Review New Daihatsu Sigra 1.0 M M/T 2019: Hanya Dibanderol Rp 124 Jutaan, Idealkah Untuk Taksi Online?

23/09/2019
editor rate: 3,0 user rate: 4,8
Inilah varian termewah dari Daihatsu Sigra yang bermesin 1.000 cc 3 silinder. Varian ini cukup ramai diburu pembeli fleet maupun bagi yang usaha taksi online. Tak heran, Sigra berjumlah silinder ganjil ini masih dipertahankan untuk oleh PT Astra Daihatsu Motor. Inilah ulasan dari kami mengenai New Daihatsu Sigra 1.0 M M/T 2019.

PENGANTAR Daihatsu Sigra 2019

Gambar menunjukkan sebuah mobil Daihatsu Sigra tipe M berwarna merah dilihat dari sisi depan

Daihatsu Sigra tipe M adalah varian termewah Sigra yang menggendong unit mesin 1.000 cc

Review New Daihatsu Sigra 1.0 M M/T 2019 - Tak bisa dipungkiri, usaha narik taksi online atau daring kendaraan berbasis aplikasi sudah mulai nge-tren 4 tahun belakangan ini. Mobil-mobil dengan kapasitas penumpang diatas 5 orang dan berdesain kompak serta punya efisiensi bahan bakar yang baik sontak menjadi incaran. Salah satu mobil yang menjadi favorit para driver taksi online adalah Daihatsu Sigra. Sebab, ia punya bangku 3 baris, bodi kompak dan dua pilihan mesin yakni 1.200 cc dan 1.000 cc. 

Gambar menunjukkan 2 mobil Daihatsu Sigra tipe M berwarna merah sebelum dan sesudah facelift

Inilah perbandingan tampilan Sigra facelift dengan sebelum facelift, mendingan mana menurut Anda?

Dibandingkan dengan tipe D yang sama-sama menggendong mesin 1KR-VE VVT-i, Sigra tipe M ini hadir dengan fitur lebih lengkap, dari Sigra tipe D yang terondol. For more you know, Daihatsu Sigra dengan mesin 1 liter dan berjumlah silinder ganjil ini menggantikan Daihatsu Xenia varian terendah yang menggendong mesin serupa. Lantas, apakah dengan harga jual hanya Rp 124,400,000 saja apakah New Daihatsu Sigra 1.0 M M/T 2019 ini akan menjadi mobil favorit untuk keperluan taksi online?

EKSTERIOR Daihatsu Sigra 2019

Review New Daihatsu Sigra 1.0 M M/T 2019 : Tampilan Depan

Gambar menunjukkan Tampilan depan New Daihatsu Sigra 1.0 M M/T 2019 berwarna merah

Tampilan depan didominasi oleh desain bumper anyar serta grill baru plus lampu dengan bohlam jenis LED

Tampilan eksterior depan dari New Daihatsu Sigra 1.0 M M/T 2019 ini lebih segar berkat penggunaan desain bumper depan plus grill baru yang seolah membentang menghubungkan headlamp dengan bohlam LED yang juga anyar. Berbeda dengan varian lainnya bermesin 1.200 cc bahkan tipe R yang menggunakan kelir krom pada grill, justru kami menganggap grill sewarna bodi ini membuat tampilan Sigra bermesin 3 silinder ini lebih manis.

Gambar menunjukkan Grill dan bumper depan New Daihatsu Sigra 1.0 M M/T 2019 berwarna merah

Grill sewarna bodi membuat tampilan eksterior depan New Sigra M ini kian manis

Review New Daihatsu Sigra 1.0 M M/T 2019 : Tampilan Samping

Gambar menunjukkan Tampilan samping New Daihatsu Sigra 1.0 M M/T 2019 berwarna merah

Secara umum tampilan sampingnya masih sama, spion masih manual dan pilar B dan C belum di blackout pillar

Lanjut ke bagian samping dari mobil New Daihatsu Sigra 1.0 M M/T 2019 ini. Secara umum sebenarnya tampilan sampingnya masih sama saja dengan versi sebelum facelift, spion masih harus diatur manual dari luar kabin, tanpa adanya talang air, dan juga pilar B dan C belum dicat hitam atau istilah kerennya blackout pillar. Namun, pelek meski sama dengan tipe D yang mengusung mesin sama, tapi di Sigra tipe M ini diameter peleknya lebih besar 1 inch membuatnya tidak terlalu terlihat kurus.

Gambar menunjukkan Ban dan pelek New Daihatsu Sigra 1.0 M M/T 2019 berwarna merah

Pelek memang masih kaleng tertutup dop, tapi sudah 14 inchi alias 1 inchi lebih besar dari tipe dibawahnya

Review New Daihatsu Sigra 1.0 M M/T 2019 : Tampilan Belakang

Gambar menunjukkan Tampilan belakang New Daihatsu Sigra 1.0 M M/T 2019 berwarna merah

Kami cukup yakin, jika kami tidak jelaskan Anda tak akan notice apa ubahan di eksterior belakang Sigra M ini

Berbeda dengan Sigra varian lainnya apalagi yang termahal. Untuk Daihatsu Sigra tipe M yang mengusung mesin 1 liter ini tidak terlalu terlihat ubahannya dibanding tipe facelift. Hal tersebut lantaran back door garnish pada pintu belakang tidak diberi kelir krom dan hanya dicat sewarna bodi. Padahal back door garnish belakang ini ukurannya lebih besar bila dibandingkan dengan Sigra sebelum facelift. Sensor parkir dan wiper belakang plus washer tetap dipertahankan keberadaannya.

Gambar menunjukkan Stoplamp New Daihatsu Sigra 1.0 M M/T 2019

Pada New Daihatsu Sigra 1.0 M M/T 2019 ini back door ornament yang jadi poin ubahan penyegaran tak terlalu tampak

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Daihatsu Sigra 2019

Review New Daihatsu Sigra 1.0 M M/T 2019 : Layout Dasbor

Gambar menunjukkan Layout dasbor New Daihatsu Sigra 1.0 M M/T 2019

Selain kelir yang kini lebih muda, tak ada ubahan layout pada Sigra anyar ini

Bisa dibilang, ubahan yang dilakukan oleh PT Astra Daihatsu Motor terhadap New Daihatsu Sigra 1.0 M M/T 2019 ini hanya bersifat minor sekali di interior Sigra tipe M ini. Karena, selain kelir yang kini menggunakan warna lebih muda dari sebelum facelift, nyaris tak ada ubahan layout apapun pada Sigra baru ini. Tapi bila Anda jeli, kini ada multifunction storage yang dapat Anda gunakan untuk meletakkan smartphone atau benda lainnya.

Review New Daihatsu Sigra 1.0 M M/T 2019 : Kursi

Gambar menunjukkan Kursi depan New Daihatsu Sigra 1.0 M M/T 2019

Kursi pengemudi dan penumpang depan ini cukup enak untuk diduduki meski headrest tak dapat diatur

Dibandingkan dengan rival-rival lainnya yang sekelas maupun tidak masuk dalam skema LCGC (Low Cost Green Car). Kami merasa bahwa duduk di kabin jagoan Sunter ini lebih nyaman dan cukup menyangga badan dengan baik dibandingkan dengan rival lainnya. Meski untuk perjalanan jauh tetap akan melelahkan karena pengaturan kursi ini terbatas, tapi setidaknya lebih baik dari rivalnya. Sayangnya, belum semua kursi mendapat seatbelt dan headrest yang proper. 

Gambar menunjukkan Kursi belakang New Daihatsu Sigra 1.0 M M/T 2019

Hanya penumpang kanan dan kiri belakang baris kedua yang mendapatkan headrest yang proper

Review New Daihatsu Sigra 1.0 M M/T 2019 : Kenop Pengatur AC

Gambar menunjukkan Kenop pengatur AC New Daihatsu Sigra 1.0 M M/T 2019

Kenop pengatur AC kini sudah mengusung model yang lebih modern dan tidak mirip kompor gas lagi

Sebelumnya kami mohon maaf karena menggunakan foto interior Toyota Calya untuk ilustrasi kami kali ini, sebab kedua mobil ini benar-benar bak pinang dibelah dua. Tombol pengatur AC kini diubah oleh para insinyur dari PT Astra Daihatsu Motor dari yang sebelumnya mirip dengan tuas menyalakan kompor gas, kini menggunakan dua buah kenop bulat yang lebih user friendly dioperasikan. Ini adalah sentuhan ringan yang menurut kami memberikan impact besar ke kabin Daihatsu Sigra ini.

>>> Baca juga:

FITUR Daihatsu Sigra 2019

Review New Daihatsu Sigra 1.0 M M/T 2019 : Multi Information Display

Gambar menunjukkan Multi Information Display New Daihatsu Sigra 1.0 M M/T 2019

Mulai dari Daihatsu Sigra tipe M, sudah dilengkapi dengan Multi Information Display

Salah satu yang patut diapresiasi oleh Daihatsu Sigra ini adalah, meski Sigra tipe M ini bukan varian tertinggi bahkan Sigra tipe M ini merupakan 2 model terbawah dari Daihatsu Sigra. Namun, PT Astra Daihatsu Motor tetap menyematkan multi information display pada mobil ini. Informasi yang disajikan juga cukup lengkap, ada konsumsi BBM, jam digital, jarak yang dapat ditempuh dengan sisa bahan bakar di tangki, odometer, trip meter, dan indikator bensin.

Review New Daihatsu Sigra 1.0 M M/T 2019 : Head Unit

Gambar menunjukkan Head unit New Daihatsu Sigra 1.0 M M/T 2019

Head unit yang terpasang di Daihatsu Sigra tipe M ini merupakan tipe single DIN dan punya beberapa kemampuan

Sebagai varian termewah Daihatsu Sigra yang bermesin 1.000 cc 3 silinder, maka sektor hiburan juga diperhatikan oleh Daihatsu Indonesia. Sigra tipe M ini dilengkapi dengan head unit single DIN dengan kemampuan memutar CD, membaca file USB, menerima masukan AUX, dan tentunya menangkap sinyal radio. Kualitas suara pun bisa dibilang alakadarnya, karena hanya tersedia 2 buah speaker di bagian depan untuk reproduksi suara.

Review New Daihatsu Sigra 1.0 M M/T 2019 : Ruang Penyimpanan

Gambar menunjukkan Ruang penyimpanan Daihatsu New Sigra 1.0 M M/T 2019

Karena masih mengusung head unit model single DIN maka Anda akan mendapatkan ruang ekstra

Daihatsu Indonesia cukup memperhatikan kepraktisan yang ada di Sigra termewah untuk mesin 1.000 cc ini. Mulai dari sisi pengemudi saja ada coin tray dibagian bawah dan atas dekat kisi AC bagian kanan. Lantas di bagian depan ada total 4 buah cup holder, dan di bagian belakang ada 4 cup holder lagi sehingga total ada 8 buah cup holder di mobil ini. Belum lagi ada card holder yang berfungsi untuk meletakkan kartu elektronik untuk bayar tol, dan tentunya ada glove box.

>>> Komparasi Toyota Calya Dan Daihatsu Sigra, Akhir Tahun Pilih Mana?

OPERASI Daihatsu Sigra 2019

Gambar menunjukkan Mesin New Daihatsu Sigra 1.0 M M/T 2019

Mesin 1KR-VE ini sudah dilengkapi dengan pengaturan katup variabel VVT-i

Mesin 1KR-VE ini memang terasa cukup bertenaga di Daihatsu Ayla yang mempunyai dimensi yang lebih kecil plus bobot lebih ringan. Daihatsu Sigra tipe M ini lebih berat 165 kilogram bila dibandingkan dengan Daihatsu Ayla tipe M yang mengusung dapur pacu yang sama. Memang, tenaga dan torsi di Sigra tipe M ini sudah meningkat 2 Ps dan 3 Nm dari Ayla. Namun, kompensasi tenaga dan torsi tersebut tetap terasa kurang sigap menghela bodi Sigra. Apalagi jika di jalur luar kota.

Gambar menunjukkan Ban dan pelek New Daihatsu Sigra 1.0 M M/T 2019

Tenaga sebesar 67 Ps atau sekitar 65,5 Hp disalurkan melalui transmisi manual 5 speed dan penggerak roda depan

Apalagi Sigra M ini pakai ukuran ban dan pelek yang lebih besar dari tipe D. Maka dari itul, kami lebih menyarankan para driver taksi online untuk menggunakan Daihatsu Sigra M ini. Karena, taksi online umumnya trayek yang dicover tidak terlalu jauh dan mesin 1.000 cc masih cukup mumpuni melayani kemauan pengemudi untuk stop and go di dalam kota. Apalagi dengan kapasitas silinder yang imut membuatnya ketika terjebak macet parah tidak terlalu banyak membakar BBM. 

>>> New Sigra Dirilis, Banyak Penyegaran, Harga Naik 2 Jutaan, Target Penjualan Masih Sama

spesifikasi Daihatsu Sigra 2019

Berikut ini adalah spesifikasi New Daihatsu Sigra 1.0 M M/T 2019.

Mesin New Daihatsu Sigra 1.0 M M/T 2019  
 Seri mesin  1KR-VE, 3 Silinder Segaris, DOHC, VVT-i
 Pasokan Bahan Bakar  Electronic Fuel Injection
 Jumlah Katup  12 Katup (2 Inlet & 2 Outlet Per Silinder)
 Tenaga Maksimum  65,5 Hp (67 Ps) @ 6,000 rpm
 Torsi Maksimum  89,25 Nm (9,1 Kgm) @ 4,400 rpm
 Kapasitas Silinder  998 cc
 Bore X Stroke  71,0 mm X 84,0 mm
 Tipe Transmisi  Manual 5 Percepatan, Penggerak Roda Depan
  Rangka New Daihatsu Sigra 1.0 M M/T 2019
  Panjang X Lebar X Tinggi  4,070 mm X 1,655 mm X 1,600 mm
 Jarak Sumbu Roda  2,525 mm
 Jarak Terendah Ke Tanah  180 mm
Track Roda Depan & Belakang  630 mm & 915 mm
 Kapasitas Tangki  36 Liter
  Suspensi/Kaki-Kaki New Daihatsu Sigra 1.0 M M/T 2019
Suspensi Depan & Belakang  MacPherson Strut with Coil Spring & Semi Independent Torsion Axle Beam dengan Coil Spring
Sistem Kemudi  Electronic Power Steering
Rem Depan & Belakang  Ventilated Disc Brake & Drum Leading Triling Brake
Teknologi Sistem Pengereman  -
Teknologi Safety Sasis  Total Advance Function (TAF) Body, Side Impact Beam
Struktur Sasis  Monokok, A-Segment
 Pelek  Machining Alloy, 14 inch
Jenis Ban  Bridgestone Ecopia, 175/65 R14

kelebihan & kekurangan Daihatsu Sigra 2019

Setiap produk pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, pun demikian dengan New Daihatsu Sigra 1.0 M M/T 2019 ini. Sebagai merek terkenal, sudah tentu ada kelebihan dan kekurangan yang hadir atas mobil ini, Cintamobil.com akan memaparkan berbagai kelebihan dan kekurangan New Daihatsu Sigra 1.0 M M/T 2019 ini.

Kelebihan Kekurangan
Akomodasi Baik Belum Double Blower Murni (Tanpa Evaporator)
Tampilan Lebih Segar Setir Belum Tilt Apalagi Telescopic
Lampu Depan Sudah LED Belum Ada Sistem Rem ABS

daftar harga Daihatsu Sigra 2019

Kehadiran New Sigra di pasar otomotif Indonesia, memang sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Mengingat fungsinya sebagai mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) tampil bertenaga, irit bahan bakar dan dibanderol dengan harga yang terjangkau. Berikut Cintamobil.com melampirkan daftar Harga New Daihatsu Sigra September 2019.

Tipe mobil 

DAFTAR HARGA NEW DAIHATSU SIGRA BARU

(OTR JAKARTA)

New Daihatsu Sigra 1.0 D M/T

IDR. 114.000.000

New Daihatsu Sigra 1.0 M M/T IDR. 124.400.000
New Daihatsu Sigra 1.2 X M/T IDR. 133.750.000
New Daihatsu Sigra 1.2 X AT IDR. 146.550.000
New Daihatsu Sigra 1.2 X Deluxe M/T IDR. 139.250.000
New Daihatsu Sigra 1.2 X Deluxe A/T IDR. 152.050.000
New Daihatsu Sigra 1.2 R M/T IDR. 140.150.000
New Daihatsu Sigra 1.2 R A/T IDR. 152.950.000
New Daihatsu Sigra 1.2 R Deluxe M/T IDR. 143.950.000
New Daihatsu Sigra 1.2 R Deluxe A/T IDR. 156.750.000

*Harga per bulan September 2019

>>> Klik sini untuk lanjut cek harga dan promo saat membeli mobil Daihatsu Sigra lainnya

Video Daihatsu Sigra 2019

KESIMPULAN Daihatsu Sigra 2019

Gambar menunjukkan sebuah mobil New Daihatsu Sigra 1.0 M M/T 2019 berwarna merah

Lantas apakah ia pantas dipilih sebagai partner cari uang?

Yes! Apabila Anda adalah driver taksi online yang sedang mencari mobil kompak, berakomodasi baik, dan juga penampilannya tetap keren, maka mobil New Daihatsu Sigra 1.0 M M/T 2019 ini adalah mobil untuk Anda. Apalagi mesin 3 silinder tidak terlalu membutuhkan volume oli sebanyak mesin 4 silinder, membuat biaya perawatan Sigra 3 silinder ini jauh lebih meringankan biaya perawatan berkala maupun operasional Anda.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil