Review Nissan Magnite 2021: SUV Kompak Terjangkau untuk Pasar Berkembang

31/10/2020

Share this post:

Nissan Magnite 2021

Editor rate:

TBA

Mobil terbaik Nissan di Cintamobil.com Lihat promo

Mencoba meluaskan pasarnya, Nissan Magnite 2021 dipersiapkan untuk pasar negara berkembang berbekal dengan membawa desain berani dan teknologi anyar Nissan.

Review Nissan Magnite 2021: SUV Kompak Terjangkau untuk Pasar Berkembang
Review Nissan Magnite 2021: SUV Kompak Terjangkau untuk Pasar Berkembang
0 Gambar

Pengantar Nissan Magnite 2021

Mari kita simak spesifikasi Nissan Magnite 2021 di bawah ini.

Kelebihan

Desain sporty nan berani

Dilengkapi teknologi terbaru Nissan

Diklaim paling bertenaga di kelasnya

Kabin lapang dengan bagasi terluas di kelasnya

Kekurangan

Kualitas interior terlihat kurang premium

Belum ada detail tentang mesin

Tak pasti kapan dibawa ke Indonesia

Nissan akhirnya meluncurkan SUV kompak terbarunya. Nissan Magnite 2021 merupakan produk pertama Nissan dibawah strategi Nissan NEXT untuk pasar India yang diperkenalkan pada paruh kedua tahun fiscal 2020-2021. Peluncuran sendiri dipresentasikan oleh juru bicara Nissan untuk pasar Afrika, Timur Tengah, dan India (AMI), Rakesh Srivastava.

Rakesh selaku Managing Director Nissan Motor India menyebutkan, “All-new Nissan Magnite benar-benar paket lengkap sebagai B-SUV besar, berani, cantik, dan karismatik yang menawarkan ruang kelas terbaik untuk keluarga dan teman; desain dinamis dan ground clearance yang tinggi, mesin HRA0 1.0 liter Turbo; dan teknologi canggih Jepang untuk pelanggan cerdas dan penggemar teknologi saat ini.”

Nissan Magnite 2021 berwarna merah
Kehadiran Nissan Magnite 2021 perdana di India

Nissan Magnite merupakan generasi terbaru SUV Nissan. Menghadirkan inovasi dari teknologi dan desain baru khas pabrikan Jepang ini, Magnite mendapatkan teknologi terbaru Nissan Intelligent Mobility yang memberikan rasa berkendara yang menyenangkan dan hadir menawarkan fitur kelas satu terbaik di segmennya.

Magnite dipersiapkan sebagai inovasi terbaru bagi SUV kompak yang dipersiapkan Nissan untuk negara berkembang. Penasaran apa saja yang ditawarkan pada mobil ini? Simak review Nissan Magnite 2021 terbaru dari tim Cintamobil.com di bawah ini.

Eksterior Nissan Magnite 2021

Tampilan yang berani pada mobil ini terlihat sedikit menyerupai Nissan Kicks yang baru saja diperkenalkan Nissan di Indonesia. Namun perbedaannya terdapat pada bahasa desain baru dari Nissan yang menawarkan tampilan layaknya coupe dari siluet samping dan ground clearance yang cukup tinggi pada SUV kompak ini.

Review Nissan Magnite 2021: Eksterior Depan

Bagian depan terlihat sangat mirip dengan model konsep yang diperkenalkan sebelumnya. Magnite mendapatkan grille depan besar yang menempati sebagian besar fascia dan merupakan model pertama di India yang menyandang logo Nissan terbaru. Bemper pada bagian bawah mendapatkan tampilan berani dengan grille heksagonal khas Nissan.

Tampilan depan Nissan Magnite 2021 berwarna merah
Tampilan depan Nissan Magnite 2021

Nissan melengkapi SUV Magnite dengan lampu depan berteknologi bi-proyektor LED yang ramping serta lampu sein yang disebut mengusung tema lightsaber. Dipadukan dengan lampu kabut berteknologi LED dan lampu DRL LED berbentuk L yang menambahkan kesan sporty pada mobil ini.

Review Nissan Magnite 2021: Eksterior Samping

Dari sisi samping Magnite mendapatkan kemiripan dengan Nissan Kicks yang sama-sama mengusung garis bodi yang unik dan sporty. Siluetnya gagah berkat spoiler atap terintegrasi dan desain melengkung yang mengalir hingga bagian belakang. Memberikan kesan rasa coupe pada bagian sisi mobil ini.

Tampilan samping Nissan Magnite 2021 berwarna merah 
Tampilan samping Nissan Magnite 2021

Magnite juga tak kalah jika harus dibawa ke medan kasar nan bergelombang. Pasalnya mobil ini sudah mendapatkan ground clearance yang cukup tinggi, yaitu 205 mm yang membantunya menebas polisi tidur di jalanan perkotaan dengan lantang. Dan menariknya, Magnite memiliki radius putar 5.0 m, disebut sebagai yang terbaik di kelasnya untuk menegaskan kepraktisan dan dinamika berkendara apik yang ditawarkan mobil ini.

Review Nissan Magnite 2021: Eksterior Belakang

Di belakang Magnite terlihat lebih polos dibandingkan tampilan depan yang semarak. Tapi pintu belakang masih menampilkan garis karakter yang tegas khas Magnite. Disandingkan dengan lampu belakang terpisah dengan spasi yang lebar. Ada huruf Magnite pada bagian bawah Nissan. Ditambah bumper hitam yang kontras dan lencana turbo menghiasi tampilan belakang mobil ini.

Tampilan belakang Nissan Magnite 2021 berwarna merah 
Tampilan belakang Nissan Magnite 2021

Dari desain lampu belakang terlihat lebih sederhana. Memanjang dari bagian bawah sisi dan membentuk garis karakter berotot pada bagian sisi Magnite. Lampu belakang dibelah oleh palang chrome yang menyatu pada lampu dan terbelah secara vertikal sepanjang bak belakang.

>>> Review mobil Nissan paling update bisa Anda dapatkan di sini


Interior Nissan Magnite 2021

Dalam al interior, All New Nissan Magnite disebut memiliki kenyamanan pengemasan dan tempat duduk terbaik dibandingkan SUV kompak lain di segmennya. Meski sepenglihatan kami dari foto yang diberikan, beberapa bagian terlihat masih standar dan kurang menawarkan kesan premium dibandingkan tampilan luarnya.

Review Nissan Magnite 2021: Dashboard

Mengingat segmen yang disasar oleh Nissan bagi Magnite terbaru dan berdasarkan foto yang berkembang di media sosial, terasa tampilan dashboard yang cukup baik, meski kemungkinan besar masih menggunakan material plastik keras untuk menghemat harga yang ditawarkan. Ada layar sentuh 8 inci yang sudah dilengkapi dengan berbagai fitur menarik Nissan, seperti kompatibilitas Android Auto maupun Apple CarPlay.

dashboard Nissan Magnite 2021 berwarna hitam
Dashboard Nissan Magnite 2021

Di bawah, tampilan yang ergonomis mengarah pada pengemudi memberikan kemudahan tersendiri dalam mengakses fitur di dalam kabin. Begitu pula dengan struktur panel instrument horizontal dengan konsol dek ganda, membuatnya lebih lebar dan luas serta menyediakan banyak ruang penyimpanan fungsional, jelas Nissan.

Review Nissan Magnite 2021: Setir 

Setir Nissan Magnite 2021 berwarna hitam
Setir Nissan Magnite 2021

Nissan masih mengandalkan setir palang tiga dengan beberapa aksen silver untuk sedikit menawarkan kesan mewah pada mobil ini. Ditambah dengan tombol multi fungsi guna memudahkan Anda untuk mengatur beberapa fitur di dalam kabin. Belum berlapis kulit, tapi kemungkinan besar sudah dilengkapi dengan fitur tilt & teleskopik untuk menambah kenyamanan di belakang kemudi.

Review Nissan Magnite 2021: Kursi

Rasa berkendara yang presisi terasa dari tampilan kursi yang dihadirkan. Kursi depan dirancang untuk menciptakan ruang interior terbuka, serta tak ketinggalan memberikan rasa lapang bagi penumpang yang duduk di bagian belakang. Nissan menyebut ruang kaki setara dengan mobil premium kelas atas.

kursi Nissan Magnite 2021 berwarna hitam
Kursi Nissan Magnite 2021

Kenyamanan berkendara dari lima orang di dalam kabin juga sangat lapang. Dimana Nissan mengklaim mobil ini sebagai B-SUV terluas yang memiliki jarak antara pengemudi dan penumpang di samping hingga 700 mm. Ruang kaki belakang 593 mm serta ruang kepala bagi penghuni baris belakang 76 mm.

Review Nissan Magnite 2021: Bagasi

bagasi Nissan Magnite 2021 dipenuhi barang-barang
Bagasi Nissan Magnite 2021

Pengaturan pelipatan 60:40 pada kursi belakang dapat dibelah untuk meningkatkan fleksibilitas maksimal. Bagi Anda yang menginginkan SUV dengan kepraktisan tinggi, Magnite bisa menjadi pilihan. Kapasitas ruang bagasi tercatat 336 L dan dapat menampung hingga 3 koper berukuran sedang. Nissan sendiri menyebutkan bahwa Magnite memiliki ruang bagasi paling lapang di kelasnya.

>>> Berita terbaru Nissan bisa Anda dapatkan di sini

Fitur Nissan Magnite 2021

Nissan mengungkapkan bagaimana Magnite baru memberikan kabin yang luas dengan rasa premium karena dilengkapi berbagai teknologi canggih dan berpusat kepada pengemudi. Seperti informasi berkendara dari meteran TFT 7 inci terbaik di segmennya dengan animasi ketika mobil dihidupkan serta sistem pemantauan tekanan ban.

Fitur Nissan Magnite 2021 berwarna hitam 
Fitur Nissan Magnite 2021 yang ergonomis

Ada pula sistem infotainment dari layar sentuh 8 inci yang sudah mengemas Apple CarPlay nirkabel dan Android Auto ditambah dengan sistem pengenalan suara bawaan. Tak ketinggalan teknologi inovatif Nissan berupa Nissan Connect yang menawarkan hingga lebih dari 50 fitur, termasuk road assistance, smartwatch connectivity, dan lainnya.

Bersamaan dengan itu, All New Nissan Magnite juga memiliki tech pack yang dilengkapi dengan pengisian daya nirkabel, air purifier di dalam mobil, puddle lamp, dan ambient atau mood lighting. Kenyamanan di dalam kabin juga dibuat lebih elegan dengan speaker premium dari JBL by Harman yang tersebar di dalam kabin,

Review Nissan Magnite 2021: Fitur Keselamatan Aktif

Fitur keselamatan baru Nissan menghiasi Magnite dari luar dan dalam. Dibangun dengan struktur bodi yang efisien dan menyerap bantuan, Magnite dilengkapi dengan sistem pengereman ABS dan EBD, Hydraulic Brake Assist (HBA), Vehicle Dynamic Control (VDC), Traction Control System (TCS), Hill Start Assist (HAS), serta sistem airbag Dual SRS dengan sabuk pengaman pretensioner & load limiter.

>>> Mobil Bekas Pilihan: Nissan Juke Revolt II 2019

Operasi Nissan Magnite 2021

Nissan sendiri menasbihkan Magnite sebagai B-SUV paling hemat bahan bakar di kelasnya. Dengan konsumsi hanya 10 km/l, mobil ini mengenakan mesin HRA0 dengan torsi yang tinggi pada kecepatan rendah. Meski belum mengumumkan keluaran tenaga dan torsinya, ada dua pilihan mesin yang digunakan.

Mesin Nissan Magnite 2021 berwarna perak
Mesin Nissan Magnite 2021

Yang pertama yaitu mesin 1.0L HRA0 turbo yang pertama di kelasnya dengan transmisi manual 5-percepatan dan X-Tronic CVT. Mesin ini mengadopsi teknologi “mirror bore cylinder coating” yang jauh digunakan pada Nissan GT-R untuk mengurangi hambatan di dalam mesin. Menghasilkan akselerasi yang mulus dan penggunaan bahan bakar yang efisien.

Menggunakan girboks X-Tronic CVT khas Nissan, Cruise Control, dan rangkaian gigi yang lebih luas, Magnite diklaim mampu memberikan kinerja yang lebih mulus, bahkan pada lalu lintas perkotaan yang padat. Disandingkan dengan perangkat lunak D-stop logic control yang memberikan input dinamis, seperti kecepatan kendaraan, posisi pedal akselerator, dan kecepatan untuk menentukan rasio gigi ideal untuk pengendaraan yang menyenangkan di jalanan.

>>> Silakan Disimak, Rekomendasi 5 Mobil Nissan dengan Harga Menarik

Spesifikasi Nissan Magnite 2021

Dimensi Nissan Magnite 2021

Panjang x Lebar x Tinggi

3.995 mm x TBA x TBA

Jarak Poros Roda

TBA

Ground Clearance

205 mm

Radius Putar

5.0 m

Mesin Nissan Magnite 2021

Tipe Mesin

1.5L 4-silinder segaris

Kapasitas Silinder

1.488 cc

Tenaga Maksimal

TBA

Torsi Maksimal

TBA

Transmisi

Manual

Sistem Penggerak

Front-wheel drive

Kaki-Kaki Nissan Magnite 2021

Suspensi

TBA

Rem

TBA

Tipe Ban

TBA

Velg

16 inci

Daftar Harga Nissan Magnite 2021

Baru diperkenalkan dalam bentuk desain produksi di India tanggal 23 Oktober lalu, belum ada kejelasan tentang kapan mobil ini akan dirilis secara resmi serta berapa harga Nissan Magnite 2021 yang diberikan. Tapi berdasarkan prakiraan yang diluncurkan oleh beberapa media di India, Magnite sepertinya akan dipasarkan dengan harga mulai dari 6.2 lakh, atau setara dengan Rp 123 jutaan.

Kesimpulan Nissan Magnite 2021

Nissan mencoba menyasar pasar negara berkembang dengan menawarkan SUV kompak Nissan Magnite 2021 yang terjangkau namun tetap memberikan teknologi teranyar khas Nissan. Bisa dibilang tampilan yang berani ditonjolkan untuk menarik konsumen, meski bisa dipastikan kualitas interior tak sebaik mobil Nissan yang lebih premium. Menarik dilihat kapan Nissan akan membawa mobil ini ke Indonesia dan fitur apa saja yang ditawarkan pada Nissan Magnite ketika mendarat di Tanah Air.

>>> Simak review mobil  lain yang tak kalah menariknya di sini

Padli Nurdin
Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Review lain

Review Nissan Kicks e-Power 2020 Indonesia: Mobil Listrik Paling Cocok di Indonesia

Rp 449.000.000

03/09/2020

Editor rate:

Diisukan hengkang, Nissan mempertegas eksistensinya di Indonesia setelah memperkenalkan model terbaru SUV kompak Nissan Kicks e-Power 2020 dengan harga menawan.

Lihat juga

Review All New Nissan X-Trail 2017: SUV Premium yang Siap Melintasi Berbagai Medan

Rp 547.700.000

23/08/2017

Editor rate:

Geliat industri mobil nasional semakin hari semakin pesat. Hal itu dapat dilihat dengan banyaknya mobil-mobil baru yang dirilis ke pasaran. Kebanyakan, mobil bersegmen MVP dan SUV yang menjadi katalog andalan berbagai merek ternama. Hal tersebut wajar mengingat daya beli para pecinta otomotif memang mengarah kepada dua segmen tersebut.

Lihat juga

Nissan Grand Livina 2017: SUV dengan Rasa Sedan yang Siap Berikan Keamanan dalam Berkendara

Rp 250.000.000

18/08/2017

Editor rate:

Setelah berhasil merengkuh kesuksesan di pasa mobil nasional. Nissan kembali meluncurkan seri anyar dari Grand Livina. Apa yang membedakan mobil terbaru ini dengan mobil sebelumnya? Langsung kita simak bersama yuk spesifikasinya.

Lihat juga

Review Nissan X-Trail 2021: Peremajaan Demi Eksistensi

TBA

08/07/2020

Editor rate:

Beberapa saat lalu, generasi keempat Nissan X-Trail diperkenalkan di Amerika Serikat mengusung nama Rogue, yang mendapatkan tampilan serta fitur yang lebih modern dibandingkan pendahulunya. Bagaimana impresi awalnya? Simak review lengkapnya di Cintamobil.com

Lihat juga

Review Nissan Ariya 2021: Implementasi Line-up Futuristik Nissan

Rp. 588.000.000

20/08/2020

Editor rate:

Seiring berkembangnya teknologi otomotif, kendaraan ramah lingkungan seperti BEV (Battery Electrified Vehicle) mulai jadi tren. Di saat beramaan SUV juga sedang menanjak, Nissan mencium peluang ini dengan menghadirkan Ariya 2021, SUV listrik berdesain futuristik.

Lihat juga
back to top