Review Nissan Elgrand Highway Star 2.5L 2014: Pilihan Mobil Bekas Selain Alphard

29/11/2020

Share this post:

Nissan Elgrand 2014

Editor rate:

Rp 365.000.000

Update/ Pembaruan harga mobil Nissan Elgrand terbaru Lihat promo

Dengan harga yang terjangkau, Nissan Elgrand Highway Star 2.5L 2014 membawa kenyamanan dan kepraktisan yang tak kalah dibanding pesaingnya, Toyota Alphard.

Review Nissan Elgrand Highway Star 2.5L 2014: Pilihan Mobil Bekas Selain Alphard
Review Nissan Elgrand Highway Star 2.5L 2014: Pilihan Mobil Bekas Selain Alphard
0 Gambar

Pengantar Nissan Elgrand 2014

Mari kita simak spesifikasi Nissan Elgrand 2014 di bawah ini.

Kelebihan

Gaya elegan dengan budget terjangkau

Lapang dan praktis

Konsumsi BBM lebih efisien dari model 3.5L

Kekurangan

Pajak yang tinggi

Bukan untuk dikendarai sendiri

Fitur hiburan kurang

Meskipun Toyota Alphard populer sebagai pilihan minivan premium di Indonesia, ternyata ada model lain yang tak kalah mewah dan memberikan kenyamanan kelas VVIP di bangku penumpang. Adalah Nissan Elgrand Highway Star 2.5L 2014 yang bisa menjadi alternatif baru bagi Anda yang menginginkan model dengan harga yang lebih terjangkau.

mobil lawas Nissan Elgrand1997 berwarna putih
Generasi pertama Nissan Elgrand keluaran tahun 1997

Minivan asal Jepang ini pertama kali diproduksi pada tahun 1997. Tersedia dalam tiga pengembangan model, yaitu versi E50, E51, dan E52 yang diperkenalkan pada tahun 2010. Hingga saat ini, Elgrand sudah diperkenalkan dalam tiga generasi. Sedangkan Elgrand 2014 masuk ke dalam generasi ketiga yang pertama kali meluncur tahun 2010 silam.

Nissan cukup aktif dalam memberikan peningkatan teknologi dan spesifikasi yang ditawarkan. Mungkin inilah sebabnya Elgrand belum mendapatkan generasi baru meski sudah 10 tahun di pasaran. Sedangkan Elgrand yang kami review saat ini merupakan varian sebelum facelift yang baru masuk ke Indonesia pada pertengahan tahun 2014.

Nissan Elgrand Highway Star 2.5L 2014 berwarna hitam
Nissan Elgrand Highway Star 2.5L 2014 di Indonesia

Disandingkan dengan Alphard yang menjadi penanda status sosial kalangan atas di Indonesia, ternyata Elgrand tak mau kalah dengan kenyamanan dan kepraktisan yang diberikan. Apa saja yang menjadi keunggulan mobil ini? Simak review Nissan Elgrand Highway Star 2.5L 2014 dari tim Cintamobil.com berikut ini.

Eksterior Nissan Elgrand 2014

Dari desain yang ditawarkan pada mobil terasa lebih fresh dibandingkan Alphard. Meski diproduksi tahun 2014, desain yang ditawarkan masih digunakan di Indonesia hingga saat ini. Tampilan pra-facelift yang baru saja mendapatkan perubahan pada tahun 2020 lalu.

Review Nissan Elgrand Highway Star 2.5L 2014: Eksterior Depan

Dilihat dari sisi depan, Elgrand menawarkan tampilan yang elegan dan terkesan mewah dari elemen chrome yang memenuhi fascia depan. Grille berukuran besar dari bilah horizontal yang memenuhi bagian atas hingga bumper dipenuhi dengan aksen chrome dan sedikit di lampu kabut berteknologi halogen pada bumper bawah membawa kesan mentereng pada mobil.

Tampilan depan Nissan Elgrand Highway Star 2.5L 2014 berwarna hitam
Tampilan depan Nissan Elgrand Highway Star 2.5L 2014

Penggunaan lampu depan dengan proyektor yang dibuat sipit juga menawarkan kesan long lasting. Membuatnya masih tetap menawan meski sudah lebih dari 6 tahun di pasaran. Pada bagian depan terdapat kamera 360 yang memberikan rasa aman ketika berkendara di jalanan yang sempit.

Review Nissan Elgrand Highway Star 2.5L 2014: Eksterior Samping

Memang sama-sama menghadirkan tampilan yang boxy, namun Elgrand memiliki dimensi yang sedikit lebih besar dibandingkan Alphard. Memberikan ruang kabin yang sedikit lebih lega. Tapi juga mempengaruhi radius putar yang tercatat 5.7 m. Sedangkan ground clearance sudah cukup tinggi untuk jalanan perkotaan, yaitu 150 mm.

Tampilan samping Nissan Elgrand Highway Star 2.5L 2014 berwarna hitam
Tampilan samping Nissan Elgrand Highway Star 2.5L 2014

Menggunakan velg 18 inci two tone, desain samping memang masih sama dengan kesan minimalis. Kepraktisan membuka pintu terasa melalui fitur power sliding door yang bisa membuka hanya dengan menekan tombol. Namun yang memberikan kenyamanan tersendiri bagi penumpang adalah frame bodi yang menutupi bagian bawah. Sehingga akan melindungi Anda dari cipratan air maupun genangan ketika keluar dari dalam mobil.

Review Nissan Elgrand Highway Star 2.5L 2014: Eksterior Belakang

Aksen chrome juga masih ditemukan pada bagian belakang. Melalui bilah chrome yang menghubungkan kedua lampu belakang. Uniknya, varian sebelum facelift memiliki lampu belakang berwarna merah yang menggoda. Sedangkan model Elgrand setelah facelift di tahun 2014, berubah dengan penutup berwarna abu-abu yang lebih clear.

Tampilan belakang Nissan Elgrand Highway Star 2.5L 2014 berwarna hitam
Tampilan belakang Nissan Elgrand Highway Star 2.5L 2014

Selain dilengkapi dengan sensor parkir di belakang, Elgrand juga mendapatkan rear spoiler yang terintegrasi dan high mount stop lamp. Hanya saja bagi varian 2.5L yang kami review saat ini masih menggunakan bukaan pintu belakang dengan daya pegas, bukannya sistem power back door yang bisa Anda dapatkan pada varian 3.5L yang lebih tinggi.

>>> Review mobil Nissan baru dan bekas bisa Anda dapatkan di sini


Interior Nissan Elgrand 2014

Kesan minimalis juga diberikan pada tampilan interior Nissan Elgrand. Bandingkan dengan Alphard yang memiliki banyak layer. Beberapa bagian interior juga mendapatkan aksen wood panel yang tentu saja kesan mewah tersendiri ketika berada di dalam kabin.

Review Nissan Elgrand Highway Star 2.5L 2014: Dashboard

Desain dashboard Nissan cukup besar, namun masih menyajikan kesan lega di baris pertama. Selain menggunakan material soft touch yang terasa lembut, Elgrand 2.5L juga sudah mendapatkan wood panel yang membentang secara horizontal pada bagian tengah dashboard. Ada head unit 5 inci yang terintegrasi langsung pada dashboard beserta tombol pengaturan pada bagian bawah head unit.

dashboard Nissan Elgrand Highway Star 2.5L 2014 berwarna hitam
Dashboard Nissan Elgrand Highway Star 2.5L 2014

Di bagian bawah, ada AC triple zone yang sudah diberikan serta Clean AC. Sama seperti fitur pembersih udara, Clean AC akan membersihkan udara ketika Anda berkendara pada waktu yang cukup lama. Berbagai ruang penyimpanan tersebar di depan, mulai dari 8 cup holder hingga ruang penyimpanan pada konsol tengah.

Review Nissan Elgrand Highway Star 2.5L 2014: Setir

setir Nissan Elgrand Highway Star 2.5L 2014 berwarna hitam
Setir Nissan Elgrand Highway Star 2.5L 2014

Setir palang tiga milik Elgrand dengan fitur tilt dan telescopic memiliki beberapa tombol pengaturan yang akan memudahkan Anda untuk mengatur berbagai fitur di dalam kabin. Tanpa banyak aksen, terlihat polos dengan tampilan tombol yang bisa dibilang terkesan standar. Desain panel instrumen khas Nissan menawarkan informasi berkendara. Lengkap dengan tombol yang berada pada sisi sampingnya.

Review Nissan Elgrand Highway Star 2.5L 2014: Kursi

Jok berlapis kulit serta dilengkapi dengan leg rest yang ditawarkan bagi penumpang di baris pertama. Sama seperti yang digunakan oleh Alphard. Dilengkapi dengan armrest yang memberikan kenyamanan tersendiri ketika sedang melakukan perjalanan jauh. Bangku penumpang juga bisa diatur ketinggiannya menjadi cukup rendah. Memberikan kemudahan bagi Anda untuk mendapatkan rasa berkendara terbaik.

kursi Nissan Elgrand Highway Star 2.5L 2014 berwarna hitam
Kursi Nissan Elgrand Highway Star 2.5L 2014

Masuk ke bangku penumpang di baris kedua, desain jok Elgrand memang tak terlalu nyaman dibandingkan Alphard dengan gaya captain seat yang lebih menawan. Tapi Anda bisa mengatur ruang kaki dengan memundurkan bangku jauh ke belakang dengan sistem reclining dan sandaran bahu yang bisa diatur. Ada leg rest, meski pengaturannya masih manual. Nissan juga memberikan holding table dengan 4 cup holder pada bagian tengah.

Ruang kaki di baris ketiga juga memberikan rasa lapang yang sangat lega. Apalagi pada ruang kepala bagi penumpang paling belakang. Kursi bisa dibuat agak rebah. Bahkan ada arm rest di baris belakang. Kepraktisan lainnya termasuk sistem bangku yang bisa digeser, memberikan kemudahan akses keluar masuk mobil.

Review Nissan Elgrand Highway Star 2.5L 2014: Bagasi

Bagasi belakang ketika bangku baris ketiga digunakan memang cukup terbatas. Tapi Anda bisa mendapatkan ruang penyimpanan yang cukup luas ketika bangku baris ketiga dilipat rata lantai. Memberikan kepraktisan yang lebih baik dibandingkan Alphard.

bagasi Nissan Elgrand Highway Star 2.5L 2014 berwarna hitam
Bagasi Nissan Elgrand Highway Star 2.5L 2014

Sistem pelipatan bangku baris ketiga juga cukup praktis. Anda hanya perlu menarik tuas yang tersedia di belakang bangku. Meski bagi Elgrand 3.5L ada pelipatan bangku elektris yang lebih canggih. Di bagian bawah lantai bagasi ada ruang yang cukup dalam. Sehingga memberikan ruang tambahan bagi Anda untuk meletakkan barang-barang berukuran kecil.

>>> Berita paling update tentang Nissan bisa Anda dapatkan di sini

Fitur Nissan Elgrand 2014

Memang dibandingkan minivan mewah saat ini, Elgrand tahun 2014 bisa dibilang tertinggal dalam hal fitur yang ditawarkan. Tapi Anda sudah mendapatkan lampu depan dengan teknologi Active Adaptive akan memberikan visibilitas yang lebih baik di malam hari. Sedangkan fitur lainya yang memaksimalkan kepraktisan seperti sliding seat juga diberikan pada mobil ini.

fitur Nissan Elgrand Highway Star 2.5L 2014 berwarna hitam
Fitur dari Nissan Elgrand Highway Star 2.5L 2014

Salah satu fitur penentu kemewahan bagi mobil penumpang yaitu adanya sunroof. Nissan Elgrand 2.5L 2014 tak ketinggalan sudah dilengkapi dengan sunroof. Tapi kelebihan Elgrand dibandingkan Alphard adalah fitur sunroof depan maupun belakang yang sudah dibuka. Walaupun tak sebesar Alphard.

Review Nissan Elgrand Highway Star 2.5L 2014: Fitur Keselamatan Aktif

Sudah berumur enam tahun, tapi sistem keselamatannya tak kalah dengan MPV yang lebih baru. Elgrand sudah mendapatkan enam SRS Airbag serta fitur keselamatan lain seperti sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD) Traction Control System (TCS), dan Vehicle Dynamic Control (VDC).

>>> Mengintip Harga Mobil Bekas Nissan Keluaran Tahun 2019

Operasi Nissan Elgrand 2014

Tak ada kenyamanan tanpa mesin yang bertenaga. Mampu menawarkan tenaga hingga 170 PS dan torsi yang cukup besar, yaitu 245 Nm membuat mobil ini terasa nyaman dibawa ke perjalanan di luar kota. Tenaga disalurkan ke roda depan menggunakan sistem transmisi CVT otomatis yang memiliki mode manual.

Mesin Nissan Elgrand Highway Star 2.5L 2014 berwarna hitam
Mesin Nissan Elgrand Highway Star 2.5L 2014

Menggunakan mesin 2.5L, kami merasa mesin yang digunakan sangat pas untuk mobil ini. Keunggulan dari mesin ini yaitu konsumsi bahan bakar yang lebih efisien dibandingkan mesin 3.5L yang digunakan pada varian tertinggi. Dengan tenaga yang tak jauh berbeda, mesin 3.5L bisa dibilang lebih boros dengan kapasitas silinder yang lebih besar.

>>> Silakan Disimak, Rekomendasi 5 Mobil Nissan dengan Harga Menarik

Spesifikasi Nissan Elgrand 2014

Dimensi Nissan Elgrand Highway Star 2.5L 2014

Panjang x Lebar x Tinggi

4.915 x 1.850 x 1.815 mm

Jarak Poros Roda

3.000 mm

Ground Clearance

150 mm

Radius Putar

5.7 m

Mesin Nissan Elgrand Highway Star 2.5L 2014

Tipe Mesin

QR25DE 2.5L 4-silinder

Kapasitas Silinder

2.488 cc

Tenaga Maksimal

170 PS @ 5.600 rpm

Torsi Maksimal

245 Nm @ 3.900 rpm

Transmisi

CVT otomatis

Sistem Penggerak

Front-wheel drive

Kaki-Kaki Nissan Elgrand Highway Star 2.5L 2014

Suspensi Depan

Independent MacPherson Strut with Stabilizer

Suspensi Belakang

Independent Multi-link with Stabilizer

Rem Depan/Belakang

Ventilated Disc

Tipe Ban

225/55 R18

Velg

18 inci

Daftar Harga Nissan Elgrand 2014

Nissan Elgrand bisa dibilang menjadi alternatif bagi Anda yang ingin tampil beda. Dengan populasi yang tak terlalu masif dibandingkan Toyota Alphard, harga Nissan Elgrand Highway Star 2014 saat ini berada dalam kisaran Rp 365 jutaan hingga Rp 380 jutaan. Bandingkan dengan harga Toyota Alphard di tahun yang sama dengan banderol lebih mahal, yaitu Rp 390 jutaan sampai dengan Rp 430 jutaan.

Kesimpulan Nissan Elgrand 2014

Bukan hanya Toyota Alphard yang menawarkan esensi berkendara kelas atas. Nissan Elgrand Highway Star 2.5L 2014 menjadi alternatif yang lebih terjangkau, namun tetap memberikan rasa berkendara yang aman dan mesin yang efisien ketika melakukan perjalanan stop-and-go di perkotaan. Tak perlu melihat merek, varian menengah Elgrand ini membawa kenyamanan yang mengesankan walau sudah lama tanpa perubahan.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Padli Nurdin
Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Review lain

Review Nissan Magnite 2021: SUV Kompak Terjangkau untuk Pasar Berkembang

TBA

31/10/2020

Editor rate:

Mencoba meluaskan pasarnya, Nissan Magnite 2021 dipersiapkan untuk pasar negara berkembang berbekal dengan membawa desain berani dan teknologi anyar Nissan.

Lihat juga

Review Nissan Kicks e-Power 2020 Indonesia: Mobil Listrik Paling Cocok di Indonesia

Rp 449.000.000

03/09/2020

Editor rate:

Diisukan hengkang, Nissan mempertegas eksistensinya di Indonesia setelah memperkenalkan model terbaru SUV kompak Nissan Kicks e-Power 2020 dengan harga menawan.

Lihat juga

Nissan Grand Livina 2017: SUV dengan Rasa Sedan yang Siap Berikan Keamanan dalam Berkendara

Rp 250.000.000

18/08/2017

Editor rate:

Setelah berhasil merengkuh kesuksesan di pasa mobil nasional. Nissan kembali meluncurkan seri anyar dari Grand Livina. Apa yang membedakan mobil terbaru ini dengan mobil sebelumnya? Langsung kita simak bersama yuk spesifikasinya.

Lihat juga

New Nissan Serena 2017: MPV Premium dengan Kabin Super Luas

Rp 382.000.000

26/08/2017

Editor rate:

Segmen Multi-Purpose Vehicle di pasar otomotif nasional cukup menggeliat dalam beberapa tahun terakhir. Hal tersebut bisa dilihat dari banyaknya produsen mobil yang menciptakan mobil dengan segmen MPV dan melepasnya ke pasaran. Pun demikian dengan Nissan. Sejak pertama kali meluncurkan Nissan Serena pada tahun 2004 silam, produsen mobil asal Jepang ini menuai sukses dari sisi penjualan. Generasi kedua juga diperkenalkan pada tahun 2013 silam. Hasilnya pun 11-12 dengan sebelumnya

Lihat juga

New Nissan Evalia 2017: MPV Premium Nan Gesit

Rp. 250.000.000

24/08/2017

Editor rate:

Mobil jenis MPV dalam beberapa waktu belakangan cukup digandrungi oleh para pecinta otomotif. Hal tersebut terjadi karena MPV dirasa sangat cocok untuk menunjang kegiatan sehari-hari, memiliki harga yang kompetitif serta yang terpenting, mampu menampung banyak penumpang beserta barang bawaannya. Melihat adanya potensi pasar dari berbagai fakta tersebut, di tahun 2017 ini, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) coba menghadirkan kembali salah satu jagoan mereka di kelas MPV, Nissan Evalia.

Lihat juga
back to top