Review Nissan Kicks 2019

14/02/2019

Share this post:

Nissan Kicks 2019

Editor rate:

Lihat promo

Rasa penasaran kami akan Nissan Kicks terbaru, sedikit terobati dengan perilisannya di India pada bulan Januari 2019. Segala halnya terlihat menarik yang disesuaikan dengan kondisi dan minat masyarakat India. Meski begitu, tak ada salahnya bagi kami untuk mengintip fitur terbaru yang ditawarkan. Mari simak ulasannya dalam review Nissan Kicks 2019.

Review Nissan Kicks 2019
Review Nissan Kicks 2019
0 Gambar

Pengantar Nissan Kicks 2019

Mari kita simak spesifikasi Nissan Kicks 2019 di bawah ini.

Kelebihan

Performa mesin diesel-nya cukup jempolan

Desain eksterior benar-benar berubah dengan gaya Urban masa kini

Fitur keselamatan tampil cukup lengkap khususnya teknologi AVM

Kekurangan

Mesin bensin tidak dilengkapi ECO Mode tak seperti model diesel-nya

Performa mesin bensin terbilang boros, apalagi negara Indonesia yang notabene banyak menggunakan mesin berbahan bakar bensin

Kami memprediksi kekedapan kabin Kicks terbilang kurang mumpuni sehingga kehadiran teknologi Speed Sensing Audio Volume Control menjadi solusinya

 

Review Nissan Kicks 2019 - Sepertinya butuh waktu lama bagi PT. Nissan Motors Indonesia (NMI) untuk memutuskan, apakah Nissan Juke terbaru yang hendak dirilis ataukah Nissan Kicks 2019? Pasalnya, kedua model tersebut berdiri dalam kategori serupa yakni Sport Utility Vehicle (SUV) Crossover.

Nissan Kicks 2019 tawarkan desain eksterior lebih berkarakter dan teknologi mumpuni

Inilah sosok Nissan Kicks terbaru yang dirilis pada Januari 2019 di India

Terlepas dari itu, Cintamobil.com hendak membahas keduanya untuk memenuhi hasrat para pembaca setia. Jika sebelumnya Nissan Juke sudah pernah diulas, maka kini adalah giliran Nissan Kicks 2019 yang diulas dalam versi India. Menariknya, model tersebut baru saja dirilis pada bulan Januari. Seperti sosok terbarunya?? Apakah ada fitur terbaru yang disematkan? Berikut kita saksikan bersama dalam review Nissan Kicks 2019.

Eksterior Nissan Kicks 2019

Ketimbang versi sebelumnya, desain eksterior Nissan Kicks 2019 terbilang lebih berkarakter. Dimensi bodinya juga tampak melebar yang dipadukan dengan desain Dynamic Sonic Plus Line sehingga terkesan lebih kokoh dan berwibawa.

Review Nissan Kicks 2019: Eksterior Depan

Jika ditilik dari bentuknya, tampilan Kicks 2019 masih tampak sama dengan versi sebelumnya. Hal ini bisa diamati pada sisi Fender yang menggembung serta desain V-Motion Grille berlapis krom.

Eksterior depan Nissan Kicks 2019 menggunakan desain V-Motion Grille berlapis krom

Tampilan depan Kicks terlihat lebih berkarakter dan masih tetap ikonik seperti pendahulunya

Pembaruan sendiri lebih ditekankan pada aksesoris yang sukses memberi kesan mewah seperti halnya lampu LED Daytime Running Light (DRL) Signature. Di sisi lain, panel Front Under Guard juga dihadirkan pada bemper depannya sehingga menyiratkan kesan lebih maskulin.

Review Nissan Kicks 2019: Eksterior Samping

Merambah ke bodi sampingnya, tampak jelas bahwa Nissan Kicks lebih menonjolkan desain Velg. Hal ini terlihat mempesona dengan menerapkan ukuran ban 17 inci dengan desain 5-Spoke Machined Alloy.

Eksterior samping Nissan Kicks 2019 tampak menarik dengan Floating Roof

Bisa Anda amati bahwa sisi sampingnya terlihat menarik dengan Velg 5-Spoke Machined Alloy dan Floating Roof

Unsur menarik lain juga ditemui pada sisi atapnya yang menggunakan desain Floating Roof dengan mengawinkan dua warna meliputi warna dasar bodi dipadu warna nyentrik pada atapnya. Sepertinya, desain seperti ini memang sedang tren layaknya Two-Tone Colour pada Toyota C-HR.

Review Nissan Kicks 2019: Eksterior Belakang

Bodi belakangnya sendiri sudah dihias apik dengan Tail Lights berdesain Boomerang, sukses memberi kesan lebih tajam dan menjadi pembeda dari banyak model SUV lainnya. Adapun tersedia Roof Spoiler dan Shark Fin Antenna sebagai pemanis akhir dari keseluruhan bodinya. Racikan desain seperti ini menjamin semua mata akan memandang Anda di area perkotaan.

Eksterior belakang Nissan Kicks 2019 tampil dengan nuansa tajam dengan Tail Lights bergaya Boomerang dan sekaligus menjadi pembeda dengan kompetitor sekelasnya

Bodi belakangnya sendiri dihias apik dengan lampu Tail Light berdesain Boomerang

>>> Artikel terkait:


Interior Nissan Kicks 2019

Nuansa mewah menjadi sajian utama ketika mengamati desain interior Nissan Kicks 2019. Dual-Tone Colour pada lini dashboard dipadu material berkualitas, sukses menawarkan atmosfer kabin yang sangat nyaman.

Review Nissan Kicks 2019: Dashboard

Sekilas mengamati dashboard-nya, kami teringat akan desain pada Datsun GO+, sama-sama Dual Tone-Colour dengan corak dashboard serupa. Hal tersebut bisa kami maklumi mengingat keduanya adalah satu rumpun. Namun tentu saja, dalam hal ini Nissan Kicks tampil lebih unggul berkat hadirnya fitur lebih lengkap. Apalagi, semua hal tertata ergonomis, memberi kemudahan bagi pengendara untuk menjangkau semua tombolnya.

Dashboard Nissan Kicks 2019 dilengkapi dengan berbagai fitur mumpuni

Dashboard-nya dikemas rapi dengan Dual-Tone Colour

Tersedia juga fitur menarik seperti Floating Touchscreen berukuran 8 inci A-IVI. Fitur ini terbilang spesial karena Nissan mengklaim layar tersebut baru pertama kali hadir di kelasnya. Mengapa spesial? Layar tersebut sudah didukung Speed Sensing Auto Volume Control yang mana volume audio akan berubah seiring kecepatan laju yang juga berubah. Hal ini terbilang menjadi salah satu penawaran menarik dari Nissan Kicks 2019.

Review Nissan Kicks 2019: Setir

Esensi Premium juga dirasakan pada kemudi setirnya yang sudah dibalut dengan bahan kulit berkualitas. Tak hanya itu, setirnya juga sudah dibekali tombol multifungsi seperti pengaturan audio dan fitur Cruise Control. Tentu saja, hal ini memberi esensi lebih praktis bagi pengendara.

Setir Nissan Kicks 2019 menggunakan model tiga palang dengan tampilan mewah

Kemudi setir juga dibekali fitur Manual Tilt Steering serta berbagai tombol multifungsi

Di balik kemudi setirnya, Anda juga disuguhkan Digital Combination Meter yang memberi sensasi lebih sporty. Dari panel tersebut, Anda sudah bisa mengamati berbagai informasi penting seputar mobil.

MID Nissan Kicks 2019 menyajikan berbagai informasi penting seputar kendaraan

Panel informasi juga sudah didukung format Digital

Review Nissan Kicks 2019: Kursi

Berbekal dimensi Wheelbase sebesar 2.673 mm, Nissan mengklaim bahwa ruang kaki Kicks 2019 adalah paling lega di kelasnya. Adapun kursinya dibalut kemewahan bahan kulit dengan corak elegan berwarna coklat dan hitam. Hal ini tentu saja senada dengan warna Dual-Tone pada dashboard-nya. Tak lupa kami ingatkan bahwa model ini juga mampu menampung hingga 5 orang sekaligus.

Kursi Nissan Kicks 2019 memiliki ruang kaki yang sangat lega

Unsur mewah juga ditemui pada desain kursinya

Review Nissan Kicks 2019: Kapasitas Bagasi

Dari segi akomodatif, bagasinya menyediakan kapasitas sebesar 400 Liter. Rancangan ini memberi kapabilitas bagi Anda untuk dapat menampung 4 tas koper berukuran besar. Menariknya lagi, Nissan Kicks 2019 juga dibekali lampu pada bagasinya sehingga Anda bisa mengangkut atau menurunkan barang dengan mudah meski di malam hari.

Bagasi Nissan Kicks 2019 mampu menampung hingga 4 tas berukuran besar

Ruang bagasinya mendapatkan kapasitas 400 Liter dengan mode kursi tegak

>>> Baca juga:

Fitur Nissan Kicks 2019

Penilaian dari segi fitur Nissan Kicks 2019, kami cukup acungi jempol. Semua hal tertata rapi baik dari segi keselamatan maupun hiburan.

Review Nissan Kicks 2019: Fitur Keselamatan

Khusus pada Kicks 2019, Nissan menggunakan rangka bodi Gravity-Philic Energy Absorption (GRAPHENE). Lewat racikan tersebut, Nissan mengklaim bahwa benturan akan diserap secara maksimal sehingga menjadi Kicks 2019 tampil lebih kuat dan kokoh.

Fitur Keselamatan Nissan Kicks 2019 tampil sangat lengkap khususnya dalam rangka bodi GRAPHENE

Bisa Anda amati rangka bodi GRAPHENE pada Nissan Kicks 2019 dirancang supaya tampil lebih kokoh

Adapun ‘konsep ‘pertama di kelasnya’ juga dihadirkan pada Nissan Kicks 2019 dengan menerapkan fitur Around View Monitor (AVM). Fitur satu ini sepertinya sedang digencarkan oleh Nissan akhir-akhir yang sebelumnya sudah kami amati pada Nissan Terra. Lewat hadirnya fitur ini, Anda bisa mengamati 360 derajat berbagai hal di sekitar mobil Anda. Tentu hal ini semakin mempermudah proses parkir bahkan untuk pemula sekalipun.

AVM Nissan Kicks 2019 memberi kapabilitas untuk memantau kondisi sekitar secara 360 derajat

Tersedia juga teknologi AVM yang mempermudah proses parkir Anda

Sedangkan jika membahas performa, mobil satu ini sudah dilengkapi fitur pengereman Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD) sebagai perlengkapan standar di semua tipenya. Hal menarik lain juga ditemui pada fitur Vehicle Dynamic Control (VDC) dengan fungsi memberi kestabilan di area licin.

Review Nissan Kicks 2019: Fitur Hiburan

Merambah ke aspek hiburan, kami sebenarnya cukup terpukau dengan panel Head Unit-nya yang sudah didukung teknologi Speed Sensing Audio Volume Control. Bunyi audio akan diatur secara otomatis baik naik dan turun disesuaikan dengan kecepatan berkendara Anda. Namun yang cukup menggelitik kami, seharusnya jika mobil memiliki tingkat kekedapan kabin yang baik maka fitur tersebut tak perlu dihadirkan. Beda ceritanya jika kekedapan kabin Nissan Kicks tidak begitu mumpuni sehingga suara angin yang menderu di kecepatan tinggi bisa mengganggu kejernihan audio, maka fitur Speed Sensing Audio Volume Control memang harus dihadirkan. Mungkin itulah alasan mengapa fitur ini harus ada.

Fitur Hiburan Nissan Kicks 2019 tawarkan panel Head Unit mumpuni

Nissan Kicks 2019 mengandalkan panel Head Unit berukuran 8 inci yang didukung fitur spesial yakni Speed Sensing Audio Volume Control

>>> Bandingkan juga dengan model SUV menarik lainnya, dengan klik link ini

Operasi Nissan Kicks 2019

Untuk versi India-nya, operasi mesin Nissan Kicks 2019 menawarkan dua pilihan mesin 1.5 Liter yakni berbahan bakar bensin dan diesel. Varian diesel sepertinya memang diharuskan ada, mengingat kondisi alam India cenderung lebih berbatu dan terjal. Dalam hal ini, mesin diesel-nya mampu memberikan daya hingga 110 PS dengan torsi maksimum di angka 240 Nm. Spesial-nya lagi, khusus mesin diesel terjadi mode ECO yang dapat meminimalisir konsumsi bahan bakar.

Operasi mesin Nissan Kicks 2019 tawarkan dua pilihan yang disesuaikan dengan kategori bahan bakar

Tersedia dua pilihan mesin 1.5 Liter yakni berbahan bakar bensin dan diesel

Adapun mesin bensin juga ditawarkan dengan kapasitas serupa yakni 1.5 Liter. Namun, tentu saja ada perbedaan Output yakni daya puncak sebesar 106 PS dan torsi maksimum di angka 142 Nm. Berbeda dengan versi diesel-nya, mesin bensin Nissan Kicks tidak dibekali ECO Mode. Sehingga tak heran, konsumsi bahan bakar mesin bensin lebih boros di angka 14,23 Km/Liter dibanding diesel yang mampu menempuh 20,45 Km/Liter.

ECO Mode Nissan Kicks 2019 hanya didapati pada versi diesel dan belum ditemui pada mesin bensin

Sayangnya, fitur ECO Mode hanya bisa dinikmati pada varian diesel saja

>>> Jika Anda pecinta mobil besutan Nissan, simak model terbarunya di sini

Spesifikasi Nissan Kicks 2019

Supaya Anda semakin mengenal sosok terbarunya ini, berikut spesifikasi Nissan Kicks 2019.

SPESIFIKASI NISSAN KICKS 2019

Model

1.5 Liter Bensin

1.5 Liter Diesel

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.384 mm x 1.813 mm x 1.656 mm

Jarak Poros Roda

2.673 mm

Radius Putar Minimum

5,2 m

Ground Clearance

210 mm

MESIN

Tipe Mesin

1.5 Liter 4 Silinder Segaris MPFI

1.5 Liter 4 Silinder Segaris Common Rail

Kapasitas Silinder

1.498 cc

1.461 cc

Daya Maksimum

106 PS / 5.600 Rpm

110 PS / 3.850 Rpm

Torsi Maksimum

142 Nm / 4.000 Rpm

240 Nm / 1.750 Rpm

Sistem Transmisi

5 Tingkat Percepatan Manual

6 Tingkat Percepatan Manual

HANDLING

Suspensi Depan

McPherson Strut dengan Coil Spring, Stabilizer Bar dan Double Acting Shock Absorber

Suspensi Belakang

Torsion Beam dengan Coil Springs dan Double Acting Shock Absorber

Rem Depan

Disc

Rem Belakang

Drum

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Diesel

Sistem Bahan Bakar

Multi-Point Fuel Injection (MPFI)

Common Rail Direct Injection

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

50 Liter

Daftar Harga Nissan Kicks 2019

Mengingat kami membahas versi terbaru dari India yang baru saja dirilis, maka Cintamobil.com akan memaparkan daftar harga Nissan Kicks 2019 yang sudah resmi dijual di India.

TIPE MOBIL

HARGA NISSAN KICKS 2019 (India)

HASIL KONVERSI RUPEE KE RUPIAH

Nissan Kicks 2019 XL

955.000 Rupee

IDR. 185.765.000

Nissan Kicks 2019 XV

1.095.000 Rupee

IDR. 212.997.000

Nissan Kicks 2019 XV Pre

1.365.000 Rupee

IDR. 265.517.000

Nissan Kicks 2019 XV Pre Option

1.465.000 Rupee

IDR. 284.969.000

Kesimpulan Nissan Kicks 2019

Nissan Kicks 2019 yang dirilis India setidaknya menjadi angin segar bagi kami untuk melihat apa saja yang baru pada model terbarunya ini. Desain eksterior benar-benar dikemas menarik dengan gaya Urban tanpa melepas esensi ikonik dari pendahulunya. Namun ada beberapa hal yang menjadi kekurangan khususnya pada segi mesin bensin yang cenderung lebih boros dari versi diesel-nya. Meski begitu, versi ini adalah versi India yang disesuaikan dengan kondisi alam di negara setempat. Semoga saja, negara Indonesia yang cenderung menyukai performa mesin bensin, menjadikan Nissan membenahi efisiensi mesin bensin pada Kicks terbaru. Tak luput dari pantauan kami, teknologi AVM juga menjadi penawaran menarik bagi Urban SUV satu ini.

Lantas, apa pendapat Anda sobat apabila Nissan Kicks 2019 Indonesia hadir dalam waktu dekat? Apakah Anda juga tak sabar menunggunya seperti kami? Sampaikan jawaban Anda di kolom komentar di bawah ini ya.

>>> Simak juga review menarik lainnya hanya di situs Cintamobil.com

Franky Pratama
Share this post:

Review lain

Review Honda HR-V Sport 2019

04/12/2018

Editor rate:

HR-V Sport 2019 kini hadir menggunakan jantung baru yang serupa dengan Honda Civic Turbo. Bagaimana pendapat kami mengenai mobil ini? Simak review Honda HR-V Sport 2019 hanya di Cintamobil.com.

Lihat juga

Review Mazda CX-3 2018

11/09/2018

Editor rate:

Mungkin Mazda yang menjadi salah satu pabrikan bukan hanya fokus pada desain unik namun juga membangun mesin yang khas untuk dirinya. Selain Mazda punya SUV, MPV hingga sedan, segmen crossover pun Mazda miliki. Dengan membawa Mazda CX-3, pabrikan ini percaya diri untuk mengisi celah kekosongan yang dulu sempat hanya di isi oleh jawara dari Suzuki yaitu SX4 S-Cross. Secara desain dan dimensi, mobil ini mirip dengan Mazda CX-5 namun tidak sebesar saudaranya itu.

Lihat juga

Review Toyota C-HR 2018, Mendobrak Batas Konsep Crossover Tradisional

03/05/2018

Editor rate:

Dengan harga nyaris setengah miliar, banyak orang menganggap Toyota C-HR 2018 dihargai kemahalan. Benarkah begitu? Baca selengkapnya sebelum memvonisnya kemahalan…

Lihat juga

New Daihatsu Terios 2018 Indonesia, Harga dan Review Lengkap

11/12/2017

Editor rate:

Dari isu-isu yang dikabarkan, PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) akan merilis produk Teriosnya dengan konsep yang baru. Semenjak acara GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015, ADM telah memamerkan konsep FT yang digadang-gadang sebagai konsep terbaru dari SUV Teriosnya. Yuk kita simak sobat penjelasannya tentang New Daihatsu Terios 2018 Indonesia.

Lihat juga

Review Toyota Rush TRD Sportivo 2018

14/03/2018

Editor rate:

Setelah melanglang buana dari tahun 2006, Toyota Rush tampil menggebrak pasar otomotif Indonesia dan memperkenalkan generasi keduanya pada November 2017. Mengusung konsep Tough and Dynamic, All New Toyota Rush 2018 ini melepas kondenya alias ban cadangan di bagian belakangnya. Berdimensi lebih panjang, ruang kabin yang lapang dan tentunya dikemas dengan mesin bertenaga di kelasnya. Apakah konsep ini masih relevan dengan tren abad ke-21? Berikut review Toyota Rush TRD Sportivo 2018.

Lihat juga
back to top