Review Nissan Juke 2019: Kembalinya Sang Raja

05/09/2019
editor rate: 4,7 user rate: 3,3
All-New Nissan Juke akhirnya memunculkan taringnya di panggung Eropa pada bulan September 2019. Tak tanggung-tanggung, generasi terbaru Nissan Juke akan memulai debut Global-nya di lima kota Eropa sekaligus. Bagaimana dengan Indonesia? Berikut review Nissan Juke 2019.

PENGANTAR Nissan Juke 2019

Review Nissan Juke 2019 - Mobil ini dulunya adalah raja. Ya, seorang raja dengan karakter unik, berdiri di segmen Crossover Compact. Peluncuran pertamanya di tahun 2010, perlu diakui pasar Crossover belum seramai seperti saat ini.

Nissan Juke 2010 dulunya laris manis karena desain bodinya yang kontroversial

Melihat kembali Nissan Juke 2010

Kala itu, Nissan Juke sering menuai banyak kontroversi karena desainnya ‘aneh’, sehingga tak heran banyak menyebutnya Radical Design. Meski begitu, pihak Nissan masih optimis dengan sang raja satu ini. Ketika dilepas di pasar Tanah Air, tak disangka-sangka Nissan Juke mampu terjual sebanyak 9.573 unit. Sebuah angka yang fantastis untuk sekelas mobil New-Entry di eranya. Bermodal tema radikal tersebut, Nissan Juke melejit bak artis di arena otomotif Indonesia.

Tapi Nissan Juke tak selalu bernasib baik, mengingat banyak kompetitor ikut bermain di segmen serupa dan juga tak kunjung ada pembaruan signifikan selama 9 tahun ini. Tak heran, Nissan Europe akhirnya membuat rancangan baru untuk sang raja, All-New Nissan Juke 2019.

Teaser All New Nissan Juke 2019 sempat menghebohkan dunia maya, hanya dipertontonkan lekuk bodi dan sisi lampunya

Teaser All-New Nissan Juke 2019 sebelum debut pertamanya

Tepat pada tanggal 3 September 2019, All-New Nissan Juke dipertontonkan kepada publik internasional. Wajahnya tak lagi membuat penasaran seperti pada versi Teaser-nya. Terlepas dari apa impresi Anda, tentu ada sebagian pembaca mempertanyakan, kapan mobil ini diluncurkan di Indonesia? Kami memprediksi secepatnya. Tak perlu menunggu lagi, inilah dia review Nissan Juke 2019.

EKSTERIOR Nissan Juke 2019

Mengingat perubahannya dalam taraf ‘All-New’, otomatis perubahan diberikan besar-besaran. Tak luput dari jangkauan, eksterior Nissan Juke 2019 pun disulap menjadi lebih segar. Tapi, ada yang kami kurang sukai dari bodi luarnya.

Eksterior Nissan Juke 2019 masih mempertahankan tema Crossover-nya yang radikal namun dengan beberapa pembaruan

Tak lagi penasaran, inilah sosok Nissan Juke 2019

Review Nissan Juke 2019: Eksterior Depan

Kami cukup mengapresiasi langkah Nissan untuk mengubah eksterior Juke. Jika dibandingkan dengan sebelumnya, Nissan Juke 2019 kini punya desain lampu sipit menyatu rapi dengan V-Motion Grille-nya. Begitu juga pada aspek Front Splitter dan Fog Lamp, dikemas dengan desain baru, lebih agresif dan punya kesan tajam.

Eksterior Depan Nissan Juke 2019 kini punya lampu berbentuk sipit tersambung apik dengan Grille depannya

Wajah depan Nissan Juke kini lebih mirip New Livina, karena penggunaan V-Motion Grille serupa

Tapi menurut hemat kami, wajah Nissan Juke 2019 kini lebih mirip desain baru pada New Nissan Livina, yang baru-baru ini juga meluncur di Tanah Air. Lihat saja tampilan V-Motion Grille dengan lampu sipitnya, nyaris tak ada perbedaan sama sekali. Perbedaan baru kami temui pada lampu utama yang berukuran bundar, tetap dipertahankan sebagai karakteristik Juke. Satu-satunya hal yang bisa membuat kami mengenalinya, bahwa ini adalah Nissan Juke.

Review Nissan Juke 2019: Eksterior Samping

Pembaruan yang cukup kami setujui justru terletak pada bodi sampingnya. Bayangkan saja, ukuran pelek menggunakan 19 inci Alloy Wheel. Sukses membuat bodinya yang kekar, semakin tampil agresif dan mempertahankan kesan radikalnya.

Eksterior Samping Nissan Juke 2019 kini menggunakan pelek berukuran lebih besar di angka 19 inci

Floating Roof akan menjadi esensi menarik dari ubahannya kali ini

Pembaruan lain juga ditemui pada atapnya, menerapkan desain Floating Roof. Spesialnya lagi, atap menggunakan kombinasi warna berbeda dengan bodinya. Kami rasa perubahan satu ini akan membuatnya semakin menarik dan akan mudah disukai oleh masyarakat Urban.

