Review Nissan Kicks e-Power 2020: SUV Funky Yang Ramah Lingkungan

22/05/2020

Share this post:

Nissan Kicks 2020

Editor rate:

Rp 300.000.000

Mobil Nissan Kicks dijual Lihat promo

Nissan Kicks e-Power 2020 hadir di ASEAN dengan Thailand sebagai negara pertama yang mendapat varian facelfit. Bagaimana impresi awalnya, apakah mobil ini cocok di Indonesia? Simak reviewnya di Cintamobil.com.

Review Nissan Kicks e-Power 2020: SUV Funky Yang Ramah Lingkungan
Review Nissan Kicks e-Power 2020: SUV Funky Yang Ramah Lingkungan
0 Gambar

Pengantar Nissan Kicks 2020

Mari kita simak spesifikasi Nissan Kicks 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Desain sangat keren

Mesin ramah lingkungan

Fitur keamanan lengkap

Kekurangan

Teknologi e-Power belum teruji benar di Indonesia

Harga diprediksi lebih tinggi di kelasnya

Layanan purna jual Nissan yang belum seluas rivalnya di Indonesia

Review Nissan Kicks e-Power 2020 - Eits, bukan sembarang facelift. Berbeda dari penyegaran mobil lain yang kebanyakan fokus pada eksterior semata, Nissan Kicks 2020 hadir dengan teknologi powertrain baru yang lebih ramah lingkungan. Namun, sebelum melangkah lebih jauh, mari kita telusuri sejarah Nissan Kicks lebih dulu.

Diperkenalkan sebagai konsep pada 2014 sebagai suksesor Nissan Juke yang ikonik, dan dirancang dengan basis platform Nissan-V melalui kolaborasi desainer Nissan di Jepang dan Nissan Design America di California, Nissan Kicks pertama kali launching di Brazil pada musim panas 2016.

Nissan Kicks P15 yang menjadi basis dari model global

Nissan Kicks P16 yang mengambil basis platform Dacia, dan hanya dijual di India

Saat ini, Nissan Kicks punya dua kode bodi, yakni P15 (atas), dan P16 (bawah)

Tiga tahun berselang, tepatnya Januari 2019, Nissan Kicks hadir di India dengan platform Dacia B0 yang berbeda dari versi Brazil dengan dimensi yang lebih besar, dan wheelbase yang sama seperti Dacia Duster dan Renault Captur.

Setelah satu tahun menjadi rumor, Kicks masuk ke ASEAN di mana Thailand jadi pasar pertama sekaligus basis perakitan SUV Kompak itu. Setelah sempat tertunda akibat pandemi Corona, akhirnya Nissan Kicks 2020 diperkenalkan melalui peluncuran online, Jumat (15/5).

Penasaran dengan impresi awal pada eksterior, interior, fitur, dan performa SUV kompak satu ini? Simak review Nissan Kicks e-Power 2020 di Cintamobil.com.

Eksterior Nissan Kicks 2020

Dibandingkan versi India dan Brazil yang lebih dulu launching, Nissan Kicks 2020 di Thailand terlihat lebih segar dan funky dengan berbagai revisi eksterior. Apa saja sih yang berubah? Simak penjelesannya di bawah ini.

Review Nissan Kicks e-Power 2020 : Eksterior Depan

Tampak depan Nissan Kicks e-Power 2020

Kicks e-Power 2020 terlihat lebih sangar dengan grille V-Motion berukuran lebih besar

Nissan Kicks 2020 memiliki desain yang lebih sporty, dengan ubahan paling dramatis terjadi di sisi depan. Mulai dari grille V-Motion yang lebih besar, yang diapit oleh sepasang lampu depan yang didesain lebih langsing dan tajam.

Desain bumper depan juga dibuat lebih agresif dengan air intake bawah yang terlihat besar, tarikan garis berbentuk huruf X yang ada di fascia depan juga memberikan kesan sangat pada Kicks 2020, sebagai pelengkap desain fog lamp juga tak lupa disegarkan.

Review Nissan Kicks e-Power 2020 : Eksterior Samping

Tampak samping Nissan Kicks e-Power 2020

Penggunaan pelek berukuran 17 inci memberikan stance yang lebih kokoh pada Nissan Kicks 2020

Dari siluet mobil, kita bisa menyimpulkan bahwa Nissan Kicks 2020 memakai basis model Brazil yang lebih kompak. Hal ini terlihat dari dimensi mobil yang hanya lebih pendek 5 mm dari model P15, namun dengan lebar sama dan lebih tinggi 25 mm lebih tinggi.

Secara desain juga masih sama identik, dengan garis desain antara kedua model yang sama persis, dan bagian pillar yang di blacked-out sehingga menghasilkan kesan floating roof. Untuk velg, Nissan Kicks Thailand memakai ukuran 17 inci yang membuat fender tampak lebih berisi.

Review Nissan Kicks e-Power 2020 : Eksterior Belakang

Tampak belakang Nissan Kicks e-Power 2020

Tampilan belakang juga dibuat lebih segar dengan model lampu belakang baru

Buritan Nissan Kicks 2020 juga tak luput dari penyegaran, desain bumper dibuat lebih sporty dengan diffuser besar yang diberi finishing sewarna body, dengan lampu belakang mengadopsi desain ala-ala bumerang.


Interior Nissan Kicks 2020

Berbeda dari eksterior yang berubah signifikan, interior Nissan Kicks 2020 masih terlihat sangat familiar. Layout dashboardnya tidak berubah dari model pre-facelift, paling hanya beberapa detail yang berubah. Untuk lebih jelasnya simak uraiannya di bawah ini

Review Nissan Kicks e-Power 2020 : Dashboard & Konsol tengah

Desain dashboard Nissan Kicks e-Power 2020

Detail dashboard Kicks e-Power 2020

Secara umum, layout interior Kicks 2020 tidak mendapat banyak ubahan. Di mana layout kisi-kisi AC dan tombol masih ada di tempat yang sama. Di bagian tengah, Anda akan menemukan head unit layar sentuh 8 inci dan pengatur AC digital.

Turun sedikit ke bawah, konsol tengah sedikit diubah untuk menunjang transmisi Single Speed Reduction Otomatic yang dipakai di Kicks 2020. Model gear levernya jauh lebih simpel, dengan tombol drive-mode, EV, dan Start/stop engine berada di atasnya. Anda juga menemukan slot AUX dan USB serta socket power 12V yang bisa dipakai untuk mengisi ulang baterai smartphone Anda.

Review Nissan Kicks e-Power 2020 : Setir & MID

Kopit Nissan Kicks e-Power 2020

Kokpit Nissan Kicks e-Power 2020

Nissan Kicks 2020 menggunakan model setir flat-bottomed yang sama seperti Nissan Leaf, dengan multi-touch control yang dapat mengatur berbagai fungsi seperti audio, cruise control, sampai pengontrol MID.

Berbicara soal MID, Nissan Kicks 2020 memadukan speedometer analog konvensional dengan layar TFT Digital Meter berukuran 7 inci yang dapat menampilkan berbagai info kendaraan seperti tachometer, konsumsi BBM, jarak tempuh, dan lainnya.

Review Nissan Kicks e-Power 2020 : Kursi

Interior dual-tone milik Nissan Kicks

Berita bagus, ukuran kaca belakangnya jauh lebih besar dibandingkan Nissan Juke

Kursi Nissan Kicks 2020 hadir dengan desain yang cukup supportif dan nyaman, khususnya bagian samping yang dibuat tebal. Secara pengaturan juga cukup baik, di mana kursi pengemudi memiliki height adjustment. Tidak hanya bangku depan, bangku belakang juga cukup nyaman dan lega dengan ruang kaki dan kepala yang sangat cukup untuk rata-rata orang Indonesia.

Hal positif lainnya juga desain kaca belakang Nissan Kicks yang cukup besar, tidak seperti Juke yang tampak pengap dengan kaca belakang berukuran kecil. Kursinya sendiri dibalut oleh berbagai pilihan material, mulai dari fabric (untuk varian S dan E), kulit warna hitam (V), dan kulit dual tone (VL).

Fitur Nissan Kicks 2020

Berbicara soal fitur, Nissan Kicks e-Power 2020 termasuk salah satu yang terlengkap di kelasnya. Mulai dari fitur infotainment, fitur pengemudian, sampai fitur keamanan pasif dan aktif semua terakomodir di SUV kompak ini.

Review Nissan Kicks e-Power 2020 : Fitur Hiburan

Layar hiburan Nissan Kicks e-Power 2020

Head unit Kicks e-Power sudah mendukung Apple CarPlay

Untuk varian V dan VL, Nissan Kicks e-Power 2020 menyematkan Nissan Connect dengan LCD layar sentuh berukuran 8 inci. Konektivitas head unit ini terhitung lengkap, mulai dari Bluetooth, USB, AUX, sampai integrasi smartphone Apple CarPlay.

Kualitas output suara yang keluar dari head unit ditunjang oleh sistem audio yang terdiri dari enam speaker berkualitas tinggi. Fungsinya juga bisa diatur di lingkar kemudi.

Review Nissan Kicks e-Power 2020 : Fitur Mengemudi

Fitur mengendara Nissan Kicks e-Power 2020

Nissan Intelligent Mobility memberikan berbagai fitur keselamatan aktif di Nissan Kicks

Soal fitur pengemudian, Nissan Kicks e-Power 2020 menyematkan paket Nissan Intelligent Mobility, yang terdiri dari berbagai fitur mengemudi dan keselamatan modern. Salah satu yang paling unik adalah fitur One-Pedal, di mana akselerasi dan deselerasi mobil melalui regenerative braking bisa dengan menggunakan satu pedal gas saja.

