai dan mengaktifkan fitur rear cross traffic alert yang termasuk dalam paket Nissan Intelligent Mobility pastinya Anda akan tenang. Cara kerja dari fitur ini juga mudah dipahami, sensor di ujung kendaraan akan mendeteksi apakah ada objek lain didekat mobil yang sekiranya membahayakan. Jika ada objek yang terdeteksi, sensor akan mengirim sinyal ke modul, dan juga memberi peringatan ke pengemudi.

Review Nissan Qashqai 2019: Intelligent Arround View Monitor

Gambar menunjukkan fitur arround view camera pada Nissan Qashqai 2019

Kaum hawa alias wanita akan menyenangi fitur yang satu ini karena sangat memudahkan

Salah satu kesulitan terbesar saat hendak parkir adalah pengemudi kesulitan menentukan patokan akan dimensi mobilnya. Nah, fitur andalan Nissan ini akan membantu Anda mengatasi kesulitan tersebut. Dan kami dari Cintamobil.com memperkirakan, kaum hawa alias wanita akan menyenangi fitur yang satu ini karena akan sangat memudahkan memantau bodi mobil. Tidak hanya ketika parkir, namun juga ketika harus melewati jalan yang sempit. Cara kerjanya ada empat kamera yang diletakkan masing-masing di hidung, bawah spion kanan-kiri, serta buritan. Keempat kamera tersebut memproyeksikan gambar yang tampil di head unit mobil.

Review Nissan Qashqai 2019: Active Driving Aids

gambar menunjukkan fitur adaptive cruise control pada Nissan Qashqai 2019

Fitur ini akan menjaga mobil tetap pada jalurnya

Bila sebelumnya fitur disukai kaum hawa, maka kami yakin fitur yang satu ini akan disukai oleh kaum adam alias pria. Fitur driving aids merupakan gabungan dari sistem yang menjaga mobil agar tetap aman pada jalurnya. Contoh, ketika sedang bermanuver cepat hingga kehilangan traksi ban, mobil akan ditahan untuk tidak keluar dari jalurnya. Cara kerja gabungan sistem keselamatan aktif ini juga mudah dicerna oleh otak, sensor pada mesin, roda, dan sensor motion (gerak) akan membaca ketika mobil membutuhkan 'pertolongan'. Ketika mobil hendak keluar dari lajur atau lepas kendali, sistem akan mengambil alih bahkan dapat mengintervensi tenaga mesin hingga setir agar Nissan Qashqai Anda tetap aman. 

Review Nissan Qashqai 2019: 360 Degrees View 

Fitur Parking Assist pada Nissan Qashqai 2019

Melihat dari atas seperti burung melihat memantau mangsanya, membuat aktivitas parkir menjadi menyenangkan

Salah satu hal yang paling tidak menyenangkan ketika mengemudi adalah aktivitas parkir. Apalagi bila harus memarkirkan kendaraan di lahan yang sempit dan visibilitas kita terbatas. Nah, fitur 360 degrees view akan sangat membantu bahkan membuat aktivitas parkir menjadi sangat menyenangkan. Anda akan dengan mudah memantau gerak bodi mobil. Yang jelas cara kerja fitur ini sangat mengandalkan kamera parkir yang tertanam pada bagia hidung mobil, spion kanan-kiri, serta buritan mobil. Dan fitur ini merupakan bagian dari Intelligent Arround View Monitor.

>>> Anda sedang mencari mobil crossover dan ingin tambah ia dalam koleksi mobil Anda. Langsung klik sini untuk baca informasi terlengkap

OPERASI Nissan Dualis 2019

Review Nissan Qashqai 2019: Top Speed

Gambar menunjukkan Top Speed Nissan Qashqai 2019 bermesin1.6 Diesel

Versi bermesin diesel mampu menyentuh 206 km/jam, sedangkan versi bensin di 195 km/jam

Meski berdimensi imut dan berperawakan tinggi, dan terkesan tidak cocok untuk melaju kencang, namun ternyata crossover mungil ini mampu berlari kencang, bahkan untuk versi bermesin turbo diesel 1600 cc yang dijual diluar Australia mampu berlari sekencang 206 km/jam. Sementara unit bermesin MR20DD yang serupa dengan Nissan X-Trail yang dijual di tanah air mampu berlari 195 km/jam. Kami memprediksi kecepatan puncak Nissan Qashqai ini dibatasi secara elektronik, mengingat kami dari tim tester Cintamobil.com pernah ada yang menggeber Nissan X-Trail bermesin yang sama dan berbobot lebih berat hingga 210 km/jam.

Review Nissan Qashqai 2019: Pengendalian

Gambar mobil Nissan Qashqai 2019 sedang bermanuver di tikungan

Berdimensi lebih kompak dari kakaknya Nissan X-Trail seakan menggaransi Nissan Qashqai lebih asyik dikemudikan

Kami berani memprediksi pengendalian Nissan Qashqai 2019 ini akan jauh lebih nikmat dari kakaknya yaitu Nissan X-Trail. Hal ini disebabkan karena bodi yang diusung oleh Nissan Qashqai 2019 jauh lebih kompak dari sang kakak. Apalagi Nissan Qashqai 2019 juga menggendong mesin yang serupa dengan mantan number  best seller 1 SUV in Indonesia ini. Apalagi fitur keselamatan aktif dan pasif dari mobil ini sangat lengkap. Terbukti, di beberapa media luar negeri banyak yang memuji performa dan pengendalian mobil ini.

>>> 4 Pilihan Mobil Bekas Minivan Terbaik di Listing Cintamobil.com Dibawah Rp 150 juta

spesifikasi Nissan Dualis 2019

Inilah spesifikasi lengkap Nissan Qashqai 2019.

Dimensi/ Ukuran Nissan Qashqai 2019

P x L x T

4.394 x 1.809 x 1.595 mm

Jarak Terendah Ke Tanah

188 mm

Jarak Sumbu Roda

2.646 mm

Mesin Hyundai Nissan Qashqai 2019

Jenis

MR20DD DOHC 16-valve 4-cylinder

Isi silinder

1.997 cc

Diameter x langkah

79,7 mm x 90,1 mm

Daya maksimum

142,2 dk @ 6.000 rpm

Torsi maksimum

200 Nm @ 4.400 rpm

Transmisi & Rangka Nissan Qashqai 2019

Transmisi

Xtronic CVT® with Manual Mode Front Wheel Drive

Suspensi depan

Independent Strut Suspension

Suspensi belakang

Independent Multi-link Rear Suspension

Rem depan

Ventilated Disc

Rem belakang

Solid Disc

Ukuran Ban

225/45-R19

kelebihan & kekurangan Nissan Dualis 2019

Berikut kelebihan dan kekurangan Nissan Qashqai 2018.

Kelebihan

Kekurangan

Desain keren dan dimensi proporsional

Belum se-nyentrik rival lainnya seperti Hyundai Kona

Fitur keselamatan lengkap baik aktif maupun pasif

Tenaga mesin dan torsi masih kurang menggigit dikelasnya (varian bermesin bensin)

Mesin serupa Nissan Xtrail yang sudah terbukti tangguh

Layout interior masih serupa dengan Nissan lainnya

daftar harga Nissan Dualis 2019

Karena belum dijual, kami dari Cintamobil.com belum bisa menginformasikan harga mobil ini ke Anda.

>>> Klik sini untuk update harga dan promosi mobil lainnya

Video Nissan Dualis 2019

KESIMPULAN Nissan Dualis 2019

So, this is car for you? Bagi Anda yang sudah bosan dengan tampang berumur Nissan Juke di Indonesia maka selamat, mobil ini pas dan cocok untuk Anda. Namun, sayang beribu sayang, sepertinya PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) belum memiliki niat untuk segera memasukkan mobil ini ke jajaran line up mereka di tanah air. Ya, itu sih keputusan dan pilihan mereka (PT. NMI), namun bagi kami yang petrolheads seperti Anda, mau sampai kapan PT. NMI mau bertahan dengan strategi bermain aman seperti itu? Halo Nissan Indonesia? Kami konsumen di Indonesia ingin Nissan Qashqai 2019 dan All New Nissan March 2019 segera masuk Indonesia.

>>> Simaklah artikel review mobil yang menarik lainnya dengan klik sini

Arfian Alamsyah
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

Cari review mobil