Review Nissan Juke 2019: Eksterior Belakang

Bodi belakangnya mendapat ubahan cantik khususnya pada desain lampu. Yap, jika sebelumnya menggunakan desain mirip Boomerang, kini lebih agresif. Desainnya lebih agresif karena sudut-sudut lampu dibuat tajam. Sukses memperkuat tema radikal yang diusungnya.

Eksterior Belakang Nissan Juke 2019 kini semakin garang berkat Spoiler dan lampu berdesain agresif

Bodi belakangnya kini menggunakan desain lampu baru serta Roof Spoiler yang semakin agresif

Di sisi bemper belakang juga disematkan desain lebih agresif dari sebelumnya dan menggunakan formasi tiga buah Taillights. Tak lupa juga, Spoiler yang dulunya minimalis, kini dibuat lebih memanjang. Suka, kami sangat menyukai desain bodi belakangnya.

>>> Editor's Pick:

INTERIOR Nissan Juke 2019

Dua kata untuk interior Nissan Juke 2019 yakni berteknologi dan lega. Pihak Nissan mengklaim bahwa kabin Juke menjadi sangat lega baik dari segi ruang kaki dan ruang kepala. Begitu juga soal bagasi, ditingkatkan menjadi lebih lega sebanyak 20 persen dari versi sebelumnya.

Review Nissan Juke 2019: Dashboard

Satu hal yang paling kami sukai ketika memasuki kabinnya, perasaan sama seperti ketika memasuki Juke versi sebelumnya. Terlihat masih elegan dan menggunakan bahan berkualitas. Perbedaan justru disadari pada hadirnya fitur-fitur terbaru.

Dashboard Nissan Juke 2019 dibekali dengan dominasi warna hitam dan fitur-fitur baru

Uniknya, memandang desain kabin barunya, masih terasa seperti memasuki kabin Nissan Juke sebelumnya

Pada sisi tengah dashboard, Anda akan disuguhkan sebuah panel Head Unit layar sentuh berukuran 8 inci. Tak tanggung-tanggung, kemudahan pengoperasian Multimedia ditunjang oleh format Apple CarPlay dan Android Auto. Spesialnya lagi, untuk pasar Eropa, tersedia fitur Wi-Fi dan navigasi, sehingga lebih menyamankan sensasi berkendara Anda dan penumpang.

Review Nissan Juke 2019: Setir

Kemudi setir juga mendapat ubahan berarti, semakin lengkap dengan Multi Information Display (MID) bergaya Digital. Kemudahan akses serta meningkatkan nuansa modern, sudah pasti akan didapatkan oleh sang pengendara. Tak lupa, desain setirnya yang bundar pada versi terdahulu, kini akan sedikit mengkotak pada sisi bawahnya.

Setir Nissan Juke 2019 dikemas dengan beberapa tombol multifungsi yang mempermudah proses berkendara Anda

Tuas Paddle Shift juga hadir untuk menambah kesan berkendara yang agresif

Dari pantauan kami pula, setirnya dipersenjatai dengan tombol multifungsi. Mulai dari Cruise Control, pengaturan audio dan konektivitas telepon. Jika memang hadir di Indonesia, kami rasa mobil satu ini akan menjadi kandidat terbaik di segmen Crossover.

Review Nissan Juke 2019: Kursi

Dibanding versi sebelumnya, kursi kini diklaim menjadi lebih lega. Seperti kursi belakangnya yang kini mendapat tambahan ruang kaki sebesar 5,8 cm. Begitu juga pada ruang kepala, bertambah lega di angka 1,1 cm. Tentu hal ini akan menjadi kabar gembira, menjadi solusi dari kekurangan Nissan Juke sebelumnya.

Kursi Nissan Juke 2019 kini semakin ditingkatkan soal kelegaan ruang kaki dan ruang kepala

Ada tulisan Juke pada kursinya, memunculkan karakternya dan menambah desain lebih sporty

>>> Baca juga:

FITUR Nissan Juke 2019

Langsung saja kita membahas fitur Nissan Juke 2019. Ada satu teknologi yang mengagetkan buat kami yang dinamai ProPILOT. Sistem satu ini mampu mengontrol tiga hal meliputi akselerasi, dukungan setir dan pengereman. Untuk pertama kalinya dalam sejarah Nissan Juke. Fungsinya pun cukup menarik yakni menjaga jarak, jalur dan laju kendaraan. Sehingga lebih aman, mengurangi potensi kecelakaan.

Fitur Nissan Juke 2019 kini dipersenjatai dengan teknologi ProPILOT yang mengatur setir, akselerasi dan pengereman secara otomatis

Kini sosoknya dipersenjatai dengan teknologi ProPILOT, untuk pertama kalinya dalam sejarah

Tak kalah menarik adalah Nissan Connect Services. Dari Handphone Anda, bisa langsung mengunci atau membuka pintu mobil. Begitu pula saat melakukan pengecekan terhadap tekanan angin ban. Hanya dalam satu genggam, Anda sudah bisa mengontrol berbagai sistem pada mobil ini.

NissanConnect Services digunakan pada Handphone yang punya fungsi menggerakan berbagai sistem pada kendaraan seperti membuka dan menutup pintu

Nissan Juke mengaplikasikan NissanConnect Services, sama seperti model-model Nissan terbaru lainnya

Cukup disayangkan, ada beberapa fitur yang ‘dijual’ terpisah’. Ya, masyarakat Eropa sana perlu membayar biaya khusus untuk mengaplikasikan fitur tersebut. Padahal, fitur yang dimaksud adalah soal keselamatan, menurut kami sebaiknya jadi fitur standar atau bawaan saja. Ada beberapa fitur seperti halnya Emergency Braking dengan Pedestrian dan Cyclist Recognition, Traffic Sign Recognition, Intelligent Lane Intervention, Rear Cross Traffic Alert dan Blind Spot Intervention.

>>> Bandingkan juga dengan model serupa dengan klik link berikut ini

OPERASI Nissan Juke 2019

Untuk urusan jantung pacu, operasi mesin Nissan Juke 2019 menghadirkan spesifikasi 1.0 Liter 3 silinder segaris DIG-T Turbocharged. Daya yang dihasilkan mampu mencapai 117 PS, meningkat sebanyak 3 PS dari yang dijual di Indonesia. Selain karena sedikit ubahan pada mesin, bisa jadi bobotnya yang kini menjadi lebih ringan 23 Kg, adalah faktor dari peningkatan dayanya.

Operasi Mesin Nissan Juke 2019 menggunakan spesifikasi 1.0 Liter 3 silinder segaris DIG-T Turbocharger

Performa mesin Nissan Juke 2019 mengalami sedikit peningkatan

Tersedia dua pilihan transmisi yang ditawarkan yakni 6 percepatan manual atau 7 percepatan Dual Clutch Transmission (DCT) yang sudah didukung tuas Paddle Shift. Tak lupa juga kami ingatkan, ada tiga mode berkendara yang bisa Anda pilih kapan saja meliputi ECO, Standar dan Sport.

>>> Amati juga model menarik dari Nissan lainnya yang dirilis di Indonesia

spesifikasi Nissan Juke 2019

Untuk lebih lengkapnya seputar teknis, Anda bisa melihat tabel spesifikasi Nissan Juke 2019 di bawah ini.

SPESIFIKASI NISSAN JUKE 2019

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.210 mm x 1.800 mm x 1.595 mm

MESIN

Tipe Mesin

1.0 Liter 3 Silinder Segaris DIG-T Turbocharged

Kapasitas Silinder

998 cc

Daya Maksimum

117 PS

Sistem Transmisi

6 Percepatan Manual / 7 Percepatan DCT dengan Paddle Shift

kelebihan & kekurangan Nissan Juke 2019

Lantas apa pendapat kami tentang kelebihan dan kekurangan Nissan Juke 2019 ini? Ini jawaban tim Cintamobil.com.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Desain eksterior semakin garang dengan Floating Roof dan beberapa tambahan fitur

Sayang, berkat penggunaan V-Motion Grille, wajah depannya lebih mirip dengan Nissan Livina

Punya teknologi baru yakni ProPILOT

Ada beberapa fitur yang sifatnya masih opsional, harus membayar biaya lebih untuk diaplikasikan

Kabin interior semakin lega soal ruang kaki, ruang kepala dan kapasitas bagasi

Belum dirilis resmi di Indonesia, baru memulai debut pertamanya di Eropa

daftar harga Nissan Juke 2019

Belum ada kabar resmi soal daftar harga Nissan Juke 2019. Dari informasi yang kami dapatkan, harganya diprediksi mulai dijual 17.395 Euro atau setara Rp. 270 jutaan, belum termasuk biaya pajak dan lain-lain. Namun jika disimpulkan, tim Cintamobil.com memprediksi harganya tak jauh dari sebelumnya di kisaran Rp. 300 jutaan.

>>> Ingin memesan mobil Nissan Juke 2019? Klik sini untuk menjadi orang pertama yang memesan dan menerima banyak hadiah yang berharga

Video Nissan Juke 2019

KESIMPULAN Nissan Juke 2019

All-New Nissan Juke 2019 akhirnya tiba, memuaskan rasa penasaran bagi para pecinta setianya. Tampilannya pun berubah lewat hadirnya Floating Roof dan ban berukuran lebih besar. Sekilas melihat sosoknya benar-benar istimewa, bagai barang baru yang keluar dari dusnya. Di sisi lain, kenyamanan juga ditingkatkan dengan penambahan kelegaan pada ruang kaki, ruang kepala dan bagasi. Kami benar-benar cukup puas dan penasaran untuk menantikan sosoknya tiba di Indonesia. Apa pendapat Anda tentang Nissan Juke terbaru ini?

>>> Ikuti terus review mobil terbaru dan terlengkap lainnya hanya di situs Cintamobil.com

Franky Pratama
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil