Review Nissan Magnite Premium CVT 2020: Datsun Naik Kelas?

23/12/2020

Share this post:

Nissan Magnite 2020

Editor rate:

Rp 238.800.000

Jual beli mobil Nissan bekas, baru harga murah, kondisi terbaik di Indonesia Lihat promo

Nissan Magnite resmi meluncur di penghujung tahun 2020i di tengah pandemic covid19, mobil yang digadang-gadang sebagai Datsun naik kelas ini siap gempur pasar

Review Nissan Magnite Premium CVT 2020: Datsun Naik Kelas?
Review Nissan Magnite Premium CVT 2020: Datsun Naik Kelas?
0 Gambar

Pengantar Nissan Magnite 2020

Mari kita simak spesifikasi Nissan Magnite 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Mesin turbo pertama di kelasnya

Kekedapan kabin

Harga bersaing dibanding kompetitor

Kekurangan

Tidak tersedia sunroof seperti rivalnya

Jok masih full fabric

Desain masih terasa Datsun

Foto emblem MAGNITE pada Nissan Magnite Premium CVT 2020

Apakah Magnite ini hanya sekadar Datsun berlogo Nissan?

Persaingan kelas SUV murah di bawah harga Rp 300 juta semakin seru dengan kehadiran Nissan Magnite 2020. Ia hadir dengan senjata yang cukup lengkap mulai dari fitur di eksterior dan interior yang lengkap hingga mengusung mesin turbo pertama di kelasnya. Namun, meski demikian cukup banyak yang menganggap desain mobil ini terlalu Datsun ketimbang Nissan. Apakah benar demikian? Mari simak review Nissan Magnite Premium CVT 2020 berikut ini.

Eksterior Nissan Magnite 2020

Review Nissan Magnite Premium CVT 2020: Tampilan Depan

Foto tampilan depan Nissan Magnite Premium CVT 2020

Tampilan depan ini memang mirip mobil Datsun

Tampilan depan inilah yang disebut-sebut desainnya terlalu Datsun, Anda bisa lihat dari desain grille depannya yang mirip dengan mobil-mobil racikan pabrikan berlogo biru tersebut. Namun aura modern di Nissan Magnite tipe termahal ini tak akan Anda temui di Datsun, seperti penggunaan headlamp yang sudah pakai bohlam jenis LED (Light Emitting Diode) termasuk untuk lampu DRL (Daytime Running Light) dan foglampnya.

Foto headlamp Nissan Magnite Premium CVT 2020

Headlamp full LED

Review Nissan Magnite Premium CVT 2020: Tampilan Samping & Belakang

Foto tampilan belakang Nissan Magnite Premium CVT 2020

Karakter maskulin khas SUV juga tercermin dari ground clearance yang mencapai 205 mm

Lanjut ke bagian samping dan belakang, Nissan Magnite trim Premium ini punya aksen maskulin khas SUV dengan penggunaan body cladding berwarna hitam di sekujur body serta roof rails berkelir silver. Demikian pula dengan velgnya yang punya diameter 16 inchi dengan aksen two tone yang membuat tampilan samping mobil ini kian modern dan bergaya.

Foto ornamen samping Nissan Magnite Premium CVT 2020

Emboss ini membuat kesan unik

Aksen unik juga ditunjukkan di bagian atas fender depan yang tersedia emboss bertuliskan Nissan Magnite dan juga lampu belakang alias stoplamp yang menganut desain tiga dimensi. Sayangnya hanya lampu kota saja yang sudah menganut bohlam jenis LED, sedangkan untuk lampu seinnya sendiri masih pakai bohlam halogen biasa. Secara umum tidak ada komplain mengenai desain mobil ini dari samping dan belakang.

Foto stoplamp Nissan Magnite Premium CVT 2020

Stoplamp 3 dimensi membuat terlihat eye-catching

>>> Lihat juga review mobil Nissan lainnya:


Interior Nissan Magnite 2020

Review Nissan Magnite Premium CVT 2020: Layout Dashboard

Foto layout dashboard Nissan Magnite Premium CVT 2020

Dashboard dominan warna hitam

Masuk ke bagian kokpit, Anda akan disambut dengan layout dashboard berkelir hitam. Memang, desainnya terlihat cukup modern dan kekinian, sayangnya materialnya terasa murah dan tidak se-solid rivalnya asal negeri ginseng tersebut. Demikian juga dengan tata letak tombol dan setirnya yang terlalu mirip mobil murah Renault bahkan Datsun. Seharusnya ada sedikit pembeda dan ciri khas, mengingat Nissan punya kredibilitas tinggi dalam mendesain mobil.

Review Nissan Magnite Premium CVT 2020: Kursi

Foto kursi depan Nissan Magnite Premium CVT 2020

Pengaturan jok pengemudi cukup luas

Kami mencoba langsung menduduki kursi mobil ini. Di bagian depan, kursi ini cukup nyaman dan pas menopang badan. Apalagi di kursi pengemudi dilengkapi dengan pengaturan sliding, height adjuster dan reclining yang membuat postur tubuh seperti apapun akan menemukan posisi duduknya yang nyaman. Ini penting mengingat setir di mobil ini tidak dilengkapi dengan pengatur jangkauan atau telescopic namun sudah bisa tilt.

Foto kursi belakang Nissan Magnite Premium CVT 2020

Kursi belakangnya empuk diduduki

Untuk kursi belakangnya, kami cukup apresiasi soal empuknya kursi ini. Sandarannya juga punya kerebahan yang cukup sehingga seharusnya nyaman saat digunakan jalan jauh. Sayangnya legroom dan headroom di Nissan Magnite Premium CVT 2020 ini terasa agak terbatas, tak heran mengingat dimensi panjang mobil ini di bawah 4 meter. Juga untuk penumpang yang duduk di tengah pada kursi belakang ini hanya mendapat seatbelt 3 titik tanpa headrest.

Review Nissan Magnite Premium CVT 2020: Bagasi

Foto bagasi Nissan Magnite Premium CVT 2020

Bagasi cukup luas di kelasnya

Magnite memiliki pengaturan pelipatan 60:40 pada kursi belakang untuk meningkatkan fleksibilitas maksimal. Bagi Anda yang menginginkan SUV dengan kepraktisan tinggi, Nissan Magnite Premium CVT 2020 ini bisa menjadi pilihan. Kapasitas ruang bagasi tercatat 336 Liter dan seharusnya dapat menampung hingga 3 koper berukuran sedang. Magnite menjadi salah satu SUV kompak sub 4 meter yang memiliki ruang bagasi paling lapang di kelasnya.

Review Nissan Magnite Premium CVT 2020: Setir

Foto setir Nissan Magnite Premium CVT 2020

Setir mantab digenggam meski hanya bisa diatur naik-turun saja

Lingkar kemudi yang ada di Nissan Magnite ini terasa nyaman dan mantab digenggam. Karena dimensi diameter setir plus ketebalan setirnya pas, pun begitu setir ini juga sudah dibungkus kulit yang membuat aura mewah mobil ini kian terpancar. Terdapat banyak tombol di setir ini, spoke (palang) kiri untuk mengatur audio, sedangkan tombol di palang kanan dapat difungsikan untuk pengatur panel instrumen di depan setir serta cruise control.

>>> Lihat berita update seputar Nissan di sini:

Fitur Nissan Magnite 2020

Review Nissan Magnite Premium CVT 2020: In-Car Entertaiment System

Foto In-Car Entertaiment System Nissan Magnite Premium CVT 2020

Sayang kualitas suaranya biasa saja meski terbantu dengan peredaman kabinnya yang baik

Tatanan sistem audio yang modern juga disuguhkan dengan fitur-fitur yang intuitif dan human-centric antara lain dengan kehadiran infotainment dengan layar sentuh 8 inci yang dapat terhubung ke ponsel pintar Anda, membuat Anda tetap terhubung dengan aman sepanjang perjalanan. Namun tak seperti rivalnya yang mengusung nama besar di sistem audio, karena hanya tersedia empat speaker saja tanpa tweeter di mobil ini membuat reproduksi suaranya tak sebaik rivalnya.

Foto kamera mundur di Nissan Magnite Premium CVT 2020

Arround View Monitor alias Bird View juga tersaji di layar head unit ini

Review Nissan Magnite Premium CVT 2020: Panel Instrumen

Foto panel instrumen Nissan Magnite Premium CVT 2020

Layar panel instrumen beresolusi tinggi

Panel instrumen 7 inci TFT dengan Drive Assist Display yang unik memberikan kesan yang lebih modern di kelasnya. Layar panel instrumen ini sudah high resolution sehingga asyik dilihat oleh mata serta menawarkan tampilan modern dan berbagai informasi yang dibutuhkan pengemudi, termasuk tampilan 'animasi selamat datang' yang pertama di kelasnya.

Foto panel instrumen speedometer Nissan Magnite Premium CVT 2020

Informasi yang tersedia cukup lengkap termasuk Tire Pressure Monitoring System

Perpindahan antar menu pada layar ini juga sangat smooth selayaknya mobil yang kelasnya lebih tinggi dari Nissan Magnite Premium CVT 2020 ini. Animasi yang keren dilihat membuatnya menjadi extraordinary di kelasnya. O ya, panel instrumen ini juga mampu menunjukkan konsumsi bbm rata-rata, konsumsi BBM real time, odometer, tripmeter A serta B, indikator BBM, indikator suhu, dan tentunnya speedometer serta tachometer yang tersaji secara digital.

Foto panel Instrumen MID Nissan Magnite Premium CVT 2020

Animasi menarik membuatnya enak dipandang

Review Nissan Magnite Premium CVT 2020: Ringkasan Fitur Keselamatan

Foto tombol VSC di Nissan Magnite Premium CVT 2020

Fitur keselamatan cukup lengkap di kelasnya

Mobil ini dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan seperti Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Hydraulic Brake Assist (HBA), Vehicle Dynamic Control (VDC), Traction Control System (TCS), Hill Start Assist (HSA), hingga airbag ganda SRS dengan sabuk pengaman pretension dan load limiter untuk pengemudi dan penumpangnya. Sistem VDC yang unik dari Nissan meningkatkan kestabilan dan memungkinkan pengemudi untuk memiliki pengendalian yang lebih baik terutama saat berkendara pada kondisi cuaca yang kurang baik.

>>> Berapa sih harga mobil Nissan terbaru?

Operasi Nissan Magnite 2020

Foto Mesin HRA0 Nissan-Renault

Jangan salah, meski hanya 3-silinder 1.000 cc turbo ia pakai teknologi Nissan GT-R

Jantung pacu Nissan Magnite adalah mesin berkode HRA0 dengan konvigurasi 3-silinder 1.000 cc Turbocharger. Mesin bersilinder ganjil ini sanggup menghasilkan tenaga 100 PS atau sekitar 98,5 HP di putaran mesin 5.000 rpm dan torsi 160 NM di rentang putaran antara 2.800 - 3.600 rpm. Tenaga dan torsi tersebut disalurkan ke dua roda depan melalui transmisi X-TRONIC CVT khas Nissan.

Foto tuas transmisi Nissan Magnite Premium CVT 2020

Tipe Premium ini hanya tersedia varian bertransmisi otomatis jenis CVT

Mesin HRAO TURBO ini menggunakan teknologi "mirror bore cylinder coating" yang juga digunakan Nissan GT-R, untuk mengurangi resistensi di dalam mesin, mengurangi bobot, meningkatkan manajemen panas dan pembakaran, hingga menghasilkan akselerasi lebih halus dan konsumsi bahan bakar yang efisien. Mesin ini diklaim dapat memberikan akselerasi hingga 50% lebih baik dibandingkan mesin non-turbo di kelasnya.

Foto ban dan velg Nissan Magnite Premium CVT 2020

Ban masih usung bawaan India

Kesenangan berkendara yang juga ditawarkan Nissan Magnite adalah posisi duduk yang tinggi. Visibilitas yang diberikan membuat sudut penglihatan depan hingga mencapai 36,1 derajat dan diklaim jadi salah satu yang terbaik di antara para rivalnya, sehingga memungkinkan pengemudi dapat dengan mudah mengendalikan mobil ini dan memberikan kepercayaan diri yang lebih besar saat berkendara.

>>> Mana yang terbaik antara Nissan Magnite vs KIA Sonet vs Daihatsu Rocky?

Spesifikasi Nissan Magnite 2020

Berikut ini adalah spesifikasi Nissan Magnite Premium CVT 2020:

Mesin Nissan Magnite Premium CVT 2020

Seri mesin

HRA0, 3-Silinder, Turbo

Pasokan Bahan Bakar

12 Katup (2 Inlet & 2 Outlet Per Silinder)

Jumlah Katup

Multi Point Injection

Tenaga Maksimum

98,5 HP (100 PS) @ 5.000 rpm

Torsi Maksimum

160 NM @ 2.200 - 4.400 rpm

Kapasitas Silinder

999 cc

Bore X Stroke

72,2 mm X 81,3 mm

Tipe Transmisi

CVT, Penggerak Roda Depan (FWD)

Rangka Nissan Magnite Premium CVT 2020

Panjang X Lebar X Tinggi

3.994 mm X 1.798 mm X 1.572 mm

Jarak Sumbu Roda

2.500 mm

Jumlah Tempat Duduk

5 Penumpang

Ground Clearance

205 mm

Radius Putar

5,0 Meter

Kapasitas Tangki

40 Liter

Suspensi/Kaki-Kaki Nissan Magnite Premium CVT 2020

Suspensi Depan & Belakang

Depan: Mac Pherson strut with Lower Transverse link

Belakang: Twin tube telescopic shock absorber

Sistem Kemudi

Rack And Pinion with Electronic Power Steering

Rem Depan & Belakang

Ventilated Disc & Drum

Teknologi Sistem Pengereman

ABS, EBD, Hydraulic Brake Assist

Teknologi Safety Sasis

By Nissan-Renault, Side Impact Beam

Struktur Sasis

Monokok, SUV B-Segment

Pelek

Alloy, 16 Inch

Jenis Ban

CEAT SecuraDrive, 195/60R16

Daftar Harga Nissan Magnite 2020

Foto ilustrasi harga Nissan Magnite Premium CVT 2020

Magnite Premium seperti ini dihargai Rp 238,8 juta

Nissan Indonesia menawarkan All-new Nissan Magnite dalam 3 pilihan trim:

No.

Retail Price

Harga OTR Jakarta*)

(One Tone Colour)

1

All-new Nissan Magnite – Upper MT

Rp 208.800.000,-

2

All-new Nissan Magnite – Premium MT

Rp 226.300.000,-

3

All-new Nissan Magnite – Premium CVT

Rp 238.800.000,-

Konsumen dapat memesan mulai hari ini dan harga tersebut sudah termasuk garansi kendaraan standar 3 tahun/100.000 kilometer (mana yang tercapai lebih dulu).

(*) harga berlaku selama periode launching

Kesimpulan Nissan Magnite 2020

Foto kesimpulan review Nissan Magnite Premium CVT 2020

Magnite ini lebih terasa Nissan dibandingkan Datsun

Nissan Magnite ini sama sekali tidak terasa seperti mobil murah Nissan yang dilabeli Datsun, kecuali hanya desainnya saja yang mirip dengan bahasa desain mobil Datsun. Kualitas buatan baik plus detailnya juga cukup mengagumkan membuatnya pantas disejajarkan dengan lawan-lawannya di kelas ini seperti KIA Sonet dan nantinya akan ada Daihatsu Rocky, Toyota Raize, bahkan Honda ZR-V. Ia cukup menggoda dimiliki apalagi tipe top of the line-nya yakni Premium seperti yang kami review kali ini dibanderol dengan harga di bawah Rp 240 juta.

>>> Lihat review mobil lainnya yang komperhensif hanya di Cintamobil.com

Arfian Alamsyah
Share this post:
Arfian Alamsyah
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Review lain

Review Nissan Kicks e-Power 2020 Indonesia: Mobil Listrik Paling Cocok di Indonesia

Review Nissan Kicks e-Power 2020 Indonesia: Mobil Listrik Paling Cocok di Indonesia

Rp 449.000.000

03/09/2020

Editor rate:

Diisukan hengkang, Nissan mempertegas eksistensinya di Indonesia setelah memperkenalkan model terbaru SUV kompak Nissan Kicks e-Power 2020 dengan harga menawan.

Lihat juga
Review Nissan Ariya 2021: Implementasi Line-up Futuristik Nissan

Review Nissan Ariya 2021: Implementasi Line-up Futuristik Nissan

Rp. 588.000.000

20/08/2020

Editor rate:

Seiring berkembangnya teknologi otomotif, kendaraan ramah lingkungan seperti BEV (Battery Electrified Vehicle) mulai jadi tren. Di saat beramaan SUV juga sedang menanjak, Nissan mencium peluang ini dengan menghadirkan Ariya 2021, SUV listrik berdesain futuristik.

Lihat juga
Review Nissan Dayz 2019

Review Nissan Dayz 2019

21/04/2019

Editor rate:

Bisa dibilang ini adalah Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia-nya Jepang. Maklum saja, di negara matahari terbit tersebut mobil jenis Kei Car seperti ini begitu favorit dan menjadi kendaraan terlaris di sana. Lantas bagaimana pendapat kami mengenai kembaran Mitsubishi Ek yang sebelumnya telah kami bahas? Berikut ini adalah ulasan kami mengenai Nissan Dayz 2019.

Lihat juga
Review All New Nissan Livina VL 2019

Review All New Nissan Livina VL 2019

19/02/2019

Editor rate:

Akhirnya yang ditunggu datang juga, karena sejak tahun 2007 Nissan Livina dan Nissan Grand Livina nyaris tidak pernah berganti model. Hari ini (19/2) All New Nissan Livina2019 resmi diluncurkan ke publik. Bagaimana pendapat kami mengenai All New Nissan Livina 2019? Jika mobil ini hanya sekadar Mitsubishi Xpander ganti baju, siapkah melawan Toyota Avanza?

Lihat juga
Review Dan Test Drive All New Nissan Livina VE 2019, Lebih Murah Rp 12 Juta Bakal Dapat Apa?

Review Dan Test Drive All New Nissan Livina VE 2019, Lebih Murah Rp 12 Juta Bakal Dapat Apa?

08/06/2019

Editor rate:

Setelah kami mengulas lengkap varian flagship dari All New Nissan Livina 2019 yakni tipe VL, dengan menghemat uang sebesar Rp 12 juta, Anda dapat memiliki All New Nissan Livina satu tipe dibawahnya, yakni VE. Lantas, apakah dengan pengurangan harga sebesar itu membuat banyak fittur unggulan pada tipe VL dikurangi di tipe VE ini?

Lihat juga
back to top