Review Nissan Navara 2021: Lebih Agresif dengan Paket Off-Road

02/12/2020

Share this post:

Nissan Navara 2021

Editor rate:

TBA

Daftar Harga mobil Nissan Navara terbaru Lihat promo

Diperkenalkan di Thailand, Nissan Navara 2021 menyajikan revisi tampilan eksterior yang lebih segar, beragam teknologi baru, dan paket off-road PRO-4X.

Review Nissan Navara 2021: Lebih Agresif dengan Paket Off-Road
Review Nissan Navara 2021: Lebih Agresif dengan Paket Off-Road
0 Gambar

Pengantar Nissan Navara 2021

Mari kita simak spesifikasi Nissan Navara 2021 di bawah ini.

Kelebihan

Beragam fitur keselamatan baru

Peningkatan daya angkut

Ada paket PRO-4X yang lebih maskulin

Kekurangan

Mesin tanpa perubahan

Ada kemungkinan pengurangan teknologi jika masuk ke Indonesia

Nama Nissan di Indonesia masih kurang kuat

Nissan akhirnya meluncurkan edisi terbaru dari pikap Nissan Navara 2021 yang akan dipasarkan di Eropa dan Amerika Selatan. Lebih segar dengan perubahan mencolok serta beberapa perubahan di dalam kabin. Edisi terbaru ini memperkenalkan paket PRO-4X yang lebih sporty dengan berbagai tambahan untuk meningkatkan kemampuan off-road-nya.

Nissan Navara generasi 1 tahun 1997
Generasi pertama Nissan Navara keluaran tahun 2006

Nissan mengungkapkan facelift Navara generasi D23 memberikan peningkatan tingkat keselamatan, kenyamanan, dan kesenangan berkendara. Dalam keterangan resminya, Nissan juga mengklaim bahwa Navara terbaru menawarkan “banyak teknologi terbaik di kelasnya, termasuk serangkaian fitur mobilitas cerdas dan sistem keselamatan Nissan.”

Direktur Desain Senior Nissan, Ken Lee, mengungkapkan, “Navara baru memiliki tampilan yang sangat mudah dikenali, tetapi sekarang lebih mengesankan berkat struktur perintah tinggi, grille rangka yang saling mengunci, dan lampu depan berbentuk persegi dengan aksen C dengan teknologi tingkat tinggi.”

mobil baru Nissan Navara 2021 berwarna silver
Revisi dari facelift Nissan Navara 2021 yang diperkenalkan tahun lalu

Nissan Navara masih dipasarkan di Indonesia oleh Nissan Motor Indonesia (NMI). Dengan kehadiran edisi facelift ini, tak menutup kemungkinan NMI akan membawa mobil ini tahun depan. Sebelum mobil ini melenggang ke Indonesia, simak review Nissan Navara 2021 dari tim Cintamobil.com di bawah ini.

Mobil Baru Populer

Rp 779 Juta - Rp 1.8 Milyar
Rp 193 - Rp 296 Juta
Rp 135.35 - Rp 161.05 Juta

Eksterior Nissan Navara 2021

Perubahan yang ditawarkan pada edisi paruh generasi ini memang tak sebanyak peningkatan tampilan generasi kedua tahun 2014 silam. Apalagi untuk model PRO-4X yang dibuat lebih sporty, termasuk dengan grille dan sebagian komponen eksterior yang dibuat berkelir hitam. Mempertegas kesan maskulin pada mobil ini.

Review Nissan Navara 2021: Eksterior Depan

Ubahan terbaru dari Navara memberikan kesan yang lebih maskulin untuk truk pikap kebanggan Nissan ini. Di bagian depan, Navara facelift hadir dengan lampu depan berteknologi LED yang lebih kecil dan sudah diperbaharui, serta lampu DRL berbentuk C. Ada huruf Navara (Frontier pada sebagian pasar) terpampang pada grille.

tampilan depan Nissan Navara 2021 berwarna abu-abu
Tampilan depan Nissan Navara 2021

Dibandingkan model yang dipasarkan di Indonesia, grille yang lebih masif menandakan kehadiran edisi facelift ini. Begitu juga dengan aksen chrome pada grille yang tak lagi digunakan oleh paket PRO-4X. Desain rumah lampu kabut juga dibuat lebih sporty. Begitu juga dengan bumper bawah yang mendapatkan perubahan baru didominasi warna hitam dengan aksen merah.

Review Nissan Navara 2021: Eksterior Samping

tampilan samping Nissan Navara 2021 berwarna abu-abu
Tampilan samping Nissan Navara 2021

Desain eksterior ada sisi samping masih tetap sama untuk edisi terbaru ini. Namun Nissan menawarkan sedikit perubahan tampilan pada paket PRO-4X yang lebih bergaya. Termasuk gagang pintu, roof rack, serta velg 17 inci yang didominasi oleh warna hitam. Navara dibalut dengan ban segala medan untuk mempermudahnya menempuh jalanan bermedan kasar.

Review Nissan Navara 2021: Eksterior Belakang

Bagian dalam bak identik dengan Navara generasi ketiga yang diperkenalkan pertama kali pada tahun 2014. Termasuk rel pengikat Nissan yang bisa disesuaikan masih tetap dipertahankan. Namun Navara mendapatkan sedikit perubahan pada eksterior serta pintu belakang yang baru, dengan spoiler belakang yang lebih terintegrasi untuk aerodinamika yang lebih baik.


tampilan belakang Nissan Navara 2021 berwarna abu-abu

Nissan juga menyelipkan sudut-sudut bumper belakang untuk aliran udara yang lebih baik ketika Anda membawa mobil ini berkendara di jalanan bebas hambatan. Pintu belakang pada beberapa model tertentu akan mendapatkan sistem pegas, sehingga membuatnya lebih mudah ditutup.

>>> Review model terbaru Nissan paling lengkap ada di sini


Interior Nissan Navara 2021

Selain bagian luar, interior Nissan Navara 2021 mendapatkan sedikit perubahan untuk mengakomodasi beberapa teknologi keselamatan canggih yang ditanamkan pada mobil ini. Meski perbedaannya tak terlalu signifikan dibandingkan edisi sebelumnya.

Review Nissan Navara 2021: Dashboard

Desain dashboard memang bisa dibilang bukanlah selera semua orang. Pasalnya Navara masih mengandalkan material plastik keras pada sebagian besar interior. Hanya saja kehadiran head unit layar sentuh 8.0 inci bisa menjadi tambahan menarik untuk kesan modern pada mobil ini. Sedangkan sistem kontrol AC masih mengandalkan knop putar.

dashboard Nissan Navara 2021 berwarna hitam
Dashboard Nissan Navara 2021

Ada beberapa ruang penyimpanan di dalam kabin, termasuk ruang penyimpanan tertutup pada dashboard serta ruang terbuka di konsol tengah untuk meletakkan dompet atau smartphone dan dilengkapi dengan arm rest bagi penghuni baris pertama. Ada aksen silver pada konsol tengah untuk memberikan kesan elegan di dalam kabin.

Review Nissan Navara 2021: Setir

setir Nissan Navara 2021 berwarna hitam
Setir Nissan Navara 2021

Hal lain yang turut berubah pada edisi terbaru Nissan Navara 2021 adalah kehadiran roda kemudi baru. Setir multifungsi palang tiga yang disematkan merupakan edisi terbaru dari perubahan desain Nissan, menawarkan genggaman yang lebih baik di tangan. Di belakangnya ada layar 7,0 inci dengan berbagai informasi berkendara untuk pengemudi.

Review Nissan Navara 2021: Kursi

Kursi Nissan Navara 2021 berwarna hitam
Kursi Nissan Navara 2021

Kursi berlapis kulit dengan posisi duduk yang cukup tinggi memberikan visibilitas yang lebih baik ketika berkendara. Di belakang, ruang kaki dan kepala cukup baik. Ditambah dengan kehadiran armrest yang tersembunyi pada sandaran kursi bagian tengah. Sayangnya akses masuk ke dalam kabin cukup tinggi, sehingga Anda membutuhkan foot step untuk masuk ke dalam kabin.

Review Nissan Navara 2021: Bak Belakang

Bak belakang Nissan Navara 2021 berwarna hitam
Bak belakang Nissan Navara 2021

Nissan menjanjikan peningkatan muatan, dengan kapasitas angkut 1,1 ton. Sedangkan rincian muatan detail setiap varian akan dirilis pada peluncuran di masing-masing negara. Kapasitas penarik tetap dibatasi hingga 3.500 kg, kapasitas maksimum yang ditawarkan Nissan pada mobil ini.

>>> Berita paling update dari Nissan ada di sini

Fitur Nissan Navara 2021

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Navara terbaru mendapatkan berbagai peningkatan teknologi di dalam kabin mobil. Termasuk sistem infotainment layar sentuh 8.0 inci yang sudah terkoneksi dengan Apple CarPlay maupun Android Auto. Kepraktisan di dalam kabin juga terbilang lebih baik dengan tambahan port USB serta port USB-C terbaru.

head unit Nissan Navara 2021 berwarna hitam
Fitur Nissan Navara 2021

Selain itu, tak banyak penambahan fitur yang ditawarkan. Memang terasa kurang jika dibandingkan dengan mobil penumpang lain, semisal model MPV maupun SUV. Tapi untuk sekelas pikap premium, kemewahan yang ditawarkan Navara bisa dibilang sudah cukup baik dibandingkan pesaingnya semisal Mitsubishi Pajero Sport maupun Toyota Fortuner.

Review Nissan Navara 2021:Fitur Keselamatan Aktif

Nissan memperkenalkan beberapa sistem keamanan baru pada model ini. Ada Intelligent Forward Collision Warning yang memantau kendaraan di depan untuk mengurangi risiko kecelakaan, Intelligent Emergency Braking, dan Intelligent Around View Monitor yang menggunakan empat kamera untuk membantu parkir.

>>> Mobil Bekas Pilihan: Nissan Juke Revolt II 2019

Operasi Nissan Navara 2021

Di bawah kap mesin, Navara mempertahankan mesin yang sama. Hanya saja poros roda belakang diperkuat sehingga mampu meningkatkan kapasitas muatan. Hanya saja Nissan belum mengungkapkan angka detail muatan bak. Sedangkan sistem kemudi baru menawarkan peningkatan handling yang lebih baik.

mesin Nissan Navara 2021 berwarna hitam
Mesin Nissan Navara 2021

Untuk spesifikasi mesin, Nissan menawarkan Navara dengan mesn diesel 2.5L 4-silinder dalam dua kondisi yang berbeda. Satu pilihan menghadirkan mesin 160 PS dan torsi maksimal 402 Nm. Sedangkan yang lain menghasilkan 190 PS dan 450 Nm torsi puncak yang lebih bertenaga. Bersanding dengan transmisi 6-percepatan manual dan 7-percepatan otomatis.

>>> Mengintip Harga Mobil Bekas Nissan Keluaran Tahun 2019

Spesifikasi Nissan Navara 2021

Dimensi Nissan Navara 2021

Panjang x Lebar x Tinggi

5.255 x 1.850 x 1.820 mm

Jarak Poros Roda

3.150 mm

Ground Clearance

195 mm

Radius Putar

6.3 m

Mesin Nissan Navara 2021

Tipe Mesin

YD25DDTi 2.5L 4-silinder VGS Turbo Intercooler

Kapasitas Silinder

2.488 cc

Tenaga Maksimal

190 PS @ 3.600 rpm

Torsi Maksimal

450 Nm @ 2.000 rpm

Transmisi

6-percepatan manual dan 7-percepatan otomatis

Sistem Penggerak

4-wheel drive

Kaki-Kaki Nissan Navara 2021

Suspensi Depan

Independent Double-wishbone with Front Stabilizer Bar

Suspensi Belakang

5-link Coil Spring with Shock Absorber

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Drum

Velg

18 inci

Daftar Harga Nissan Navara 2021

Meski sudah lama tampilan terbaru dari Navara ini dirilis, namun Nissan masih belum mengungkapkan detail resmi tentang harga Nissan Navara 2021. Hanya saja berdasarkan beberapa media luar, Navara terbaru diprediksi dipasarkan mulai dari $ 26.000 (sekitar Rp 368 jutaan). Bandingkan dengan harga Nissan Navara di Indonesia yang dibanderol mulai dari Rp 448 jutaan.

Kesimpulan Nissan Navara 2021

Nissan memberikan berbagai peningkatan tampilan dan sistem serta teknologi yang digunakan di dalam kabin. Terlebih dengan kehadiran varian Navara PRO-4X guna menghadirkan kesan pikap bergaya off-road yang mengesankan. Hanya saja dengan identitas sebagai revisi minor, belum ada perubahan dalam hal mesin yang ditawarkan. Siap untuk membawa Navara facelift ke Indonesia, Nissan?

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Padli Nurdin
Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya
back to top