Review Mitsubishi Outlander Sport 2019, Ubahan Setengah Hati?

17/02/2019

Share this post:

Mitsubishi Outlander Sport 2019

Editor rate:

Lihat promo

Bukan! Bukan Mitsubishi Eclipse Cross yang akan menggantikan posisi Mitsubishi Outlander Sport di Indonesia, namun inilah penerus dari Mitsubishi Outlander Sport tersebut, ini pendapat kami mengenai Mitsubishi Outlander Sport 2019, kami sajikan dalam bentuk review Mitsubishi Outlander Sport 2019

Review Mitsubishi Outlander Sport 2019, Ubahan Setengah Hati?
Review Mitsubishi Outlander Sport 2019, Ubahan Setengah Hati?
0 Gambar

Pengantar Mitsubishi Outlander Sport 2019

Mari kita simak spesifikasi Mitsubishi Outlander Sport 2019 di bawah ini.

Kelebihan

Tampilan depan lebih agresif

Ukuran kompak dan lincah dikemudikan

Transmisi CVT-nya pintar dan efisien

Kekurangan

Ubahan nanggung (tidak menyeluruh dan berkesan setengah hati)

Dibanding rival, mesinnya kurang bertenaga dan tidak irit

Belum dijual di Indonesia

Gambar mobil Mitsubishi Oultander Sport 2012 berwarna abu-abu dilihat dari sisi depan

Inilah tampilan awal Mitsubishi Outlander Sport pada tahun 2010

Review Mitsubishi Outlander Sport 2019 - Cerita mengenai Mitsubishi Outlander Sport sebenarnya berawal jauh sebelum tahun 2010, model ini diilhami dari Mitsubishi RVR yang diperkenalkan sejak bulan Februari tahun 1991. Banyak turunan model dari mobil yang bernama Mitsubishi RVR ini, tak heran basis model ini digunakan oleh banyak merek, bahkan sampai ada versi performa tingginya juga dengan mesin legendaris 4G63T. Tapi bukan itu yang akan kita bahas kali ini, kami dari Cintamobil.com akan mempersempit pokok pembahasan mengenai Mitsubishi Outlander Sport ini. Mitsubishi Outlander Sport dipasar eropa terutama Inggris, dikenal juga dengan nama Mitsubishi ASX.

Gambar mobil Mitsubishi Outlander Sport 2015 berwarna silver dilihat dari sisi depan

Mitsubishi ASX atau Mitsubishi Outlander Sport mengalami penyegaran di tahun 2014

Basis dari mobil Mitsubishi ASX atau Mitsubishi Outlander Sport ini pakai basis dari mobil konsep Mitsubishi Concept-CX yang diperkenalkan pada ajang Frankfurt Motor Show tahun 2017. Berita baiknya, implementasi dari mobil konsep tersebut sangat dekat dengan mobil versi produksinya. Hal ini sepertinya sudah menjadi standar Mitsubishi dalam mendesain mobil. Lihat saja konsep Mitsubishi Xpander dengan versi riilnya, sangat dekat bahkan mirip kan? Meski, di dunia sudah heboh sejak tahun 2010, namun pasar Indonesia baru mendapat mobil ini 3 tahun kemudian, tepatnya di  2012, dengan tiga tipe yang tersedia, yaitu GLX, GLS, dan PX.

Gambar mobil Mitsubishi Outlander Sport 2017 berwarna silver dilihat dari sisi depan

Mitsubishi Outlander Sport alias Mitsubishi ASX mendapat penyegaran kedua di tahun 2017

Mobil ini membuat standar baru dalam pertarungan di kelas crossover, karena mobil ini mampu menawarkan kesenangan berkendara yang baik dipadukan dengan ketangguhan khas mobil SUV. Maklum saja, Mitsubishi Outlander lahir dengan menggabungkan ketangguhan ala SUV Mitsubishi dengan kelincahan serta kenyamanan khas mobil berjenis sedan. Mitsubishi ASX atau Mitsubishi Outlander Sport ini setidaknya mengalami 3 kali penyegaran ringan (bahkan menurut kami terlalu ringan) pada masa peredarannya yaitu pada tahun 2014, 2017, dan tahun 2018. 

Gambar mobil Mitsubishi Outlander Sport 2018 berwarna abu-abu dilihat dari sisi depan

Mitsubishi Outlander Sport mendapat penyegaran alias facelift lagi pada tahun 2018

Entah hal apa yang menyebabkan pihak Mitsubishi Motor Corporation seakan takut untuk mengubah desain dari Mitsubishi ASX atau Mitsubishi Outlander Sport ini. Apakah Mitsubishi pikir jika desain seperti itu abadi? Atau mereka menganggap desain dari Mitsubishi Outlander Sport tersebut se-abadi Mercedes-Benz G-Class? Tapi, apapun alasannya, di tahun 2019 ini kita harus senang dan bahagia, karena Mitsubishi Outlander Sport akhirnya mendapat penyegaran yang lumayan banyak.  Terutama dari sisi eksterior depannya. 

Gambar mobil Mitsubishi Outlander Sport 2019 berwarna merah dilihat dari sisi depan yang sedang berjalan di jalan Indonesia

Akhirnya di awal tahun 2019, varian terbaru dari Mitsubishi Outlander Sport muncul

Meski mobil Mitsubishi Outlander Sport 2019 ini belum meluncur secara resmi, dan masih berupa teaser, namun tentu tidak ada salahnya jika kami dari Cintamobil.com mengulas duluan secara lengkap mobil Mitsubishi Outlander Sport 2019 ini. Secara spesifikasi teknis konon tidak akan jauh berbeda jika dibandingkan dengan Mitsubishi Outlander Sport 2019 yang kini masih beredar di Indonesia. Lalu kapan Mitsubishi Outlander Sport 2019 ini masuk ke pasar mobil Indonesia? Pihak  PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia belum memberikan sinyal kepastian, so, kita tunggu saja tanggal mainnya.

Eksterior Mitsubishi Outlander Sport 2019

Review Mitsubishi Outlander Sport 2019 : Tampilan Depan

Gambar menunjukkan tampilan depan Mitsubishi Outlander Sport 2019 berwarna merah

Bahasa desain dynamic shield khas mobil Mitsubishi kekinian sangat kental di sini

Tampilan depan Mitsubishi Outlander Sport 2019 ini sangat khas dengan bahasa desain dynamic shield khas mobil produksi Mitsubishi yang kekinian. Grill depan tampil gagah dengan dua bilah garis tebal berlapis krom mengkilat yang menguatkan kesan mewah dan cita rasa premium. Yang menyenangkan, berkendara di malam hari dengan Mitsubishi Outlander Sport 2019 ini akan semakin aman dan menyenangkan karena lampunya sudah mengadopsi bohlam berteknologi LED (Light Emitting Diode), tak sampai disitu saja, lampu sein dan foglamp mobil ini juga pakai bohlam dengan teknologi yang sama.

Review Mitsubishi Outlander Sport 2019 : Tampilan Samping

Gambar menunjukkan tampilan samping Mitsubishi Outlander Sport 2019

Tampilan samping mobil ini masih menguatkan kesan bahwa mobil ini mengambil basis dari versi lamanya

Melihat dari sisi samping, terlihat jelas bahwa Mitsubishi Outlander Sport 2019 masih menggunakan basis sasis dari versi lamanya. Wheelbase-nya sama, bahkan lekukan garis bodi disamping pintu, jendela, hingga spionnya masih sama dengan model lamanya. Meski ini bukan berita buruk, namun tentunya banyak dari konsumen setia Mitsubishi menyayangkan hal ini, karena Mitsubishi Motor Corporation seakan setengah hati dalam melakukan ubahan pada mobil ini. Oh ya, sepatbor depan Mitsubishi Outlander Sport 2019 pakai bahan plastik yang lentur, sehingga akan memudahkan untuk reparasi ketika terjadi insiden.

Review Mitsubishi Outlander Sport 2019 : Tampilan Belakang

Gambar menunjukkan tampilan belakang Mitsubishi Outlander Sport 2019 berwarna merah

Tampilan belakang mobil ini sebagain besar masih sama dengan pendahulunya

Rasa kecewa akan menyelimuti die hard fans Mitsubishi, pasalnya tampilan belakang mobil ini sebagian besar masih sama saja dengan pendahulunya. Lihat saja lampu belakang, serta pintunya. Mitsubishi hanya mengubah desain bumper mobil ini menjadi lebih sporti. Tentu saja, ini mengecewakan, seakan Mitsubishi setengah hati dalam melakukan ubahan. Bahkan, meski kelas yang disasar berbeda, namun secara dimensi menurut kami lebih cocok Mitsubishi Eclipse Cross saja yang dijadikan sebagai generasi penerus dari Mitsubishi Outlander Sport 2019.

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Mitsubishi Outlander Sport 2019

Review Mitsubishi Outlander Sport 2019 : Layout Interior

Gambar menunjukkan Layout Interior Mitsubishi Outlander Sport 2019

Layout interior dari mobil ini juga hanya berubah sedikit bila dibandingkan dengan pendahulunya

Sama seperti tampilan belakang Mitsubishi Outlander Sport 2019, layout interior dari mobil inni juga hanya berubah sedikit bila dibandingkan dengan pendahulunya. Hanya ada sedikit ubahan detail, seperti peletakan beberapa tombol di bawah kenop AC climate control-nya, serta ubahan warna kisi AC dari yang sebelumnya hanya berkontur kulit jeruk kini menggunakan warna piano black yang mewah senada dengan canter console-nya.

Review Mitsubishi Outlander Sport 2019 : Bagasi

Gambar menunjukkan desain Bagasi Mitsubishi Outlander Sport 2019

Karena masih menggunakan basis yang sama, kapasitas bagasinya juga tidak berbeda

Kapasitas bagasi mobil Mitsubishi Outlander Sport 2019 memang tidak sebesar rivalnya seperti Toyota C-HR maupun Honda HR-V yang punya bagasi terbesar dikelasnya. Namun setidaknya bagasi dari Mitsubishi Outlander Sport 2019 ini sudah lebih besar dari sebagian besar compact crossover lainnya seperti Mazda CX-3, Chevrolet Trax, serta Nissan Juke. Asyiknya, pelipatan bangku di mobil ini bisa rata dan mempermudah akses keluar masuk barang.

Review Mitsubishi Outlander Sport 2019 : Panoramic Roof

Tampak Panoramic Roof Mitsubishi Outlander Sport 2019

Salah satu hal yang menyenangkan di Mitsubishi Outlander Sport 2019 adalah adanya panoramic roof berukuran besar

Jika Anda memiliki anak kecil, kami cukup yakin salah satu kelengkapan di interior Mitsubishi Outlander Sport 2019 membuat anak Anda betah didalam kabin mobil ini. Itu karena Mitsubishi Outlander Sport 2019 ini memiliki atap panoramik atau bahasa kerennya panoramic roof berukuran besar. Adanya panoramic roof ini membuat aura kabin menjadi lebih lega. Sayangnya, atap kaca ini tidak bisa dibuka.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

Fitur Mitsubishi Outlander Sport 2019

Review Mitsubishi Outlander Sport 2019 : LED Headlamp

Gambar menunjukkan desain LED Headlamp Mitsubishi Outlander Sport 2019

Lampu depan dari mobil ini sudah menggunakan bohlam berteknologi LED

Salah satu ubahan terbesar pada Mitsubishi Outlander Sport 2019 bila dibandingkan dengan Mitsubishi Outlander Sport model sebellumnya adalah kini Mitsubishi Outlander Sport 2019 sudah menggunakan bohlam berteknologi LED. Ini akan membuat konsumsi daya listrik lebih hemat, dan secara otomatis akan memperpanjang umur komponen pengisian aki dan aki itu sendiri.

Review Mitsubishi Outlander Sport 2019 : Aerodynamic Alloy Wheel

Gambar menunjukkan desain Aerodynamic Alloy Wheel Mitsubishi Outlander Sport 2019

Selain keren, penggunaan aerodynamic alloy wheel ini membuat aerodinamika dari mobil ini jadi lebih baik

Mulai tahun 2015 kebelakang, tren pabrikan adalah menggunakan pelek dengan desain warna two tone. Nah, di tahun 2018 dan 2019 ini pabrikan mulai mempertimbangkan untuk menggunakan pelek yang desainya aerodinamis. Hal itu terlihat dari desain palang (spoke) dari si pelek itu sendiri, ada beberapa spoke yang dibuat dengan kemiringan 5 hingga 7 derajat guna mengarahkan angin yang terjebak dibalik pelek, sehingga mengurangi turbulensi. Dan Mitsubishi Outlander Sport 2019 sudah menggunakan desain ini.

>>> Dapatkan Pengujian Bersalju, Facelift Mitsubishi Pajero Sport Tertangkap di Swedia

Operasi Mitsubishi Outlander Sport 2019

Tampak Mesin Mitsubishi Outlander Sport 2019

Mesin yang diusung konon masih sama dengan model sebelumnya, yaitu unit berkode 4B11

Mitsubishi Outlander Sport 2019 menggunakan mesin yang sama dengan Mitsubishi Lancer, yaitu 4B11 dengan ada sedikit perbedaan pada internal mesinnya seperti durasi kem serta angkatan klepnya. Juga yang jelas tanpa turbo. Mesin ini memiliki karakter square atau balance antara bore dengan stroke-nya. Otomatis mesin ini termasuk fleksibel disematkan dimana saja termasuk Mitsubishi Outlander Sport 2019 serta memiliki tenaga dan torsi yang baik. Spesifikasi mobil ini lengkapnya dapat Anda lihat dibawah. Performa dari mesin mobil ini biasa saja dengan konsumsi bahan bakar yang tidak bisa dibilang irit bahan bakar. Namun, durabilitas mesin-mesin Mitsubishi baik dan mesin 4B11 yang tertanam pada Mitsubishi Outlander Sport 2019 bukanlah suatu pengecualian. Yang menyenangkan, karakter transmisi dari mobil ini termasuk menyenangkan karena efisien dalam mentransfer tenaga dari mesin.

>>> Water Repellent, Tips Mitsubishi untuk Merawat Bodi dan Kaca Mobil

Spesifikasi Mitsubishi Outlander Sport 2019

Berikut ini adalah spesifikasi Mitsubishi Outlander Sport 2019.

Mesin Mitsubishi Outlander Sport 2019

Seri mesin

4B11, DOHC, MIVEC

Rasio Kompresi

10,0 : 1

Tenaga Maksimum

156 hp @ 6.000 rpm

Torsi Maksimum

199 Nm @ 4.250 rpm

Kapasitas Silinder

1.998 cc

Bore X Stroke

86 mm X 86 mm

Tipe Transmisi

INVECS III CVT With - 6 Step Sport Mode

Rangka Mitsubishi Outlander Sport 2019

Panjang X Lebar X Tinggi

4.366 mm X 1.800 mm X 1.625 mm

Jarak Sumbu Roda

2.670 mm

Jarak Terendah Ke Tanah

195 mm

Berat Kotor

1.970 kilogram

Kapasitas Tangki

63 liter

Suspensi/Kaki-Kaki Mitsubishi Outlander Sport 2019

Suspensi Depan

MacPhersons Strut, Coil Spring, With Stabilizer Bar

Suspensi Belakang

Multilink, Coil Spring, With Stabilizer Bar

Ukuran Ban

225/55 R18

>>> Lanjut simak kelebihan dan kekurangan mobil Mitsubishi lainnya di sini

Daftar Harga Mitsubishi Outlander Sport 2019

Mitsubishi Outlander Sport 2019 ini belum dijual di Indonesia, namun bagi Anda yang ingin mengetahui berapa daftar harga Mitsubishi Outlander Sport terbaru 2019 dapat dilihat pada tabel berikut.

Tipe mobil

Harga Mitsubishi Outlander Sport

Mitsubishi Outlander Sport GLX

Rp 330.000.000

Mitsubishi Outlander Sport GLS

Rp 345.000.000

Mitsubishi Outlander Sport PX

Rp 370.000.000

Mitsubishi Outlander Sport PX Action

Rp 375.000.000

*Harga per tanggal 1 Februari 2019

>>> Jangan lupa update info tentang promo saat membeli mobil Mitsubishi Outlander Sport di sini

Kesimpulan Mitsubishi Outlander Sport 2019

Gambar mobil Mitsubishi Outlander Sport 2019 berwaran merah dilihat dari sisi depan yang sedang berjalan di jalan Indonesia

Layakkah mobil ini dimiliki?

So, is this car for you? Bagi Anda die hard fans Mitsubishi mungkin Anda akan kecewa, karena ubahan yang dilakukan oleh Mitsubishi terhadap mobil ini termasuk nanggung. Namun, bagi Anda yang sudah terlanjur cinta, mobil ini tidak buruk untuk dimiliki. 

>>> Belum puas dengan artikel review Mitsubishi Outlander Sport 2019 dan ingin tahu lebih banyak tentang desain mobil-mobil lain? Klik sini untuk simak ratusan review mobil-mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Review lain

Review Mitsubishi Pajero Sport RF 2018: Lebih Sangar dengan Dentuman Speaker Menggelegar

29/12/2018

Editor rate:

Diperkenalkan pada Indonesia International Motor Show 2018, Mitsubishi memberikan salah satu varian baru dengan edisi spesial pada konsumennya di Indonesia. Dengan nama Mitsubishi Pajero Sport RF 2018, konsumen bisa mendapatkan pengendaraan sangar dengan sistem audio ternama dari Rockford Fosgate.

Lihat juga

Review Toyota Fortuner TRD Sportivo Thailand Spec 2019

31/01/2019

Editor rate:

Kali ini tim Cintamobil.com mendapat kesempatan untuk mengulas Toyota Fortuner TRD Sportivo Thailand Spec 2019, mengapa mobil ini bisa dikatakan istimewa bila dibandingkan dengan model yang dijual di Indonesia?

Lihat juga

Review Nissan Terra 2018, Bukan Terrano Zaman Now

03/08/2018

Editor rate:

Bagi Anda pembaca Cintamobil.com yang sempat melewati masa hidup di akhir 90-an hingga awal 2000, pasti kenal Nissan Terrano. Sesosok SUV ladder frame dengan desain kotak yang gagah. Jika Anda berpikir Nissan Terra 2018 ini adalah sebuah Nissan Terrano yang Di Zaman Now-kan. Oh Man, You deadly wrong!

Lihat juga

Harga Mazda CX-5 2017: Menguji Efisiensi Teknologi Skyactive

Rp. 526,800,000

18/10/2017

Editor rate:

Mazda CX-5 merupakan sebuah mobil yang dibuat Mazda pasar mobill middle MVP dengan menggununakan teknologi Skyactive yang dikembangkan oleh Mazda. Apa yang membuat mobil ini lebih baik dibandingkan dengan pendahulunya? Berikut adalah ulasan review Mazda CX-5 2017 terbaru.

Lihat juga

Review Ford Everest 2019

Rp. 500.000.000

29/11/2018

Editor rate:

Kehadirannya sempat bikin ketar ketir sang raja dari Jepang, yaitu Mitsubishi All New Pajero Sport dan Toyota All New Fortuner. Sayang kini sang penantang kuat asal negeri paman sam ini hanya tinggal kenangan saja. Kemungkinan masuk tanah airnya juga enggak jelas hingga hari ini.

Lihat juga