Selain itu, hadir fitur pintar lain seperti Intelligent Cruise Control (ICC), Intelligent Forward Warning Collision (IFCW), Intelligent Emergency Braking (ICB), Blind Spot Warning (BSW), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Intelligent Around View Monitor (IAVM) with Moving Object Detection (MOD), Intelligent Rear View Mirror (IRVM), sampai Hill Start Assist (HSA).

Review Nissan Kicks e-Power 2020 : Fitur Keselamatan

Selain fitur yang masuk ke dalam paket Nissan Intelligent Mobility di atas, hadir juga berbagai fitur lain yang menunjang keselamatan mengemudi. Baik itu keselamatan aktif ataupun pasif.

Tercatat, sebanyak enam SRS Airbag ditanamkan di SUV kompak ini, mulai dari dua di bagian depan, dua di bagian samping, ditambah dua curtain airbags. Untuk varian selain VL, Anda hanya mendapatkan dua airbag depan. Selain itu, hadir juga sabuk pengaman dengan fitur pretensioner dengan support isofix di bangku belakang.

Beralih ke fitur keselamatan aktif, Nissan Kicks e-Power 2020 hadir dengan Anti-lock Brake System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA) sebagai standar. Selain itu, hadir juga Vehicle Dynamic Control (VDC), Intelligent Ride Control (IRC), dan juga Intelligent Trace Control (ITC).

>>> Makin pintar, simak fitur baru Nissan X-Trail 2019

Operasi Nissan Kicks 2020

Salah satu fokus review ini adalah membahas powertrain Nissan Kicks e-Power 2020, yang menerapkan cara kerja yang berbeda dari powertrain hybrid pada umumnya.

Powertrain Nissan Kicks e-Power 2020

Powertrain Kicks e-Power 2020, yang terdiri dari mesin HR12DE dan motor listrik EM57

Di sini, mesin bensin inline-3 1.200cc berkode HR12DE dengan tenaga 79 HP dan torsi 103 Nm menjadi generator yang menghasilkan energi listrik yang disimpan di baterai berkapasitas kecil, hanya 1,57 kWh.

Tuas persneling Nissan Kicks e-Power

Tuas persneling Kicks e-Power 2020 berbeda dari mobil otomoatis kebanyakan

Baterai tersebut menjadi catu daya motor listrik AC3 Synchronous EM57 yang memiliki tenaga 127 HP dan torsi 260 Nm yang disalurkan ke roda depan melalui transmisi Single Speed Gear Reduction Automatic. Beda dari powertrain hybrid kebanyakan, mesin ICE di sini tidak tersambung dengan mesin, di mana motor listrik jadi satu-satunya penggerak mobil.

Meski tidak hanya memiliki satu percepatan tunggal, transmisi Kicks e-Power 2020 hadir dengan beberapa mode. Yakni Normal mode, Smart mode, Eco mode, dan EV mode.

>>> Siap-siap, All New Nissan Kicks 2020 Meluncur di Indonesia Habis Lebaran

Spesifikasi Nissan Kicks 2020

Dimensi Nissan Kicks e-Power 2020
Panjang x Lebar x Tinggi 4.290 x 1.760 x 1.615 mm
Wheelbase 2.615 mm
Ground Clearance 165 mm
Radius Putar 5.1 m
Performa Nissan Kicks e-Power 2020
Motor Elektrik AC3 Synchronous Motor EM 57
Tenaga Maksimal 127 HP @ 4.000-8992 rpm
Torsi Maksimal 260 Nm @ 500-3.008 rpm
Transmisi Single Speed Gear Reduction Automatic
Kapasitas Baterai 1,57 kWh
Tipe Mesin (Generator) HR12DE, 3-Cylinder DOHC
Kapasitas Silinder 1.198 cc
Tenaga Maksimal 78 HP @ 6.000 rpm
Torsi Maksimal 103 Nm @ 3.500 – 5.200 rpm
Kaki-Kaki Nissan Kicks e-Power 2020
Suspensi Depan Independent MacPherson Struts with Stabilizer
Suspensi Belakang Torsion Beam with Stabilizer
Sistem Kemudi Rack and Pinion with Electric Power Steering (EPS)
Rem Depan Ventilated Disc Brake
Rem Belakang Disc Brake
Velg / Ukuran Ban 17 x 6.5 J Alloy Wheel / 205/55 R17

Daftar Harga Nissan Kicks 2020

Nissan Kicks e-Power 2020 yang dijual di Thailand hadir dalam empat varian, mulai dari S yang dibanderol BHT 889.000 (setara Rp 410 juta), sampai varian tertinggi VL dengan harga BHT 1.049.000 (setara Rp 484,8 juta). Untuk lebih jelasnya, simak tabel di bawah ini.

Daftar Harga Nissan Kicks e-Power 2020
Varian Harga (BHT/RP)
S BHT 889.000 / Rp 410.855.433,-
E BHT 949.000 / Rp 438.584.709,-
V BHT 999.000 / Rp 461.692.439,-
VL BHT 1.049.000 / Rp 484.800.168,-

Semuanya varian hadir dalam enam pilihan warna eksterior, Black Star, Brilliant Silver, Monarch Orange, Radiant Red, Gun Metalic (grey), dan Storm White. Khusus untuk empat warna terakhir yang disebut, hadir pilihan atap warna hitam jika Anda memilih tampilan two-tone.

Setelah Thailand, Nissan Kicks e-Power 2020 juga akan mendarat di Indonesia, dengan peluncuran yang akan berlangsung bulan depan. Menarikya, salah satu purwaniaga Nissan mengungkapkan harga Kicks e-Power 2020 akan dijual dengan kisaran harga Rp 300 jutaan, lebih murah dari Thailand.

>>> Simak harga terbaru mobil Nissan di sini 

Kesimpulan Nissan Kicks 2020

Nissan Kicks e-Power 2020 warna oranye

Nissan Kicks e-Power akan jadi pilihan SUV Kompak menarik jika hadir di Indonesia

Meski belum sempat menjajal Nissan Kicks e-Power, kami merasa model ini patut dinantikan di Indonesia. Punya desain yang funky, mesin e-Power ramah lingkungan dan fitur keselamatan yang sangat lengkap, mobil ini bisa jadi opsi yang sangat menarik di segmen SUV kompak.

Memang, teknologi canggih e-Power milik Kicks masih terasa sangat asing di Indonesia. Tapi seiring berjalannya waktu, bukan tidak mungkin teknologi ini bisa diterapkan sebagai basis mobil ramah lingkungan di Indonesia.

>>> Simak review mobil lain yang tak kalah menariknya di sini

Derry Munikrtono
Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Review lain

Preview Nissan March 2019

01/09/2018

Editor rate:

Produk City Car besutan Nissan satu ini memang lama tak didengar kabarnya. Nissan March atau Nissan Micra untuk sebutan Jepangnya, memang mengalami penurunan penjualan beberapa tahun belakangan ini. Alasan utamanya terletak pada desain model yang hanya diberikan penyegaran minimalis pada tahun 2017 lalu. Prediksi kami, masyarakat Indonesia membutuhkan desain yang berubah besar-besaran. Apakah Nissan Global memperhitungkan hal ini? Simak informasinya dalam preview Nissan March 2019.

Lihat juga

Review Mitsubishi Eclipse Cross 2019: Produk SUV Bergaya Crossover Terbaru Dari Mitsubishi

19/07/2019

Editor rate:

Setelah sempat banyak rumor beredar, kehadiran SUV terbaru Mitsubishi ini akhirnya resmi diluncurkan di Indonesia. Kehadiran Mitsubishi Eclipse Cross akan meramaikan pangsa pasar SUV sekaligus melengkapi lini produk PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

Lihat juga

Review KIA XCeed 2019: Selamat Datang, Keluarga Baru KIA Bergaya Crossover

10/07/2019

Editor rate:

Jajaran keluarga KIA Ceed tampaknya semakin bertambah pada pertengahan tahun 2019 ini. Dihadirkan sebuah Crossover yang dinamai All-New KIA XCeed, mengedepankan tema serba praktis yang dikemas dalam tubuh Sporty. Tampaknya, persaingan mobil Crossover Utility Vehicle (CUV) akan semakin sengit dalam beberapa tahun ke depan. Mari kita simak sosok serta kelebihannya dalam review KIA XCeed 2019.

Lihat juga

Review Suzuki SX4 X-Over 2007

100.000.000

10/05/2019

Editor rate:

Menjadi crossover pertama di Indonesia, Suzuki SX4 X-Over 2007 masih terlihat ganteng meski telah memiliki generasi penerusnya pada 2012. Kali ini, Cintamobil.com kembali mengajak Anda untuk nostalgia dengan produk yang hadir di Tanah Air dengan metode CBU dan CKD ini.

Lihat juga

Review Toyota C-HR Rally Car 2020

12/08/2019

Editor rate:

Salah satu crossover fenomenal buatan Toyota ini kembali membuat ulah. Setelah meluncur dan menghebohkan dunia dengan desainnya yang out of the box nan cantik, CUSCO World Rally Team bekerja sama dengan Toyota Racing Development (TRD) membangun sebuah 'monster' reli berbasi Toyota C-HR. Inilah ulasan mendalam kami mengenai Toyota C-HR Rally Car 2020.

Lihat juga
back to top