Review Mitsubishi Maven 2005, Sebuah Usaha Pertama 'Menjegal' Toyota Avanza

27/02/2019

Share this post:

Mitsubishi Maven 2005

Editor rate:

Lihat promo

Inilah usaha pertama Mitsubishi untuk menjegal hegemoni penjualan Toyota Avanza di Indonesia, berikut ini kami ulas secara lengkap dan mendalam mengenai mobil Mitsubishi Maven 2005 ini

Review Mitsubishi Maven 2005, Sebuah Usaha Pertama 'Menjegal' Toyota Avanza
Review Mitsubishi Maven 2005, Sebuah Usaha Pertama 'Menjegal' Toyota Avanza
0 Gambar

Pengantar Mitsubishi Maven 2005

Mari kita simak spesifikasi Mitsubishi Maven 2005 di bawah ini.

Kelebihan

Mesin lebih bertenaga dari kepunyaan Suzuki APV

Gardan sudah menggunakan kisi-kisi dan lebih cepat dalam membuang panas

Tangguh dan enggak rewel

Kekurangan

Image Mitsubishi punya part mahal menggagalkan penjualannya

Posisi duduk tidak egronomis dan bikin pegal

Konsumsi bahan bakar lebih boros sedikit dari Suzuki APV

Gambar menunjukkan Brosur Mitsubishi Maven 2005 dari situs resmi Mitsubishi di Indonesia

Mitsubishi Maven pertama kali hadir di Indonesia 15 September 2005

Review Mitsubishi Maven 2005 - Usaha untuk menjegal duo Avanza-Xenia yang sejak tahun 2003 memulai hegemoni akan penjualan mereka yang luar bisa, sebenarnya sudah dilakukan oleh Suzuki dan Mitsubishi pada tahun 2004. Tahun 2004 Suzuki meluncurkan Suzuki APV (All Purpose Vehicle) yang terdiri dari 3 tipe, yaitu GA sebagai tipe terendah, GL ditempatkan untuk tipe menengah, dan GX ditipe tertinggi. Menyusul satu tahun setelahnya, Mitsubishi Maven (pelesetan dari My Friend, red) turut serta menggempur Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Mitsubishi Maven ini hadir di pasar mobil Indonesia dalam dua tipe yaitu GLX untuk yang terendah dan GLS untuk yang tertinggi, keduanya menggunakan mesin 1500 cc.

Gambar menunjukkan Tampak tagline Mitsubishi Maven 2005

Mitsubishi Maven GLX 2005

Namun pendekatan yang berbeda dilakukan oleh Mitsubishi, tidak seperti Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yang menggunakan basis mesin sama K3-VE non VVT-i untuk mesin 1300 cc dan 1KR-DE untuk mesin 1000 cc. Jika Suzuki menggunakan mesin G15  yang juga diandalkan Suzuki Baleno, maka Mitsubishi menggunakan mesin 4G15 yang juga digunakan oleh Mitsubishi Colt T120SS. Mesin ini lebih bertenaga bila dibandingkan dengan mesin kepunyaan Suzuki APV, namun juga harus dibayar dengan konsumsi bahan bakar yang agak sedikit lebih boros bila dibandingkan dengan Suzuki APV. Dari sisi teknis lainnya, yang asyik adalah Mitsubishi Maven sudah mengandalkan gardan dengan kisi-kisi yang lebih mempercepat pembuangan panas.

Gambar menunjukkan brosur belakang Mitsubishi Maven 2005

Tersedia 6 pilihan warna menarik di Mitsubishi Maven ini

Namun sayangnya, produk kerjasama ini kurang diminati oleh konsumen di pasar mobil Indonesia, tidak seperti Suzuki APV yang diminati oleh masyarakat dan mampu bertaji di kelas penjualan people carrier (dahulu kelas LMPV disebut people carrier), berbanding terbalik dengan Mitsubishi Maven. Mitsubishi Maven sendiri hanya diproduksi dari tahun 2005 serta dihentikan pembuatannya di tahun 2009. Memang, beberapa diler Mitsubishi masih banyak yang menyimpan stok Mitsubishi Maven dan diberikan diskon yang lumayan menarik. Ketidaksuksesan produk ini disinyalir akibat image spare part dan biaya perawatan mobil-mobil Mitsubishi yang mahal meskipun bandel secara kualitas produk. Tak heran, Mitsubishi menghentikan penjualan mobil ini.

Eksterior Mitsubishi Maven 2005

Review Mitsubishi Maven 2005 : Tampilan Depan

Gambar menunjukkan Tampak tampilan depan Mitsubishi Maven 2005

Tampilan depan dari Mitsubishi Maven ini sangat Suzuki APV banget, hanya beda sedikit sekali

Jika Anda membandingkan mobil ini secara apple to apple dengan Suzuki APV, maka pasti Anda akan mendapati tampilan depan dari Mitsubishi Maven ini sangat Suzuki APV banget. Namun, bukan berarti tidak ada pembeda sama sekali, grill depan dari Mitsubishi Maven 2005 ini dibuat khas-nya grill mobil Mitsubishi yang beredar saat itu dengan dua buah grill terpisah dan logo tiga berlian gagah ditengahnya. Bisa dibilang hanya itu saja pembeda antara APV dengan Maven.

Review Mitsubishi Maven 2005 : Tampilan Samping

Gambar menunjukkan Tampak tampilan samping Mitsubishi Maven 2005

Desain pelek Mitsubishi Maven 2005 tipe GLS ini lebih elegan dari Suzuki APV

Begitupun ketika Anda melongok ke sisi samping mobil ini, yang berbeda dari Mitsubishi Maven 2005 tipe GLS ini hanya pada peleknnya saja, jika di Suzuki APV tipe tertinggi menggunakan gloss polished dengan palang lima, maka di MPV andalan pabrikan tiga berlian ini dibiarkan tampil tanpa ada efek gloss polished. Ya, memang hanya masalah selera saja, namun kami pribadi lebih menyukai desain seperti ini yang mengingatkan akan pelek-pelek favorit aftermarket dijaman-nya.

Review Mitsubishi Maven 2005 : Tampilan Belakang

Gambar menunjukkan Tampak tampilan belakang Mitsubishi Maven 2005

Kami sengaja memilih foto Mitsubishi Maven tanpa logo sama sekali, Anda bisa tebak dimana saja bedanya dengan Suzuki APV?

Kami sengaja memilih foto Mitsubishi Maven 2005 yang tanpa logo sama sekali, coba apakah Anda bisa menebak dimana saja bedanya dengan Suzuki APV? Jika Anda bilang tampilan belakang mobil ini persis banget dengan Suzuki APV tentu Anda tidak salah. Namun apa bedanya? Oke kami jawab, bedanya hanya emblem Maven di kiri bawah dan emblem GLS di kanan bawah diatas garnish chrome variasi pelat nomor, dan tentunya logo gagah tiga berlian di tengah pintu belakang ini.

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Mitsubishi Maven 2005

Review Mitsubishi Maven 2005 : Layout Dasbor

Gambar menunjukkan Layout dasbor Mitsubishi Maven 2005

Jika emblem Mitsubishi di setir ditutup, kami yakin Anda maupun kami akan kesulitan mendeteksi mobil apa ini

Ya! Interior dari kedua mobil kerja sama ini sangat mirip satu dengan lainnya, bisa dibilang bedanya hanya pada emblem pada setir masing-masing mobil. Namun, ternyata ada satu lagi pembeda utamanya, meski setir dan dasbor dari Suzuki APV dan Mitsubishi Maven sama, namun untuk varian tertinggi masing-masing mobil, yakni Suzuki APV GX dan Mitsubishi Maven GLS berbeda warna, Suzuki APV GX pakai setir warna krem gading, Mitsubishi Maven GLS pakai warna kecoklatan.

Review Mitsubishi Maven 2005 : Panel Instrumen

Gambar menunjukkan desain Panel instrumen Mitsubishi Maven 2005

Tidak ada beda pada panel instrumennya, namun di zamannya panel instrumen ini termasuk canggih di kelasnya

Kami dari Cintamobil.com tidak pernah asal bicara atau menulis, ada data-data kuat yang memperkuat analisis maupun ulasan kami mengenai mobil yang kami ulas. Panel instrumen seperti di foto itu merupakan salah satu yang tercanggih dikelasnya, mengapa? Karena sudah menganut odometer model digital, berbeda sekali dengan rivalnya dari geng Sunter, yang saat itu masih menggunakan odometer model analog. Model digital itu dianggap lebih advanced dan keren di jamannya.

Review Mitsubishi Maven 2005 : Setir

Gambar menunjukkan desian bagian Setir Mitsubishi Maven 2005

Meski model setir mobil Mitsubishi Maven ini sederhana dan tidak dilengkapi dengan tombol apapun, namun nyaman digenggam

Meskipun model setir dari Mitsubishi Maven 2005 dan Suzuki APV ini sederhana dan tidak dilengkapi dengan tombol pengatur audio apapun, jangankan tombol pengatur audio, setir pada jaman itu dikelas people carrier seperti ini masih belum bisa dinaik dan turunkan. Namun, meski demikian setir dari Mitsubishi Maven 2005 ini nyaman untuk digenggam dan tidak begitu licin ditangan. Pun demikian dengan bahan dari setir ini yang empuk.

>>> Baca juga:

Fitur Mitsubishi Maven 2005

Review Mitsubishi Maven 2005 : Ruang Penyimpanan

Gambar menunjukkan ruang penyimpanan kabin depan Mitsubishi Maven 2005

Ruang penyimpanan dikabin merupakan salah satu yang diunggulkan oleh Suzuki APV dan Mitsubishi Maven dari para rival geng Sunter-nya

Ruang penyimpanan di kabin merupakan salah satu hal yang diunggulkan oleh Suzuki APV dan Mitsubishi Maven dari para rival geng Sunter. Anda dapat melihat sendiri, didepan kursi penumpang depan terdapat dua buah tempat penyimpanan, yang satu laci penyimpanan terbuka, dan yang dibawahnya tertutup. Belum lagi ada asbak dan juga cup holder di masing-masing pintu. Sayangnnya Mitsubishi Maven 2005 ini belum dilengkapi dengan fitur pemantik rokok atau lighter. 

Review Mitsubishi Maven 2005 : AC Dual Blower

Gambar menunjukkan AC Dual Blower Mitsubishi Maven 2005

AC Dual Blower akan membuat penyebaran hawa dingin ke kabin tengah dan belakang jadi lebih cepat

Penerapan fitur AC dual blower pada Mitsubishi Maven 2005 ini akan membuat penyebaran hawa dingin ke kabin tengah dan belakang jadi jauh lebih cepat. Ini AC dual blower murni lho ya, tidak seperti mobil LCGC (Low Cost Green Car) kekinian yang pakai AC dual blower 'saja' alias tanpa dilengkapi dengan evaporator yang dapat memproduksi hawa dingin, alias hanya menyalurkan hembusan hawa dingin dari kabin depan ke belakang.

>>> 10 Mobil Mitsubishi Di Bawah 200 Juta Yang Siap Menggoda Anda

Operasi Mitsubishi Maven 2005

Gambar menunjukkan desain Kap mesin Mitsubishi Meven 2005

Jika Anda menganggap mesin Mitsubishi Maven 2005 ini diletakkan didepan, maka Anda salah

Well, jika Anda menganggap mesin dari Mitsubishi Maven 2005 ini diletakkan dihidung atau bonnet depan, maka Anda salah, karena peranti-peranti yang diletakkan di bonnet depannya hanyalah master dan tabung minyak rem, radiator, motor wiper, dan tangki fluida air wiper. Mesin 4G15-nya sendiri diletakkan di bawah jok pengemudi dan penumpang depan. Salah satu tester tim Cintamobil.com pernah merasakan mobil ini pada kondisi baru, terasa sekali perbedaan karakter tenaga dan torsinya. Lebih galak dan nendang dari putaran bawah ke tengah. Tak heran, karena karakter dari mesin overstroke dan setup torsi yang sudah mulai terasa sejak putaran serendah 2.750 rpm. Bandingkan dengan mesin LMPV kekinan ambil contoh All New Nissan Livina yang torsi maksimumnya ada di 4.000 rpm. Sayangnya, segala kelebihan tersebut harus dibayar oleh konsumsi bahan bakarnya yang enggak bisa dibilang irit, bahkan lebih irit Kijang Innova di tahun yang sama.

>>> Inilah Pilihan Mobil Bekas MPV Rp 100 Jutaan, Harga Terjangkau Dengan Kondisi Spesial

Spesifikasi Mitsubishi Maven 2005

Berikut ini adalah spesifikasi Mitsubishi Maven 2005.

Mesin Mitsubishi Maven 2005

Seri mesin

4G15, Multi Point Injection, SOHC

Jumlah Katup

12 Katup (1 katup in dan 1 katup ex pada masing-masing piston)

Tenaga Maksimum

86,5 Hp (88 Ps) @ 5.750 rpm

Torsi Maksimum

114,7 Nm (11,7 kg.m) @ 2.750 rpm

Kapasitas Silinder

1.468 cc

Bore X Stroke

75,5 mm X 82 mm

Tipe Transmisi

Single Dry Plate, 5 Percepatan Manual

Rangka Mitsubishi Maven 2005

Panjang X Lebar X Tinggi

4.155 mm X 1.655 mm X 1.840 mm (GLS) atau 1.855 mm (GLX)

Jarak Sumbu Roda

2.625 mm

Jarak Terendah Ke Tanah

170 mm (GLS) atau 175 (GLX)

Radius Putar

5,4 meter (GLS) atau 4,9 meter (GLX)

Kapasitas Tangki

46,5 Liter

Suspensi/Kaki-Kaki Mitsubishi Maven 2005

Suspensi Depan & Belakang

MacPherson Strut with coil spring & Rigid axle with leaf spring

Sistem Kemudi

Hydraulic power-assisted rack and pinion

Rem Depan & Belakang

Ventilated disc & Leading trailling drum

Struktur Sasis

Chassis frame

Kapasitas tempat duduk

8

Berat kotor

1.305 (GLS) atau 1.260 (GLX)

Pelek

Alloy 15 inchi

Ukuran Ban

195/65 R15 (GLS) atau 185/80 R14 (GLX)

>>> Mari klik sini untuk baca semua artikel terkait kelebihan dan kekurangan mobil Mitsubishi

Daftar Harga Mitsubishi Maven 2005

Mitsubishi Maven 2005 sudah tidak dijual lagi dalam kondisi baru, karena produksi maupun penjualannya sendiri dihentikan pada tahun 2009. Beberapa sales di diler Mitsubishi masih ada yang menyimpan Mitsubishi Maven dalam kondisi NOS alias New Old Stock hingga tahun 2010 hingga awal 2011. Harganya sendiri saat itu mendapat diskon yang fantastis. Kini, dalam keadaan bekas, Anda dapat meminang Mitsubishi Maven dengan harga berkisar antara Rp 52 juta hingga Rp 71 juta dalam kondisi yang istimewa.

>>> Klik sini untuk simak informasi tentang promo dan harga mobil Mitsubishi lainnya

Kesimpulan Mitsubishi Maven 2005

Gambar menunjukkan mobil Mitsubishi Maven 2005 berwrna silver dilihat dari sisi belakang

Dengan mesin yang lebih bertenaga apakah hal tersebut membuatnya layak dimiliki?

So, is this car for you? Apakah dengan mesin lebih bertenaga lantas dapat membuat mobil Mitsubishi Maven 2005 ini layak untuk dimiliki? Semua kembali ke Anda, jika Anda die hard fans Mitsubishi Anda pasti lebih memilih mobil ini. 

>>> Klik sini untuk lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Review lain

Profil Suzuki APV Luxury 2014, Perlawanan Terakhir APV

14/06/2018

Editor rate:

Suzuki APV yang sudah malang melintang dari 2005 silam kali ini mendapat penyegaran yang cukup mencolok meskipun hanya tipe tertingginya yang diberi perubahan. Ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 menjadi ajang perkenalan mobil multifungsi ini. Berikut ini profil Suzuki APV Luxury 2014.

Lihat juga

Profil Suzuki Every Plus 2003, “Prototipe” Suzuki APV

11/06/2018

Editor rate:

Suzuki Every Plus masuk sekitar pada tahun 2003 dan hanya dijual sampai tahun 2004. Meski sejatinya masih satu keluarga dengan Carry, Suzuki Every 2003 berbeda dengan versi pickup dengan beberapa perubahan di bagian kaki dan transmisi. Berikut ini adalah profil Suzuki Every Plus 2003.

Lihat juga

Review All New Suzuki APV 2016

13/02/2018

Editor rate:

Suzuki APV 2016 atau yang sering disebut sebagai Suzuki APV Arena merupakan mobil All Purpose Vehicle dimana mobil ini menggabungkan kombinasi desain antara MPV dan minivan. Statusnya sebagai All Purpose Vehicle membuat mobil ini tidak hanya memiliki fungsi minivan yang mengangkut banyak barang ketika sedang berniaga, tetapi juga memiliki fungsi MPV yang mampu menampung banyak orang dalam satu mobil. Review All New Suzuki APV 2016 bisa dibaca dibawah ini.

Lihat juga

Harga Suzuki APV 2020: Harga & Promo APV Oktober Terbaru

01/10/2020

Suzuki

Suzuki sebagai perusahaan otomotif ternama, menghadirkan suatu produk baru yang menggabungkan konsep mobil Mini Van dan Multi Purpose Vehicle (MPV). Mobil tersebut diberi nama Suzuki All Purpose Vehicle (APV). Tentu dengan semakin ketatnya persaingan otomotif, perusahaan-perusahaan besar seperti Suzuki, harus dituntut untuk menghadirkan inovasi-inovasi terbaru. Berikut daftar harga Suzuki APV tahun 2020 di Indonesia.

Lihat juga

Review Daihatsu Grand New Xenia R MT 1.5 Deluxe 2019

Rp 183.350.000

16/01/2019

Editor rate:

Lima belas tahun silam Daihatsu meluncurkan kendaraan MPV Daihatsu Xenia yang menjadi mesin penggerak kesuksesan Daihatsu hingga kini. Dan dengan usia ‘remaja’ tersebut, Daihatsu kini semakin membawa Xenia ke level lebih dewasa dengan jantung pacu baru dan tampilan yang lebih berkelas.

Lihat juga