Review Nissan Note E-Power 2019: Senjata Pamungkas Nissan Untuk Era Mobil Hybrid & Elektrik Di Indonesia

20/09/2019
editor rate: 4,5 user rate: 3,5
Dengan teknologi hybrid yang canggih, membuat Nissan Note e-Power diramalkan akan menjadi baru di segment mobil hybrid kompak di Indonesia. Simak alasannya lewat review berikut ini

PENGANTAR Nissan Note 2019

Review Nissan Note E-Power 2019 - Beberapa waktu lalu, Cintamobil.com mendapatkan undangan dari PT Nissan Motor Indonesia (PT NMI) untuk melakukaan test drive Nissan LEAF dan Note e-Power. Kedua mobil ini dipersiapkan oleh Nissan untuk menjadi senjata pamungkas dalam menyambut era mobil hybrid dan elektrik di Indonesia, yang kabarnya akan dimulai pada tahun depan. Namun berbeda dengan LEAF yang sudah menganut full elektrik, Nissan Note e-Power merupakan mobil hybrid yang menggunakan sistem kerja unik yang disebut dengan e-Power.

Foto jajaran direksi PT Nissan Motor Indonesia di depan Nissan LEAF dan Note e-Power

Sesi test drive Nissan LEAF dan Note e-Power untuk memperkenalkan dua jagoan Nissan di segment mobil listrik dan hybrid

Nissan Note e-Power menggunakan Nissan V Platform sebagai mobil kompak Nissan untuk pasar Jepang dan global. Namun yang membedakan Note e-Power dengan Note pada umumnya adalah penggunaan sebuah mesin berbahan bakar bensin dan sebuah motor listrik. Oleh karena itu, konsumsi bahan bakar dari Nissan Note e-Power sangat efisien, sehingga membuatnya cukup digemari di Jepang. Nah, sosok hatchback 5 pintu berteknologi hybrid yang sedang Anda lihat saat ini merupakan versi pasar Jepang, yang dihadirkan ke Indonesia sebagai bagian dari pengembangan NMI untuk pasar mobil listrik dan hybrid di Tanah Air.

Foto pengetesan Nissan Note e-Power berwarna orange

Tak hanya super efisien, Nissan Note e-Power juga memiliki performa yanng cukup impresif

Respon masyarakat Indonesia terhadap kendaraan hybrid Nissan sendiri cukup baik. Hal tersebut dapat terlihat dari rasa keingin tahuan masyarakat ketika melihat Nissan Note e-Power saat dipamerkan di beberapa ajang otomotif nasional. JIka Anda ingin mengenal lebih jauh mengenai Nissan Note e-Power, mulai dari desain dan teknologi hybrid terkini yang dimilikinya, kami akan hadirkan ulasannya dalam review Nissan Note e-Power 2019 berikut ini. 

EKSTERIOR Nissan Note 2019

Review Nissan Note E-Power 2019: Tampak depan

Kesan pertama ketika melihat wajah Nissan Note e-Power adalah karakternya yang dinamis dan lincah, khas mobil perkotaan. Tentunya, Nissan juga mempercayakan desain gril V Motion pada Note e-Power, yang menurut kami sudah menjadi berpenampilan lebih stylish layaknya line-up Nissan terkini. Lampu depan pipih dan memanjang, seakan memberikan tatapan yang agresif. Namun sayang sepasang lampu depan hanya dilengkapi dengan lensa proyektor, meski sudah dilengkapi dengan daytime running light berbentuk garis yang menyerupai alis pada bagian atas lampu. Semoga unit yang akan masuk Indonesia sudah dilengkapi dengan teknologi lampu HID atau LED, layaknya pada Nissan Note e-Power versi global.

Foto wajah Nissan Note e-Power 2019 berwarna orange dilihat dari sisi depan

Grill V Motion ala Nissan memberikan kesan dinamis pada wajah Nissan Note e-Power

Tampilan dinamis pada Nissan Note e-Power juga terwakilkan pada desain bumper dengan lekukan tajam dan air dam pada bagian bawah, seolah terlihat sudah menggunakan lips spoiler. Desain bumper dan air dam ini seolah telah menjadi kesatuan desain yang agresif dan dinamis ala hatchback Nissan, mulai dari kap mesin, grill dan lampu depan. 

Review Nissan Note E-Power 2019: Tampak samping

Foto eksterior samping sebuah mobil  Nissan Note E-Power 2019 berwarna orange

Tampilan eksterior samping Nissan Note e-Power yang kompak

Pada bagian samping, mata Anda akan tertarik pada desain lekukan tajam berbentuk ‘C’ shape yang terlihat jelas mulai dari lampu belakang, handel pintu belakang hingga ke pintu depan. Selain itu, sepintas desain keseluruhan Nissan Note e-Power cukup mirip dengan Honda Jazz, terlebih pada generasi GE8, khususnya pada bagian pilar, lampu dan fender belakang serta front end depan. Desain pelek berukuran lingkar 15 inci cukup terlihat atraktif dengan sudut spoke yang tajam. 

Review Nissan Note E-Power 2019: Tampak belakang

Foto sebuah mobil  Nissan Note E-Power 2019 berwarna orange dilihat dari sisi belakang

Foto buritan Nissan e-Power yang berpenampilan lebih sporty

Pada bagian belakang, Nissan Note e-Power terlihat cukup menarik pada bagian lampu yang memanjang dan seolah menyatu dengan kaca belakang dan fender belakang. Desain bumper belakang juga terlihat lebih sporty dengan menambahkan lekukan pada bagian bawahnya, sehingga terlihat seakan menggunakan rear splitter, yang berguna untuk menyalurkan angin dari bagian kolong dengan lebih efisien dan optimal. Desain bagasi juga terlihat lebih bold, sehingga menampilkan sosok hatchback yang lebih kental.

>>> Simak pula

INTERIOR Nissan Note 2019

Review Nissan Note E-Power 2019: Dasbor dan setir

Untuk sebuah mobil hybrid kekinian, desain dasbor Nissan Note e-Power bisa dibilang terlalu biasa. Hal tersebut bisa dilihat dari layout dan desain AC, konsol tengah dan panel instrumen dengan bentuk bulat, yang mengingatkan kami dengan desain panel instrumen milik Nissan March. Namun kami merasa cukup nyaman selama berkendara lantaran semua informasi tertata dengan baik dan jelas pada dasbor dan panel instrumen. 

Foto dasbor dan setir dari mobil Nissan Note E-Power 2019

Desain dasbor Nissan Note e-Power yang terkesan minimalis

Uniknya, shift knob atau gagang transmisi otomatis milik Nissan Note e-Power menggunakan desain layaknya sebuah kenop atau toggle, sehingga mirip dengan controller pada console game. Pola perpindahan mode transmisi pun harus digeser lalu diarahkan ke depan atau belakang, berbeda dengan pola perpindahan gigi pada transmisi otomatis konvensional yang menganut maju/mundur.

Foto desain shift knob pada mobil Nissan Note E-Power 2019

Desain shift knob Nissan e-Power yang unik

Pada bagian setir, mengadopsi desain 3 spoke dengan flat bottom, layaknya sebuah sports car. Sehingga terasa sporty. Tak hanya itu, ketebalan dan dimensi lingkar setir pun dirasa cukup kompak dan dinamis, sehingga membuat berkendara semakin menyenangkan. Nissan juga menyematkan fitur steering audio switch untuk memudahkan Anda mengontrol sektor audio. 

Review Nissan Note E-Power 2019: Jok

Foto layout interior dan jok Nissan Note E-Power 2019

Dimensi interior Nissan Note e-Power yang cukup lega untuk sebuah hatchback

Meski datang dari sebuah hatchback, namun posisi duduk dan desain jok Nissan Note e-Power terasa nyaman. Berkendara jarak jauh pun semakin menyenangkan dengan kehadiran arm rest pada kedua jok depan. desain lumbar support juga terasa nyaman, bahkan untuk pengemudi dan penumpang dengan tubuh bongsor sekalipun. Sementra pada jok belakang, mampu memberikan kenyamanan untuk tiga orang dewasa dengan posisi sandaran jok yang dapat diatur sesuai dengan kenyamanan Anda.

>>> Artikel terkait lainnya:

FITUR Nissan Note 2019

Review Nissan Note E-Power 2019: Fitur berkendara

Highlight utama dari fitur berkendara Nissan Note e-Power adalah teknologi e-Pedal yang menggabungkan kerja pedal gas dan rem menjadi satu dalam satu pedal. Ketika Anda menginjak pedal gas, maka mobil pun otomatis akan berakselerasi dan mengembangkan kecepatan layaknya kendaraaan pada umumnya. Namun ketika Anda melepas atau mengangkat pedal gas, maka mobil akan otomatis melakukan deselerasi atau mengurangi kecepatan hingga berhenti secara total.

Foto teknologi e-Pedal di Nissan Note E-Power 2019

Teknologi e-Pedal Nissan Note e-Power yang cocok untuk berkendara di padatnya lalu lintas perkotaan

Deselerasi yang terjadi saat pedal gas diangkat ini melibatkan sebuah regenerative motor yang bekerja untuk mengurangi kecepatan mobil. Selain itu, ketika e-Pedal aktif, lampu rem juga akan menyala ketika kita melepas pedal gas, sehingga mobil di belakang akan terinformasi dengan baik ketika sedang melakukan deselerasi. Teknologi e-Pedal ini sangat ampuh ketika berkendara di padatnya lalu lintas perkotaan yang identik dengan gaya mengemudi stop & go, sehingga kita tak perlu terlalu sering menginjak pedal rem.

Foto teknologi rear camera pada Nissan Note E-Power 2019

Selain kamera belakang, juga tersedia kamera 360

Teknologi e-Pedal ini juga mampu membantu mengurangi laju saat berkendara di permukaan jalan yang menurun. Ketika Anda melepas pedal gas, kerja regenerative motor pada e-Pedal akan terasa seperti engine brake pada mobil konvensional. Tak hanya itu, saat berkendara di permukaan jalan yang menanjak, teknologi e-Pedal juga akan bekerja layaknya fitur hill hold yang menahan mobil agar tidak meluncur ke arah belakang saat ingin melakukan akselerasi dari keadaan berhenti.

Review Nissan Note E-Power 2019: Fitur keselamatan

Nissan Note e-Power juga dibekali denagn fitur keselamatan terkini, seperti rem ABS, EBD+BA. Selain itu juga tersedia fitur Vehicle Stability Control dan Hill Start Assist. Selain itu ada Dual SRS Airbag dan seat belt with pretensioner yang akan menjaga pengemudi dan penumpang terhindar dari resiko cedera serius ketika terjadi benturan. Fitur keselatan lainnya adalah Intelligent Forward Collision Warning, Intelligent Emergency Braking, dan Lane Departure Warning juga disematkan pada hatchback berteknologi hybrid ini.

>>> Review Daihatsu All New Sirion SE A/T 2019, Most Wanted Car Daihatsu Di GIIAS 2019

OPERASI Nissan Note 2019

Jika teknologi hybrid konvensional menggunakan mesin berbahan bakar fosil dan sebuah motor listrik yang berkerja bersamaan sebagai penggerak mobil, maka pada teknologi e-Power Nissan, mesin berbahan bakar bensin ini hanya berfungsi sebagai generator untuk menghasilkan daya listrik yang disimpan pada baterai lithium-ion. Daya listrik tersebut digunakan sebagai sumber energi bagi motor listrik untuk menggerakkan mobil. Sehingga, teknologi e-Power tak membutuhkan pengisian daya eksternal dari charging station atau Stasiun Penyedia Listrik Umum atau SPLU. 

Foto mesin bensin dan motor listrik yang digunakan Nissan Note e-Power 2019

Ruang mesin Nissan Note e-Power terlihat penuh karena terisi mesin bensin HR12DE dan motor listrik

Karena mesin berbahan bakar bensin ini hanya sebagai generator, maka konsumsi bahan bakarnya pun sangat efisien. Mesin 3 silinder berkode HR12DE berkapasitas 1.200 cc yang digunakan Nissan Note e-Power ini memiliki konsumsi bahan bakar 1 liter untuk 37 kilometer. Sementara kapasitas tangki bawaan hatchbak 5 pintu ini sebesar 40 liter. Artinya, dalam sekali mengisi bahan bakar, Nissan Note e-Power mampu menempuh jarak hingga sejauh 1.400 kilometer!

Foto mesin HR12DE dan motor listrik pada Nissan Note E-Power 2019

Mesin bensin 3 silinder hanya berfungsi sebagai generator untuk menyuplai tenaga listrik bagi motor elektrik sebagai penggerak mobil

Karena kebutuhan listrik dipasok oleh mesin berbahan bakar bensin, maka kapasitas baterai lithium-ion bawaan Nissan Note e-Power tidak terlalu besar, yakni hanya berkapasitas 1,5 kWh. Kapasitas baterainya memang lebih kecil, terlebih jika dibandingkan pada Nissan LEAF yang memiliki baterai lithium-ion berkapasitas 40 kWh. Namun jika energi listrik yang tersimpan di baterai berkurang, maka mesin berbahan bakar bensin ini akan otomatis hidup untuk melakukan pengisian ulang, dengan bekerja di putaran 2.500 hingga 3.000 RPM.

Foto skema cara kerja hybrid pada teknologi Nissan Note e-Power 2019

Skema cara kerja hybrid pada teknologi Nissan Note e-Power

Selain efisien dan ramah lingkungan, motor listrik yang digunakan pada Nissan Note e-Power juga memiliki performa yang cukup kompetitif, lantaran mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 80 kW atau setara dengan 107 hp, dengan torsi 240 Nm. Tenaga dan torsi yang cukup impresif untuk sebuah hatchback dengan bobot 1,2 ton ini. 

>>> Review Toyota Yaris 2020: Inikah Wajah Generasi Terbaru Yaris?

spesifikasi Nissan Note 2019

Agar lebih jelas dalam review Nissan Note E-Power 2019, simak data spesifikasinya berikut ini.

Mesin Nissan Note E-Power 2019

Tipe

HR12DE 3 silinder segaris 12 katup DOHC sebagai generator untuk menyuplai daya listrik untuk motor elektrik dan baterai 1,5 kWh

Kapasitas

1.198 cc

Tenaga Maksimal

80 kW atau setara 109 hp

Torsi Maksimal

254 Nm

Transmisi

XTRONIC CVT with D-Step Logic

Dimensi Nissan Note E-Power 2019

Panjang

4.105 mm

Lebar

1.695 mm

Tinggi

1.535 mm

Jarak Sumbu Roda

2.600 mm

Jarak Terendah

155 mm

Radius Putar

5,2 m

Kapasitas Tangki

41 liter

Suspensi dan Kaki-Kaki Nissan Note E-Power 2019

Rem Depan

Ventilated Disc Brake dengan regenerative motor

Rem Belakang

Drum Brake dengan regenerative motor

kelebihan & kekurangan Nissan Note 2019

Berikut kelebihan dan kelurangan dari Nissan Note E-Power 2019 menurut Cintamobil.com:

Kelebihan

Kekurangan

Fitur hybrid e-Power dan regenerative motor canggih

Belum ada kejelasan soal harga

Desain kompak dan dinamis khas

Desain dasbor yang mulai ketinggalan jaman

Sangat efisien tanpa harus di charge

 

daftar harga Nissan Note 2019

PT Nissan Motor Indonesia memang belum resmi merilis harga Nissan Note e-Power untuk Indonesia. hal tersebut dikarenakan masih menunggu rangkaian insentif dari pemerintah soal mobil listrik dan hybrid. Namun sebagai perbandingan, Nissan Note e-Power di Jepang ditawarkan dengan harga sekitar Rp 350 jutaan. Harga tersebut turut dipengaruhi dengan insentif pemerintah Jepang soal mobil ramah lingkungan yang mencapai 5.000 Dollar. Selain itu, beberapa kota di Jepang juga memberlakukan insentif tambahan. Salah satunya pada ibukota Tokyo yang memberikan insetif tambahan sebesar 2.000 Dollar, sehingga total insentif untuk mobil listrik dan hybrid mencapai 7.000 Dollar.  

Video Nissan Note 2019

KESIMPULAN Nissan Note 2019

Setelah puas mencobanya, kami menyimpulkan bahwa Nissan Note e-Power merupakan kendaraan hybrid paling cocok untuk daerah urban atau perkotaan seperti di Jakarta dan beberapa kota besar lainnya di Indonesia. Teknologi e-Power yang dianut terbukti membuat konsumsi bahan bakar Nissan Note e-Power menjadi sangat efisien dan tidak membutuhkan pengisian daya atau charging. Sehingga, Anda tak akan bergantung pada SPLU dan lebih praktis ketika akan diajak berpergian jauh.

Foto Nissan Note e-Power 2019 saat pengetesan

Nissan Note e-Power dan LEAF dikabarkan akan masuk Indonesia tahun depan

Selain itu, teknologi e-Pedal juga terasa sangat praktis dan nyaman ketika digunakan pada lalu lintas yang padat, karena Anda tak perlu terlalu sering menginjak pedal rem. Jika PT Nissan Motor Indonesia nantinya menawarkan Nissan Note e-Power dengan harga menarik, berdasarkan skema insentif dari pemerintah, seperti harga di rentang Rp 200 hingga 300 jutaan misalnya, kami rasa tak sulit bagi hatchback bertenaga hybrid ini menaklukkan hati calon konsumen. 

>>> Simak pula review mobil menarik lainnya di Cintamobil.com

Pratomo FJ
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil