Review Nissan IMk 2019: Komuter Perkotaan dengan Interior Bergaya Café

03/10/2019
editor rate: 4,4 user rate: 4,5
Menjelang Tokyo Motor Show tahun ini, Nissan telah meluncurkan IMk, mobil konsep bertenaga listrik yang menampilkan visi Intelligent Mobility Nissan. Nissan IMk 2019 akan dipasarkan sebagai komuter perkotaan dengan berbagai teknologi teranyar milik Nissan.

PENGANTAR Nissan IMk 2019

Review Nissan IMk 2019 - Nissan menjadi salah satu produsen yang aktif memproduksi mobil listrik, dengan berbagai konsep yang sudah diperkenalkan. Bahkan Nissan Leaf menjadi mobil listrik dengan penjualan tertinggi di Eropa. Dan sebelum penampilan perdananya di Tokyo Motor Show 2019, Nissan IMk 2019 diperkenalkan sebagai mobil konsep bertenaga listrik terbaru Nissan.

mobil konsep Nissan IMk 2019 berwarna emas 
Perkenalan pertama mobil konsep Nissan IMk 2019

Dikenal sebagai komuter perkotaan, konsep IMk menampilkan motor listrik tunggal dan sistem bantuan pengemudi ProPilot canggih. Teknologi terbaru IMk pun bisa diaktifkan hanya dengan menggunakan smartphone, memungkinkan Anda secara otomatis menyesuaikan posisi tempat duduk, pencahayaan interior, dan kontrol iklim ke pengaturan interior.

“IMk memadukan tampilan modern dan bersih, didorong oleh warisan Jepangnya, dengan teknologi EV mutakhir. Tidak dibatasi oleh konsep konvensional dari segmen car kei, desainnya menyatu dengan budaya Jepang. [IMk] adalah EV kecil mewah yang saya harap banyak pelanggan akan mengendarainya,” jelas Satoru Tai, Direktur Desain Eksekutif Nissan dalam sebuah pernyataan.

tampilan luar Nissan IMk 2019 berwarna emas 
Desain baru nan futuristik terlihat dari Nissan IMk 2019

Walaupun Nissan belum meluncurkan detail resmi dengan mobi konsep ini, tapi pabrikan asal Jepang ini sudah membagi foto-foto resmi ke media sosial. Sebelum peluncuran resminya, berikut review Nissan IMk 2019 dari tim Cintamobil.com berikut ini.

EKSTERIOR Nissan IMk 2019

Tampilan yang kotak mengingatkan desain kei car milik Nissan, dicerminkan oleh dimensi kendaraan. Selain itu ada banyak detail unik yang terinspirasi oleh sifat sederhana desain tradisional Jepang. Nissan sendiri menyebutkan bahwa eksterior Nissan IMk 2019 menggabungkan desain nan apik, teknologi canggih, dan akselerasi EV untuk menciptakan komuter perkotaan terbaik.

Review Nissan IMk 2019: Eksterior Depan

Tampilan perisai yang menggantikan gril bertenaga bensin mewakili elemen khas Nissan dalam bahasa desain teranyar pabrikan asal Jepang yang sudah didefinisikan ulang. Gril dan lampu depan khas V-Motion yang bisa ditemukan pada mobil Nissan sebelumnya menampilkan aksen kayu. Patut dilihat bagaimana Nissan membawa konsep ini ke versi produksi.

tampilan depan Nissan IMk 2019 berwarna emas 
Tampilan depan Nissan IMk 2019

Tidak hanya mengikuti fungsi dan daya, namun eksterior depan Nissan IMk 2019 memberikan kekuatan dan inspirasi visual kendaraan dengan memberikan perlindungan dan teknologi canggih di bawahnya, termasuk sensor dan sistem elektronik.

Review Nissan IMk 2019: Eksterior Samping

 tampilan samping Nissan IMk 2019 berwarna emas
Tampilan samping Nissan IMk 2019

Bemper, roda, ban dan atap memiliki pola celah yang terinspirasi oleh aliran indah dari pola “Mizuhiki” atau “aliran air” yang mengalir terlihat dari eksterior samping Nissan IMk 2019. Pada bagian luar, ada skema cat Akagane dengan warna tembaga kemerrahan yang merujuk pada pengerajik Negeri Sakura yang menggunakan logam untuk membuat karya seni fungsional.

Review Nissan IMk 2019: Eksterior Belakang

tampilan belakang Nissan IMk 2019 berwarna emas 
Tampilan belakang Nissan IMk 2019

Tampilan belakang pun mengikuti pola ‘aliran air’ yang ditarik dari bemper depan. Sedangkan lampu kombinasi dan spoiler belakang pada eksterior belakang Nissan IMk 2019 memiliki pola kisi yang menyerupai bingkai kayu, seperti pada gril depan. Berbeda dengan mobil konvensional lainnya, lampu belakang dibuat berdasarkan aliran garis Mizuhiki.

>>> Baca juga:

INTERIOR Nissan IMk 2019

Pada bagian dalam, Nissan menggambarkan gaya ruangan yang luas, layaknya kamar yang memancarkan nuansa kafe atau lounge. Ada elemen seni Jepang yang terlihat jelas dalam interior Nissan IMk 2019, dengan desain kayu di bagian pintu bawah merepresentasikan teknik bengkel kayu Jepang, Kigumi.

Review Nissan IMk 2019: Dasbor

dasbor Nissan IMk 2019 berwarna putih 
Dasbor Nissan IMk 2019

Seperti yang terlihat, lebih sedikit tombol kontrol fisik. Hanya ada tombol start dan shifter garis tipis pada dasbor Nissan IMk 2019. Saat mobil dinyalakan, kontrol kenyamanan dan pengaturan lainnya akan menyala, sementara tampilan prisma akan menunjukkan informasi mengemudi tepat di depan setir.

Review Nissan IMk 2019: Kemudi

kemudi Nissan IMk 2019 berwarna putih 
Kemudi Nissan IMk 2019

Bukan lapisan kulit, tapi setir seperti dibungkus kain yang berbeda dibandingkan mobil konvensional lainnya. Kemudi Nissan IMk 2019 multi fungsi dengan desain flat bottom dua palang menonjolkan irama futuristik melengkapi tampilan interior. Beda dengan kemudi lainnya adalah tidak adanya tombol pengaturan, melainkan layar sentuh beraksen emas. Warna emas pun terdapat pada paddle shift dan bagian bawah kemudi.

Review Nissan IMk 2019: Kursi

kursi Nissan IMk 2019 berwarna putih 
Kesan pertama dari kursi Nissan IMk 2019

Melengkapi tampilan futuristik adalah kursi Nissan IMk 2019 yang dibuat layaknya sofa. Walaupun tak ada gambar bagian tempat duduk, tapi dari foto yang ditampilkan Nissan, ada aksen dot pada kursi. Bagian kursi sudah dilengkapi dengan fitur penghangat untuk memberikan kenyamanan bagi Anda selama berkendara.

>>> Berbagai berita terbaru Nissan ada di sini:

FITUR Nissan IMk 2019

Tidak ada detail pasti tentang powertrain listrik yang digunakan di sini. Tetapi Nissan mengkonfirmasi IMk menggunakan teknologi bantuan mengemudi ProPilot 2.0 terbaru dengan rentang penggunaan akan diperluas dari bantuan mengemudi jalan raya ke jalan utama. Nissan juga memberikan sistem Invisible to Visible (I2V) dan Nissan Energy Share (Vechicle to Home).

Fitur ProPilot 2.0 milik Nissan

Tambahan fitur Nissan IMk 2019 juga termasuk Propilot Remote Parkir yang bisa membawa IMk parkir secara otomatis hanya dengan menggunakan smartphone Anda. IMk pun menawarkan fitur yang mudah diakses melalui smartphone, seperti posisi kursi dan aroma favorit pada kabin. Selain itu, ada pengaturan interior tingkat lanjut seperti pengoperasian AC, pemanas kursi dan lainnya sebelum Anda naik mobil.

>>> Komparasi Nissan X-Trail VL 2019 Atau Honda CR-V Prestige 2019? Medium SUV 7 Penumpang Berlimpah Fitur

OPERASI Nissan IMk 2019

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, belum ada kejelaskan tentang mesin maupun motor listrik yang digunakan sebagai penggerak mobil ini. Paket powertrain yang baru dikembangkan dan pusat gravitasi rendah memberikan penggerak yang kuat, berkualitas tinggi, tanpa suara, dan kenyamanan berkendara khas mobil listrik.

Perkenalan pertama Nissan IMk 2019

Nissan pun menegaskan bahwa mobil ini memiliki akselerasi mulus dan halus serta memberikan keunikan pengemudian tersendiri. Sistem operasi Nissan IMk 2019 pun menawarkan kenyamanan berkendara di lereng dan perkotaan dengan kondisi mengemudi stop-and-go.

Ketika mobil tidak digunakan, Nissan mengatakan Anda bisa mengintegrasikan mobil dengan sistem energi rumahan – suatu proses yang dikenal sebagai pengisian vehicle-to-grid – dengan menggunakan energi cadangan dalam baterai untuk membantu memenuhi kebutuhan listrik rumah Anda. Cukup berguna untuk memberi daya listrik ketika mati lampu.

>>> Lapang dan Murah, Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Nissan Evalia 2012 Bekas?

KESIMPULAN Nissan IMk 2019

Karena mobil ini baru berupa konsep, masih banyak detail tentang kendaraan yang belum dikeluarkan, seperti jangkauan berkendara dan ukuran baterai. Namun seiring dengan peluncuran konsep ini, bisa dipastikan pengembangan Nissan IMk 2019 akan merujuk pada Nissan Leaf yang telah membuktikan kemampuannya sebagai mobil listrik paling populer di seluruh dunia.

mobil konsep baru Nissan IMk 2019 berwarna emas 
Tampilan futuristik milik Nissan IMk 2019

Tapi dengan desain futuristik dan kabin yang luas, mobil ini diprediksi mampu memberikan gaya baru bagi kendaraan produksi Nissan. Melalui gambar di dalam mobil, banyak fitur menarik yang bisa kita lihat. Semoga saja ada tambahan informasi yang diberikan Nissan ketika mobil ini dipamerkan pada Tokyo Motor Show Oktober ini.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Padli Nurdin
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil