Review Nissan Evalia 2012: Jadi Mobil Keluarga Bisa, Niaga Bisa

07/01/2019
editor rate: 4,2 user rate: 3,8
Mungkin bagi Anda yang cukup bosan dengan mobil keluarga itu-itu saja, Nissan Evalia bisa menjadi pilihan. Selain memiliki kapasitas lega, mobil satu ini tampak mewah berkat pintu gesernya. Di sisi lain, mobil ini juga cocok untuk jadi mobil niaga loh sobat. Coba simak kelebihannya dalam review Nissan Evalia 2012.

PENGANTAR Nissan Evalia 2012

Review Nissan Evalia 2012 - Evalia merupakan mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) yang berangkat dari bentuk konsep NV200 di tahun 2007. Sebelum siap dipasarkan, mobil konsep satu ini diperkenalkan kepada publik di acara Tokyo Motor Show. Berselang dua tahun, akhirnya Nissan Evalia dipasarkan secara resmi pada tanggal 21 Mei 2009, tepat di negara asalnya, Jepang.

Nissan NV200 pertama kali berangkat dari mobil konsep
Nissan NV200 Concept yang diperkenalkan di Tokyo Motor Show 2007

Melihat pangsa pasar yang cukup sukses di Jepang, Eropa dan China, akhirnya Nissan Evalia hadir di Tanah Air pada bulan Juni 2012. Dengan menghadirkan tiga Line-Up varian meliputi S, SV dan XV, Nissan Evalia siap berhadapan dengan Daihatsu Luxio maupun Suzuki APV.

Nissan Evalia tipe XV memiliki bodi Boxy yang ikonik serta dilengkapi beberapa unsur mewah

Sosok Nissan Evalia tipe XV yang hendak dibahas kali ini

Di tahun kehadirannya, Nissan Evalia sempat melejit dengan angka penjualan 10.691 unit. Namun sayangnya, sejak tahun 2013 hingga 2018 lalu penjualannya terus menurun yang akhirnya PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) memutuskan untuk tak lagi memproduksinya. Memang tak dipungkiri, minat masyarakat yang cenderung ke tren Sport Utility Vehicle (SUV) dan semakin bertambahnya pilihan MPV, menjadi salah satu utama mengapa Evalia kurang beruntung.

Namun jangan langsung berpikiran buruk tentangnya. Beberapa kelebihan dari mobil besutan Nissan ini bisa menjadi pertimbangan menggiurkan bagi Anda khususnya dalam hal harga yang terjangkau serta dimensi kabin lega. Mari kita simak satu per satu dalam review Nissan Evalia 2012.

EKSTERIOR Nissan Evalia 2012

Jika diamati lebih detail, Evalia berdiri berada di tengah-tengah antara Nissan Grand Livina sebagai Low MPV dan Nissan Serena yang menduduki kursi MPV kelas atas. Namun jangan salah, eksterior Nissan Evalia 2012 dikemas cukup mewah dengan segala pernak-pernik menarik yang menunjang sensasi berkendara Anda.

Review Nissan Evalia 2012: Eksterior Depan

Meski berada di kelas menengah namun wajah Evalia terlihat sangat Premium. Nissan tampaknya cukup cerdas menghias wajah Evalia dengan V-Shape Grille dipadu palang minimalis yang menyambungkan dua buah lampu utamanya. Terlihat ramping namun masih mudah dikenali.l diantara pesaing lainnya.

Eksterior Depan Nissan Evalia 2012 sudah dilengkapi lampu utama berukuran besar serta lampu kabut

Wajah depan Evalia memiliki ciri khas Nissan yang menggunakan Grille bermotif V-Shape

Lampu utama juga dibalut desain Hexagonal dipadukan dengan lampu kabut yang cukup mungil tepat di bagian bawahnya. Di sisi lain, tersedia juga ventilasi pada bemper depannya yang memberi kesan lebih modis serta memberi sirkulasi udara untuk kabin mesinnya.

Review Nissan Evalia 2012: Eksterior Samping

Sensasi Premium cukup terasa pada bodi samping nya berkat pintu Sliding yang memberi kesan eksklusif ketika penumpang membukanya. Adapun desain kaca tengah tersambung apik hingga ke arah belakang. Tentu saja, visibilitas penumpang terasa lebih lebar dan leluasa ketika menikmati suasana perjalanan.

Eksterior samping Nissan Evalia 2012 juga dilengkapi fitur Sliding Door

Dengan dimensi bodi yang panjang, Evalia mampu menyuguhkan ruang kabin lapang

Namun ada beberapa hal kurang menarik dari pengamatan kami. Seperti halnya, penggunaan ban berukuran kecil yang terasa kurang serasi dengan bodinya yang Boxy. Adapun desain Velg terasa kurang sporty dan stylish. Namun kembali lagi, setiap orang memiliki selera desain yang berbeda-beda.

Review Nissan Evalia 2012: Eksterior Belakang

Menengok bodi belakangnya, lampu belakang dirancang vertikal dengan pemanis aksen krom sebagai penguat esensi mewah. Fungsi pencahayaannya juga didukung dengan High Mount Stop Lamp sehingga dapat memberi kualitas cahaya yang terang khususnya ketika melakukan proses parkir.

Lampu belakang Nissan Evalia 2012 dibalut manis dengan aksen krom dan sudah didukung High Mount Stop Lamp

Pada sisi atapnya sudah tersedia lampu High Mount Stop Lamp

Di sisi lain, Anda akan disuguhkan kaca berukuran sedang. Sekilas mengamati, tampaknya Nissan ingin memberi visualisasi bahwa Evalia memiliki kapasitas bagasi yang sangat besar. Namun jujur saja, tampilannya terasa kurang mewah meski Nissan sudah membalut lampunya dengan aksen krom. Dimensi bodinya yang Boxy terasa kurang modern dari segi desain.

Eksterior belakang Nissan Evalia 2012 terasa kurang modern karena rancangan desainnya yang cenderung Flat

Bisa Anda amati, bodi belakangnya terasa kurang modern menurut kami. Bagaimana menurut Anda?

>>> Baca juga:

INTERIOR Nissan Evalia 2012

Ruang interior Nissan Evalia 2012 yang sangat lega, terbilang cocok untuk kebutuhan niaga. Tak jarang banyak dari penjual nasi pecel, nasi campur dan sebagainya, memilih Evalia sebagai pilihan terbaik. Di sisi lain, mobil satu ini juga sangat lega untuk kebutuhan keluarga. Hal inilah yang menjadi salah satu kelebihannya.

Review Nissan Evalia 2012: Dashboard

Lini dashboard Evalia dikemas cukup sederhana dari segi desain namun masih ergonomis dari aspek penataan fitur. Semua fiturnya dirancang untuk dapat mudah dijangkau oleh pengendara. Untuk tipe tertingginya XV, mobil satu ini sudah dilengkapi panel DVD Single DIN yang sudah mendukung format USB dan AM/FM.

Dashboard Nissan Evalia 2012 terkesan sederhana dari segi desain namun sudah dilengkapi fitur mumpuni

Unsur ergonomis juga dirancang pada dashboard Evalia

Review Nissan Evalia 2012: Setir

Beranjak ke sektor kemudi, setir Evalia terbilang cukup responsif untuk ukuran bodi yang besar. Adapun di balik kemudinya, sudah tertanam Multi Information Display (MID) yang menyuguhkan informasi terkini seputar tingkat konsumsi bahan bakar, jarak tempuh hingga tingkat kecepatan. Menariknya lagi, setirnya sudah didukung fitur Tilt Steering yang bisa menyesuaikan posisi dengan postur tubuh pengendara.

Setir Nissan Evalia 2012 terbilang cukup modern dengan menggunakan panel informasi bergaya Digital

Tersedia juga panel informasi yang siap memberi pantauan langsung seputar kondisi kendaraan

Review Nissan Evalia 2012: Kursi

Meski terbilang cukup lega namun kursi Evalia memiliki beberapa kekurangan seperti halnya bangku kedua yang hanya dilipat satu kali saja. Tentu, hal ini membuat penumpang agak kesulitan untuk masuk ke ruang bangku ketiganya. Di sisi lainnya, jendela kaca samping masih menerapkan tuas pembuka model jepitan. Terkesan sangat minor dan kurang modern menurut kami.

Kursi Nissan Evalia 2012 sudah dilengkapi dengan sandaran kepala

Kursi Nissan Evalia  terbilang akomodatif untuk menampung 7 orang sekaligus

Untung saja, kekurangan di atas bisa terobati dengan hadirnya layar berukuran 10 inci yang disematkan pada atap baris kedua. Hal ini tentu memberi kenyamanan lebih bagi seluruh penumpang. Adapun bangku deret ketiga dilengkapi fitur penyejuk Air Conditioning (AC) dengan tiga tingkat kesejukan. Kabar baik lainnya, semua kursinya sudah dibekali penyangga kepala atau Head Rest.

Rear Air Circulation Nissan Evalia 2012 memberikan suasana sejuk yang merata hingga di seluruh kabin

Bangku ketiga juga sudah dilengkapi Rear Cooler dengan tiga tingkat kesejukan

Review Nissan Evalia 2012: Kapasitas Bagasi

Hal paling mengasyikkan dari Evalia terletak pada bagasinya. Meski pada segmen eksterior, kami kurang menyukai desain bodi belakangnya tetapi dalam hal bagasi pintu panjangnya memiliki kelebihan seperti membuat teduh, apalagi jika digunakan untuk bersantai atau berjualan. Adapun dari segi kapasitas bagasi, mobil ini terbilang nyaris sempurna. Proses pindahan ataupun keluar kota bersama keluarga, bisa berjalan lancar berkat ruang bagasi yang akomodatif dari Evalia.

Ruang bagasi Nissan Evalia 2012 bisa menampung berbagai kebutuhan Anda baik keluarga maupun niaga

Bagasi Nissan Evalia dirancang sangat akomodatif untuk berbagai kebutuhan Anda

>>> Artikel terkait:

FITUR Nissan Evalia 2012

Lantas bagaimana jika kita mulai menyinggung fitur Nissan Evalia 2012? Apakah mobil ini sangat mendukung aspek keselamatan di setiap inci bodinya?

Review Nissan Evalia 2012: Fitur Keselamatan

Hal yang paling unik dari Evalia adalah fitur Rear View Camera serta Smart Key Immobilizer, yang notabene tidak dimiliki pesaing di kelasnya. Kedua fitur ini tentu saja memberi nilai praktis khususnya ketika melakukan proses parkir dan memasuki kabinnya tanpa memerlukan kunci konvensional.

Khusus pada tipe XV, fitur pengereman tampil sangat lengkap mulai dari Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA). Dari segi ini saja, mobil ini sudah sangat mumpuni dalam hal keselamatan khususnya pengereman. Benar-benar menarik bagi Anda penyuka fitur pada mobil.

Fitur keselamatan Nissan Evalia 2012 hadirkan berbagai hal lengkap mulai dari pengereman hingga Airbag

Seialn beberapa fitur menarik di atas, Nissan Evalia juga dilengkapi Airbags sebagai fitur standar

Review Nissan Evalia 2012: Fitur Hiburan

Untuk hiburan sendiri, Evalia menyematkan panel Head Unit DVD Single DIN yang sudah siap menemani perjalanan Anda. Fitur penyejuk juga tampil lengkap. Meski masih menggunakan mode Knob tapi kesejukan kabin merata secara menyeluruh karena hadirnya Rear Cooler pada bangku ketiga. Adapun pada varian tertinggi, Evalia XV, sudah tersedia Roof Mounted Monitor berukuran 10 inci yang disematkan pada atap bangku kedua.

Fitur Hiburan Nissan Evalia 2012 sudah tersaji lengkap di baik dalam hal Multimedia hingga kesejukan

Pada bangku deret kedua juga sudah disajikan layar berukuran 10 inci yang siap menghibur seluruh penumpang khususnya untuk tipe XV

>>> Jika Anda ingin mengetahui model terbaru besutan Nissan lainnya, Anda bisa klik tautan ini

OPERASI Nissan Evalia 2012

Dari segi operasi mesin Nissan Evalia 2012, tampak PT. Nissan Motor Indonesia (NIM) tak ingin main-main. Pasalnya, Evalia menggunakan spesifikasi mesin HR15DE yang juga disematkan pada Nissan Juke. Menerapkan kapasitas sebesar 1.498 cc berkonfigurasi Dual CVTC, mesinnya mampu mengeluarkan daya sebesar 109 PS setara 5.600 Rpm dengan torsi puncak di angka 143 Nm pada putaran 4.000 Rpm. Tersedia juga dua pilihan transmisi yang bisa dipilih meliputi 4 tingkat percepatan otomatis maupun manual.

Operasi Mesin Nissan Evalia 2012 menggunakan kapasitas 1.498 cc

Mesin Evalia 2012 menggunakan kode serupa dengan Nissan Juke

Untuk sekelas mobil Boxy, performa mesinnya terbilang cukupan. Jika saja boleh kami berandai, mobil ini akan terbilang sangat mumpuni apabila menggunakan mode penggerak 4-Wheel Drive (4WD). Pasalnya bodi Boxy dengan kapasitas angkut cukup banyak, Evalia membutuhkan tenaga ekstra untuk dapat melaju di area tanjakan. Namun sayangnya, Evalia tak menerapkan hal tersebut. Hanya saja, mesin Evalia ditempatkan pada sisi depan yang diklaim mampu memberi konsumsi bahan bakar lebih irit.

>>> Jangan lupa untuk membandingkan dengan model MPV lainnya yang tak kalah menarik

spesifikasi Nissan Evalia 2012

Supaya Anda lebih mengenal sosoknya, berikut spesifikasi Nissan Evalia 2012 di segala hal detailnya.

SPESIFIKASI NISSAN EVALIA 2012

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.400 mm x 1.695 mm x 1.850 mm

Jarak Poros Roda

2.725 mm

Jarak Pijak Terendah

175 mm

Radius Putar Minimum

5,2 m

MESIN

Tipe Mesin

1.5 Liter HR15DE 4 Silinder Segaris 16 Katup Dual CVTC

Kapasitas Silinder

1.498 cc

Daya Maksimum

109 PS / 5.600 Rpm

Torsi Maksimum

14,6 Kg.m / 4.000 Rpm

Sistem Transmisi

4 Tingkat Percepatan Otomatis / 4 Tingkat Percepatan Manual

HANDLING

Suspensi Depan

MacPherson Strut dengan Stabilizer

Suspensi Belakang

Smart Comfort Suspension System

Rem Depan

Discs

Rem Belakang

Drums

Ukuran Ban

165/R14

Sistem Kemudi

Rack & Pinion dengan Tilt dan Electronic Power Steering

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

55 Liter

kelebihan & kekurangan Nissan Evalia 2012

Tak dipungkiri, mobil satu juga memiliki beberapa kekurangan yang bisa Anda pertimbangkan. Berikut rangkuman Cintamobil.com terkait kelebihan dan kekurangan Nissan Evalia 2012.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Fitur keselamatan sangat lengkap

Eksterior belakang kurang stylish yang banyak dikeluhkan oleh beberapa konsumennya

Mobil satu ini terbilang multifungsi baik untuk kebutuhan keluarga maupun niaga

Penumpang akan kesulitan memasuki bangku deret ketiganya karena kursi kedua hanya bisa dilipat satu kali saja

Performa mesin setara Nissan Juke, siap menjelajah perkotaan

Bukaan jendela kaca kabinnya masih menggunakan mode jepitan manual

daftar harga Nissan Evalia 2012

Mengingat model ini sudah tak lagi dijual dalam kondisi baru, Anda hanya bisa mendapatkannya dalam kondisi bekas saja. Tentu, hal ini menjadi salah satu kelebihan menarik yang mana harganya bisa tampil lebih terjangkau. Berikut daftar harga Nissan Evalia 2012.

TIPE MOBIL

HARGA NISSAN EVALIA BEKAS 2012

Nissan Evalia 2012

IDR. 83.000.000 – IDR. 110.000.000

>>> Klik sini untuk lihat harga dan promo mobil Nissan lainnya

Video Nissan Evalia 2012

KESIMPULAN Nissan Evalia 2012

Dengan bodi Boxy, Nissan Evalia hadir sebagai mobil multifungsi yang bisa merangkap kebutuhan keluarga maupun niaga. Desainnya juga dirancang mewah khususnya dalam sisi eksterior. Namun apa boleh dikata, Nissan Evalia sudah tak lagi dijual di semua diler Nissan karena mobil ini kalah saing dengan semakin banyak hadirnya pilihan mobil MPV. Di sisi lain, mobil Boxy dengan gaya Sliding Door sepertinya kurang diminati oleh masyarakat Tanah Air. Namun dari fakta tersebut, mobil satu ini menjadi rekomendasi terbaik kami untuk Anda yang mencari mobil akomodatif dan fitur keselamatan lengkap.

Apa pendapat Anda tentang Nissan Evalia 2012 Indonesia? Dari versi Anda, kira-kira apa alasan Evalia sudah tak lagi dijual? Sampaikan pendapat Anda di kolom komentar ya sobat.

>>> Klik sini untuk simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Franky Pratama
 
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

REVIEW LAIN

  • New Nissan Evalia 2017: MPV Premium Nan Gesit

    Mobil jenis MPV dalam beberapa waktu belakangan cukup digandrungi oleh para pecinta otomotif. Hal tersebut terjadi karena ...

    MPV User rate: 4,0 Editor rate: 4,3
  • Review Nissan X-Trail 2008

    Perlu waktu delapan tahun bagi Nissan untuk mengembangkan X-Trail generasi ke-2 yang berkode bodi T31, seperti apa pendapat ...

    SUV User rate: 4,0 Editor rate: 4,0
  • Review Nissan Grand Livina X-Gear 2013

    Pernahkah Anda mendengar Nissan Grand Livina X-Gear? Ya, sosoknya sebagai mobil keluarga yang kemudian dikemas dengan desain ...

    MPV User rate: 4,5 Editor rate: 4,1

Cari review mobil