Review New Isuzu Giga Tractor Head GXZ 60 K ABS 2019

04/02/2019
editor rate: 4,0 user rate: 4,5
Medium Duty Truck adalah salah satu kelas yang 'berdarah-darah' lazimnya seperti kelas di pasar mobil Low Multi Purpose Vehicle. Setiap pabrikan truk macam UD Trucks, Mitsubishi, Hino, hingga Isuzu melakukan berbagai strategi untuk memenangi pasar. Dan, di pertengahan bulan Januari 2019 ini PT Isuzu Astra Motor Indonesia meluncurkan New Isuzu Giga untuk bertarung dikelas ini. Dan kini kami berkesempatan untuk mengulas lebih dalam mengenai New Isuzu Giga Tractor Head tipe GXZ 60 K ABS.

PENGANTAR Isuzu Giga Series 2019

Review New Isuzu Giga Tractor Head GXZ 60 K ABS 2019Mungkin tidak banyak yang ngeh, jika pertarungan truk dikelas Medium Duty Truck (MDT) juga sama keras dan berdarah-darahnya dengan pertarungan di pasar mobil kelas LMPV (Low Multi Purpose Vehicle). Lihat saja pemain yang terjun dikelas ini, dari mulai UD Trucks, Mitsubishi, Isuzu, bahkan Hino sebagai pemimpin pasar dikelas MDT ini. Dan dipertengahan bulan Januari 2019 ini PT Isuzu Astra Motor Indonesia meluncurkan New Isuzu Giga untuk bertarung dikelas ini, dan kami dari Cintamobil.com mendapat kesempatan untuk mengulas lebih dalam salah satu variannya, yakni sebuah New Isuzu Giga Tractor Head tipe GXZ 60 K ABS yang dijual seharga Rp 1,1 miliar secara off the road. Bagiamana impresi kami mengenai truk ini? Ikuti terus ulasan lengkapnya di sini.

EKSTERIOR Isuzu Giga Series 2019

Review New Isuzu Giga Tractor Head GXZ 60 K ABS 2019 : Tampilan Depan

Gambar menunjukkan tampilan depan New Isuzu Giga Tractor Head GXZ 60 K ABS 2019

Tampilan depan truk ini lebih segar dengan adanya grill baru

Secara umum sebenarnya tampilan depan dari New Isuzu Giga Tractor Head GXZ 60 K ABS 2019 ini tidak banyak mendapat ubahan bila dibandingkan dengan pesaing terdekatnya yang kini mendapat ubahan total. Namun demikian, tampilan depan dari truk ini kini lebih segar dengan adanya grill motif baru yang menggunakan warna doff hitam. Menariknya, meski berstatus sebagai 'truk pekerja', namun Isuzu tidak melupakan unsur kecantikan dalam truk ini, karena lampu utama alias headlamp truk ini sudah menggunakan kristal multi reflektor yang tampil lebih cantik bila dibandingkan dengan pesaingnya.

Review New Isuzu Giga Tractor Head GXZ 60 K ABS 2019 : Tampilan Samping

Gambar menunjukkan tampilan samping New Isuzu Giga Tractor Head GXZ 60 K ABS 2019

Unsur fungsi sangat diperhatikan oleh Isuzu, karena dalam kondisi standar truk ini sudah mengadopsi talang air

Melihat ke tampilan samping truk New Isuzu Giga Tractor Head GXZ 60 K ABS 2019 ini sebenarnya tidak ada yang terlalu istimewa, karena masih agak mirip dengan pendahulunya. Hanya saja, ada hal yang kami sangat apresiasi, karena PT Isuzu Astra Motor Indonesia sangat memperhatikan unsur fungsi di truk andalan mereka yang akan head to head dengan Hino Ranger 500 dan Mitsubishi Fuso Fighter ini. Mereka menyematkan talang air yang sangat berfungsi ketika musim hujan saat ini, jadi ketika para supir truk hendak merokok, kaca jendela dapat dibuka sedikit tanpa membasahi areal kabin.

Review New Isuzu Giga Tractor Head GXZ 60 K ABS 2019 : Tampilan Belakang

Gambar tampilan Belakang New Isuzu Giga Tractor Head GXZ 60 K ABS 2019

Tampilan belakang dari New Isuzu Giga Tractor Head GXZ 60 K ABS 2019 ini tak ubahnya seperti truk pada umumnya

Kalau kami dari Cintamobil.com boleh jujur, sebenarnya tidak ada yang istimewa pada truk New Isuzu Giga Tractor Head GXZ 60 K ABS 2019 ini, ya masih sama saja seperti truk pada umumnya. Namun, ada beberapa hal yang kami harus kritik dan juga apresiasi. Pertama yang harus kami kritik adalah penempatan tangki additional air tank, itu adalah tangki udara tambahan yang membantu proses pengereman pada bagian trailer. Secara posisi sebenarnya sudah benar namun seharusnya tangki ini bisa diberi pelindung karena fungsinya vital, jika terjadi benturan dan bocor bisa menyebabkan kegagalan pengereman pada bagian trailer. Yang apresiasi adalah peletakan ban cadangannya yang mudah dijangkau.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Isuzu Giga Series 2019

Review New Isuzu Giga Tractor Head GXZ 60 K ABS 2019 : Konvigurasi Kursi

Tampak Kursi New Isuzu Giga Tractor Head GXZ 60 K ABS 2019

Kapasitas kursi di truk terbaru Isuzu ini adalah 2 + 1 artinya 1 orang pengemudi, 1 orang kondektur dan 1 orang penumpang tambahan

New Isuzu Giga Tractor Head GXZ 60 K ABS 2019 ini memiliki 2 buah kursi utama dan 1 kursi tambahan, artinya truk andalan Isuzu ini mengandalkan konfigurasi kursi 2 + 1, yaitu 1 kursi untuk pengemudi, 1 kursi untuk kondektur dan 1 kursi lagi untuk penumpang tambahan. Sayangnya, meski 3 orang dapat diangkut didalam truk New Isuzu Giga Tractor Head GXZ 60 K ABS 2019, hanya 2 penumpang yang dapat duduk dengan nyaman dan proper, karena hanya dua kursi tersebut yang mendapatkan kursi dengan ukuran cukup, dan juga sistem retracable seatbelt yang memungkinkan pengemudi dan kondektur menjadi lebih aman ketika berkendara dengan truk ini.

Review New Isuzu Giga Tractor Head GXZ 60 K ABS 2019 : Blower Fan

Gambar menunjukkan Blower New Isuzu Giga Tractor Head GXZ 60 K ABS 2019

Meski tak dilengkapi dengan pendingin udara alias AC, namun tuas pengatur dan blower sudah tersedia di truk ini

Dalam kondisi standar, New Isuzu Giga Tractor Head GXZ 60 K ABS 2019 ini tidak dilengkapi dengan pendingin udara alias AC, namun uniknya untuk tuas pengatur serta blowernya sudah tersedia di truk ini, jadi bagi perusahaan jasa ekspedisi yang ingin menambahkan fitur pendingin udara pada truk ini guna memanjakan pengemudi serta kernet alias kondektur, tinggal memasang evaporator, serta kompresor AC-nya saja. Di negara tropis seperti Indonesia, kami rasa seharusnya fitur AC sudah menjadi standar untuk truk baru yang dijual di Indonesia, sayangnya dari semua merek truk asal Jepang, tidak ada satupun yang menyertakan AC sebagai standar.

Review New Isuzu Giga Tractor Head GXZ 60 K ABS 2019 : Pedal Gas

Gambar menunjukkan Pedal Gas New Isuzu Giga Tractor Head GXZ 60 K ABS 2019

Hanya pedal gas yang mendapatkan model organ seperti mobil Eropa, pedal rem serta kopling masih model gantung

Berbeda dengan rivalnya yang sama-sama diluncurkan pada pertengahan bulan Januari 2019 ini, pada truk New Isuzu Giga Tractor Head GXZ 60 K ABS yang sedang kami ulas ini, hanya pedal gas saja yang mendapatkan model organ bak mobil-mobil keluaran Eropa. Untuk pedal rem dan juga pedal koplingnya masih menggunakan model gantung yang terlihat kuno dan jadul. Namun, secara fungsi mungkin pedal dengan model seperti ini bisa jadi lebih disukai oleh para pengemudi truk. 

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

FITUR Isuzu Giga Series 2019

Review New Isuzu Giga Tractor Head GXZ 60 K ABS : Seat Suspension

Gambar menunjukkan Seat Suspension New Isuzu Giga Tractor Head GXZ 60 K ABS 2019

Demi kenyamanan, kursi pengemudi dilengkapi dengan suspensi

Demi kenyamanan maksmal saat dijalan, truk New Isuzu Giga Tractor Head GXZ 60 K ABS 2019 ini dilengkapi dengan kursi bersuspensi udara untuk bagian pengemudi. Dengan adanya sistem kursi seperti ini, segala permukaan jalan akan terasa lembut, namun bagi tim Cintamobil.com yang sudah pernah mencoba mengemudikan truk berukuran besar, kursi seperti ini cenderung membuat pengemudi agak kagok ketika sedang menginjak pedal gas maupun rem serta kopling. Namun, jangan khawatir, kursi pengemudi yang dilengkapi dengan suspensi ini dapat dinon-aktifkan ketika tidak dibutuhkan.

Review New Isuzu Giga Tractor Head GXZ 60 K ABS : Wheel Disk Besar Dan 10 Baut Serta Sistem Pengereman

Gambar menunjukkan Sistem Pengereman New Isuzu Giga Tractor Head GXZ 60 K ABS 2019

New Isuzu Giga tipe GVZ dan GXZ menggunakan wheel disk berukuran 7,5 inchi dan 10 baut roda serta sistem pengereman ABS

New Isuzu Giga Tractor Head GXZ 60 K ABS dan New Isuzu Giga GVZ menggunakan roda berdiameter 7,5 inchi, guna tercapainya daya tahan yang lebih lama serta hemat dalam perawatan. New Isuzu Giga Tractor Head GXZ 60 K ABS ini juga menggunakan baut roda 10 buah yang mana secara teori seharusnya lebih kuat sekitar 20% dari rivalnya yang masih mengandalkan 8 baut pengunci roda. Apalagi ke-10 baut ini menggunakan sistem pengencangan baut roda yang sama, sehingga akan memudahkan saat sopir hendak melakukan penggantian ban. Apalagi khusus untuk varian New Isuzu Giga GVR, GVZ, dan GXZ kesemua rodanya sudah dilengkapi dengan rem ABS yang mencegah rem mengunci saat pengereman mendadak.

Review New Isuzu Giga Tractor Head GXZ 60 K ABS : Lampu Depan Kristal

Gambar menunjukkan Lampu Depan New Isuzu Giga Tractor Head GXZ 60 K ABS 2019

Demi penerangan maksimal juga menambah unsur kecantikan, New Isuzu Giga sudah mendapatkan lampu kristal di semua varian

Demi mendapatkan penerangan yang maksimal dan juga menambah unsur kecantikan, Isuzu menyematkan lampu kristal multireflektor di semua varian New Isuzu Giga. Meski terlihat sepele, namun lampu dengan reflektor kristal bening ini akan membantu pengemudi dalam mendapatkan pencahayaan sempurna, dan pada akhirnya meningkatkan faktor keselamatan. Meski lampu depannya sudah menggunakan model kristal, namun sayangnya hal tersebut belum berlaku untuk lampu kota dan lampu seinnya.

>>> Mengenang Masa Ketika Isuzu Melakukan “Gerebek Sirkuit”

OPERASI Isuzu Giga Series 2019

Gambar menunjukkan bagian Mesin New Isuzu Giga Tractor Head GXZ 60 K ABS 2019

New Isuzu Giga menggunakan mesin 6 silinder segaris dengan sistem pasokan bahan bakar direct injection

New Isuzu Giga GXZ 60 K ABS 2019 menggunakan mesin berkapasitas bersih 7.790 cc berkode 6 NX1-TCS dengan masing-masing silinder dilayani oleh satu buah katup keluar (ex) dan katup masuk (in) karena mesin truk ini menganut sistem SOHC (Single OverHead Camshaft), serta sistem pasokan bahan bakar direct injection. Mesin ini digadang-gadang sudah memenuhi standar emisi Euro 4. Dengan dikawinkan dengan transmisi MEB9 yang memiliki 9 percepatan maju dan 1 percepatan mundur, mesin ini akan dengan mudah menghela bobot seberat 46,100 kilogram yang merupakan beban maksimumnya. Spesifkasi lengkap truk New Isuzu Giga GXZ 60 K ABS 2019 ini kami sajikan pada bab spesifikasi dibawah ini.

>>> Updatelah informasi terbaru tentang harga dan promo mobil Isuzu lainnya di sini

spesifikasi Isuzu Giga Series 2019

Berikut ini adalah spesifikasi New Isuzu Giga GXZ 60 K ABS 2019.

Mesin New Isuzu Giga GXZ 60 K ABS 2019

Seri mesin

6 NX1-TCS, SOHC, Direct Injection

Bahan Bakar

Solar

Tenaga Maksimum

342,5 Hp @ 2.000 rpm

Torsi Maksimum

784,6 Nm @ 1.350 - 1.700 rpm

Kapasitas Silinder

7.790 cc

Bore X Stroke

115 mm X 125 mm

Tipe Transmisi

MEB9 (9 Percepatan Maju - 1 Mundur)

Rangka New Isuzu Giga GXZ 60 K ABS 2019

Panjang Keseluruhan

6.000 mm

Lebar Keseluruhan

2.495 mm

Tinggi Keseluruhan

2.925 mm

Jarak Poros Roda

3.265 mm + 1.370 mm

Kapasitas Tangki

200 liter

Suspensi/Kaki-Kaki New Isuzu Giga GXZ 60 K ABS 2019

Ban Depan (Tunggal)

Bridgestone R172 11.00-R20-16PR

Ban Belakang (Ganda)

Bridgestone R172 11.00-R20-16PR

Power Steering

Hydraulic Power Booster

kelebihan & kekurangan Isuzu Giga Series 2019

Setiap produk pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, pun demikian dengan New Isuzu Giga GXZ 60 K ABS 2019 ini. Sebagai merek terkenal, sudah tentu ada berbagai sentimen yang hadir atas mobil ini, Cintamobil.com telah memaparkan berbagai kelebihan dan kekurangan New Isuzu Giga GXZ 60 K ABS 2019 ini.

Kelebihan

Kekurangan

Sudah Full Airbrake System

Jaringan Servis Belum Sekuat Rival

Baut Roda Sudah 10 Buah Dan Rem ABS

Belum Ada Aplikasi Penilaian KPI Driver

Jaringan Servis Mitsubishi Yang Begitu Luas

Harga Lebih Mahal Dibandingkan Rival

>>> Lanjut baca kelebihan dan kekurangan mobil Isuzu lainnya di sini

daftar harga Isuzu Giga Series 2019

Berikut daftar harga New Isuzu Giga 2019 di semua variannya secara off the road.

TIPE MOBIL

HARGA NEW ISUZU GIGA 2019

New Isuzu Giga FVR 34 P TH

IDR. 625.000.000

New Isuzu Giga GVR 34 J HP ABS (N)

IDR. 681.000.000

New Isuzu Giga GVZ 34 K HP ABS (N)

IDR. 916.000.000

New Isuzu Giga GXZ 60 K ABS (N)

IDR. 1.011.000.000

Video Isuzu Giga Series 2019

KESIMPULAN Isuzu Giga Series 2019

Tampak New Isuzu Giga Logo

New Isuzu Giga ini cukup layak menjadi partner bisnis Anda

So, is this truck for you? Secara umum kami cukup berani bilang bahwa New Isuzu Giga ini layak untuk menjadi partner bisnis Anda, apalagi menurut beberapa supir truk yang pernah kami temui, menurut mereka truk-truk keluaran Isuzu memiliki konsumsi bahan bakar yang lumayan irit.

>>> Belum puas dengan artikel review Isuzu Giga 2019 ini? Klik untuk lanjut baca artikel review mobil lainnya

Arfian Alamsyah
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil