Review Nissan Ariya 2021: Implementasi Line-up Futuristik Nissan

20/08/2020

Share this post:

Nissan Ariya 2021

Editor rate:

Rp. 588.000.000

Lihat promo

Seiring berkembangnya teknologi otomotif, kendaraan ramah lingkungan seperti BEV (Battery Electrified Vehicle) mulai jadi tren. Di saat beramaan SUV juga sedang menanjak, Nissan mencium peluang ini dengan menghadirkan Ariya 2021, SUV listrik berdesain futuristik.

Review Nissan Ariya 2021: Implementasi Line-up Futuristik Nissan
Review Nissan Ariya 2021: Implementasi Line-up Futuristik Nissan
0 Gambar

Pengantar Nissan Ariya 2021

Mari kita simak spesifikasi Nissan Ariya 2021 di bawah ini.

Kelebihan

Desain futuristik
Interior super lega
Performa mumpuni untuk varian AWD

Kekurangan

Pengoperasian tombol interior menyulitkan
Harga cukup mahal

Dibandingkan pabrikan Jepang lainnya, Nissan termasuk yang paling gencar dalam pengembangan elektifikasinya. Saat ini, mereka sudah memiliki Nissan LEAF sebagai BEV yang sudah dijual sejak 2010.

Dua model elektrifikasi baru Nissan, LEAF dan Note e-Power

Nissan sudah menyiapkan beberapa model elektrifikasi di Indonesia

Selain itu, Nissan juga memiliki teknologi hybrid e-Power yang ada di Nissan Note dan Nissan Kicks yang baru saja rilis. Nissan masih terus menambah portofolio elektifikasinya, kini giliran implementasi SUV futuristik, Nissan Ariya, yang mejeng di Tokyo Motor Show 2019.

Dari konsep tersebut, Nissan Ariya memiliki desain yang sangat futuristik dan kece. Kerennya, konsep tersebut pada akhirnya dikonversi jadi mobil produksi masal, yang akan jadi BEV kedua setelah LEAF, dan akan hadir di paruh kedua tahun depan.

Mobil konsep Nissan Ariya

Konsep Nissan Ariya yang mejeng di Tokyo Motor Show 2019

Secara desain interior dan eksterior, Nissan Ariya 2021 tampak sangat identik dengan mobil konsepnya. Tapi, apakah memang semirip itu? Simak review Nissan Ariya 2021 di Cintamobil.com yuk.

Eksterior Nissan Ariya 2021

Mengadopsi filosofi “Timeless Japanese Futurism,” Ariya memadukan desain khas Jepang dengan simplisitas serta kesan modern. Hal ini terlihat dari siluet mobil yang terlihat halus dan menawarkan perspektif baru terkait desain, fungsi, dan pengalaman mengendarai Nissan Ariya.

Review Nissan Ariya 2021: Eksterior Depan

Dimulai dari bagian depan, Nissan Ariya 2021 punya tampilan yang identik seperti konsepnya. Mulai dari lampu depan LED yang sangat tipis serta LED Daytime Running Lights (DRL) yang menyerong ke bawah membentuk fascia V-Motion khas Nissan

Tampilan depan Nissan Ariya

Bagian depan Nissan Ariya yang tampak seperti konsepnya

Di bagian tengah terdapat gril tanpa lubang udara, di mana area tersebut ditutup dengan panel hitam dengan pattern tradisional Jepang Kumiko ditambah logo Nissan baru dengan cahaya yang didapat dari 20 lampu LED di baliknya.

Di sisi kiri dan kanan hadir aksen hitam seperti untuk rumah foglamp, tapi bukan foglamp yang tertanam, melainkan sepasang sensor depan dari total enam buah sensor yang adai di fascia depan. 

Dua lagi ada di sisi bumper dan dua lagi berada di bagian bumper tengah. Bagian tersebut diberi finishing hitam gloss, dengan sepasang foglamp di pojok kanan dan kiri mobil. 

Review Nissan Ariya 2021: Eksterior Samping

Pindah ke samping, terlihat Nissan benar-benar mendesain Ariya dengan mengutamakan estetika. Siluetnya terlihat sangat halus dan cantik, tidak terlalu banyak garis tegas, paling hanya satu garis utama dari fascia depan mobil ke arah belakang.

Tampilan samping Nissan Ariya 2021

Desain samping Ariya tampak sangat bersih namun dengan menghadirkan aura khas SUV

Pun demikian, aura khas SUV juga masih cukup terasa di mobil ini. Mulai dari overfender dengan aksen plastik hitam, dan side skirt black glossy yang sama seperti bumper depan. Alhasil, Nissan Ariya dapat memakai velg besar, di mana velg 20 inci dapat masuk tanpa kesulitan berarti.

Nissan Ariya ditawarkan dengan enam kombinasi warna two-tone, di mana model yang tengah kami review ini memadukan warna cooper dengan hitam, yang disebut Akatsuki, hmm terasa familiar gak sih istilah satu ini? 

Meski identik dengan salah satu kartun di Indonesia, ternyata ada makna dibalik penamaan Akatsuki loh. Kombinasi warna ini menggambarkan momen sebelum matahari terbit, yang menandakan awal hari baru.

Review Nissan Ariya 2021: Eksterior Belakang

Bagian belakang Ariya tidak kalah kerennya, dicirikan dengan desain pillar-C yang secara halus menyatu ke buritan mobil. Desain lampu belakang dibuat menyatu, dan hadir dengan efek blacked-out saat mobil mati.

Tampilan bagian belakang Nissan Ariya

Lampu belakang Ariya punya aksen blacked-out saat sedang mati

Desain spoiler di bagian atas cukup menarik dengan dua buah shark fin di bagian atasnya, sementara bumper bawahnya juga hadir dengan finishing hitam glossy dengan desain yang cukup bersih tanpa ornamen seperti diffuser.

>>> Nissan Kicks e-Power 2020, SUV Funky yang ramah lingkungan


Interior Nissan Ariya 2021

Interior Nissan Ariya terinspirasi dari teminologi Jepang Ma, mengacu ke kualitas spatiotemporal yang dimiliki oleh ruang dan waktu. Alhasil, desain interiornya tidak sama seperti mobil kebanyakan, malah lebih mirip ruang kafe yang futuristik.

Review Nissan Ariya 2021: Dashboard

Konsep interior Nissan Ariya 2021 terlihat sangat keren abis dan tampak futuristis. Lihat saja dashboardnya, desainnya terlihat sangat bersih di mana
hampir tidak menemukan banyak tombol atau kenop fisik. 

Desain dasbor Nissan Ariya

Dashboard Nissan Ariya tampak sangat bersih dan minimalis

Bagian atas dashboard dilapisi material soft touch berkualitas dengan jahit jahitan yang menyatu dengan dasbor. Di bagian ini terdapat dua buah layar berukuran 12,3 inci, satu sebagai pusat hiburan, lainnya sebagai instrumen cluster. 

Sementara itu, bagian bawah dashboard hadir dengan aksen black wood yang memberi kesan mewah. Di bagian sini, Anda hampir tidak menemukan tombol fisik kecuali untuk start/stop engine. Hal sama juga ditemukan di panel transmisi, di mana Anda cuma menemukan tuas transmisi mungil dan laci tertutup, itu saja.

Sebagai gantinya, Anda mendapat tombol heptic feedback touch yang menyatu dengan permukaan interior. Mulai di dashboard, terdapat pengontrol AC, sedangkan di panel transmisi konsep serupa juga diterapkan untuk mengatur mode berkendara dan lainnya.

Review Nissan Ariya 2021: Kursi 

Penggunaan platform CMF-EV yang dikembangkan bersama Mitsubishi dan Renault menghadirkan ruang kabin yang sangat lega. Ukuran motor listrik yang sangat kompak memungkinkan peletakan sistem AC mobil di bagian depan, yang biasanya menjadi tempat mesin.

Bangku depan Nissan Ariya

Platform khusus yang dipakai Ariya memberikan lantai yang sangat rata

Selain itu, peletakan baterai mobil di bagian paling bawah sasis membuat lantai kabin menjadi lebih rata. Hal ini tentu meningkatkan ruang kabin baik itu untuk penumpang depan dan belakang.

Layout mobil yang sangat minimalis juga memberikan kesan lapang di dalam mobil tanpa banyaknya tombol yang memenuhi kokpit.  Selain itu, kenyamanan dalam kabin juga dibantu dengan karakteristik EV yang minim suara dan peredaman kabin yang sangat ideal. 

Bangku belakang Nissan Ariya

Bangku belakang Nissan Ariya tampak sangat lega dengan ruang kaki dan kepala yang sangat mumpuni

Penumpang baris belakang akan mendapat ruang kaki dan kepala yang sangat melimpah. Kursi belakangnya diposisikan di pillar-B, yang memberi penumpang belakang tampilan panoramic view yang ideal.

Review Nissan Ariya 2021: Bagasi

Hadirnya powertrain dan baterai listrik ternyata tidak terlalu berdampak ke kapasitas bagasi, kargo Nissan Ariya total dapat mengangkut muatan sampai 466 liter untuk model rear-wheel drive, atau 408 liter untuk model all-wheel drive.

Bagasi Nissan Ariya

Nissan Ariya memiliki kapasitas bagasi yang cukup mumpuni

Jika dirasa segitu belum cukup, Anda bisa melipat kursi belakang dengan format pelipatan 60:40 yang akan meingkatkan kapasitas kargo secara signifikan.

>>> Setelah Ariya, Nissan siapkan SUV listrik berukuran lebih besar

Fitur Nissan Ariya 2021

Review Nissan Ariya 2021: Nissan Pro Pilot 2.0

Tak ingin kalah dengan line-up lain seperti LEAF, Altima, Rogue, dan Rogue Sport, Ariya juga mendapatkan sistem bantuan mengemudi ProPilot, yang kini sudah memasuki versi 2.0.

Nissan Ariya ProPilot 2.0

Teknologi Nissan Pro Pilot 2.0 dapat menjalankan mobil secara otonom di jalan tol

Dengan ProPilot 2.0, pengemudi tidak perlu sepenuhnya fokus ke jalanan, di mana sistem ini membantu mobil dalam menentukan garis, menjaga kecepatan dan jarak mobil, serta bernavigasi di jalan tol, termasuk untuk masuk-keluar jalan tol.

Selain itu, Nissan Ariya juga dilengkapi fitur Nissan Safety Shield® 360 sebagai standar. Yang meliputi enam fitur keamanan aktif seperti Automatic Emergency Braking with Pedestrian Detection, Blin Spot Warning, Rear Cross Traffic Alert, Departure Warning, High Beam Assist, dan Rear Automatic Braking.

Review Nissan Ariya 2021: Fitur Hiburan

Nissan Ariya 2021 menggunakan dua buah layar berukuran 12,3 inci. Satu untuk instrument cluster, lainnya sebagai pusat entertainment. Namun, kedua layar tersebut terintegrasi dalam satu sistem untuk menampilkan berbagai informasi mobil.

Head unit Nissan Ariya

Desain head unit Ariya menyatu dengan instrumen cluster dan terasa sangat seamless

Hal ini tentu memberi keleluasaan bagi pengemudi untuk menampilkan berbagai informasi yang dibutuhkan. Seperti info sisa baterai, jarak tempuh, atau navigasi dapat secara mudah diatur dengan sapuan ringan dengan layout layar yang seperti ombak.

Untuk konektivitas sih jangan ditanya, Android Auto dan Apple CarPlay ada sebagai standar. Selain itu, hadir juga voice recognition system dan didukung Amazon Alexa yang dapat mengaktifkan berbagai fitur dengan modal suara saja. 

>>> Ayo lebih dekat dengan teknologi Nissan ProPilot 2.0 di sini

Operasi Nissan Ariya 2021

Nissan Ariya 2021 hadir dalam pilihan dua jenis mesin. Single AC Motor untuk varian 2WD, dan Dual Synchronous AC Motor untuk varian all-wheel drive. Performa kedua varian juga berbeda, di mana model 2WD cuma berkisar di 214-238 HP dengan torsi 300 Nm, sementara model AWD dengan dua motor punya tenaga 335-388 HP dengan torsi 560-600 Nm.

Inforgrafis performa Nissan Ariya

Total ada empat kombinasi powertrain, penggerak dan baterai yang bisa Anda pilih

Motor ini dihubungkan dengan baterai dengan dua pilihan kapasitas, yakni 65 (63) kWh dan 90 (87) kWh. Dan girboks 1-speed fixed gear yang menghubungkan ke roda belakang untuk model 2WD, dan sistem All-wheel Drive  e-4ORCE untuk model AWD. Akselerasi dari 0-100 km/jam tuntas dalam waktu 7,5-7,6 detik untuk varian 2WD dan antara 5,1 sampai 5,4 detik untuk varian AWD.

Soal jarak tempuh, mobil ini dapat melaju sampai 610 km untuk varian 2WD dan 580 km untuk model AWD. Tentu saja, itu memakai baterai dengan kapasitas 87 kWh yang lebih besar. 

Spesifikasi Nissan Ariya 2021

Dimensi Nissan Ariya 2021
Panjang x Lebar x Tinggi 4.595 x 1.850 x 1.655 mm
Wheelbase 2.775 mm
Kapasitas Bagasi 466 liter (2WD) / 408 liter (AWD)
Performa Nissan Ariya 2021
Powertrain Single AC Motor (2WD), Dual Synchronous AC Motors (AWD)
Transmisi 1-Speed Fixed Gear
Tenaga Maksimal 214 - 238 HP (2WD), 335 - 388 HP (AWD)
Torsi Maksimal 300 Nm (2WD), 560-600 Nm (AWD)
Kapasitas Baterai 63 - 87 kWh
Akselerasi 0-100 km/jam 7.5-7.6 detik (2WD), 5.1-5.4 (AWD)
Top Speed 160 km/jam (2WD), 200 km/jam (AWD)
Jarak Tempuh Up to 610 km (2WD), up to 580 km (AWD)
Sistem Penggerak Rear-wheel drive (2WD), e-4ORCE all-wheel control system
Pelek & Ban Nissan Ariya 2021
Ukuran Pelek / Ban 235/55 R19 atau 255/45 R20 sebagai opsi

Daftar Harga Nissan Ariya 2021

Pingin cepat-cepat memiliki Nisan Ariya di garasi Anda? Sabar dulu, karena SUV listrik terbaru Nissan ini baru akan dijual di Jepang mulai pertengahan 2021, disusul Eropa, Amerika Utara, dan Tiongkok pada akhir 2021.

Soal harga, Nissan akan mematok Ariya dari mulai $40.000,- (setara Rp 588 Juta), dan akan lebih tinggi lagi jika Anda mengincar varian AWD dengan dua motor listrik.

>>> Simak harga terbaru mobil Nissan lainnya di sini

Kesimpulan Nissan Ariya 2021

Nissan Ariya lebih dari sekadar SUV listrik Nissan semata, model ini bisa jadi gambaran arah pengembangan line-up populer ke depannya. Dan bukan tidak mungkin kesuksesan mobil ini akan jadi titik balik Nissan yang kini sedang ada dalam masa sulit.

Bagian belakang Nissan Ariya

Baru dipasarkan pertengahan 2021, apakah Nissan Ariya worthed it?

Apakah mobil ini melengkapi portofolio elektrifikasi Nissan di Indonesia yang dalam waktu dekat akan memiliki model seperti LEAF serta Note dan Kicks e-Power? Menarique, walaupun masih harus menunggu setidaknya sampai akhir 2021.

>>> Simak review mobil lain yang tak kalah menariknya di sini

Derry Munikartono Ahnas Putra
Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Review lain

Review Nissan X-Trail 2021: Peremajaan Demi Eksistensi

TBA

08/07/2020

Editor rate:

Beberapa saat lalu, generasi keempat Nissan X-Trail diperkenalkan di Amerika Serikat mengusung nama Rogue, yang mendapatkan tampilan serta fitur yang lebih modern dibandingkan pendahulunya. Bagaimana impresi awalnya? Simak review lengkapnya di Cintamobil.com

Lihat juga

Review Nissan Kicks e-Power 2020: SUV Funky Yang Ramah Lingkungan

Rp 300.000.000

22/05/2020

Editor rate:

Nissan Kicks e-Power 2020 hadir di ASEAN dengan Thailand sebagai negara pertama yang mendapat varian facelfit. Bagaimana impresi awalnya, apakah mobil ini cocok di Indonesia? Simak reviewnya di Cintamobil.com.

Lihat juga

Review Nissan Qashqai 2019 Indonesia

26/10/2018

Editor rate:

Kalau boleh kami blak-blakan, keseriusan PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) di pasar tanah air akhir-akhir ini harus dipertanyakan. Karena sudah banyak sekali model terbaru dari Nissan global yang keren dan dinamis tapi tak kunjung dipasarkann di Indonesia. Malah Nissan Terra yang beberapa waktu lalu kai test drive saja belum ada gaungnya setelah selesai GIIAS 2018. Nah, untuk mengobati rasa rindu akan produk baru Nissan yang canggih dan nyaman, Berikut review Nissan Qashqai Ti 2019.

Lihat juga

Review Nissan Titan XD Pro 4X 2019

15/10/2018

Editor rate:

Selain Navara, Nissan juga memiliki produk unggulan barkategori Pick-Up Truck yakni Nissan Titan XD Pro 4X 2019. Kemampuannya melibas medan berat dengan daya angkut berat, sudah banyak diakui oleh masyarakat internasional. Di Amerika Utara, produk satu ini laris manis dan berhasil menjadi salah satu tulang punggung Nissan. Seperti apa keunggulannya? Mari kita simak bersama review Nissan Titan XD Pro 4X 2019.

Lihat juga

Review Nissan Grand Livina 2019

22/11/2017

Editor rate:

Nissan Grand Livina yang sudah berkiprah semenjak 2010, akan membuat gebrakan baru dengan memunculkan generasi keduanya di tahun 2018. Cintamobil.com juga memprediksi bahwa Nissan Grand Livina ini akan merubah banyak hal daripada generasi pendahulunya. Hal ini tentu dimaksudkan agar Nissan Grand Livina dapat ikut bersaing dalam kompetisi pasar otomotif Indonesia. Berikut Cintamobil.com memperkenalkan beberapa hal review Nissan Grand Livina 2019.

Lihat juga