Review New Mitsubishi Pajero Sport 2019, SUV Ladder Frame Tercanggih Di Kelasnya

31/07/2019
editor rate: 4,5 user rate: 4,5
Kemarin (26/7) Mitsubishi Motors Thailand meluncurkan generasi terbaru dari Pajero Sport. SUV ladder frame yang juga nge-hits di Indonesia ini akhirnya mendapat tampilan baru dan segudang fitur terkini yang membuat New Mitsubishi Pajero Sport 2019 menjadi SUV ladder frame tercanggih di kelasnya. Apakah ia akan segera masuk Indonesia atau secara mengejutkan dipajang di GIIAS 2019?

PENGANTAR Mitsubishi Pajero Sport 2019

Gambar sebuah mobil Mitsubishi Challanger atau Pajero Sport generasi 1 tahun 1998-2000

Tidak banyak orang tahu, Mitsubishi Challanger ini adalah cikal bakal dari Mitsubishi Pajero Sport

Review New Mitsubishi Pajero Sport 2019 - Suatu produk kendaraan, bila ditambah dengan embel-embel SPORT bukan berarti lebih sporti dari biasanya. Ada juga produk yang dengan tambahan kata sport di belakang nama besarnya itu menjadi lebih terjangkau baik harga, fitur maupun kemasannya yang lebih kompak. Ambil contoh produk SUV mewah asal Britania, Range Rover. Bila ditambah kata sport di belakang nama besarnya, jadi Range Rover Sport, bentuk mobilnya jadi lebih kompak namun tetap aristokrat.

Gambar sebuah mobil Mitsubishi Challanger atau Pajero Sport facelift kedua 2000-2004

Mitsubishi Challanger facelift kedua muncul setelah tahun millenium alias tahun 2000 dan diproduksi selama 5 tahun

Hal yang sama pun terjadi pada Mitsubishi Pajero. Pajero awalnya adalah sebuah GPV (General Purpose Vehicle) yang tangguh dan bisa dibilang anti rusak. Pajero yang dulunya berjenis GPV ini kemudian bertransformasi menjadi SUV (Sport Utility Vehicle). Nama besar Pajero di reli dakar sudah tidak perlu diragukan lagi. Seiring berkembangnya waktu, tren mobil dunia bergeser dan konsumen menginginkan sosok kendaraan yang tangguh namun juga lebih ringkas.

Gambar sebuah mobil Mitsubishi Challanger atau Pajero Sport generasi ketiga 2004 - 2006

Setelah 5 tahun peredaran, Mitsubishi Challanger a.k.a Mitsubishi Pajero Sport kembali mendapat penyegaran di tahun 2004

Akhirnya dimunculkan embrio baru sebuah SUV yang lebih kompak, namun tetap menurunkan nilai ketangguhan dari Pajero. Di tahun 2000 lahirlah Mitsubishi Challanger, atau di Eropa mobil punya nama Mitsubishi Pajero Sport. Model inilah jadi cikal bakal Mitsubishi Pajero Sport hingga kini. Generasi yang sama bertahan hingga tahun 2007, sebelum Mitsubishi Pajero Sport lahir generasi kedua yang dilahirkan pada tahun 2008 dan mengadopsi tampang mobil balap Pajero Evolution.

Gambar sebuah Mobil Mitsubishi Pajero Evolution 2004 berwarna merah sedang berjalan di jalan yang mempunyai banyak pasir

Mitsubishi Pajero Sport generasi kedua mengadopsi desain mobil balap Pajero Evolution yang jadi juara di ajang reli Paris Dakar 2004

Tentu saja para penggemar SUV di belahan bumi berteriak kegirangan. Karena, kalau dilihat konsep dari Mitsubishi Pajero Evolution yang dibuat untuk reli dakar oleh Stéphane Peterhansel, Luc Alphand, dan Hiroshi Masuoka itu futuristis sekali tampilan eksteriornya. Para insinyur pabrikan Mitsubishi dengan sangat cerdas mengimplementasikan tampilan eskterior mobil balap Paris Dakar ke sebuah SUV ladder frame berkapasitas 7 penumpang dengan mesin tanpa busi alias diesel.

Gambar sebuah mobil Mitsubishi Pajero Sport 2009-2013 berwarna putih

Mitsubishi Pajero Sport generasi kedua lahir pada tahun 2008 dan diboyong ke Indonesia setahun kemudian

Meski Pajero Sport generasi kedua sudah lahir sejak tahun 2008, namun pasar mobil Indonesia baru kebagian unit ini tahun 2009 dan diimpor utuh dari Thailand. Sontak, pasar SUV ladder frame di Indonesia heboh dan mendapat angin segar, setelah sejak tahun 2005 Toyota Fortuner mendominasi penjualan SUV sasis tangga ini serta hanya mendapat rival Ford Everest yang sudah sejak 2003 beredar di pasar mobil tanah air.

Gambar sebuah Mobil Mitsubishi Pajero Sport Facelift 2014-2015

Tahun 2014 Mitsubishi Pajero Sport mendapat penyegaran, tuning mesin serta turbo dan pilihan mesin baru

Mitsubishi Pajero Sport generasi kedua ini bertahan hingga 6 tahun dan sempat mendapat facelift satu kali di 2014. Saat facelift, selain kosmetik dan tampilan fisik yang dapat ubahan, Pajero Sport juga mendapat tuning ulang di ECU dan mesin legendaris berkode 4D56 yang kini dipasang satu set turbocharger baru berteknologi Variable Geometry Turbo. Sehingga dari awalnya tenaga hanya 136 PS menjadi 178 PS. Oh ya di tahun 2014 ini juga Pajero punya pilihan mesin bensin V6 3000 cc.

Mobil Mitsubishi All New Pajero Sport 2015 berwarna silver dilihat dari sisi depan

Generasi ketiga dari Mitsubishi Pajero Sport yang total baru lahir di tahun 2015 dan dibawa ke pasar mobil Indonesia setahun kemudian

Baru pada tahun 2015 Mitsubishi Pajero Sport mendapat ubahan yang benar-benar baru dengan bahasa desain dynamic shield khas Mitsubishi kekinian. Sama seperti generasi kedua, model major change tersebut baru masuk Indonesia setahun kemudian di 2016. Dan saat itu, Pajero Sport punya dua pilihan mesin dan transmisi yang berbeda. Yakni unit anyar berkode 4N15 dengan rasio kompresi kecil dan tenaganya mencapai 181 Ps. Serta unit 4D56 dengan output 136 Ps.

Gambar sebuah mobil Mobil Mitsubishi Pajero Sport Rockford Fosgate Black Edition 2019

Di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show 2019 Mitsubishi Motor Indonesia memamerkan Pajero Sport Black Edition

Salah satu alasan mengapa di All New Pajero Sport tahun 2015 ada dua pilihan mesin, karena ternyata Pajero Sport juga diminati oleh konsumen di perusahaan tambang. Seringkali para perusahaan tambang memberikan Mitsubishi Pajero Sport dengan penggerak 4x4 maupun 4x2 untuk para deputi direktur atau senior manager di perusahaan tambang tersebut. Oleh karena bahan bakar solar berkualitas kerap kali sulit ditemukan di lokasi tambang, maka harus pakai mesin yang sudah terbukti durabel dan tidak masalah jika 'meminum' solar busuk. Dan untuk kondisi itu mesin 4D56 dengan transmisi manual atau otomatis 5 speed lebih pas.

Gambar sebuah mobil Mitsubishi Pajero Sport Facelift 2019 berwarna silver dilihat dari sisi depan

Versi penyegaran dari Mitsubishi Pajero Sport diluncurkan di Thailand tanggal 25 Juli 2019

Mitsubishi Pajero Sport kembali mendapat penyegaran di pertengahan tahun 2019 dengan hadirnya sejumlah fitur terkini yang jauh lebih canggih dari sebelumnya. Namun, sayang beribu sayang, New Mitsubishi Pajero Sport 2019 ini belum akan hadir di Indonesia dalam waktu dekat, "PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), sejauh ini belum ada rencana untuk memasukkan New Pajero Sport 2019 ke Indonesia," tegas Irwan Kuncoro selaku Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI kepada Cintamobil.com saat ajang GIIAS 2019 lalu. Well, karena belum masuk, mari kita simak dulu saja ulasan lengkapnya berikut ini.

Gambar sebuah Mobil New Mitsubishi Pajero Sport 2019 berwarna silver sedang berjalan di dekat jalan pantai

New Mitsubishi Pajero Sport 2019 datang dengan sejumlah fitur terkini yang lebih canggih dari sebelumnya

EKSTERIOR Mitsubishi Pajero Sport 2019

Review New Mitsubishi Pajero Sport 2019 : Tampilan Depan

Gambar sebuah mobil New Mitsubishi Pajero Sport 2019 berwarna putih dilihat dari sisi depan

Jika dilihat frontal dari tampilan depan seperti ini, Anda akan sedikit kesulitan membedakan mana Triton mana Pajero

New Mitsubishi Pajero Sport 2019 ini menggunakan bahasa desain baru yang bernama Advanced Dynamic Shield Concept. Yang mana konsep ini adalah perpaduan unik antara keamanan pengemudi dan pengguna jalan lain. Desain seperti ini diklaim lebih aman terhadap pejalan kaki. Meski saat dilihat frontal dari tampilan depan seperti ini Anda akan sedikit kesulitan membedakan mana Mitsubishi New Triton 2019 dengan New Mitsubishi Pajero Sport 2019, meski tetap ada beda detail. 

Gambar bagian Lampu depan dan fog lamp New Mitsubishi Pajero Sport 2019

Lampu depan mobil ini pakai Bi-LED projector headlight dengan leveling otomatis, dan terdapat spectrum LED untuk DRL

Review New Mitsubishi Pajero Sport 2019 : Tampilan Samping

Gambar sebuah mobil New Mitsubishi Pajero Sport 2019 berwarna silver dilihat dari sisi samping

Jika dilihat dari tampilan samping, Anda tidak akan sadar jika sebenarnya mobil ini lebih panjang 40 mm

Insinyur di Mitsubishi begitu cerdik menyembunyikan postur mobil ini yang sebenarnya lebih panjang hingga 40 mm dari model sebelumnya. Hal ini lantaran desain moncong mobil lebih maju karena mengadopsi bahasa desain Advanced Dynamic Shield Concept yang lebih aman terhadap pedestrian dan juga pengemudi yang mengemudikan mobil. Garis-garis bahu bodinya pun masih sama saja dengan yang lawas, dan hanya beda sedikit saja pada bagian depan. 

Gambar menunjukkan desain bagian Ban dan pelek New Mitsubishi Pajero Sport 2019

Pelek 18 inchi ini pakai desain baru yang lebih tegas karakter spoke-nya

Review New Mitsubishi Pajero Sport 2019 : Tampilan Belakang

Gambar sebuah mobil New Mitsubishi Pajero Sport 2019 berwarna silver dilihat dari sisi belakang

Tampilan belakang New Mitsubishi Pajero Sport 2019 ini hanya sedikit mendapat ubahan

Satu hal yang amat disayangkan pada New Pajero Sport 2019 ini, yaitu tampilan belakangnya yang tidak terlalu banyak ubahan berarti. Sejak dulu, kelemahan dari mobil ini adalah stoplamp belakangnya yang kurang menarik. Bahkan menurut kami mirip orang yang menangis darah. Meski secara fungsi lampu belakang yang dilengkapi dengan bohlam jenis LED (Light Emitting Diode) ini menyala terang dan punya visibilitas baik sehingga dengan mudah dipantau kendaraan lain di belakang.

Gambar desain bagian Tailamp Mobil New Mitsubishi Pajero Sport 2019

Stoplamp sudah full LED dengan tarikan garis lampu yang lebih pendek dari model sebelummnya

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Mitsubishi Pajero Sport 2019

Review New Mitsubishi Pajero Sport 2019 : Layout Dasbor Dan Spidometer

Gambar menunjukkan Layout dasbor New Mitsubishi Pajero Sport 2019

Secara umum layout dasornya masih sama dengan model sebelum facelift namun ada beberapa beda detail seperti pengatur AC

Sebenarnya layout dasbor yang disajikan New Mitsubishi Pajero Sport ini masih sama saja dengan versi sebelum mendapat penyegaran. Hal tersebut lantaran kini New Mitsubishi Pajero Sport 2019 menggunakan panel instrumen baru pada spidometernya. Jarum analog yang berkesan kuno digantikan dengan 8 inch LCD driving information display. Serta pada lingkar kemudinya kini lebih banyak tombol yang tersedia di sana untuk keperluan pengaturan layar LCD tersebut.

Gambar menunjukkan Spidometer New Mitsubishi Pajero Sport 2019

Panel instrumen pada spidometer mobil ini kini menganut sistem digital dengan 3 menu support baru

Review New Mitsubishi Pajero Sport 2019 : Kursi Dan Roof Monitor

Gambar menunjukkan kursi belakang New Mitsubishi Pajero Sport 2019

Kini penumpang belakang tidak akan merasakan bantingan yang keras seperti naik kuda lagi

Satu hal major improvement yang ada pada kursi bagian belakang Pajero Sport adalah, kini penumpang belakang tidak akan merasakan sakit pinggang lagi. Sebab, di Mitsubishi Pajero Sport generasi sebelumnya (yang beredar tahun 2009 hingga 2014) duduk di kursi baris kedua dan paling belakang merupakan hal yang tidak menyenangkan. Untunglah kelemahan ini diperbaiki di Pajero Sport All New pada tahun 2016. Dan dampak positif ini terus berlanjut hingga model terbaru ini.

Gambar menunjukkan Roof Monitor New Mitsubishi Pajero Sport 2019

Layar hiburan 12,1 inchi untuk penumpang belakang ini lebih dari cukup

Review New Mitsubishi Pajero Sport 2019 : Bagasi

Gambar menunjukkan desain bagian Bagasi New Mitsubishi Pajero Sport 2019

Fitur automatic tail gate system dengan kick sensor merupakan hal baru di New Pajero Sport 2019

Mungkin Anda sering merasa kerepotan ketika dua tangan sedang membawa barang dan hendak mengakses pintu bagasi belakang. Untunglah, Mitsubishi telah menyematkan fitur automatic tail gate system dengan tambahan kick sensor. Jadi Anda tinggal 'menendang' bagian bawah bumper saja, maka kaki Anda akan terbaca sensor, dan memerintahkan sistem hidrolik pada pintu untuk membuka secara otomatis untuk Anda. Benar-benar fitur yang memudahkan ya...

>>> Baca juga:

FITUR Mitsubishi Pajero Sport 2019

Review New Mitsubishi Pajero Sport 2020 : Ringkasan Fitur Keselamatan

Gambar menunjukkan Fitur keselamatan New Mitsubishi Pajero Sport 2019

Electronic Brake Fluid Distribution System akan mengatur tekanan minyak rem sehingga rem lebih pakem

Pada mobil New Mitsubishi Pajero Sport 2019 ini dilengkapi dengan sistem Electronic Brake Fluid Distribution System yang akan mengatur tekanan minyak rem secara elektronis dan sistem kevakuman agar mereduksi jarak pengereman. Sistem ini bekerja secara pintar dengan menggabungkan sensor elektronik dan juga sistem hidrolik kevakuman.

Gambar menunjukkan fitur Sistem ABS di New Mitsubishi Pajero Sport 2019

Fitur Anti-lock Braking System akan menjaga ban mobil tidak mengunci saat pengereman dilakukan dengan keras

Rem jenis cakram berventilasi pada keempat roda di New Mitsubishi Pajero Sport 2019 ini tidak akan membuat ban mengunci ketika pengereman keras dilakukan. Karena masing-masing cakram sudah dilengkapi dengan sensor Anti-lock Braking System, sehingga ketika pengereman dilakukan mendadak dan butuh berhenti segera, sensor ABS akan membaca dan membuat ban mobil tidak mengunci dan Anda masih dapat mengendalikan kendaraan.

Gambar menunjukkan fitur Brake force pedal New Mitsubishi Pajero Sport 2019

Brake Reinforcement System akan menambah kekuatan injakan terhadap pedal rem agar mobil dapat berhenti segera

Kadangkala injakan kaki pada pedal rem terasa tidak terlalu kuat, New Mitsubishi Pajero Sport 2019 hadir dengan fitur Brake Reinforcement System. Sistem ini membantu tekanan ke pedal rem agar menjadi lebih kuat dan mobil dapat berhenti dengan segera ketika dibutuhkan. Dengan fitur ini, rem menjadi lebih empuk diinjak namun tetap tidak mengurangi kekuatan rem.

Gambar menunjukkan fitur Arround View Monitor New Mitsubishi Pajero Sport 2019

Ada 4 buah kamera di sekeliling mobil ini untuk mempermudah pengemudi dalam melakukan parkir

Di era modern kini, tak jarang SUV ladder frame seperti New Mitsubishi Pajero Sport 2019 digunakan oleh wanita. Fitur kamera parkir yang membuat citra 360 derajat ini akan disukai oleh kaum hawa, sebab memantau mobil menjadi lebih mudah. Seluruh kendaraan menjadi terlihat, dan proses parkir akan lebih terbantu dengan adanya fitur ini.

Gambar menunjukkan cara kerja Hill Start Assist New Mitsubishi Pajero Sport 2019

Hill Start Assist akan menjaga mobil tidak meluncur kebawah ketika di tanjakan

Fitur Hill Start Assist akan membantu Anda ketika melewati jalanan menanjak dan macet. Prosesi pergerakan mobil dari berhenti ke bergerak maju butuh waktu beberapa detik dan tak jarang membuat mobil mundur di tanjakan. Dengan adanya fitur Hill Start Assist ini, rem akan ditahan beberapa saat sebelum Anda memindahkan kaki dari pedal rem ke pedal gas. Jadi tidak perlu khawatir mobil akan meluncur mundur dengan adanya fitur ini.

Gambar menunjukkan Hill Descent Control New Mitsubishi Pajero Sport 2019

Hill Descent Control akan menjaga laju mobil tetap terkendali saat melewati jalan menurun curam

Sebenarnya proses turun itu jauh lebih sulit dilakukan ketimbang menanjak. Karena saat menurun kontrol kita hanya pada rem kendaraan. Apalagi New Mitsubishi Pajero Sport memiliki bobot 1.940 kilogram untuk varian penggerak 4x2 dan 2.075 kilogram untuk berpenggerak empat roda alias 4x4. Adanya Hill Descent Control ini akan membantu pengemudi saat melewati jalanan menurun curam. Sehingga saat menuruni jalan terjal lebih aman dan terkendali.

Gambar menunjukkan fitur High Tensille Body Structure New Mitsubishi Pajero Sport 2019

High Tensille Steel digunakan sebagai bahan rangka demi kekuatan yang optimum

New Mitsubishi Pajero Sport 2019 sudah menggunakan konstruksi RISE (Reinforced Impact Safety Evolution) pada bodinya. Konstruksi ini juga diperkuat dengan penggunaan bahan high tensille steel yang memiliki kekuatan serta kelenturan yang memadai. Sehingga, meskipun mobil ini pakai sasis tangga, handling mobil ini juga mumpuni kendati tidak akan bisa sebaik mobil dengan sasis monokok.

Gambar menunjukkan fitur Mobile Car Finder New Mitsubishi Pajero Sport 2019

Mitsubishi Remote Control akan memudahkan Anda menemukan lokasi mobil dan mengaktifkan beragam fitur dari smartphone Anda 

Fitur Mitsubishi Remote Control ini akan semakin memudahkan Anda dalam mengontrol mobil New Mitsubishi Pajero Sport 2019 ini. Jika Anda mengunci mobil ini kurang dari 20 menit, kaca masih dapat dibuka melalui smartphone Anda. Selain itu Mitsubishi Remotre Control ini juga dapat menjadi pengingat dan juga merekam segala histori kendaraan Anda, mulai dari jarak tempuh, pengingat servis dan sebagainya. Ini adalah fitur mutakhir yang seharusnya ada di mobil manapun.

Gambar menunjukkan fitur Rear Cross Traffic Alert Di New Mitsubishi Pajero Sport 2019

Rear cross traffic alert mempermudah Anda mendeteksi kendaraan lain saat keluar dari tempat parkir

Keluar dari lokasi parkir menjadi lebih aman, karena ada sensor radar yang mendeteksi keberadaan mobil di belakang Anda. Sistem sensor akan memberikan peringatan khusus melalui suara dengan interval seirama pendek-pendek dan juga lampu peringatan yang akan menyala di dashboard yang menandakan ada kendaraan lain yang melaju cukup cepat di belakang mobil Anda.

Gambar menunjukkan fitur Distance Radar New Mitsubishi Pajero Sport 2019

Ultrasonic Mis-Acceleration Mitigation System akan menjaga mobil Anda terhindar dari kecelakaan beruntun

Fitur radar ultrasonik akan secara kontinyu memantau laju mobil Anda dan memberikan peringatan melalui Multi Information Display ketika kecepatan mobil Anda lebih tinggi dari kondisi lalu lintas. Dan sistem ini dapat mengintervensi sistem rem mobil untuk segera menghentikan laju kendaraan Anda ketika ada kendaraan lain dengan deviasi kecepatan yang lebih besar menghalangi laju New Mitsubishi Pajero Sport 2019 yang sedang Anda kemudikan.

Di Mitsubishi Pajero Sport 2019 dilengkapi dengan 7 Airbags yang melindungi pengguna dari bahaya jika terjadi tabrakan atau kecelakaan

7 Airbags akan memberi keamanan ketika terjadi kecelakaan

Jika Anda apes dan mengalami kecelakaan, Anda dan seluruh penumpang di dalam mobil akan dilindungi dengan 7 buah kantung udara yang akan mengembang sepersekian detik setelah terjadi benturan. Namun, 7 airbags ini tidak akan deploy (mengembang) ketika mobil terguling, terjadi tabrakan samping, atau Anda mengemudi tanpa mengenakan sabuk pengaman. 

Fitur Adaptive Cruise Control New Mitsubishi Pajero Sport 2019

Forward Collition Mitigation akan membuat mobil mengerem secara otomatis ketika jarak terlalu dekat

Sensor Forward Collition Mitigation system akan bekerja sama dengan sensor Ultrasonic Mis-Acceleration Mitigation System dalam mengintervensi sistem pengereman kendaraan ketika jarak sudah terlalu dekat dan berpotensi untuk menabrak kendaraan lain di depan mobil Anda. Sistem ini akan bekerja pada jarak tertentu dan biasanya akan menyala peringatan BRAKE! dengan warna merah berlatar kuning pada Multi Information Display Pajero Sport ini.

Gambar menunjukkan Blind Sport Warning New Mitsubishi Pajero Sport 2019

Blind Spot Warning akan memperingati Anda ketika hendak berpindah jalur dan ada kendaraan tidak terlihat

Seringkali di tengah kepadatan lalu lintas, ada kendaraan lain yang tidak terdeteksi spion ketika Anda hendak berpindah jalur. Dengan adanya fitur Blind Spot Warning ini, sistem akan memperingati Anda terlebih dahulu ketika hendak berpindah lajur namun ada kendaraan lain di area blind spot Anda. Sensor kendaraan tidak terlihat ini akan bekerja ketika lampu sein ke salah satu sisi dinyalakan.

Review New Mitsubishi Pajero Sport 2019 : Multi Information Display

Gambar menunjukkan Multi Information Display pada New Mitsubishi Pajero Sport 2019

Ada tiga model indikator yang dapat ditampilkan layar 8 inch LCD ini

Panel spidometer di mobil New Mitsubishi Pajero Sport 2019 ini sangat futuristik dan asyik untuk dilihat oleh mata. Namun bukan itu yang akan kami bahas. Karena Multi Information Display ini dapat menampilkan beragam informasi dari Smartphone Anda. Jadi ketika ada pesan, maupun panggilan telepon Anda dapat mengetahuinya. Diharapkan dengan adanya fitur ini konsentrasi pengemudi tidak akan terlepas dari mobil.

Review New Mitsubishi Pajero Sport 2019 : In Car Entertaiment System

Gambar menunjukkan ICE Feature pada mobil New Mitsubishi Pajero Sport 2019

Kini in car entertaiment system New Mitsubishi Pajero Sport 2019 ini sudah bisa terkoneksi dengan Apple CarPlay

Untuk urusan hiburan, New Mitsubishi Pajero Sport 2019 ini menyediakan head unit dengan layar sentuh yang sudah mampu memutar berbagai source musik kekinian. Dan yang terpenting, koneksi antara sistem audio mobil dengan smartphone kini sudah dapat dilayani oleh sistem audio yang ada di New Mitsubishi Pajero Sport 2019 ini, karena Apple CarPlay sudah dapat dikoneksikan.

Review New Mitsubishi Pajero Sport 2019 : Sistem 4x4

Gambar Menunjukkan 4WD System New Mitsubishi Pajero Sport 2019

Gunakan mode 2H ketika di jalanan mulus dan rata

Jika Anda ingin Off-Road, Anda tidak perlu khawatir. Sebab New Mitsubishi Pajero Sport 2019 ini sudah dilengkapi dengan fitur super select. Fitur Super Select 4WD ini sudah memiliki kemampuan setara dengan mobil dengan sistem full time4WD, karena sudah mencakup fungsi-fungsi dari 4WD bersistem full time seperti 2 High, 4 High, 4 High-Lock, dan 4 Low-Lock. Hal ini dapat terjadi karena sudah ada sensor kontrol traksi pada bagian belakang yang akan membantu sistem off-road mode di New Triton ini.

Gambar menunjukkan fitur Off-Road New Mitsubishi Pajero Sport 2019

Saat membutuhkan traksi maksimum pindahkan selector ke 4H

>>> Simaklah harga dan promo saat membeli mobil Mitsubishi Pajero Sport di sini

OPERASI Mitsubishi Pajero Sport 2019

Tampak Mesin 4N15 New Mitsubishi Pajero Sport 2019

Mesin 4N15 ini memiliki angka perbandingan kompresi yang termasuk rendah bila dibandingkan dengan mesin diesel lainnya

Mesin berkode 4N15 yang diusung oleh New Mitsubishi Pajero Sport 2019 ini punya karakter overstroke, yang artinya torsi mesin dapat diraih pada putaran mesin yang lebih rendah. Otomatis mobil akan jadi lebih efisien saat diajak melaju, baik di lalu lintas stop and go dalam kota, maupun high speed cruising pada lalu lintas luar kota. Transmisi 8 percepatannya dirancang closed ratio dengan tujuan memperpanjang nafas mesin diesel yang alamiahnya punya nafas pendek-pendek dan rpm-nya tidak tinggi. Tenaga dan torsi SUV ladder frame ini merupakan yang terbesar dikelasnya, untuk berapa angkanya Anda bisa langsung cek di tabel spesifikasi.

Tuas transmisi 8 percepatan New Mitsubishi Pajero Sport 2019

Transmisi 8 percepatannya membuat "nafas" dari mesin New Mitsubishi Pajero Sport 2019 ini lebih panjang

Suspensi yang digunakan juga proper. Konstruksi independent dual wishbone menjamin roda akan tetap lurus ketika mobil dipaksa bermanuver dengan ekstrim. Otomatis kedinamisan berkendara dari New Pajero Sport 2019 ini bisa demikian baik. Namun Anda perlu tetap ingat, meski darah reli mengalir kuat di DNA mobil-mobil Mitsubishi, namun Pajero Sport tetaplah SUV 7 penumpang dengan sasis tangga. Pengendaliannya tidak akan sebaik SUV dengan sasis monokok yang lebih lentur secara alami. Yang jelas, kami adalah media yang paling tidak sabar untuk dapat mencoba secara langsung mobil ini di jalan raya Indonesia. 

Tampak Konstruksi kaki-kaki New Mitsubishi Pajero Sport 2019

Suspensi depan indepen dual wishbone dan 3 link rigid axle akan membuat manuver mobil ini lebih stabil

>>> Mengulang Sukses 2016, All New Pajero Sport Raih Gelar The Best Of High SUV Diesel

spesifikasi Mitsubishi Pajero Sport 2019

Berikut ini adalah spesifikasi New Mitsubishi Pajero Sport 2019.

Mesin New Mitsubishi Pajero Sport 2019

Seri mesin

 4N15, 4 Cylinders In-Line DOHC 16V MIVEC VG Turbo Intercooler

Jumlah Katup

 16 Katup (2 Katup In & Ex per Silinder)

Sistem Injeksi

 Common Rail, Direct Injection

Tenaga Maksimum

 178,5 Hp (181 Ps) @ 3.500 rpm

Torsi Maksimum

 430 Nm @ 2.500  rpm

Kapasitas Silinder

 2,442 cc

Bore X Stroke

 86,0 mm X 105,1 mm

Tipe Transmisi

 Otomatis 8 Percepatan INVECS, Penggerak Roda Belakang

Rangka New Mitsubishi Pajero Sport 2019

Panjang X Lebar X Tinggi

 4.825 mm x 1.815 mm x 1,835 mm

Jarak Sumbu Roda

 2.800 mm

Jumlah Tempat Duduk

 7 Tempat Duduk

Jarak Terendah Ke Tanah

 218 mm

Kapasitas Tangki

 68 Liter

Suspensi/Kaki-Kaki New Mitsubishi Pajero Sport 2019

Suspensi Depan & Belakang

 Independent - Double Wishbone, Coil Springs & 3 Rigid Axle, Coil Spring

Sistem Kemudi

 Rack And Pinion Hydraulic Power Steering

Rem Depan & Belakang

 Ventilated Disc & Disc

Teknologi Sistem Pengereman

 ABS, EBD, BA, & Mitsubishi Mitigation System

Teknologi Safety Sasis

 Reinforced Impact Safety Evolution (RISE) Body

Struktur Sasis

 Ladder Frame

Pelek

 Alloy, 18 Inch

Jenis Ban

 Toyo Open Country, 265/60 R18

kelebihan & kekurangan Mitsubishi Pajero Sport 2019

Setiap produk pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, pun demikian dengan New Mitsubishi Pajero Sport 2019 ini. Sebagai merek terkenal, sudah tentu ada berbagai sentimen yang hadir atas mobil ini, Cintamobil.com telah memaparkan berbagai kelebihan dan kekurangan New Mitsubishi Pajero Sport 2019 ini.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Fitur Lebih Lengkap

Belum Dijual Ke Indonesia Dalam Waktu Dekat

Tercanggih Di Kelasnya

Harga Hampir Pasti (Naik) Cukup Tinggi

Mesin Bertenaga Dan Transmisi 8 Speed

Desain Buritan Tidak Banyak Ubahan

daftar harga Mitsubishi Pajero Sport 2019

Dalam kiprahnya, Mitsubishi Pajero Sport sudah teruji pada event reli Dakar yang sudah berlangsung sejak era 1980-an. Bahkan pada generasi teranyarnya, Mitsubishi Pajero menyabet beragam penghargaan bergengsi dari berbagai media dan institusi nasional. Belum lagi, penjualannya melonjak tajam di angka 120.000 unit hingga Desember 2017 lalu. Berikut daftar harga Mitsubishi Pajero Sport  terbaru 2019.

Tipe mobil  DAFTAR HARGA MITSUBISHI PAJERO SPORT BARU 2019 (OTR JAKARTA)

Mitsubishi Pajero Sport Rockford Black Edition 4X2 A/T

IDR. 559.500.000

Mitsubishi Pajero Sport DAKAR 4X4 A/T

IDR. 692.000.000

Mitsubishi Pajero Sport DAKAR Ultimate 4x2 A/T

IDR. 583.500.000

Mitsubishi Pajero Sport DAKAR 4x2 A/T

IDR. 539.500.000

Mitsubishi Pajero Sport EXCEED 4x2 A/T

IDR. 496.500.000

Mitsubishi Pajero Sport EXCEED 4x2 M/T

IDR. 481.500.000

Mitsubishi Pajero Sport GLX 4x4 M/T

IDR. 538.500.000

*Harga per bulan Juli 2019

*Warna White Pearl dibanderol dengan tambahan biaya Rp. 3 juta

Video Mitsubishi Pajero Sport 2019

KESIMPULAN Mitsubishi Pajero Sport 2019

Gambar sebuah mobil New Mitsubishi Pajero Sport 2019 berwarna silver dilihat dari sisi depan

Kapan masuk Indonesia? Kapan bisa dibeli di diler terdekat?

Sayang sekali PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia dengan tegas mengatakan bahwa produk potensial ini belum akan masuk Indonesia dalam waktu dekat. Saran kami sambil menunggu versi baru dari Pajero Sport ini, Anda beli saja Mitsubishi Pajero Sport bekas yang dijual pada listing Cintamobil.com ini, banyak pilihan menarik dan harganya juga miring. Ketika tahun depan New Mitsubishi Pajero Sport 2019 ini masuk Indonesia, Anda tinggal jual saja Pajero lama Anda dan beli mobil yang sangat menarik ini.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil