Review Nissan Kicks e-Power 2020 Indonesia: Mobil Listrik Paling Cocok di Indonesia

03/09/2020

Share this post:

Nissan Kicks 2020

Editor rate:

Rp 449.000.000

Lihat promo

Diisukan hengkang, Nissan mempertegas eksistensinya di Indonesia setelah memperkenalkan model terbaru SUV kompak Nissan Kicks e-Power 2020 dengan harga menawan.

Review Nissan Kicks e-Power 2020 Indonesia: Mobil Listrik Paling Cocok di Indonesia
Review Nissan Kicks e-Power 2020 Indonesia: Mobil Listrik Paling Cocok di Indonesia
0 Gambar

Pengantar Nissan Kicks 2020

Mari kita simak spesifikasi Nissan Kicks 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Mesin hybrid yang efisien

Harga kurang dari setengah miliar

Rasa berkendara tak jauh berbeda dengan mesin konvensional

Kekurangan

Desain yang unik

Beberapa fitur absen, seperti power tailgate

Nama brand Nissan tak sekuat rival

Maraknya isu soal hengkangnya NMI (Nissan Motors Indonesia) seolah ditepis dengan hadirnya mobil terbaru Nissan. Inilah Nissan Kicks e-POWER yang akan bersaing dengan rival-rivalnya seperti Toyota C-HR, Mazda CX-30, hingga Mitsubishi Eclipse Cross.

Mobil hybrid “versi Nissan” ini menawarkan berbagai kelebihan dari sisi teknologi mesin, efisiensi bahan bakar, fitur keselamatan, hingga harga yang cukup menggiurkan dan seketika begitu banyak pertanyaan yang muncul setelah mengetahui harga jualnya. 

Nissan Kicks e-Power 2020 di Indonesia berwarna oranye
Model terbaru Nissan Kicks e-Power 2020 di Indonesia

Bagaimana Nissan bisa menempatkan mobil hybrid secanggih ini dengan harga murah? Apa saja kekurangannya? Inilah berbagai fakta dan review Nissan Kicks e-Power 2020 Indonesia yang perlu Anda ketahui agar semakin yakin untuk beralih ke mobil listrik saat ini juga.

Daftar mobil bekas terbaru

Lihat Semua

Eksterior Nissan Kicks 2020

Eksterior Nissan Kicks mempertegas tampilan agresif dengan gaya khas model terbaru Nissan. Mulai dari garis bodi hingga penempatan komponen menawarkan tampilan yang unik dan eksentrik sekilas mata memandang.

Review Nissan Kicks e-Power 2020 Indonesia: Eksterior depan

eksterior depan Nissan Kicks e-Power 2020 Indonesia berwarna oranye
Eksterior depan Nissan Kicks e-Power 2020 Indonesia

Sepintas Anda akan menyangka Nissan Kicks adalah penerus Nissan Juke di Indonesia. Faktanya Nissan Kicks menggunakan platform yang berbeda dengan Nissan Juke dan memiliki dimensi yang lebih panjang hingga 18 cm. Nissan tampak berusaha terus mempertahankan bahasa desain V-Motion, hadir grille V berukuran besar yang menyatu dengan lampu utama dibekali teknologi LED.

Review Nissan Kicks e-Power 2020 Indonesia: Eksterior samping

eksterior samping Nissan Kicks e-Power 2020 Indonesia berwarna oranye
Eksterior samping Nissan Kicks e-Power 2020 Indonesia

Dari samping terlihat sedikit siluet menyerupai Nissan Juke dengan fender plastik berwarna hitam dan garis bahu tegas yang menjadi satu dengan fender, menonjolkan nuansa tangguh serta maskulin. Di sisi lain, kami sungguh mengapresiasi, bagaimana Nissan dengan cantik menempatkan kombinasi warna hitam glossy pada bagian atap tanpa terlalu banyak ornamen krom.

Review Nissan Kicks e-Power 2020 Indonesia: Eksterior belakang

eksterior belakang Nissan Kicks e-Power 2020 Indonesia berwarna oranye
Eksterior belakang Nissan Kicks e-Power 2020 Indonesia

Ternyata bagian eksterior paling unik justru ada di bagian belakang. Nissan Kicks seperti mengadopsi desain buritan Nissan Xtrail yang berusaha ditempatkan ke ukuran bodi lebih kecil. Bukan berarti buruk, justru dengan ini Nissan berhasil memperkuat karakter desain mobil SUV-nya agar mudah menarik perhatian dan melekat di ingatan penikmatnya. Hanya satu kata yang cocok mewakili tampilan NIssan Kicks ini, Eksentrik!

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Nissan Kicks 2020

Masuk ke dalam, teknologi canggih khas Nissan menjadi modal utama Kicks melawan pesaingnya di pasar SUV kompak Tanah Air. Kenyamanan menjadi prioritas utama dengan perpaduan material soft touch dan fitur kepraktisan yang bisa ditemukan di dalam mobil

Review Nissan Kicks e-Power 2020 Indonesia: Dashboard

Mengingat harga jual yang nyaris menyentuh setengah miliar rupiah, desain interior terutama bagian dashboard Nissan Kicks bukan yang paling menarik. Namun, tidak juga bisa dikatakan yang paling buruk. Membuatnya harus puas dengan predikat “sederhana” dengan warna interior dominasi hitam. 

dashbard Nissan Kicks e-Power 2020 Indonesia berwarna hitam
Dashboard Nissan Kicks e-Power 2020 Indonesia

Pun begitu dengan kualitasnya, tidak semua bagian dilapis dengan material soft touch yang biasanya mudah ditemukan dari mobil dengan harga premium. Namun, kabar baiknya dengan desain sederhana, justru membuat mobil ini tidak intimidatif dan terasa intuitif untuk digunakan.

Review Nissan Kicks e-Power 2020 Indonesia: Kursi

kursi Nissan Kicks e-Power 2020 Indonesia berwarna hitam
Kursi Nissan Kicks e-Power 2020 Indonesia

Kesederhanaan justru menjadi nilai tambah dalam menikmati mobil ini. Termasuk jok yang dibalut kulit dengan desain sederhana dan pengaturan menggunakan tuas mekanikal justru membantu kami dapat menemukan posisi mengemudi ideal dengan cepat. Busa jok yang menopang bagian bawah tubuh sangat empuk membantu meredam berbagai guncangan dan getaran dari jalan.

Review Nissan Kicks e-Power 2020 Indonesia: Setir

setir Nissan Kicks e-Power 2020 Indonesia berwarna hitam
Setir Nissan Kicks e-Power 2020 Indonesia

Mendukung posisi mengemudinya, lingkar kemudi berbalut kulit tidak hanya punya ukuran yang pas untuk digenggam, tapi juga dapat diatur tinggi rendah hingga jangkauannya. Layaknya mobil masa kini, bagian palang setir juga dimanfaatkan untuk meletakkan berbagai tombol pengaturan Head Unit, MID, hingga fungsi mengaktifkan fitur keselamatan aktif yang canggih.

Review Nissan Kicks e-Power 2020 Indonesia: Bagasi

bagasi Nissan Kicks e-Power 2020 Indonesia berwarna hitam
Bagasi Nissan Kicks e-Power 2020 Indonesia

Kritik kami juga hinggap ke bagian akomodasi barang. Bukan kepada jumlah ruang bagasinya, karena dengan dimensi yang lebih panjang dari Nissan Juke, otomatis Kicks memiliki ruang lebih besar dengan lantai bagasi nyaris rata. Kritik kami lebih mengarah kepada preferensi dan pandangan calon konsumen, yang memiliki ekspektasi lebih soal fitur kepraktisan seperti automatic power tailgate yang harus absen di Nissan Kicks terbaru.

>>> Baca juga:

Fitur Nissan Kicks 2020

Canggih menjadi wajib hal wajib ketika membahas fitur keselamatan aktif yang melengkapi Nissan Kicks e-POWER di Indonesia. Ia tak kalah lengkap dari rivalnya yang dihargai sekitar Rp 100 juta lebih mahal. Sebut saja seperti Intelligent Cruise Control, Intelligent Emergency Braking, Intelligent Forward Collision Alert, Drivers Attention Alert, Hill Start Assist, Around View Monitor, Blind Spot Warning, Rear Cross Traffic Alert, hingga pengoperasian layaknya mobil listrik murni yang cukup memanfaatkan satu pedal saja (One Pedal Operation). Semua fitur canggih ini dirangkum dalam cakupan Nissan Intelligent Mobility.

Review Nissan Kicks e-Power 2020 Indonesia: Panel Instrumen

panel instrumen Nissan Kicks e-Power 2020 Indonesia berwarna hitam
Panel instrumen Nissan Kicks e-Power 2020 Indonesia

Sayangnya dari segi tampilan, panel instrumen Nissan Kicks belum mendukung penuh citra canggihnya. Namun, MID (Multi Information Display) -nya sudah cukup menampilkan informasi penting yang Anda butuhkan. Seperti mode berkendara, status kendaraan, status fitur keselamatan aktif, posisi transmisi, dilengkapi dengan indikator kecepatan analog. Sejatinya, dari sini kami sudah dapat menyimpulkan berbagai usaha Nissan untuk membuat harga jual Kicks lebih terjangkau.

Review Nissan Kicks e-Power 2020 Indonesia: Mode Berkendara dan Tuas Transmisi

Salah satu hal yang menarik perhatian kami, tuas transmisi model joystick dengan aksen biru membuat Kicks memiliki kesan sebagai mobil elektris murni. Pengoperasiannya cukup mudah, Anda hanya tinggal mengarahkan tuas ke setiap posisi huruf D/B untuk maju, N untuk posisi Netral, R untuk berjalan mundur dan Anda dapat menekan tombol P ketika mobil terparkir sempurna. 

transmisi Nissan Kicks e-Power 2020 Indonesia berwarna hitam
Tuas transmisi Nissan Kicks e-Power 2020 Indonesia

Sebagai mobil hybrid, Nissan Kicks e-POWER dibekali dengan 3 mode berkendara untuk mengatur respon agresifitas motor listriknya terhadap injakan pedal gas. Mulai dari mode Eco untuk yang paling lembut, Normal, dan Sport untuk Anda yang butuh sensasi mengemudi lebih agresif. Terakhir ada mode EV yang dapat diaktifkan untuk memanfaatkan seluruh kapasitas baterai, agar mesin tidak ikut menyala hingga daya baterai habis.

>>> Mengintip Harga Mobil Bekas Nissan Keluaran Tahun 2019

Operasi Nissan Kicks 2020

Inilah nilai jual tertinggi dari Nissan Kicks e-POWER. Ia bukan mobil Hybrid biasa, bukan juga mobil listrik. Teknologi yang digunakan adalah Hybrid “versi Nissan” yang disebut e-POWER. Mobil jenis ini digerakkan hanya dengan motor listriknya saja, namun tetap dibekali dengan mesin bakar konvensional yang hanya berfungsi untuk mengisi daya baterainya berkapasitas 1.57 kWh. 

Tenaga yang dapat dihasilkan dari motor listrik tersebut mencapai 129 PS atau setara 126 hp dengan torsi 290 Nm. Hebatnya, motor listrik dapat melontarkan torsi terbesar bahkan mulai dari 0 rpm. Tentu saja, soal performa akselerasi Nissan Kicks memiliki sensasi seperti mobil listrik murni, sangat berbeda dengan mobil hybrid yang biasanya tidak memiliki kemampuan akselerasi hebat.

 Mesin bakar berkonfigurasi 3-silinder dengan kapasitas 1.200 cc terasa tetap halus saat menyala untuk mengisi daya. Berkat teknologi engine mounting canggih mampu meminimalisir guncangan hebat yang biasanya timbul dari mesin berkonfigurasi ganjil. Proses adaptasi untuk dapat menjalankan dan mengurangi kecepatan mobil hanya dengan satu pedal juga tergolong mudah.

mesin Nissan Kicks e-Power 2020 Indonesia berwarna hitam
Mesin Nissan Kicks e-Power 2020

Sensasi mengemudikan Kicks e-POWER tidak berbeda jauh dengan mobil bermesin bakar konvensional. Saat berakselerasi hebat, putaran mesin bakarnya juga akan ikut meraung bukan untuk menyalurkan tenaga ke roda, tapi untuk menyalurkan daya lebih banyak ke batterai dan menterjemahkan daya besar ke motor listrik. Saat berjalan di kecepatan rendah dan konstan, kabin akan terasa hening karena mesin bakar internal mati sehingga yang terdengar hanya suara angin dan deru ban.

Meskipun Nissan Kicks e-POWER mengandalkan hanya motor listrik sebagai penggerak, Ia tetap membutuhkan peran mesin bakar konvensional untuk mengisi daya baterai. Kurang afdol rasanya jika kami tidak menyebutkan klaim konsumsi bahan bakarnya. Dengan standar metode pengetesan WLTP (Worldwide Harmonised Light Vehicle Test Procedure), mobil ini dapat berjalan sejauh 23,8 km untuk setiap liternya. Impresif!

Nissan selalu terkenal memiliki bantingan suspensi yang cenderung empuk dan mengutamakan kenyamanan. Tak berbeda dengan Nissan Kicks, dengan lahan pengujian yang terbatas kami dapat merasakan mobil ini disetel dengan suspensi yang lebih kaku untuk mendapatkan pengendalian yang cekatan dan mengurangi gejala limbung, tapi sekaligus mampu meredam kondisi jalan bergelombang dengan lembut. 

>>> Silakan Disimak, Rekomendasi 5 Mobil Nissan dengan Harga Menarik

Spesifikasi Nissan Kicks 2020

Dimensi Nissan Kicks e-Power 2020 Indonesia

Panjang X Lebar X Tinggi

4,305 mm X 1,760 mm X 1,615 mm

Jarak Sumbu Roda

2,620 mm

Jarak Terendah Ke Tanah

175 mm

Radius Putar

5,1Meter

Kapasitas Tangki

41 Liter

Nissan Kicks e-Power 2020 Indonesia

Tipe Mesin

HR12DE 1.2L 3-silinder, CVTC, DOHC

Kapasitas Silinder

1.198 cc

Tenaga Maksimal

79 PS @ 5.400 rpm

Torsi Maksimal

103 Nm @4.400 rpm

Motor Listrik

1.57 kWh lithium-ion, EM57

Tenaga Maksimal

128 Nm

Bore x Stroke

78 mm x 83,6 mm

Transmisi

Single-speed

Kaki-Kaki Nissan Kicks e-Power 2020 Indonesia

Suspensi Depan & Belakang

Depan: McPherson struts and stabiliser bar

 Belakang: Torsion Beam with stabiliser

Sistem Kemudi

Rack And Pinion, with Electronic Power Assisted

Rem Depan & Belakang

Ventilated Disc Brake & Ventilated Disc

Teknologi Sistem Pengereman

ABS + EBD + EBA

Teknologi Safety Sasis

Side Impact Beam

Struktur Sasis

Monokok, Compact Cars B Platform

Pelek

Alloy, 17 inch

Jenis Ban

Yokohama Bluearth, 205/55R17

Daftar Harga Nissan Kicks 2020

Mobil dengan teknologi e-POWER telah merajai puncak klasemen penjualan mobil penumpang terbanyak di Jepang pada tahun 2016. Membawa optimisme tersebut, Nissan Indonesia hanya membawa satu varian saja, yaitu Nissan Kicks e-POWER yang dibanderol dengan harga Rp 449.000.000 on the road Jakarta.

Kesimpulan Nissan Kicks 2020

Ditawarkan dengan harga paling terjangkau di kelasnya saat ini di Indonesia, Nissan Kicks menjadi pilihan paling masuk akal untuk Anda yang berencana beralih atau justru membeli mobil hybrid pertama. Anda dapat menikmati sebuah mobil hybrid yang punya sensasi berkendara dan performa menyerupai mobil listrik, namun dengan kemudahan serta efisiensi bahan bakar mobil hybrid untuk Anda gunakan sehari-hari, tanpa harus menunggu kesiapan infrastruktur area pengisian ulang daya di lahan publik. Bahkan Anda tidak perlu mengubah kebiasaan Anda saat menggunakan mobil ini, karena tidak perlu dicharge seperti plug in hybrid maupun mobil listrik.

>>> Simak review mobil  lain yang tak kalah menariknya di sini

Budyandaka Purwandana
Share this post:
Padli Nurdin
Penulis
Padli Nurdin
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Review lain

Review Nissan Ariya 2021: Implementasi Line-up Futuristik Nissan

Rp. 588.000.000

20/08/2020

Editor rate:

Seiring berkembangnya teknologi otomotif, kendaraan ramah lingkungan seperti BEV (Battery Electrified Vehicle) mulai jadi tren. Di saat beramaan SUV juga sedang menanjak, Nissan mencium peluang ini dengan menghadirkan Ariya 2021, SUV listrik berdesain futuristik.

Lihat juga

Review Nissan X-Trail 2021: Peremajaan Demi Eksistensi

TBA

08/07/2020

Editor rate:

Beberapa saat lalu, generasi keempat Nissan X-Trail diperkenalkan di Amerika Serikat mengusung nama Rogue, yang mendapatkan tampilan serta fitur yang lebih modern dibandingkan pendahulunya. Bagaimana impresi awalnya? Simak review lengkapnya di Cintamobil.com

Lihat juga

Review All New Nissan X-Trail 2017: SUV Premium yang Siap Melintasi Berbagai Medan

Rp 547.700.000

23/08/2017

Editor rate:

Geliat industri mobil nasional semakin hari semakin pesat. Hal itu dapat dilihat dengan banyaknya mobil-mobil baru yang dirilis ke pasaran. Kebanyakan, mobil bersegmen MVP dan SUV yang menjadi katalog andalan berbagai merek ternama. Hal tersebut wajar mengingat daya beli para pecinta otomotif memang mengarah kepada dua segmen tersebut.

Lihat juga

Review Nissan Kicks e-Power 2020: SUV Funky Yang Ramah Lingkungan

Rp 300.000.000

22/05/2020

Editor rate:

Nissan Kicks e-Power 2020 hadir di ASEAN dengan Thailand sebagai negara pertama yang mendapat varian facelfit. Bagaimana impresi awalnya, apakah mobil ini cocok di Indonesia? Simak reviewnya di Cintamobil.com.

Lihat juga

Review Nissan Serena Highway Star 2015: Tetap Menawan Meski Usia Mulai Menua

16/05/2018

Editor rate:

Nissan Serena hadir pertama kali pada di Indonesia tahun 1997 yang menyasar kelas van kompak atau MPV. Generasi awalnya mengadopsi konsep cab-over dengan mesin di bawah pengemudi, lalu digantikan generasi kedua pada 2003. Berikut ini review Nissan Serena Highway

Lihat juga