Review Nissan Patrol 2019: SUV Sangar Semua Medan Dibuat Mewah

29/09/2019
editor rate: 4,4 user rate: 4,5
Nissan Patrol menghadirkan warisan sebagai SUV yang tangguh dan bandel di jalanan. Bersama penyegaran besar untuk dipasarkan tahun depan, Nissan Patrol 2019 mendapatkan lebih banyak teknologi dan kemewahan untuk memberikan kenyamanan selama berkendara.

PENGANTAR Nissan Patrol 2019

Review Nissan Patrol 2019 Nissan Patrol 2019 merupakan penyegaran yang diberikan pada generasi generasi keenam yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2010. Produsen asal Jepang menganggap Patrol sebagai ikon warian SUV-nya, dirancang khusus untuk mengatasi beberapa kondisi mengemudi tanpa mengorbankan kenyamanan berkendara.

 generasi pertama Nissan Patrol dengan foto berwarna hitam putih
Generasi pertama Nissan Patrol yang diluncurkan tahun 1951

Pada sejarahnya yang panjang, Patrol telah tersedia baik dalam sasi tiga pintu dengan wheelbase yang pendek (SWB) dan sasis panjang (LWB) sejak 1951. Versi LWB telah ditawarkan dalam varian truk pikap dan kabin. Mobil ini pun sudah tersedia di Australia, Amerika Tengah dan Selatan, Afrika Selatan, sebagian Asia Tenggara dan Eropa Barat.

"Patrol adalah salah satu model kami yang paling lama berdiri dan paling dihargai, dengan warisan yang panjang dan membanggakan," kata Joni Paiva, Wakil Presiden regional Afrika, Timur Tengah, dan wilayah India Nissan. "Nissan Patrol baru mewakili puncak kemewahan dan kapabilitas tertinggi dan akan terus memberikan pengalaman otentik kepada pelanggan setianya."

peluncuran Nissan Patrol 2019 di TImur Tengah 
Peluncuran pertama Nissan Patrol 2019 di Timur Tengah

Meskipun berupa facelift, ada banya perubahan yang signifikan pada fitur keselamatan dan keamanan mobil ini. Dari berbagai peningkatan yang diberikan, berikut review Nissan Patrol 2019 dari tim Cintamobil.com.

EKSTERIOR Nissan Patrol 2019

Jika dibandingkan dengan generasi keenam awal, penyegaran dilakukan dengan memberikan kesan yang lebih tajam pada SUV bertenaga besar ini. Bagian depan dan belakang pada eksterior Nissan Patrol 2019 terlihat mengalami sedikit berubah, dengan tampilan samping yang hampir sama dengan model sebelumnya.

Review Nissan Patrol 2019: Eksterior Depan

eksterior depan Nissan Patrol 2019 berwarna putih 
Tampilan depan Nissan Patrol 2019

Pada versi facelift ini, Nissan menghadirkan beberapa tampilan sudut baru yang lebih jelas. Membuat Patrol baru sejalan dengan desain model terbaru Nissan. Gril V-Motion pada eksterior depan Nissan Patrol 2019 terlihat tajam dan menonjol. Tampilan lampu depan mendapatkan kesan lampu LED menyudut. Dlihat dari penampilan luarnya, penggemar setia mobil ini pasti menemukan berbagai kesamaan pada Nissan Titan yang mendapatkan debut pada September ini.

Review Nissan Patrol 2019: Eksterior Samping

eksterior samping Nissan Patrol 2019 berwarna putih 
Tampilan samping Nissan Patrol 2019

Desain yang tajam pada bagian sudut menjadi perubahan baru yang diberikan untuk mobil ini, tak terkecuali pada bagian samping. Pijakan kaki masih disediakan, mengingat SUV ini memiliki ground clearance yang cukup tinggi. Salah satu yang berubah adalah tambahan penutup spion berwarna hitam. Dan untuk kemewahan mobil ini, eksterior samping Nissan Patrol 2019 dilengkapi dengan pelek 18 inci, hingga opsi 22 inci.

Review Nissan Patrol 2019: Eksterior Belakang

Perubahan ikonik dari off-roader terlihat kurang drastis pada bagian belakang. Bemper belakang yang dulu bengkak hilang demi desain yang lebih tajam. Lampu belakang bergaya boomerang juga memberikan tampilan yang lebih segar dari Patrol bersama papan nama berlapiskan krom yang baru.

 eksterior belakang Nissan Patrol 2019 berwarna putih
Tampilan belakang Nissan Patrol 2019

Dilihat dari eksterior belakang Nissan Patrol 2019, bentuk keseluruhannya dibuat jauh lebih kohesif. Bahkan bisa dibilang desainnya dibuat lebih mengintimidasi dibandingkan sebelumnya. Salah satu fakta lainnya, Patrol baru ini adalah Nissan pertama yang menyertakan lampu sein animasi atau sekuensial.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Nissan Patrol 2019

Bagian dalam disesuaikan dengan tamplan macho yang memang dikhususkan untuk mobil ini. Selain itu, Nissan mengklaim ada ‘pengurangan signifikan’ dalam kebisingan serta getaran yang dikirim ke interior Nissan Patrol 2019. AC pun telah dioptimalkan untuk ‘peningatan aliran udara dan pendinginan yang lebih cepat”.

Review Nissan Patrol 2019: Dasbor

dasbor Nissan Patrol 2019 berwarna hitam 
Desain dasbor Nissan Patrol 2019 yang futuristik

Bagian dasbor mendapatkan lebih banyak perubahan. Dengan kabin yang tenang, dasbor Nissan Patrol 2019 mendapatkan desain masa depan Nissan. Tidak hanya satu, ada dua layar pada tumpukan tengan untuk tampilan peta pada bagian atas dan info, seperti HVAC, di bagian bawah. Bandingkan dengan versi pra-facelift yang hanya memiliki satu layar saja.

Review Nissan Patrol 2019: Kemudi

kemudi Nissan Patrol 2019 berwarna hitam 
Kemudi Nissan Patrol 2019

Sama seperti kendaraan baru pada umumnya, kemudi multi fungsi juga ditanamkan pada mobil ini. Namun perbedaannya, ada lebih banyak tombol yang tersusun rapi pada bagian tengah kemudi Nissan Patrol 2019. Selain itu, terlihat ada aksen katu yang memberikan kesan mewah pada genggaman pengemudi.

Review Nissan Patrol 2019: Kursi

kursi Nissan Patrol 2019 berwarna cokelat 
Kursi Nissan Patrol 2019

Kemewahan tak hanya pada teknologi yang diberikan, tapi juga pada kenyamanan ketika berkendara bagi pengemudi maupun penumpang. Untuk memudahkan Anda selama di jalan, ada teknologi pemanas dan pendingin pada kursi bagian depan. Dibandingkan model sebelumnya, kursi Nissan Patrol 2019 mendapatkan jok kulit dengan bantalan tambahan dengan jahitan tangan.

>>> Baca juga:

FITUR Nissan Patrol 2019

Dibandingkan generasi sebelumnya, ada banyak peningkatan pada teknologi hiburan dan keselamatan kendaraaan. Ada banyak fitur hiburan ada konsol tengah, seperti Apple CarPlay dan Android Auto, serta beberapa fitur tambahan yang bisa Anda beli. Semua fitur Nissan Patrol 2019 tergabung dalam Nissan Intelligent Mobility yang sudah lebih dulu digunakan pada model baru Nissan yang sudah diluncurkan.

dua layar Nissan Patrol 2019 dengan berbagai fitur di dalamnya
Fitur Nissan Patrol 2019 dengan layar infotainment yang lebih banyak

Review Nissan Patrol 2019: Fitur Keselamatan Aktif

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, akan ada lebih banyak fitur keselamatan aktif Nissan Patrol 2019 standar dibandingkan generasi pertama. Kedua varian yang dipasarkan kemungkinan mendapatkan paket lengkap sistem keselamatan canggih, seperti pengereman darurat otonom dengan deteksi pejalan kaki serta peringatan blind zone dan peringatan lalu lintas di belakang.

>>> Perbedaan Dimensi Nissan Grand Livina dan All New Nissan Livina, Bagaimana Kapasitas Bagasinya?

OPERASI Nissan Patrol 2019

Perlengkapan standar Patrol terbaru dilengkapi dengan mesin V6 4.0 liter yang mampu menghasilkan 275 daya kuda serta torsi maksimal 394 Nm. Nissan pun menambahkan peningkatan opsional V6 5.6 liter bertenaga 400 daya kuda dan torsi 560 Nm pada sistem operasi Nissan Patrol 2019.

mesin Nissan Patrol 2019 berwarna hitam

Mesin V6 milik Nissan Patrol 2019

Untuk pengoperasian terlihat masih sama. Mobil ini masih menggunakan girboks tujuh percepatan otomatis yang menyalurkan tenaga ke semua roda. Dengan tenaga yang besar, Nissan mengklaim mobil ini mampu menarik beban hingga 3.855 kilogram. Model bertenaga V8 pun tersedia dengan sistem suspensi adaptif Hydraulic Body Motion Control milik Nissan.

>>> Tips Beli Nissan Terrano Bekas: SUV Kekar Yang Melegenda Dari Nissan

spesifikasi Nissan Patrol 2019

Nissan baru saja memasarkan mobil ini di Timur Tengah, di Qatar dan sekitarnya. Di sana, kita bisa melihat beberapa spesifikasi Nissan Patrol 2019.

Dimensi Nissan Patrol 2019

Panjang x Lebar x Tinggi

5.315 mm x 1.995 mm x 1.940 mm

Jarak Poros Roda

3.075 mm

Kapasitas Bahan Bakar

100 + 40 L

Mesin Nissan Patrol 2019

Tipe Mesin

V6 DOHC 6 silinder V-Type

Tenaga Maksimal

275 dk

Torsi Maksimal

394 Nm

Sistem Bahan Bakar

Multi Point Injection System

Transmisi

7 Percepatan A/T

Sistem Penggerak

4WD

Kaki-Kaki Nissan Patrol 2019

Tipe Pelek

18 inci hingga 20 inci (opsional 22 inci)

Suspensi

Ventilated Disc

Rem

Independent double wishbone

kelebihan & kekurangan Nissan Patrol 2019

Ada banyak perubahan yang diberikan. Dan untuk itu, berikut kelebihan dan kekurangan Nissan Patrol 2019 yang dihimpun oleh tim Cintamobil.com.

Kelebihan

Kekurangan

Tampilan yang lebih segar maupun cuma facelift

Berupa facelift meskipun sudah erumur hampir 10 tahun

Kenyamanan dengan kursi yang dijahit tangan

Kemewahan yang diberikan harus dibayar dengan harga yang cukup tinggi

Penambahan fitur keselamatan dan teknologi standar

 

daftar harga Nissan Patrol 2019

Nissan menyebutkan bahwa sebagian pasar akan mendapatkan mobil ini tahun depan. Sedangkan di Qatar sendiri, harga Nissan Patrol 2019 dengan 7 varian dimulai dari Dh199.000 (sekitar Rp766 jutaan) untuk versi terendah. Sedangkan untuk varian tertinggi, konsumen di Timur Tengah harus mengeluarkan dana mulai dari Dh329.000 (sekitar Rp1.2 Miliar).

>>> Anda mau membeli mobil Nissan Patrol? Klik sini untuk mendapat tawaran terbaik

Video Nissan Patrol 2019

Mengandalkan tampilan yang mewah dengan desain menawan, Nissan telah meluncurkan video Nissan Patrol 2019 yang baru. Ingin tahu keindahan mobil ini? Cek videonya di bawah ini.

KESIMPULAN Nissan Patrol 2019

Meskipun 9 tahun merupakan waktu yang cukup lama bagi Nissan untuk meluncurkan generasi barunya, Nissan Patrol 2019 adalah salah satu penyegaran yang dibutuhkan Patrol untuk mobil ini. Tambahan teknologi terbaru Nissan serta sistem keselamatan yang ditingkatkan menjadi alasan untuk memilih mobil ini.

Nissan Patrol berwarna putih dilihat dari atas 
Nissan Patrol 2019 yang tangguh di semua medan

Ada banyak kemewahan yang menawan ditampilkan oleh Nissan, mulai dari bagian luar hingga tampilan dalam mobil ini. Menyasar kalangan kelas atas, Nissan Patrol dijual pertama di Timur Tengah akhir bulan ini. Pabrikan Jepang tersebut menegaskan bahwa mobil ini akan dipasarkan di negara lainnya pada awal tahun mendatang.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Padli Nurdin
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil